Om2x, mohon saran terkait Tie Rod.
Kondisi salah satu End Tie Rod di bagian karetnya ada yg sobek (grease sudah mulai keluar), tapi masih berfungsi dgn baik / belum oblak. Rencananya akan segera diganti. Untuk penggantiannya apakah :
1. End Tie Rod yg rusak saja.
2. End Tie Rod + Long Tie rod satu sisi mobil.
3. End Tie Rod kedua sisi kendaraan (kiri & kanan).
4. End Tie Rod + Long Tie Rod kedua sisi (kiri & kanan).
Secara penggunaan, baik End Tie Rod dan Long Tie Rod di kedua sisi mobil belum ada masalah. Dan umur kendaraan sudah 10 tahun.
Mohon saran dan masukannya.
[ASK] Ganti Tie Rod
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: [ASK] Ganti Tie Rod
kalau saya akan ganti end tie rod yang rusak saja karena end tie rod rusaknya tidak sama antara kiri kanan, pada umumnya sisi kiri akan rusak dahulu karena lebih sering kena jalan rusak (pinggiran jalan, keluar badan jalan, dll), dan lagi ongkos bongkar pasangnya juga lebih murah kalau hanya ganti 1 biji.
CMMIW.
CMMIW.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: [ASK] Ganti Tie Rod
Tergantung frekuensi pemakaian mobilnya. Klo mobilnya selalu dipake & sulit cari waktu ngbengkel, menurut ane langsung pilihan no. 4 aja, soalnya yg namanya karet itu umur 10 taun udah hampir pasti getas & gampang robek.
Tapi ya balik lagi ke kondisi masing2 sih, soalnya ada yg lebih mentingin waktu, ada yg lebih mentingin budget, dll
Tapi ya balik lagi ke kondisi masing2 sih, soalnya ada yg lebih mentingin waktu, ada yg lebih mentingin budget, dll
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Thu Jan 31, 2019 7:15
Re: [ASK] Ganti Tie Rod
Greenhunter wrote: ↑Wed Mar 13, 2024 7:19 kalau saya akan ganti end tie rod yang rusak saja karena end tie rod rusaknya tidak sama antara kiri kanan, pada umumnya sisi kiri akan rusak dahulu karena lebih sering kena jalan rusak (pinggiran jalan, keluar badan jalan, dll), dan lagi ongkos bongkar pasangnya juga lebih murah kalau hanya ganti 1 biji.
CMMIW.
Terima kasih om2x atas masukannya.qushay20019 wrote: ↑Wed Mar 13, 2024 8:20 Tergantung frekuensi pemakaian mobilnya. Klo mobilnya selalu dipake & sulit cari waktu ngbengkel, menurut ane langsung pilihan no. 4 aja, soalnya yg namanya karet itu umur 10 taun udah hampir pasti getas & gampang robek.
Tapi ya balik lagi ke kondisi masing2 sih, soalnya ada yg lebih mentingin waktu, ada yg lebih mentingin budget, dll
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11586
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: [ASK] Ganti Tie Rod
bung mau kerjakan sendiri atau bayar orang untuk penggantian part(s) dan spooringnya?
kalau kerjakan sendiri, jawaban paling tepat adalah :
terserah.
kalau bayar orang, bung pikir lg baek².
nomor 1 saja dan/atau nomor 2 kalau saya yg kerjaken, biaya sama. senilai *** rupiah.
nomor 3 dan/atau nomor 4, *** rupiah dikali 2.
ganti yg rusak saja tetap musti spooring.
nanti/besok/lusa/entah kapan (semoga secepatnya) terot sebelah oblak, bongkar lg, ongkos lg, spooring lg.
dan itu mobil sudah usia 10 tahun belum ganti tie rod dkk? tinggal tunggu saatnya....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1749
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: [ASK] Ganti Tie Rod
yang pasti misal ganti end-nya doank...kalo saya mesti kanan kiri...krn faktor males buang waktu di bengkel plus mesti spooring ulang
akan lebih ok kl sekalian paket 4...
jangan lupa tar sekalian cek kondisi kaki2 lain, misal balljoint & shock
akan lebih ok kl sekalian paket 4...
jangan lupa tar sekalian cek kondisi kaki2 lain, misal balljoint & shock
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Thu Jan 31, 2019 7:15
Re: [ASK] Ganti Tie Rod
marmut wrote: ↑Fri Mar 15, 2024 5:13
bung mau kerjakan sendiri atau bayar orang untuk penggantian part(s) dan spooringnya?
kalau kerjakan sendiri, jawaban paling tepat adalah :
terserah.
kalau bayar orang, bung pikir lg baek².
nomor 1 saja dan/atau nomor 2 kalau saya yg kerjaken, biaya sama. senilai *** rupiah.
nomor 3 dan/atau nomor 4, *** rupiah dikali 2.
ganti yg rusak saja tetap musti spooring.
nanti/besok/lusa/entah kapan (semoga secepatnya) terot sebelah oblak, bongkar lg, ongkos lg, spooring lg.
dan itu mobil sudah usia 10 tahun belum ganti tie rod dkk? tinggal tunggu saatnya....
Terima kasih atas saran dan masukannya om2x.
Sudah diganti satu set di satu sisi.
Di gmap kok 'permanently closed'