Beberapa minggu lalu saya dikenalkan oleh teman saya kepada sebuah bengkel kaki-kaki di PMK yang ternyata merupakan pemilik brand Jamex.
Pemilik brand Jamex mengajak saya bereksperimen untuk menggunakan shock belakang Jamex Monotube kepunyaan Xpander sebagai shock belakang Civic FD.
IMG_20240731_121108.jpg
Alasan pemilihan tersebut dikarenakan dimensi cukup cocok dengan Civic FD sehingga mudah ketika instalasi. Tabung shock belakang Xpander Jamex monotube lebih pendek daripada tabung Jamex Civic FD, tapi as dan travelnya lebih panjang. Secara keseluruhan lebih panjang sedikit.
IMG_20240731_121230.jpg
Pemasangan tidak banyak akal-akalan, hanya perlu diganjal bosh/sleeve besi dengan diameter dalam 10mm/diameter luar 16-22mm supaya ujung as shock mendapat drat.
Dari data Jamex, shock Jamex monotube Xpander belakang 30% lebih stiff dibanding belakang Civic FD. Ketika ditekan manual ya memang terasa sekali susah compress dibanding spek ori Civic FD.
Awalnya saya pikir shock ini akan harsh (gabruk-gabruk gerobak) di Civic FD yang sudah stiff dari aslinya, ternyata redamannya malah baik.
Untuk melibas jalan keriting, toll beton cor dan aspal tambalan terasa mantap kaku tapi reredaman baik, sehingga mobil tidak terasa harsh. Sejauh ini, shock ini yang redaman terbaik dibanding shock twin tube yang pernah saya pakai yaitu ori bawaan FD, KYB Excel-G, ZF Sachs, dan Jamex Silver twin tube FD.
Untuk melewati polisi tidur dengan kecepatan rendah bagian belakang mobil tidak banyak turun (compress) dan pantulan balik (rebound) hanya sekali sampai belakang settle.
Ketika diajak speeding + maneuver, bagian belakang terasa napak dan nurut (tidak ketinggalan) dibandingkan shock yang pernah saya pakai sebelumnya.
Pengalaman tersebut saya sampaikan serta saya pertanyakan kenapa shock yang lebih keras terasa lebih lembut dibanding shock yang selama ini saya pakai. Jawabannya adalah perbedaan sistem kerja twin tube vs monotube dimana shock monotube memiliki reaksi yang cepat sehingga roda selalu di tekan kebawah (ke jalan). Sekaligus dijawab bahwa stigma monotube tidak nyaman/harsh biasanya disebabkan karena damping yang terlalu keras untuk aplikasi/skenario penggunaan. CMIIW, ini hanya jawaban yang keluar dari owner brand tersebut.
Ada kemungkinan untuk kedepannya, Jamex akan rilis shock monotube PnP Civic FD jadi tanpa harus akal-akalan.
Next: trial per depan untuk Civic FD dan per depan spek khusus untuk Innova Reborn (kedua produk belum release).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.