Ganti Coolant Radiator

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27150
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

t105erd wrote: Thu May 23, 2024 10:01
DOHC wrote: Thu May 23, 2024 9:55
t105erd wrote: Wed May 22, 2024 14:15 Sekalian mau tanya, saya terakhir ganti coolant sekitar 2 tahun lalu pas barengan ganti water pump, menggunakan TMO Coolant. Apakah wajib ganti yah setelah 2 tahun, atau masih bisa di pakai. Kalo liat literatur Toyota sih kalo pakai coolant TMO 50:50 bisa sampai 60 bulan/5 tahun. Gimana pendapat temen2?
thanks.
enjin blok nya bahan apa dl

kl aluminium gapapa, tp kl masi besi cor yah 2 taon skali bole lah, jgn pelit2 amat, itung2 kerjain sendiri murah
Aluminium om, tadi abis dari cakra, katanya warnanya masih pekat, masih bagus, kalo udah rada bening baru tuh obatnya udah mau abis, emang yah? wkwk...
bsok balik lagi ke cakra om

bilangin, lulusan asemreges angkatan brapa ?

aluminium bsa lah tahan lama sikit, kl bener2 bagus 5 taon jg masi gapapa, tp jgn tralu pelit lah, 3 -4 taon jg ud bole ganti
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10756
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Thu May 23, 2024 22:10
t105erd wrote: Thu May 23, 2024 10:01
DOHC wrote: Thu May 23, 2024 9:55

enjin blok nya bahan apa dl

kl aluminium gapapa, tp kl masi besi cor yah 2 taon skali bole lah, jgn pelit2 amat, itung2 kerjain sendiri murah
Aluminium om, tadi abis dari cakra, katanya warnanya masih pekat, masih bagus, kalo udah rada bening baru tuh obatnya udah mau abis, emang yah? wkwk...
bsok balik lagi ke cakra om

bilangin, lulusan asemreges angkatan brapa ?

aluminium bsa lah tahan lama sikit, kl bener2 bagus 5 taon jg masi gapapa, tp jgn tralu pelit lah, 3 -4 taon jg ud bole ganti
iyaa harga coolant gak seberapa.

2 thn sekali aja aman, gak usah pusing engine block bikinan siapa dan terbuat dr apa kan ya

klo kelas asam reges, kelas nya lain: diraba, dilihat, diakali, dan yakin.
Last edited by Suryaputra on Fri May 24, 2024 2:40, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10756
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Umur Coolant

Post by Suryaputra »

Namanya coolant jg punya shelf life spt oli mesin,
cek aja di botol label belakangnya biasa ada keterangan nya shelf life brp lama?

nah logikanya, itu kan dalam kondisi sealed in bottle,
- klo kondisi dipakai, muter ke dalam engine block, kena panas tinggi, udah pasti lbh pendek dong

tapi klo pilihannya gakmau diperbudak mobil, rusak tinggal ganti,
ya bagus, ikut kontribusi memberikan dampak ekonomi untuk kemajuan diler mobil :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1384
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by t105erd »

DOHC wrote: Thu May 23, 2024 22:10
t105erd wrote: Thu May 23, 2024 10:01
DOHC wrote: Thu May 23, 2024 9:55

enjin blok nya bahan apa dl

kl aluminium gapapa, tp kl masi besi cor yah 2 taon skali bole lah, jgn pelit2 amat, itung2 kerjain sendiri murah
Aluminium om, tadi abis dari cakra, katanya warnanya masih pekat, masih bagus, kalo udah rada bening baru tuh obatnya udah mau abis, emang yah? wkwk...
bsok balik lagi ke cakra om

bilangin, lulusan asemreges angkatan brapa ?

aluminium bsa lah tahan lama sikit, kl bener2 bagus 5 taon jg masi gapapa, tp jgn tralu pelit lah, 3 -4 taon jg ud bole ganti
oke deh, next kita ganti aja. cukup keluarin yg dari radiator aja yah? apa yg di dalem mesin juga mesti diganti?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27150
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by DOHC »

t105erd wrote: Fri May 24, 2024 7:24
DOHC wrote: Thu May 23, 2024 22:10
t105erd wrote: Thu May 23, 2024 10:01

Aluminium om, tadi abis dari cakra, katanya warnanya masih pekat, masih bagus, kalo udah rada bening baru tuh obatnya udah mau abis, emang yah? wkwk...
bsok balik lagi ke cakra om

bilangin, lulusan asemreges angkatan brapa ?

aluminium bsa lah tahan lama sikit, kl bener2 bagus 5 taon jg masi gapapa, tp jgn tralu pelit lah, 3 -4 taon jg ud bole ganti
oke deh, next kita ganti aja. cukup keluarin yg dari radiator aja yah? apa yg di dalem mesin juga mesti diganti?
radiator ckup

tp kl mo iseng, bole buka water pump skalian, palagi kl ud 5 taonan atau d atas cepeceng km, bole la skalian diganti
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1384
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by t105erd »

DOHC wrote: Fri May 24, 2024 12:19
t105erd wrote: Fri May 24, 2024 7:24
DOHC wrote: Thu May 23, 2024 22:10

bsok balik lagi ke cakra om

bilangin, lulusan asemreges angkatan brapa ?

aluminium bsa lah tahan lama sikit, kl bener2 bagus 5 taon jg masi gapapa, tp jgn tralu pelit lah, 3 -4 taon jg ud bole ganti
oke deh, next kita ganti aja. cukup keluarin yg dari radiator aja yah? apa yg di dalem mesin juga mesti diganti?
radiator ckup

tp kl mo iseng, bole buka water pump skalian, palagi kl ud 5 taonan atau d atas cepeceng km, bole la skalian diganti
Sudah pernah ganti om 2 tahun lalu, rusak bearingnya jadi bunyi2, diganti merk LKS, oem nya aisin lagi ga ada stok :big_dunno:
kaujiro
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Jan 30, 2023 2:59
Location: Tangerang
Daily Vehicle: 2013 - Civic FB2

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by kaujiro »

Mumpung rame..

Suhu - suhu , numpang nanya bengkel yang bisa kuras radiator area tangkot-tangkab,


Matur Thankyou.
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Opeakkk »

Mbah prosedur kalau ganti merk coolant yg oke gimana ? Drain di radiator, isi coolant baru, lalu selang menuju ke radiator di buka biar coolant lama terbuang ?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2056
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by darrelund »

Omnibus wrote: Fri May 10, 2024 12:07
marmut wrote: Fri May 10, 2024 11:28
mau ketawa hawatir sakit perut..... 8)
biar sekalian muncrut ....


shiokkk

bisa"nya :big_biglaugh:

tapi baca" emg gede siy torsinya, 600nm

yg mantep bmw 3.0 csl

930nm buat tighten, 1600nm buat loosen :big_smoking:

torsi segitu bukanya pake apaan mbah?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10756
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Tue Jun 11, 2024 9:55
Omnibus wrote: Fri May 10, 2024 12:07
marmut wrote: Fri May 10, 2024 11:28
mau ketawa hawatir sakit perut..... 8)
biar sekalian muncrut ....


shiokkk

bisa"nya :big_biglaugh:

tapi baca" emg gede siy torsinya, 600nm

yg mantep bmw 3.0 csl

930nm buat tighten, 1600nm buat loosen :big_smoking:

torsi segitu bukanya pake apaan mbah?
1600 N.M = 163 kg force meter

cukup pakai batang besi extension 2 meter, dan berdiri di ujungnya, kasih bobot 81.5 Kg

:upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11507
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Omnibus »

darrelund wrote: Tue Jun 11, 2024 9:55
shiokkk

bisa"nya :big_biglaugh:

tapi baca" emg gede siy torsinya, 600nm

yg mantep bmw 3.0 csl

930nm buat tighten, 1600nm buat loosen :big_smoking:

torsi segitu bukanya pake apaan mbah?
hehehe

sebetulnya ada alatnya. namanya torque multiplier. sesuai namanya jd input brp keluarnya sekian kalinya. dalemnya ada rangkaian gearbox. gugel pake keyword itu aja.

Screenshot_20240611_204633~2.jpg
source: google
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1636
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by MSU »

Omnibus wrote: Tue Jun 11, 2024 13:50
darrelund wrote: Tue Jun 11, 2024 9:55
shiokkk

bisa"nya :big_biglaugh:

tapi baca" emg gede siy torsinya, 600nm

yg mantep bmw 3.0 csl

930nm buat tighten, 1600nm buat loosen :big_smoking:

torsi segitu bukanya pake apaan mbah?
hehehe

sebetulnya ada alatnya. namanya torque multiplier. sesuai namanya jd input brp keluarnya sekian kalinya. dalemnya ada rangkaian gearbox. gugel pake keyword itu aja.


Screenshot_20240611_204633~2.jpg

source: google
sering liat...kalo ga salah banyak supir truk & bus yg pake...tp di luar negeri (sy liat di YT)
andrejunior
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by andrejunior »

Chr1stm1 wrote: Sun Jan 07, 2024 14:10
kendibocor wrote: Fri Jan 05, 2024 11:07 Oktober kemarin baru ganti air radiator di F30. Uda mo 8 tahun ternyata BSI ga include kuras radiator jd ga pernah dikuras. Cuman ditambah2 aja kalo kurang dikit kata beres. Kemaren pas kuras sih masih bening ga ada tanda2 keropos n kotor.
Sama bengkelnya diganti pake mannol

20231019_113236.jpg
Saya juga pakai ini di AN. Rush...karena spek ya mirip TMO bawaan ( free NAP ) jadi ga korosif ke aluminium dan ada pelumas utk waterpump

Waktu itu ganti coolant ya pake metode drain aja atau pake dikuras om?

Apa boleh ya kecampur dgn coolant lamanya?

Karena setau ane coolant Toyota HOAT sedangkan Mannol G12+ OAT. Apa boleh ya HOAT kecampur dgn OAT?
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 898
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by azu »

saya pribadi sih kalo Toyota mah pakai TMO SLLC Pink lagi aja sesuai bawaan, harganya juga ga terlalu mahal soalnya masih 150an segalon di BeRes :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Chr1stm1 »

andrejunior wrote: Mon Aug 05, 2024 2:13
Chr1stm1 wrote: Sun Jan 07, 2024 14:10
kendibocor wrote: Fri Jan 05, 2024 11:07 Oktober kemarin baru ganti air radiator di F30. Uda mo 8 tahun ternyata BSI ga include kuras radiator jd ga pernah dikuras. Cuman ditambah2 aja kalo kurang dikit kata beres. Kemaren pas kuras sih masih bening ga ada tanda2 keropos n kotor.
Sama bengkelnya diganti pake mannol

20231019_113236.jpg
Saya juga pakai ini di AN. Rush...karena spek ya mirip TMO bawaan ( free NAP ) jadi ga korosif ke aluminium dan ada pelumas utk waterpump

Waktu itu ganti coolant ya pake metode drain aja atau pake dikuras om?

Apa boleh ya kecampur dgn coolant lamanya?

Karena setau ane coolant Toyota HOAT sedangkan Mannol G12+ OAT. Apa boleh ya HOAT kecampur dgn OAT?
waktu saya ganti pake metode drain dgn jarak 3 bulan, jadi sudah 2x drain.
kalo existing coolant dan standar radiatornya pake HOAT, diisi OAT yah gpp, malah better,,,but tidak berlaku sebaliknya yah...
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1389
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by singachu »

t105erd wrote: Thu May 23, 2024 10:01
DOHC wrote: Thu May 23, 2024 9:55
t105erd wrote: Wed May 22, 2024 14:15 Sekalian mau tanya, saya terakhir ganti coolant sekitar 2 tahun lalu pas barengan ganti water pump, menggunakan TMO Coolant. Apakah wajib ganti yah setelah 2 tahun, atau masih bisa di pakai. Kalo liat literatur Toyota sih kalo pakai coolant TMO 50:50 bisa sampai 60 bulan/5 tahun. Gimana pendapat temen2?
thanks.
enjin blok nya bahan apa dl

kl aluminium gapapa, tp kl masi besi cor yah 2 taon skali bole lah, jgn pelit2 amat, itung2 kerjain sendiri murah
Aluminium om, tadi abis dari cakra, katanya warnanya masih pekat, masih bagus, kalo udah rada bening baru tuh obatnya udah mau abis, emang yah? wkwk...
nah aku baru kemaren ganti coolant papansah 2019...... umur dah 5 taon.
harusnya pakai refrakto meter sih, tapi karena aku punyanya kertas lakmus, yang lama masih ph 8, tp berhubung 5 taon aku ganti aja, beli 2 botol Toyota SLCC pink, kepake sekitar 5 liter.



Aku pakai patokan itu aja, 5 taon ganti, drain and refill, beres ga flushing2an malah ntar bikin kontaminasi.
1st : 100rb miles / 5 year, mana yang tercapai lebih dulu
next : 50rb miles/ 5 year, mana yang tercapai lebih dulu.

males coba2 lagi daripada ga kompatibel.

Hasil drainnya bening tetep, ga ada endapan di reservoir, waktu aku bandingkan dengan coolant baru malah yang lama lebih gelap udah ga pink lagi, meski masih bening tapi ga se pink yang baru

regards,
singachu
andrejunior
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by andrejunior »

Chr1stm1 wrote: Mon Aug 05, 2024 9:08
andrejunior wrote: Mon Aug 05, 2024 2:13
Chr1stm1 wrote: Sun Jan 07, 2024 14:10

Saya juga pakai ini di AN. Rush...karena spek ya mirip TMO bawaan ( free NAP ) jadi ga korosif ke aluminium dan ada pelumas utk waterpump

Waktu itu ganti coolant ya pake metode drain aja atau pake dikuras om?

Apa boleh ya kecampur dgn coolant lamanya?

Karena setau ane coolant Toyota HOAT sedangkan Mannol G12+ OAT. Apa boleh ya HOAT kecampur dgn OAT?
waktu saya ganti pake metode drain dgn jarak 3 bulan, jadi sudah 2x drain.
kalo existing coolant dan standar radiatornya pake HOAT, diisi OAT yah gpp, malah better,,,but tidak berlaku sebaliknya yah...

Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?

Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Chr1stm1 »

andrejunior wrote: Mon Aug 05, 2024 16:08
Chr1stm1 wrote: Mon Aug 05, 2024 9:08
andrejunior wrote: Mon Aug 05, 2024 2:13


Waktu itu ganti coolant ya pake metode drain aja atau pake dikuras om?

Apa boleh ya kecampur dgn coolant lamanya?

Karena setau ane coolant Toyota HOAT sedangkan Mannol G12+ OAT. Apa boleh ya HOAT kecampur dgn OAT?
waktu saya ganti pake metode drain dgn jarak 3 bulan, jadi sudah 2x drain.
kalo existing coolant dan standar radiatornya pake HOAT, diisi OAT yah gpp, malah better,,,but tidak berlaku sebaliknya yah...

Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?

Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
TMO SLLC kalo dari bahasa mktnya itu kan tahan 5 tahun yah? harusnya udah OAT itu, karena HOAT itu paling 2 - 3 tahun
Coolant nyampur dengan presentasi kecil mah gpp Om, kecuali nyamournya sama jenis yang bener2 beda kayak OAT mix IAT, saya pakai mannol g12+ udah masuk tahun kedua, performa keduanya saya ga bisa bedain karena gak cek pake thermo juga.

Btw selama pakai coolant mannol G12 aman aja OM, hehe
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 544
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by saturday »

Chr1stm1 wrote: Tue Aug 06, 2024 1:26
andrejunior wrote: Mon Aug 05, 2024 16:08
Chr1stm1 wrote: Mon Aug 05, 2024 9:08

waktu saya ganti pake metode drain dgn jarak 3 bulan, jadi sudah 2x drain.
kalo existing coolant dan standar radiatornya pake HOAT, diisi OAT yah gpp, malah better,,,but tidak berlaku sebaliknya yah...

Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?

Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
TMO SLLC kalo dari bahasa mktnya itu kan tahan 5 tahun yah? harusnya udah OAT itu, karena HOAT itu paling 2 - 3 tahun
Coolant nyampur dengan presentasi kecil mah gpp Om, kecuali nyamournya sama jenis yang bener2 beda kayak OAT mix IAT, saya pakai mannol g12+ udah masuk tahun kedua, performa keduanya saya ga bisa bedain karena gak cek pake thermo juga.

Btw selama pakai coolant mannol G12 aman aja OM, hehe
Coolant OEM pabrikan Asia itu P-OAT (phospated OAT). HOAT (Hybrid OAT) mengacu kepada coolant OAT yang ditambahkan aditif inorganic seperti Phospates, Silicate, atau Nitrate untuk penambahan proteksi.

HOAT klasifikasi secara general. P-OAT, Ni-OAT, Si-OAT termasuk jenis HOAT.

Untuk masa pakai dan proteksi terbaik, gunakan jenis HOAT (P-OAT/Ni-OAT/Si-OAT). Mobil Jepang gunakan P-OAT, mobil Eropa gunakan Si-OAT karena seal waterpump mereka dirancang tahan Silicate.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 898
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by azu »

andrejunior wrote: Mon Aug 05, 2024 16:08

Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?

Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
Setahu saya sih Mannol G12+ ini secara kandungan sudah mirip Toyota SLLC yg NAP Free, hanya saya cek website Mannol tidak ada keterangan apakah G12+ ini borate free atau tidak

Kalau di Service Manual sih seperti ini penjelasan SLLC
SLLC.jpg
TOYOTA vehicles are filled with TOYOTA SLLC at the factory. In order to avoid damage to the engine cooling system and other technical problems, only use TOYOTA SLLC or similar high quality ethylene glycol based non-silicate, non-amine, non-nitrite, non-borate coolant with long-life hybrid organic acid technology (coolant with long-life hybrid organic acid technology is a combination of low phosphates and organic acids).
SLLC ini tidak mengandung amine, silicate, nitrite, dan borate; tetapi tetap mengandung phospate dalam kadar yg rendah.


Untuk Mannol G12+ itu kalau penjelasan di webnya sih
It does not contain silicates, nitrates, phosphates and amines (the NAP free technology)


Paling perbedaan yang paling terlihat dari penjelasan masing2 itu adalah SLLC tetap mengandung phospate sedangkan Mannol G12+ ini Phosphate Free tetapi tidak ada penjelasan apakah mengandung borate atau tidak.


saturday wrote: Tue Aug 06, 2024 1:30

Coolant OEM pabrikan Asia itu P-OAT (phospated OAT). HOAT (Hybrid OAT) mengacu kepada coolant OAT yang ditambahkan aditif inorganic seperti Phospates, Silicate, atau Nitrate untuk penambahan proteksi.

HOAT klasifikasi secara general. P-OAT, Ni-OAT, Si-OAT termasuk jenis HOAT.

Untuk masa pakai dan proteksi terbaik, gunakan jenis HOAT (P-OAT/Ni-OAT/Si-OAT). Mobil Jepang gunakan P-OAT, mobil Eropa gunakan Si-OAT karena seal waterpump mereka dirancang tahan Silicate.
wah ini penjelasan yang lebih lengkapnya :mky_02:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
andrejunior
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by andrejunior »

Chr1stm1 wrote: Tue Aug 06, 2024 1:26
andrejunior wrote: Mon Aug 05, 2024 16:08
Chr1stm1 wrote: Mon Aug 05, 2024 9:08

waktu saya ganti pake metode drain dgn jarak 3 bulan, jadi sudah 2x drain.
kalo existing coolant dan standar radiatornya pake HOAT, diisi OAT yah gpp, malah better,,,but tidak berlaku sebaliknya yah...

Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?

Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
TMO SLLC kalo dari bahasa mktnya itu kan tahan 5 tahun yah? harusnya udah OAT itu, karena HOAT itu paling 2 - 3 tahun
Coolant nyampur dengan presentasi kecil mah gpp Om, kecuali nyamournya sama jenis yang bener2 beda kayak OAT mix IAT, saya pakai mannol g12+ udah masuk tahun kedua, performa keduanya saya ga bisa bedain karena gak cek pake thermo juga.

Btw selama pakai coolant mannol G12 aman aja OM, hehe

Saya tertarik pengen coba karena pernah om sebutkan kalo AC jadi lebih dingin hehehe maklum kata istri saya termasuk spesies beruang kutub
andrejunior
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by andrejunior »

azu wrote: Tue Aug 06, 2024 1:39
andrejunior wrote: Mon Aug 05, 2024 16:08

Maksud saya kalo pake metode drain kan masih ada sisa coolant lamanya tuh, (Coolant Toyota SLLC setau ane HOAT, CMIIW ya) nah apa ga masalah kecampur dgn si Mannol G12+ ini yg OAT?

