rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3199
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
mau tanya kalau Honda rangka Esaf masih bermasalah apakah ada alternatifnya?
honda non Esaf? Yamaha? Suzuki? tolong dibantu rekomendasi buat kendaraan kerja dalam kota
honda non Esaf? Yamaha? Suzuki? tolong dibantu rekomendasi buat kendaraan kerja dalam kota
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Honda non-Esaf - kepikiran Supra series (Revo / X, dll) ini sih gausah ditanya, bebek tangguh, tapi emang kalo ujan / gerimis kaki gabisa terlalu bersih kaya matic, harga seken jatuh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1687
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
tetep Honda siy, Yamaha yang menarik modelnya cuma NMax.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Sy pernah pakai Suzuki Bebek, Honda Skutik, Yamaha Skutik, Kawasaki Ninja 250 Carbu
so far yamaha the best.
Performa ok dan relatif terbaik di kelas nya, Jaringan Beres ok (meski gak sebagus astra), parts mudah dan resale value masuk akal.
Paling enak emg Skutik
- Praktis
- Tangan kiri santai
- Celana bersih (apalagi klo hujan)
- Bisa bawa barang di tengah dan jok tengah jg bisa diisi barang
- Roda dua gak usah kenceng2, karena klo jatuh dalam kondisi hi-speed bisa cacat seumur hidup atau minimal kondisi udah beda.
Last edited by Suryaputra on Tue Mar 12, 2024 2:56, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
burgman 125
atau lexi 155.... cakep tuh
atau lexi 155.... cakep tuh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Honda adv,pcx,forza keatas kayanya bukan esaf
Yg pasti esaf cuma dipakai di produk matic honda yg menengah kebawah
Supra juga tidak pakai esaf kalo ga salah,cb150-x,cbr juga bukan esaf
Banyak sih yg tidak pakai esaf jadi jangan khawatir esaf
Yg pasti esaf cuma dipakai di produk matic honda yg menengah kebawah
Supra juga tidak pakai esaf kalo ga salah,cb150-x,cbr juga bukan esaf
Banyak sih yg tidak pakai esaf jadi jangan khawatir esaf
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Wed Dec 03, 2014 7:35
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Pendapat ane kalo tempat kerjanya gak gitu macet boleh ambil lexi, nmax atau pcx gan nyaman sekali motor2 itu. Kalo macet dan butuh sat set ambil beat esaf juga gapapa sih gan, bisa diangkat2 itu motor cocok sekali untuk kendaraan operasional yng disiksa
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Feb 27, 2024 23:48
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Avanza Veloz
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Pertanyaannya masih terlalu luas, mau cari yang bagaimana bebek, matic, atau sport?
Budget berapa?
Saya 2 tahun ini pakai Yamaha Gear, so far puas asalkan ga telat ganti oli (saya per 1.700km pakai oli motor matic biasa)
Budget berapa?
Saya 2 tahun ini pakai Yamaha Gear, so far puas asalkan ga telat ganti oli (saya per 1.700km pakai oli motor matic biasa)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1466
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Jupiter Z1
motor di develop buat balap jaman dulu, valve besar, intake tipe downdraf, piston tempa, yz crank dll... dan masih ada baru nya. saya pakai hampir 90rb km ini.
motor di develop buat balap jaman dulu, valve besar, intake tipe downdraf, piston tempa, yz crank dll... dan masih ada baru nya. saya pakai hampir 90rb km ini.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
nah ini punya bebek honda biar ga kena rangka insaf, bensin lbih irit, pergantian part lebih dikit, cm kalo pas musim hujan gini emg kuotor bgt kaki kena cipratan air, beda sama matic yg kehalang body sayap depannya dan bagasinya kecil bgt si supra ini dibanding matic, cm muat 1 jas hujan. kalo mau bawa 2 buat yg bonceng kayanya ga muat deh.
kalo merk lain yg ga insaf ya matic yamaha, cm kudu bener2 rajin ganti olinya karena mesin diasyl lebih rawan nguap kalo telat, saran sih tiap 2rb km/3bln. buat urusan spare part enak karena ada aplikasi katalognya yamaha jd tau kisaran harga orinya kalo beli di dealer.
kalo sijuki ada yg mesinnya scem mirip2 diasil jg, cm kurang tau soal penguapannya, sama denger2 spare partnya emg lbih mahal dibanding merk lainnya
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1616
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Kalau saya 2 pengalaman merk saja yamaha sama HondaSuryaputra wrote: ↑Tue Mar 12, 2024 2:11Sy pernah pakai Suzuki Bebek, Honda Skutik, Yamaha Skutik, Kawasaki Ninja 250 Carbu
so far yamaha the best.
Performa ok dan relatif terbaik di kelas nya, Jaringan Beres ok (meski gak sebagus astra), parts mudah dan resale value masuk akal.
Paling enak emg Skutik
- Praktis
- Tangan kiri santai
- Celana bersih (apalagi klo hujan)
- Bisa bawa barang di tengah dan jok tengah jg bisa diisi barang
- Roda dua gak usah kenceng2, karena klo jatuh dalam kondisi hi-speed bisa cacat seumur hidup atau minimal kondisi udah beda.
Secara umum mau di sport, bebek atau matic.....
Kelebihan motor yamaha itu material2nya mau itu rangka, body sampe jeroan mesin kayak klep, setang piston, timming chain materialnya berasa kuat2 , makanya digeber2 rpm tinggi ttp enak gak kayak Honda yang berasa kasar gak enak seolah mau ambrol , suspensi juga tetep enak setelah 20-30 rb km ... Di honda 20rb -30rb km udah berasa keras kayak shock mati
Cuma minusnya rasio transmisinya rata2 berasa kurang kecil di gigi tertinggi nya pun begitu yg matic yg berasa kurang efek overdrive buat jalan rata , alhasil konsumsi BBM gak bisa seirit Honda tapi buat medan naik turun dan berkendara agresif cocok banget , selain itu komponen2 kelistrikan terutama yang berhubungan dg electric starter gampang rusak dan aki gak tahan lama dibandingkan Honda
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Yessdsign1990 wrote: ↑Wed Mar 13, 2024 5:28Kalau saya 2 pengalaman merk saja yamaha sama HondaSuryaputra wrote: ↑Tue Mar 12, 2024 2:11Sy pernah pakai Suzuki Bebek, Honda Skutik, Yamaha Skutik, Kawasaki Ninja 250 Carbu
so far yamaha the best.
Performa ok dan relatif terbaik di kelas nya, Jaringan Beres ok (meski gak sebagus astra), parts mudah dan resale value masuk akal.
Paling enak emg Skutik
- Praktis
- Tangan kiri santai
- Celana bersih (apalagi klo hujan)
- Bisa bawa barang di tengah dan jok tengah jg bisa diisi barang
- Roda dua gak usah kenceng2, karena klo jatuh dalam kondisi hi-speed bisa cacat seumur hidup atau minimal kondisi udah beda.
Secara umum mau di sport, bebek atau matic.....
Kelebihan motor yamaha itu material2nya mau itu rangka, body sampe jeroan mesin kayak klep, setang piston, timming chain materialnya berasa kuat2 , makanya digeber2 rpm tinggi ttp enak gak kayak Honda yang berasa kasar gak enak seolah mau ambrol , suspensi juga tetep enak setelah 20-30 rb km ... Di honda 20rb -30rb km udah berasa keras kayak shock mati
Cuma minusnya rasio transmisinya rata2 berasa kurang kecil di gigi tertinggi nya pun begitu yg matic yg berasa kurang efek overdrive buat jalan rata , alhasil konsumsi BBM gak bisa seirit Honda tapi buat medan naik turun dan berkendara agresif cocok banget , selain itu komponen2 kelistrikan terutama yang berhubungan dg electric starter gampang rusak dan aki gak tahan lama dibandingkan Honda
Scr teknis, Plus nya Yamaha jika dibanding Astra Honda,
- Parts Yamaha lbh tahan lama dibanding Astra Honda, terutama parts di internal girboks cvt. contoh: Roller CVT aja sy blm pernah ganti dah >15rb km
- Rangkanya di semua line up kokoh
- OEM tyrenya (terutama IRC) mantap grip nya, dan tahan lama bisa lebih dr 15rb km untuk penggunaan moderat
Minus di skutik yamaha, tapi bisa diakali,
- Efek overdrive ketika di hi speed kurang
- di RPM yg sama, speed Skutik yamaha lebih rendah
Solusi: Ganti roller CVT lbh berat (naik 2-3 gram)
- udah cukup untuk efek overdrive lbh baik
- RPM lbh rendah ketika cruising di perkotaan
Soal Aki, di saya malah awet banget.
YUASA YTZ7V MF tahan 6 tahun (start stop laknat nya gak pernah dipakai).
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 605
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
dah bebek aja Om.
emang buat disiksa.
emang buat disiksa.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Yamaha aja om, suzuki dealer2nya udah pada jarang. Buat harian lexi 150 kayanya mantap tuh. Gak gede2 banget tapi kenceng
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Halo om, ikut nimbrung, kebetulan saya sekarang ada rawat Yamaha Gear dan Suzuki GSX 150. Dari jaman dulu keluarga fanboy yamaha garis keras (robot, alfa II-R, jupiter gen 1, Jupiter Z karbu last gen, vixion gen 1, vega force, gear) jadi lumayan khatam merek satu ini wkwkkw.
Bener kata om2 lain diatas untuk yamaha, soal karakteristik yamaha, saya tambahkan satu lagi yang sepertinya terlewat - buat saya karakter rem yamaha paling tidak bisa digantikan di merek2 lain, paling mature dan pakem dibanding honda maupun suzuki, cocok dengan karakter handlingnya yang cenderung stabil dan mantep - beda karakter dengan honda dan suzuki yang titik beratnya lebih ke lincah + irit (honda) dan lincah + powerful (suzuki), bagi saya baik honda maupun suzuki rem nya kurang pakem.
Power yamaha sih so-so ya, tp nilai jual utama engineering yamaha cenderung lebih ke torque bukan ke power - jadi cara bikin iritnya beda dengan cara bikin irit honda, kalau biasa bawa honda dan pegang yamaha pasti langsung boros karena stylenya beda (harus benar2 pulse & glide memanfaatkan low end torque nya, bukan model overdrive seperti honda). Saya pernah adu irit dengan teman saya yang bawa revo, jupiter saya masih bisa lebih irit (sama-sama pakai premium jaman itu).
Kalau soal harga parts, suzuki kadang-kadang bisa jauh lebih murah (saya bandingkan parts GSX vs vixion dan kaget betapa murahnya sebagian besar parts GSX - meski mencarinya tidak mudah ), soal built quality dan keawetan cenderung sama - built quality finish material metal cenderung lebih bagus yamaha, dan build quality finish material plastik jauh lebih bagus suzuki. Yamaha partsnya juga jauh lebih mudah dicari dari suzuki. Hanya untuk kualitas material engine, suzuki harus diakui jempol, sangat unggul, awet dan kuat nahan redline dan tenaga GSX segitu itu.
Sayangnya opsi matic mainstream Suzuki seperti Nex2 speknya kelewat nanggung, sementara Address platformnya udah terlalu tua dan GC nya pendek sekali - meskipun ini motor enak benernya plus platform global lagi. Terakhir pas ada kebutuhan peremajaan motor istri (Jupiter Z) akhirnya beli gear karena khawatir susah fast moving parts untuk suzuki, dan opsi2 lain di yamaha tinggi joknya kurang bersahabat (tinggi jok yamaha biasanya lebih tinggi dari merek lain). Honda kami coret (lagi) karena tidak cocok melihat barangnya di dealer....
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
selama ini, saya cuma pernah pake motor yamaha & honda. btw, saya gk pernah pegang skutik jdi cuma tau motor bebek & motor kopling aja hehehe.
klo yamaha, saya msh pegang yamaha alfa keluaran thn 1987 dan sejauh ini gk ada masalah. soalnya cuma dipake rutin skitar 4 tahun pertama pembelian, selanjutnya jarang dipake (skrg pun paling cuma dipake jarak deket aja). mkanya odometer jga msh relatif rendah (kisaran 40rb). mesin tdk ada mslh, autolube jga msh berfungsi normal. yg penting oli samping jgn smpe kurang (ada indikatornya di speedometer).
klo honda, saya pernah pake absolute revo keluaran 2013, bru setahun pemakaian, udh keluar beberapa penyakit berikut:
1. spion klotok2 --> ada baut yg lepas di dlm spion, akhirnya jdi bunyi2 sekaligus mengikis lapisan perak di spionnya. solusinya, saya beliin spion baru.
2. batok geter --> mngkin karena klip2 yg dipake ringkih?
3. rantai berisik --> pdhl udh dilumasi rutin pake chain lube, tapi msh aja berisik. bahkan drive chain kit nya udh diganti baru satu set, tapi msh tetep aja berisik. akhirnya saya biarkan, pdhl tegangan rantai udh sesuai sama buku manual.
temen saya ada yg pnya supra x helm in & penyakitnya jga sama kyk absolute revo saya. akhirnya motor ini dijual thn 2017 & dibeli sama sepupu saya buat kendaraan operasional tokonya.
selama saya pakai, dua motor tsb gk pernah telat ganti oli & BBM selalu oktan 92.
IMO, built quality yamaha lbh solid dri honda. mngkin perbandingannya terkesan gk apple to apple, tapi mudah2an bisa ngasih gambaran mengenai kedua merk . buat harian, saya saranin motor bebek aja soalnya konsumsi BBM lebih irit dibanding skutik & perawatannya jga relatif lbh simple. minusnya paling di kapasitas bagasi & kaki lbh rentan kecipratan klo lewat jalan becek.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3480
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
sejak rame rangka insap yg gak ada penyelesaiannya oleh yg punya merek, di media2 berita online mulai bermunculan berita2 yg mendiskreditkan motor2 cap garpu tala. dan berita2 rangka insap gak ada yg singgung lagi ama para pewarta.
kenapa ilang ya? apa udah dianggap selesai?
kenapa ilang ya? apa udah dianggap selesai?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Di Indonesia kalo ga mau honda ya yamaha lah. Entah mio 125 atau fiazzio kalo kelas matic kecil.
Saya dukung ente lah bongkar monopoli AHM.
Saya dukung ente lah bongkar monopoli AHM.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Divisi PR nya jago omTUFF Stough wrote: ↑Wed Mar 13, 2024 14:55 sejak rame rangka insap yg gak ada penyelesaiannya oleh yg punya merek, di media2 berita online mulai bermunculan berita2 yg mendiskreditkan motor2 cap garpu tala. dan berita2 rangka insap gak ada yg singgung lagi ama para pewarta.
kenapa ilang ya? apa udah dianggap selesai?
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Feb 26, 2024 7:19
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
bener banget ini om dr yg biasa pake vario 125, skrg pake freego kerasa lebih borosnoire wrote: ↑Wed Mar 13, 2024 11:50Halo om, ikut nimbrung, kebetulan saya sekarang ada rawat Yamaha Gear dan Suzuki GSX 150. Dari jaman dulu keluarga fanboy yamaha garis keras (robot, alfa II-R, jupiter gen 1, Jupiter Z karbu last gen, vixion gen 1, vega force, gear) jadi lumayan khatam merek satu ini wkwkkw.
Bener kata om2 lain diatas untuk yamaha, soal karakteristik yamaha, saya tambahkan satu lagi yang sepertinya terlewat - buat saya karakter rem yamaha paling tidak bisa digantikan di merek2 lain, paling mature dan pakem dibanding honda maupun suzuki, cocok dengan karakter handlingnya yang cenderung stabil dan mantep - beda karakter dengan honda dan suzuki yang titik beratnya lebih ke lincah + irit (honda) dan lincah + powerful (suzuki), bagi saya baik honda maupun suzuki rem nya kurang pakem.
Power yamaha sih so-so ya, tp nilai jual utama engineering yamaha cenderung lebih ke torque bukan ke power - jadi cara bikin iritnya beda dengan cara bikin irit honda, kalau biasa bawa honda dan pegang yamaha pasti langsung boros karena stylenya beda (harus benar2 pulse & glide memanfaatkan low end torque nya, bukan model overdrive seperti honda). Saya pernah adu irit dengan teman saya yang bawa revo, jupiter saya masih bisa lebih irit (sama-sama pakai premium jaman itu).
Kalau soal harga parts, suzuki kadang-kadang bisa jauh lebih murah (saya bandingkan parts GSX vs vixion dan kaget betapa murahnya sebagian besar parts GSX - meski mencarinya tidak mudah ), soal built quality dan keawetan cenderung sama - built quality finish material metal cenderung lebih bagus yamaha, dan build quality finish material plastik jauh lebih bagus suzuki. Yamaha partsnya juga jauh lebih mudah dicari dari suzuki. Hanya untuk kualitas material engine, suzuki harus diakui jempol, sangat unggul, awet dan kuat nahan redline dan tenaga GSX segitu itu.
Sayangnya opsi matic mainstream Suzuki seperti Nex2 speknya kelewat nanggung, sementara Address platformnya udah terlalu tua dan GC nya pendek sekali - meskipun ini motor enak benernya plus platform global lagi. Terakhir pas ada kebutuhan peremajaan motor istri (Jupiter Z) akhirnya beli gear karena khawatir susah fast moving parts untuk suzuki, dan opsi2 lain di yamaha tinggi joknya kurang bersahabat (tinggi jok yamaha biasanya lebih tinggi dari merek lain). Honda kami coret (lagi) karena tidak cocok melihat barangnya di dealer....
Last edited by hanask on Thu Mar 14, 2024 0:47, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1616
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Start stopnya emang bagaimana om sampe dikata laknat ?Suryaputra wrote: ↑Wed Mar 13, 2024 6:23Yessdsign1990 wrote: ↑Wed Mar 13, 2024 5:28Kalau saya 2 pengalaman merk saja yamaha sama HondaSuryaputra wrote: ↑Tue Mar 12, 2024 2:11
Sy pernah pakai Suzuki Bebek, Honda Skutik, Yamaha Skutik, Kawasaki Ninja 250 Carbu
so far yamaha the best.
Performa ok dan relatif terbaik di kelas nya, Jaringan Beres ok (meski gak sebagus astra), parts mudah dan resale value masuk akal.
Paling enak emg Skutik
- Praktis
- Tangan kiri santai
- Celana bersih (apalagi klo hujan)
- Bisa bawa barang di tengah dan jok tengah jg bisa diisi barang
- Roda dua gak usah kenceng2, karena klo jatuh dalam kondisi hi-speed bisa cacat seumur hidup atau minimal kondisi udah beda.
Secara umum mau di sport, bebek atau matic.....
Kelebihan motor yamaha itu material2nya mau itu rangka, body sampe jeroan mesin kayak klep, setang piston, timming chain materialnya berasa kuat2 , makanya digeber2 rpm tinggi ttp enak gak kayak Honda yang berasa kasar gak enak seolah mau ambrol , suspensi juga tetep enak setelah 20-30 rb km ... Di honda 20rb -30rb km udah berasa keras kayak shock mati
Cuma minusnya rasio transmisinya rata2 berasa kurang kecil di gigi tertinggi nya pun begitu yg matic yg berasa kurang efek overdrive buat jalan rata , alhasil konsumsi BBM gak bisa seirit Honda tapi buat medan naik turun dan berkendara agresif cocok banget , selain itu komponen2 kelistrikan terutama yang berhubungan dg electric starter gampang rusak dan aki gak tahan lama dibandingkan Honda
Scr teknis, Plus nya Yamaha jika dibanding Astra Honda,
- Parts Yamaha lbh tahan lama dibanding Astra Honda, terutama parts di internal girboks cvt. contoh: Roller CVT aja sy blm pernah ganti dah >15rb km
- Rangkanya di semua line up kokoh
- OEM tyrenya (terutama IRC) mantap grip nya, dan tahan lama bisa lebih dr 15rb km untuk penggunaan moderat
Minus di skutik yamaha, tapi bisa diakali,
- Efek overdrive ketika di hi speed kurang
- di RPM yg sama, speed Skutik yamaha lebih rendah
Solusi: Ganti roller CVT lbh berat (naik 2-3 gram)
- udah cukup untuk efek overdrive lbh baik
- RPM lbh rendah ketika cruising di perkotaan
Soal Aki, di saya malah awet banget.
YUASA YTZ7V MF tahan 6 tahun (start stop laknat nya gak pernah dipakai).
Denger2 yg saya tau fitur unfaedah yg malah bikin boros aki itu Y-connect sampe di 2023 kemarin dibikinkan versi non Y connect nya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Mon Jun 26, 2023 6:10
- Location: Jakarta
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Sebagai ex user Jupiter Z w akui BQ yamaho oke betul, setelah sekian tahun pemakaian bodi masih kokoh ga getar.
W tinggal di daerah gunung pula, buat tanjakan oke bgt. W liat sendiri Supra X kawan w keteteran nanjak dan di masa yg sama bodi udah mulai getar padahal dirawat dg sangat baik oleh ybs.
W tinggal di daerah gunung pula, buat tanjakan oke bgt. W liat sendiri Supra X kawan w keteteran nanjak dan di masa yg sama bodi udah mulai getar padahal dirawat dg sangat baik oleh ybs.
AML-CFT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1129
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
om... numpang nanya nih. lagi kepengen beli motor buat iseng2 jalan doang ke alfamart depan komplek sama bini. pengen motor ala2 dylan jadul tapi nggak mau modip2. pilihannya cuma kwk w175 dann xsr 155. tapi udh timbang sana sini akhirnya lebih pengen xsr155 yg edisi warna merah gold itu cuakep banget dah.noire wrote: ↑Wed Mar 13, 2024 11:50
Halo om, ikut nimbrung, kebetulan saya sekarang ada rawat Yamaha Gear dan Suzuki GSX 150. Dari jaman dulu keluarga fanboy yamaha garis keras (robot, alfa II-R, jupiter gen 1, Jupiter Z karbu last gen, vixion gen 1, vega force, gear) jadi lumayan khatam merek satu ini wkwkkw.
Bener kata om2 lain diatas untuk yamaha, soal karakteristik yamaha, saya tambahkan satu lagi yang sepertinya terlewat - buat saya karakter rem yamaha paling tidak bisa digantikan di merek2 lain, paling mature dan pakem dibanding honda maupun suzuki, cocok dengan karakter handlingnya yang cenderung stabil dan mantep - beda karakter dengan honda dan suzuki yang titik beratnya lebih ke lincah + irit (honda) dan lincah + powerful (suzuki), bagi saya baik honda maupun suzuki rem nya kurang pakem.
Power yamaha sih so-so ya, tp nilai jual utama engineering yamaha cenderung lebih ke torque bukan ke power - jadi cara bikin iritnya beda dengan cara bikin irit honda, kalau biasa bawa honda dan pegang yamaha pasti langsung boros karena stylenya beda (harus benar2 pulse & glide memanfaatkan low end torque nya, bukan model overdrive seperti honda). Saya pernah adu irit dengan teman saya yang bawa revo, jupiter saya masih bisa lebih irit (sama-sama pakai premium jaman itu).
Kalau soal harga parts, suzuki kadang-kadang bisa jauh lebih murah (saya bandingkan parts GSX vs vixion dan kaget betapa murahnya sebagian besar parts GSX - meski mencarinya tidak mudah ), soal built quality dan keawetan cenderung sama - built quality finish material metal cenderung lebih bagus yamaha, dan build quality finish material plastik jauh lebih bagus suzuki. Yamaha partsnya juga jauh lebih mudah dicari dari suzuki. Hanya untuk kualitas material engine, suzuki harus diakui jempol, sangat unggul, awet dan kuat nahan redline dan tenaga GSX segitu itu.
Sayangnya opsi matic mainstream Suzuki seperti Nex2 speknya kelewat nanggung, sementara Address platformnya udah terlalu tua dan GC nya pendek sekali - meskipun ini motor enak benernya plus platform global lagi. Terakhir pas ada kebutuhan peremajaan motor istri (Jupiter Z) akhirnya beli gear karena khawatir susah fast moving parts untuk suzuki, dan opsi2 lain di yamaha tinggi joknya kurang bersahabat (tinggi jok yamaha biasanya lebih tinggi dari merek lain). Honda kami coret (lagi) karena tidak cocok melihat barangnya di dealer....
kalo boleh tau menurut om kenapa ya si xsr155 ini menurut om kurang gitu laku di jalan? jgn ksh jawaban ya skrg era nya skutik ya om.... maksudnya dibanding motor kopling lain, saya jarang banget liat xsr ini di jalan. apa tenaga nya? apa borosnya? ato mgkn di bawa nya kurang enak?
syukur2 sbg fanboi ymh ada pengalaman cicipin xsr ini boleh om sharing2
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1616
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
Justru saya rasa kayaknya ini sport 150cc paling laku sekarang2 iniiamwewe wrote: ↑Thu Mar 14, 2024 1:32om... numpang nanya nih. lagi kepengen beli motor buat iseng2 jalan doang ke alfamart depan komplek sama bini. pengen motor ala2 dylan jadul tapi nggak mau modip2. pilihannya cuma kwk w175 dann xsr 155. tapi udh timbang sana sini akhirnya lebih pengen xsr155 yg edisi warna merah gold itu cuakep banget dah.noire wrote: ↑Wed Mar 13, 2024 11:50
Halo om, ikut nimbrung, kebetulan saya sekarang ada rawat Yamaha Gear dan Suzuki GSX 150. Dari jaman dulu keluarga fanboy yamaha garis keras (robot, alfa II-R, jupiter gen 1, Jupiter Z karbu last gen, vixion gen 1, vega force, gear) jadi lumayan khatam merek satu ini wkwkkw.
Bener kata om2 lain diatas untuk yamaha, soal karakteristik yamaha, saya tambahkan satu lagi yang sepertinya terlewat - buat saya karakter rem yamaha paling tidak bisa digantikan di merek2 lain, paling mature dan pakem dibanding honda maupun suzuki, cocok dengan karakter handlingnya yang cenderung stabil dan mantep - beda karakter dengan honda dan suzuki yang titik beratnya lebih ke lincah + irit (honda) dan lincah + powerful (suzuki), bagi saya baik honda maupun suzuki rem nya kurang pakem.
Power yamaha sih so-so ya, tp nilai jual utama engineering yamaha cenderung lebih ke torque bukan ke power - jadi cara bikin iritnya beda dengan cara bikin irit honda, kalau biasa bawa honda dan pegang yamaha pasti langsung boros karena stylenya beda (harus benar2 pulse & glide memanfaatkan low end torque nya, bukan model overdrive seperti honda). Saya pernah adu irit dengan teman saya yang bawa revo, jupiter saya masih bisa lebih irit (sama-sama pakai premium jaman itu).
Kalau soal harga parts, suzuki kadang-kadang bisa jauh lebih murah (saya bandingkan parts GSX vs vixion dan kaget betapa murahnya sebagian besar parts GSX - meski mencarinya tidak mudah ), soal built quality dan keawetan cenderung sama - built quality finish material metal cenderung lebih bagus yamaha, dan build quality finish material plastik jauh lebih bagus suzuki. Yamaha partsnya juga jauh lebih mudah dicari dari suzuki. Hanya untuk kualitas material engine, suzuki harus diakui jempol, sangat unggul, awet dan kuat nahan redline dan tenaga GSX segitu itu.
Sayangnya opsi matic mainstream Suzuki seperti Nex2 speknya kelewat nanggung, sementara Address platformnya udah terlalu tua dan GC nya pendek sekali - meskipun ini motor enak benernya plus platform global lagi. Terakhir pas ada kebutuhan peremajaan motor istri (Jupiter Z) akhirnya beli gear karena khawatir susah fast moving parts untuk suzuki, dan opsi2 lain di yamaha tinggi joknya kurang bersahabat (tinggi jok yamaha biasanya lebih tinggi dari merek lain). Honda kami coret (lagi) karena tidak cocok melihat barangnya di dealer....
kalo boleh tau menurut om kenapa ya si xsr155 ini menurut om kurang gitu laku di jalan? jgn ksh jawaban ya skrg era nya skutik ya om.... maksudnya dibanding motor kopling lain, saya jarang banget liat xsr ini di jalan. apa tenaga nya? apa borosnya? ato mgkn di bawa nya kurang enak?
syukur2 sbg fanboi ymh ada pengalaman cicipin xsr ini boleh om sharing2
Soalnya buat sport 150 angkatan 2020 kesini ini paling sering nemu di jalan dibandingkan cb150 facelift upside down, cbr150 yg lampu cbr250 dan R15 v4
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11866
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: rekomendasi motor baru selain Honda rangka Esaf?
$ASII itu salah satu "naga" IHSGTUFF Stough wrote: ↑Wed Mar 13, 2024 14:55 sejak rame rangka insap yg gak ada penyelesaiannya oleh yg punya merek, di media2 berita online mulai bermunculan berita2 yg mendiskreditkan motor2 cap garpu tala. dan berita2 rangka insap gak ada yg singgung lagi ama para pewarta.
kenapa ilang ya? apa udah dianggap selesai?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri