Tanya : Ganti oli transmisi matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11626
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

DOHC wrote: Fri Sep 13, 2024 22:26

beda lah mbah

perkara gantol tinggal buka baut, ngocor, tutup, ngisi dari atas klaar

kl ganti oli metik kan perlu fine tuning sgala

kcuali kl ganti di tempat kerja kita orang tu baru S.O.P nya laen lagi :upss: :upss:


sama² pelumas.
sama² ada drain ada fill.
sama² pake fine tuning.

lu kata oli mesin ora di fine tuning? masupin baé 2 drim trus setater mesin?

bujug..... :shock:


edit,
s.o.p di tempat ngana, order ganti oli mesin, kruk as diembat....
blackncp91
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Mon Feb 15, 2021 5:30
Location: Indonesia

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by blackncp91 »

Makasih suhu2 SM atas feedback2nya. Kalo ganti oli mesin memang sy udah terbiasa sendiri, karena pengalaman ganti oli mesin di bengkel, itu drat baut pembuangan oli pada slek, alhasil pada netes2 mulu, entah karena dibuka lagi panas2nya atau mekaniknya ngencenginnya seenak jidatnya. Skrg udah bbrp tahun ini selalu ganti sendiri di rumah, 2 mobil aman sentosa gada tetesan oli sedikitpun.

Tapi kalo disuru ganti oli transmisi memang belum pede, karena prosedurnya kayanya lebih rumit, apalagi ini sy perhatikan juga memang kayanya sengaja didesain oleh pabrikan supaya ga mudah dimaintain sendiri oleh user ya. Apa benar begitu suhu
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11626
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

blackncp91 wrote: Tue Sep 17, 2024 3:04

, karena prosedurnya kayanya lebih rumit, apalagi ini sy perhatikan juga memang kayanya sengaja didesain oleh pabrikan supaya ga mudah dimaintain sendiri oleh user ya. Apa benar begitu suhu



bikin semangkok mie instan pun terlihat rumit kalau belum pernah.

anda sudah punya skill bongpas baut, tinggal belajar lagi dari yutup channel² luar yg memang bener ngajarin langkah demi langkah, nggak kaya mayoritas channel indo yg awalnya jari nunjuk tau² sudah selesai tanpa dikasih tau langkah detailnya.

buat raize, cukup drain dari bawah, isi dari fill hole yg (bersyukur) ada dipstick-nya.
ukur berapa banyak yg tertampung (dalam mililiter), nanti masukin ya segitu juga.

btw kalo nggak salah ingat, sudah 3 unit cvt mobil itu yg saya temui underfill sekitar 1000 ml dari pabrik. nanti diperiksa saja bener apa enggak....

selamat mencoba :big_deal:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11994
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Tue Sep 17, 2024 4:24
blackncp91 wrote: Tue Sep 17, 2024 3:04

, karena prosedurnya kayanya lebih rumit, apalagi ini sy perhatikan juga memang kayanya sengaja didesain oleh pabrikan supaya ga mudah dimaintain sendiri oleh user ya. Apa benar begitu suhu



bikin semangkok mie instan pun terlihat rumit kalau belum pernah.

anda sudah punya skill bongpas baut, tinggal belajar lagi dari yutup channel² luar yg memang bener ngajarin langkah demi langkah, nggak kaya mayoritas channel indo yg awalnya jari nunjuk tau² sudah selesai tanpa dikasih tau langkah detailnya.

buat raize, cukup drain dari bawah, isi dari fill hole yg (bersyukur) ada dipstick-nya.
ukur berapa banyak yg tertampung (dalam mililiter), nanti masukin ya segitu juga.

btw kalo nggak salah ingat, sudah 3 unit cvt mobil itu yg saya temui underfill sekitar 1000 ml dari pabrik. nanti diperiksa saja bener apa enggak....

selamat mencoba :big_deal:
What?
Underfill 1 liter?
Mbl apa ajah mbah? :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by t105erd »

marmut wrote: Tue Sep 17, 2024 4:24
blackncp91 wrote: Tue Sep 17, 2024 3:04

, karena prosedurnya kayanya lebih rumit, apalagi ini sy perhatikan juga memang kayanya sengaja didesain oleh pabrikan supaya ga mudah dimaintain sendiri oleh user ya. Apa benar begitu suhu



bikin semangkok mie instan pun terlihat rumit kalau belum pernah.

anda sudah punya skill bongpas baut, tinggal belajar lagi dari yutup channel² luar yg memang bener ngajarin langkah demi langkah, nggak kaya mayoritas channel indo yg awalnya jari nunjuk tau² sudah selesai tanpa dikasih tau langkah detailnya.

buat raize, cukup drain dari bawah, isi dari fill hole yg (bersyukur) ada dipstick-nya.
ukur berapa banyak yg tertampung (dalam mililiter), nanti masukin ya segitu juga.

btw kalo nggak salah ingat, sudah 3 unit cvt mobil itu yg saya temui underfill sekitar 1000 ml dari pabrik. nanti diperiksa saja bener apa enggak....

selamat mencoba :big_deal:
mbah marmut saya nitip pertanyaan untuk tools buat penggantian MTF yg dibutuhkan apa aja? saya juga belum pede kalo ganti oli MTF :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11626
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by marmut »

t105erd wrote: Tue Sep 17, 2024 7:02

mbah marmut saya nitip pertanyaan untuk tools buat penggantian MTF yg dibutuhkan apa aja? saya juga belum pede kalo ganti oli MTF :big_biglaugh:


salah kamar pak.... urusan perkakas di kamar sebelah.
sudah pernah dibahas juga kok.

:big_grin:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11994
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

User yg Pakai CVT ToyoDai
veloz - raize - agya bersaudara... tenang sekarang,
partsnya udh mulai dijual 1 set :mky_03:

Screenshot_20240917_185326.jpg

Tetep hondut punya lbh murah, krn pemain lama :mky_02:

Screenshot_20240917_185709.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Chr1stm1 »

Suryaputra wrote: Tue Sep 17, 2024 11:54 User yg Pakai CVT ToyoDai
veloz - raize - agya bersaudara... tenang sekarang,
partsnya udh mulai dijual 1 set :mky_03:


Screenshot_20240917_185326.jpg


Tetep hondut punya lbh murah, krn pemain lama :mky_02:


Screenshot_20240917_185709.jpg
weleh sampe di keterangannya ditulis rush juga, bablas ngiklannya :big_cat:
udah terprediksi kayaknya yang pasukan cvt bakalan gak tahan lama ( konspirasi pabrikan kah???? )
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1760
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by MSU »

Suryaputra wrote: Tue Sep 17, 2024 11:54 User yg Pakai CVT ToyoDai
veloz - raize - agya bersaudara... tenang sekarang,
partsnya udh mulai dijual 1 set :mky_03:


Screenshot_20240917_185326.jpg


Tetep hondut punya lbh murah, krn pemain lama :mky_02:


Screenshot_20240917_185709.jpg
Di toped malah ada yg jual 1 gelondong assy tinggal pasang 15jt om
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11994
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

MSU wrote: Tue Sep 17, 2024 13:19
Suryaputra wrote: Tue Sep 17, 2024 11:54 User yg Pakai CVT ToyoDai
veloz - raize - agya bersaudara... tenang sekarang,
partsnya udh mulai dijual 1 set :mky_03:


Screenshot_20240917_185326.jpg


Tetep hondut punya lbh murah, krn pemain lama :mky_02:


Screenshot_20240917_185709.jpg
Di toped malah ada yg jual 1 gelondong assy tinggal pasang 15jt om
zzzz sebongkah girboks ya
Screenshot 2024-09-17 205609.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Suryaputra on Tue Sep 17, 2024 13:56, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11994
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

Chr1stm1 wrote: Tue Sep 17, 2024 13:01
Suryaputra wrote: Tue Sep 17, 2024 11:54 User yg Pakai CVT ToyoDai
veloz - raize - agya bersaudara... tenang sekarang,
partsnya udh mulai dijual 1 set :mky_03:


Screenshot_20240917_185326.jpg


Tetep hondut punya lbh murah, krn pemain lama :mky_02:


Screenshot_20240917_185709.jpg
weleh sampe di keterangannya ditulis rush juga, bablas ngiklannya :big_cat:
udah terprediksi kayaknya yang pasukan cvt bakalan gak tahan lama ( konspirasi pabrikan kah???? )
tahan koq sampai 200rb km smoga

asal:
- hindari keseringan bejek gas poll
- rutin ganti cvtf 2 thn sekali
- jangan sering2 nanjak dan bawa beban berat

prinsip nyetir CVT... makin nyiksa diri, makin awet dan makin hijau :big_biglaugh:

:mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by tj4hj4di »

sahabatq8 wrote: Fri Sep 13, 2024 13:38
tj4hj4di wrote: Fri Sep 13, 2024 9:42
sahabatq8 wrote: Fri Sep 13, 2024 9:01

Ganti biasa bisa ganti flushing bisa, tapi kalo gak ada CVT cooler flushingnya harus pake atf changer yang ada adapternya.
CVT cooler itu type cvt atau gmn ya om ?
Cvt cooler itu pendingin cvt. CVT ada yang tanpa cooler, ada yang ada coolernya. Kalo ada coolernya flushnya bisa lepas selang yang ke cooler, kalo gak harus pake adaptor gitu (gak semua bengkel punya)
Ohh gt ya om..
Mau ganti oli matic bawaan pabrikan buat chery omoda5 enak pakai apa ya ?
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1644
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by pengendiesel »

Barusan ganti oli matic di anf 2gd, km sekitar 40k. Belum pernah ganti oli matic sebelumnya.
Pakai ptt lv1. Flushing 10lt.

Hasilnya? Ajiiiiiibbb gila.
Hampir semua keluhan saya tentang matic 2gd ini secara ajaib bisa langsung solved.
Selip, bengong, kasar, susah ngikuti kemauan driver. Sekarang sudah sangat responsif, pintar baca kemauan pengemudi, kapan harus downshift, kapan harus akselerasi tanpa downshift. Perpindahan gigi jauh lebih halus dan cepat.
Kalo diibaratkan, responsifnya seperti mobil jaman now abis pake premium, trs pake vpower/pertabo.
Ajaibnya lagi, sekarang di tempat rata atau miring dikit, kalo mau masuk p,bisa langsung dari d,n,r,p. Atau kalo pas mundur, bisa dari r ke p langsung. Gak perlu edukasi ala itu yang masuk n dulu, tarik handrem, baru ke p. Selama ini kalo tanpa ritual seperti ini, pas p ke r bisa dipastikan bunyi JEDDUUAAAKKK. Sekarang, mulus.

Kesimpulan saya, maticnya sendiri harusnya ok. Nggak yang wow gimana, tapi nggak jelek juga. Cuma oli matic bawaannya yang gitu banget.
Terbukti ganti oli maticnya saja, langsung kayak bawa mobil lain.

Thanks to mbah suryaputra, mbah marmut, mbah sahabatq8 atas insight2nya. Mon maap gak jadi pake q8, sy gak expect akan ada perbedaan sedrastis ini. Kemungkinan kalo pake q8, hasilnya bisa lebih wow lagi.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11994
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

pengendiesel wrote: Mon Sep 23, 2024 4:21 Barusan ganti oli matic di anf 2gd, km sekitar 40k. Belum pernah ganti oli matic sebelumnya.
Pakai ptt lv1. Flushing 10lt.

Hasilnya? Ajiiiiiibbb gila.
Hampir semua keluhan saya tentang matic 2gd ini secara ajaib bisa langsung solved.
Selip, bengong, kasar, susah ngikuti kemauan driver. Sekarang sudah sangat responsif, pintar baca kemauan pengemudi, kapan harus downshift, kapan harus akselerasi tanpa downshift. Perpindahan gigi jauh lebih halus dan cepat.
Kalo diibaratkan, responsifnya seperti mobil jaman now abis pake premium, trs pake vpower/pertabo.
Ajaibnya lagi, sekarang di tempat rata atau miring dikit, kalo mau masuk p,bisa langsung dari d,n,r,p. Atau kalo pas mundur, bisa dari r ke p langsung. Gak perlu edukasi ala itu yang masuk n dulu, tarik handrem, baru ke p. Selama ini kalo tanpa ritual seperti ini, pas p ke r bisa dipastikan bunyi JEDDUUAAAKKK. Sekarang, mulus.

Kesimpulan saya, maticnya sendiri harusnya ok. Nggak yang wow gimana, tapi nggak jelek juga. Cuma oli matic bawaannya yang gitu banget.
Terbukti ganti oli maticnya saja, langsung kayak bawa mobil lain.