Btw setelah ganti Mannol ini sampe skrg ga ada problem kah dgn cooling sistemnya?
Setahu saya sih Mannol G12+ ini secara kandungan sudah mirip Toyota SLLC yg NAP Free, hanya saya cek website Mannol tidak ada keterangan apakah G12+ ini borate free atau tidak

Kalau di Service Manual sih seperti ini penjelasan SLLC
SLLC.jpg
TOYOTA vehicles are filled with TOYOTA SLLC at the factory. In order to avoid damage to the engine cooling system and other technical problems, only use TOYOTA SLLC or similar high quality ethylene glycol based non-silicate, non-amine, non-nitrite, non-borate coolant with long-life hybrid organic acid technology (coolant with long-life hybrid organic acid technology is a combination of low phosphates and organic acids).
SLLC ini tidak mengandung amine, silicate, nitrite, dan borate; tetapi tetap mengandung phospate dalam kadar yg rendah.


Untuk Mannol G12+ itu kalau penjelasan di webnya sih
It does not contain silicates, nitrates, phosphates and amines (the NAP free technology)


Paling perbedaan yang paling terlihat dari penjelasan masing2 itu adalah SLLC tetap mengandung phospate sedangkan Mannol G12+ ini Phosphate Free tetapi tidak ada penjelasan apakah mengandung borate atau tidak.


saturday wrote: Tue Aug 06, 2024 1:30

Coolant OEM pabrikan Asia itu P-OAT (phospated OAT). HOAT (Hybrid OAT) mengacu kepada coolant OAT yang ditambahkan aditif inorganic seperti Phospates, Silicate, atau Nitrate untuk penambahan proteksi.

HOAT klasifikasi secara general. P-OAT, Ni-OAT, Si-OAT termasuk jenis HOAT.

Untuk masa pakai dan proteksi terbaik, gunakan jenis HOAT (P-OAT/Ni-OAT/Si-OAT). Mobil Jepang gunakan P-OAT, mobil Eropa gunakan Si-OAT karena seal waterpump mereka dirancang tahan Silicate.
wah ini penjelasan yang lebih lengkapnya :mky_02:
Dari penjelasan di atas didapat data sbb:
-Coolant Toyota SLLC mengandung fosfat
-Coolant Toyota SLLC tidak mengandung borat
-Mannol G12+ tidak mengandung fosfat
-Mannol G12+ tidak disebutkan mengandung borat atau tidak

Kalo boleh saya simpulkan: harusnya aman ya mencampur yg tidak mengandung fosfat (G12+) dengan yg mengandung fosfat (Toyota SLLC)
Cmiiw
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10756
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by Suryaputra »

Mumett...

- Selama mobil jepang.
- apalagi radiatornya merk Denso jg.
klo saya... pakai Denso SLCC warna biru (ada jg warna pink)

- ganti pertama coolnat bawaan pabrik di thn ke-3
- selanjutnya ganti tiap 2 thn sekali pk Denso SLCC :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Tue Aug 06, 2024 4:20 Mumett...

- Selama mobil jepang.
- apalagi radiatornya merk Denso jg.
klo saya... pakai Denso SLCC warna biru (ada jg warna pink)

- ganti pertama coolnat bawaan pabrik di thn ke-3
- selanjutnya ganti tiap 2 thn sekali pk Denso SLCC :ngacir:



minum bajigur dulu kang seember sm ngunyah goreng pisang setandan.....
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1289
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ganti Coolant Radiator

Post by sh00t »

marmut wrote: Tue Aug 06, 2024 5:34
Suryaputra wrote: Tue Aug 06, 2024 4:20 Mumett...

- Selama mobil jepang.
- apalagi radiatornya merk Denso jg.
klo saya... pakai Denso SLCC warna biru (ada jg warna pink)

- ganti pertama coolnat bawaan pabrik di thn ke-3
- selanjutnya ganti tiap 2 thn sekali pk Denso SLCC :ngacir:



minum bajigur dulu kang seember sm ngunyah goreng pisang setandan.....
Makan pisang molen pak. Kan Om
Suryaputra wrote:
tinggal di Bandung. Secara yang terkenal enak di Bandung itu pisang molen. :upss: