pitikkobong wrote: ↑Sat Oct 26, 2024 3:56
mohon info om² disini,
1. kl mau pasang dashcam paling aman & bagus sebaiknya colokin dimana? colok ke sekring, colok ke OBD atau colok lighter?
2. pros-cons masing2 jalur input? dan apa yg harus di perhatikan dlm jalur kelistrikan?
3. seberapa boros aki bila pakai mode surveillance 24 jam dibanding yg non survei?
terima kasih
Saya bahas sedikit mengenai instalasi dashcam ini ya om.
1. Socket lighter/accessories
Tingkat kesulitan: Mudah. Jalur kelistrikan juga tidak ribet.
Pros: Soket lighter/accessories di mobil pasti si tempat yg terlihat dan terjangkau, tinggal colok aja.
Cons: Tidak bisa parking surveillance. Untuk mobil yg soket accessoriesnya always on atau tidak langsung mati (biasanya mobil Eropa/Amerika), harus pastikan dashcamnya ada fitur mati otomatis beberapa saat setelah mesin mati.
2. OBD
Tingkat kesulitan: menengah. Beberapa mobil soket OBD nya cukup tersembunyi, seperti avanza.
Pros: Tinggal colok aja, mudah untuk pasang dan lepasnya. Bisa untuk parking surveillance mode.
Cons: jalur kelistrikan OBD biasanya gabung dengan ECU. Tidak bisa dipakai bersamaan dengan alat lain yg dipasang OBD juga.
3. Hardwire Kit
Tingkat kesulitan: tinggi. Harus paham kelistrikan.
Pros: bisa untuk parking surveillance. Instalasi bisa dibuat rapi kabel2 tersembunyi.
Cons: Posisi fusebox tipa mobil berbeda, ada juga yg posisinya tersembunyi di balik Dashboard seperti New Yaris. Tidak semua Hardwire Kit sudah dilengkapi fuse tap, jadi ada yg harus dicrimping dulu ke fuse tap. Salah2 kelistrikan mobil bermasalah.
Semua juga aman untuk kelistrikan asal sesuai instalasinya
seberapa boros aki bila pakai mode surveillance 24 jam dibanding yg non survei?
Kalau mau kejar surveillance 24 jam pasti boros aki om, karena setting cutoff voltage protectionnya harus rendah (kurang dari 12V) dan ini yg bikim aki tidak awet. Saya pribadi pakai cutoff di 12.4V bisa surveillance sampai dengan 6 jam.
Dulu saya sempat setting di 11.8V bisa sehari lebih itu mode surveillance, tapi dalam beberapa bulan itu aki jadi kurang bagus dan cuma tahan bbrp jam saja meskipun cutoff nya di 11.8V dan sempat kejadian tekor ga bisa starter gara2 mobil ga nyala 3 hari. Sekarang saya setting di 12.4V, kondisi aki bisa cukup membaik lagi padahal sempat kejadian tekor it
Kalau tidak pakai mide surveillance sih tidak akan boros aki karena dashcamnya nyala hanya saat mesin menyala