AbdulHakim wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 2:58
iya, sayang sekali, untuk produk sendiri yg membawa nama Pertamina promosinya kurang gencar.
yang menikmati justru yang ikut jalan-jalan ke Italy dan luar negrinya
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11263
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 541
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Sama Persis kayak Altis 2006 bapak ane, oli Toyota 10w40 selama 10 tahun, selalu 10rb KM atau lebih. Murni rawatan beres. Abis cerai sama beres rawat d bengkel luar, serpis cuma 1x setahun, oli selalu Fastron 10w40, itu mesin setelah 15 tahun ,Masi halus super irit, kagak ada sludge2 , di pake 90%dallkot mostly short distance, sekali sebulan pake naik turun gunung lintas Sumatra.DOHC wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 1:23 [
numpang coret2 ya
kita orang blom lama jg baru ngangkat 1NZ-fe, odo masi 80 rebu, pas beli record gantol beres pake TMO 10-40 per 10 rebu km, inipun gantol per, entahlah, kadang setaon, perna mala ampir 2 taon skali gantol
pas buka tutup pengisian oli pasti ud ga karuan , tp pas buka tutup deksel, ternjata cuman varnish, ga ad sludge samsek
nahh cuman pas awal2 make emg rada vampir oli, cek ricek, ternjata ad rembes oli di cover timing, sil tutup deksel yg ud keras, dan PCV valve yg ud ga maen. ntuh PCV valve ta ganti, cover tutup deksel jg ta ganti, dan vampir nya lgs ilang minggat entah kmana
skrg pake nya oli fastron ijo eko grin murmer 5-30 aj , masi running strong buat ngasepin lcgc2 bahlul d jalanan
Mesin dulu badak2 kali ya hahaha....mesin skrg manja mungkin.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11263
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Transfer panasnya bagus itu Altis nya.RezPrat wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 6:04Sama Persis kayak Altis 2006 bapak ane, oli Toyota 10w40 selama 10 tahun, selalu 10rb KM atau lebih. Murni rawatan beres. Abis cerai sama beres rawat d bengkel luar, serpis cuma 1x setahun, oli selalu Fastron 10w40, itu mesin setelah 15 tahun ,Masi halus super irit, kagak ada sludge2 , di pake 90%dallkot mostly short distance, sekali sebulan pake naik turun gunung lintas Sumatra.DOHC wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 1:23 [
numpang coret2 ya
kita orang blom lama jg baru ngangkat 1NZ-fe, odo masi 80 rebu, pas beli record gantol beres pake TMO 10-40 per 10 rebu km, inipun gantol per, entahlah, kadang setaon, perna mala ampir 2 taon skali gantol
pas buka tutup pengisian oli pasti ud ga karuan , tp pas buka tutup deksel, ternjata cuman varnish, ga ad sludge samsek
nahh cuman pas awal2 make emg rada vampir oli, cek ricek, ternjata ad rembes oli di cover timing, sil tutup deksel yg ud keras, dan PCV valve yg ud ga maen. ntuh PCV valve ta ganti, cover tutup deksel jg ta ganti, dan vampir nya lgs ilang minggat entah kmana
skrg pake nya oli fastron ijo eko grin murmer 5-30 aj , masi running strong buat ngasepin lcgc2 bahlul d jalanan
Mesin dulu badak2 kali ya hahaha....mesin skrg manja mungkin.
Cooling system management nya Keren punya, pk oli TMO 10w40 gak varnish loh.
