Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

Bahas oli dgn formulasi lengkap & pake polosan udah sgt memuaskan (jangan dicampur tambahan apapun)

kebetulan yg lagi promo

https://tokopedia.link/dVDVHTv0AJb

Utk harga promo chat lgs aja di chat Toped nya

Just sharing aja

hehehhe
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

Utk info juga

rata2 oli bensin API SP / ILSAC GF-6 memiliki kandungan Moly & Boron selain ZDDP

ini tahu dari hasil test lab

Jadi jangan pernah menambahkan additip :
- MoS 2 / Mo DTC
- yg nama Ceramic Ceramic (isinya sekitar Molybdate / Boron Nitride)
- Yg gak ada PDS / MSDS / gak nyebut jenis zat nya & wujud nya pekat / pasta (bukan cairan bening)

Resiko Over dosage metals antiwear & jadi gak balance dgn zat Detergent / Dispersant nya

Disclemer
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1894
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: Wed May 15, 2024 3:00
sahabatq8 wrote: Tue May 14, 2024 8:40 Paling bener emang oli 100rb ganti 5rb, oli sultan ganti 10rb. Daripada nambahin mendingan oci diperpendek, itu gak murah jg kan.
Kalau yg level 50an ribu kayak si Re*sol atau oli eco jadi cuma 2500 kilo dong om?

:big_weee:
3000-4000 ok lah seharusnya, :upss:
infineum
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Sep 14, 2022 14:37
Location: Tangerang
Daily Vehicle: S class W223

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by infineum »

Turboman wrote: Wed May 15, 2024 3:13 Bahas oli dgn formulasi lengkap & pake polosan udah sgt memuaskan (jangan dicampur tambahan apapun)

kebetulan yg lagi promo

https://tokopedia.link/dVDVHTv0AJb

Utk harga promo chat lgs aja di chat Toped nya

Just sharing aja

hehehhe
Lagi gencar amat promonya, baru sarapan udah post 2x
:ngacir:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1894
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: Wed May 15, 2024 3:07
sintoni wrote: Wed May 15, 2024 3:00
sahabatq8 wrote: Tue May 14, 2024 8:40 Paling bener emang oli 100rb ganti 5rb, oli sultan ganti 10rb. Daripada nambahin mendingan oci diperpendek, itu gak murah jg kan.
Kalau yg level 50an ribu kayak si Re*sol atau oli eco jadi cuma 2500 kilo dong om?

:big_weee:
udah kaya ganti oli motor :big_biglaugh:
oli harga 80 - 90 rban aja saya pakai 7000km++/8 bulan, 2 tahun 3 kali ganti oli mesin lah kira2, oli transmisi manual nih yg kadang bablas :big_biglaugh:
Oiya, Om t105erd terakhir belum ganti MTF?
Q8 punya udah dateng nih, mau coba gak om saya kasih promo khusus member SM.
baleee
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed May 15, 2024 3:08
Location: surabaya
Daily Vehicle: K3 VE

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by baleee »

Permisi om2 ku, newbie izin tanya dan diskusi

Newbie baru aja adopsi dayatsu si ion 2013 K3 VE, ODO 60rb an. Riwayat owner sblmnya selalu pakai olmes DGO. cek lubang pengisian oli dan mesin2 aman tdk ada varnish, sludge dan rembes, sistem pendingin jg aman baru aja kuras coolant dan riwayat jg selalu pkai coolant. Dipakai harian kerja PP 60km an, kondisi jalanan yg dilalui padat tapi ga macet, 70% non tol 30% tol. Rencana OCI di 5-6 bulan atau 7000-9000 km.

Setelah baca2 disini, newbie ada bbrp opsi pilihan untuk olmes :
-Bardahl XTC S9 5W30
-Fastron Gold 5w30
-Total quartz9000 5w30
Diantara pilihan diatas, kira2 yang paling oke dgn kondisi pemakaian newbie bisa pilih yg mana? atau harus naik ke oli2 kelas keraton?

Dan filter oli PTT autofit bisa dipake longdrain 7000-9000 km kah ? atau maksimal bisa dipake berapa KM
Terimakasih
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1202
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

sahabatq8 wrote: Wed May 15, 2024 4:04
t105erd wrote: Wed May 15, 2024 3:07
sintoni wrote: Wed May 15, 2024 3:00

Kalau yg level 50an ribu kayak si Re*sol atau oli eco jadi cuma 2500 kilo dong om?

:big_weee:
udah kaya ganti oli motor :big_biglaugh:
oli harga 80 - 90 rban aja saya pakai 7000km++/8 bulan, 2 tahun 3 kali ganti oli mesin lah kira2, oli transmisi manual nih yg kadang bablas :big_biglaugh:
Oiya, Om t105erd terakhir belum ganti MTF?
Q8 punya udah dateng nih, mau coba gak om saya kasih promo khusus member SM.
Belum, udah 2 tahun lebih, terakhir pake spirax 60rb an
Wah mau dong, kalo harganya masuk :big_peace:
10120160-225x300.png
yang kaya gini bukan?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by t105erd on Wed May 15, 2024 4:28, edited 1 time in total.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

Fastron Tekno rilis oli API SP / GF-6

5W30 & 0W20

mau perang puputan lawan Mobil Super kayaknya

cek aja di Sadikun retail

rame nih
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1894
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: Wed May 15, 2024 4:20
sahabatq8 wrote: Wed May 15, 2024 4:04
t105erd wrote: Wed May 15, 2024 3:07

udah kaya ganti oli motor :big_biglaugh:
oli harga 80 - 90 rban aja saya pakai 7000km++/8 bulan, 2 tahun 3 kali ganti oli mesin lah kira2, oli transmisi manual nih yg kadang bablas :big_biglaugh:
Oiya, Om t105erd terakhir belum ganti MTF?
Q8 punya udah dateng nih, mau coba gak om saya kasih promo khusus member SM.
Belum, udah 2 tahun lebih, terakhir pake spirax 60rb an
Wah mau dong, kalo harganya masuk :big_peace:

10120160-225x300.png

yang kaya gini bukan?
75w80 gl4
10120150-225x300.png
Saya pm ya mbah, disclaimer: jangan kaget harganya :mky_03:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
citygd8
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed Jun 02, 2021 6:47
Location: west java

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by citygd8 »

Turboman wrote: Wed May 15, 2024 3:34 Utk info juga

rata2 oli bensin API SP / ILSAC GF-6 memiliki kandungan Moly & Boron selain ZDDP

ini tahu dari hasil test lab

Jadi jangan pernah menambahkan additip :
- MoS 2 / Mo DTC
- yg nama Ceramic Ceramic (isinya sekitar Molybdate / Boron Nitride)
- Yg gak ada PDS / MSDS / gak nyebut jenis zat nya & wujud nya pekat / pasta (bukan cairan bening)

Resiko Over dosage metals antiwear & jadi gak balance dgn zat Detergent / Dispersant nya

Disclemer
Om kl additif yg graphene atau graphite itu fungsinya ngaruh gak ya? :big_childish:
fun to learning new things
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 461
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by saturday »

Turboman wrote: Wed May 15, 2024 1:55
saturday wrote: Tue May 14, 2024 23:57

Itu dalam konteks "kelebihan gizi" atau gizi yang bertabrakan.

Hasil tes menunjukkan FR3 tidak mengandung antiwear additive sama sekali. Kalau kita ganti sebagian dari oli mesin yang mengandung aditif antiwear dengan FR3 yang tidak ada antiwearnya sama sekali, kita malah kehilangan sebagian antiwear yang seharusnya kita dapatkan.

Apakah oli yang ditambah FR3 menjadi semakin short drain dibanding oli mesin murni ketika penggunaan berat?
ini perlu diluruskan dulu agar kembali ke pemahaman yg benar

yg dimaksud Antiwear dalam dunia pelumasan :
- Zinc ZDDP
- Molybdenum
- Boron
- Titanium

Additive Ester (apapun mereknya) ya jelas tidak mengandung unsur metals antiwear, kecuali yg tertulis Ester + C*ram*c misal. Juga volume oil carrier di additip Ester aftermarket ya sgt kecil, yg digunakan hanya sekitar 100 - 450 ml aja, gak sampe liter2-an.

Sejauh ini unsur ZDDP itu wajib ada di setiap engine oil, walau makin lama makin dikurangi (low SAPS requirement) dan rendahnya kadar ZDDP dikompensasi dgn ditambahkannya Molybdenum / Boron dan bahkan Titanium (jarang yg pake Ti)

Ester di dunia pelumasan termasuk golongan Base oil Grup V, digunakan pada engine oil sebagai "tambahan", jadi boleh ada / boleh engga.....cara kerja Ester bagaimana, bisa di gugel

Ester ditambah ke oli mesin dan impactnya = makanya hanya ditambahkan dalam jumlah yg sgt sedikit sejauh angka Oxidation masih di zona aman, kalo ditambah kebanyakan hingga angka OXI melejit tinggi ya maka akan ada Trade Off. Oli racing yg kadar Ester tinggi hanya dipake saat race saja.

Sama spt ZDDP juga jika kelewat tinggi konon berpotensi bikin endapan di ruang bakar, juga Molyb & Boron gak boleh kelewat banyak juga. Racing Oil kadar ZDDP sgt tinggi bisa 1400 ppm up, makanya gak cocok buat oli mesin harian.

Nah skg ada teknik baru di era oli Low SAPS, yang disebut Organic Friction Modifier (mangga di gugel aja), konon OFM ini nanti akan diposisikan utk mengganti peranan Metals Antiwear jika engine oil dituntut utk tidak mengandung ZDDP lagi atau kadar ZDDP diturunkan sampe kecil sekali.

OFM ada macam2 senyawa, sifatnya Organik & non metals, produsen OFM rata2 skala besar & mereka supply OFM utamanya ke produsen pelumas, ini sgt menarik

Semoga bermanfaat
Sangat bermanfaat. Akan saya cari tahu lebih lanjut untuk bahan pembelajaran. Terima kasih untuk informasinya.

Berarti yang bisa disimpulkan sejauh ini:
1. Agar tidak menggunakan aditif ester untuk oli mesin yang sudah ada esternya; risiko saling tidak compatible ester tambahan dengan ester bawaan oli.

2. Lebih aman digunakan untuk oli berkualitas seadanya yang aditifnya antiwear minim untuk mencegah overdosis antiwear additive.

3. Pengurangan antiwear additive yang disebabkan oleh digantikannya sebagian oli mesin menjadi aditif oli mesin tambahan tanpa antiwear konvensional digantikan oleh Organic Friction Modifier yang didapat dari aditif oli mesin tambahan.

4. Dengan point nomor 2 dan 3, maka wajib ikuti dosis rekomendasi aditif, tidak boleh overdosis.

Namun dari segi biaya, bagaimana pendapat om Turbo? Karena aditif tambahan ini tergolong cukup mahal. Apalagi untuk para pengguna oli budget. Apa sebaiknya budgetnya lebih maksimal dialihkan untuk upgrade kualitas oli mesin saja?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1894
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Misalnya 5 liter oli 100rb, 500rb. Tambah additif 150-200rb untuk 5 liter oli. Total jadi 700rb. 140rb liter.

Padahal 140rb udah dapet oli sultan entry level, yang udah ada approval, udah ada pengetesan berapa ribu jam. Dibanding oli 100rb+ additive yang kita gak tau melebihi teori performanya gimana. Kalo menurut saya no brainer sih, jelas pilih yang 140rb per liter. Si produsen oli 140rb juga pasti udah dapetin economies of scalenya , bisa dapetin additive yang sama dengan harga yang jauh lebih murah. Mungkin itu additive yang kita beli seharga 200rb per dosis , modalnya cuma 10rb.
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Opeakkk »

Turboman wrote: Wed May 15, 2024 4:24 Fastron Tekno rilis oli API SP / GF-6

5W30 & 0W20

mau perang puputan lawan Mobil Super kayaknya

cek aja di Sadikun retail

rame nih
Kebetulan nyari buat R3 sy nih, thanks inpo nya Om
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9878
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Wed May 15, 2024 6:17 Misalnya 5 liter oli 100rb, 500rb. Tambah additif 150-200rb untuk 5 liter oli. Total jadi 700rb. 140rb liter.

Padahal 140rb udah dapet oli sultan entry level, yang udah ada approval, udah ada pengetesan berapa ribu jam. Dibanding oli 100rb+ additive yang kita gak tau melebihi teori performanya gimana. Kalo menurut saya no brainer sih, jelas pilih yang 140rb per liter. Si produsen oli 140rb juga pasti udah dapetin economies of scalenya , bisa dapetin additive yang sama dengan harga yang jauh lebih murah. Mungkin itu additive yang kita beli seharga 200rb per dosis , modalnya cuma 10rb.
ini totally make sense :big_exellent:

jangankan aditif oli mbah,
aditif bbm aja bisa mempengaruhi kemampuan umur oli koq,
tapi karena manfaat aditif bbm lbh besar dari minus nya, bisa diakali dgn penggunaan aditif bbm ketika menjelang OCI

tapi balik lagi, disclaimer dan semua balik ke pilihan masing-masing.
karena data, fakta, analisa dan logikanya udah jelas koq, spt apa dampak dan manfaat penggunaan aditif oli. :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dray007
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue May 02, 2023 14:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by dray007 »

azu wrote: Sat May 11, 2024 2:37
dray007 wrote: Fri May 10, 2024 17:28 om2 kuh. Newbie tentang merk oli terutama secara tier dan grade. Saya pakai harrier 2008 2.4 . Oli terakhir pakai Shell 10-40w lupa apa hx6 atau hx7. Nah kebetulan mobil udah km 174rban. Pemilik sebelumnya memang sangat terawat cuman dia pakai 10-40w dengan alesan mobil km tinggi dan tua takut tidak terlumasi mesinnya kalau pakai yang lebih encer. Sedangkan di buku pakai 5-30w dan tidak ada harus ganti oli apa di km berapa dan tahun berapa secara guidancenya. Saya terakhir ganti masih 10-40w mengikuti pemilik sebelumnya. Nah rencana mau balikin ke STD aj 5-30w. Kalau boleh tau yang paling cocok, paling bagus, atau overall price to performance bagus apa ya merk dan tipe olinya? kalau boleh dijabarkan tier tiernya
Mungkin bisa dibantu dulu om:
- Budget harga olinya berapa?
- Rencana interval penggantian olinya setiap berapa Km atau bulan?
- Sistem pendinginan, seperti radiator dan coolant, apakah dalam kondisi baik? Terakhir penggantian coolant kapan?
- Coba dicek dari lubang pengisian oli, apakah sudah muncul varnish atau sludge? Setahu saya mesin 2AZ ini cukup sering kasusnya muncul sludge

Kalau mesinnya dalam kondisi baik, harusnya maaih aman om pakai 5W-30. Biasanya nanti suhu-suhu disini akan bantu sesuai jawaban om :mky_02:
1. 1jutaan++. Menyesuaikan.
2. sesuai pada umumnya, 6 bulan atau per 5000.
3. Belum cek lagi, tapi sejauh ini temperatur aman cooling system no bocor.
3. cek terakhir masih cukup bersih.

kesimpulannya sih saya pemakaian mobil agak jarang. Jadi sudah 6 bulan duluan kena interval ganti oli, tidak menyentuh sampai 5000km.
oiya sempat lirik oli full sintetis, gimana ya untuk mobil tua km cukup tinggi ini apakah rekomen? kira2 habis berapa budjetnya?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5740
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sintoni »

dray007 wrote: Wed May 15, 2024 6:49
1. 1jutaan++. Menyesuaikan.
2. sesuai pada umumnya, 6 bulan atau per 5000.
3. Belum cek lagi, tapi sejauh ini temperatur aman cooling system no bocor.
3. cek terakhir masih cukup bersih.

kesimpulannya sih saya pemakaian mobil agak jarang. Jadi sudah 6 bulan duluan kena interval ganti oli, tidak menyentuh sampai 5000km.
oiya sempat lirik oli full sintetis, gimana ya untuk mobil tua km cukup tinggi ini apakah rekomen? kira2 habis berapa budjetnya?
Kalau menurut ane ya, oli entry level aja ya bisa pake 6 bulan 5rb kilo. Yang penting asli.

Ga osa mahal2 mah kalau cuma segitu.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

dray007 wrote: Wed May 15, 2024 6:49


1. 1jutaan++. Menyesuaikan.
2. sesuai pada umumnya, 6 bulan atau per 5000.
3. Belum cek lagi, tapi sejauh ini temperatur aman cooling system no bocor.
3. cek terakhir masih cukup bersih.

kesimpulannya sih saya pemakaian mobil agak jarang. Jadi sudah 6 bulan duluan kena interval ganti oli, tidak menyentuh sampai 5000km.
oiya sempat lirik oli full sintetis, gimana ya untuk mobil tua km cukup tinggi ini apakah rekomen? kira2 habis berapa budjetnya?
saya setuju dengan om sintoni, untuk pemakaian jarang lebih baik interval penggantian olinya saja yang dijaga secara rutin. kalau untuk penggantian per 6 bulan menurut saya oli entry level juga cukup, dan bisa dicoba om pakai 5W-30 sambil dimonitor saja pengurangan olinya. kalau pengurangan olinya tidak banyak, lanjut saja terus pakai 5W-30.

kalau dari list yang dishare om suryaputra sebelumnya, berikut yang masih masuk kategory entry level atau harga dibawah 120k/liter
Suryaputra wrote: Sat May 11, 2024 2:30
- PTT Performa Syntec Botol hitam 5w30
- Total Quartz 9000 5w30
- Fastron Gold 5w30
yang penting olinya asli ya om
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Opeakkk »

Turboman wrote: Wed May 15, 2024 4:24 Fastron Tekno rilis oli API SP / GF-6

5W30 & 0W20

mau perang puputan lawan Mobil Super kayaknya

cek aja di Sadikun retail

rame nih
Spek nya oke juga nih
5W-30 cuma 66 ribu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
alim ulama
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 275
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by alim ulama »

Om-om sekalian kalau Amsoil OE 0W-20 ini bisa digeber sampe berapa km & bulan kalau isi bensin 3 minggu Pertalite trus 1 minggu Pertamax? rute extra urban + 1-2x per bulan lewat tol jagorawi

thank you untuk yg jawab :big_deal:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1894
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

alim ulama wrote: Wed May 15, 2024 9:49 Om-om sekalian kalau Amsoil OE 0W-20 ini bisa digeber sampe berapa km & bulan kalau isi bensin 3 minggu Pertalite trus 1 minggu Pertamax? rute extra urban + 1-2x per bulan lewat tol jagorawi

thank you untuk yg jawab :big_deal:
8-10rb aman seharusnya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1894
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Opeakkk wrote: Wed May 15, 2024 8:30
Turboman wrote: Wed May 15, 2024 4:24 Fastron Tekno rilis oli API SP / GF-6

5W30 & 0W20

mau perang puputan lawan Mobil Super kayaknya

cek aja di Sadikun retail

rame nih
Spek nya oke juga nih
5W-30 cuma 66 ribu
Btw sebenernya yang di maksud spek ok itu darimananya ya?

Oli 5w30 bukanya on paper juga gitu gitu aja?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

sahabatq8 wrote: Wed May 15, 2024 10:19 [

Btw sebenernya yang di maksud spek ok itu darimananya ya?

Oli 5w30 bukanya on paper juga gitu gitu aja?
Ini doonggg

sayah dapet gak sampe Rp 110 rb / L (tapi cuman kebagian 7 L)

Image

Big sale dr toko serba ada yg cabang ada dimana mana.......wkwkwkkwwkkwkwkwk
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22042
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

saturday wrote: Wed May 15, 2024 5:56

Namun dari segi biaya, bagaimana pendapat om Turbo? Karena aditif tambahan ini tergolong cukup mahal. Apalagi untuk para pengguna oli budget. Apa sebaiknya budgetnya lebih maksimal dialihkan untuk upgrade kualitas oli mesin saja?
Kalo budget oriented yah pake oli polos aja, selama olinya aseli ya aman utk mesin.....soal enteng / berat nya tarikan ya relatip aja.......kualitas seiring harga

oli yg udah dapat sertifikat SNI dapat dipastikan aman utk mesin

Disclemer
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5740
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sintoni »

Turboman wrote: Wed May 15, 2024 13:29 Ini doonggg

sayah dapet gak sampe Rp 110 rb / L (tapi cuman kebagian 7 L)

Image

Big sale dr toko serba ada yg cabang ada dimana mana.......wkwkwkkwwkkwkwkwk
Ane jg liat ini om, tapi produksinya kalau ga salah 2018 atau 2019 gitu.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1202
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

baleee wrote: Wed May 15, 2024 4:16 Permisi om2 ku, newbie izin tanya dan diskusi

Newbie baru aja adopsi dayatsu si ion 2013 K3 VE, ODO 60rb an. Riwayat owner sblmnya selalu pakai olmes DGO. cek lubang pengisian oli dan mesin2 aman tdk ada varnish, sludge dan rembes, sistem pendingin jg aman baru aja kuras coolant dan riwayat jg selalu pkai coolant. Dipakai harian kerja PP 60km an, kondisi jalanan yg dilalui padat tapi ga macet, 70% non tol 30% tol. Rencana OCI di 5-6 bulan atau 7000-9000 km.

Setelah baca2 disini, newbie ada bbrp opsi pilihan untuk olmes :
-Bardahl XTC S9 5W30
-Fastron Gold 5w30
-Total quartz9000 5w30
Diantara pilihan diatas, kira2 yang paling oke dgn kondisi pemakaian newbie bisa pilih yg mana? atau harus naik ke oli2 kelas keraton?

Dan filter oli PTT autofit bisa dipake longdrain 7000-9000 km kah ? atau maksimal bisa dipake berapa KM
Terimakasih
Cocok semuanya tuh om, langsung tuang aja ke mesin