[NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Barusan sekilas skimming forum klub Sienta, ada beberapa insiden kaca pecah/retak waktu recall klip.... terus ada juga yang malah jadi renggang menganga garnish nya....
beberapa member malah urung niat ikut program recallnya
beberapa member malah urung niat ikut program recallnya
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3765
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Optional jg ormas atau LSM mbahChZ wrote: ↑Wed Feb 21, 2024 5:00kalo laka katanya berserah sama yang maha kuasa mbah... mobil safety bagus ga jamin gak meninggal waktu lakaSuryaputra wrote: ↑Wed Feb 21, 2024 4:53 Klo ikut regulasi safety otomotif di wakanda itu:
- Crash Test 0 star, is okay
- Gak Kehujanan, gak kepanasan
- Bisa Ngerem dan bisa nanjak
sama kek kalo bawa motor nyusruk truk pala bocor malah supir truk disuruh ganti. padahal bawanya tolol sendiri pernah 1 kali di daerah rural ada laka motor nyusruk truk punya ngkong ane, terus ngkong ane punya teman kapolres apa siapa gitu. kalo nggak apa gak makin jadi bulan bulanan tuh supir
dulu pernah ada yang bilang kalo ente tinggal di wakandah itu perlu punya 3 kenalan : aparat (jangan yang kroco tapi, minimal yang ada ka ka nya), pengacara pinter, ma konsultan pajak.
sekarang keknya nambah sih : kenal ma anggota dewan atau menteri
tapi ni di wakandah kok kalo di indonesia mah nggak gini
Tp ini biasanya harus dipiara (kasi duit berjangka). Itung2 security bayaran aparat aja kadang kalah kalo uda bawa anggota ormasnya 1 kampung
Btw sama ini di wakanda jg lho ya
-
- SM Specialist
- Posts: 16454
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
ormas di wakanda kan sebenernya piaraan juga itu beberapa mbah apalagi yang suka razia razia itu ormasnya.kendibocor wrote: ↑Wed Feb 21, 2024 9:55
Optional jg ormas atau LSM mbah
Tp ini biasanya harus dipiara (kasi duit berjangka). Itung2 security bayaran aparat aja kadang kalah kalo uda bawa anggota ormasnya 1 kampung
Btw sama ini di wakanda jg lho ya
kalo ada pengamanan tinggal bayar ormas bilang itu keributan masyarakat. oknum aparat wakanda nya mah cuci tangan dia dateng tengah2 pura pura nengahin.
makanya kalo kenal aparat wakanda yang ada ka ka nya ngebantu banget, minimal kalo ditilang kroco diminta aneh aneh, tinggal telpon langsung abis tuh kroco
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Fri May 28, 2021 16:02
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Bekasi om. Cuma 30-40 menitan ternyata.noire wrote: ↑Tue Feb 20, 2024 9:45Wah cepat juga om, lokasinya di jakarta kah ini?silenzo wrote: ↑Tue Feb 20, 2024 6:17 Kemarin sudah ajukan klaim secara online dan terbukti Veloz Q CVT TSS saya masuk dalam program recall. Pagi ini di Whats App bengkel dan siang ini saya lagi di bengkel untuk proses perbaikan di Front Shock Absorber Nut di dua shock breaker depan. Katanya makan waktu 1 jam, yah lihat aja gimana nantinya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2320
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
-
- SM Specialist
- Posts: 16454
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
di kerajaan wakanda, kapitalis dan pemerintah nggak pernah salah.
yang salah selalu rakyat jelata.
kalo kapitalis dan pemerintah salah, coba lihat poin pertama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 88
- Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Recall2 ini saya yakin karena ketemu case gede di luar wakanda (sienta sempat ada selentingan info [unconfirmed] di forum owners club case sliding door short dan ngebuka sendiri waktu run dibawah hujan), kalau di wakanda ya begitulah - kayaknya ladang cuwan suruh replace ECU PSD plus edukasi cuci g boleh cuci steam supaya karet2 seal awet
Kalau jaman sekarang masih bisa dilawan dengan viral om, asal siap dan kuat lawan UU ITE
BTW tadi pagi selesai akhirnya recall work, cuma sejam, dikerjain 7 orang termasuk kepala bengkelnya sepertinya, lama nunggunya daripada dikerjainnya. Semoga tidak ada masalah kedepannya.
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV
Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150
2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Memang cepat kalau hanya re-torque saja....dikendurkan lalu dikencangkan sesuai spesifikasi torsi nya ajasilenzo wrote: ↑Thu Feb 22, 2024 12:51Bekasi om. Cuma 30-40 menitan ternyata.noire wrote: ↑Tue Feb 20, 2024 9:45Wah cepat juga om, lokasinya di jakarta kah ini?silenzo wrote: ↑Tue Feb 20, 2024 6:17 Kemarin sudah ajukan klaim secara online dan terbukti Veloz Q CVT TSS saya masuk dalam program recall. Pagi ini di Whats App bengkel dan siang ini saya lagi di bengkel untuk proses perbaikan di Front Shock Absorber Nut di dua shock breaker depan. Katanya makan waktu 1 jam, yah lihat aja gimana nantinya.
Tapi ini indikasi ada masalah dgn proses manufaktur, khususnya tooling atau operator (human error)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan
mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
noire wrote: ↑Fri Feb 23, 2024 3:51ChZ wrote: ↑Fri Feb 23, 2024 3:16darrelund wrote: ↑Thu Feb 22, 2024 17:57
Recall2 ini saya yakin karena ketemu case gede di luar wakanda (sienta sempat ada selentingan info [unconfirmed] di forum owners club case sliding door short dan ngebuka sendiri waktu run dibawah hujan), kalau di wakanda ya begitulah - kayaknya ladang cuwan suruh replace ECU PSD plus edukasi cuci g boleh cuci steam supaya karet2 seal awet
Kalau jaman sekarang masih bisa dilawan dengan viral om, asal siap dan kuat lawan UU ITE
Sepertinya kejadian massive recall 2009 terulang kembali, tapi tinjauan akar masalahnya mungkin ada pada mindset narsisistik selalu menyangkal dan salahkan konsumen
Recall hal lumrah dan biasa kok, tapi kalau model penjualan produk sdh termasuk jasa + parts (jasa purna jual), maka berat untuk membuktikan suatu masalah yg timbul pada produk, sebab mereka sembunyikan Repair Manual produk.
Jika ada cacat tersembunyi ditemukan setelah masa jaminan produk kadaluwarsa, maka akan dibebankan kpd konsumen.
Tidak hanya pada produk disebut Thread, ada All New Kijang Innova ditemukan alami cacat tersembunyi pada suku cadang suspensi yg gagal memenuhi Geometri Roda dengan bukti surat otentik Repair Manual produk yg ditetapkan Pencipta Produk/Pemilik Merk (TMC) dan hasil pengukuran Pemegang Merk tetapi tidak diperiksa oleh majelis hakim dalam persidangan.
Main UU ITE? Kan sudah rame di media massa?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2320
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
mana efekmbahmu wrote: ↑Wed Jun 12, 2024 11:55 Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan
mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
kasus esaf aja KNKT mingkem
harus banyak yg mokad dulu baru ngaku
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Efek kan kembali ke konsumen? KNKT bukan lembaga yg lindungi konsumen, lembaganya sudah teriak recall kan?
Artinya utk dapatkan "manfaat recall" harus melalui proses dulu, itupun sifatnya bukan 1 putusan utk semua pengguna esaf melainkan kpd produk yg terdampak
Recall sendiri juga memang begitu, spesifik kpd produk terdampak berdasarkan batch produksi jika itu terkait kegagalan suku cadang memenuhi prestasi yg sudah ditetapkan sebagai Baku Mutu.
Tidak semua kasus adalah cacat tersembunyi spt esaf, dfsk, dll..itu poinnya...harus apple to apple....kalau produk itu air minum ya gunakan baku mutu air minum....produknya air bersih ya baku mutu air bersih
Cacat tersembunyi itu diksi KUHPer sementara UU Perlinkos gunakan diksi lain, pembuktian jadi kunci saat proses ajudikasi
Recall itu hakekatnya manfaat buat konsumen sekaligus kewajiban hukum bagi pelaku usaha agar berikan kepastian hukum terutama soal keamanan dan keselamatan penggunaan produk
Soal produk Sienta idealnya ada itung ulang nilai produk jika setelah recall timbul masalah baru...itu yg fair....krn kan ada produk Sienta sebelumnya tanpa kondisi ini?
objek recall di australia dan new zealand saja sudah mewacanakan valuasi ulang dan mencari pemilik pertama bila sudah pindahtangan utk terima pengembalian uang.
Artinya keamanan, keselamatan dan value for money...konsep Fair Trading
Artinya utk dapatkan "manfaat recall" harus melalui proses dulu, itupun sifatnya bukan 1 putusan utk semua pengguna esaf melainkan kpd produk yg terdampak
Recall sendiri juga memang begitu, spesifik kpd produk terdampak berdasarkan batch produksi jika itu terkait kegagalan suku cadang memenuhi prestasi yg sudah ditetapkan sebagai Baku Mutu.
Tidak semua kasus adalah cacat tersembunyi spt esaf, dfsk, dll..itu poinnya...harus apple to apple....kalau produk itu air minum ya gunakan baku mutu air minum....produknya air bersih ya baku mutu air bersih
Cacat tersembunyi itu diksi KUHPer sementara UU Perlinkos gunakan diksi lain, pembuktian jadi kunci saat proses ajudikasi
Recall itu hakekatnya manfaat buat konsumen sekaligus kewajiban hukum bagi pelaku usaha agar berikan kepastian hukum terutama soal keamanan dan keselamatan penggunaan produk
Soal produk Sienta idealnya ada itung ulang nilai produk jika setelah recall timbul masalah baru...itu yg fair....krn kan ada produk Sienta sebelumnya tanpa kondisi ini?
objek recall di australia dan new zealand saja sudah mewacanakan valuasi ulang dan mencari pemilik pertama bila sudah pindahtangan utk terima pengembalian uang.
Artinya keamanan, keselamatan dan value for money...konsep Fair Trading
-
- SM Specialist
- Posts: 16454
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
wah menarik... kasus wheel alignment innova ini sudah digugat di persidangan ?mbahmu wrote: ↑Wed Jun 12, 2024 11:55
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan
mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
kalo nggak dipertimbangkan hakim ya ah .... sudahlah. berarti kita ngerti sekarang seberapa kuat ini grup punya lobby2 di pemerintahan wakanda.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16454
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
ini mindset yang bagus. susah diterapkan di wakanda. wakanda begitu mobil sdh masuk 2nd market ya dianggep valuasi mengikuti mekanisme pasar. di wakanda beli mobil itu (by konsumen dan produsen) macem dianggap beli lepas apalagi kalau sdh di atas masa warranty.mbahmu wrote: ↑Wed Jun 12, 2024 17:18
Soal produk Sienta idealnya ada itung ulang nilai produk jika setelah recall timbul masalah baru...itu yg fair....krn kan ada produk Sienta sebelumnya tanpa kondisi ini?
objek recall di australia dan new zealand saja sudah mewacanakan valuasi ulang dan mencari pemilik pertama bila sudah pindahtangan utk terima pengembalian uang.
Artinya keamanan, keselamatan dan value for money...konsep Fair Trading
krn kerugian 2nd market value itu sebenernya kasian sama orang2 yg kena produk terdampak nilai barangnya bisa dijatohin banget sama market. contoh user CRV keluaran 2017 atau new fortuner batch awal yg jedug. harga pasarnya terkoreksi jauh dibanding tahun2 setelahnya yg ga terdampak
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2320
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
fair enoughmbahmu wrote: ↑Wed Jun 12, 2024 17:18 Efek kan kembali ke konsumen? KNKT bukan lembaga yg lindungi konsumen, lembaganya sudah teriak recall kan?
Artinya utk dapatkan "manfaat recall" harus melalui proses dulu, itupun sifatnya bukan 1 putusan utk semua pengguna esaf melainkan kpd produk yg terdampak
Recall sendiri juga memang begitu, spesifik kpd produk terdampak berdasarkan batch produksi jika itu terkait kegagalan suku cadang memenuhi prestasi yg sudah ditetapkan sebagai Baku Mutu.
Tidak semua kasus adalah cacat tersembunyi spt esaf, dfsk, dll..itu poinnya...harus apple to apple....kalau produk itu air minum ya gunakan baku mutu air minum....produknya air bersih ya baku mutu air bersih
Cacat tersembunyi itu diksi KUHPer sementara UU Perlinkos gunakan diksi lain, pembuktian jadi kunci saat proses ajudikasi
Recall itu hakekatnya manfaat buat konsumen sekaligus kewajiban hukum bagi pelaku usaha agar berikan kepastian hukum terutama soal keamanan dan keselamatan penggunaan produk
Soal produk Sienta idealnya ada itung ulang nilai produk jika setelah recall timbul masalah baru...itu yg fair....krn kan ada produk Sienta sebelumnya tanpa kondisi ini?
objek recall di australia dan new zealand saja sudah mewacanakan valuasi ulang dan mencari pemilik pertama bila sudah pindahtangan utk terima pengembalian uang.
Artinya keamanan, keselamatan dan value for money...konsep Fair Trading
tp mnrt saya ttp susah untuk recall, kecuali viral bgt kyk kasus daihatsu kemarin
ya kyk yg situ bilang
hobi denial
prinsipal bilang ada trobel tapi disini bilangnya "aman"
itu yg wheel alignment inopa jg palingan di "edukasi" untuk rajin spooring
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2320
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
tapi jujur oe penasaran sama perbedaan parts yg um bilang di kijangmbahmu wrote: ↑Wed Jun 12, 2024 11:55
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan
mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
di wishbone & parts lain, apa secara fisik beda / lebih ke kualitas manufaktur?SAI sendiri memang spesifik ke part Susunan Suspensi, tepatnya wishbone....ISO 8855:11 nyatakan SAI berasal dr kemiringan sudut titik pivot (ball joint) atas dan bawah dengan sudut camber....disini part wishbonenya jelas beda tapi gak dijual disini
Sementara tiap wishbone terdiri dari 2 elastomer (bushing) dan 1 ball joint, partnya juga beda... MA, VM, PH & TW masih & pakai Jepang sampai sekarang di sarana perakitan, yg lainnya sepertinya TKDN....jadi isunya ada di suku cadang TKDN yg gagal berprestasi penuhi baku mutu minimal Sudut SAI 10°24' yg ditetapkan si akio toyoda
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1748
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
biasanya yang ngerti beginian orang dalam manufaktur ni...darrelund wrote: ↑Thu Jun 13, 2024 7:58tapi jujur oe penasaran sama perbedaan parts yg um bilang di kijangmbahmu wrote: ↑Wed Jun 12, 2024 11:55
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan
mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
di wishbone & parts lain, apa secara fisik beda / lebih ke kualitas manufaktur?SAI sendiri memang spesifik ke part Susunan Suspensi, tepatnya wishbone....ISO 8855:11 nyatakan SAI berasal dr kemiringan sudut titik pivot (ball joint) atas dan bawah dengan sudut camber....disini part wishbonenya jelas beda tapi gak dijual disini
Sementara tiap wishbone terdiri dari 2 elastomer (bushing) dan 1 ball joint, partnya juga beda... MA, VM, PH & TW masih & pakai Jepang sampai sekarang di sarana perakitan, yg lainnya sepertinya TKDN....jadi isunya ada di suku cadang TKDN yg gagal berprestasi penuhi baku mutu minimal Sudut SAI 10°24' yg ditetapkan si akio toyoda
ga bakalan orang awam tau penyimpangan ini
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
dulu sblm pegang 2kd, bokap pernah pnya 2TR manual keluaran 2007 (yg udh euro 2). pas usia 4 tahun (skitar 2011) bagian kaki2 depan selalu bunyi ngek2 setiap lewat poldur ato jalan gk rata. pdhl shock breaker udh diganti, tapi ya entah knapa msh bunyi terus. akhirnya pas 2013, mobilnya dijual & beli 2kd matic (yg msh dipake smpe skrg).ChZ wrote: ↑Thu Jun 13, 2024 3:38wah menarik... kasus wheel alignment innova ini sudah digugat di persidangan ?mbahmu wrote: ↑Wed Jun 12, 2024 11:55
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan
mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
kalo nggak dipertimbangkan hakim ya ah .... sudahlah. berarti kita ngerti sekarang seberapa kuat ini grup punya lobby2 di pemerintahan wakanda.
klo saya perhatiin, semua innova sblm generasi grand innova (2004 smpe kurleb 2011 pertengahan) kaki2 depannya selalu bunyi ngik2. lucunya, saya gk pernah nemu grand innova ato innova barong yg kaki2 depannya bunyi ngek2 hahaha
sama, penasaran jga om. jgn2 yg saya tulis ini termasuk efek samping dri perbedaan parts tdi?darrelund wrote: ↑Thu Jun 13, 2024 7:58tapi jujur oe penasaran sama perbedaan parts yg um bilang di kijangmbahmu wrote: ↑Wed Jun 12, 2024 11:55
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan
mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
di wishbone & parts lain, apa secara fisik beda / lebih ke kualitas manufaktur?SAI sendiri memang spesifik ke part Susunan Suspensi, tepatnya wishbone....ISO 8855:11 nyatakan SAI berasal dr kemiringan sudut titik pivot (ball joint) atas dan bawah dengan sudut camber....disini part wishbonenya jelas beda tapi gak dijual disini
Sementara tiap wishbone terdiri dari 2 elastomer (bushing) dan 1 ball joint, partnya juga beda... MA, VM, PH & TW masih & pakai Jepang sampai sekarang di sarana perakitan, yg lainnya sepertinya TKDN....jadi isunya ada di suku cadang TKDN yg gagal berprestasi penuhi baku mutu minimal Sudut SAI 10°24' yg ditetapkan si akio toyoda
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
ChZ wrote: ↑Thu Jun 13, 2024 3:38wah menarik... kasus wheel alignment innova ini sudah digugat di persidangan ?mbahmu wrote: ↑Wed Jun 12, 2024 11:55
Sudah di Kasasi malah, mungkin kasusnya: "misalignment" karena kegagalan prestasi suku cadang.
Alat buktinya:
1. Repair Manual by Pencipta Produk alis Pemilik merk (Akio Toyoda) 2012, menyatakan petunjuk spesifik melakukan penyetelan pada suku cadang tertentu apabila sudut SAI (steering axis inclination) tidak sesuai spesifikasi.
2. Hasil wheel alignment dari bengkel Pemegang Merk.
3. Repair Manual yg diubah isinya (hapus petunjukSAI).
Dampaknya jelas ke Vehicle Dynamics atau Dinamika Kendaraan (ISO 8855:2011) sebab kemudi ogah ketengah setelah belok dan malas ditengah saat kecepatan tinggi.
all new kijang innova sendiri adalah Mobil Penumpang Kategori M1 dgn spek SAI minimal 10°24', saudaranya Avanza F650 (Gen 2) dan Fortuner (Gen 1&2) yg spek SAI keduanya diatas 12°.
Jika hakim pura-pura awam, tetap tidak menghapus kewajiban untuk memeriksa produk sesuai Kekayaan Intelektual (Merk, Paten, Cipta) yg melekat dengan produk, dan pengujian alternatifnya hanya berbasis ISO 15037-1:2019 maka tentu perlu dieksaminasi oleh KY atau Bawas MA. Sebab UU Perlinkos dan KUHPer adalah Legislasi Nasional.
Cacat tersembunyi SAI sendiri hanya ada 2 opsi suku cadang, penempatan ball joint dan/atau mutu elastomer/bushing di "Upper Arm dan Lower Arm".
Recall adalah manfaat bukan buat konsumen tapi buat pengguna jalan lain, apalagi kalau jumlahnya masif.
Laka tunggal innova reborn terekam dan beredar viral H+7 lebaran 2024 di tol semarang setelah lewati lendutan (sambungan jembatan) di kecepatan sedang
kalo nggak dipertimbangkan hakim ya ah .... sudahlah. berarti kita ngerti sekarang seberapa kuat ini grup punya lobby2 di pemerintahan wakanda.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Wheel alignment yg baik, menyetel sudut geometri ke spesifikasi idealnya....utk SLA urutannya dari belakang ke depan: Caster (kirir kanan) , Camber (kiri kanan), Toe (kiri kanan)
SAI gak bisa disetel, ini sudut dilirik setelah "out of spek" biasanya krn kendaraan kecelakaan kok....bukan kondisi unit baru
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Upper Arm dan Lower Arm, masing-masing terdiri dari suku cadang sbb:
1. Elastomer/bushing 2 buah
2. Ball joint
Framenya gak saya sisipkan krn gak ada P/N.
Jika elastomer terlalu kenyal yg timbul efek elastokinematic, bisa juga...ini efek material
Ball joint sih gak isu, tapi penempatannya yg tidak presisi bisa masalah
Innova Gen1 lokal malah pakai lower arm Japan, upper arm nya thailand.
Innova Gen1 di MA, VN, PH, TW pakai Jepang kedua nya...P/N di Electronic Parts Catalogue (EPC) gak akan bohong.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
MSU wrote: ↑Thu Jun 13, 2024 8:44Pernah "didalam bukan berarti hanya yg berseragam yg paham" sebab manufaktur, service dan spare part yg berseragam.
Kalau literasi otomotif sudah level teknis, putra bangsa memang bisa diitung jari....sebab geser 4 ball joint di arm atas bawah kiri kanan kan bisa ditukang bubut jika perlu membuktikan
1° = 60', pengalaman maen mobil tua yg gak ada suku cadang lagi setelah nabrak: geser 1mm = 2'-5'.
Artinya utk penuhi Sudut SAI mobil penumpang kategori M1 butuh pergeseran sejauh 16mm yg rinciannya begini:
1. 4 mm di masing2 upper arm ke arah dalam (lebih pendek).
2. 4 mm di masing2 lower arm ke arah luar (lebih lebar)
Kalau mobil komersil SAI nya dibawah 10° lalu diramaikan, waduh gak sehat tuh
Beda komersil sama penumpang bukan hanya peruntukannya tapi "kecepatannya" dan dampaknya saat mislaignment....gak perlu salah2in jalan tol nya juga
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
[/quote]
Innova Gen1 lokal malah pakai lower arm Japan, upper arm nya thailand.
Innova Gen1 di MA, VN, PH, TW pakai Jepang kedua nya...P/N di Electronic Parts Catalogue (EPC) gak akan bohong.
[/quote]
Koreksi:
Innova Gen1 (2004-2011) lokal malah pakai lower arm Japan, upper arm nya thailand.
Innova Gen1 (2004-today) di MA, VN, PH, TW pakai Jepang kedua Arm nya...P/N di Electronic Parts Catalogue (EPC) gak akan bohong.
Arm jepang tersedia dipasar global (Amerika, Eropa, JDM) untuk Toyota Hilux.
Arm lokal hanya tersedia di pasar lokal saja (CMIIW)
Innova Gen1 lokal malah pakai lower arm Japan, upper arm nya thailand.
Innova Gen1 di MA, VN, PH, TW pakai Jepang kedua nya...P/N di Electronic Parts Catalogue (EPC) gak akan bohong.
[/quote]
Koreksi:
Innova Gen1 (2004-2011) lokal malah pakai lower arm Japan, upper arm nya thailand.
Innova Gen1 (2004-today) di MA, VN, PH, TW pakai Jepang kedua Arm nya...P/N di Electronic Parts Catalogue (EPC) gak akan bohong.
Arm jepang tersedia dipasar global (Amerika, Eropa, JDM) untuk Toyota Hilux.
Arm lokal hanya tersedia di pasar lokal saja (CMIIW)
-
- SM Specialist
- Posts: 16454
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
dejavu sama boeing 737MAX.....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 605
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
mbahmu wrote: ↑Thu Jun 13, 2024 12:42Om Mbah sepertinya antara background PE atau Quality Assy manufaktur.MSU wrote: ↑Thu Jun 13, 2024 8:44Pernah "didalam bukan berarti hanya yg berseragam yg paham" sebab manufaktur, service dan spare part yg berseragam.
Kalau literasi otomotif sudah level teknis, putra bangsa memang bisa diitung jari....sebab geser 4 ball joint di arm atas bawah kiri kanan kan bisa ditukang bubut jika perlu membuktikan
1° = 60', pengalaman maen mobil tua yg gak ada suku cadang lagi setelah nabrak: geser 1mm = 2'-5'.
Artinya utk penuhi Sudut SAI mobil penumpang kategori M1 butuh pergeseran sejauh 16mm yg rinciannya begini:
1. 4 mm di masing2 upper arm ke arah dalam (lebih pendek).
2. 4 mm di masing2 lower arm ke arah luar (lebih lebar)
Kalau mobil komersil SAI nya dibawah 10° lalu diramaikan, waduh gak sehat tuh
Beda komersil sama penumpang bukan hanya peruntukannya tapi "kecepatannya" dan dampaknya saat mislaignment....gak perlu salah2in jalan tol nya juga
hahaha