[NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by noire »

Barusan sekilas skimming forum klub Sienta, ada beberapa insiden kaca pecah/retak waktu recall klip.... terus ada juga yang malah jadi renggang menganga garnish nya.... :glodak: :big_childish:

beberapa member malah urung niat ikut program recallnya :big_slap:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3765
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Wed Feb 21, 2024 5:00
Suryaputra wrote: Wed Feb 21, 2024 4:53 Klo ikut regulasi safety otomotif di wakanda itu:
- Crash Test 0 star, is okay
- Gak Kehujanan, gak kepanasan
- Bisa Ngerem dan bisa nanjak
kalo laka katanya berserah sama yang maha kuasa mbah... mobil safety bagus ga jamin gak meninggal waktu laka :big_biglaugh:

sama kek kalo bawa motor nyusruk truk pala bocor malah supir truk disuruh ganti. padahal bawanya tolol sendiri :upss: pernah 1 kali di daerah rural ada laka motor nyusruk truk punya ngkong ane, terus ngkong ane punya teman kapolres apa siapa gitu. kalo nggak apa gak makin jadi bulan bulanan tuh supir :ungg:

dulu pernah ada yang bilang kalo ente tinggal di wakandah itu perlu punya 3 kenalan : aparat (jangan yang kroco tapi, minimal yang ada ka ka nya), pengacara pinter, ma konsultan pajak.

sekarang keknya nambah sih : kenal ma anggota dewan atau menteri :upss:

tapi ni di wakandah kok kalo di indonesia mah nggak gini :big_weee:
Optional jg ormas atau LSM mbah :mky_03:
Tp ini biasanya harus dipiara (kasi duit berjangka). Itung2 security bayaran :big_grin: aparat aja kadang kalah kalo uda bawa anggota ormasnya 1 kampung :upss:

Btw sama ini di wakanda jg lho ya :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Wed Feb 21, 2024 9:55
Optional jg ormas atau LSM mbah :mky_03:
Tp ini biasanya harus dipiara (kasi duit berjangka). Itung2 security bayaran :big_grin: aparat aja kadang kalah kalo uda bawa anggota ormasnya 1 kampung :upss:

Btw sama ini di wakanda jg lho ya :big_biglaugh:
ormas di wakanda kan sebenernya piaraan juga itu beberapa mbah :upss: apalagi yang suka razia razia itu ormasnya.

kalo ada pengamanan tinggal bayar ormas bilang itu keributan masyarakat. oknum aparat wakanda nya mah cuci tangan dia dateng tengah2 pura pura nengahin.

makanya kalo kenal aparat wakanda yang ada ka ka nya ngebantu banget, minimal kalo ditilang kroco diminta aneh aneh, tinggal telpon langsung abis tuh kroco :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by silenzo »

noire wrote: Tue Feb 20, 2024 9:45
silenzo wrote: Tue Feb 20, 2024 6:17 Kemarin sudah ajukan klaim secara online dan terbukti Veloz Q CVT TSS saya masuk dalam program recall. Pagi ini di Whats App bengkel dan siang ini saya lagi di bengkel untuk proses perbaikan di Front Shock Absorber Nut di dua shock breaker depan. Katanya makan waktu 1 jam, yah lihat aja gimana nantinya.
Wah cepat juga om, lokasinya di jakarta kah ini?
Bekasi om. Cuma 30-40 menitan ternyata.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2320
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by darrelund »

ariswp wrote: Sun Feb 18, 2024 13:58
Mungkinkan toyota astra/daiasu astra meminta maaf?
Soalnya kemaren2 denial mulu
paling usernya lagi disalahin

klo user ga salah paling di edukasi

pokoknya situ yg beli, situ jg yg disalahin krn minim edukasi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by ChZ »

darrelund wrote: Thu Feb 22, 2024 17:57
ariswp wrote: Sun Feb 18, 2024 13:58
Mungkinkan toyota astra/daiasu astra meminta maaf?
Soalnya kemaren2 denial mulu
paling usernya lagi disalahin

klo user ga salah paling di edukasi

pokoknya situ yg beli, situ jg yg disalahin krn minim edukasi
di kerajaan wakanda, kapitalis dan pemerintah nggak pernah salah.

yang salah selalu rakyat jelata.

kalo kapitalis dan pemerintah salah, coba lihat poin pertama.

:upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by noire »

ChZ wrote: Fri Feb 23, 2024 3:16
darrelund wrote: Thu Feb 22, 2024 17:57
ariswp wrote: Sun Feb 18, 2024 13:58
Mungkinkan toyota astra/daiasu astra meminta maaf?
Soalnya kemaren2 denial mulu
paling usernya lagi disalahin

klo user ga salah paling di edukasi

pokoknya situ yg beli, situ jg yg disalahin krn minim edukasi
di kerajaan wakanda, kapitalis dan pemerintah nggak pernah salah.

yang salah selalu rakyat jelata.

kalo kapitalis dan pemerintah salah, coba lihat poin pertama.

:upss:
Recall2 ini saya yakin karena ketemu case gede di luar wakanda (sienta sempat ada selentingan info [unconfirmed] di forum owners club case sliding door short dan ngebuka sendiri waktu run dibawah hujan), kalau di wakanda ya begitulah - kayaknya ladang cuwan suruh replace ECU PSD plus edukasi cuci g boleh cuci steam supaya karet2 seal awet :e-boohoo:

Kalau jaman sekarang masih bisa dilawan dengan viral om, asal siap dan kuat lawan UU ITE :mky_01: [emo-yesno]

BTW tadi pagi selesai akhirnya recall work, cuma sejam, dikerjain 7 orang termasuk kepala bengkelnya sepertinya, lama nunggunya daripada dikerjainnya. Semoga tidak ada masalah kedepannya.
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
mbahmu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by mbahmu »

silenzo wrote: Thu Feb 22, 2024 12:51
noire wrote: Tue Feb 20, 2024 9:45
silenzo wrote: Tue Feb 20, 2024 6:17 Kemarin sudah ajukan klaim secara online dan terbukti Veloz Q CVT TSS saya masuk dalam program recall. Pagi ini di Whats App bengkel dan siang ini saya lagi di bengkel untuk proses perbaikan di Front Shock Absorber Nut di dua shock breaker depan. Katanya makan waktu 1 jam, yah lihat aja gimana nantinya.
Wah cepat juga om, lokasinya di jakarta kah ini?
Bekasi om. Cuma 30-40 menitan ternyata.
Memang cepat kalau hanya re-torque saja....dikendurkan lalu dikencangkan sesuai spesifikasi torsi nya aja

Tapi ini indikasi ada masalah dgn proses manufaktur, khususnya tooling atau operator (human error)
mbahmu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by mbahmu »

darrelund wrote: Thu Feb 22, 2024 17:57
ariswp wrote: Sun Feb 18, 2024 13:58
Mungkinkan toyota astra/daiasu astra meminta maaf?
Soalnya kemaren2 denial mulu
paling usernya lagi disalahin

klo user ga salah paling di edukasi

pokoknya situ yg beli, situ jg yg disalahin krn minim edukasi
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan :big_weee:

mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
mbahmu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by mbahmu »

noire wrote: Fri Feb 23, 2024 3:51
ChZ wrote: Fri Feb 23, 2024 3:16
darrelund wrote: Thu Feb 22, 2024 17:57




Recall2 ini saya yakin karena ketemu case gede di luar wakanda (sienta sempat ada selentingan info [unconfirmed] di forum owners club case sliding door short dan ngebuka sendiri waktu run dibawah hujan), kalau di wakanda ya begitulah - kayaknya ladang cuwan suruh replace ECU PSD plus edukasi cuci g boleh cuci steam supaya karet2 seal awet :e-boohoo:

Kalau jaman sekarang masih bisa dilawan dengan viral om, asal siap dan kuat lawan UU ITE :mky_01: [emo-yesno]


Sepertinya kejadian massive recall 2009 terulang kembali, tapi tinjauan akar masalahnya mungkin ada pada mindset narsisistik selalu menyangkal dan salahkan konsumen

Recall hal lumrah dan biasa kok, tapi kalau model penjualan produk sdh termasuk jasa + parts (jasa purna jual), maka berat untuk membuktikan suatu masalah yg timbul pada produk, sebab mereka sembunyikan Repair Manual produk.

Jika ada cacat tersembunyi ditemukan setelah masa jaminan produk kadaluwarsa, maka akan dibebankan kpd konsumen.

Tidak hanya pada produk disebut Thread, ada All New Kijang Innova ditemukan alami cacat tersembunyi pada suku cadang suspensi yg gagal memenuhi Geometri Roda dengan bukti surat otentik Repair Manual produk yg ditetapkan Pencipta Produk/Pemilik Merk (TMC) dan hasil pengukuran Pemegang Merk tetapi tidak diperiksa oleh majelis hakim dalam persidangan. :big_chicken:

Main UU ITE? Kan sudah rame di media massa? :big_grin:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2320
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by darrelund »

mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 11:55 Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan :big_weee:

mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
mana efek

kasus esaf aja KNKT mingkem

harus banyak yg mokad dulu baru ngaku
mbahmu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by mbahmu »

Efek kan kembali ke konsumen? KNKT bukan lembaga yg lindungi konsumen, lembaganya sudah teriak recall kan?

Artinya utk dapatkan "manfaat recall" harus melalui proses dulu, itupun sifatnya bukan 1 putusan utk semua pengguna esaf melainkan kpd produk yg terdampak

Recall sendiri juga memang begitu, spesifik kpd produk terdampak berdasarkan batch produksi jika itu terkait kegagalan suku cadang memenuhi prestasi yg sudah ditetapkan sebagai Baku Mutu.

Tidak semua kasus adalah cacat tersembunyi spt esaf, dfsk, dll..itu poinnya...harus apple to apple....kalau produk itu air minum ya gunakan baku mutu air minum....produknya air bersih ya baku mutu air bersih

Cacat tersembunyi itu diksi KUHPer sementara UU Perlinkos gunakan diksi lain, pembuktian jadi kunci saat proses ajudikasi

Recall itu hakekatnya manfaat buat konsumen sekaligus kewajiban hukum bagi pelaku usaha agar berikan kepastian hukum terutama soal keamanan dan keselamatan penggunaan produk

Soal produk Sienta idealnya ada itung ulang nilai produk jika setelah recall timbul masalah baru...itu yg fair....krn kan ada produk Sienta sebelumnya tanpa kondisi ini?

objek recall di australia dan new zealand saja sudah mewacanakan valuasi ulang dan mencari pemilik pertama bila sudah pindahtangan utk terima pengembalian uang.

Artinya keamanan, keselamatan dan value for money...konsep Fair Trading
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by ChZ »

mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 11:55
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan :big_weee:

mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
wah menarik... kasus wheel alignment innova ini sudah digugat di persidangan ?

kalo nggak dipertimbangkan hakim ya ah .... sudahlah. berarti kita ngerti sekarang seberapa kuat ini grup punya lobby2 di pemerintahan wakanda.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by ChZ »

mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 17:18
Soal produk Sienta idealnya ada itung ulang nilai produk jika setelah recall timbul masalah baru...itu yg fair....krn kan ada produk Sienta sebelumnya tanpa kondisi ini?

objek recall di australia dan new zealand saja sudah mewacanakan valuasi ulang dan mencari pemilik pertama bila sudah pindahtangan utk terima pengembalian uang.

Artinya keamanan, keselamatan dan value for money...konsep Fair Trading
ini mindset yang bagus. susah diterapkan di wakanda. wakanda begitu mobil sdh masuk 2nd market ya dianggep valuasi mengikuti mekanisme pasar. di wakanda beli mobil itu (by konsumen dan produsen) macem dianggap beli lepas apalagi kalau sdh di atas masa warranty.

krn kerugian 2nd market value itu sebenernya kasian sama orang2 yg kena produk terdampak nilai barangnya bisa dijatohin banget sama market. contoh user CRV keluaran 2017 atau new fortuner batch awal yg jedug. harga pasarnya terkoreksi jauh dibanding tahun2 setelahnya yg ga terdampak :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2320
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by darrelund »

mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 17:18 Efek kan kembali ke konsumen? KNKT bukan lembaga yg lindungi konsumen, lembaganya sudah teriak recall kan?

Artinya utk dapatkan "manfaat recall" harus melalui proses dulu, itupun sifatnya bukan 1 putusan utk semua pengguna esaf melainkan kpd produk yg terdampak

Recall sendiri juga memang begitu, spesifik kpd produk terdampak berdasarkan batch produksi jika itu terkait kegagalan suku cadang memenuhi prestasi yg sudah ditetapkan sebagai Baku Mutu.

Tidak semua kasus adalah cacat tersembunyi spt esaf, dfsk, dll..itu poinnya...harus apple to apple....kalau produk itu air minum ya gunakan baku mutu air minum....produknya air bersih ya baku mutu air bersih

Cacat tersembunyi itu diksi KUHPer sementara UU Perlinkos gunakan diksi lain, pembuktian jadi kunci saat proses ajudikasi

Recall itu hakekatnya manfaat buat konsumen sekaligus kewajiban hukum bagi pelaku usaha agar berikan kepastian hukum terutama soal keamanan dan keselamatan penggunaan produk

Soal produk Sienta idealnya ada itung ulang nilai produk jika setelah recall timbul masalah baru...itu yg fair....krn kan ada produk Sienta sebelumnya tanpa kondisi ini?

objek recall di australia dan new zealand saja sudah mewacanakan valuasi ulang dan mencari pemilik pertama bila sudah pindahtangan utk terima pengembalian uang.

Artinya keamanan, keselamatan dan value for money...konsep Fair Trading
fair enough

tp mnrt saya ttp susah untuk recall, kecuali viral bgt kyk kasus daihatsu kemarin

ya kyk yg situ bilang

hobi denial

prinsipal bilang ada trobel tapi disini bilangnya "aman"

itu yg wheel alignment inopa jg palingan di "edukasi" untuk rajin spooring
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2320
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by darrelund »

mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 11:55
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan :big_weee:

mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
tapi jujur oe penasaran sama perbedaan parts yg um bilang di kijang
SAI sendiri memang spesifik ke part Susunan Suspensi, tepatnya wishbone....ISO 8855:11 nyatakan SAI berasal dr kemiringan sudut titik pivot (ball joint) atas dan bawah dengan sudut camber....disini part wishbonenya jelas beda tapi gak dijual disini

Sementara tiap wishbone terdiri dari 2 elastomer (bushing) dan 1 ball joint, partnya juga beda... MA, VM, PH & TW masih & pakai Jepang sampai sekarang di sarana perakitan, yg lainnya sepertinya TKDN....jadi isunya ada di suku cadang TKDN yg gagal berprestasi penuhi baku mutu minimal Sudut SAI 10°24' yg ditetapkan si akio toyoda
di wishbone & parts lain, apa secara fisik beda / lebih ke kualitas manufaktur?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1748
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by MSU »

darrelund wrote: Thu Jun 13, 2024 7:58
mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 11:55
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan :big_weee:

mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
tapi jujur oe penasaran sama perbedaan parts yg um bilang di kijang
SAI sendiri memang spesifik ke part Susunan Suspensi, tepatnya wishbone....ISO 8855:11 nyatakan SAI berasal dr kemiringan sudut titik pivot (ball joint) atas dan bawah dengan sudut camber....disini part wishbonenya jelas beda tapi gak dijual disini

Sementara tiap wishbone terdiri dari 2 elastomer (bushing) dan 1 ball joint, partnya juga beda... MA, VM, PH & TW masih & pakai Jepang sampai sekarang di sarana perakitan, yg lainnya sepertinya TKDN....jadi isunya ada di suku cadang TKDN yg gagal berprestasi penuhi baku mutu minimal Sudut SAI 10°24' yg ditetapkan si akio toyoda
di wishbone & parts lain, apa secara fisik beda / lebih ke kualitas manufaktur?
biasanya yang ngerti beginian orang dalam manufaktur ni... :big_think:
ga bakalan orang awam tau penyimpangan ini
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by lexnic »

ChZ wrote: Thu Jun 13, 2024 3:38
mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 11:55
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan :big_weee:

mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
wah menarik... kasus wheel alignment innova ini sudah digugat di persidangan ?

kalo nggak dipertimbangkan hakim ya ah .... sudahlah. berarti kita ngerti sekarang seberapa kuat ini grup punya lobby2 di pemerintahan wakanda.
dulu sblm pegang 2kd, bokap pernah pnya 2TR manual keluaran 2007 (yg udh euro 2). pas usia 4 tahun (skitar 2011) bagian kaki2 depan selalu bunyi ngek2 setiap lewat poldur ato jalan gk rata. pdhl shock breaker udh diganti, tapi ya entah knapa msh bunyi terus. akhirnya pas 2013, mobilnya dijual & beli 2kd matic (yg msh dipake smpe skrg).

klo saya perhatiin, semua innova sblm generasi grand innova (2004 smpe kurleb 2011 pertengahan) kaki2 depannya selalu bunyi ngik2. lucunya, saya gk pernah nemu grand innova ato innova barong yg kaki2 depannya bunyi ngek2 hahaha :big_biglaugh:
darrelund wrote: Thu Jun 13, 2024 7:58
mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 11:55
Nah ini menarik, memang mereka penggemar denial....sudah sertakan bukti Repair Manual yg notabene bukti surat otentik Pemilik Merk dan hasil pemeriksaan bukti surat otentik Pemegang Merk saja masih denial gunakan jasa saksi ahli di persidangan :big_weee:

mudah2an di gugatan atas cacatan tersembunyi pada produk all new kijang innova mereka sadar bahwa ada ketentuan Kekayaan Intelektual (Merk, Cipta, Paten) yang tidak bisa dikesampingkan dalam Pembuktian Terbalik
tapi jujur oe penasaran sama perbedaan parts yg um bilang di kijang
SAI sendiri memang spesifik ke part Susunan Suspensi, tepatnya wishbone....ISO 8855:11 nyatakan SAI berasal dr kemiringan sudut titik pivot (ball joint) atas dan bawah dengan sudut camber....disini part wishbonenya jelas beda tapi gak dijual disini

Sementara tiap wishbone terdiri dari 2 elastomer (bushing) dan 1 ball joint, partnya juga beda... MA, VM, PH & TW masih & pakai Jepang sampai sekarang di sarana perakitan, yg lainnya sepertinya TKDN....jadi isunya ada di suku cadang TKDN yg gagal berprestasi penuhi baku mutu minimal Sudut SAI 10°24' yg ditetapkan si akio toyoda
di wishbone & parts lain, apa secara fisik beda / lebih ke kualitas manufaktur?
sama, penasaran jga om. jgn2 yg saya tulis ini termasuk efek samping dri perbedaan parts tdi? :big_think:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
mbahmu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by mbahmu »

ChZ wrote: Thu Jun 13, 2024 3:38
mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 11:55
Sudah di Kasasi malah, mungkin kasusnya: "misalignment" karena kegagalan prestasi suku cadang.

Alat buktinya:
1. Repair Manual by Pencipta Produk alis Pemilik merk (Akio Toyoda) 2012, menyatakan petunjuk spesifik melakukan penyetelan pada suku cadang tertentu apabila sudut SAI (steering axis inclination) tidak sesuai spesifikasi.
2. Hasil wheel alignment dari bengkel Pemegang Merk.
3. Repair Manual yg diubah isinya (hapus petunjukSAI).

Dampaknya jelas ke Vehicle Dynamics atau Dinamika Kendaraan (ISO 8855:2011) sebab kemudi ogah ketengah setelah belok dan malas ditengah saat kecepatan tinggi.

all new kijang innova sendiri adalah Mobil Penumpang Kategori M1 dgn spek SAI minimal 10°24', saudaranya Avanza F650 (Gen 2) dan Fortuner (Gen 1&2) yg spek SAI keduanya diatas 12°.

Jika hakim pura-pura awam, tetap tidak menghapus kewajiban untuk memeriksa produk sesuai Kekayaan Intelektual (Merk, Paten, Cipta) yg melekat dengan produk, dan pengujian alternatifnya hanya berbasis ISO 15037-1:2019 maka tentu perlu dieksaminasi oleh KY atau Bawas MA. Sebab UU Perlinkos dan KUHPer adalah Legislasi Nasional.

Cacat tersembunyi SAI sendiri hanya ada 2 opsi suku cadang, penempatan ball joint dan/atau mutu elastomer/bushing di "Upper Arm dan Lower Arm".

Recall adalah manfaat bukan buat konsumen tapi buat pengguna jalan lain, apalagi kalau jumlahnya masif.

Laka tunggal innova reborn terekam dan beredar viral H+7 lebaran 2024 di tol semarang setelah lewati lendutan (sambungan jembatan) di kecepatan sedang







wah menarik... kasus wheel alignment innova ini sudah digugat di persidangan ?

kalo nggak dipertimbangkan hakim ya ah .... sudahlah. berarti kita ngerti sekarang seberapa kuat ini grup punya lobby2 di pemerintahan wakanda.
mbahmu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by mbahmu »

darrelund wrote: Thu Jun 13, 2024 7:52
mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 17:18

fair enough

tp mnrt saya ttp susah untuk recall, kecuali viral bgt kyk kasus daihatsu kemarin

ya kyk yg situ bilang

hobi denial

prinsipal bilang ada trobel tapi disini bilangnya "aman"

itu yg wheel alignment inopa jg palingan di "edukasi" untuk rajin spooring

Wheel alignment yg baik, menyetel sudut geometri ke spesifikasi idealnya....utk SLA urutannya dari belakang ke depan: Caster (kirir kanan) , Camber (kiri kanan), Toe (kiri kanan)

SAI gak bisa disetel, ini sudut dilirik setelah "out of spek" biasanya krn kendaraan kecelakaan kok....bukan kondisi unit baru
mbahmu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by mbahmu »

lexnic wrote: Thu Jun 13, 2024 12:17
ChZ wrote: Thu Jun 13, 2024 3:38
mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 11:55
di wishbone & parts lain, apa secara fisik beda / lebih ke kualitas manufaktur?
sama, penasaran jga om. jgn2 yg saya tulis ini termasuk efek samping dri perbedaan parts tdi? :big_think:
Upper Arm dan Lower Arm, masing-masing terdiri dari suku cadang sbb:
1. Elastomer/bushing 2 buah
2. Ball joint

Framenya gak saya sisipkan krn gak ada P/N.

Jika elastomer terlalu kenyal yg timbul efek elastokinematic, bisa juga...ini efek material

Ball joint sih gak isu, tapi penempatannya yg tidak presisi bisa masalah

Innova Gen1 lokal malah pakai lower arm Japan, upper arm nya thailand.

Innova Gen1 di MA, VN, PH, TW pakai Jepang kedua nya...P/N di Electronic Parts Catalogue (EPC) gak akan bohong.
mbahmu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by mbahmu »

MSU wrote: Thu Jun 13, 2024 8:44
darrelund wrote: Thu Jun 13, 2024 7:58
mbahmu wrote: Wed Jun 12, 2024 11:55
biasanya yang ngerti beginian orang dalam manufaktur ni... :big_think:
ga bakalan orang awam tau penyimpangan ini
Pernah "didalam bukan berarti hanya yg berseragam yg paham" sebab manufaktur, service dan spare part yg berseragam.

Kalau literasi otomotif sudah level teknis, putra bangsa memang bisa diitung jari....sebab geser 4 ball joint di arm atas bawah kiri kanan kan bisa ditukang bubut jika perlu membuktikan :big_weee:

1° = 60', pengalaman maen mobil tua yg gak ada suku cadang lagi setelah nabrak: geser 1mm = 2'-5'.

Artinya utk penuhi Sudut SAI mobil penumpang kategori M1 butuh pergeseran sejauh 16mm yg rinciannya begini:
1. 4 mm di masing2 upper arm ke arah dalam (lebih pendek).
2. 4 mm di masing2 lower arm ke arah luar (lebih lebar)

Kalau mobil komersil SAI nya dibawah 10° lalu diramaikan, waduh gak sehat tuh

Beda komersil sama penumpang bukan hanya peruntukannya tapi "kecepatannya" dan dampaknya saat mislaignment....gak perlu salah2in jalan tol nya juga
mbahmu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by mbahmu »

[/quote]
Innova Gen1 lokal malah pakai lower arm Japan, upper arm nya thailand.

Innova Gen1 di MA, VN, PH, TW pakai Jepang kedua nya...P/N di Electronic Parts Catalogue (EPC) gak akan bohong.
[/quote]

Koreksi:

Innova Gen1 (2004-2011) lokal malah pakai lower arm Japan, upper arm nya thailand.

Innova Gen1 (2004-today) di MA, VN, PH, TW pakai Jepang kedua Arm nya...P/N di Electronic Parts Catalogue (EPC) gak akan bohong.

Arm jepang tersedia dipasar global (Amerika, Eropa, JDM) untuk Toyota Hilux.

Arm lokal hanya tersedia di pasar lokal saja (CMIIW)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by ChZ »

mbahmu wrote: Thu Jun 13, 2024 12:21
3. Repair Manual yg diubah isinya (hapus petunjukSAI).
dejavu sama boeing 737MAX..... :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 605
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia

Post by satriakarisma »

mbahmu wrote: Thu Jun 13, 2024 12:42
MSU wrote: Thu Jun 13, 2024 8:44
darrelund wrote: Thu Jun 13, 2024 7:58

biasanya yang ngerti beginian orang dalam manufaktur ni... :big_think:
ga bakalan orang awam tau penyimpangan ini
Pernah "didalam bukan berarti hanya yg berseragam yg paham" sebab manufaktur, service dan spare part yg berseragam.

Kalau literasi otomotif sudah level teknis, putra bangsa memang bisa diitung jari....sebab geser 4 ball joint di arm atas bawah kiri kanan kan bisa ditukang bubut jika perlu membuktikan :big_weee:

1° = 60', pengalaman maen mobil tua yg gak ada suku cadang lagi setelah nabrak: geser 1mm = 2'-5'.

Artinya utk penuhi Sudut SAI mobil penumpang kategori M1 butuh pergeseran sejauh 16mm yg rinciannya begini:
1. 4 mm di masing2 upper arm ke arah dalam (lebih pendek).
2. 4 mm di masing2 lower arm ke arah luar (lebih lebar)

Kalau mobil komersil SAI nya dibawah 10° lalu diramaikan, waduh gak sehat tuh

Beda komersil sama penumpang bukan hanya peruntukannya tapi "kecepatannya" dan dampaknya saat mislaignment....gak perlu salah2in jalan tol nya juga
Om Mbah sepertinya antara background PE atau Quality Assy manufaktur.

hahaha