Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2357
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by darrelund »

kenop wrote: Thu Aug 22, 2024 6:48
sy pake yarcross bensin (mesin sm transmisi kayaknya plek2an sm avanza), hampir ngga pernah sy kickdown kayak di matic konven
di S aja berasanya aneh, rpm naik tapi kayak kosong ngga ada tenaga (kayak selip gt), malah enakan gas di urut taro di D
oiya ini baru mau 10rb km, nanti pas servis kedua coba tanya ke beres dl, siapa tau bisa diapain kek gt, walopun kayaknya ngga bakal diapa2in sih :big_biglaugh:
paling jawaban template "normal pak, mobil lain juga seperti itu" :big_slap:
nah sama mbah

tp di peloz

bahlul bgt ni girbok, taudah grgr cvtf nya jelek apa gimana

jujur mau eco driving yg andelin coasting (gelinding) jadi susah krn pas ngeloss gitu tiba" engine brake

tar deh oe mau cek pas serpis 1000km

curiga klo ga cvtf badut, volumenya ga pas, bisa kurang bisa kelebihan factory fill nya
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1296
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kenop »

darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:48 mbah mau nanya dongs

dirumah ada veloz DNGA, nih mobil knp aneh ya karakter cvtnya

ndut"an gitu, locking clutch nya engage/ngak suka", kadang gigit kadang engga

ditoel selip, coasting malah engine brake, suka" mobilnya lah

mobilnya jadi ga predictable rasanya

kira" ada kasus yg sama juga? problemnya? dan rencana serpis 1000km mau lapor sehh

odo 200 perak :big_biglaugh:

terimakasih mbah semuanya
Kayak nya semua begini om, yarcross sy dr baru jg begini wkwkkw, di bbrp halaman blakang om surya sm om Q8 jg uda ada bahas

Nti mau coba ganti cvtf yg bagusan, kali aja nolong

Sy pas 1000 km komplen begitu, malah blg "karpet bapak uda ngga standar, pedal gas nyangkut di karpet"

Uda males ane debatnya kl jawaban yg keluar kyk begitu, disangka org baru belajar nyetir 2 minggu kali :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11626
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:52



curiga klo ga cvtf badut, volumenya ga pas, bisa kurang bisa kelebihan factory fill nya


sudah 3 unit saya nemu underfill 1 liter.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27344
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

marmut wrote: Thu Aug 22, 2024 17:24
darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:52



curiga klo ga cvtf badut, volumenya ga pas, bisa kurang bisa kelebihan factory fill nya


sudah 3 unit saya nemu underfill 1 liter.
lah itu jaman awal reborn vrz kuar jg smuanya underfill sgitu mbah , giliran heboh kasus jedug, baru lebihin sikit ngisi nya

heran

pelit ama TAM ama atf
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adiputra4 »

DOHC wrote: Thu Aug 22, 2024 22:51
marmut wrote: Thu Aug 22, 2024 17:24
darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:52



curiga klo ga cvtf badut, volumenya ga pas, bisa kurang bisa kelebihan factory fill nya


sudah 3 unit saya nemu underfill 1 liter.
lah itu jaman awal reborn vrz kuar jg smuanya underfill sgitu mbah , giliran heboh kasus jedug, baru lebihin sikit ngisi nya

heran

pelit ama TAM ama atf
Om sampe sekarang jg kayanya masi underfill deh di 2gd :mky_01:

2gd FL ane kmrn juga ATF nya udh diukur keluar berapa masuk berapa.. eh pas check ATF pake metode yg bener kurang seliter :mky_01:

yg pre FL juga dulu sane sama ky gitu kurang seliter

kalo yg engeh dan bisa ngerasain sih, setelah diukur dan nambah ATF seliter tuh saat pindah dr N ke D kaya lbh mau nonjok jd harus injam rem lebih dalam

beda saat msh kurang seliter ga perlu injak rem dalam2 saat pindah N ke D

di kedua 2gd ane semuanya ky gitu jd cukup berasa bedanya :mky_01:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1760
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:48 mbah mau nanya dongs

