Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
azu wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 15:50
Mau nanya om untuk AC Toyota Nav1.
kalau saat mobil baru dinyalakan kemudian AC dinyalakan, nah dari saat AC dinyalakan sampai keluar udara dingin itu terkadang cukup lama apalagi dalam kondisi sebelumnya terjemur. Kalau lagi lama bgt terkadang bisa 1 menit baru keluar angin dinginnya.
Kira2 ini apanya yg bermasalah ya? Apakah solenoid valve/ecv di kompresornya? Karena kalau sudah keluar angin dingin sih biasanya akan terus dingin.
Kondisi filter kabin relatif baru sih, cuma gatau juga dari riwayat pemilik sebelumnya apakah pernah servis AC atau tidak
Bisa jadi om, dia soalnya pake ECV. Persis Camry compressornya.
Harus dicek pake Manifold Gauge pas nyala AC, keliatan nanti Low Pressurenya gimana performanya, kalo ECV nya mulai2 kena biasanya lamaa banget turunnya si kompresi. (Normal di 30-35 psi).
Bisa juga Silica Dryer udah penuh jadi agak lama dinginnya. Soalnya kan struktur sistem AC dari Compressor - Condenser - Dryer - Exp Valve - Evap. Kalo di Dryernya agak terhambat bisa juga kinerja ECV jadi kurang. Ngga sedikit case yang dikira problem ECV ternyata diganti Dryer, Exp Valve langsung lancar jaya.
kemuningauto wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 15:55
Bisa jadi om, dia soalnya pake ECV. Persis Camry compressornya.
Harus dicek pake Manifold Gauge pas nyala AC, keliatan nanti Low Pressurenya gimana performanya, kalo ECV nya mulai2 kena biasanya lamaa banget turunnya si kompresi. (Normal di 30-35 psi).
Bisa juga Silica Dryer udah penuh jadi agak lama dinginnya. Soalnya kan struktur sistem AC dari Compressor - Condenser - Dryer - Exp Valve - Evap. Kalo di Dryernya agak terhambat bisa juga kinerja ECV jadi kurang. Ngga sedikit case yang dikira problem ECV ternyata diganti Dryer, Exp Valve langsung lancar jaya.
Terima kasih om atas jawabannya
Berarti emg harus cek menyeluruh ya sistem ACnya biar tepat sasaran perbaikannya
Barangkali om tahu bengkel AC yg oke di Bandung? Soalnya pengalaman ke bengkel AC di Bandung belum nemu yg bener2 oke dan mau diagnosa dgn benar.
Pernah ke salah satu bengkel AC yg katanya lumayan bagus di Bandung (namanya sama dengan gunung tertinggi di Indonesia ), bawa Vios Gen 2 dengan keluhan kalau lagi siang2 panas2 ACnya suka susah dingin juga. Habis cek tekanan freon, langsung divonis ganti evap, expansion valve, dan dryer katena katanya kalau evap mobil lama suka udah kotor dan rawan bocor tanpa dicek dulu kondisi evapnya
Karena biayanya lumayan, sampai sekarang belum dibenerin lagi sih itu vios karena kerasa kurang dinginnya kalau udara luar lagi panas bgt aja. Kalau kondisi biasa atau malam sih dingin2 aja ACnya
Nah kalau kondisinya gini yg Vios apakah cukup ganti expansion valve dan dryer saja? Kalau keduanya diganti apakah perlu flushing refrigerant dan oli kompresor?
kemuningauto wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 15:55
Bisa jadi om, dia soalnya pake ECV. Persis Camry compressornya.
Harus dicek pake Manifold Gauge pas nyala AC, keliatan nanti Low Pressurenya gimana performanya, kalo ECV nya mulai2 kena biasanya lamaa banget turunnya si kompresi. (Normal di 30-35 psi).
