Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by kendibocor »

Salvanost wrote: Tue Jul 16, 2024 6:21
heran aja padahal EV bisa jalan 400-600km, masih mikir2 mau ambil EV perlu nyetir berapa lama coba?
tar paling kalau ada fast charging 15 menit bisa nambah jarak 200km orang2 balik ke EV lagi
Sekarang kebanyakan EV fast charging dari 30-80% 30mnt-1 jam kelar kok. Harusnya range anxiety ga jd masalah lg. Yg lebih mengkhawatirkan itu empati orang2 yg make EV. Sekarang di grup2 fb aja uda ada yg sering sharing mau ngecharge di charging station tp ditempatin EV lain yg uda selesai ngecharge tp mblnya ga dipindahin. 2 minggu lalu gw ke scbd park parkiran penuh malem minggu, itu ada EV parkir di charging station, ngecharge aja nggak. Nah manusia2 kaya gini yg punya duit tp lupa beli otak. Dan makin banyak usernya ya makin banyak jumlah manusia beginian.
Suryaputra wrote: Tue Jul 16, 2024 6:30 yah apalagi market sini hobinya mudik dan hiling ke sana kemari luar kota pk mobil pribadi.
- Brp orang yg sanggup beli dan miara 2 mobil (1 ICE dan 1 EV)?
- Nekat banget klo beli EV sbg mobil daily satu2nya
- SES C (middle) dan ke bawah, menjadi mayoritas di sini.
- Kaum middle, ngelihat harga sebagian cell-battery aja dah takut :big_biglaugh: :big_peace:

Biasanya apa yg terjadi di amrik, bakal kejadian terulang di sini.

Dalam POV bisnis, contoh:

1. Di US, beberapa dekade lalu, Silicon Valley mengalami Startup Bubble, sekarang, bukannya sustain, Mayoritas mengalami Startup Burst (yess meledug).
Badai PHK menerjang (karena ternyata product market fit dan adoption rate gak sesuai mimpi, EAT minuss), bahkan sekelas Giant Tech Company juga melakukan efisiensi karena satu dan lain hal.

2. Indonesia, it's begun to happen now, lihat aja bbrp tahun lalu salah satunya $GOTO sebagai pioneer unicorn anak bangsa.. sekarang sahamnya banyak yg nunggu sampai Rp 1 :mky_03:

Jadi apakah salah?
ya nggak, namanya investor, mereka akan invest uangnya di sesuatu hal yg baru, ke inovator2 cerdas, ini yg bikin dunia berkembang.
ujungnya yg bertahan dan sustain, hitungan jari.

Market EV?
Sebagai penentu masa depan Business EV di Indonesia, selama Income Per Kapita belum Rp 20 juta, ya mimpi sih.
Currently (average income per capita) masih di angka 5-6 juta per bulan

USA aja yg income per kapitanya jauh lbh tinggi, malah spt itu surveynya
& Survey tsb masuk akal:
1. Infrastruktur listrik
2. Cost ownership: Ketika ngecharge, antri atau nunggu waktu, harus stay di resto dan pesen makan minum, malah klo antri, bisa2 cari hotel yg ada chargernya; Effort dan Costnya bisa lbh tinggi dibanding ngisi BBM fulltank :big_biglaugh:

Data, Fakta dan Logika finally Talks

Ujungnya yg bertahan, ya waktu yg akan jawab.

Mungkin... bisa jadi BEV from mainland yg support runwaynya panjang.
- ICE dan (malah) Hybrid tetap dominan, or sumber energi baru yg refill energynya cepet spt ngisi BBM aja :big_peace:
Agak beda kayanya soal EV, di amrik EV cungkuo yg notabenenya murmer ga digelarin karpet merah kaya disini. Malah dikasi tax ugal2an sampe pd ga bs jual. Terpaksa pilihan EVnya ke produk amrik sendiri atau eropa, minimal paling koreyan yg harganya mahal. Kalo disini EV2 cungkuo dikasih harga mepet ICE jepang, dikasi gimik2 yg mayoritas manusia wakanda demen, garansi batere seumur hidup (yg mana ga tau beneran kagak atau ada pasal2 karet lg tp lifetime warranty ini lumayan pengaruh ke decision making orang2). Makin banyak aja kan tuh merk cungkuo masuk. Ga mungkin mereka ngasal masuk doang dan ga punya proyeksi gimana pasar EV disini.
Last edited by kendibocor on Tue Jul 16, 2024 8:39, edited 1 time in total.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11836
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Jul 16, 2024 8:05
Salvanost wrote: Tue Jul 16, 2024 6:21
heran aja padahal EV bisa jalan 400-600km, masih mikir2 mau ambil EV perlu nyetir berapa lama coba?
tar paling kalau ada fast charging 15 menit bisa nambah jarak 200km orang2 balik ke EV lagi
400-600 kan theoritical range. di USA begitu winter pada ngedrop range nya.
Suryaputra wrote: Tue Jul 16, 2024 6:30
2. Cost ownership: Ketika ngecharge, antri atau nunggu waktu, harus stay di resto dan pesen makan minum, malah klo antri, bisa2 cari hotel yg ada chargernya; Effort dan Costnya bisa lbh tinggi dibanding ngisi BBM fulltank :big_biglaugh:
nah ini hidden cost yang gak pernah diitung. kan waktu nunggunya juga comes with beli jajan dll belum kalo ada anak.

makan di fastfood 4 orang aja kalo itung 1 orang makan 50 ribu udah 200 rebu. terus sisa waktunya ngapain? ya beli kopi, beli es, beli apa lah. untuk dapetin range tambahan 200 km. blom biaya sewa public chargingnya dan another 200 km hrs reserve waktu buat charging lg dan drama muterin kota terdekat kalo gak dapet charging / charger rusak :big_peace:

ICE 5 menit dapet range 600 km (average jarak mobil ICE normal di transJ ya segini apalagi makin kalem makin irit) kalo isi p92 dan nyetir santai bensin di atas 12 kml bisa asumsi fulltank 50 liter aja, 50 x 12950 = 647.500 untuk twice the range didapat dr charging EV dan blom tentu abis sekali jalan msh ada reserve bensin buat jalan jalan di kota tujuan :upss:

ujungnya pake EV waktu tempuh lebih lama dan biaya jatohnya mahalan pake EV :ungg: road trip luar kota dibilang nyantai pun tetep aja kalo berangkat terang nyampenya gelap cape juga toh :ungg:
Satu lg,
Kaum middle kan mayoritas kost atau ngontrak rumah.

Berarti klo beli EV, ngechargenya di tempat umum, gak mungkin ujug2 masang token pln sendiri dedicated buat EV,
7kw pula

Mana harga rumah udh gak masuk akal, drpd naro duit buat kpr rumah toh harganya udh stagnan (malah ada yg diskon); instrumen investasi lain memberikan return yg lbh pasti dan liquid, malah bisa dipakai buat bangun rumah perlahan :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Tue Jul 16, 2024 8:40, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2884
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by KielConstantine »

Suryaputra wrote: Tue Jul 16, 2024 6:30 Sebagai penentu masa depan Business EV di Indonesia, selama Income Per Kapita belum Rp 20 juta, ya mimpi sih.

Currently (average income per capita) masih di angka 5-6 juta per bulan
Income UMR cocoknya naek sepeda listrik. Pulang tinggal charge. Jd kg usah nge-laron ngumpul di spbu macem tawon masuk sangkar

Trus harusnya jokowi kalo tebak2 quizz, kasih hadiah sepeda listrik skalian lahh. Ngapain sepeda gowess kek kepake aja :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11836
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by Suryaputra »

KielConstantine wrote: Tue Jul 16, 2024 8:37
Suryaputra wrote: Tue Jul 16, 2024 6:30 Sebagai penentu masa depan Business EV di Indonesia, selama Income Per Kapita belum Rp 20 juta, ya mimpi sih.

Currently (average income per capita) masih di angka 5-6 juta per bulan
Income UMR cocoknya naek sepeda listrik. Pulang tinggal charge. Jd kg usah nge-laron ngumpul di spbu macem tawon masuk sangkar

Trus harusnya jokowi kalo tebak2 quizz, kasih hadiah sepeda listrik skalian lahh. Ngapain sepeda gowess kek kepake aja :big_biglaugh:
Wkwkw sy lihatnya lbh optimis sepeda atau motor listrik.
Let see lah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bimzbim
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by bimzbim »

ChZ wrote: Tue Jul 16, 2024 8:05
Salvanost wrote: Tue Jul 16, 2024 6:21
heran aja padahal EV bisa jalan 400-600km, masih mikir2 mau ambil EV perlu nyetir berapa lama coba?
tar paling kalau ada fast charging 15 menit bisa nambah jarak 200km orang2 balik ke EV lagi
400-600 kan theoritical range. di USA begitu winter pada ngedrop range nya.
Suryaputra wrote: Tue Jul 16, 2024 6:30
2. Cost ownership: Ketika ngecharge, antri atau nunggu waktu, harus stay di resto dan pesen makan minum, malah klo antri, bisa2 cari hotel yg ada chargernya; Effort dan Costnya bisa lbh tinggi dibanding ngisi BBM fulltank :big_biglaugh:
nah ini hidden cost yang gak pernah diitung. kan waktu nunggunya juga comes with beli jajan dll belum kalo ada anak.

makan di fastfood 4 orang aja kalo itung 1 orang makan 50 ribu udah 200 rebu. terus sisa waktunya ngapain? ya beli kopi, beli es, beli apa lah. untuk dapetin range tambahan 200 km. blom biaya sewa public chargingnya dan another 200 km hrs reserve waktu buat charging lg dan drama muterin kota terdekat kalo gak dapet charging / charger rusak :big_peace:

ICE 5 menit dapet range 600 km (average jarak mobil ICE normal di transJ ya segini apalagi makin kalem makin irit) kalo isi p92 dan nyetir santai bensin di atas 12 kml bisa asumsi fulltank 50 liter aja, 50 x 12950 = 647.500 untuk twice the range didapat dr charging EV dan blom tentu abis sekali jalan msh ada reserve bensin buat jalan jalan di kota tujuan :upss:

ujungnya pake EV waktu tempuh lebih lama dan biaya jatohnya mahalan pake EV :ungg: road trip luar kota dibilang nyantai pun tetep aja kalo berangkat terang nyampenya gelap cape juga toh :ungg:
penyakit betere yg belum ada obatnya, suhu terlalu dingin. Kalo panas, solusinya cooling system (entahlah itu angin, liquid atau disembur AC). Apakah dimasa depan ada heating system buat betre buat fight winter hehehe.

Hidden cost ini emang bener banget sih. Sekalinya kita nyantay di rest area atau dimanapun, mata langsung melirik kiri kanan cari minum ama jajanan.

Btw so far masa depan mobil listrik kayaknya penuh tantangan ini. Terutama didaerah yg jumlah EV nya membludak. Contoh case nya di silicon valley. Dan yg sulit dibayangkan khususnya di Indo, jumlah daya yg harus disiapkan untuk kebutuhan EV kayaknya sangat besar. Beruntungnya kita punya lab uji coba nanti di IKN yg katanya wajib full listrik kendaraannya hehehe
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by darrelund »

Salvanost wrote: Tue Jul 16, 2024 6:21 heran aja padahal EV bisa jalan 400-600km, masih mikir2 mau ambil EV perlu nyetir berapa lama coba?
tar paling kalau ada fast charging 15 menit bisa nambah jarak 200km orang2 balik ke EV lagi
EV itu banyak limitasi

400-600km theoritical, realitanya dapat 80-85% dari spek brosur aja udah bagus

fast charging sih bagus, infranya siap gak klo chargernya 300-500kw semua? blon biaya investnya, charger hi power gitu ga murah :big_biglaugh:

itu li auto mega, bisa 30-80% ga sampe 10 menit. tapi chargernya 500kw :big_biglaugh:

belom kena throttle klo batere kepanasan etc etc

klo bengsin khan mau geber mau santai, yg tentuin waktu refill cuma gede tankinya doank :big_biglaugh:

Image
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11836
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Wed Jul 17, 2024 1:45
Salvanost wrote: Tue Jul 16, 2024 6:21 heran aja padahal EV bisa jalan 400-600km, masih mikir2 mau ambil EV perlu nyetir berapa lama coba?
tar paling kalau ada fast charging 15 menit bisa nambah jarak 200km orang2 balik ke EV lagi
EV itu banyak limitasi

400-600km theoritical, realitanya dapat 80-85% dari spek brosur aja udah bagus

fast charging sih bagus, infranya siap gak klo chargernya 300-500kw semua? blon biaya investnya, charger hi power gitu ga murah :big_biglaugh:

itu li auto mega, bisa 30-80% ga sampe 10 menit. tapi chargernya 500kw :big_biglaugh:

belom kena throttle klo batere kepanasan etc etc

klo bengsin khan mau geber mau santai, yg tentuin waktu refill cuma gede tankinya doank :big_biglaugh:

Image
Ibarat Nokia VS iPhone / Android, kenapa iPhone - Android bisa menang:
- Lebih cepat
- Lebih practical
- Lebih multifungsi
- Refill Energy relatif sama atau lebih cepat
- Harga sama
- Proven Reliable juga
- Result nya.. Bikin Bucin


EV vs ICE:
- Lebih cepat
- Harga relatif bersaing (karena ada support dan subsidi)
- Tidak lebih praktis
- Tidak lebih multifungsi
- Jauhhhh lebih lambat refill energy
- Reliability ?
- So.... WHY factornya masih lemah banget untuk orang umum beli EV (apalagi petrol enthu udh pasti anti sih) :big_peace:

kecuali di masa depan ada material battery yg bisa refill energy dgn durasi yg sama spt isi BBM, tanpa khawatir drop power grid nya.


Today, Cuma segelintir orang yg beli jd mobil kedua, dan pemaakaian Dalkot.

Future?.. ya depend ke material batre dan charger capability nya.
Klo Beda material, Hardware dan Algoritma chargernya kan biasanya beda lagi :big_peace:
Last edited by Suryaputra on Wed Jul 17, 2024 2:11, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Wed Jul 17, 2024 2:01 Ibarat Nokia VS iPhone / Android, kenapa iPhone - Android bisa menang:
- Lebih cepat
- Lebih practical
- Lebih multifungsi
- Refill Energy relatif sama atau lebih cepat
- Harga sama
- Proven Reliable juga
- Result nya.. Bikin Bucin


EV vs ICE:
- Lebih cepat
- Harga relatif bersaing (karena ada support dan subsidi)
- Tidak lebih praktis
- Tidak lebih multifungsi
- Jauhhhh lebih lambat refill energy
- Reliability ?
- So.... Another Story..
kecuali di masa depan ada material battery yg bisa refill energy dgn durasi yg sama spt isi BBM, tanpa khawatir drop power grid nya.


Cuma segelintir orang yg beli jd mobil kedua, dan pemakaian Dalkot. :big_peace:
betul itu mbah, atleast sampe EV bener" bisa punya energy density kyk bengsin mungkin ya jgn harep bisa takeover mobil ICE dgn mudah :big_biglaugh:

emg ud benernya kyk toyota aja, multipathway utk go green. dari situ kan konsumen & fabriekan bisa milih yg paling oke sesuai kondisi negara masing"

itu kyk diatas bilang, eropaan & amrik yg hobinya push" ev aja skrg bingung kena gempur china

aplg yg pemerintahan yg hobinya bilang net zero net zeo, BS lah

bisa carbon neutral aja ud bagus :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11836
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Wed Jul 17, 2024 2:10
Suryaputra wrote: Wed Jul 17, 2024 2:01 Ibarat Nokia VS iPhone / Android, kenapa iPhone - Android bisa menang:
- Lebih cepat
- Lebih practical
- Lebih multifungsi
- Refill Energy relatif sama atau lebih cepat
- Harga sama
- Proven Reliable juga
- Result nya.. Bikin Bucin


EV vs ICE:
- Lebih cepat
- Harga relatif bersaing (karena ada support dan subsidi)
- Tidak lebih praktis
- Tidak lebih multifungsi
- Jauhhhh lebih lambat refill energy
- Reliability ?
- So.... Another Story..
kecuali di masa depan ada material battery yg bisa refill energy dgn durasi yg sama spt isi BBM, tanpa khawatir drop power grid nya.


Cuma segelintir orang yg beli jd mobil kedua, dan pemakaian Dalkot. :big_peace:
betul itu mbah, atleast sampe EV bener" bisa punya energy density kyk bengsin mungkin ya jgn harep bisa takeover mobil ICE dgn mudah :big_biglaugh:

emg ud benernya kyk toyota aja, multipathway utk go green. dari situ kan konsumen & fabriekan bisa milih yg paling oke sesuai kondisi negara masing"

itu kyk diatas bilang, eropaan & amrik yg hobinya push" ev aja skrg bingung kena gempur china

aplg yg pemerintahan yg hobinya bilang net zero net zeo, BS lah

bisa carbon neutral aja ud bagus :big_biglaugh:
Net zero, tp masih pk Coal powered :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Energy density dan kecepatan refill spt BBM?
Harus Beda material batre, most likely Hardware dan Algoritma chargernya kan biasanya beda lagi

Makanya sekelas toyota gak buru2 kan transisi ke EV.
mereka bikin EV nice to have aja, yg penting lineup dan blueprint udah mereka pegang cara bikin mobil bbm - hybrid - EV :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Tue Jul 16, 2024 8:29
Agak beda kayanya soal EV, di amrik EV cungkuo yg notabenenya murmer ga digelarin karpet merah kaya disini. Malah dikasi tax ugal2an sampe pd ga bs jual. Terpaksa pilihan EVnya ke produk amrik sendiri atau eropa, minimal paling koreyan yg harganya mahal. Kalo disini EV2 cungkuo dikasih harga mepet ICE jepang, dikasi gimik2 yg mayoritas manusia wakanda demen, garansi batere seumur hidup (yg mana ga tau beneran kagak atau ada pasal2 karet lg tp lifetime warranty ini lumayan pengaruh ke decision making orang2). Makin banyak aja kan tuh merk cungkuo masuk. Ga mungkin mereka ngasal masuk doang dan ga punya proyeksi gimana pasar EV disini.
justru setelah di tax 100% pun itu EV china tetep lebih murah dari EV asli mereka. makanya pada ketar ketir, terus pada stockpiled. ujungnya major automaker pada shutdown EV projects. di yurop ya sama itu mersi EQ dah otw mau di shutdown karena high cost tapi serapan pasarnya jelek.

singkatnya sih emang keknya investment pabrikan2 ke EV itu nggak sesuai projection mereka ditambah policymakers yang ugal ugalan dan nggak napak tanah.
bimzbim wrote: Wed Jul 17, 2024 0:25
penyakit betere yg belum ada obatnya, suhu terlalu dingin. Kalo panas, solusinya cooling system (entahlah itu angin, liquid atau disembur AC). Apakah dimasa depan ada heating system buat betre buat fight winter hehehe.

Hidden cost ini emang bener banget sih. Sekalinya kita nyantay di rest area atau dimanapun, mata langsung melirik kiri kanan cari minum ama jajanan.

Btw so far masa depan mobil listrik kayaknya penuh tantangan ini. Terutama didaerah yg jumlah EV nya membludak. Contoh case nya di silicon valley. Dan yg sulit dibayangkan khususnya di Indo, jumlah daya yg harus disiapkan untuk kebutuhan EV kayaknya sangat besar. Beruntungnya kita punya lab uji coba nanti di IKN yg katanya wajib full listrik kendaraannya hehehe
banyak EV juga pendinginannya murni mengandalkan AC dan angin doang om, ujungnya balik ke zaman mobil masih pada air cooled kalo panas mogok kepanasan bedanya ini range turun jauh :upss: secara temperatur kerja ICE lebih stabil krn watercooled selama thermostat aman sih aman mau geber geber gimanapun.

banyak case juga charger rusak terpaksa stop by di kota terdekat buat cari charger. exit toll dan masuk tollnya masih bayar lagi kan :upss:

masalahnya IKN mau jadi kapan om itu skrg aja gak jelas juntrungannya :ungg: analisa ahli pada bilang calon calon mangkrak
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by forzanetti »

Suryaputra wrote: Tue Jul 16, 2024 6:30
yah apalagi market sini hobinya mudik dan hiling ke sana kemari luar kota pk mobil pribadi.
- Brp orang yg sanggup beli dan miara 2 mobil (1 ICE dan 1 EV)?
- Nekat banget klo beli EV sbg mobil daily satu2nya
- SES C (middle) dan ke bawah, menjadi mayoritas di sini.
- Kaum middle, ngelihat harga sebagian cell-battery aja dah takut :big_biglaugh: :big_peace:
kalo melihat sekitar saya (bukan di Jakarta), ini bener banget. EV sampe sekarang mayoritas jadi "mainan" orang kaya. ada yang iseng beli pengen nyobain (jadi mobil ke 3 dst), ada yang jadiin mobil utama (tapi masih punya mobil ICE di garasi). ada juga temen saya yang mobilnya diganti EV semua karena lagi demen EV (tapi anytime harus jual dengan harga turun banyak dia siap, tinggal beli lagi ICE).

untuk kaum middle yg mobilnya cuma 1, masih pada belom berani ke EV. ngeliatnya EV itu masih sesuatu yang baru dan blom proven untuk long term, jadi ga mau resiko karena ga siap efek finansial ke depannya.

tapi saya juga penasaran juga untuk Jakarta, apa banyak keluarga yang cuma bisa punya 1 mobil dan ganti ke EV? kan di Jakarta EV ada keunggulan bebas gage.
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by imansyx »

Wah thank you om reviewnya, dengan harga baru yang jadi kepala 3, worth banget kayanya ya MG4 ini

lucu juga dipasang velg soarer
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by the-mantal »

Iya jadi 395 jt skrg. Turun terussss...
Air ev juga turun terus harganya, liat di fb banyak sales tawarin long range di 230an and short range 170an.
Ini sih buat org yg mentingin harga jual kembali, bener2 jgn beli dlu ya sampai drop harganya stabil
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1288
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by kenop »

the-mantal wrote: Wed Jul 17, 2024 4:19 Iya jadi 395 jt skrg. Turun terussss...
Air ev juga turun terus harganya, liat di fb banyak sales tawarin long range di 230an and short range 170an.
Ini sih buat org yg mentingin harga jual kembali, bener2 jgn beli dlu ya sampai drop harganya stabil
Makin menarik ini MG4 harganya
Binguo bener2 bye2 ini kayaknya sih kl ga turun harga lagi
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11836
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by Suryaputra »

kenop wrote: Wed Jul 17, 2024 4:36
the-mantal wrote: Wed Jul 17, 2024 4:19 Iya jadi 395 jt skrg. Turun terussss...
Air ev juga turun terus harganya, liat di fb banyak sales tawarin long range di 230an and short range 170an.
Ini sih buat org yg mentingin harga jual kembali, bener2 jgn beli dlu ya sampai drop harganya stabil
Makin menarik ini MG4 harganya
Binguo bener2 bye2 ini kayaknya sih kl ga turun harga lagi
mumet sgmw di sini.

ICE nya gak bisa compete
EV nya juga ngap2an

:upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11836
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by Suryaputra »

forzanetti wrote: Wed Jul 17, 2024 3:55
Suryaputra wrote: Tue Jul 16, 2024 6:30
yah apalagi market sini hobinya mudik dan hiling ke sana kemari luar kota pk mobil pribadi.
- Brp orang yg sanggup beli dan miara 2 mobil (1 ICE dan 1 EV)?
- Nekat banget klo beli EV sbg mobil daily satu2nya
- SES C (middle) dan ke bawah, menjadi mayoritas di sini.
- Kaum middle, ngelihat harga sebagian cell-battery aja dah takut :big_biglaugh: :big_peace:
kalo melihat sekitar saya (bukan di Jakarta), ini bener banget. EV sampe sekarang mayoritas jadi "mainan" orang kaya. ada yang iseng beli pengen nyobain (jadi mobil ke 3 dst), ada yang jadiin mobil utama (tapi masih punya mobil ICE di garasi). ada juga temen saya yang mobilnya diganti EV semua karena lagi demen EV (tapi anytime harus jual dengan harga turun banyak dia siap, tinggal beli lagi ICE).

untuk kaum middle yg mobilnya cuma 1, masih pada belom berani ke EV. ngeliatnya EV itu masih sesuatu yang baru dan blom proven untuk long term, jadi ga mau resiko karena ga siap efek finansial ke depannya.

tapi saya juga penasaran juga untuk Jakarta, apa banyak keluarga yang cuma bisa punya 1 mobil dan ganti ke EV? kan di Jakarta EV ada keunggulan bebas gage.
nah itu.
sulit bertahan klo ngandalin jakarta aja.
Karena, penduduk indonesia kan bukan cuma jakarta.
hahahaha.

+ Penduduk P. jawa hobbynya hilir mudik klo traveling dan hiling.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 843
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by mobilover »

Setuju. Dengan harga 395 jt, MG4 kayaknya bakal naik ke no 1 penjualan EV di indonesia. Ioniq dan kona kemahalan, wuling air ev bukan proper car. Yg bisa lawan hanya byd, tapi stok barang masih belum jelas.

Tinggal MG komitmen aja ini buka dealer di banyak lokasi dan pastikan sparepart ready dan gak inden lama. Pasti bisa jalan MG di sini
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Wed Jul 17, 2024 2:12
Net zero, tp masih pk Coal powered :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Energy density dan kecepatan refill spt BBM?
Harus Beda material batre, most likely Hardware dan Algoritma chargernya kan biasanya beda lagi

Makanya sekelas toyota gak buru2 kan transisi ke EV.
mereka bikin EV nice to have aja, yg penting lineup dan blueprint udah mereka pegang cara bikin mobil bbm - hybrid - EV :big_peace:
klo coal dimatiin, tar ama dragons bisa dilipet tu pemerintah :big_biglaugh:

batere makin canggih tar support infranya jg bakal makin mahal krn HPC nya harus naik terus tenaganya

sambil nunggu batere mateng

skrg ada prius hev

698jt sahaja

claim 1:30, range 1100km, enjin sama persis kyk altis & cocross

https://www.toyota.astra.co.id/product/prius-hev

coba ev range 1100km harga selangit :big_weee:

atau ev lain macem kona ev, 399-590jt ?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11836
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Wed Jul 17, 2024 6:19
Suryaputra wrote: Wed Jul 17, 2024 2:12
Net zero, tp masih pk Coal powered :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Energy density dan kecepatan refill spt BBM?
Harus Beda material batre, most likely Hardware dan Algoritma chargernya kan biasanya beda lagi

Makanya sekelas toyota gak buru2 kan transisi ke EV.
mereka bikin EV nice to have aja, yg penting lineup dan blueprint udah mereka pegang cara bikin mobil bbm - hybrid - EV :big_peace:
klo coal dimatiin, tar ama dragons bisa dilipet tu pemerintah :big_biglaugh:

batere makin canggih tar support infranya jg bakal makin mahal krn HPC nya harus naik terus tenaganya

sambil nunggu batere mateng

skrg ada prius hev

698jt sahaja

claim 1:30, range 1100km, enjin sama persis kyk altis & cocross

https://www.toyota.astra.co.id/product/prius-hev

coba ev range 1100km harga selangit :big_weee:

atau ev lain macem kona ev, 399-590jt ?
Dragon berdaulat :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 843
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by mobilover »

darrelund wrote: Wed Jul 17, 2024 6:19
Suryaputra wrote: Wed Jul 17, 2024 2:12
Net zero, tp masih pk Coal powered :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Energy density dan kecepatan refill spt BBM?
Harus Beda material batre, most likely Hardware dan Algoritma chargernya kan biasanya beda lagi

Makanya sekelas toyota gak buru2 kan transisi ke EV.
mereka bikin EV nice to have aja, yg penting lineup dan blueprint udah mereka pegang cara bikin mobil bbm - hybrid - EV :big_peace:
klo coal dimatiin, tar ama dragons bisa dilipet tu pemerintah :big_biglaugh:

batere makin canggih tar support infranya jg bakal makin mahal krn HPC nya harus naik terus tenaganya

sambil nunggu batere mateng

skrg ada prius hev

698jt sahaja

claim 1:30, range 1100km, enjin sama persis kyk altis & cocross

https://www.toyota.astra.co.id/product/prius-hev

coba ev range 1100km harga selangit :big_weee:

atau ev lain macem kona ev, 399-590jt ?
Hmm ini kan intinya mesin corcross ditaruh di sedan kan? Klaim 30 km per liter meragukan sih. Paling 20 km kecil per liter jatuhnya dengan trafic jakarta haha

Klaimnya toyota gede banget ya. Padahal yah intinya corcross bentuk sedan buatan CBU dikasih harga premium di atas zenix. Nothing spesial sih haha
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2036
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by alvin23 »

Lha dragon kan juga support teknologi PLTU wkwk, end to end business hahaha
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by darrelund »

mobilover wrote: Wed Jul 17, 2024 6:37
Hmm ini kan intinya mesin corcross ditaruh di sedan kan? Klaim 30 km per liter meragukan sih. Paling 20 km kecil per liter jatuhnya dengan trafic jakarta haha

Klaimnya toyota gede banget ya. Padahal yah intinya corcross bentuk sedan buatan CBU dikasih harga premium di atas zenix. Nothing spesial sih haha
iya itu mesin cocross

cuma mungkin rangenya krn efek aerodyn yg bagus mbah

jujur menarik krn altis boring bgt bentuknya, pan lalu liat di giias yg kemarin warna kuning, emg cakep sih

https://global.toyota/en/newsroom/toyot ... 1721199005

terkutip dari jepun
*2 28.6 km/L is the WLTC mode fuel efficiency for the Z grade (2.0-liter HEV 2WD with 19-inch tires), as evaluated by the Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism. (M20A)
*3 32.6 km/L is the WLTC mode fuel efficiency for the U grade (1.8-liter HEV 2WD with 17-inch tires), as evaluated by the Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism. (2ZR)
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11836
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Wed Jul 17, 2024 6:54
mobilover wrote: Wed Jul 17, 2024 6:37
Hmm ini kan intinya mesin corcross ditaruh di sedan kan? Klaim 30 km per liter meragukan sih. Paling 20 km kecil per liter jatuhnya dengan trafic jakarta haha

Klaimnya toyota gede banget ya. Padahal yah intinya corcross bentuk sedan buatan CBU dikasih harga premium di atas zenix. Nothing spesial sih haha
iya itu mesin cocross

cuma mungkin rangenya krn efek aerodyn yg bagus mbah

jujur menarik krn altis boring bgt bentuknya, pan lalu liat di giias yg kemarin warna kuning, emg cakep sih

https://global.toyota/en/newsroom/toyot ... 1721199005

terkutip dari jepun
*2 28.6 km/L is the WLTC mode fuel efficiency for the Z grade (2.0-liter HEV 2WD with 19-inch tires), as evaluated by the Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism. (M20A)
*3 32.6 km/L is the WLTC mode fuel efficiency for the U grade (1.8-liter HEV 2WD with 17-inch tires), as evaluated by the Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism. (2ZR)
Jujurly klo punya cold money 700mio sih menarik diconsider yah.

Gak usah anxiety buat road trip naik turun gunung dan melintasi transjawabahn

Japan brand, reliable.
Udah bodynya sedan dan shocknya full independent (belakang double wishbone)

Alternatif menarik selain civic,
Tp civic harganya lbh murah dan selisihnya bisa buat isi bbm bertahun2 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
BronanTheBrobarian
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun Nov 05, 2023 8:10
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 Mazda 2

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by BronanTheBrobarian »

Turun harga lagi ke 395

Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1178
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by Zaxis »

Seru ya perang harga mobil cunkuo
Mobil Nihon tiap taun naek harga
Ini mah malah tambah murah
Apalagi masuk beyede banting harga
MPV Segede zenik dijual 400an range 500 km
Kalo buat wara wiri dalam kota mah seminggu cas sekali dah cukup