1NZ-FE itu seangkatan koq sm mesin Altis 2006
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Bukannya kalau varnish itu gak dibersihin lama lama bukannya jadi sludge ya ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 945
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
ini mesin kayanya memang gampang bgt varnish ya apalagi kalau ganti olinya long drain.. selama saya pegang juga max ganti di 7 ribu Km, tapi sekarang max di 5rb Km aja deh daripada varnishnya nambah lagiDOHC wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 1:23
numpang coret2 ya
kita orang blom lama jg baru ngangkat 1NZ-fe, odo masi 80 rebu, pas beli record gantol beres pake TMO 10-40 per 10 rebu km, inipun gantol per, entahlah, kadang setaon, perna mala ampir 2 taon skali gantol
pas buka tutup pengisian oli pasti ud ga karuan , tp pas buka tutup deksel, ternjata cuman varnish, ga ad sludge samsek
nahh cuman pas awal2 make emg rada vampir oli, cek ricek, ternjata ad rembes oli di cover timing, sil tutup deksel yg ud keras, dan PCV valve yg ud ga maen. ntuh PCV valve ta ganti, cover tutup deksel jg ta ganti, dan vampir nya lgs ilang minggat entah kmana
skrg pake nya oli fastron ijo eko grin murmer 5-30 aj , masi running strong buat ngasepin lcgc2 bahlul d jalanan
betul, mesin ini aga lumayan sering sih cover klepnya rembes, saya selama 60rb Km ini rawat udah dua kali ganti itu gasketnya. kondisi sekarang sih cover klep ga rembes, cuma ya dari cover timing chain mulai muncul rembes.. agak bimbang juga apakah cukup bongkar kemudian aplikasi ulang aja liquid gasket untuk cover timing chain itu, atau ya sekalian ganti aja itu cover timing chainnya karena covernya itu isinya oil pump assembly
mungkin sekalian ganti juga water pump karena barengan dibongkarnya dengan cover timing chain tersebut
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11263
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Varnish.. Gpp klo selama:Haiqalesha wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 7:29 Bukannya kalau varnish itu gak dibersihin lama lama bukannya jadi sludge ya ?
- Next dan rutin pk oli sintetis 5wXX, atau 0wXX better
- interval ganti max 4-5rb km (krn ini udah ada plak kolesterol nempel di internal mesin)
- pk bbm berkualitas ron 92 ke atas (makin bagus, sulfur makin rendah, makin panjang kualitas umur oli)
Sy prnh miara bakpao 2 thn kondisi varnish, gegara tmo 10w40 servis di beres
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Tergantung seberapa parah, kalo varnish ringan gitu gitu aja. Tapi kalo terus terusan pake oli yang tidak mumpuni ya makin lama makin tebel dan akhirnya lengket jadi sludge.Haiqalesha wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 7:29 Bukannya kalau varnish itu gak dibersihin lama lama bukannya jadi sludge ya ?
Sebenernya kyk kita masak di kuali/wok aja. Kalo ada lapisan minyak tipis trus kepanasan, minyaknya kebakar dan melekat ke besinya (varnish), kalo dipegang gak lengket. tapi kalo terulang terus lama makin tebel lapisan minyak gosong ini dan dipegang lengket.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Ane mau ngirim gambar lubang pengisian oli nih, kelihatan gak ya ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1399
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
salam 1NZ, kuning ke emasan tanda udah matengHaiqalesha wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 9:58 Ane mau ngirim gambar lubang pengisian oli nih, kelihatan gak ya ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Parahan punya ane hahahahaha.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Feb 29, 2024 13:24
- Location: Jawa Timur
- Daily Vehicle: Yaris
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Wah, punya saya kalau dicek Dari tutup Oli lebih parah dari ini om. Sempat was2 juga dulu pas habis Beli tp ternyata Pas Lepas tutup atas Pas ganti packing cover, dalamnya alhamdulillah Aman.t105erd wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 11:45IMG_20240304_180122.jpgHaiqalesha wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 9:58 Ane mau ngirim gambar lubang pengisian oli nih, kelihatan gak ya ?
salam 1NZ, kuning ke emasan tanda udah mateng
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11263
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Ok gass
https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb
Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 945
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Wah pada pamer lubang pengisian 1NZ, ikutan ah
Ini mah keliatannya udah parah jadi sludge sih
Ada saran penanganannya selain bongkar mesin ga ya? Ada yg menyarankan bisa pakai oli diesel, tapi dulu pernah pakai oli diesel PTT 10W-30 untuk 2 kali OCI di 3000Km masing2, tapi kalau liat dari pengisian oli waktu itu tidak ada perubahan
Sebetulnya saya agak tertarik dengan produk BG untuk menangani sludge, yaitu BG Dynamic Engine Cleaner yg klaimnya bisa membersihkan sludge tanpa pembongkaran
sayangnya di Bandung tidak ada bengkel dealer BG, dan saya juga belum tahu estimasi biayanya berapa
Tambahan:
Lubang pengisian 3ZR-FAE di Nav1 2013, saat ini sudah Km 100.000 dan sampai saya beli di Km 94.000 dari catatan pemilik sebelumnya selalu pakai oli 10W-40.
Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?
Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE . Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
Ini mah keliatannya udah parah jadi sludge sih
Ada saran penanganannya selain bongkar mesin ga ya? Ada yg menyarankan bisa pakai oli diesel, tapi dulu pernah pakai oli diesel PTT 10W-30 untuk 2 kali OCI di 3000Km masing2, tapi kalau liat dari pengisian oli waktu itu tidak ada perubahan
Sebetulnya saya agak tertarik dengan produk BG untuk menangani sludge, yaitu BG Dynamic Engine Cleaner yg klaimnya bisa membersihkan sludge tanpa pembongkaran
sayangnya di Bandung tidak ada bengkel dealer BG, dan saya juga belum tahu estimasi biayanya berapa
Tambahan:
Lubang pengisian 3ZR-FAE di Nav1 2013, saat ini sudah Km 100.000 dan sampai saya beli di Km 94.000 dari catatan pemilik sebelumnya selalu pakai oli 10W-40.
Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?
Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE . Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 945
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
wah boleh nih dicoba untuk ganti oli 1NZ-FE saya selanjutnya, harganya juga masih tergolong terjangkau nih mana viskonya pas di 5W-30Suryaputra wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 14:23Ok gass
https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb
Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11263
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Cooling system gmn mbah?azu wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 14:24
Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?
Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE . Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
- Fresh Coolant
- Radiator
- Motor Fan
- Selang Reservoir
- Radiator Cap
- Thermostat
- dan sekitarnya
*Include PCV valve perlu dicek, untuk stabilize tekanan uap oli diputer ke intake valve.
Oli better ganti aja baru.
karena klo dah sentuh 100rb KM, better OCI diperpendek dari rekomendasi yg ada.
apalagi dah ada penguapan, actually kondisinya gak rekomen buat long drain.
Last edited by Suryaputra on Mon Mar 04, 2024 15:52, edited 4 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11263
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
yup 5w30azu wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 14:25wah boleh nih dicoba untuk ganti oli 1NZ-FE saya selanjutnya, harganya juga masih tergolong terjangkau nih mana viskonya pas di 5W-30Suryaputra wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 14:23Ok gass
https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb
Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes
atau 0w30
pas buat bakpao atau 1NZ family
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Untuk 3ZR-FAEnya aman itu sih, masih bersih. Kalo saya pribadi lanjutin aja, 8-10rb km. Ada rembes aja cuma dikit kurangnya. Untuk masalah top up, kalo mau tenang top up aja, kalo gak jg seharusnya gpp masih 3/4, cuma perlu di pantau secara berkala aja.azu wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 14:24 Wah pada pamer lubang pengisian 1NZ, ikutan ah
IMG_20240304_202410.jpg
Ini mah keliatannya udah parah jadi sludge sih
Ada saran penanganannya selain bongkar mesin ga ya? Ada yg menyarankan bisa pakai oli diesel, tapi dulu pernah pakai oli diesel PTT 10W-30 untuk 2 kali OCI di 3000Km masing2, tapi kalau liat dari pengisian oli waktu itu tidak ada perubahan
Sebetulnya saya agak tertarik dengan produk BG untuk menangani sludge, yaitu BG Dynamic Engine Cleaner yg klaimnya bisa membersihkan sludge tanpa pembongkaran
sayangnya di Bandung tidak ada bengkel dealer BG, dan saya juga belum tahu estimasi biayanya berapa
Tambahan:
Lubang pengisian 3ZR-FAE di Nav1 2013, saat ini sudah Km 100.000 dan sampai saya beli di Km 94.000 dari catatan pemilik sebelumnya selalu pakai oli 10W-40.
IMG_20240304_203119.jpg
Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?
Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE . Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Wkwkwk soalnya penasaran apakah 1nz itu pada senasib sama saya wkwkwk. Ternyata sama saja.azu wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 14:24 Wah pada pamer lubang pengisian 1NZ, ikutan ah
IMG_20240304_202410.jpg
Ini mah keliatannya udah parah jadi sludge sih
Ada saran penanganannya selain bongkar mesin ga ya? Ada yg menyarankan bisa pakai oli diesel, tapi dulu pernah pakai oli diesel PTT 10W-30 untuk 2 kali OCI di 3000Km masing2, tapi kalau liat dari pengisian oli waktu itu tidak ada perubahan
Sebetulnya saya agak tertarik dengan produk BG untuk menangani sludge, yaitu BG Dynamic Engine Cleaner yg klaimnya bisa membersihkan sludge tanpa pembongkaran
sayangnya di Bandung tidak ada bengkel dealer BG, dan saya juga belum tahu estimasi biayanya berapa
Tambahan:
Lubang pengisian 3ZR-FAE di Nav1 2013, saat ini sudah Km 100.000 dan sampai saya beli di Km 94.000 dari catatan pemilik sebelumnya selalu pakai oli 10W-40.
IMG_20240304_203119.jpg
Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?
Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE . Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1399
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
sama ptt 5w30 a5/b5 lebih oke mana?Suryaputra wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 14:23Ok gass
https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb
Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11263
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Bardahl HVP C7 5w30,t105erd wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 21:53sama ptt 5w30 a5/b5 lebih oke mana?Suryaputra wrote: ↑Mon Mar 04, 2024 14:23Ok gass
https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb
Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes
Comply ke:
API CI-4/SL
ACEA E7-16
MB 228.3
Caterpillar ECF 2
Volvo RLD2
Cummins 20076/77/78
Mack EO-M Plus/EO-M/EO-N
MAN 3275
Renault Oil Category 2
Detroit DFS 93K215
Spec Condong ke Disel,
buat mesin bensin, cocok bersih2 sisa sludge atau varnish.
Klo A5/B5 itu lower visco, buat mesin bensin bisa, setelah bersih2 pk itu.
hahaha.
PDS Bardahl: https://drive.google.com/file/d/1zM6abF ... 9NyZ9/view
PTT SN & ACEA a5/b5/c2: https://pttlubricants.pttor.com/admin/p ... en/260.pdf
PTT Commonrail ACEA A5/B5: https://pttlubricants.pttor.com/admin/p ... /en/71.pdf
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
ikutan poto. M15A. oli valvoline synpower 5w-30. ganti setiap bulan puasa sblm mudik lebaran (bentar lagi ganti) barengan dengan ganti coolant (prestone kemasan merah)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1627
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
Joss mantep om kinclong tanpa varnish btw saya juga sempat jadi user valvoline syn power 0W-20
skrg udah susah dapetinnya, apalagi yg sudah API SP kyknya belum (gak) masuk ke Indo.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11263
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
sekilas
ada varnish tipis
coba OCI dipendekin diskon 40-50% dr saat ini
bole dibuka top cover nya, sekaligus cek klep.
klep M15A itu manual atau otomatis ?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
ini saya masih cari2 info mengenai toko yang jual valvoline yang bisa dipercaya karena saya dulu biasa beli di ssavalvoline (official), sayangnya udah tutup.AbdulHakim wrote: ↑Tue Mar 05, 2024 2:33Joss mantep om kinclong tanpa varnish btw saya juga sempat jadi user valvoline syn power 0W-20
skrg udah susah dapetinnya, apalagi yg sudah API SP kyknya belum (gak) masuk ke Indo.
dulu beli di ssavalvoline juga kemasan/produksi agak lama. jika ada yang jual valvoline, kuatirnya usia nya lbh lama lagi. masih nimbang2 cari pengganti atau tetap valvoline yang usia cukup lama. merasa udah cocok soalnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19
mesin masih perawan om. gak pernah dibuka. km saat ini 93 ribuan. kurang paham soal klepSuryaputra wrote: ↑Tue Mar 05, 2024 2:38sekilas
ada varnish tipis
coba OCI dipendekin diskon 40-50% dr saat ini
bole dibuka top cover nya, sekaligus cek klep.
klep M15A itu manual atau otomatis ?
soal varnish, biarlah apa adanya. dari dulu2 juga seperti itu seinget saya. oci kayaknya tetep om setiap bulan puasa