coolant radiator berkurang terus
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
coolant radiator berkurang terus
tanya om..
kalau coolant radiator berkurang terus tu knp ya.. dulu pernah service korok radiator dan masalah selesai, beberapa bulan ke belakang kok tiap 1 mingguan pasti berkurang hampir habis coolantnya yah, padahal visual tdk ada bocor/tdk ada rembesan coolant baik di lantai maupun ruang mesin. udah service korok radiator lg tp sama aja, ini kalo ganti radiator sembuh ga ya?
kalau coolant radiator berkurang terus tu knp ya.. dulu pernah service korok radiator dan masalah selesai, beberapa bulan ke belakang kok tiap 1 mingguan pasti berkurang hampir habis coolantnya yah, padahal visual tdk ada bocor/tdk ada rembesan coolant baik di lantai maupun ruang mesin. udah service korok radiator lg tp sama aja, ini kalo ganti radiator sembuh ga ya?
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 549
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: coolant radiator berkurang terus
Coba ganti tutup radiatornya dlu om
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1760
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: coolant radiator berkurang terus
ke bengkel lagi om....kasi tekanan angin ke radiator...whitehorse4 wrote: ↑Wed Sep 04, 2024 23:14 tanya om..
kalau coolant radiator berkurang terus tu knp ya.. dulu pernah service korok radiator dan masalah selesai, beberapa bulan ke belakang kok tiap 1 mingguan pasti berkurang hampir habis coolantnya yah, padahal visual tdk ada bocor/tdk ada rembesan coolant baik di lantai maupun ruang mesin. udah service korok radiator lg tp sama aja, ini kalo ganti radiator sembuh ga ya?
kalo saya dulu (di mits kuda)...bengkel tembak angin ke selang reservoir mengarah ke radiator
tar selang2 akan mengembang dikit...dr situ ketahuan mana yg rembes
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: coolant radiator berkurang terus
ok thanks om, lagi order yang denso ori punya ini
minta tembak angin gitu ya om buat cek kebocoran, soalnya radiator udh lama juga sih curiga emg harus ganti tapi kalo masalahnya ternyata bukan di radiatornya ya sayang jugaMSU wrote: ↑Wed Sep 04, 2024 23:57ke bengkel lagi om....kasi tekanan angin ke radiator...whitehorse4 wrote: ↑Wed Sep 04, 2024 23:14 tanya om..
kalau coolant radiator berkurang terus tu knp ya.. dulu pernah service korok radiator dan masalah selesai, beberapa bulan ke belakang kok tiap 1 mingguan pasti berkurang hampir habis coolantnya yah, padahal visual tdk ada bocor/tdk ada rembesan coolant baik di lantai maupun ruang mesin. udah service korok radiator lg tp sama aja, ini kalo ganti radiator sembuh ga ya?
kalo saya dulu (di mits kuda)...bengkel tembak angin ke selang reservoir mengarah ke radiator
tar selang2 akan mengembang dikit...dr situ ketahuan mana yg rembes
sip nanti dicoba om, thanks infonya
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: coolant radiator berkurang terus
Iseng2 coba cek juga oli mesin dari dipstick, bercampur gak?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11626
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: coolant radiator berkurang terus
kalo berkurang ya pasti ada kebocoran.
kalo bocor keluar, udah pasti dijamin ada jejaknya.
kalo bilang gaada jejak, coba ngeliatnya pake mata ditelusur 1 per 1 umumnya di area sambungan.
korok radiator? buat apa? rutin pake air keran?
kalo bocor keluar, udah pasti dijamin ada jejaknya.
kalo bilang gaada jejak, coba ngeliatnya pake mata ditelusur 1 per 1 umumnya di area sambungan.
korok radiator? buat apa? rutin pake air keran?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5360
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: coolant radiator berkurang terus
SAYA pernah kek gini ternyata head saya melengkung gara2x termostart mampet ya ud deh turun mesin fulllwhitehorse4 wrote: ↑Wed Sep 04, 2024 23:14 tanya om..
kalau coolant radiator berkurang terus tu knp ya.. dulu pernah service korok radiator dan masalah selesai, beberapa bulan ke belakang kok tiap 1 mingguan pasti berkurang hampir habis coolantnya yah, padahal visual tdk ada bocor/tdk ada rembesan coolant baik di lantai maupun ruang mesin. udah service korok radiator lg tp sama aja, ini kalo ganti radiator sembuh ga ya?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27340
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: coolant radiator berkurang terus
sbg kenek ngerangkap montir asemreges
coba kta orang kasi saran
pertama, coba cek visual, pake coolant kan ? bukan aer kobokan kali kan? pasti ada jejak itu
kedua, buka busi satu2, kl ternjata tu busi (palagi kl ampe bsa liat kpala piston jd mendadak bersih banget, selamat, ngana berhak dapet hadiah turun deksel
ketiga, cek angin kaya saran d atas, kl mo cara asemreges, tembak angin dari ujung selang radiator yg ke arah reservoir, pastikan tutup radiator masi bagus sil2 nya
coba kta orang kasi saran
pertama, coba cek visual, pake coolant kan ? bukan aer kobokan kali kan? pasti ada jejak itu
kedua, buka busi satu2, kl ternjata tu busi (palagi kl ampe bsa liat kpala piston jd mendadak bersih banget, selamat, ngana berhak dapet hadiah turun deksel
ketiga, cek angin kaya saran d atas, kl mo cara asemreges, tembak angin dari ujung selang radiator yg ke arah reservoir, pastikan tutup radiator masi bagus sil2 nya
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 852
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: coolant radiator berkurang terus
apakah mesin seblom nya pernah overheat parah? klo iya mungkin mesin kena...
tapi biasanya sih klo pengalaman2 gw klo kejadian radiator mampet/bocor/thermostat/kipas stuck ngeh suhu rada sedikit naik (misal sampe 1/2 lebih dikit ke 3/4 ga sampe full mentok) udah dimatiin mesinnya, masih aman mesinnya. tp kl udah overheat sampe mentok wah siap2 aja
klo belum harusnya hanya radiator / selang2nya. radiator ada umurnya, bagian plastik2/seal2nya pasti ada retak halus biasanya. harga radiator ga gitu mahal, belum tentu 5 tahun sekali ganti, jadi klo udah trouble lgs lembiru sajaaaa
tapi biasanya sih klo pengalaman2 gw klo kejadian radiator mampet/bocor/thermostat/kipas stuck ngeh suhu rada sedikit naik (misal sampe 1/2 lebih dikit ke 3/4 ga sampe full mentok) udah dimatiin mesinnya, masih aman mesinnya. tp kl udah overheat sampe mentok wah siap2 aja
klo belum harusnya hanya radiator / selang2nya. radiator ada umurnya, bagian plastik2/seal2nya pasti ada retak halus biasanya. harga radiator ga gitu mahal, belum tentu 5 tahun sekali ganti, jadi klo udah trouble lgs lembiru sajaaaa
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1484
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: coolant radiator berkurang terus
Radiator saya malah seumur mobilnya, mau sweet seventeentesna wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 8:55 apakah mesin seblom nya pernah overheat parah? klo iya mungkin mesin kena...
tapi biasanya sih klo pengalaman2 gw klo kejadian radiator mampet/bocor/thermostat/kipas stuck ngeh suhu rada sedikit naik (misal sampe 1/2 lebih dikit ke 3/4 ga sampe full mentok) udah dimatiin mesinnya, masih aman mesinnya. tp kl udah overheat sampe mentok wah siap2 aja
klo belum harusnya hanya radiator / selang2nya. radiator ada umurnya, bagian plastik2/seal2nya pasti ada retak halus biasanya. harga radiator ga gitu mahal, belum tentu 5 tahun sekali ganti, jadi klo udah trouble lgs lembiru sajaaaa
Intinya jangan pernah kena air kobokan kata om dohc, itu bakal merembet kemana-mana.
Mobil kakak saya sx4 lebih muda dan lebih low miles, kena air sumur, jadi mrembet kemana-mana, radiator mampet, termostat kerak, sambungan pipa2 yg dari besi itu pada keropos, bau gosong mesinnya pas di cek air radiator mau abis wkwk untung kuat tuh mesin susuki ga sampe jebol head gasketnya, cuma ganti yg keropos itu sama selang2 dan servis radiator, lumayan habis 4-5jtan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: coolant radiator berkurang terus
klo pipa2 nya apakah masih bawaan mobil juga om..?? ini mobil di rumah udah mau 13 tahun soalnya. semua masih bawaan mobilt105erd wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 14:49Radiator saya malah seumur mobilnya, mau sweet seventeentesna wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 8:55 apakah mesin seblom nya pernah overheat parah? klo iya mungkin mesin kena...
tapi biasanya sih klo pengalaman2 gw klo kejadian radiator mampet/bocor/thermostat/kipas stuck ngeh suhu rada sedikit naik (misal sampe 1/2 lebih dikit ke 3/4 ga sampe full mentok) udah dimatiin mesinnya, masih aman mesinnya. tp kl udah overheat sampe mentok wah siap2 aja
klo belum harusnya hanya radiator / selang2nya. radiator ada umurnya, bagian plastik2/seal2nya pasti ada retak halus biasanya. harga radiator ga gitu mahal, belum tentu 5 tahun sekali ganti, jadi klo udah trouble lgs lembiru sajaaaa
Intinya jangan pernah kena air kobokan kata om dohc, itu bakal merembet kemana-mana.
Mobil kakak saya sx4 lebih muda dan lebih low miles, kena air sumur, jadi mrembet kemana-mana, radiator mampet, termostat kerak, sambungan pipa2 yg dari besi itu pada keropos, bau gosong mesinnya pas di cek air radiator mau abis wkwk untung kuat tuh mesin susuki ga sampe jebol head gasketnya, cuma ganti yg keropos itu sama selang2 dan servis radiator, lumayan habis 4-5jtan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: coolant radiator berkurang terus
Wah, ilmu baru nih.DOHC wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 8:37 sbg kenek ngerangkap montir asemreges
coba kta orang kasi saran
pertama, coba cek visual, pake coolant kan ? bukan aer kobokan kali kan? pasti ada jejak itu
kedua, buka busi satu2, kl ternjata tu busi (palagi kl ampe bsa liat kpala piston jd mendadak bersih banget, selamat, ngana berhak dapet hadiah turun deksel
ketiga, cek angin kaya saran d atas, kl mo cara asemreges, tembak angin dari ujung selang radiator yg ke arah reservoir, pastikan tutup radiator masi bagus sil2 nya
Ini mesin gak brebet kan kalo start pas masih dingin?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: coolant radiator berkurang terus
Serius om? Uppertank-nya plastik bukan?t105erd wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 14:49Radiator saya malah seumur mobilnya, mau sweet seventeentesna wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 8:55 apakah mesin seblom nya pernah overheat parah? klo iya mungkin mesin kena...
tapi biasanya sih klo pengalaman2 gw klo kejadian radiator mampet/bocor/thermostat/kipas stuck ngeh suhu rada sedikit naik (misal sampe 1/2 lebih dikit ke 3/4 ga sampe full mentok) udah dimatiin mesinnya, masih aman mesinnya. tp kl udah overheat sampe mentok wah siap2 aja
klo belum harusnya hanya radiator / selang2nya. radiator ada umurnya, bagian plastik2/seal2nya pasti ada retak halus biasanya. harga radiator ga gitu mahal, belum tentu 5 tahun sekali ganti, jadi klo udah trouble lgs lembiru sajaaaa
Intinya jangan pernah kena air kobokan kata om dohc, itu bakal merembet kemana-mana.
Mobil kakak saya sx4 lebih muda dan lebih low miles, kena air sumur, jadi mrembet kemana-mana, radiator mampet, termostat kerak, sambungan pipa2 yg dari besi itu pada keropos, bau gosong mesinnya pas di cek air radiator mau abis wkwk untung kuat tuh mesin susuki ga sampe jebol head gasketnya, cuma ganti yg keropos itu sama selang2 dan servis radiator, lumayan habis 4-5jtan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: coolant radiator berkurang terus
Aman sih ini gak ada nyampur
gatau namanya apa ya, yang diservis digosok2 terus dibakar itu, kalo airnya selalu coolant seh
mungkin ya bisa jadi karena udah umurnya juga kali ya.. maklum mobil hampir quarter life crisis..
turun deksel ini beda ya ama dek klep? maklum, awam, tengah taun ini pernah ganti sil busi ama sil dek klep
kalau sampe indikator hampir full pernah pas awal tahun, langsung berhenti, cek coolant kosong, nunggu dingin ditambahin lagi itu reservoir cadangan sm yg lubang di radiator, trus sambil cari tukang radiator dicek gaada bocor dan aman ampe akhir2 ini yg coolantnya jadi sering berkurangtesna wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 8:55 apakah mesin seblom nya pernah overheat parah? klo iya mungkin mesin kena...
tapi biasanya sih klo pengalaman2 gw klo kejadian radiator mampet/bocor/thermostat/kipas stuck ngeh suhu rada sedikit naik (misal sampe 1/2 lebih dikit ke 3/4 ga sampe full mentok) udah dimatiin mesinnya, masih aman mesinnya. tp kl udah overheat sampe mentok wah siap2 aja
klo belum harusnya hanya radiator / selang2nya. radiator ada umurnya, bagian plastik2/seal2nya pasti ada retak halus biasanya. harga radiator ga gitu mahal, belum tentu 5 tahun sekali ganti, jadi klo udah trouble lgs lembiru sajaaaa
Ini berarti kalau gaada kebocoran di cooling bisa jadi di head nya yah om?
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1484
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: coolant radiator berkurang terus
Serius, bawaan yaris/vios plastik yah?adityabp wrote: ↑Fri Sep 06, 2024 3:06Serius om? Uppertank-nya plastik bukan?t105erd wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 14:49Radiator saya malah seumur mobilnya, mau sweet seventeentesna wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 8:55 apakah mesin seblom nya pernah overheat parah? klo iya mungkin mesin kena...
tapi biasanya sih klo pengalaman2 gw klo kejadian radiator mampet/bocor/thermostat/kipas stuck ngeh suhu rada sedikit naik (misal sampe 1/2 lebih dikit ke 3/4 ga sampe full mentok) udah dimatiin mesinnya, masih aman mesinnya. tp kl udah overheat sampe mentok wah siap2 aja
klo belum harusnya hanya radiator / selang2nya. radiator ada umurnya, bagian plastik2/seal2nya pasti ada retak halus biasanya. harga radiator ga gitu mahal, belum tentu 5 tahun sekali ganti, jadi klo udah trouble lgs lembiru sajaaaa
Intinya jangan pernah kena air kobokan kata om dohc, itu bakal merembet kemana-mana.
Mobil kakak saya sx4 lebih muda dan lebih low miles, kena air sumur, jadi mrembet kemana-mana, radiator mampet, termostat kerak, sambungan pipa2 yg dari besi itu pada keropos, bau gosong mesinnya pas di cek air radiator mau abis wkwk untung kuat tuh mesin susuki ga sampe jebol head gasketnya, cuma ganti yg keropos itu sama selang2 dan servis radiator, lumayan habis 4-5jtan
cuma pernah ganti motor fan pakai denso indonesia wkwk... waterpump pakai LKS, waktu itu karena rusak bearingnya mulai berisik, tapi dalemnya ga ada karat2 atau kuning2 masih bersih, sama ganti tutup radiator, ga rusak sih cuma preventif aja karena udah umur. Ini mau saya ganti thermostat buat preventif, tapi saya pantau di obd sih masih aman, jadi ntar dulu aja mau ganti coolant, soalnya dah mau 3 tahun ini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1484
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: coolant radiator berkurang terus
Selang karet? masih, yg udah diganti motor fan, waterpump sama tutup radiator.iwing wrote: ↑Fri Sep 06, 2024 1:06klo pipa2 nya apakah masih bawaan mobil juga om..?? ini mobil di rumah udah mau 13 tahun soalnya. semua masih bawaan mobilt105erd wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 14:49Radiator saya malah seumur mobilnya, mau sweet seventeentesna wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 8:55 apakah mesin seblom nya pernah overheat parah? klo iya mungkin mesin kena...
tapi biasanya sih klo pengalaman2 gw klo kejadian radiator mampet/bocor/thermostat/kipas stuck ngeh suhu rada sedikit naik (misal sampe 1/2 lebih dikit ke 3/4 ga sampe full mentok) udah dimatiin mesinnya, masih aman mesinnya. tp kl udah overheat sampe mentok wah siap2 aja
klo belum harusnya hanya radiator / selang2nya. radiator ada umurnya, bagian plastik2/seal2nya pasti ada retak halus biasanya. harga radiator ga gitu mahal, belum tentu 5 tahun sekali ganti, jadi klo udah trouble lgs lembiru sajaaaa
Intinya jangan pernah kena air kobokan kata om dohc, itu bakal merembet kemana-mana.
Mobil kakak saya sx4 lebih muda dan lebih low miles, kena air sumur, jadi mrembet kemana-mana, radiator mampet, termostat kerak, sambungan pipa2 yg dari besi itu pada keropos, bau gosong mesinnya pas di cek air radiator mau abis wkwk untung kuat tuh mesin susuki ga sampe jebol head gasketnya, cuma ganti yg keropos itu sama selang2 dan servis radiator, lumayan habis 4-5jtan
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27340
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: coolant radiator berkurang terus
bisa iya bisa enga, cuman yg kl enjin ud panas, kadang knalpot bsa kaya asep fogging nyamuk dbdadityabp wrote: ↑Fri Sep 06, 2024 3:01Wah, ilmu baru nih.DOHC wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 8:37 sbg kenek ngerangkap montir asemreges
coba kta orang kasi saran
pertama, coba cek visual, pake coolant kan ? bukan aer kobokan kali kan? pasti ada jejak itu
kedua, buka busi satu2, kl ternjata tu busi (palagi kl ampe bsa liat kpala piston jd mendadak bersih banget, selamat, ngana berhak dapet hadiah turun deksel
ketiga, cek angin kaya saran d atas, kl mo cara asemreges, tembak angin dari ujung selang radiator yg ke arah reservoir, pastikan tutup radiator masi bagus sil2 nya
Ini mesin gak brebet kan kalo start pas masih dingin?
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27340
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: coolant radiator berkurang terus
sebenenrya kl radiator dan cooling sistem ud berumur d atas 10 taon
ada baik nya dan disarankan serpis pendinginan yg sesungguh nya, bukan versi serpis macam tukang radiator yg deket bawah pohon stasiun asemreges musatek sana
serpis yg bener tu
- wajip ganti tutup radiator
- ganti selang2 radiator
- ganti termostat dan sil nya
- liat body plastik radiator, kl ud mengcoklat palagi ud ad retak2 rambut, ganti, jangan pelit
itu kerjaan2 d atas ga ampe 2 juta kl kerjain sendiri, atau 2 juta kira2 kl suru montir yg bener ngerjain
harga bsa jauhh lebi mura tergantung mobil nya, kl kaya 1KR-JZGTE quad cam macam di agya ayla, paling sejutaan lebi sikit
ada baik nya dan disarankan serpis pendinginan yg sesungguh nya, bukan versi serpis macam tukang radiator yg deket bawah pohon stasiun asemreges musatek sana
serpis yg bener tu
- wajip ganti tutup radiator
- ganti selang2 radiator
- ganti termostat dan sil nya
- liat body plastik radiator, kl ud mengcoklat palagi ud ad retak2 rambut, ganti, jangan pelit
itu kerjaan2 d atas ga ampe 2 juta kl kerjain sendiri, atau 2 juta kira2 kl suru montir yg bener ngerjain
harga bsa jauhh lebi mura tergantung mobil nya, kl kaya 1KR-JZGTE quad cam macam di agya ayla, paling sejutaan lebi sikit
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: coolant radiator berkurang terus
Ini sih yg bikin kepo.DOHC wrote: ↑Fri Sep 06, 2024 10:09 sebenenrya kl radiator dan cooling sistem ud berumur d atas 10 taon
ada baik nya dan disarankan serpis pendinginan yg sesungguh nya, bukan versi serpis macam tukang radiator yg deket bawah pohon stasiun asemreges musatek sana
serpis yg bener tu
- wajip ganti tutup radiator
- ganti selang2 radiator
- ganti termostat dan sil nya
- liat body plastik radiator, kl ud mengcoklat palagi ud ad retak2 rambut, ganti, jangan pelit
itu kerjaan2 d atas ga ampe 2 juta kl kerjain sendiri, atau 2 juta kira2 kl suru montir yg bener ngerjain
harga bsa jauhh lebi mura tergantung mobil nya, kl kaya 1KR-JZGTE quad cam macam di agya ayla, paling sejutaan lebi sikit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1760
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: coolant radiator berkurang terus
saya pernah alami wkwk...di peugeot 405...mesin sih normal2 aja...cuma pas cek berkala oli warna tau2 kopi susuadityabp wrote: ↑Fri Sep 06, 2024 3:01Wah, ilmu baru nih.DOHC wrote: ↑Thu Sep 05, 2024 8:37 sbg kenek ngerangkap montir asemreges
coba kta orang kasi saran
pertama, coba cek visual, pake coolant kan ? bukan aer kobokan kali kan? pasti ada jejak itu
kedua, buka busi satu2, kl ternjata tu busi (palagi kl ampe bsa liat kpala piston jd mendadak bersih banget, selamat, ngana berhak dapet hadiah turun deksel
ketiga, cek angin kaya saran d atas, kl mo cara asemreges, tembak angin dari ujung selang radiator yg ke arah reservoir, pastikan tutup radiator masi bagus sil2 nya
Ini mesin gak brebet kan kalo start pas masih dingin?
dari tangerang di bawa ke bandung (berhubung montir langganan di bandung)
pas dibuka cylinder headnya bersih
memang air dalam jumlah sedikit akan bersihin kerak karbon (dulu juga iseng main water injection)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5360
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: coolant radiator berkurang terus
ud isi collant belom isi collant warna ijo kalo bocor pasti keliatan saya kemaren gitu nyari gak ketemu2x gak taunya di sebelah turbo bocornya pas di bawah bates antara head sama block bawahwhitehorse4 wrote: ↑Fri Sep 06, 2024 4:11
Ini berarti kalau gaada kebocoran di cooling bisa jadi di head nya yah om?