Mesin brio L12B bandel ?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mesin brio L12B bandel ?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Nov 15, 2023 3:05 tergantung km om kalo honda itu biasanya di bawah 100rb ud babak belur kalo angkatan diatas 2014, rack kena, bushing kena, karet2xnya pada kena kadang seal aja bisa bocor :mky_03:

kalo angkatan 2014 kebawah jamannya ge8 dkk itu 100rb kebanyakan baru kena shock doank saya punya freed crv ge8 ya shock semua :mky_03:

dan mulai berasa di model2x angkatan facelift 2012 keatas karena freed saya 2009 di banding ge8 saya 2013 itu ge8 berasa lebih rewel dikt gitu pula setiap freed yang masalah selalu modelnya yang facelift dimana kebanyakan kena racknya :big_bored:

jd kek sengaja biar cepet rusak atau juga emang penurunan kualitas parts biar harganya murah buktinya ya ternyata komponen honda sekarang lebih murah di banding model lama :mky_03:

bukan level quality kontrol juga om keknya efek pake vendor komponen lokal dan komponen lokal sendiri banyak yang busuk mungkin ngejar murah yang penting sesuai spek :big_bored:

jgn lupa barang laknat macem takata airbag aja bisa lolos gimana yang laen apalagi cuma bushing kaki2x :mky_03:
ya itu GB3 temen ane 2 biji kena di 60-70k. sama juga. thn 2010 tuh padahal masih itungan keluaran awal. beda user beda perlakuan.

ya industri dimana mana pasti gitu. apalagi more local components makin ngga perlu repot2 bergantung sama import yang makan waktu blom ngurusin cukai segala. repot bener mana pabrik pasti ya ngejar kapasitas ngga mungkin mau nunggu. kran ekspor impor diketatin ma pemerintah lagi.

honda case by case nya kebanyakan urusan quality control deh. yang murni masalah vendor part itu yang uda masuk daftar recall itu. kalo quality control gimana mau recall orang yang kena aja random, paling rusak ya warranty.

rustproofing segala aja dikurangin kok ni info dari teman dulu pernah jadi sales. makanya tuh WRV BRV rentan bgt karat.

civic 2017 ane sejauh ini si aman ya. civic mati shock di km 45ribuan yang mana wajar dulu FD juga rata-rata malah ada yg 20ribu dah kena nyetirnya main hajar jalur pantura yg banyak sambungan jembatan laknat ampir tiap hari sikat mau lompat terus krn nyalip truk.

CRV 2018 40ribu aman sentosa hajar transjawa terus ini hampir tiap bulan malah. HRV 2015 malah blom ganti shock. bushing lower arm dan bushing rack steer aja km 50ribu sekarang dah jalan 8 taun. :big_smile] BRV masih baru pakenya deket deket aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5241
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Mesin brio L12B bandel ?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Nov 15, 2023 3:10
ya itu GB3 temen ane 2 biji kena di 60-70k. sama juga. thn 2010 tuh padahal masih itungan keluaran awal. beda user beda perlakuan.

ya industri dimana mana pasti gitu. apalagi more local components makin ngga perlu repot2 bergantung sama import yang makan waktu blom ngurusin cukai segala. repot bener mana pabrik pasti ya ngejar kapasitas ngga mungkin mau nunggu. kran ekspor impor diketatin ma pemerintah lagi.

honda case by case nya kebanyakan urusan quality control deh. yang murni masalah vendor part itu yang uda masuk daftar recall itu. kalo quality control gimana mau recall orang yang kena aja random, paling rusak ya warranty.

rustproofing segala aja dikurangin kok ni info dari teman dulu pernah jadi sales. makanya tuh WRV BRV rentan bgt karat.

civic CRV sejauh ini si aman ya. civic mati shock di km 45ribuan yang mana wajar dulu FD juga rata-rata malah ada yg 20ribu dah kena. CRV 40ribu aman sentosa hajar transjawa terus ini hampir tiap bulan malah.
lagiannya temennya baru kena tie rod kalo 2014 keatas atau 2012 kebanyakan kena racknya lah saya yang dulu pake 2009 kayak orang gila sampe 120rb baek2x aja emang sih saya paling hati2x sama lobang tapi ya itu freed ampe setiap hari di pake ass dragging sampe kampas remnya gak tahan sampe 10rb ud tipis sampe kena idikator besi kecilnya :mky_07:

ya cuma keknya asal murah masuk spek ud disikat makannya banyak defectnya :big_bored:

recall itu kalo mulai ganggu atau bahaya karena takut di sue kalo cuma bunyi gluduk2x ya gak bakalan di recall karena di lapangan mungkin 70% kupingnya baal atau masa bodo yang penting mobilnya gelinding :big_biglaugh:

karena setiap cased honda kek HRV saya tanya cuma bunyi doank itupun kena lobang setir handling aman makannya mana mungkin di recall
:big_biglaugh:

nah itu makannya kemaren survey HRV satu showroom kek kena banjir semua malah pernah saya di survey sama pedagang keknya kurang pengalaman dia survey mobilio km 30rban katanya bekas banjir gak lama di survey konsumen saya yang laen bawa inspektor baek2x aja tuh mobil lsg di bayar :big_bored:

emang ngeri kalo ud ngintip ke kolong dashboard wrv brv itu kek bekas kebanjiran :big_bored:

itu city HB padahal waktu ipar saya mau beli baru saya saranin beli sedan aja mungkin racknya lebih bagus karena sedan CBU thailand :big_bored:

lagian secengeng2xnya honda tetep aja masih lebih kuat di banding yang laen dan gampang benerinnya :big_biglaugh:
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Mesin brio L12B bandel ?

Post by zylo14 »

User brio tepos 2017 Km baru saja tembus 20rb

Kembali ke topik, urusan mesin bandel sih so far. Saya udh bbrp tahun remap ECU & TCU, sering di gaspol kalo lewat tol kosong sampai 180 an, bbrp kali dibuat trackday sentul juga

Kalo dibuat ky gitu aja awet, utk normal daily use saya rasa gaakan ada masalah

Runs perfectly fine after many years of hard driving, selain buat spirited driving, sekarang juga jadi teman ngantor ke sudirman tiap tanggal ganjil dengan avg FC 1:12

Tapi, kalo soal kaki-kaki, benar yang diomong sama beberapa teman SM wkwkw. Saya ud gnti shock & per belakang, racksteer otw meninggal mungkin akhir 2024 kudu ganti, dan ad bunyi goib di depan kiri yang sudah berbulan" gk ketemu asalnya darimana

Cuma disclaimer mungkin umur part kaki-kaki sy jdi pendek karena memang mobil suka dibuat highspeed cornering & lumayan ceper

Another disclaimer. Saya gbs memberi testimoni 'long mileage' karena baru 20rb km, tpi ya mungkin penggunaan 7 tahun pedal to the kampret bs memberi gambaran durability L12 mungil ini :big_okay: