Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mbil tua om..bmw e36 thn 96
bbm seringnya pertalite kadang isi shell turbo pas jalan via jagorawi,.. mainly dalkot bogor aja
km 3000an tp pemakaian 7bulan..oli bardahl s5 10w40
Iron, Al dan Cu wear nya agak tinggi untuk jarak dan durasi pakai spt itu, tapi wajar untuk umur mobil segitu.
- Dr dalam ujung knalpot ada bekas oli kering / gosong kebakar?
- Penguapan oli gmn?
- Ada suara kletek kletek atau tek tek tek dr head cover mesin?
Dgn kondisi spt itu, umur pakai olinya jgn lbh dr 3-4rb km aja
Udah pas OCI di 3-4rb km.
mobil sangat jarang dipakai...3000km di rentang waktu 7bln an.....
kayanya di ujungknalpot gak ada bekas oli om
oli ga nguap sama skali..level masih sama sampe terakhir sblom oli dibuang..
gak ada suara aneh2 di engine bay om..paling suara pulley/fan belt
apakah aman 3rb km tp di rentang waktu, lets say 10bln?
Ok sip klo gtu
OCI nya cukup 3-4rb km pk oli tsb.
Atau 6-7 bulan, krn terlalu lama juga oksidasi udah masuk mesin.
Visco drop @100C udah masuk area w30 itu.
Idealnya stay di kekentalan w40 untuk jarak tsb
Emg perlendiran gini gak bs pk feeling.
Test lab gini proven, oli tsb di mesin tsb, layak dipakai brp jauh?
Klo gak test lab, dan ragu, cukup pakai aturan umum, masa pakai oli disesuaikan kelas harga oli tsb.
Harga oli gak sebanding dengan risk yg dipertaruhkan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Iron, Al dan Cu wear nya agak tinggi untuk jarak dan durasi pakai spt itu, tapi wajar untuk umur mobil segitu.
- Dr dalam ujung knalpot ada bekas oli kering / gosong kebakar?
- Penguapan oli gmn?
- Ada suara kletek kletek atau tek tek tek dr head cover mesin?
Dgn kondisi spt itu, umur pakai olinya jgn lbh dr 3-4rb km aja
Udah pas OCI di 3-4rb km.
mobil sangat jarang dipakai...3000km di rentang waktu 7bln an.....
kayanya di ujungknalpot gak ada bekas oli om
oli ga nguap sama skali..level masih sama sampe terakhir sblom oli dibuang..
gak ada suara aneh2 di engine bay om..paling suara pulley/fan belt
apakah aman 3rb km tp di rentang waktu, lets say 10bln?
Ok sip klo gtu
OCI nya cukup 3-4rb km pk oli tsb.
Atau 6-7 bulan, krn terlalu lama juga oksidasi udah masuk mesin.
Visco drop @100C udah masuk area w30 itu.
Idealnya stay di kekentalan w40 untuk jarak tsb
Emg perlendiran gini gak bs pk feeling.
Test lab gini proven, oli tsb di mesin tsb, layak dipakai brp jauh?
Klo gak test lab, dan ragu, cukup pakai aturan umum, masa pakai oli disesuaikan kelas harga oli tsb.
Harga oli gak sebanding dengan risk yg dipertaruhkan
kl untuk rentang waktu yg lebih lama misalnya 10bln gitu ada rekomen mbah? apa valvoline, ptt, adnoc, fuchs, total yg harganya skitar 70-80 an ada yang rekomen?
mobil sangat jarang dipakai...3000km di rentang waktu 7bln an.....
kayanya di ujungknalpot gak ada bekas oli om
oli ga nguap sama skali..level masih sama sampe terakhir sblom oli dibuang..
gak ada suara aneh2 di engine bay om..paling suara pulley/fan belt
apakah aman 3rb km tp di rentang waktu, lets say 10bln?
Ok sip klo gtu
OCI nya cukup 3-4rb km pk oli tsb.
Atau 6-7 bulan, krn terlalu lama juga oksidasi udah masuk mesin.
Visco drop @100C udah masuk area w30 itu.
Idealnya stay di kekentalan w40 untuk jarak tsb
Emg perlendiran gini gak bs pk feeling.
Test lab gini proven, oli tsb di mesin tsb, layak dipakai brp jauh?
Klo gak test lab, dan ragu, cukup pakai aturan umum, masa pakai oli disesuaikan kelas harga oli tsb.
Harga oli gak sebanding dengan risk yg dipertaruhkan
kl untuk rentang waktu yg lebih lama misalnya 10bln gitu ada rekomen mbah? apa valvoline, ptt, adnoc, fuchs, total yg harganya skitar 70-80 an ada yang rekomen?
mbil tua om..bmw e36 thn 96
bbm seringnya pertalite kadang isi shell turbo pas jalan via jagorawi,.. mainly dalkot bogor aja
km 3000an tp pemakaian 7bulan..oli bardahl s5 10w40
Kondisi wear menurut saya masih cukup ok, aman lah. Biasanya 2ppm per 1000km masih ok.
TBN retentionnya agak buruk tapi untuk oci dibawah 5000 km ok lah (barunya 7 sesuai pds)
Yang agak memprihatinkan V100nya udah ngedrop, telah terjadi shearing. Mungkin base oil yang tidak terlalu bagus, mengandalkan additif. 14.83 turun jadi 12.51 padahal cuma 3000km. Kemungkinan wear akan meningkat drastis kalau oci di perpanjang.
Note: kalo UOA sebaiknya 2-3 pergantian sebelum juga oli yang sama, kalo sebelumnya pakai oli beda yang lebih encer misalnya, hasilnya akan ke efek
IMG_20240830_132323.jpg
jadi karena V100 nya drop, apakah berarti oli ini kurang ok untuk dipakai dengan rentang waktu 7bln om? skarang ini lagi pake oli bardahl HVP C7 5w30 diesel oil (pake ini karena kebetulan ada stok, dan mobil diesel nya sdh dijual)..kira2 amannya dipakai brp bln max ya?
Paling penting sih tetep wear levelnya, dan untuk 3000 km 7 bulan sepertinya itu belum masalah. Kalo HVP C7 5w30 susah ngomong sih tanpa data yang pasti, tapi itu kan turun visko dari w40 ke w30, sebaiknya cek dipstick secara berkala.
arfs wrote: ↑Fri Aug 30, 2024 2:22
Beberapa kali order oli di salah satu toko marketplace yang proclaim "trusted store by forum SM".
Walau ngaku nya gak ada toko fisik, tapi karena order pakai instant jadi ketahuan titik lokasi ambilnya dimana.
Minggul lalu sempet coba datangi, dan wow amaze sama toko oli nya banyak koleksi oli nya bahkan sampai merk luar negeri yang jarang terdengar seperti Xado, dll (walau stok lama). Tapi sayangnya disana hanya jual oli saja tidak terima ganti oli.
arfs wrote: ↑Fri Aug 30, 2024 2:22
Beberapa kali order oli di salah satu toko marketplace yang proclaim "trusted store by forum SM".
Walau ngaku nya gak ada toko fisik, tapi karena order pakai instant jadi ketahuan titik lokasi ambilnya dimana.
Minggul lalu sempet coba datangi, dan wow amaze sama toko oli nya banyak koleksi oli nya bahkan sampai merk luar negeri yang jarang terdengar seperti Xado, dll (walau stok lama). Tapi sayangnya disana hanya jual oli saja tidak terima ganti oli.
initial A?
Iya.
Kalau inisial toko fisiknya A A L.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Ok sip klo gtu
OCI nya cukup 3-4rb km pk oli tsb.
Atau 6-7 bulan, krn terlalu lama juga oksidasi udah masuk mesin.
Visco drop @100C udah masuk area w30 itu.
Idealnya stay di kekentalan w40 untuk jarak tsb
Emg perlendiran gini gak bs pk feeling.
Test lab gini proven, oli tsb di mesin tsb, layak dipakai brp jauh?
Klo gak test lab, dan ragu, cukup pakai aturan umum, masa pakai oli disesuaikan kelas harga oli tsb.
Harga oli gak sebanding dengan risk yg dipertaruhkan
kl untuk rentang waktu yg lebih lama misalnya 10bln gitu ada rekomen mbah? apa valvoline, ptt, adnoc, fuchs, total yg harganya skitar 70-80 an ada yang rekomen?
robust performance level nya
ACEA A3/B4
MB 229.1
VW 501 01 / VW 505 00
tapi tetap kontrol penguapan
dan (disclemer) resiko ditanggung pembeli
spertinya menarik yg adnoc harganya masih dibawah 100k....bisa x ya dipake 10bln mbah? biasa sminggu skali sih cek dipstik...dan yang bardahl S5 kmaren gak berkurang dari garis max....
Kondisi wear menurut saya masih cukup ok, aman lah. Biasanya 2ppm per 1000km masih ok.
TBN retentionnya agak buruk tapi untuk oci dibawah 5000 km ok lah (barunya 7 sesuai pds)
Yang agak memprihatinkan V100nya udah ngedrop, telah terjadi shearing. Mungkin base oil yang tidak terlalu bagus, mengandalkan additif. 14.83 turun jadi 12.51 padahal cuma 3000km. Kemungkinan wear akan meningkat drastis kalau oci di perpanjang.
Note: kalo UOA sebaiknya 2-3 pergantian sebelum juga oli yang sama, kalo sebelumnya pakai oli beda yang lebih encer misalnya, hasilnya akan ke efek
IMG_20240830_132323.jpg
jadi karena V100 nya drop, apakah berarti oli ini kurang ok untuk dipakai dengan rentang waktu 7bln om? skarang ini lagi pake oli bardahl HVP C7 5w30 diesel oil (pake ini karena kebetulan ada stok, dan mobil diesel nya sdh dijual)..kira2 amannya dipakai brp bln max ya?
Paling penting sih tetep wear levelnya, dan untuk 3000 km 7 bulan sepertinya itu belum masalah. Kalo HVP C7 5w30 susah ngomong sih tanpa data yang pasti, tapi itu kan turun visko dari w40 ke w30, sebaiknya cek dipstick secara berkala.
wear level itu diliat dari parameter mana aja mbah? oh yg S5 10w40 itu visko nya (12.51) turun ke w30 ya?
cek dipstik untuk liat berkurang atau gak ? untuk penguapan?
kl untuk rentang waktu yg lebih lama misalnya 10bln gitu ada rekomen mbah? apa valvoline, ptt, adnoc, fuchs, total yg harganya skitar 70-80 an ada yang rekomen?
robust performance level nya
ACEA A3/B4
MB 229.1
VW 501 01 / VW 505 00
tapi tetap kontrol penguapan
dan (disclemer) resiko ditanggung pembeli
spertinya menarik yg adnoc harganya masih dibawah 100k....bisa x ya dipake 10bln mbah? biasa sminggu skali sih cek dipstik...dan yang bardahl S5 kmaren gak berkurang dari garis max....
Untuk kondisi mesin e36 tsb,
Sebaiknya 5rb km aja udh cukup.
Durasi 10 bln ok lah.
At least udh mendekati 2x jarak ketika pakai oli bardahl tsb.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
jadi karena V100 nya drop, apakah berarti oli ini kurang ok untuk dipakai dengan rentang waktu 7bln om? skarang ini lagi pake oli bardahl HVP C7 5w30 diesel oil (pake ini karena kebetulan ada stok, dan mobil diesel nya sdh dijual)..kira2 amannya dipakai brp bln max ya?
Paling penting sih tetep wear levelnya, dan untuk 3000 km 7 bulan sepertinya itu belum masalah. Kalo HVP C7 5w30 susah ngomong sih tanpa data yang pasti, tapi itu kan turun visko dari w40 ke w30, sebaiknya cek dipstick secara berkala.
wear level itu diliat dari parameter mana aja mbah? oh yg S5 10w40 itu visko nya (12.51) turun ke w30 ya?
cek dipstik untuk liat berkurang atau gak ? untuk penguapan?
Wear itu IRON , Aluminium, Copper , Lead yang biasa diliat.
Bener itu visko udah ngedrop, istilahnya shearing (chain molekul oli udah rusak, jadi gak bisa mempertahankan property awalnya)
Iya cek dipstick untuk liat kurangnya brapa banyak
robust performance level nya
ACEA A3/B4
MB 229.1
VW 501 01 / VW 505 00
tapi tetap kontrol penguapan
dan (disclemer) resiko ditanggung pembeli
spertinya menarik yg adnoc harganya masih dibawah 100k....bisa x ya dipake 10bln mbah? biasa sminggu skali sih cek dipstik...dan yang bardahl S5 kmaren gak berkurang dari garis max....
Untuk kondisi mesin e36 tsb,
Sebaiknya 5rb km aja udh cukup.
Durasi 10 bln ok lah.
At least udh mendekati 2x jarak ketika pakai oli bardahl tsb.
Liberator wrote: ↑Sat Aug 31, 2024 7:25
Suhu2 lagi pengen nyobain oli lain nih buat 2KD VNT, km 130 rban..
Biasa pake AMS 5w30/5w40
Pengen cobain yang motul TRD 5w40 ato ada saran lain om2?
Sekalian mau ganti oli transmisi udah jalan 20.000 ( terakhir flushing pake aisin ) kalo di ganti biasa pake PTT Automat gpp ga ya?
Thank youu
5W40 diesel kalo ga PTT atau CTX sih yg udah teruji dan ga mahal2 bgt.
Hanson10299 wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 20:53
Misi om2kuh
Mau tanya oli enjin yang cocok buat camry xv40 2008 2AZ kira2 apayah usage 3-4x per minggu lukot 2-3 bulan skali , banyak banget pilihan oli ampe bingung wkwk pengen yang enteng aja si kmrn pake shell x astra 5 w 30 kaya kurang endul tarikanya
Btw , oli diesel katanya bisa bersihin enjin apa betul om , soalnya baru dpt boil ini 1 tahunan lalu , ga ada sludge sih tp ya udh tua siapa tau bs bersih
Sekian suhu2 tks
Udah bener itu pakai 5W30, tinggal coba aja yg oli harga diatas itu, banyak bgt pilihanya.
Oli bensin pun bisa sebenernya, cari aja yang ada cap ACEA A5/B5 atau dexos, biasanya detergent nya bagus, soalnya bisa buat mesin diesel/turbo juga.
Rencana pake fastron gold 5w30 buat nextnya , bebersih pake PTT dynamic common rail oke gak ya
Hanson10299 wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 20:53
Misi om2kuh
Mau tanya oli enjin yang cocok buat camry xv40 2008 2AZ kira2 apayah usage 3-4x per minggu lukot 2-3 bulan skali , banyak banget pilihan oli ampe bingung wkwk pengen yang enteng aja si kmrn pake shell x astra 5 w 30 kaya kurang endul tarikanya
Btw , oli diesel katanya bisa bersihin enjin apa betul om , soalnya baru dpt boil ini 1 tahunan lalu , ga ada sludge sih tp ya udh tua siapa tau bs bersih
Sekian suhu2 tks
Not every 5w-30 created equal
Shell Astra 5w-30 mo sampe kapanpun akan kurang endul tarikannya di mesin sekelas XV40,
itulah gunanya liat PDS (Performance Data Sheet) seperti yang sering digaungkan sepuh sini supaya ada gambaran awal
pake yg bagusan dikit macem Total 9000, Repsol GXR Platinum, Adnoc Voyager Silver 10w-30 atau yg dulunya jadi favorit warga sini PTT
haha iya hu soalnya waktu itu diluar kota , jadi ganti di snd , makanya ini baru 5k mau ganti keknya hehe , PTT yang mana ya hu , adnoc pengen coba sih , barusan cek2 mp oke juga keknya
Hanson10299 wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 20:53
Misi om2kuh
Mau tanya oli enjin yang cocok buat camry xv40 2008 2AZ kira2 apayah usage 3-4x per minggu lukot 2-3 bulan skali , banyak banget pilihan oli ampe bingung wkwk pengen yang enteng aja si kmrn pake shell x astra 5 w 30 kaya kurang endul tarikanya
Btw , oli diesel katanya bisa bersihin enjin apa betul om , soalnya baru dpt boil ini 1 tahunan lalu , ga ada sludge sih tp ya udh tua siapa tau bs bersih
Sekian suhu2 tks
oli diesel ada 2, HDEO sama PCMO
kalo mau bener2 bersih, pake yg HDEO
buat 2AZ kalo mau bebersih bisa pake bardahl c7 5w30 / ptt 10w30 crdi
bardhal c7 yang botol item ya hu , btw kalo pake C7 / oli diesel itu pake brp lama hu , 5k kah atau boleh lebih rendah , crdi mksdnya common rail diesel kan ya , fastron gold cukup oke juga ya keknya mungkin next abis bebersih pake deh hehe thankyou hu
Hanson10299 wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 20:53
Misi om2kuh
Mau tanya oli enjin yang cocok buat camry xv40 2008 2AZ kira2 apayah usage 3-4x per minggu lukot 2-3 bulan skali , banyak banget pilihan oli ampe bingung wkwk pengen yang enteng aja si kmrn pake shell x astra 5 w 30 kaya kurang endul tarikanya
Btw , oli diesel katanya bisa bersihin enjin apa betul om , soalnya baru dpt boil ini 1 tahunan lalu , ga ada sludge sih tp ya udh tua siapa tau bs bersih
Sekian suhu2 tks
Udah bener itu pakai 5W30, tinggal coba aja yg oli harga diatas itu, banyak bgt pilihanya.
Oli bensin pun bisa sebenernya, cari aja yang ada cap ACEA A5/B5 atau dexos, biasanya detergent nya bagus, soalnya bisa buat mesin diesel/turbo juga.
Rencana pake fastron gold 5w30 buat nextnya , bebersih pake PTT dynamic common rail oke gak ya
Hanson10299 wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 20:53
Misi om2kuh
Mau tanya oli enjin yang cocok buat camry xv40 2008 2AZ kira2 apayah usage 3-4x per minggu lukot 2-3 bulan skali , banyak banget pilihan oli ampe bingung wkwk pengen yang enteng aja si kmrn pake shell x astra 5 w 30 kaya kurang endul tarikanya
Btw , oli diesel katanya bisa bersihin enjin apa betul om , soalnya baru dpt boil ini 1 tahunan lalu , ga ada sludge sih tp ya udh tua siapa tau bs bersih
Sekian suhu2 tks
Not every 5w-30 created equal
Shell Astra 5w-30 mo sampe kapanpun akan kurang endul tarikannya di mesin sekelas XV40,
itulah gunanya liat PDS (Performance Data Sheet) seperti yang sering digaungkan sepuh sini supaya ada gambaran awal
pake yg bagusan dikit macem Total 9000, Repsol GXR Platinum, Adnoc Voyager Silver 10w-30 atau yg dulunya jadi favorit warga sini PTT
haha iya hu soalnya waktu itu diluar kota , jadi ganti di snd , makanya ini baru 5k mau ganti keknya hehe , PTT yang mana ya hu , adnoc pengen coba sih , barusan cek2 mp oke juga keknya
Hanson10299 wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 20:53
Misi om2kuh
Mau tanya oli enjin yang cocok buat camry xv40 2008 2AZ kira2 apayah usage 3-4x per minggu lukot 2-3 bulan skali , banyak banget pilihan oli ampe bingung wkwk pengen yang enteng aja si kmrn pake shell x astra 5 w 30 kaya kurang endul tarikanya
Btw , oli diesel katanya bisa bersihin enjin apa betul om , soalnya baru dpt boil ini 1 tahunan lalu , ga ada sludge sih tp ya udh tua siapa tau bs bersih
Sekian suhu2 tks
oli diesel ada 2, HDEO sama PCMO
kalo mau bener2 bersih, pake yg HDEO
buat 2AZ kalo mau bebersih bisa pake bardahl c7 5w30 / ptt 10w30 crdi
bardhal c7 yang botol item ya hu , btw kalo pake C7 / oli diesel itu pake brp lama hu , 5k kah atau boleh lebih rendah , crdi mksdnya common rail diesel kan ya , fastron gold cukup oke juga ya keknya mungkin next abis bebersih pake deh hehe thankyou hu
Fastron Gold kan comply ke Dexos2, BMW LL-04, MB 229.51, Acea C3.
Deterjen relatif tinggi, jd pakai aja sekalian lgs PFG, tapi OCI nya dipendekin jd 4-5rb km aja.. Selanjutnya bs max 7rb km / <1thn
untuk jaga tetap bersih dan mengingat umur mesin nya... daripada keluar duit 2x.
Tp sebelumnya pastikan kondisi cooling system dr hulu ke hilir ok yahh.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Hanson10299 wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 20:53
Misi om2kuh
Mau tanya oli enjin yang cocok buat camry xv40 2008 2AZ kira2 apayah usage 3-4x per minggu lukot 2-3 bulan skali , banyak banget pilihan oli ampe bingung wkwk pengen yang enteng aja si kmrn pake shell x astra 5 w 30 kaya kurang endul tarikanya
Btw , oli diesel katanya bisa bersihin enjin apa betul om , soalnya baru dpt boil ini 1 tahunan lalu , ga ada sludge sih tp ya udh tua siapa tau bs bersih
Sekian suhu2 tks
Udah bener itu pakai 5W30, tinggal coba aja yg oli harga diatas itu, banyak bgt pilihanya.
Oli bensin pun bisa sebenernya, cari aja yang ada cap ACEA A5/B5 atau dexos, biasanya detergent nya bagus, soalnya bisa buat mesin diesel/turbo juga.
Rencana pake fastron gold 5w30 buat nextnya , bebersih pake PTT dynamic common rail oke gak ya
Hanson10299 wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 20:53
Misi om2kuh
Mau tanya oli enjin yang cocok buat camry xv40 2008 2AZ kira2 apayah usage 3-4x per minggu lukot 2-3 bulan skali , banyak banget pilihan oli ampe bingung wkwk pengen yang enteng aja si kmrn pake shell x astra 5 w 30 kaya kurang endul tarikanya
Btw , oli diesel katanya bisa bersihin enjin apa betul om , soalnya baru dpt boil ini 1 tahunan lalu , ga ada sludge sih tp ya udh tua siapa tau bs bersih
Sekian suhu2 tks
Not every 5w-30 created equal
Shell Astra 5w-30 mo sampe kapanpun akan kurang endul tarikannya di mesin sekelas XV40,
itulah gunanya liat PDS (Performance Data Sheet) seperti yang sering digaungkan sepuh sini supaya ada gambaran awal
pake yg bagusan dikit macem Total 9000, Repsol GXR Platinum, Adnoc Voyager Silver 10w-30 atau yg dulunya jadi favorit warga sini PTT
haha iya hu soalnya waktu itu diluar kota , jadi ganti di snd , makanya ini baru 5k mau ganti keknya hehe , PTT yang mana ya hu , adnoc pengen coba sih , barusan cek2 mp oke juga keknya
Hanson10299 wrote: ↑Tue Aug 27, 2024 20:53
Misi om2kuh
Mau tanya oli enjin yang cocok buat camry xv40 2008 2AZ kira2 apayah usage 3-4x per minggu lukot 2-3 bulan skali , banyak banget pilihan oli ampe bingung wkwk pengen yang enteng aja si kmrn pake shell x astra 5 w 30 kaya kurang endul tarikanya
Btw , oli diesel katanya bisa bersihin enjin apa betul om , soalnya baru dpt boil ini 1 tahunan lalu , ga ada sludge sih tp ya udh tua siapa tau bs bersih
Sekian suhu2 tks
oli diesel ada 2, HDEO sama PCMO
kalo mau bener2 bersih, pake yg HDEO
buat 2AZ kalo mau bebersih bisa pake bardahl c7 5w30 / ptt 10w30 crdi
bardhal c7 yang botol item ya hu , btw kalo pake C7 / oli diesel itu pake brp lama hu , 5k kah atau boleh lebih rendah , crdi mksdnya common rail diesel kan ya , fastron gold cukup oke juga ya keknya mungkin next abis bebersih pake deh hehe thankyou hu
Pengalaman pakai bardhal c7 di ayla.... kemaren saya pakai cuma 3 rb km / 1 bulan. Fèelnya... tarikan lumayan enteng... bg yg biasa pakai 0w20.... pakai 5w30
Sekarang pakai STP 0w20.... sekalian tune up
Ganti busi....iridium by AC delco
Filter oli by ac delco
Filter udara by aegis
Filter ac by sakura
Service rem sekalian kuras minyak rem.... dot 3 brand lokal
Ganti filter bensin.... krn semenjak beli di 129 rb km baru sekarang 263 rb km di ganti....
Sekarang pakai STP 0w20.... sekalian tune up
Ganti busi....iridium by AC delco
Filter oli by ac delco
Filter udara by aegis
Filter ac by sakura
Service rem sekalian kuras minyak rem.... dot 3 brand lokal
Ganti filter bensin.... krn semenjak beli di 129 rb km baru sekarang 263 rb km di ganti....
kata mat pinter kan odo 75rb udah tinggi musti pake 10w40.
nah, kalo 263rb berarti musti pake oli ini pak....
Screenshot_20240831_013304.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
daviddetailermart wrote: ↑Fri Aug 30, 2024 3:05
baru aja cek oli di trakindo...dan kluar hasilnya sbb:
ELEMENTS (ppm)
Cr Chromium 1
Pb Lead 2
Fe Iron 6
Cu Copper 7
Al Aluminum 4
Sn Tin 0
Ni Nickel 0
B Boron 8
K Potassium 1
Na Sodium 0
Si Silicon 7
Ca Calcium 965
P Phosphorus 533
Zn Zinc 707
Mg Magnesium 330
Mo Molybdenum 23
OIL CONDITION AND PHYSICAL/CHEMICAL TEST
29-Aug-24
OIL CONDITION (JOAP)
ST Soot 0
OXI Oxidation 10
NIT Nitration 9
SUL Sulfur Products 19
FUEL CONTAMINATION
F Fuel N
VISCOSITY AT 100°C (Centistokes)
V100 Viscosity at 100 C 12.51
TOTAL BASE NUMBER (mg KOH/ g)
TBN Total Base Numbe 4.0
WATER CONTAMINATION
W Water N
PARTICLE QUANTIFIER INDEX
PQI PQ Index 0
kira2 ada yang bisa terjemahin gak ya?
Oli bardhal 10w40 ya om? Berarti semi synt, ini lah beda nya full sama semi synt, tbn udah lumayan kritikal, oli semi synt bensin emang gak bisa d push jauh. Max pake 5000 km/ 6-7 bulan aja.
Tapi buat anti wear nya, lumayan ok.
Buat calcium and phosphorus nya typical oli bensin kelas semi synt, secukup nya aja.
Buat harga yg mirip2 ane rasa total 7000 10w40 lebih baik Dari bardhal ini, udah acea a3/b4.
daviddetailermart wrote: ↑Fri Aug 30, 2024 3:05
baru aja cek oli di trakindo...dan kluar hasilnya sbb:
ELEMENTS (ppm)
Cr Chromium 1
Pb Lead 2
Fe Iron 6
Cu Copper 7
Al Aluminum 4
Sn Tin 0
Ni Nickel 0
B Boron 8
K Potassium 1
Na Sodium 0
Si Silicon 7
Ca Calcium 965
P Phosphorus 533
Zn Zinc 707
Mg Magnesium 330
Mo Molybdenum 23
OIL CONDITION AND PHYSICAL/CHEMICAL TEST
29-Aug-24
OIL CONDITION (JOAP)
ST Soot 0
OXI Oxidation 10
NIT Nitration 9
SUL Sulfur Products 19
FUEL CONTAMINATION
F Fuel N
VISCOSITY AT 100°C (Centistokes)
V100 Viscosity at 100 C 12.51
TOTAL BASE NUMBER (mg KOH/ g)
TBN Total Base Numbe 4.0
WATER CONTAMINATION
W Water N
PARTICLE QUANTIFIER INDEX
PQI PQ Index 0
kira2 ada yang bisa terjemahin gak ya?
Oli bardhal 10w40 ya om? Berarti semi synt, ini lah beda nya full sama semi synt, tbn udah lumayan kritikal, oli semi synt bensin emang gak bisa d push jauh. Max pake 5000 km/ 6-7 bulan aja.
Tapi buat anti wear nya, lumayan ok.
Buat calcium and phosphorus nya typical oli bensin kelas semi synt, secukup nya aja.
Buat harga yg mirip2 ane rasa total 7000 10w40 lebih baik Dari bardhal ini, udah acea a3/b4.
iya om betul bardahl s5 10w40 semi synth....sy memang lg cari oli pahe yang bisa dipakai 10bln untuk mbl yang sangat jarang dipakai.....
total 7000 ini banyak acdc gak ya om? soalnya diliat di tokped bervariasi banget harganya
daviddetailermart wrote: ↑Fri Aug 30, 2024 3:05
baru aja cek oli di trakindo...dan kluar hasilnya sbb:
ELEMENTS (ppm)
Cr Chromium 1
Pb Lead 2
Fe Iron 6
Cu Copper 7
Al Aluminum 4
Sn Tin 0
Ni Nickel 0
B Boron 8
K Potassium 1
Na Sodium 0
Si Silicon 7
Ca Calcium 965
P Phosphorus 533
Zn Zinc 707
Mg Magnesium 330
Mo Molybdenum 23
OIL CONDITION AND PHYSICAL/CHEMICAL TEST
29-Aug-24
OIL CONDITION (JOAP)
ST Soot 0
OXI Oxidation 10
NIT Nitration 9
SUL Sulfur Products 19
FUEL CONTAMINATION
F Fuel N
VISCOSITY AT 100°C (Centistokes)
V100 Viscosity at 100 C 12.51
TOTAL BASE NUMBER (mg KOH/ g)
TBN Total Base Numbe 4.0
WATER CONTAMINATION
W Water N
PARTICLE QUANTIFIER INDEX
PQI PQ Index 0
kira2 ada yang bisa terjemahin gak ya?
Oli bardhal 10w40 ya om? Berarti semi synt, ini lah beda nya full sama semi synt, tbn udah lumayan kritikal, oli semi synt bensin emang gak bisa d push jauh. Max pake 5000 km/ 6-7 bulan aja.
Tapi buat anti wear nya, lumayan ok.
Buat calcium and phosphorus nya typical oli bensin kelas semi synt, secukup nya aja.
Buat harga yg mirip2 ane rasa total 7000 10w40 lebih baik Dari bardhal ini, udah acea a3/b4.
iya om betul bardahl s5 10w40 semi synth....sy memang lg cari oli pahe yang bisa dipakai 10bln untuk mbl yang sangat jarang dipakai.....
total 7000 ini banyak acdc gak ya om? soalnya diliat di tokped bervariasi banget harganya
Gak mau pake oli BMW LL-01 Approved?
Excel 5w40 , pake 12 bulan.
RezPrat wrote: ↑Mon Sep 02, 2024 16:22
Oli bardhal 10w40 ya om? Berarti semi synt, ini lah beda nya full sama semi synt, tbn udah lumayan kritikal, oli semi synt bensin emang gak bisa d push jauh. Max pake 5000 km/ 6-7 bulan aja.
Tapi buat anti wear nya, lumayan ok.
Buat calcium and phosphorus nya typical oli bensin kelas semi synt, secukup nya aja.
Buat harga yg mirip2 ane rasa total 7000 10w40 lebih baik Dari bardhal ini, udah acea a3/b4.
iya om betul bardahl s5 10w40 semi synth....sy memang lg cari oli pahe yang bisa dipakai 10bln untuk mbl yang sangat jarang dipakai.....
total 7000 ini banyak acdc gak ya om? soalnya diliat di tokped bervariasi banget harganya
saya mau ngasih saran karena kondisi boil juga jarang jalan, sebulan palingan 100-200KM doang,
saya pake PTT Dynamic Commonrail Synthetic 5w-30, ganti ya setahun sekali tiap bulan Juni meski kadang telat sebulan,
ini malah udah ACEA A5/B5, meskipun nggak bisa dibilang murmer juga karena per liternya 125rebu.
tapi ini lendir licin banget lho, ipah saya dalam kota jarang drop di bawah 8KM/L.
belinya? cek di website PTT, tertera semua tuh nama dan alamat dan no telp distributor resmi mereka.
RezPrat wrote: ↑Mon Sep 02, 2024 16:22
Oli bardhal 10w40 ya om? Berarti semi synt, ini lah beda nya full sama semi synt, tbn udah lumayan kritikal, oli semi synt bensin emang gak bisa d push jauh. Max pake 5000 km/ 6-7 bulan aja.
Tapi buat anti wear nya, lumayan ok.
Buat calcium and phosphorus nya typical oli bensin kelas semi synt, secukup nya aja.
Buat harga yg mirip2 ane rasa total 7000 10w40 lebih baik Dari bardhal ini, udah acea a3/b4.
iya om betul bardahl s5 10w40 semi synth....sy memang lg cari oli pahe yang bisa dipakai 10bln untuk mbl yang sangat jarang dipakai.....
total 7000 ini banyak acdc gak ya om? soalnya diliat di tokped bervariasi banget harganya
Gak mau pake oli BMW LL-01 Approved?
Excel 5w40 , pake 12 bulan.
wah q8 spertinya overbudget hehehe...dilema pelihara 3 mbl tua....jarang banget dipake..tp oli ttp mesti ganti..
oh ya LL01 itu biasa nya comply untuk mobil thn 2001 keatas bukan ya?
RezPrat wrote: ↑Mon Sep 02, 2024 16:22
Oli bardhal 10w40 ya om? Berarti semi synt, ini lah beda nya full sama semi synt, tbn udah lumayan kritikal, oli semi synt bensin emang gak bisa d push jauh. Max pake 5000 km/ 6-7 bulan aja.
Tapi buat anti wear nya, lumayan ok.
Buat calcium and phosphorus nya typical oli bensin kelas semi synt, secukup nya aja.
Buat harga yg mirip2 ane rasa total 7000 10w40 lebih baik Dari bardhal ini, udah acea a3/b4.
iya om betul bardahl s5 10w40 semi synth....sy memang lg cari oli pahe yang bisa dipakai 10bln untuk mbl yang sangat jarang dipakai.....
total 7000 ini banyak acdc gak ya om? soalnya diliat di tokped bervariasi banget harganya
saya mau ngasih saran karena kondisi boil juga jarang jalan, sebulan palingan 100-200KM doang,
saya pake PTT Dynamic Commonrail Synthetic 5w-30, ganti ya setahun sekali tiap bulan Juni meski kadang telat sebulan,
ini malah udah ACEA A5/B5, meskipun nggak bisa dibilang murmer juga karena per liternya 125rebu.
tapi ini lendir licin banget lho, ipah saya dalam kota jarang drop di bawah 8KM/L.
belinya? cek di website PTT, tertera semua tuh nama dan alamat dan no telp distributor resmi mereka.
PTT 5w30 ya? skrg pake bardahl hvp c7 bekas ipah diesel yang mau djual entah nguap apa gak....ngeri jg motuba pake oli buntut 30
iya om betul bardahl s5 10w40 semi synth....sy memang lg cari oli pahe yang bisa dipakai 10bln untuk mbl yang sangat jarang dipakai.....
total 7000 ini banyak acdc gak ya om? soalnya diliat di tokped bervariasi banget harganya
Gak mau pake oli BMW LL-01 Approved?
Excel 5w40 , pake 12 bulan.
wah q8 spertinya overbudget hehehe...dilema pelihara 3 mbl tua....jarang banget dipake..tp oli ttp mesti ganti..
oh ya LL01 itu biasa nya comply untuk mobil thn 2001 keatas bukan ya?
LL-01 jadi minimum untuk 2001 keatas, tapi speknya sendiri jadi penerus LL-98. Jd tetep top buat mobil dibawah 2000 pun.
Q8 jg ada Advance 10w40 sih yang bisa dipake 1 tahun, tapi gak ada approval BMW
iya om betul bardahl s5 10w40 semi synth....sy memang lg cari oli pahe yang bisa dipakai 10bln untuk mbl yang sangat jarang dipakai.....
total 7000 ini banyak acdc gak ya om? soalnya diliat di tokped bervariasi banget harganya
saya mau ngasih saran karena kondisi boil juga jarang jalan, sebulan palingan 100-200KM doang,
saya pake PTT Dynamic Commonrail Synthetic 5w-30, ganti ya setahun sekali tiap bulan Juni meski kadang telat sebulan,
ini malah udah ACEA A5/B5, meskipun nggak bisa dibilang murmer juga karena per liternya 125rebu.
tapi ini lendir licin banget lho, ipah saya dalam kota jarang drop di bawah 8KM/L.
belinya? cek di website PTT, tertera semua tuh nama dan alamat dan no telp distributor resmi mereka.
PTT 5w30 ya? skrg pake bardahl hvp c7 bekas ipah diesel yang mau djual entah nguap apa gak....ngeri jg motuba pake oli buntut 30
Buset pake oli bekas? Apa ga lebih ngeri lagi tuh?