ya itu GB3 temen ane 2 biji kena di 60-70k. sama juga. thn 2010 tuh padahal masih itungan keluaran awal. beda user beda perlakuan.b0ku wrote: ↑Wed Nov 15, 2023 3:05 tergantung km om kalo honda itu biasanya di bawah 100rb ud babak belur kalo angkatan diatas 2014, rack kena, bushing kena, karet2xnya pada kena kadang seal aja bisa bocor
kalo angkatan 2014 kebawah jamannya ge8 dkk itu 100rb kebanyakan baru kena shock doank saya punya freed crv ge8 ya shock semua
dan mulai berasa di model2x angkatan facelift 2012 keatas karena freed saya 2009 di banding ge8 saya 2013 itu ge8 berasa lebih rewel dikt gitu pula setiap freed yang masalah selalu modelnya yang facelift dimana kebanyakan kena racknya
jd kek sengaja biar cepet rusak atau juga emang penurunan kualitas parts biar harganya murah buktinya ya ternyata komponen honda sekarang lebih murah di banding model lama
bukan level quality kontrol juga om keknya efek pake vendor komponen lokal dan komponen lokal sendiri banyak yang busuk mungkin ngejar murah yang penting sesuai spek
jgn lupa barang laknat macem takata airbag aja bisa lolos gimana yang laen apalagi cuma bushing kaki2x
ya industri dimana mana pasti gitu. apalagi more local components makin ngga perlu repot2 bergantung sama import yang makan waktu blom ngurusin cukai segala. repot bener mana pabrik pasti ya ngejar kapasitas ngga mungkin mau nunggu. kran ekspor impor diketatin ma pemerintah lagi.
honda case by case nya kebanyakan urusan quality control deh. yang murni masalah vendor part itu yang uda masuk daftar recall itu. kalo quality control gimana mau recall orang yang kena aja random, paling rusak ya warranty.
rustproofing segala aja dikurangin kok ni info dari teman dulu pernah jadi sales. makanya tuh WRV BRV rentan bgt karat.
civic 2017 ane sejauh ini si aman ya. civic mati shock di km 45ribuan yang mana wajar dulu FD juga rata-rata malah ada yg 20ribu dah kena nyetirnya main hajar jalur pantura yg banyak sambungan jembatan laknat ampir tiap hari sikat mau lompat terus krn nyalip truk.
CRV 2018 40ribu aman sentosa hajar transjawa terus ini hampir tiap bulan malah. HRV 2015 malah blom ganti shock. bushing lower arm dan bushing rack steer aja km 50ribu sekarang dah jalan 8 taun. BRV masih baru pakenya deket deket aja.