
Catatan:
1. Tapera mulainya 2027 masih lama
2. Tapera produk DPR semua fraksi setuju jadi ga bisa salahin presiden

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Hahaha kasian ini h miring emang. Inves gede2an bikin cetargejer flop, creta flop (dalam artian dua duanya gagal jd market leader dan not even runner up), skrg mobil strumnya kebalap mobcin yg impor banting hargaChZ wrote: ↑Wed May 29, 2024 2:45ngebayanginnya si H miring ud punya roadmap business plan jangka panjang apalagi soal infrastruktur EV dia invest udah gede-gedean. habis manis sepah dibuang dia ibarat kata cuma disuruh babat alas buat investor2 naga ngebuktiin tes pasar EV di konoha. giliran alasnya ud kebabat pasarnya dia pelan2 digerogotin sama naga yg dimanjain gimana gak marah.darrelund wrote: ↑Tue May 28, 2024 13:46 makanya kan
ud kyk di tempat wisata, lokal ma bule beda harga masuk![]()
kmrn terang"an gitu nitijen bilang takut kalah saing sama mocin, dahal emg dablek aja![]()
ngeliat hyundai G20 jor"an gitu, sampe G80 dibikinin kusus long wheelbase![]()
ampe dibikinin pabrik batere malah
taunya cinta tepuk sebelah tangan, ya gmn ga ngamuk
kalau analogi pernikahan ud rencana habis ini mau punya anak berapa, anaknya belum brojol udah bilang mau punya istri kedua nanti dijanjiin diperlakukan adil eh nyatanya yg dimanjain bini muda terus. gimana ga ngamuk.
Siap2 inopah zenix 800 jt, agay alay 300 jt
Tujuan sebenarnya memperlancar masuk mobil EV ke Indonesia yg dilakukan pemerintah dengan segala insentif adalah karena kelebihan pasokan tenaga listrik. Kelebihan terjadi karena program 35.000 MW yg dimulai tahun 2015 dengan membangun banyak pembangkit tenaga listrik yaitu gas, uap, angin. Tetapi peningkatan kebutuhan listrik baik rumah maupun industri tidak mencapai segitu dan cenderung stagnan (karena Indonesia kalah saing menggaet investor). Kelebihan produksi listrik tidak bisa disimpan (akan memerlukan baterai yg luar biasa besar), sehingga listrik yg tersisa di hari ini terbuang sia2. Dan itu terjadi tiap hari.ChZ wrote: ↑Wed May 29, 2024 2:45 ngebayanginnya si H miring ud punya roadmap business plan jangka panjang apalagi soal infrastruktur EV dia invest udah gede-gedean. habis manis sepah dibuang dia ibarat kata cuma disuruh babat alas buat investor2 naga ngebuktiin tes pasar EV di konoha. giliran alasnya ud kebabat pasarnya dia pelan2 digerogotin sama naga yg dimanjain gimana gak marah.
kalau analogi pernikahan ud rencana habis ini mau punya anak berapa, anaknya belum brojol udah bilang mau punya istri kedua nanti dijanjiin diperlakukan adil eh nyatanya yg dimanjain bini muda terus. gimana ga ngamuk.
Belakangan gelagat pemerintah mengkhawatirkan sih. Peraturan2 yg berlaku bisa dengan mudahnya dirubah atau diganti sesuai kebutuhan penguasa. Takutnya kalo begini terus lama kelamaan balik orde baru.
Lah iya gimana tidak sakit hati sudah capai2 invest, bangun pabrik, jual CKD supaya bisa bebas PPnBM eh ternyata impor mobil EV CBU sekarang bebas PPnBM. Tahu gitu kirim aja Ioniq 5 dari Korea gak perlu invest.
Tapera itu dipotong sampai umur berapa, luasnya berapa, lokasi di mana, akses jalan mana, fasilitas sekitar apa, sertifikatnya apa masih belum jelas. Jika petaknya ditentukan di luar pulau spt Kalimantan, Sulawesi, Papua ya alamat jarang ditempati atau dijual lagi. Takutnya malah jadi ghost town.
Jangan2 nanti TV kena pajak tahunan lagi kayak duluAndhyka wrote: ↑Wed Jun 05, 2024 23:04Tujuan sebenarnya memperlancar masuk mobil EV ke Indonesia yg dilakukan pemerintah dengan segala insentif adalah karena kelebihan pasokan tenaga listrik. Kelebihan terjadi karena program 35.000 MW yg dimulai tahun 2015 dengan membangun banyak pembangkit tenaga listrik yaitu gas, uap, angin. Tetapi peningkatan kebutuhan listrik baik rumah maupun industri tidak mencapai segitu dan cenderung stagnan (karena Indonesia kalah saing menggaet investor). Kelebihan produksi listrik tidak bisa disimpan (akan memerlukan baterai yg luar biasa besar), sehingga listrik yg tersisa di hari ini terbuang sia2. Dan itu terjadi tiap hari.ChZ wrote: ↑Wed May 29, 2024 2:45 ngebayanginnya si H miring ud punya roadmap business plan jangka panjang apalagi soal infrastruktur EV dia invest udah gede-gedean. habis manis sepah dibuang dia ibarat kata cuma disuruh babat alas buat investor2 naga ngebuktiin tes pasar EV di konoha. giliran alasnya ud kebabat pasarnya dia pelan2 digerogotin sama naga yg dimanjain gimana gak marah.
kalau analogi pernikahan ud rencana habis ini mau punya anak berapa, anaknya belum brojol udah bilang mau punya istri kedua nanti dijanjiin diperlakukan adil eh nyatanya yg dimanjain bini muda terus. gimana ga ngamuk.
Belakangan gelagat pemerintah mengkhawatirkan sih. Peraturan2 yg berlaku bisa dengan mudahnya dirubah atau diganti sesuai kebutuhan penguasa. Takutnya kalo begini terus lama kelamaan balik orde baru.
nah yg soal kapasitas pasokan over itu aneh bgt siih planningnya gimana. mana pasokan berlebih ehh tapi stabilitas gak ditingkatin, di kota semarang masih ada kalanya mati lampu mana pernah pas di kantor mati lampu dr pagi ampe sore baru nyalaAndhyka wrote: ↑Wed Jun 05, 2024 23:04 -cut-
Tujuan sebenarnya memperlancar masuk mobil EV ke Indonesia yg dilakukan pemerintah dengan segala insentif adalah karena kelebihan pasokan tenaga listrik. Kelebihan terjadi karena program 35.000 MW yg dimulai tahun 2015 dengan membangun banyak pembangkit tenaga listrik yaitu gas, uap, angin. Tetapi peningkatan kebutuhan listrik baik rumah maupun industri tidak mencapai segitu dan cenderung stagnan (karena Indonesia kalah saing menggaet investor). Kelebihan produksi listrik tidak bisa disimpan (akan memerlukan baterai yg luar biasa besar), sehingga listrik yg tersisa di hari ini terbuang sia2. Dan itu terjadi tiap hari.
Belakangan gelagat pemerintah mengkhawatirkan sih. Peraturan2 yg berlaku bisa dengan mudahnya dirubah atau diganti sesuai kebutuhan penguasa. Takutnya kalo begini terus lama kelamaan balik orde baru.
produksi listrik berlebih, tapi persebarannya gk merata ke seluruh wilayah (termasuk ke wilayah2 terpencil). hrusnya fokus ke pemerataan listrik ke seluruh wilayah dulu, bru mulai main2 sama EV.Andhyka wrote: ↑Wed Jun 05, 2024 23:04Tujuan sebenarnya memperlancar masuk mobil EV ke Indonesia yg dilakukan pemerintah dengan segala insentif adalah karena kelebihan pasokan tenaga listrik. Kelebihan terjadi karena program 35.000 MW yg dimulai tahun 2015 dengan membangun banyak pembangkit tenaga listrik yaitu gas, uap, angin. Tetapi peningkatan kebutuhan listrik baik rumah maupun industri tidak mencapai segitu dan cenderung stagnan (karena Indonesia kalah saing menggaet investor). Kelebihan produksi listrik tidak bisa disimpan (akan memerlukan baterai yg luar biasa besar), sehingga listrik yg tersisa di hari ini terbuang sia2. Dan itu terjadi tiap hari.ChZ wrote: ↑Wed May 29, 2024 2:45 ngebayanginnya si H miring ud punya roadmap business plan jangka panjang apalagi soal infrastruktur EV dia invest udah gede-gedean. habis manis sepah dibuang dia ibarat kata cuma disuruh babat alas buat investor2 naga ngebuktiin tes pasar EV di konoha. giliran alasnya ud kebabat pasarnya dia pelan2 digerogotin sama naga yg dimanjain gimana gak marah.
kalau analogi pernikahan ud rencana habis ini mau punya anak berapa, anaknya belum brojol udah bilang mau punya istri kedua nanti dijanjiin diperlakukan adil eh nyatanya yg dimanjain bini muda terus. gimana ga ngamuk.
klo urusan planning, gk usah kaget om (apalagi ini PLN yg notabene "memonopoli" listrik satu negara). ngerjain A tapi fokusnya kesitu doang, gk mikirin efek jangka panjangnya.daimler wrote: ↑Thu Jun 06, 2024 0:06 nah yg soal kapasitas pasokan over itu aneh bgt siih planningnya gimana. mana pasokan berlebih ehh tapi stabilitas gak ditingkatin, di kota semarang masih ada kalanya mati lampu mana pernah pas di kantor mati lampu dr pagi ampe sore baru nyala, untungnya kantornya ada genset
dari awal saya denger H miring invest gede gedean di sini juga sebenernya bacaan saya cuma buat efisiensi supply chain battery jd buat production plant di sini. lha sekarang ditikung sama cungkwo ya jelas ngamuk. ya maklum minister yang dulu digantiin sama yg modal manut bae nan oportunis (kerjasama ma H miring di inisiasi ma lembong, realisasi ud digantiin ma si bahlul)
mobil cungkwo kan oversupply d europ bingung jualnya apalagi yg dibuat versi RHD yaa mau ga mau dijual ke sesama market RHD kanChZ wrote: ↑Thu Jun 06, 2024 2:39dari awal saya denger H miring invest gede gedean di sini juga sebenernya bacaan saya cuma buat efisiensi supply chain battery jd buat production plant di sini. lha sekarang ditikung sama cungkwo ya jelas ngamuk. ya maklum minister yang dulu digantiin sama yg modal manut bae nan oportunis (kerjasama ma H miring di inisiasi ma lembong, realisasi ud digantiin ma si bahlul)
easy cash grab macem cetargejer dan creta itu juga spt proyek buru buru![]()
RHD di yurop bukannya cuman di UK ya om? CMIIWlemonadelovers wrote: ↑Thu Jun 06, 2024 22:31mobil cungkwo kan oversupply d europ bingung jualnya apalagi yg dibuat versi RHD yaa mau ga mau dijual ke sesama market RHD kanChZ wrote: ↑Thu Jun 06, 2024 2:39dari awal saya denger H miring invest gede gedean di sini juga sebenernya bacaan saya cuma buat efisiensi supply chain battery jd buat production plant di sini. lha sekarang ditikung sama cungkwo ya jelas ngamuk. ya maklum minister yang dulu digantiin sama yg modal manut bae nan oportunis (kerjasama ma H miring di inisiasi ma lembong, realisasi ud digantiin ma si bahlul)
easy cash grab macem cetargejer dan creta itu juga spt proyek buru buru![]()
![]()
Selaen bubble properti, dunia pendidikan bubble jg kah?fansdiesel wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 5:06 Penerimaan kampus swasta kelas mid low menurun drastis, malah pada obral Ua g pangkal dan biaya semesteran
In average..kendibocor wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 5:22Selaen bubble properti, dunia pendidikan bubble jg kah?fansdiesel wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 5:06 Penerimaan kampus swasta kelas mid low menurun drastis, malah pada obral Ua g pangkal dan biaya semesteran![]()
ini sebetulnya ada faktor lain jg sih Pak yaitufansdiesel wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 5:06 Penerimaan kampus swasta kelas mid low menurun drastis, malah pada obral Ua g pangkal dan biaya semesteran