dirumah ada veloz DNGA, nih mobil knp aneh ya karakter cvtnya

ndut"an gitu, locking clutch nya engage/ngak suka", kadang gigit kadang engga

ditoel selip, coasting malah engine brake, suka" mobilnya lah

mobilnya jadi ga predictable rasanya

kira" ada kasus yg sama juga? problemnya? dan rencana serpis 1000km mau lapor sehh

odo 200 perak :big_biglaugh:

terimakasih mbah semuanya
kayaknya.....ada masa itu cvt / ecu-nya belajar om
dulu mobil sy jg begitu....kadang pas coasting lepas gas terutama kecepatan rendah bisa ngebrake kasar sampe kayak batuk
fuel cons jg 10km/l doank
lama2 pake ngebrake kasar-nya hampir ilang
cuma memang ga bisa sehalus cvt ahond...tp ya udhlah mudah2an lebih awet

NB : sy jg install kabel ground tambahan ala2 ke arah ecu, throttle & dudukan sok kiri
adrianomyman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
Location: Indnesia
Daily Vehicle: Car

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by adrianomyman »

Gw dulu nanyak disini perihal rencana penggantian oli matik di anps. Sy tanya ke bengkel umum yg gede , mereka jg ganti oli matik dgn memakai mesin (flushing) sama aja kek di dealer. Akhirnya ane bawa ke dealer mitsu aja , sekalian servislah. Gitu kelar , anps ane berasa lebih sigap , ugal able banget ,serasa mobil baru wkwk, dan yg ane wantiwanti jedug tidak terjadi. Sy ganti di odo 95k km.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1760
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

marmut wrote: Thu Aug 22, 2024 17:24
darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:52



curiga klo ga cvtf badut, volumenya ga pas, bisa kurang bisa kelebihan factory fill nya


sudah 3 unit saya nemu underfill 1 liter.
di mobil sy udh top up smp batas titik atas pas panas om...
odo so far baru 8000km...
dulu pas sebelum di top up ada suara kayak siulan pelan gitu pas di sekitar kecepatan 60-an kmh
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11994
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:48 mbah mau nanya dongs

dirumah ada veloz DNGA, nih mobil knp aneh ya karakter cvtnya

ndut"an gitu, locking clutch nya engage/ngak suka", kadang gigit kadang engga

ditoel selip, coasting malah engine brake, suka" mobilnya lah

mobilnya jadi ga predictable rasanya

kira" ada kasus yg sama juga? problemnya? dan rencana serpis 1000km mau lapor sehh

odo 200 perak :big_biglaugh:

terimakasih mbah semuanya
mbah marmut nih suhu nya begini begini

bisa bikin licin jd gigit lagi :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27344
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by DOHC »

adiputra4 wrote: Thu Aug 22, 2024 23:15
DOHC wrote: Thu Aug 22, 2024 22:51
marmut wrote: Thu Aug 22, 2024 17:24



sudah 3 unit saya nemu underfill 1 liter.
lah itu jaman awal reborn vrz kuar jg smuanya underfill sgitu mbah , giliran heboh kasus jedug, baru lebihin sikit ngisi nya

heran

pelit ama TAM ama atf
Om sampe sekarang jg kayanya masi underfill deh di 2gd :mky_01:

2gd FL ane kmrn juga ATF nya udh diukur keluar berapa masuk berapa.. eh pas check ATF pake metode yg bener kurang seliter :mky_01:

yg pre FL juga dulu sane sama ky gitu kurang seliter

kalo yg engeh dan bisa ngerasain sih, setelah diukur dan nambah ATF seliter tuh saat pindah dr N ke D kaya lbh mau nonjok jd harus injam rem lebih dalam

beda saat msh kurang seliter ga perlu injak rem dalam2 saat pindah N ke D

di kedua 2gd ane semuanya ky gitu jd cukup berasa bedanya :mky_01:
jgn kan di 2GD, di 1TR aj berasa mbah

cuman karena torsi 1TR imut2, jedug nya ga berasa, yg berasa itu perpindahan gigi nya, selip banget kaya kopling ud abis

gt diisi yg bener, enak bener jadi nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
albertsimm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Mon Jun 04, 2018 8:13
Location: Medan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by albertsimm »

darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:52
kenop wrote: Thu Aug 22, 2024 6:48
sy pake yarcross bensin (mesin sm transmisi kayaknya plek2an sm avanza), hampir ngga pernah sy kickdown kayak di matic konven
di S aja berasanya aneh, rpm naik tapi kayak kosong ngga ada tenaga (kayak selip gt), malah enakan gas di urut taro di D
oiya ini baru mau 10rb km, nanti pas servis kedua coba tanya ke beres dl, siapa tau bisa diapain kek gt, walopun kayaknya ngga bakal diapa2in sih :big_biglaugh:
paling jawaban template "normal pak, mobil lain juga seperti itu" :big_slap:
nah sama mbah

tp di peloz

bahlul bgt ni girbok, taudah grgr cvtf nya jelek apa gimana

jujur mau eco driving yg andelin coasting (gelinding) jadi susah krn pas ngeloss gitu tiba" engine brake

tar deh oe mau cek pas serpis 1000km

curiga klo ga cvtf badut, volumenya ga pas, bisa kurang bisa kelebihan factory fill nya
Saya user veloz udh ganti oli cvt di veloz saya pas pemakaian 2 tahun km 11 ribuan. Sejauh ini yang saya rasakan setelah ganti oli transmisinya engine brake pas lepas gas berkurang jauh dan pas sudah mau ngerem gejala yang ndut" an juga berkurang banyak meski sesekali ada tapi udh lebih mending dari sebelum ganti olinya. Ada 1 hal yang aneh.. saya pakai metode drain n fill itu oli yang keluar menurut SA nya 3 liter padahal saya baca-baca di grup facebook itu kebanyakan keluarnya 2 - 2,5 liter. Setelah ganti oli cvt suara siulan di kec rendah tetap terdengar tp transmisi menjadi lbh responsif dan tidak gagok saat di gas full yang mana dl ada seperti gagap atau delay saat mau gas full di tol.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5908
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

Markicob...

Untuk CVT T32 yg kasar + jeduk kalau gas diinjak dalam/kickdown.

Image Image
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1760
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

albertsimm wrote: Fri Aug 23, 2024 7:20
darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:52
kenop wrote: Thu Aug 22, 2024 6:48
sy pake yarcross bensin (mesin sm transmisi kayaknya plek2an sm avanza), hampir ngga pernah sy kickdown kayak di matic konven
di S aja berasanya aneh, rpm naik tapi kayak kosong ngga ada tenaga (kayak selip gt), malah enakan gas di urut taro di D
oiya ini baru mau 10rb km, nanti pas servis kedua coba tanya ke beres dl, siapa tau bisa diapain kek gt, walopun kayaknya ngga bakal diapa2in sih :big_biglaugh:
paling jawaban template "normal pak, mobil lain juga seperti itu" :big_slap:
nah sama mbah

tp di peloz

bahlul bgt ni girbok, taudah grgr cvtf nya jelek apa gimana

jujur mau eco driving yg andelin coasting (gelinding) jadi susah krn pas ngeloss gitu tiba" engine brake

tar deh oe mau cek pas serpis 1000km

curiga klo ga cvtf badut, volumenya ga pas, bisa kurang bisa kelebihan factory fill nya
Saya user veloz udh ganti oli cvt di veloz saya pas pemakaian 2 tahun km 11 ribuan. Sejauh ini yang saya rasakan setelah ganti oli transmisinya engine brake pas lepas gas berkurang jauh dan pas sudah mau ngerem gejala yang ndut" an juga berkurang banyak meski sesekali ada tapi udh lebih mending dari sebelum ganti olinya. Ada 1 hal yang aneh.. saya pakai metode drain n fill itu oli yang keluar menurut SA nya 3 liter padahal saya baca-baca di grup facebook itu kebanyakan keluarnya 2 - 2,5 liter. Setelah ganti oli cvt suara siulan di kec rendah tetap terdengar tp transmisi menjadi lbh responsif dan tidak gagok saat di gas full yang mana dl ada seperti gagap atau delay saat mau gas full di tol.
ganti oli-nya pake merk apa om?
1 pertanyaan lg...misal nanjak panjang di parkiran mall ya..posisi di D
itu matic bingung ga masuk gigi mana...
minggu lalu unit saya nanjak panjang di parkiran mall...spt bingung...awalnya bener masuk gigi rendah...abis itu kayak pindah gigi tinggi..ga kuat balik lg ke rendah...naik lagi ke gigi tinggi...berulang
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11994
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

MSU wrote: Fri Aug 23, 2024 7:46
albertsimm wrote: Fri Aug 23, 2024 7:20
darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:52
nah sama mbah

tp di peloz

bahlul bgt ni girbok, taudah grgr cvtf nya jelek apa gimana

jujur mau eco driving yg andelin coasting (gelinding) jadi susah krn pas ngeloss gitu tiba" engine brake

tar deh oe mau cek pas serpis 1000km

curiga klo ga cvtf badut, volumenya ga pas, bisa kurang bisa kelebihan factory fill nya
Saya user veloz udh ganti oli cvt di veloz saya pas pemakaian 2 tahun km 11 ribuan. Sejauh ini yang saya rasakan setelah ganti oli transmisinya engine brake pas lepas gas berkurang jauh dan pas sudah mau ngerem gejala yang ndut" an juga berkurang banyak meski sesekali ada tapi udh lebih mending dari sebelum ganti olinya. Ada 1 hal yang aneh.. saya pakai metode drain n fill itu oli yang keluar menurut SA nya 3 liter padahal saya baca-baca di grup facebook itu kebanyakan keluarnya 2 - 2,5 liter. Setelah ganti oli cvt suara siulan di kec rendah tetap terdengar tp transmisi menjadi lbh responsif dan tidak gagok saat di gas full yang mana dl ada seperti gagap atau delay saat mau gas full di tol.
ganti oli-nya pake merk apa om?
1 pertanyaan lg...misal nanjak panjang di parkiran mall ya..posisi di D
itu matic bingung ga masuk gigi mana...
minggu lalu unit saya nanjak panjang di parkiran mall...spt bingung...awalnya bener masuk gigi rendah...abis itu kayak pindah gigi tinggi..ga kuat balik lg ke rendah...naik lagi ke gigi tinggi...berulang
Cvt ?
Pindah gigi? .. :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1644
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by pengendiesel »

darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:48 mbah mau nanya dongs

dirumah ada veloz DNGA, nih mobil knp aneh ya karakter cvtnya

ndut"an gitu, locking clutch nya engage/ngak suka", kadang gigit kadang engga

ditoel selip, coasting malah engine brake, suka" mobilnya lah

mobilnya jadi ga predictable rasanya

kira" ada kasus yg sama juga? problemnya? dan rencana serpis 1000km mau lapor sehh

odo 200 perak :big_biglaugh:

terimakasih mbah semuanya
Sempat rental avanza g di bali, cvt.
Nginapnya di daerah gunung. Otomatis pake mode s buat nanjak sama engine brake waktu turun.
Waktu nanjak sih enak, dia berasa punchy, cepat lock up. Ditambah bobot ringan. Jadi enak dibuat nanjak. Mungkin ini mobil bensin 1500cc cvt terenak buat nanjak yg pernah saya coba.

Masalahnya waktu turun. Cvtnya betul2 unpredictable. Kadang ngeloss, kadang gigit dengan sangat kuat. Dan sampe selesai rental, masih blom ketemu polanya seperti apa, semau2nya dia.
Pernah pas turunan curam agak kenceng, mobil di depan berhenti mendadak. Downshiftlah ke s1, asem, pas dia maunya ngeloss. Untung masih bisa berhenti.

Jadi yaaaaa....siap2 dapet jawaban : itu normal pak :big_weee:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1760
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

Suryaputra wrote: Fri Aug 23, 2024 11:36
MSU wrote: Fri Aug 23, 2024 7:46
albertsimm wrote: Fri Aug 23, 2024 7:20
Saya user veloz udh ganti oli cvt di veloz saya pas pemakaian 2 tahun km 11 ribuan. Sejauh ini yang saya rasakan setelah ganti oli transmisinya engine brake pas lepas gas berkurang jauh dan pas sudah mau ngerem gejala yang ndut" an juga berkurang banyak meski sesekali ada tapi udh lebih mending dari sebelum ganti olinya. Ada 1 hal yang aneh.. saya pakai metode drain n fill itu oli yang keluar menurut SA nya 3 liter padahal saya baca-baca di grup facebook itu kebanyakan keluarnya 2 - 2,5 liter. Setelah ganti oli cvt suara siulan di kec rendah tetap terdengar tp transmisi menjadi lbh responsif dan tidak gagok saat di gas full yang mana dl ada seperti gagap atau delay saat mau gas full di tol.
ganti oli-nya pake merk apa om?
1 pertanyaan lg...misal nanjak panjang di parkiran mall ya..posisi di D
itu matic bingung ga masuk gigi mana...
minggu lalu unit saya nanjak panjang di parkiran mall...spt bingung...awalnya bener masuk gigi rendah...abis itu kayak pindah gigi tinggi..ga kuat balik lg ke rendah...naik lagi ke gigi tinggi...berulang
Cvt ?
Pindah gigi? .. :ungg:
Wkwk...susah jelasinnya om...test drive aja
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 601
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by whitehorse4 »

ada saran oli matic untuk cx-5 2.5 2014 om?
dan untuk km 88k baiknya ganti biasa atau flushing ya
terima kasih
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Fri Aug 23, 2024 11:36 Cvt ?
Pindah gigi? .. :ungg:
beneran pindah kok :big_biglaugh:
karena CVT DNGA kan ada geared AT buat bantu cruising = D-CVT, Dual Mode CVT.
kalau TNGA kan keren tuh pake namanya launch gear, geared AT buat start awal, tar pindah ke CVT = Direct Shift CVT.
nah ini kebaliknya.

yang jadi masalah proses bolak baliknya ini bloon, makanya banyak yang komplain terutama awam.
paling berasa kecepatan 20-30 kph itu ngeden2 sendiri, hunting gear, padahal kan CVT. nah hunting gear ini proses pindah bolak balik CVT ke geared AT-nya.
nah kalau awam pasti berasanya mesin yg ndut2an kaya kelewat napsu fuel cut off, tapi kalau diperhatikan bukan karena hanya terjadi di kombinasi kecepatan, putaran mesin, pedal gas, engine load tertentu.

penyebabnya apa ga jelas, saya pribadi sudah light tuning sana sini, lumayan banget berkurang 90% lah dari sejak baru, tinggal ganti CVT Fluid saja yang belum dicobain, mungkin tahun depan pas garansi habis, biar ga repot lagi dengan SOP Beres yang njelimet = maunya ngabur saja.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2314
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

kunaskun wrote: Fri Aug 23, 2024 14:05
Suryaputra wrote: Fri Aug 23, 2024 11:36 Cvt ?
Pindah gigi? .. :ungg:
beneran pindah kok :big_biglaugh:
karena CVT DNGA kan ada geared AT buat bantu cruising = D-CVT, Dual Mode CVT.
kalau TNGA kan keren tuh pake namanya launch gear, geared AT buat start awal, tar pindah ke CVT = Direct Shift CVT.
nah ini kebaliknya.

yang jadi masalah proses bolak baliknya ini bloon, makanya banyak yang komplain terutama awam.
paling berasa kecepatan 20-30 kph itu ngeden2 sendiri, hunting gear, padahal kan CVT. nah hunting gear ini proses pindah bolak balik CVT ke geared AT-nya.
nah kalau awam pasti berasanya mesin yg ndut2an kaya kelewat napsu fuel cut off, tapi kalau diperhatikan bukan karena hanya terjadi di kombinasi kecepatan, putaran mesin, pedal gas, engine load tertentu.

penyebabnya apa ga jelas, saya pribadi sudah light tuning sana sini, lumayan banget berkurang 90% lah dari sejak baru, tinggal ganti CVT Fluid saja yang belum dicobain, mungkin tahun depan pas garansi habis, biar ga repot lagi dengan SOP Beres yang njelimet = maunya ngabur saja.
Light tuning di apain tuh om
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Greenhunter »

sintoni wrote: Fri Aug 23, 2024 7:45 Markicob...

Untuk CVT T32 yg kasar + jeduk kalau gas diinjak dalam/kickdown.

Image [url=https://ibb.co.com/BNgWK9v]
Mobilnya sdh sembuh bang ? Setelah pakai ini ? Yang GC Max kurang ya ?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5908
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sintoni »

Greenhunter wrote: Fri Aug 23, 2024 23:23
sintoni wrote: Fri Aug 23, 2024 7:45 Markicob...

Untuk CVT T32 yg kasar + jeduk kalau gas diinjak dalam/kickdown.

Image [url=https://ibb.co.com/BNgWK9v]
Mobilnya sdh sembuh bang ? Setelah pakai ini ? Yang GC Max kurang ya ?
Belom sembuh tapi emang agak baik om.

Berharap pake ini dengan harga 4x lipat bisa lebih mantep lg.

Haha.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Greenhunter »

sintoni wrote: Sat Aug 24, 2024 0:56
Greenhunter wrote: Fri Aug 23, 2024 23:23
sintoni wrote: Fri Aug 23, 2024 7:45 Markicob...

Untuk CVT T32 yg kasar + jeduk kalau gas diinjak dalam/kickdown.

Image [url=https://ibb.co.com/BNgWK9v]
Mobilnya sdh sembuh bang ? Setelah pakai ini ? Yang GC Max kurang ya ?
Belom sembuh tapi emang agak baik om.
Berharap pake ini dengan harga 4x lipat bisa lebih mantep lg.

Haha.
mantap bang, keep on fire.
semoga beneran beres.
albertsimm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Mon Jun 04, 2018 8:13
Location: Medan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by albertsimm »

MSU wrote: Fri Aug 23, 2024 7:46
albertsimm wrote: Fri Aug 23, 2024 7:20
darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:52
nah sama mbah

tp di peloz

bahlul bgt ni girbok, taudah grgr cvtf nya jelek apa gimana

jujur mau eco driving yg andelin coasting (gelinding) jadi susah krn pas ngeloss gitu tiba" engine brake

tar deh oe mau cek pas serpis 1000km

curiga klo ga cvtf badut, volumenya ga pas, bisa kurang bisa kelebihan factory fill nya
Saya user veloz udh ganti oli cvt di veloz saya pas pemakaian 2 tahun km 11 ribuan. Sejauh ini yang saya rasakan setelah ganti oli transmisinya engine brake pas lepas gas berkurang jauh dan pas sudah mau ngerem gejala yang ndut" an juga berkurang banyak meski sesekali ada tapi udh lebih mending dari sebelum ganti olinya. Ada 1 hal yang aneh.. saya pakai metode drain n fill itu oli yang keluar menurut SA nya 3 liter padahal saya baca-baca di grup facebook itu kebanyakan keluarnya 2 - 2,5 liter. Setelah ganti oli cvt suara siulan di kec rendah tetap terdengar tp transmisi menjadi lbh responsif dan tidak gagok saat di gas full yang mana dl ada seperti gagap atau delay saat mau gas full di tol.
ganti oli-nya pake merk apa om?
1 pertanyaan lg...misal nanjak panjang di parkiran mall ya..posisi di D
itu matic bingung ga masuk gigi mana...
minggu lalu unit saya nanjak panjang di parkiran mall...spt bingung...awalnya bener masuk gigi rendah...abis itu kayak pindah gigi tinggi..ga kuat balik lg ke rendah...naik lagi ke gigi tinggi...berulang
Ganti pakai oli cvt ori toyota om.. CVT-FE
Iya betul om kl nanjak pakai gigi D awalnya dia pakai gigi 1 kemudian kalau di gas pol dia langsung turun RPMnya seperti pindah gigi... akalinya hrs gas dalam lagi biar rpmnya tinggi lagi. Kalau tanjakan panjang saran saya pakai mode manual gigi 1 itu pun dia ada gejala yang sama nanti kita gas smp rpm 4000 dia bisa drop rpmnya jadi rpm sudah drop harus cepat" gas pol lg biar g kehilangan momentum.... di gigi D lebih parah sewaktu rpmnya turun (spt pindah gigi) lgs hilang tenaganya.
albertsimm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Mon Jun 04, 2018 8:13
Location: Medan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by albertsimm »

pengendiesel wrote: Fri Aug 23, 2024 12:49
darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:48 mbah mau nanya dongs

dirumah ada veloz DNGA, nih mobil knp aneh ya karakter cvtnya

ndut"an gitu, locking clutch nya engage/ngak suka", kadang gigit kadang engga

ditoel selip, coasting malah engine brake, suka" mobilnya lah

mobilnya jadi ga predictable rasanya

kira" ada kasus yg sama juga? problemnya? dan rencana serpis 1000km mau lapor sehh

odo 200 perak :big_biglaugh:

terimakasih mbah semuanya
Sempat rental avanza g di bali, cvt.
Nginapnya di daerah gunung. Otomatis pake mode s buat nanjak sama engine brake waktu turun.
Waktu nanjak sih enak, dia berasa punchy, cepat lock up. Ditambah bobot ringan. Jadi enak dibuat nanjak. Mungkin ini mobil bensin 1500cc cvt terenak buat nanjak yg pernah saya coba.

Masalahnya waktu turun. Cvtnya betul2 unpredictable. Kadang ngeloss, kadang gigit dengan sangat kuat. Dan sampe selesai rental, masih blom ketemu polanya seperti apa, semau2nya dia.
Pernah pas turunan curam agak kenceng, mobil di depan berhenti mendadak. Downshiftlah ke s1, asem, pas dia maunya ngeloss. Untung masih bisa berhenti.

Jadi yaaaaa....siap2 dapet jawaban : itu normal pak :big_weee:
Iya betul om. Transmisinya g bisa diprediksi... suka-suka dia saja mau ngelos atau gigitnya. Jadinya susah utk halus bawanya... karena tiap bawa itu beda-beda karakternya kadang halus kadang kasar kadang ndut-ndutan.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11994
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

albertsimm wrote: Sat Aug 24, 2024 3:11
pengendiesel wrote: Fri Aug 23, 2024 12:49
darrelund wrote: Thu Aug 22, 2024 15:48 mbah mau nanya dongs

dirumah ada veloz DNGA, nih mobil knp aneh ya karakter cvtnya

ndut"an gitu, locking clutch nya engage/ngak suka", kadang gigit kadang engga

ditoel selip, coasting malah engine brake, suka" mobilnya lah

mobilnya jadi ga predictable rasanya

kira" ada kasus yg sama juga? problemnya? dan rencana serpis 1000km mau lapor sehh

odo 200 perak :big_biglaugh:

terimakasih mbah semuanya
Sempat rental avanza g di bali, cvt.
Nginapnya di daerah gunung. Otomatis pake mode s buat nanjak sama engine brake waktu turun.
Waktu nanjak sih enak, dia berasa punchy, cepat lock up. Ditambah bobot ringan. Jadi enak dibuat nanjak. Mungkin ini mobil bensin 1500cc cvt terenak buat nanjak yg pernah saya coba.

Masalahnya waktu turun. Cvtnya betul2 unpredictable. Kadang ngeloss, kadang gigit dengan sangat kuat. Dan sampe selesai rental, masih blom ketemu polanya seperti apa, semau2nya dia.
Pernah pas turunan curam agak kenceng, mobil di depan berhenti mendadak. Downshiftlah ke s1, asem, pas dia maunya ngeloss. Untung masih bisa berhenti.

Jadi yaaaaa....siap2 dapet jawaban : itu normal pak :big_weee:
Iya betul om. Transmisinya g bisa diprediksi... suka-suka dia saja mau ngelos atau gigitnya. Jadinya susah utk halus bawanya... karena tiap bawa itu beda-beda karakternya kadang halus kadang kasar kadang ndut-ndutan.
Cb cek level fluidnya.
Takutnua kurang atau overfill.
Drain and refill aja.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri