Hiace 2019
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1662
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Hiace 2019
Pengen punya ini, klo ud punya d facelift ke toyota granvia/ majesty
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Hiace 2019
Hiace 2KD emg badak banget sih. Pernah naik Hiace 2KD rental dari jakarta-malang PP. Itu sepanjang tol trans jawa digeber top speed mulu sampe mentok limiter, terutama di ruas tol solo-surabaya.devin96 wrote: ↑Sun Aug 16, 2020 17:50 Hiace ini menurut saya mobil yg nyaman. Dlu sering naik punya c1titrans mesin 2KD M/T, ini mesinnya udh terkenal badak. Pernah saya liat kilometer-nya udh 450rb km ++ tapi mesinnya masih smooth bgt terawat, suara mesin halus tarikan juga oke menurut saya walaupun ga nyupir langsung. AC-nya juga dingin bgt smp ngembun, emg ga boong deh kalo ini mobil terawat bgt, sepadan dengan harga tiketnya yg juga tergolong mahal untuk travel BDG-JKT. Kadang penasaran juga mobil ini gmn perawatannya mulai dari jenis oli mesin yg di pakai, interval penggantian oli, perawatan AC, purging, filsol, EGR dll tiap brp km. Pengen tanya sm supirnya pas di rest area tp ga enak juga karena lagi ngobrol2 dengan sesama supir lainnya
Drivernya dengan entengnya bilang "Udah biasa kayak gini Pak, tiap kali dipake lewat tol ya selalu gini", perawatan standar aja menurut beliau, ganti oli pake TMO per 10rb km pula. Dan emang bener kayak om bilang, dr sektor mesin masih halus aja, yg kurang terawat cuma rattling di interior aja.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Hiace 2019
biasa driver ginian, ga paham, karena driver zaman now banyak yg cuma lepas kunci saja semacam supir tembak. nanti di pool entah itu PT atau pribadi buat rentalan sendiri, ada yg urusin lagi.evanbngdor wrote: ↑Sat Aug 22, 2020 5:36 Hiace 2KD emg badak banget sih. Pernah naik Hiace 2KD rental dari jakarta-malang PP. Itu sepanjang tol trans jawa digeber top speed mulu sampe mentok limiter, terutama di ruas tol solo-surabaya.
Drivernya dengan entengnya bilang "Udah biasa kayak gini Pak, tiap kali dipake lewat tol ya selalu gini", perawatan standar aja menurut beliau, ganti oli pake TMO per 10rb km pula. Dan emang bener kayak om bilang, dr sektor mesin masih halus aja, yg kurang terawat cuma rattling di interior aja.
tadi siang baru liat, plat 5-2020, GEDE BANGET. sampe mikir ini mobil apaan ya, mobile broadcasting van atau production house atau mobil keperluan sipil/militer, tapi kok putih polos semua, pas liat dari depan ga taunya HI-ACE. tampilannya antik, biasa liat mobil kaya gini kan basisnya Isuzu Bison atau L300 karoseri jadi ground clearance tinggi karena aslinya truk, nah ini lebih ceper jadi rada mirip camper van, cuma karena jendelanya ga setinggi atapnya jadi kesannya panjang. yg agak bingung dengan wheelbase segitu panjang dan ground clearance yang sepertinya ga tinggi2 amat apa bisa tetep lincah ya kalau ketemu jalanan rusak. jgn2 gesrot atau nyangkut di kubangan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Hiace 2019
Saya naik hiace cirebon-bandung yg udh odo hampir 600rb (keluaran 2017) masih antep banget om. Cuma rel sliding door yg udah agak seret, selebihnya msh tokcer dan senyap semua. Lari langsam 110 masih enak kaya baruevanbngdor wrote: ↑Sat Aug 22, 2020 5:36Hiace 2KD emg badak banget sih. Pernah naik Hiace 2KD rental dari jakarta-malang PP. Itu sepanjang tol trans jawa digeber top speed mulu sampe mentok limiter, terutama di ruas tol solo-surabaya.devin96 wrote: ↑Sun Aug 16, 2020 17:50 Hiace ini menurut saya mobil yg nyaman. Dlu sering naik punya c1titrans mesin 2KD M/T, ini mesinnya udh terkenal badak. Pernah saya liat kilometer-nya udh 450rb km ++ tapi mesinnya masih smooth bgt terawat, suara mesin halus tarikan juga oke menurut saya walaupun ga nyupir langsung. AC-nya juga dingin bgt smp ngembun, emg ga boong deh kalo ini mobil terawat bgt, sepadan dengan harga tiketnya yg juga tergolong mahal untuk travel BDG-JKT. Kadang penasaran juga mobil ini gmn perawatannya mulai dari jenis oli mesin yg di pakai, interval penggantian oli, perawatan AC, purging, filsol, EGR dll tiap brp km. Pengen tanya sm supirnya pas di rest area tp ga enak juga karena lagi ngobrol2 dengan sesama supir lainnya
Drivernya dengan entengnya bilang "Udah biasa kayak gini Pak, tiap kali dipake lewat tol ya selalu gini", perawatan standar aja menurut beliau, ganti oli pake TMO per 10rb km pula. Dan emang bener kayak om bilang, dr sektor mesin masih halus aja, yg kurang terawat cuma rattling di interior aja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Hiace 2019
Iya, beda banget dibanding ELF getaran&bising suara di dalem kabin nya.erwinign wrote: ↑Sat Aug 22, 2020 15:31Saya naik hiace cirebon-bandung yg udh odo hampir 600rb (keluaran 2017) masih antep banget om. Cuma rel sliding door yg udah agak seret, selebihnya msh tokcer dan senyap semua. Lari langsam 110 masih enak kaya baruevanbngdor wrote: ↑Sat Aug 22, 2020 5:36Hiace 2KD emg badak banget sih. Pernah naik Hiace 2KD rental dari jakarta-malang PP. Itu sepanjang tol trans jawa digeber top speed mulu sampe mentok limiter, terutama di ruas tol solo-surabaya.devin96 wrote: ↑Sun Aug 16, 2020 17:50 Hiace ini menurut saya mobil yg nyaman. Dlu sering naik punya c1titrans mesin 2KD M/T, ini mesinnya udh terkenal badak. Pernah saya liat kilometer-nya udh 450rb km ++ tapi mesinnya masih smooth bgt terawat, suara mesin halus tarikan juga oke menurut saya walaupun ga nyupir langsung. AC-nya juga dingin bgt smp ngembun, emg ga boong deh kalo ini mobil terawat bgt, sepadan dengan harga tiketnya yg juga tergolong mahal untuk travel BDG-JKT. Kadang penasaran juga mobil ini gmn perawatannya mulai dari jenis oli mesin yg di pakai, interval penggantian oli, perawatan AC, purging, filsol, EGR dll tiap brp km. Pengen tanya sm supirnya pas di rest area tp ga enak juga karena lagi ngobrol2 dengan sesama supir lainnya
Drivernya dengan entengnya bilang "Udah biasa kayak gini Pak, tiap kali dipake lewat tol ya selalu gini", perawatan standar aja menurut beliau, ganti oli pake TMO per 10rb km pula. Dan emang bener kayak om bilang, dr sektor mesin masih halus aja, yg kurang terawat cuma rattling di interior aja.
Hampir semua ELF yg udah berumur yg saya naikin itu pasti bunyi2an dimana2, dan kalo lg digeber di tol, mau ngobrol aja susah, kalah sama suara mesin
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: Hiace 2019
Wah gila sih om kalo digeber top speed terus sampe limiter, emg badak sih mesin ini.evanbngdor wrote: ↑Sat Aug 22, 2020 5:36Hiace 2KD emg badak banget sih. Pernah naik Hiace 2KD rental dari jakarta-malang PP. Itu sepanjang tol trans jawa digeber top speed mulu sampe mentok limiter, terutama di ruas tol solo-surabaya.devin96 wrote: ↑Sun Aug 16, 2020 17:50 Hiace ini menurut saya mobil yg nyaman. Dlu sering naik punya c1titrans mesin 2KD M/T, ini mesinnya udh terkenal badak. Pernah saya liat kilometer-nya udh 450rb km ++ tapi mesinnya masih smooth bgt terawat, suara mesin halus tarikan juga oke menurut saya walaupun ga nyupir langsung. AC-nya juga dingin bgt smp ngembun, emg ga boong deh kalo ini mobil terawat bgt, sepadan dengan harga tiketnya yg juga tergolong mahal untuk travel BDG-JKT. Kadang penasaran juga mobil ini gmn perawatannya mulai dari jenis oli mesin yg di pakai, interval penggantian oli, perawatan AC, purging, filsol, EGR dll tiap brp km. Pengen tanya sm supirnya pas di rest area tp ga enak juga karena lagi ngobrol2 dengan sesama supir lainnya
Drivernya dengan entengnya bilang "Udah biasa kayak gini Pak, tiap kali dipake lewat tol ya selalu gini", perawatan standar aja menurut beliau, ganti oli pake TMO per 10rb km pula. Dan emang bener kayak om bilang, dr sektor mesin masih halus aja, yg kurang terawat cuma rattling di interior aja.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Hiace 2019
Rasio final gear nya kasar soalnya Om. Wajar sih 2KD manual di innova aja jalan konstan 100 km/jam itu RPM nyaris 3000, sedangkan redline di 4500. Speed 140 itu udah nyaris limiter.devin96 wrote: ↑Mon Aug 31, 2020 3:29Wah gila sih om kalo digeber top speed terus sampe limiter, emg badak sih mesin ini.evanbngdor wrote: ↑Sat Aug 22, 2020 5:36Hiace 2KD emg badak banget sih. Pernah naik Hiace 2KD rental dari jakarta-malang PP. Itu sepanjang tol trans jawa digeber top speed mulu sampe mentok limiter, terutama di ruas tol solo-surabaya.devin96 wrote: ↑Sun Aug 16, 2020 17:50 Hiace ini menurut saya mobil yg nyaman. Dlu sering naik punya c1titrans mesin 2KD M/T, ini mesinnya udh terkenal badak. Pernah saya liat kilometer-nya udh 450rb km ++ tapi mesinnya masih smooth bgt terawat, suara mesin halus tarikan juga oke menurut saya walaupun ga nyupir langsung. AC-nya juga dingin bgt smp ngembun, emg ga boong deh kalo ini mobil terawat bgt, sepadan dengan harga tiketnya yg juga tergolong mahal untuk travel BDG-JKT. Kadang penasaran juga mobil ini gmn perawatannya mulai dari jenis oli mesin yg di pakai, interval penggantian oli, perawatan AC, purging, filsol, EGR dll tiap brp km. Pengen tanya sm supirnya pas di rest area tp ga enak juga karena lagi ngobrol2 dengan sesama supir lainnya
Drivernya dengan entengnya bilang "Udah biasa kayak gini Pak, tiap kali dipake lewat tol ya selalu gini", perawatan standar aja menurut beliau, ganti oli pake TMO per 10rb km pula. Dan emang bener kayak om bilang, dr sektor mesin masih halus aja, yg kurang terawat cuma rattling di interior aja.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5499
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Hiace 2019
Hi ace semua manual ya?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: Hiace 2019
Penasaran pengen naik Hiace 1GD, waktu kuliah dlu bolak balik JKT - BDG kebagian Hiace 2KD aja punya citi trans, itu aja menurut saya udah enak banget. Meskipun saat itu saya lihat kilometer tinggi, tapi suara mesin, getaran, sampai AC nya masih dalam kondisi prima. Untuk tarikan ga terlalu ngerasain yang gimana2 sih tapi terasa smooth. Supir2nya juga saat itu nyetirnya halus dan rapih, main lampu signnya juga oke bgt. Beda sama Elf/hino nya xtrans, kilometer tinggi getaran mesin kerasa bgt ke kabin (ini keliatannya engine mounting ga pernah di perhatikan), suara mesin kasar apalagi klo cruising di tol ampun deh berisiknya, AC suka panas dan supir2nya juga ga semuanya halus dan rapih nyetirnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: Hiace 2019
Ini gear rationya sama kah om antara Hiace 2KD manual dan Ipah 2KD manual? perasaan saya kok saat cruising di tol halus2 aja ya suaranya? apa karna saya duduk agak belakang kali ya jadi deru suara mesin tdk begitu terdengar heheheevanbngdor wrote: ↑Mon Aug 31, 2020 6:56Rasio final gear nya kasar soalnya Om. Wajar sih 2KD manual di innova aja jalan konstan 100 km/jam itu RPM nyaris 3000, sedangkan redline di 4500. Speed 140 itu udah nyaris limiter.devin96 wrote: ↑Mon Aug 31, 2020 3:29Wah gila sih om kalo digeber top speed terus sampe limiter, emg badak sih mesin ini.evanbngdor wrote: ↑Sat Aug 22, 2020 5:36
Hiace 2KD emg badak banget sih. Pernah naik Hiace 2KD rental dari jakarta-malang PP. Itu sepanjang tol trans jawa digeber top speed mulu sampe mentok limiter, terutama di ruas tol solo-surabaya.
Drivernya dengan entengnya bilang "Udah biasa kayak gini Pak, tiap kali dipake lewat tol ya selalu gini", perawatan standar aja menurut beliau, ganti oli pake TMO per 10rb km pula. Dan emang bener kayak om bilang, dr sektor mesin masih halus aja, yg kurang terawat cuma rattling di interior aja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Hiace 2019
Itu cititrans yg oom sebut sekarang separoh lebih udah pada pake hiace premio 1GD tuh oom. Memang udah sewajarnya lah ya, harganya paling tinggi sendiri dibanding kompetitornya udah di 160 rb oii. Jackal holidays yg sama2 pake pilot seat aja harganya masih di kisaran 120-130 rb. Kalo mau nyoba naik cititrans yg premio, coba aja hindarin pool2 yang masih pada banyak pake commuter. Contohnya yang ane tau masih banyak unit commuter itu pool central park dan airport soetta. Kalo kemaren ane sempet nyoba naik dari grand lucky SCBD, nah itu armadanya udah pada premio semua.devin96 wrote: ↑Sun Mar 10, 2024 18:05 Penasaran pengen naik Hiace 1GD, waktu kuliah dlu bolak balik JKT - BDG kebagian Hiace 2KD aja punya citi trans, itu aja menurut saya udah enak banget. Meskipun saat itu saya lihat kilometer tinggi, tapi suara mesin, getaran, sampai AC nya masih dalam kondisi prima. Untuk tarikan ga terlalu ngerasain yang gimana2 sih tapi terasa smooth. Supir2nya juga saat itu nyetirnya halus dan rapih, main lampu signnya juga oke bgt. Beda sama Elf/hino nya xtrans, kilometer tinggi getaran mesin kerasa bgt ke kabin (ini keliatannya engine mounting ga pernah di perhatikan), suara mesin kasar apalagi klo cruising di tol ampun deh berisiknya, AC suka panas dan supir2nya juga ga semuanya halus dan rapih nyetirnya.
Enaknya pake hiace premio ini selain bantingan suspensi lebih enak daripada commuter, suara mesin 1GD jelas lebih halus drpd 1KD 2KD, terus dia mesin depan jadi kalo duduk di baris kedua kaki kita bisa selonjoran masuk dikit ke kolong korsi baris pertama. Gak kaya hiace commuter yang kaki kita ketahan gundukan ruang mesin.
Tp cititrans ane akui emg enak sih kursinya walau harganya mahal sendiri. Paling empuk di antara pilot seat dan captain seat yg pernah ane coba di rute jkt-bdg. Cuma minusnya kalo di ane kursinya agak ketinggian dikit, kaki ane kalo legrest gak dinaikin agak jinjit sedikit Cuma kalau dibilang supir citi nyetirnya alus dan rapih, menurut ane masih kureng. 2 kali ane naik rada ngebut semua supirnya So far yang ane paling sering dapet supirnya nyetirnya alus dan cenderung taat itu malah jackal holidays.
Tips buat yg mau nyari travel jkt-bdg yg mobilnya udah banyak pake hiace premio, kalo punya budget bisa naik cititrans ini dgn menghindari pool yg ane sebutkan di atas. Kalau budget lebih mefet, alternatif ada bhinneka shuttle. Bhinneka mereka juga armada premionya udah mulai mendominasi dan juga kalo peremajaan armada juga konsisten pake premio. Kalo pesen tiketnya di traveloka, malah bisa ada keterangannya trip yg kita incer pake commuter atau premio dan sepengelihatan ane sepertinya cukup akurat. Kalau travel2 lain rata2 nambah armadanya malah pada pilih commuter 1KD yg euro4. Kaya jackal holidays dan daytrans gitu mereka juga ada peremajaan pake premio, tapi dikit. Rata2 kalo peremajaan pilihan utamanya tetep commuter.
Ohhh... sama kalo misalnya rumah domisili atau tidak keberatan turun di jaksel/depok, ada alternatif lain ane pernah naik yaitu namanya Bina Sarana Shuttle. Itu kayanya travel baru itu. Tapi armadanya full hiace premio. Harga tidak terlalu mahal karena kursinya pake standar bawaan toyota. Walau travel baru tapi menurut ane pelayanan tetep sangat professional, satu penumpang pun tetep jalan, supir juga nyetirnya menurut ane termasuk alusan dan taat. Minus rutenya cuma satu doang, Bandung (Phh Mustofa/BTC) - Jakarta (Poins square/depok sawangan)
Ini ane selain review hiace premio kok malah jadi review shuttle jkt-bdg yak Ahh tapi konklusinya premio tetaplah menang di berbagai aspek dibanding commuter. Layanan transportasi yg pake premio menurut ane adalah sebuah plus poin lagi bila dibandingkan yg pake commuter.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00
Re: Hiace 2019
Thx om buat review2nya, jadi kangen juga masa2 kuliah dulu naik travel bolak balik JKT BDG. Selama ini saya cuma pernah naik travel Cititrans (Hiace 2KD dan Mercy Sprinter), Xtrans (Elf dan Hino lupa tipenya apa) dan Cipaganti (Hiace 2KD yg ga lama kemudian tutup). So far dari 3 itu paling puas cititrans sih, selama naik travel tsb yg saya rasakan setirannya halus dan tidak ngebut. Mulai dari cara akselerasi, cruising dan pindah2 jalur mulus semua. Rata2 cara bawa mobil antar supir juga sama, entah kalo sekarang gimana.rakyatwkwkland wrote: ↑Mon Mar 11, 2024 3:52Itu cititrans yg oom sebut sekarang separoh lebih udah pada pake hiace premio 1GD tuh oom. Memang udah sewajarnya lah ya, harganya paling tinggi sendiri dibanding kompetitornya udah di 160 rb oii. Jackal holidays yg sama2 pake pilot seat aja harganya masih di kisaran 120-130 rb. Kalo mau nyoba naik cititrans yg premio, coba aja hindarin pool2 yang masih pada banyak pake commuter. Contohnya yang ane tau masih banyak unit commuter itu pool central park dan airport soetta. Kalo kemaren ane sempet nyoba naik dari grand lucky SCBD, nah itu armadanya udah pada premio semua.devin96 wrote: ↑Sun Mar 10, 2024 18:05 Penasaran pengen naik Hiace 1GD, waktu kuliah dlu bolak balik JKT - BDG kebagian Hiace 2KD aja punya citi trans, itu aja menurut saya udah enak banget. Meskipun saat itu saya lihat kilometer tinggi, tapi suara mesin, getaran, sampai AC nya masih dalam kondisi prima. Untuk tarikan ga terlalu ngerasain yang gimana2 sih tapi terasa smooth. Supir2nya juga saat itu nyetirnya halus dan rapih, main lampu signnya juga oke bgt. Beda sama Elf/hino nya xtrans, kilometer tinggi getaran mesin kerasa bgt ke kabin (ini keliatannya engine mounting ga pernah di perhatikan), suara mesin kasar apalagi klo cruising di tol ampun deh berisiknya, AC suka panas dan supir2nya juga ga semuanya halus dan rapih nyetirnya.
Enaknya pake hiace premio ini selain bantingan suspensi lebih enak daripada commuter, suara mesin 1GD jelas lebih halus drpd 1KD 2KD, terus dia mesin depan jadi kalo duduk di baris kedua kaki kita bisa selonjoran masuk dikit ke kolong korsi baris pertama. Gak kaya hiace commuter yang kaki kita ketahan gundukan ruang mesin.
Tp cititrans ane akui emg enak sih kursinya walau harganya mahal sendiri. Paling empuk di antara pilot seat dan captain seat yg pernah ane coba di rute jkt-bdg. Cuma minusnya kalo di ane kursinya agak ketinggian dikit, kaki ane kalo legrest gak dinaikin agak jinjit sedikit Cuma kalau dibilang supir citi nyetirnya alus dan rapih, menurut ane masih kureng. 2 kali ane naik rada ngebut semua supirnya So far yang ane paling sering dapet supirnya nyetirnya alus dan cenderung taat itu malah jackal holidays.
Tips buat yg mau nyari travel jkt-bdg yg mobilnya udah banyak pake hiace premio, kalo punya budget bisa naik cititrans ini dgn menghindari pool yg ane sebutkan di atas. Kalau budget lebih mefet, alternatif ada bhinneka shuttle. Bhinneka mereka juga armada premionya udah mulai mendominasi dan juga kalo peremajaan armada juga konsisten pake premio. Kalo pesen tiketnya di traveloka, malah bisa ada keterangannya trip yg kita incer pake commuter atau premio dan sepengelihatan ane sepertinya cukup akurat. Kalau travel2 lain rata2 nambah armadanya malah pada pilih commuter 1KD yg euro4. Kaya jackal holidays dan daytrans gitu mereka juga ada peremajaan pake premio, tapi dikit. Rata2 kalo peremajaan pilihan utamanya tetep commuter.
Ohhh... sama kalo misalnya rumah domisili atau tidak keberatan turun di jaksel/depok, ada alternatif lain ane pernah naik yaitu namanya Bina Sarana Shuttle. Itu kayanya travel baru itu. Tapi armadanya full hiace premio. Harga tidak terlalu mahal karena kursinya pake standar bawaan toyota. Walau travel baru tapi menurut ane pelayanan tetep sangat professional, satu penumpang pun tetep jalan, supir juga nyetirnya menurut ane termasuk alusan dan taat. Minus rutenya cuma satu doang, Bandung (Phh Mustofa/BTC) - Jakarta (Poins square/depok sawangan)
Ini ane selain review hiace premio kok malah jadi review shuttle jkt-bdg yak Ahh tapi konklusinya premio tetaplah menang di berbagai aspek dibanding commuter. Layanan transportasi yg pake premio menurut ane adalah sebuah plus poin lagi bila dibandingkan yg pake commuter.
Jackal holiday saya blm pernah sama sekali. Paling ga enak ya xtrans, cruising di tol kayak mau meledak mesinnya, dan cara bawa mobil antar supir juga beda2. Ada yang halus, ngebut2 dan gasabaran. Cuma kelebihannya ya harganya paling masuk di kantong. Next mau coba ah hiace premio ini mau merasakan torsinya di tanjakan cipularang