Bisa juga Silica Dryer udah penuh jadi agak lama dinginnya. Soalnya kan struktur sistem AC dari Compressor - Condenser - Dryer - Exp Valve - Evap. Kalo di Dryernya agak terhambat bisa juga kinerja ECV jadi kurang. Ngga sedikit case yang dikira problem ECV ternyata diganti Dryer, Exp Valve langsung lancar jaya.
Terima kasih om atas jawabannya
Berarti emg harus cek menyeluruh ya sistem ACnya biar tepat sasaran perbaikannya
Barangkali om tahu bengkel AC yg oke di Bandung? Soalnya pengalaman ke bengkel AC di Bandung belum nemu yg bener2 oke dan mau diagnosa dgn benar.
Pernah ke salah satu bengkel AC yg katanya lumayan bagus di Bandung (namanya sama dengan gunung tertinggi di Indonesia ), bawa Vios Gen 2 dengan keluhan kalau lagi siang2 panas2 ACnya suka susah dingin juga. Habis cek tekanan freon, langsung divonis ganti evap, expansion valve, dan dryer katena katanya kalau evap mobil lama suka udah kotor dan rawan bocor tanpa dicek dulu kondisi evapnya
Karena biayanya lumayan, sampai sekarang belum dibenerin lagi sih itu vios karena kerasa kurang dinginnya kalau udara luar lagi panas bgt aja. Kalau kondisi biasa atau malam sih dingin2 aja ACnya
Nah kalau kondisinya gini yg Vios apakah cukup ganti expansion valve dan dryer saja? Kalau keduanya diganti apakah perlu flushing refrigerant dan oli kompresor?
Nah ini juga yg bikin sulit nentuin kalo ngga liat tekanan low dan high nya om. Kalo lg ngecek di sana, fotoin aja manifold gauge nya. Itu 80% keliatan problem AC nya dari situ. Contoh kalo Expansion Valve udah mampet itu Low Pressure biasa lg idle dibawah 20 psi, dengan keadaan kapasitas freon full ya tp bukan kurang, dsb.
kemuningauto wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 16:34
Nah ini juga yg bikin sulit nentuin kalo ngga liat tekanan low dan high nya om. Kalo lg ngecek di sana, fotoin aja manifold gauge nya. Itu 80% keliatan problem AC nya dari situ. Contoh kalo Expansion Valve udah mampet itu Low Pressure biasa lg idle dibawah 20 psi, dengan keadaan kapasitas freon full ya tp bukan kurang, dsb.
kemuningauto wrote: ↑Mon Jul 22, 2024 16:34
Nah ini juga yg bikin sulit nentuin kalo ngga liat tekanan low dan high nya om. Kalo lg ngecek di sana, fotoin aja manifold gauge nya. Itu 80% keliatan problem AC nya dari situ. Contoh kalo Expansion Valve udah mampet itu Low Pressure biasa lg idle dibawah 20 psi, dengan keadaan kapasitas freon full ya tp bukan kurang, dsb.
Om mau tanya, mobil saya udah 1 minggu ini kalo jalan jauh via tol atau jalan nasional jika hidup AC dan perjalanan udah hampir 1 jam jarum amper naik perlahan, harus segera menepi biar gak ngaceng poll jarum nya, tapi kalo gak pake AC amper stabil, kira" Knapa ya om? , Radiator udah servis kerok daleman, lower tank juga sudah di ganti karna ada retak rambut , suara kompresor agak kasar sih udah 1 tahun belakangan ini
grandis_GT wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 13:10
Om mau tanya, mobil saya udah 1 minggu ini kalo jalan jauh via tol atau jalan nasional jika hidup AC dan perjalanan udah hampir 1 jam jarum amper naik perlahan, harus segera menepi biar gak ngaceng poll jarum nya, tapi kalo gak pake AC amper stabil, kira" Knapa ya om? , Radiator udah servis kerok daleman, lower tank juga sudah di ganti karna ada retak rambut , suara kompresor agak kasar sih udah 1 tahun belakangan ini
Coba om cek fan radiator dan thermostat. Mungkin fan radiator lemah atau kalo udah electric fan radiator mungkin motornya mati. Thermostat jg kalo km dah tinggi biasa mulai minta jajan.
severmaya wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 7:42
Om mau tanya apa tiap kompresor ac itu pakai oli beda-beda? Saya kemarin habis ganti oli kompresor itu ac nya jadi kurang dingin.
Beda2 om. Tipe2 compressor juga beda2 kan, ada tipe piston, rotary, vane. Tentu jenis olinya juga berbeda.
grandis_GT wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 13:10
Om mau tanya, mobil saya udah 1 minggu ini kalo jalan jauh via tol atau jalan nasional jika hidup AC dan perjalanan udah hampir 1 jam jarum amper naik perlahan, harus segera menepi biar gak ngaceng poll jarum nya, tapi kalo gak pake AC amper stabil, kira" Knapa ya om? , Radiator udah servis kerok daleman, lower tank juga sudah di ganti karna ada retak rambut , suara kompresor agak kasar sih udah 1 tahun belakangan ini
Coba dicek cooling systemnya mas, dari kinerja motor fan, switch temperature, thermostat radiator, sama radiatornya.
grandis_GT wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 13:10
Om mau tanya, mobil saya udah 1 minggu ini kalo jalan jauh via tol atau jalan nasional jika hidup AC dan perjalanan udah hampir 1 jam jarum amper naik perlahan, harus segera menepi biar gak ngaceng poll jarum nya, tapi kalo gak pake AC amper stabil, kira" Knapa ya om? , Radiator udah servis kerok daleman, lower tank juga sudah di ganti karna ada retak rambut , suara kompresor agak kasar sih udah 1 tahun belakangan ini
sekalian cek paking cylinder head retak atau ga om...
pas mesin nyala cek di mulut radiator...ada gelembung ga...
severmaya wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 7:42
Om mau tanya apa tiap kompresor ac itu pakai oli beda-beda? Saya kemarin habis ganti oli kompresor itu ac nya jadi kurang dingin.
Beda2 om. Tipe2 compressor juga beda2 kan, ada tipe piston, rotary, vane. Tentu jenis olinya juga berbeda.
Kalau T30? Calsonic ya mungkin?
Agak curhat ya om, jadi mungkin seminggu lalu habis turunin kompresor sekalian lihat kondisinya.
Nah ketika diturunin, olinya masih hijau, kata bengkel masih bagus, jadi diisi oli lagi kira-kira 25ml.
Pas dipake itu terasa kurang dingin akhirnya besoknya balik ke bengkel AC tsb, dicoba tambah freon, pas di bengkel normal aja, akhirnya saya bawa jalan baru terasa kalau kadang ada bunyi seperti krookk begitu plus AC nya mati nyala, jadi tiap 2 detik itu AC nyala mati nyala mati nyala, begitu terus hingga AC ga dingin.
Saya balik ke bengkel tsb katanya kebanyakan freon, akhirnya dikurangi dan AC bisa dingin kembali.
Masalahnya suara krookk nya masih muncul, kata bengkel tsb kompresor sudah umur, mesti ganti kompresor.
Cuma kan sebelumnya ga ada itu masalah sebelumnya.
Ada second opinion ga om?
severmaya wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 7:42
Om mau tanya apa tiap kompresor ac itu pakai oli beda-beda? Saya kemarin habis ganti oli kompresor itu ac nya jadi kurang dingin.
Beda2 om. Tipe2 compressor juga beda2 kan, ada tipe piston, rotary, vane. Tentu jenis olinya juga berbeda.
Kalau T30? Calsonic ya mungkin?
Agak curhat ya om, jadi mungkin seminggu lalu habis turunin kompresor sekalian lihat kondisinya.
Nah ketika diturunin, olinya masih hijau, kata bengkel masih bagus, jadi diisi oli lagi kira-kira 25ml.
Pas dipake itu terasa kurang dingin akhirnya besoknya balik ke bengkel AC tsb, dicoba tambah freon, pas di bengkel normal aja, akhirnya saya bawa jalan baru terasa kalau kadang ada bunyi seperti krookk begitu plus AC nya mati nyala, jadi tiap 2 detik itu AC nyala mati nyala mati nyala, begitu terus hingga AC ga dingin.
Saya balik ke bengkel tsb katanya kebanyakan freon, akhirnya dikurangi dan AC bisa dingin kembali.
Masalahnya suara krookk nya masih muncul, kata bengkel tsb kompresor sudah umur, mesti ganti kompresor.
Cuma kan sebelumnya ga ada itu masalah sebelumnya.
Ada second opinion ga om?
nah pake oli kompresor jenis apa tuh? beda jenis kali yah? refrigant oil kan macem2
Beda2 om. Tipe2 compressor juga beda2 kan, ada tipe piston, rotary, vane. Tentu jenis olinya juga berbeda.
Kalau T30? Calsonic ya mungkin?
Agak curhat ya om, jadi mungkin seminggu lalu habis turunin kompresor sekalian lihat kondisinya.
Nah ketika diturunin, olinya masih hijau, kata bengkel masih bagus, jadi diisi oli lagi kira-kira 25ml.
Pas dipake itu terasa kurang dingin akhirnya besoknya balik ke bengkel AC tsb, dicoba tambah freon, pas di bengkel normal aja, akhirnya saya bawa jalan baru terasa kalau kadang ada bunyi seperti krookk begitu plus AC nya mati nyala, jadi tiap 2 detik itu AC nyala mati nyala mati nyala, begitu terus hingga AC ga dingin.
Saya balik ke bengkel tsb katanya kebanyakan freon, akhirnya dikurangi dan AC bisa dingin kembali.
Masalahnya suara krookk nya masih muncul, kata bengkel tsb kompresor sudah umur, mesti ganti kompresor.
Cuma kan sebelumnya ga ada itu masalah sebelumnya.
Ada second opinion ga om?
nah pake oli kompresor jenis apa tuh? beda jenis kali yah? refrigant oil kan macem2
Kemarin kalaungabsalah, denso type nya apa kurang tau.
Mungkin ga ya kalau itu bengkel kebanyakan kasih oli?
severmaya wrote: ↑Sun Aug 18, 2024 7:42
Om mau tanya apa tiap kompresor ac itu pakai oli beda-beda? Saya kemarin habis ganti oli kompresor itu ac nya jadi kurang dingin.
Beda2 om. Tipe2 compressor juga beda2 kan, ada tipe piston, rotary, vane. Tentu jenis olinya juga berbeda.
Kalau T30? Calsonic ya mungkin?
Agak curhat ya om, jadi mungkin seminggu lalu habis turunin kompresor sekalian lihat kondisinya.
Nah ketika diturunin, olinya masih hijau, kata bengkel masih bagus, jadi diisi oli lagi kira-kira 25ml.
Pas dipake itu terasa kurang dingin akhirnya besoknya balik ke bengkel AC tsb, dicoba tambah freon, pas di bengkel normal aja, akhirnya saya bawa jalan baru terasa kalau kadang ada bunyi seperti krookk begitu plus AC nya mati nyala, jadi tiap 2 detik itu AC nyala mati nyala mati nyala, begitu terus hingga AC ga dingin.
Saya balik ke bengkel tsb katanya kebanyakan freon, akhirnya dikurangi dan AC bisa dingin kembali.
Masalahnya suara krookk nya masih muncul, kata bengkel tsb kompresor sudah umur, mesti ganti kompresor.
Cuma kan sebelumnya ga ada itu masalah sebelumnya.
Ada second opinion ga om?
Bener. Keliatannya kurang oli bisa ya. Harus diflushing, biar keliatan kapasitas oli yg di sistem AC mobilnya. Terus diisi lagi oli compressor sesuai spek comp nya. T30 bisa pake Denso ND-8 kasih 150ml.
Sekedar info, buat pemilik mobil harus sedikit banyak paham sama parts2 di mobil masing2, contohnya kalo dari kita bisa sedikit share tentang AC Mobil.
Compressor yang beredar dan dipake di mobil2 kita cuma ada 4 jenis.
- Compressor Sistem Piston
- Compressor Sistem Rotary
- Compressor Sistem Vane
- Compressor Elektrik
Compressor Sistem Piston dan Rotary bisa memakai Oli Compressor PAG46 atau setara Denso ND-8. Compressor Sistem Vane (Pisau) bisa memakai Denso ND-9, tapi jarang banget di Indo supplynya, bisa alternatif pake yang PAG 100 Doowon (sejauh ini pake Doowon yg paling mantap). Compressor Elektrik bisa pake ND-11.
Contoh Mobil dengan Compressor Piston dan Rotary
- Avanza, Xenia, Rush, Terios
- Innova, Fortuner, Camry, Pajero, X-Trail
- Mobilio, BR-V, Freed Lama (Rotary), Freed Baru (Piston)
- CR-V, Brio, Spin, Aveo, Trax
Contoh Mobil dengan Compressor Vane (Pisau)
- Mirage, Splash, March
- Livina, X-Over
Jangan sampe salah jenis oli compressor, jangan pake oli universal, sesuai spek pasti jauh lebih baik.
kemuningauto wrote: ↑Mon Sep 02, 2024 14:58
Sekedar info, buat pemilik mobil harus sedikit banyak paham sama parts2 di mobil masing2, contohnya kalo dari kita bisa sedikit share tentang AC Mobil.
Compressor yang beredar dan dipake di mobil2 kita cuma ada 4 jenis.
- Compressor Sistem Piston
- Compressor Sistem Rotary
- Compressor Sistem Vane
- Compressor Elektrik
Compressor Sistem Piston dan Rotary bisa memakai Oli Compressor PAG46 atau setara Denso ND-8. Compressor Sistem Vane (Pisau) bisa memakai Denso ND-9, tapi jarang banget di Indo supplynya, bisa alternatif pake yang PAG 100 Doowon (sejauh ini pake Doowon yg paling mantap). Compressor Elektrik bisa pake ND-11.
Contoh Mobil dengan Compressor Piston dan Rotary
- Avanza, Xenia, Rush, Terios
- Innova, Fortuner, Camry, Pajero, X-Trail
- Mobilio, BR-V, Freed Lama (Rotary), Freed Baru (Piston)
- CR-V, Brio, Spin, Aveo, Trax
Contoh Mobil dengan Compressor Vane (Pisau)
- Mirage, Splash, March
- Livina, X-Over
Jangan sampe salah jenis oli compressor, jangan pake oli universal, sesuai spek pasti jauh lebih baik.
Siap Om. Makasih infonya.
yang Vane ini kebanyakan merek valeo kayaknya om.
kemuningauto wrote: ↑Mon Sep 02, 2024 14:58
Sekedar info, buat pemilik mobil harus sedikit banyak paham sama parts2 di mobil masing2, contohnya kalo dari kita bisa sedikit share tentang AC Mobil.
Compressor yang beredar dan dipake di mobil2 kita cuma ada 4 jenis.
- Compressor Sistem Piston
- Compressor Sistem Rotary
- Compressor Sistem Vane
- Compressor Elektrik
Compressor Sistem Piston dan Rotary bisa memakai Oli Compressor PAG46 atau setara Denso ND-8. Compressor Sistem Vane (Pisau) bisa memakai Denso ND-9, tapi jarang banget di Indo supplynya, bisa alternatif pake yang PAG 100 Doowon (sejauh ini pake Doowon yg paling mantap). Compressor Elektrik bisa pake ND-11.
Contoh Mobil dengan Compressor Piston dan Rotary
- Avanza, Xenia, Rush, Terios
- Innova, Fortuner, Camry, Pajero, X-Trail
- Mobilio, BR-V, Freed Lama (Rotary), Freed Baru (Piston)
- CR-V, Brio, Spin, Aveo, Trax
Contoh Mobil dengan Compressor Vane (Pisau)
- Mirage, Splash, March
- Livina, X-Over
Jangan sampe salah jenis oli compressor, jangan pake oli universal, sesuai spek pasti jauh lebih baik.
Siap Om. Makasih infonya.
yang Vane ini kebanyakan merek valeo kayaknya om.
Bener, kebanyakan Valeo. Ada juga Calsonic Kansei, Seiko Seiki, sama yg paling jarang itu ada di X-Over merk Mat-su-shi-ta (anak perusahaan Panasonic).
sedikit sharing, barusan AC ertiga diesel sy bermasalah. unit 2017 pmk 2018, km 84rb.
selama ini perawatan AC tidak pernah saya serahkan ke bengkel spesialis AC, karena servis BeRes yg juga include pengecekan AC dan cuci evap + kondensor. saya suka dgn cuci AC di BeRes suzuki krn mereka pake selang semprotan dan kamera endoscopic, tidak perlu bongkar dashboard. sy tdk suka bongkar dashboard krn makan waktu sangat lama dan rentan pasangnya ga bener, jadi rattle dan resiko baut hilang/dudukan baut pecah.
hasil report BeRes kondisi AC normal, suhu dingin. oli kompresor tdk perlu diganti krn kerja kompresor masih normal, tekanan freon jg normal.
selama ini sampe terakhir servis besar 80rb km, hasil cek oleh BeRes tidak ada masalah. AC juga masih selalu dingin, hingga mulai kasus ini minggu lalu..
jadi ketika abis nganter anak sekolah, posisi mobil jalan dan AC on, tiba-tiba terdengar bunyi 'ctak' agak halus di ruang mesin. getaran mesin terasa berbeda setelah bunyi ini. lalu bunyi ini muncul terus dengan interval tidak beraturan, tidak ada pattern. saya berhentikan mobil dan cek engine bay, setelah saya teliti bunyi ini hanya muncul bila kompresor AC nyala. lalu saya rasakan AC mulai berkurang dinginnya. segera saya cek ke bengkel AC, cek tekanan freon normal, pipa AC masih dingin. hembusan AC masih dingin walau berkurang. bunyi 'ctak' tidak ketemu penyebabnya. si tukang menduga mungkin ada masalah di bagian tensioner karena ketika bunyi 'ctak' terlihat roda tensioner sedikit berguncang kasar. saya bawa pulang dulu mobilnya, dgn rencana besok saya mau cek tensioner ke bengkel mesin.
lalu besoknya saya anter anak sekolah, dan abis itu ketika jalan, tiba-tiba terdengar bunyi mendesis yang sangat tidak wajar dari evap AC belakang, terasa kompresor disengage, dan seketika AC tidak mengeluarkan hawa dingin sama sekali, hanya angin. saya on-off kan kompresor tidak ada respon, kipas radiator ikut mati. segera saya bawa ke bengkel AC, setelah dicek, ternyata.. bodi kompresor pecah. bolong. bukan terkena benturan atau batu, karena posisi lubangnya terlindung dan tidak mungkin faktor luar. kontur pecahannya juga terlihat kalau ini tekanan dari dalam.
terpaksa beli kompresor baru, yg tidak ada KW nya dan harganya 3,5 juta, asli sanden india seperti aslinya (harga di BeRes kurleb 6,5jt blm ppn). ketka pemasangan, saya minta sekalian bongkar kondensor dan ganti dryer. ternyata isi tabung dryer dan silicanya kering kerontang, sama sekali tidak ada basahan oli. ketika saluran kondensor disemprot angin, muncul grum, tapi bisa disemprot keluar. saya diberi opsi ganti atau coba pakai yg lama dulu krn kondisi sirip kondensor bagus dan tdk ada kebocoran, tapi dgn resiko ada kemungkinan kondensor bermasalah. disarankan ganti, tapi saya masih shock dgn harga kompresor 3,5jt, sy berharap tdk perlu sampe ganti kondensor. saya coba dulu pake yg lama. besoknya, AC kembali tidak dingin. pipa AC dingin, tapi hembusan anginnya tidak. terdengar juga bunyi desisan evap belakang tidak wajar.
setelah cek ulang, alamak, harus ganti kondensor juga, yg berarti harus buang dan isi freon lagi. untungnya sama dengan r3 bensin jadi tidak terlalu mahal. sekalian saya pasang extra fan 12" biar pendinginan makin baik, juga sekalian dengan thermostat AC untuk memutus kerja kompresor biar kerja kompresor tidak terlalu berat.
selanjutnya bongkar evap sekalian cuci, karena si tukang bilang hembusan angin tidak plong padahal filter kabin udah ganti. setelah dicek, kondisi evap keropos. sirip aluminium terlihat banyak bercak putih, sisa chemical yg digunakan untuk pencucian sebelumnya, tidak terbilas bersih dan mengering di evap. sirip aluminiumnya yg ketika ditekan harusnya cuma bengkok, malah hancur. dgn kondisi seperti itu rentan bocor dalam waktu dekat, terpaksa ganti evap juga, yg untungnya masih sama dgn r3 bensin.
setelah selesai akhirnya AC kembali dingin seperti baru, krn 3 part utama AC juga baru.
si tukang bilang kalau dugaan dia adalah kompresor saya jebol karena kehabisan oli, karena dilihat kompresor lama kehabisan oli dan kondisi dalam tabung dryer yg kering kerontang, dimana harusnya basah. habisnya oli ini menyebabkan kerja kompresor berat, lalu keringnya dryer menyebabkan dryer tdk bisa memfilter dgn baik dan meloloskan grum dan menyumbat kondensor. akhirnya sumbatan ini tekanan kompresor jadi kacau dan pecah.
total damage cost:
kompresor: 3,4jt
kondensor + extra fan + expansion valve: 1jt
evap: 950k
freon & jasa: 2jt (bongkar pasang kompresor, bongkar pasang dashboard & cuci evap, 2x bongkar pasang kondensor, 2x isi freon baru, dan pasang extra fan dan thermostat)
pelajaran yg saya terima disini adalah:
1. jangan percaya servis AC di BeRes, karena mereka bukan spesialis AC.
2. saran tukang AC, oli kompresor tetap harus ganti tiap 30rb km. kalau yg ini apakah betul? krn dulu bbrp mobil yg saya pake sampe puluhan rb km tdk pernah ganti oli kompresor dan AC normal, cuma cuci dan tambah freon. (dulu mits mirage 100rb km dari baru, panther jalan 70rb km dari pembelian posisi 140rb km). tidak ada saran utk tambah/ganti oli kompresor dari bengkel AC nya.
3. jangan percaya dgn cuci evap tanpa bongkar, krn semprotan airnya hanya dari satu sisi dan sisi satunya kurang bersih. takutnya sisa chemical yg dipakai tidak terbilas bersih dan menyebabkan korosi evap.
4. km 70-80rb, siap2 ganti parts AC seperti kondensor dan evap krn memang sudah umur, terutama utk mobil dgn parts berbahan tipis seperti LMPV dan LCGC jaman sekarang. kalau lagi bongkar, sekalian ganti aja walaupun belum rusak krn sudah mendekati umurnya, daripada kena ongkos 2x kerja dlm waktu dekat.
Betul. Semua parts pasti ada lifetimenya, seperti Dryer atau Silica Dryer perlu penggantian berkala setiap 30k kilometer. Kalo untuj flushing dan penggantian oli compressor masih bisa dibilang tergantung kondisi selama pemakaian ada problem atau tidak, pernah ada bocor atau ngga, dll. (Karena kita ngga tahu misalnya beli mobil bekas, sebelumnya pernah ada penggantian parts apa, oli compressornya dikasih brp ml, pake oli compressornya apa, dll)
Kalo untuk thermostat manual saya kurang rekomen, kecuali memang udah ga ada cara lain, karena lebih baik pake thermistor bawaan mobil yang untuk otomatis on dan off compressornya udah tersinkron antara ecu / modul ac. Selama ngga ada problem kelistrikan, Evaporator pake yg original atau aftermarket tp yg bagus, semua performa parts ok, pasti otomatis atau cutoff akan normal kok. (Selebihnya tergantung pemakaian, contoh temperatur jangan terlalu full, blower sebaiknya pake di 1-2 maksimal dengan goal dingin sempurna dan cutoff compressor intervalnya harus bagus.)
Untuk penggantian Compressor kalo udah banyak gram harus ganti Condenser dan Expansion Valve.
kemuningauto wrote: ↑Sat Oct 12, 2024 3:17
Kalo untuk thermostat manual saya kurang rekomen, kecuali memang udah ga ada cara lain, karena lebih baik pake thermistor bawaan mobil yang untuk otomatis on dan off compressornya udah tersinkron antara ecu / modul ac. Selama ngga ada problem kelistrikan, Evaporator pake yg original atau aftermarket tp yg bagus, semua performa parts ok, pasti otomatis atau cutoff akan normal kok. (Selebihnya tergantung pemakaian, contoh temperatur jangan terlalu full, blower sebaiknya pake di 1-2 maksimal dengan goal dingin sempurna dan cutoff compressor intervalnya harus bagus.)
untuk thermostat manual saya pasang karena ertiga diesel ada heaternya, jadi tidak ada thermostat ac. kompresor tidak bisa otomatis off, pengaturan suhu bekerja dengan cara memainkan besaran hembusan udara dari heater dan evap. jadi setel suhu hangat pun kompresor tetap terus bekerja nonstop selama posisi AC on. dulu saya sempat pake cara manual dgn on/off kompresor dari tombol AC, tapi tdk praktis dan kadang terlupa matikan dalam jangka waktu lama. jadinya ya pasang thermostat begini.
btw setelah bbrp hari saya pake, AC sudah normal dinginnya, tapi bunyi mendesis dari evap belakang jadi tidak seperti biasanya. kalau dulu desisan hanya waktu awal kompresor mulai bekerja, sekarang bunyinya jadi muncul-hilang terus setiap beberapa belas detik, padahal posisi kompresor on terus, tidak ada cutoff dari thermostat. kira-kira kenapa ya?
Walaupun ada heater, tetep ada thermistornya untuk on dan off compressor. Dan memang walaupun diset ke heater tetep ngga akan cutoff, karena kan thermistor mendeteksinya kedinginan di evaporator. Kalo ngga cutoff pasti karena di Evaporator kurang dingin, kenapa kurang dingin banyak faktor harus ada pengecekan dari performa parts, kapasitas freon, oli compressor, kinerja motor fan, dll. Kalo bunyi desisnya dari Evaporator belakang itu 100% problem di Expansion Valve udah agak tersumbat. Ganti aja yg original ya Expansion Valvenya, kalo ngga nanti bunyi lg sama aja.
halo permisi mau nanya terkait ac di mobilio, kadang ac nya dingin ketika dibawa jalan, tp kalau ketika mobilnya baru dinyalain kadang ac nya ga dingin ataupun ga sedingin waktu dibawa jalan, ini biasanya problemnya dimana ya suhu2 sekalian? apa yg harus dicek?
Cek motor fannya, Mobilio ada 2 motor fan, pas AC lagi menyala harusnya hidup semua Motor Fan nya. Kalo bagus semua, baru cek tekanan freonnya berapa yg Low dan High.
kemuningauto wrote: ↑Mon Oct 14, 2024 3:50
Cek motor fannya, Mobilio ada 2 motor fan, pas AC lagi menyala harusnya hidup semua Motor Fan nya. Kalo bagus semua, baru cek tekanan freonnya berapa yg Low dan High.
siap om, berarti di dua komponen itu ya? sy kirain harus servis kompresor nya