banyaknya apa dlu neh
Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Pboyz97 wrote: ↑Thu Jun 27, 2024 16:51kalo fc iya , apalagi buat dalkotnya. tp kalo cari tenaga emg setara or mirip kaya cx5. buat saya big no. dijamin nggak bakal sesuai ekspektasi kalo cari poin ke 2. budget segitu yg emg memenuhi kriteria ke 2 buat saya paling beli seken. either cx5 gen 2 atau hyundai santa fe TM or merek eropa sekalian kaya X3/X5 hehehe
Nah iya paling ideal mesti coba rental dulu klo zenix betah ga hehe.Pboyz97 wrote: ↑Thu Jun 27, 2024 16:44kebetulan saya ex user cx5 2 generasi (2013 & 2018), crv 3 generasi (2005,2010,2019) & sekarang user AN Voxy 90 2023 yg drivetrain sm transmisinya mirip zenix bensin sm udh pernah td zenix g hybrid jg.Devourer wrote: ↑Thu Jun 27, 2024 7:45 Nice review om sukses bikin penasaran sm MG4,
kbtln lagi research2 jg buat rencana mau pensiunin cx5 ane buat peremajaan, cukup dulu sm mazda kl ini
nyari yg budget 400 an biar ga nombok bnyk, sejauh ini plg realistis zenix G hybrid
tp masi blm rela takutnya kecewa BQ nya hehe. kepingin cari alternatif lain jg.
Penasaran jg klo yg ckd refinementnya gmn terutama kyk UI head unit
Pengalaman sm MG cmn pas rental MG HS di OZ, nyaman sih mobilnya cmn bbrp hal masih berasa unrefined (dct, UI lemot)
kalo ga butuh2 amat 7 seater sm cari hybridnya buat saya big no. selain bq, banyak hal yg emg bakal downgrade dari cx5. saya aja dari crv ke zenix aja buat saya banyak yg downgrade, apalagi dari cx5 hehehe. 400an ya kalo baru saya bakal pick HRV atau CX3. kalo seken ya saya bakal pick reborn v or venturer diesel at, ANF VRZ or ANPS Dakar. atau kalo monokok, saya bakal pick T32, CX5 gen 2 atau CRV turbo. semua mobil yg saya sebutin lebih enak dari segala sisi dibanding zenix baru menurut saya pribadi. kecuali emg om nya ga musingin BQ yg emg bakal downgrade parah dari CX5. gausah sm cx5 deh. sm gnki & reborn aja zenix ini paling payah kok (kebetulan saya dulu pernah miara GNKI 2.0 V AT 2014 & ANKI 2.4 G AT 2018)
Klo ICE lagi paling berasa upgrade setuju sih cx5 lg sih ato santa fe TM, klo europe 2nd ntar dl deh
lg cari yg baru ato bekas tahun muda masih warranty soalnya, ukuran yg pasti jgn lebih kecil dr cx5.
buat detil kriteria diskusi terpisah biar ga ganggu trit MG hehe.
E36 Parts for sale - https://tinyurl.com/5d5r2wyk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Sabtu kemaren abis test drive banyak EV, setuju MG4 pilihan terbaik, dan MG ZS ev yang kedua
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 493
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Kalau menurut pantat saya si iya om
Ini catatan saya kemarin: https://docs.google.com/spreadsheets/d/ ... =570316283
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Wihhhh mantep udah keluar aja reviewnya nih
Kapan-kapan foto bareng yok, sama rivalnya yang anak lama; Nissan Leaf . Jujur, kalo misal gak terlalu permasalahin UInya yang agak ribet, ini mobil bagus buat harganya. Cuma sayangnya karena dulu beli EV buat dipake ortu daily jadi salah satu poin utamanya adalah cari mobil yang transisinya mudah. Dulu rental C40 EV aja ortu pada ngeluh kenapa ACnya lewat layar wkwkwk.
MG ini lumayan bertahan ya di Indo selama ini, kayaknya bakal salah satu merk yang bakal bertahan dan makin terkenal kayak Wuling nantinya.
Kapan-kapan foto bareng yok, sama rivalnya yang anak lama; Nissan Leaf . Jujur, kalo misal gak terlalu permasalahin UInya yang agak ribet, ini mobil bagus buat harganya. Cuma sayangnya karena dulu beli EV buat dipake ortu daily jadi salah satu poin utamanya adalah cari mobil yang transisinya mudah. Dulu rental C40 EV aja ortu pada ngeluh kenapa ACnya lewat layar wkwkwk.
MG ini lumayan bertahan ya di Indo selama ini, kayaknya bakal salah satu merk yang bakal bertahan dan makin terkenal kayak Wuling nantinya.
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
ngomong2, ternyata Seal yang kata orang ribet, malah lebih gampang dipake daripada MG4. tapi layarnya silau pisaaanMrRichardhn wrote: ↑Mon Jul 01, 2024 8:38 Wihhhh mantep udah keluar aja reviewnya nih
Kapan-kapan foto bareng yok, sama rivalnya yang anak lama; Nissan Leaf . Jujur, kalo misal gak terlalu permasalahin UInya yang agak ribet, ini mobil bagus buat harganya. Cuma sayangnya karena dulu beli EV buat dipake ortu daily jadi salah satu poin utamanya adalah cari mobil yang transisinya mudah. Dulu rental C40 EV aja ortu pada ngeluh kenapa ACnya lewat layar wkwkwk.
MG ini lumayan bertahan ya di Indo selama ini, kayaknya bakal salah satu merk yang bakal bertahan dan makin terkenal kayak Wuling nantinya.
yuk foto, kemaren nemenin ganti velg malah ga dibawa leafnya
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
om, saya previous car sebelom MG4 ini Zenix Q. kebanting rasanya itu mobil sama MG4, padahal harganya lebih mahal hampir 200jt. MG4 menang di semua sisi kecuali gimmick pbd pano etc, ini mobil miskin gimmick banget sampe lampu kabin aje gak adaDevourer wrote: ↑Fri Jun 28, 2024 5:33Pboyz97 wrote: ↑Thu Jun 27, 2024 16:51kalo fc iya , apalagi buat dalkotnya. tp kalo cari tenaga emg setara or mirip kaya cx5. buat saya big no. dijamin nggak bakal sesuai ekspektasi kalo cari poin ke 2. budget segitu yg emg memenuhi kriteria ke 2 buat saya paling beli seken. either cx5 gen 2 atau hyundai santa fe TM or merek eropa sekalian kaya X3/X5 heheheNah iya paling ideal mesti coba rental dulu klo zenix betah ga hehe.Pboyz97 wrote: ↑Thu Jun 27, 2024 16:44kebetulan saya ex user cx5 2 generasi (2013 & 2018), crv 3 generasi (2005,2010,2019) & sekarang user AN Voxy 90 2023 yg drivetrain sm transmisinya mirip zenix bensin sm udh pernah td zenix g hybrid jg.Devourer wrote: ↑Thu Jun 27, 2024 7:45 Nice review om sukses bikin penasaran sm MG4,
kbtln lagi research2 jg buat rencana mau pensiunin cx5 ane buat peremajaan, cukup dulu sm mazda kl ini
nyari yg budget 400 an biar ga nombok bnyk, sejauh ini plg realistis zenix G hybrid
tp masi blm rela takutnya kecewa BQ nya hehe. kepingin cari alternatif lain jg.
Penasaran jg klo yg ckd refinementnya gmn terutama kyk UI head unit
Pengalaman sm MG cmn pas rental MG HS di OZ, nyaman sih mobilnya cmn bbrp hal masih berasa unrefined (dct, UI lemot)
kalo ga butuh2 amat 7 seater sm cari hybridnya buat saya big no. selain bq, banyak hal yg emg bakal downgrade dari cx5. saya aja dari crv ke zenix aja buat saya banyak yg downgrade, apalagi dari cx5 hehehe. 400an ya kalo baru saya bakal pick HRV atau CX3. kalo seken ya saya bakal pick reborn v or venturer diesel at, ANF VRZ or ANPS Dakar. atau kalo monokok, saya bakal pick T32, CX5 gen 2 atau CRV turbo. semua mobil yg saya sebutin lebih enak dari segala sisi dibanding zenix baru menurut saya pribadi. kecuali emg om nya ga musingin BQ yg emg bakal downgrade parah dari CX5. gausah sm cx5 deh. sm gnki & reborn aja zenix ini paling payah kok (kebetulan saya dulu pernah miara GNKI 2.0 V AT 2014 & ANKI 2.4 G AT 2018)
Klo ICE lagi paling berasa upgrade setuju sih cx5 lg sih ato santa fe TM, klo europe 2nd ntar dl deh
lg cari yg baru ato bekas tahun muda masih warranty soalnya, ukuran yg pasti jgn lebih kecil dr cx5.
buat detil kriteria diskusi terpisah biar ga ganggu trit MG hehe.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 770
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
kok bisa dapat CBU dengan harga segitu pak ?sherryandkez wrote: ↑Mon Jun 24, 2024 7:22 Car : MG4 EV 2024 (CBU Spec)
Mileage : <1000 km
Price : 423jt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 471
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Jd penasaran liat sendiri llgsg MG4 ini hehesherryandkez wrote: ↑Sat Jul 06, 2024 3:30om, saya previous car sebelom MG4 ini Zenix Q. kebanting rasanya itu mobil sama MG4, padahal harganya lebih mahal hampir 200jt. MG4 menang di semua sisi kecuali gimmick pbd pano etc, ini mobil miskin gimmick banget sampe lampu kabin aje gak adaDevourer wrote: ↑Fri Jun 28, 2024 5:33Pboyz97 wrote: ↑Thu Jun 27, 2024 16:51
kalo fc iya , apalagi buat dalkotnya. tp kalo cari tenaga emg setara or mirip kaya cx5. buat saya big no. dijamin nggak bakal sesuai ekspektasi kalo cari poin ke 2. budget segitu yg emg memenuhi kriteria ke 2 buat saya paling beli seken. either cx5 gen 2 atau hyundai santa fe TM or merek eropa sekalian kaya X3/X5 heheheNah iya paling ideal mesti coba rental dulu klo zenix betah ga hehe.Pboyz97 wrote: ↑Thu Jun 27, 2024 16:44
kebetulan saya ex user cx5 2 generasi (2013 & 2018), crv 3 generasi (2005,2010,2019) & sekarang user AN Voxy 90 2023 yg drivetrain sm transmisinya mirip zenix bensin sm udh pernah td zenix g hybrid jg.
kalo ga butuh2 amat 7 seater sm cari hybridnya buat saya big no. selain bq, banyak hal yg emg bakal downgrade dari cx5. saya aja dari crv ke zenix aja buat saya banyak yg downgrade, apalagi dari cx5 hehehe. 400an ya kalo baru saya bakal pick HRV atau CX3. kalo seken ya saya bakal pick reborn v or venturer diesel at, ANF VRZ or ANPS Dakar. atau kalo monokok, saya bakal pick T32, CX5 gen 2 atau CRV turbo. semua mobil yg saya sebutin lebih enak dari segala sisi dibanding zenix baru menurut saya pribadi. kecuali emg om nya ga musingin BQ yg emg bakal downgrade parah dari CX5. gausah sm cx5 deh. sm gnki & reborn aja zenix ini paling payah kok (kebetulan saya dulu pernah miara GNKI 2.0 V AT 2014 & ANKI 2.4 G AT 2018)
Klo ICE lagi paling berasa upgrade setuju sih cx5 lg sih ato santa fe TM, klo europe 2nd ntar dl deh
lg cari yg baru ato bekas tahun muda masih warranty soalnya, ukuran yg pasti jgn lebih kecil dr cx5.
buat detil kriteria diskusi terpisah biar ga ganggu trit MG hehe.
jujur gimmick Zenix terutama panoramic RSE ga menarik sih, kcuali yg Q emg ada airbagnya banyak aja
Nyesek jg sih klo yg G sama V airbag nya cuma dua ya pdhl uda 400-500 jt
E36 Parts for sale - https://tinyurl.com/5d5r2wyk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3199
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
buat saya yg tinggi 183 berat 100
MG4 kayanya kesempitan
MG4 kayanya kesempitan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Tungguin yg xpower aja siapa tau dibawa masuk kesini. 420ps 600Nm. Di thai cuman 500 kecil. Bisa masuk indo kalo harga 500 gede atau 600 kecil gila seh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
udah ada kok penampakan xpower di indo, udah merapat ke ice bsdkendibocor wrote: ↑Mon Jul 15, 2024 9:45 Tungguin yg xpower aja siapa tau dibawa masuk kesini. 420ps 600Nm. Di thai cuman 500 kecil. Bisa masuk indo kalo harga 500 gede atau 600 kecil gila seh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Kemaren oe baca di fb ada sales mulai promosi bs dp. Penasaran harganya aja nih3mul wrote: ↑Mon Jul 15, 2024 10:29udah ada kok penampakan xpower di indo, udah merapat ke ice bsdkendibocor wrote: ↑Mon Jul 15, 2024 9:45 Tungguin yg xpower aja siapa tau dibawa masuk kesini. 420ps 600Nm. Di thai cuman 500 kecil. Bisa masuk indo kalo harga 500 gede atau 600 kecil gila seh
Liat di carwow gile itu M2, GTR, lambo dikentutin semua akselerasinya, tp emang atasnya emang keabisan napas sih pd ngejer semua.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 186
- Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: ANF
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Cukup mengagetkan, di US yg terbilang sarangnya tesla dan sering dianggap negara dengan infrastruktur EV sangat baik, hampir setengah pengguna EV "very likely" switch ke mobil ICE.
https://www.foxbusiness.com/markets/nea ... data-shows
https://www.foxbusiness.com/markets/nea ... data-shows
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Kalo US justru ga heran. Ga cocok lah disana yg kebanyakan commutenya jarak jauh2. Tp emang ga bakalan bisa 100% gantiin mesin ICE kok. BEV terlalu banyak restriksi. Kalo emang buat mobil commute dalam kota segala mungkin ok, tp tetep harus punya mbl bermesin ICE in case harus ke luar kota, atau keperluan mendadak trus mbl blm sempet di charge, dll dll. Jd ga bs jd single fighter sendiri dlm garasi rumah.bimzbim wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 2:09 Cukup mengagetkan, di US yg terbilang sarangnya tesla dan sering dianggap negara dengan infrastruktur EV sangat baik, hampir setengah pengguna EV "very likely" switch ke mobil ICE.
https://www.foxbusiness.com/markets/nea ... data-shows
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
yang lebih irony jaguar mau full EV,bimzbim wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 2:09 Cukup mengagetkan, di US yg terbilang sarangnya tesla dan sering dianggap negara dengan infrastruktur EV sangat baik, hampir setengah pengguna EV "very likely" switch ke mobil ICE.
https://www.foxbusiness.com/markets/nea ... data-shows
tapi lineup EVnya malah gurem dibilang semua lineup selain F-Pace mau distop segala, termasuk i-Pace karena nggak profit
EU juga sama maju mundur juga kan. nggak realistis sekaligus malah ganggu industri mereka sendiri. dulu di sini ada yang ngajak saya berantem gegara yakin banget EU bakal ban ICE 2030 eh kan sekarang bener mundur dan bakal mundur terus kok krn ga mungkin diban wakakkakak bisa chaos satu negara.
mereka yang ribut, mereka yang ketar ketir sendiri. mending dari awal negative campaign batre gampang kebakar atau kek toyota kan jelas konsisten nolak tp nawarin solusi lain
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 186
- Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: ANF
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
faktor teratas no 2, bikin lebih kaget.... karena total cost kepemilikan EV yg bikin usernya kapok. Kok beda ama pikiran selama ini ya. Yg ada di otak saya, EV total cost owning nya akan lebih murah dari ICE. Ternyata di case survey ini, justru terjadi sebaliknya.kendibocor wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 2:59Kalo US justru ga heran. Ga cocok lah disana yg kebanyakan commutenya jarak jauh2. Tp emang ga bakalan bisa 100% gantiin mesin ICE kok. BEV terlalu banyak restriksi. Kalo emang buat mobil commute dalam kota segala mungkin ok, tp tetep harus punya mbl bermesin ICE in case harus ke luar kota, atau keperluan mendadak trus mbl blm sempet di charge, dll dll. Jd ga bs jd single fighter sendiri dlm garasi rumah.bimzbim wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 2:09 Cukup mengagetkan, di US yg terbilang sarangnya tesla dan sering dianggap negara dengan infrastruktur EV sangat baik, hampir setengah pengguna EV "very likely" switch ke mobil ICE.
https://www.foxbusiness.com/markets/nea ... data-shows
Ketar ketir karena negara sekelas US aja, ternyata ga punya cukup electricty buat prediksi pertumbuhan EV mereka. Apalagi eropa yg jelas jelas kempat kempot soal energi heheheheChZ wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 3:06yang lebih irony jaguar mau full EV,bimzbim wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 2:09 Cukup mengagetkan, di US yg terbilang sarangnya tesla dan sering dianggap negara dengan infrastruktur EV sangat baik, hampir setengah pengguna EV "very likely" switch ke mobil ICE.
https://www.foxbusiness.com/markets/nea ... data-shows
tapi lineup EVnya malah gurem dibilang semua lineup selain F-Pace mau distop segala, termasuk i-Pace karena nggak profit
EU juga sama maju mundur juga kan. nggak realistis sekaligus malah ganggu industri mereka sendiri. dulu di sini ada yang ngajak saya berantem gegara yakin banget EU bakal ban ICE 2030 eh kan sekarang bener mundur dan bakal mundur terus kok krn ga mungkin diban wakakkakak bisa chaos satu negara.
mereka yang ribut, mereka yang ketar ketir sendiri. mending dari awal negative campaign batre gampang kebakar atau kek toyota kan jelas konsisten nolak tp nawarin solusi lain
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
Limit nya selalu di energy usage begitu mass adoption. Udah diprediksi dari lama kok.bimzbim wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 5:29 faktor teratas no 2, bikin lebih kaget.... karena total cost kepemilikan EV yg bikin usernya kapok. Kok beda ama pikiran selama ini ya. Yg ada di otak saya, EV total cost owning nya akan lebih murah dari ICE. Ternyata di case survey ini, justru terjadi sebaliknya.
Ketar ketir karena negara sekelas US aja, ternyata ga punya cukup electricty buat prediksi pertumbuhan EV mereka. Apalagi eropa yg jelas jelas kempat kempot soal energi hehehehe
Hihi sbenernya ownership costnya mahal krn komponen sedikit yang dibangga banggakan EV owners itu. Komponennya dikit tapi begitu rusak.... Mahal.
Battery yang katanya bisa ganti per cell tapi kan tetep bakal ganti semua ujungnya ya mending ganti segelondong.
Blm motornya yang mahal jg.
Belum ngomong harga ban.
Di sono kan ngomongnya bukan wuling air EV tp tesla teslaan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3199
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
luasnya 10x Indonesia dan benua besar pulakendibocor wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 2:59Kalo US justru ga heran. Ga cocok lah disana yg kebanyakan commutenya jarak jauh2. Tp emang ga bakalan bisa 100% gantiin mesin ICE kok. BEV terlalu banyak restriksi. Kalo emang buat mobil commute dalam kota segala mungkin ok, tp tetep harus punya mbl bermesin ICE in case harus ke luar kota, atau keperluan mendadak trus mbl blm sempet di charge, dll dll. Jd ga bs jd single fighter sendiri dlm garasi rumah.bimzbim wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 2:09 Cukup mengagetkan, di US yg terbilang sarangnya tesla dan sering dianggap negara dengan infrastruktur EV sangat baik, hampir setengah pengguna EV "very likely" switch ke mobil ICE.
https://www.foxbusiness.com/markets/nea ... data-shows
nyetir 60km buat ketemu 1 supermarket gede aja dianggap wajar
indonesia 60% lautan, daratannya jadi padat manusia, tutup mata ga nyampe 10km pasti ada supermarket gede
Jakarta mau nyetir 15km aja males
toll isinya truk semua
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3199
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
heran aja padahal EV bisa jalan 400-600km, masih mikir2 mau ambil EV perlu nyetir berapa lama coba?ChZ wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 6:10Limit nya selalu di energy usage begitu mass adoption. Udah diprediksi dari lama kok.bimzbim wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 5:29 faktor teratas no 2, bikin lebih kaget.... karena total cost kepemilikan EV yg bikin usernya kapok. Kok beda ama pikiran selama ini ya. Yg ada di otak saya, EV total cost owning nya akan lebih murah dari ICE. Ternyata di case survey ini, justru terjadi sebaliknya.
Ketar ketir karena negara sekelas US aja, ternyata ga punya cukup electricty buat prediksi pertumbuhan EV mereka. Apalagi eropa yg jelas jelas kempat kempot soal energi hehehehe
Hihi sbenernya ownership costnya mahal krn komponen sedikit yang dibangga banggakan EV owners itu. Komponennya dikit tapi begitu rusak.... Mahal.
Battery yang katanya bisa ganti per cell tapi kan tetep bakal ganti semua ujungnya ya mending ganti segelondong.
Blm motornya yang mahal jg.
Belum ngomong harga ban.
Di sono kan ngomongnya bukan wuling air EV tp tesla teslaan.
tar paling kalau ada fast charging 15 menit bisa nambah jarak 200km orang2 balik ke EV lagi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11834
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
yah apalagi market sini hobinya mudik dan hiling ke sana kemari luar kota pk mobil pribadi.bimzbim wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 2:09 Cukup mengagetkan, di US yg terbilang sarangnya tesla dan sering dianggap negara dengan infrastruktur EV sangat baik, hampir setengah pengguna EV "very likely" switch ke mobil ICE.
https://www.foxbusiness.com/markets/nea ... data-shows
- Brp orang yg sanggup beli dan miara 2 mobil (1 ICE dan 1 EV)?
- Nekat banget klo beli EV sbg mobil daily satu2nya
- SES C (middle) dan ke bawah, menjadi mayoritas di sini.
- Kaum middle, ngelihat harga sebagian cell-battery aja dah takut
Biasanya apa yg terjadi di amrik, bakal kejadian terulang di sini.
Dalam POV bisnis, contoh:
1. Di US, beberapa dekade lalu, Silicon Valley mengalami Startup Bubble, sekarang, bukannya sustain, Mayoritas mengalami Startup Burst (yess meledug).
Badai PHK menerjang (karena ternyata product market fit dan adoption rate gak sesuai mimpi, EAT minuss), bahkan sekelas Giant Tech Company juga melakukan efisiensi karena satu dan lain hal.
2. Indonesia, it's begun to happen now, lihat aja bbrp tahun lalu salah satunya $GOTO sebagai pioneer unicorn anak bangsa.. sekarang sahamnya banyak yg nunggu sampai Rp 1
Jadi apakah salah?
ya nggak, namanya investor, mereka akan invest uangnya di sesuatu hal yg baru, ke inovator2 cerdas, ini yg bikin dunia berkembang.
ujungnya yg bertahan dan sustain, hitungan jari.
Market EV?
Sebagai penentu masa depan Business EV di Indonesia, selama Income Per Kapita belum Rp 20 juta, ya mimpi sih.
Currently (average income per capita) masih di angka 5-6 juta per bulan
USA aja yg income per kapitanya jauh lbh tinggi, malah spt itu surveynya
& Survey tsb masuk akal:
1. Infrastruktur listrik
2. Cost ownership: Ketika ngecharge, antri atau nunggu waktu, harus stay di resto dan pesen makan minum, malah klo antri, bisa2 cari hotel yg ada chargernya; Effort dan Costnya bisa lbh tinggi dibanding ngisi BBM fulltank
Data, Fakta dan Logika finally Talks
Ujungnya yg bertahan, ya waktu yg akan jawab.
Mungkin... bisa jadi BEV from mainland yg support runwaynya panjang.
- ICE dan (malah) Hybrid tetap dominan, or sumber energi baru yg refill energynya cepet spt ngisi BBM aja
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”
400-600 kan theoritical range. di USA begitu winter pada ngedrop range nya.
nah ini hidden cost yang gak pernah diitung. kan waktu nunggunya juga comes with beli jajan dll belum kalo ada anak.Suryaputra wrote: ↑Tue Jul 16, 2024 6:30
2. Cost ownership: Ketika ngecharge, antri atau nunggu waktu, harus stay di resto dan pesen makan minum, malah klo antri, bisa2 cari hotel yg ada chargernya; Effort dan Costnya bisa lbh tinggi dibanding ngisi BBM fulltank
makan di fastfood 4 orang aja kalo itung 1 orang makan 50 ribu udah 200 rebu. terus sisa waktunya ngapain? ya beli kopi, beli es, beli apa lah. untuk dapetin range tambahan 200 km. blom biaya sewa public chargingnya dan another 200 km hrs reserve waktu buat charging lg dan drama muterin kota terdekat kalo gak dapet charging / charger rusak
ICE 5 menit dapet range 600 km (average jarak mobil ICE normal di transJ ya segini apalagi makin kalem makin irit) kalo isi p92 dan nyetir santai bensin di atas 12 kml bisa asumsi fulltank 50 liter aja, 50 x 12950 = 647.500 untuk twice the range didapat dr charging EV dan blom tentu abis sekali jalan msh ada reserve bensin buat jalan jalan di kota tujuan
ujungnya pake EV waktu tempuh lebih lama dan biaya jatohnya mahalan pake EV road trip luar kota dibilang nyantai pun tetep aja kalo berangkat terang nyampenya gelap cape juga toh
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7