Thanks to mbah suryaputra, mbah marmut, mbah sahabatq8 atas insight2nya. Mon maap gak jadi pake q8, sy gak expect akan ada perbedaan sedrastis ini. Kemungkinan kalo pake q8, hasilnya bisa lebih wow lagi.
:big_exellent: :big_exellent:

itu kayanya oli lama nya underfill jg.
selain kualitasnya yg pas pas an
wkwkwkw

gak difine tuning lg, lgs isi aja dr pabrik.
pas mesin nyala, ya underfill, karena ATF nya udah masuk ke Torque converter, valve body, dan muter di dalam girboks :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2314
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

pengendiesel wrote: Mon Sep 23, 2024 4:21 Barusan ganti oli matic di anf 2gd, km sekitar 40k. Belum pernah ganti oli matic sebelumnya.
Pakai ptt lv1. Flushing 10lt.

Hasilnya? Ajiiiiiibbb gila.
Hampir semua keluhan saya tentang matic 2gd ini secara ajaib bisa langsung solved.
Selip, bengong, kasar, susah ngikuti kemauan driver. Sekarang sudah sangat responsif, pintar baca kemauan pengemudi, kapan harus downshift, kapan harus akselerasi tanpa downshift. Perpindahan gigi jauh lebih halus dan cepat.
Kalo diibaratkan, responsifnya seperti mobil jaman now abis pake premium, trs pake vpower/pertabo.
Ajaibnya lagi, sekarang di tempat rata atau miring dikit, kalo mau masuk p,bisa langsung dari d,n,r,p. Atau kalo pas mundur, bisa dari r ke p langsung. Gak perlu edukasi ala itu yang masuk n dulu, tarik handrem, baru ke p. Selama ini kalo tanpa ritual seperti ini, pas p ke r bisa dipastikan bunyi JEDDUUAAAKKK. Sekarang, mulus.

Kesimpulan saya, maticnya sendiri harusnya ok. Nggak yang wow gimana, tapi nggak jelek juga. Cuma oli matic bawaannya yang gitu banget.
Terbukti ganti oli maticnya saja, langsung kayak bawa mobil lain.

Thanks to mbah suryaputra, mbah marmut, mbah sahabatq8 atas insight2nya. Mon maap gak jadi pake q8, sy gak expect akan ada perbedaan sedrastis ini. Kemungkinan kalo pake q8, hasilnya bisa lebih wow lagi.
Mantap 👍, congratz om mobil 2gdnya jadi terasa baru :upss:
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 938
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by wenk »

Kalau CVT nya Honda Brio, rekomendasi pakai oli apa ya? dan kapasitas oli nya berapa liter?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11994
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

wenk wrote: Mon Sep 23, 2024 5:02 Kalau CVT nya Honda Brio, rekomendasi pakai oli apa ya? dan kapasitas oli nya berapa liter?
Ekonomis
- Petronas Tutela Multi CVT 700
- Aisin CFEx

Next Level
- Adnoc CVT
- Q8 CVT Evo

Klo kapasitas, tergantung fine tuningnya dilihat dr lubang check level setelah nyalain mesin :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1644
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by pengendiesel »

Suryaputra wrote: Mon Sep 23, 2024 4:26
:big_exellent: :big_exellent:

itu kayanya oli lama nya underfill jg.
selain kualitasnya yg pas pas an
wkwkwkw

gak difine tuning lg, lgs isi aja dr pabrik.
pas mesin nyala, ya underfill, karena ATF nya udah masuk ke Torque converter, valve body, dan muter di dalam girboks :upss:
Underfill biaa bikin selip juga mbak?
Ngaco banget bawaannya
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11994
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

pengendiesel wrote: Fri Sep 27, 2024 5:51
Suryaputra wrote: Mon Sep 23, 2024 4:26
:big_exellent: :big_exellent:

itu kayanya oli lama nya underfill jg.
selain kualitasnya yg pas pas an
wkwkwkw

gak difine tuning lg, lgs isi aja dr pabrik.
pas mesin nyala, ya underfill, karena ATF nya udah masuk ke Torque converter, valve body, dan muter di dalam girboks :upss:
Underfill biaa bikin selip juga mbak?
Ngaco banget bawaannya
sy inget 6 thn lalu,
masih kondisi baru.

mobilio saya klo pindah gigi dr N ke D,
atau N ke R
itu jedanya hampir 1 detik.

Trus ganti pk HCF2 jg,
tapi pk fine tuning ala mbah suhu warga SM.
jadi habis sekitar 3.8 liter-an lah.

- Beli Kemasan galon, ditambah kemasan 0,8 liter (contohnya spt ini: https://www.blibli.com/p/08269p99z9fn1-oli-hcf2-0-8-l)

hasilnya lbh enak dong,
pindah dari N ke R atau ke D, lbh responsif dan cepet.

tp klo dah panas, habis nanjak gunung, sampai suhu ATF nya 120C,
tetap lbh enak pas pakai Q8 CVT Evo.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2314
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

pengendiesel wrote: Fri Sep 27, 2024 5:51
Suryaputra wrote: Mon Sep 23, 2024 4:26
:big_exellent: :big_exellent:

itu kayanya oli lama nya underfill jg.
selain kualitasnya yg pas pas an
wkwkwkw

gak difine tuning lg, lgs isi aja dr pabrik.
pas mesin nyala, ya underfill, karena ATF nya udah masuk ke Torque converter, valve body, dan muter di dalam girboks :upss:
Underfill biaa bikin selip juga mbak?
Ngaco banget bawaannya
Setiap mobil dikurangin 200ml aja , lumayan tuh penghematannya :upss:
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by tj4hj4di »

Mau tanya apakah semua mobil matic CVT, olinya akan sama yg penting ada tulisan CVT jgn ATF ? apakah demikian
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2314
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by sahabatq8 »

tj4hj4di wrote: Fri Sep 27, 2024 8:31 Mau tanya apakah semua mobil matic CVT, olinya akan sama yg penting ada tulisan CVT jgn ATF ? apakah demikian
Kebanyakan iya, tapi belum tentu. Camry Hybrid CVT pakenya ATF.
Mobilnya apa?
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by tj4hj4di »

sahabatq8 wrote: Fri Sep 27, 2024 8:44
tj4hj4di wrote: Fri Sep 27, 2024 8:31 Mau tanya apakah semua mobil matic CVT, olinya akan sama yg penting ada tulisan CVT jgn ATF ? apakah demikian
Kebanyakan iya, tapi belum tentu. Camry Hybrid CVT pakenya ATF.
Mobilnya apa?
Chery Tiggo
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1644
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by pengendiesel »

Suryaputra wrote: Fri Sep 27, 2024 6:08
sy inget 6 thn lalu,
masih kondisi baru.

mobilio saya klo pindah gigi dr N ke D,
atau N ke R
itu jedanya hampir 1 detik.

Trus ganti pk HCF2 jg,
tapi pk fine tuning ala mbah suhu warga SM.
jadi habis sekitar 3.8 liter-an lah.

- Beli Kemasan galon, ditambah kemasan 0,8 liter (contohnya spt ini: https://www.blibli.com/p/08269p99z9fn1-oli-hcf2-0-8-l)

hasilnya lbh enak dong,
pindah dari N ke R atau ke D, lbh responsif dan cepet.

tp klo dah panas, habis nanjak gunung, sampai suhu ATF nya 120C,
tetap lbh enak pas pakai Q8 CVT Evo.
Jeda 1 detik :mky_07:
Cvt evo enaknya gimana mbah? compared ke hcf
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11994
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic

Post by Suryaputra »

pengendiesel wrote: Mon Sep 30, 2024 7:13
Suryaputra wrote: Fri Sep 27, 2024 6:08
sy inget 6 thn lalu,
masih kondisi baru.

mobilio saya klo pindah gigi dr N ke D,
atau N ke R
itu jedanya hampir 1 detik.

Trus ganti pk HCF2 jg,
tapi pk fine tuning ala mbah suhu warga SM.
jadi habis sekitar 3.8 liter-an lah.

- Beli Kemasan galon, ditambah kemasan 0,8 liter (contohnya spt ini: https://www.blibli.com/p/08269p99z9fn1-oli-hcf2-0-8-l)

hasilnya lbh enak dong,
pindah dari N ke R atau ke D, lbh responsif dan cepet.

tp klo dah panas, habis nanjak gunung, sampai suhu ATF nya 120C,
tetap lbh enak pas pakai Q8 CVT Evo.
Jeda 1 detik :mky_07:
Cvt evo enaknya gimana mbah? compared ke hcf
Bedanya yg terasa di pantat dan qolbu:
- Klo dah panas, habis nanjak gunung terutama
- Ketika dipush di tol

itu klo dipush, atau habis nanjak gunung, ATF temp nya bisa 115-120C
prnh sy post screenshotnya di sini, dr bacaan scanner OBD :upss:

klo jalan santai / push and gelinding / dalkot sih gakda bedanya
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri