Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4111
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by kunaskun »

Di hari yang panas, seperti biasa ada kenalan minta tolong cek harga Creta dan diskon, ya karena pas lewat dealership di daerah saya jadi mampir d. kebetulan belum pernah, jadi ya sekalian dah.

Dealer ini "baru" menempati bangunan ex Nissan. retouch sana sini, voila, di jumat siang, aktifitas bengkel dan dealer pun sepi entah karena solat Jumat atau mungkin karena merek "baru" jadi bahkan service stall di bagian belakang pun kosong melompong. hanya ada beberapa stargazer yang sedang PDI sepertinya. Ngobrol dengan Sales, surprisingly, bahkan Ioni 5 pun bisa TD tapi ya dengan jadwal karena unitnya dijadiin kelilingan Jawa Tengah (praktek lumrah di jateng bahkan sekelas Nasmoco dan Daihatsu pun begitu).

Sales minta SIM, kendaraan di ambil di belakang.

Exterior
Looks hyundai "matrix" fascia mulai terlihat out-dated dengan adanya santa FE baru dan Palisade facelift, di wiki uniknya tampang depan Creta ini sepertinya berbeda2 di tiap region atau negara. saya si sejak awal netral dengan tampilan ini, toh setidaknya masih ada ciri khas kendaraan "global" sama halnya dengan Corolla Cross. nyaris tidak ada sudut tajam, banyak melendung2, hanya potongan lampu depan dan belakang yang bikin "mikir" pas lihat di jalanan.

yang agak unik di roda. kesannya "kecil" tapi ternyata normal di 17".
Bagian belakang saya malah suka dengan desain lampu yg juga kontroversial, karena pas malam unik aja liat lampu vertikal "terputus" gitu, karena kalau nyambung semua berasa lihat bus akap :mky_03:

Interior
buka pintu, terasa solid, sayang ga sempet ketok2 panel pintu supaya sah jadi reviewer mobil Indo. remote lumayan berat ya. Duduk, berasa ini bangku agak kecil mungkin perasaan saja dan modelnya semi bucket dengan leather dan busa agak keras (tidak sekeras eropa tentunya).

kesan pertama dashboard: global car banget, tidak ada keajaiban, tapi suatu "maturity" dari global brand. Its just darkish, black accent, piano black, silver panel, blue ambient light. plain old proven color. I like it. sayang dinodai dengan kebersihan interior yang berantakan lengkap dengan bau2an khas sering dipakai driver ngerokok sambil jalan, yang sales pun notice dan bilang ya pak ini kendaraan operasional juga, barengan stargazer. tapi ya sudahlah. kilometer sudah 12 ribu.

dashboard dengan head unit yang agak turun tidak diatas dashboard, memperlihatkan "umur" kendaraan ini, tapi tidak masalah, karena kadang diatas dashboard agak ganggu juga si pas malam hari karena silau. pencet2 sana sini, entah kenapa "feel" dari material dan tombol2 berasa mobil Tiongkok seperti Wuling ya, its not cheap feel for sure, tapi aneh aja bikin otak mikir ini mobil korea atau tiongkok :big_think:

UI Head unit sudah baru, khas hyundai kia, salah satu yg terbaik menurut saya, ga banyak aneh2, udah gitu saja dengan icon2. pengaturan AC lengkap, yg unik tombol EPB dan Auto Hold tidak ada indikator tapi tombol Central Door Lock malah ada :ungg:

Iseng liat plafon, kaget juga, baru tau Creta itu panoramic roof. buka penutupnya, terdengar bunyi motor yang agak kasar, hmmm sepertinya butuh perawatan atau mungkin seperti itu. untunya materialnya dari kain yang cukup tebal jadi tidak terlalu panas di siang hari pantura.

Image

Driving

setel jok dan steering wheel, injak rem, shifter stick model pesawat digeser terasa sangat solid, semua jepang di kelas harga segini kalah semua, malah kayanya mesti level Jepang 1 Miliar kali :big_exellent: feelnya itu enak banget, material terasa mewah.

injek gas dikit, respon gas pas, sedikit berbobot, rem juga sama hanya travel rem cenderung agak dalam. injek gas lagi lebih dalam tarikan mesin 1500cc tidak kasih impresi apapun, hanya cukup saja. transmisi IVT (CVT) ini halus banget tapi sigap, gejala CVT rubber band sangat minimal raungan mesin bisa diikuti transmisi dengan baik, again Jepang di harga segini harus malu, masa kalah sama anak kemaren sore :big_slap:

pindah ke manual mode, driving mode ke Sport, voila, tidak tambah kencang :mky_04: tapi respon pindah gigi beneran mirip mobil manual lengkap dengan "boing2 di rev counter" bisalah kasih nyengir sedikit, its artifical and fake karena jelas suara mesin ga kaya gitu, but its fun :big_biglaugh:

steering wheel, grip agak kecil dan leathernya keras, hmmm saya tidak suka tapi ya ini subyektif ya. diajak muter2 enak, rasanya tentu saja "mati" khas EPS tapi smart enough buat manuver di dalkot karena gimana juga ini mini SUV habitat dalkot tapi kasih feel cukup di kecepatan menengah terutama jalanan beton khas pantura. yang menganggu: kickback dari Lane Keeping Assist, terlalu intrusif bikin kesan kaya roda keganjel apa gitu, solusi: pindah jalur pake sen, masalahnya marka jalan di Indonesia tau sendiri lah seperti apa nah jadilah dikit itu steer ngomel2, ga cuma itu lepas satu tangan saja dalam hitungan sekian detik udah ngomel2 tu di speedometer :mky_04:

but the good thing is, Lane Keeping Assist so easy to use, pencet sekali di steering wheel, pencet cruise control, voila, beban hidup berkurang sekian puluh persen, Sayangnya karena ya sesuai generasi belum bisa adaptive cruise control.

Bantingan? Terbaik di kelasnya sepertinya, saya belum coba HRV 2023 tapi saya tidak tertarik karena sudah tau akan terganggu dengan fitur suara roda Honda. Kalau genzet generasi tiktok mendang mending akan pilih kendaraan Tiongkok dengan segudang fitur, Hyundai kasih best bang for the Drive and ride quality. Bahkan dengan ban Goodyear ATM2 dengan tekanan 37 psi rata di speedometer (kecuali di kanan belakang 31 psi sepertinya bocor halus), Creta memberi kenyamanan di pantat anda terutama di jalur pantura. Limbung tentu saja, torque steering tentu saja, tapi bantingan suspensinya luar biasa, its tackle the road very well, padahal CUMA TORSION BEAM REAR AXLE. Again, japanese brand should shame, especially all the accountant team :big_biglaugh:

Image


NV
H
audio ga saya cek, karena sudah terlanjur terkesima dengan kesenyapan mobil ini yang hargaya "cuma" 400 juta ini, standard gini saja sudah senyap banget, suara gesekan roda tipis2 tentu saja ada apa yg diharapkan dari kualitas jalanan cor beton pantura, praktis hanya suara klakson saja yang terdengar. amazing. suara angin dari jendela sepertinya masih sedikit bocor tapi ya itu karena road noise dari jalanan sudah teredam jadi suara lain kedengeran. :big_sorry:


Conclusion

ya faktor "dosa" masa lalu, brand image, dealership, dan attack wave from China brand bikin merek ini kurang maksimal pergerakannya. tapi untuk para pembelinya, selamat anda beneran beli mobil. :big_deal: apakah saya akan beli? for sure kalau ada budget dan saya harus cek dulu gimana kinerja authorized workshop di daerah saya. karena disini yg handle dari Maju Motor Group bukan Hyundai Indonesia langsung.

tiny litte things
- setting speedo sepertinya untuk orang tinggi karena derajat dan posisinya seperti "tilting" ke depan.
- spion luar itu nyebelin, bentuk cermin ga sesuai dengan potongan body panel
- spion tengah kecilnya ga ketolongan
- tombol2 terkesan gelap banget apalagi EPB ga tau d kalau malem gimana mencetnya itu, apalagi banyak indikator dari tombol dipindah ke speedo.
- auto hold EPB seperti loncat pas disengage, sepertinya delay-nya terlalu cepat dan kurang sensitif dengan injekan gas.
- tidak ada rain sensor tapi ada auto headlight lengkap dengan auto high beam
- tombol drive mode/traction agak aneh, biasanya pencet akan pilih drive atau traction lalu puter2 opsi, ini malah pencet buat pilih traction mode, puter2 buat drive mode.
- bangku belakang lebih mendelep dari bangku depan, seperti european style, tapi masalahnya busa jok rasanya tipis di pantat saya :ungg: bikin rada kurang nyaman
- keluar masuk bangku belakang berasa sempit, dan floor lip termasuk tinggi, rentan kesandung d.

Image
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 849
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by rakyatwkwkland »

Creta mah bukan barang global kalik om? :big_think: Yg lbh utk pasar global itu kona ga sih?

Yg rada bikin ane ketawa, kata oom mobilnya bau rokok tp padahal di foto interiornya keliatan ada tanda dilarang merokok :ngacir:

Anyway, nais ripiu oom
1203L
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Wed Mar 14, 2018 4:43
Location: Semarang
Daily Vehicle: Honda Beat

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by 1203L »

Mantabs reviunya om kunaskun. Suspensi firm ke arah mobil eropa kali ya. Creta tp versi bekas jd salah satu incaran ane krn prnah test drive jg pas ada pameran di mall di jakut th lalu. Utk sisi fun drive menurut sy jg ga kalah dg hrv terbaru krn prnah nyetir yg versi special edition milik tmn. cuma klo soal desain ane pribadi lebih suka hrv apalagi yg wrna khaki. tp bekasnya pun jg msh mahal 😂
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2785
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by KielConstantine »

rakyatwkwkland wrote: Sun Sep 29, 2024 12:58 Creta mah bukan barang global kalik om? :big_think: Yg lbh utk pasar global itu kona ga sih?
Creta setau ane jg buat pasar low emerging country macem prindapan jg wkwk… cuman emang full ckd sini sih

Btw yg facelift nya bagus loh, bokongnya jg lebih proper modelnya drpd yg pre-fl. Harusnya bntr lg launching sih

Image

Image

Tinggal liat aja semoga build quality nya bagus. Biar berasa bayarin mobil 400jt :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by Jenson »

KielConstantine wrote: Sun Sep 29, 2024 15:33
rakyatwkwkland wrote: Sun Sep 29, 2024 12:58 Creta mah bukan barang global kalik om? :big_think: Yg lbh utk pasar global itu kona ga sih?
Creta setau ane jg buat pasar low emerging country macem prindapan jg wkwk… cuman emang full ckd sini sih

Btw yg facelift nya bagus loh, bokongnya jg lebih proper modelnya drpd yg pre-fl. Harusnya bntr lg launching sih

Image

Image

Tinggal liat aja semoga build quality nya bagus. Biar berasa bayarin mobil 400jt :upss:
IMO ni mobil abis FL malah menurut ane tampang depannya jadi culun, walo pantatnya jd normal. Mending muka kemarin, pantat facelift, mantep sih lgsg
RCMN
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by RCMN »

Jenson wrote: Sun Sep 29, 2024 17:36IMO ni mobil abis FL malah menurut ane tampang depannya jadi culun, walo pantatnya jd normal. Mending muka kemarin, pantat facelift, mantep sih lgsg
Nah, seleranya sama nih ama gw. Menurut gw juga depannya bagusan yg pre-FL, belakangnya bagusan yg FL ini.
Ini mobil yang bikin gw gak jadi ambil ya itu model pantatnya ama model setirnya doang.
Sisanya menurut gw lebih baik semua dari rival2 di kelasnya.
Akhirnya ambil haerpeh kemaren.

Jadinya harus bersabar pake shifter yg terasa murahan, CVT yg kadang ndut2an pas AC kerja, dan road noise yg aduhai.
:upss:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11139
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by Suryaputra »

RCMN wrote: Mon Sep 30, 2024 3:52
Jenson wrote: Sun Sep 29, 2024 17:36IMO ni mobil abis FL malah menurut ane tampang depannya jadi culun, walo pantatnya jd normal. Mending muka kemarin, pantat facelift, mantep sih lgsg
Nah, seleranya sama nih ama gw. Menurut gw juga depannya bagusan yg pre-FL, belakangnya bagusan yg FL ini.
Ini mobil yang bikin gw gak jadi ambil ya itu model pantatnya ama model setirnya doang.
Sisanya menurut gw lebih baik semua dari rival2 di kelasnya.
Akhirnya ambil haerpeh kemaren.

Jadinya harus bersabar pake shifter yg terasa murahan, CVT yg kadang ndut2an pas AC kerja, dan road noise yg aduhai.
:upss:
Peredaman road noise nya konsisten gak tuh?...

Jgn kayak xpander, setelah lewat 20rb km cukup aduhai.

Sungguh itu xpander lbh berisik dikit kaki dan road noisenya, daripada HRV RU pny temen yg dah jalan 60rb km, pakai dunlop sportmaxx

Klo HRV road noisenya cukup konsisten dr baru, sampai ban menuju twi tipisnya.
BQ juga lbh baik, ya namanya kelas global yaa. :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4757
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by Pboyz97 »

nice review om

mobil ini memang punya bq , fitur & road noise yg cukup oke dikelasnya. walaupun desain belakangnya bkn selera semua orang hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4111
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by kunaskun »

rakyatwkwkland wrote: Sun Sep 29, 2024 12:58 Creta mah bukan barang global kalik om? :big_think: Yg lbh utk pasar global itu kona ga sih?
ah iya, saya salah, saya kira selama ini: Creta itu adiknya Kona :big_dunno:
Yg rada bikin ane ketawa, kata oom mobilnya bau rokok tp padahal di foto interiornya keliatan ada tanda dilarang merokok :ngacir:

Anyway, nais ripiu oom
ya begitulah negara wakanda :big_biglaugh:
KielConstantine wrote: Sun Sep 29, 2024 15:33 Creta setau ane jg buat pasar low emerging country macem prindapan jg wkwk… cuman emang full ckd sini sih
iya saya salah, setelah di wiki ternyata kategori BRICS = half global, lumayanlah :big_biglaugh:
Btw yg facelift nya bagus loh, bokongnya jg lebih proper modelnya drpd yg pre-fl. Harusnya bntr lg launching sih

Image

Image

Tinggal liat aja semoga build quality nya bagus. Biar berasa bayarin mobil 400jt :upss:
ckd belakangnya malah saya jadi tidak suka :big_biglaugh:

400 juta paling worth menurut saya saat ini tapi ya itu mesti cari info lagi ke user grupnya apa saja kelemahan dan penyakitnya apalagi beres yang belum sehebat jepang :big_think:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4111
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by kunaskun »

RCMN wrote: Mon Sep 30, 2024 3:52 Sisanya menurut gw lebih baik semua dari rival2 di kelasnya.
Akhirnya ambil haerpeh kemaren.

Jadinya harus bersabar pake shifter yg terasa murahan, CVT yg kadang ndut2an pas AC kerja, dan road noise yg aduhai.
:upss:
lah malah plot twist :big_biglaugh:

kalau Creta ada varian hybrid bakal lebih seru lagi nih, ya batere ga usah gede2 lah kaya yaris cross :big_exellent:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4111
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Mon Sep 30, 2024 3:58 Sungguh itu xpander lbh berisik dikit kaki dan road noisenya, daripada HRV RU pny temen yg dah jalan 60rb km, pakai dunlop sportmaxx

Klo HRV road noisenya cukup konsisten dr baru, sampai ban menuju twi tipisnya.
fitur honda ya, konsisten berisik :big_slap:

tapi baru tau xpander itu lama2 jadi berisik, padahal berapa kali naik selalu amaze dengan senyapnya :big_smoking:
Pboyz97 wrote: Mon Sep 30, 2024 4:06 nice review om

mobil ini memang punya bq , fitur & road noise yg cukup oke dikelasnya. walaupun desain belakangnya bkn selera semua orang hehe
:big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
saya malah suka pantatnya :mky_03:
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by Jenson »

RCMN wrote: Mon Sep 30, 2024 3:52
Jenson wrote: Sun Sep 29, 2024 17:36IMO ni mobil abis FL malah menurut ane tampang depannya jadi culun, walo pantatnya jd normal. Mending muka kemarin, pantat facelift, mantep sih lgsg
Nah, seleranya sama nih ama gw. Menurut gw juga depannya bagusan yg pre-FL, belakangnya bagusan yg FL ini.
Ini mobil yang bikin gw gak jadi ambil ya itu model pantatnya ama model setirnya doang.
Sisanya menurut gw lebih baik semua dari rival2 di kelasnya.
Akhirnya ambil haerpeh kemaren.

Jadinya harus bersabar pake shifter yg terasa murahan, CVT yg kadang ndut2an pas AC kerja, dan road noise yg aduhai.
:upss:
Ini CVT endut2an maksudnya CVT HRV om?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11139
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Mon Sep 30, 2024 4:26
Suryaputra wrote: Mon Sep 30, 2024 3:58 Sungguh itu xpander lbh berisik dikit kaki dan road noisenya, daripada HRV RU pny temen yg dah jalan 60rb km, pakai dunlop sportmaxx

Klo HRV road noisenya cukup konsisten dr baru, sampai ban menuju twi tipisnya.
fitur honda ya, konsisten berisik :big_slap:

tapi baru tau xpander itu lama2 jadi berisik, padahal berapa kali naik selalu amaze dengan senyapnya :big_smoking:
Ya buat dalkot cukup ok

Tp Klo di tol, apalagi jalur cikampek, ketemu aspal kasar, ya mayan ganggu road noisenya.

Mbl kantor FL CVT, yg dah jalan 20rb an km juga mirip2.
Beda banget sama waktu baru keluar diler.

Jadi gak konsisten peredaman road noise nya.
Php di awal / gak konsisten

Makanya sy lbh megang long term review (setelah lewat 20rb km).

Long term review sih, HRV better than xpander ya peredaman road noise dan kaki nya.

Inteiornya juga less rattle si HRV even udh jalan 60rb km an sy perhatikan pny teman. :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2205
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by sahabatq8 »

Creta ini untuk dalam kota enak bgt, settingan suspensinya pass, mesin juga sangat responsive cvtnya. Tapi kalo suka ngebut /sering jalan luar kota ampun dah, itu bantingan limbung banget 140 udah serem.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4111
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Mon Sep 30, 2024 5:13 Ya buat dalkot cukup ok

Tp Klo di tol, apalagi jalur cikampek, ketemu aspal kasar, ya mayan ganggu road noisenya.

Mbl kantor FL CVT, yg dah jalan 20rb an km juga mirip2.
Beda banget sama waktu baru keluar diler.

Jadi gak konsisten peredaman road noise nya.
Php di awal / gak konsisten
ohh unik ya bisa menurun peredamannya, padahal ban bawaan emang dari awal ban eco kan yang ga mentingin senyap
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4111
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by kunaskun »

sahabatq8 wrote: Mon Sep 30, 2024 5:44 Creta ini untuk dalam kota enak bgt, settingan suspensinya pass, mesin juga sangat responsive cvtnya. Tapi kalo suka ngebut /sering jalan luar kota ampun dah, itu bantingan limbung banget 140 udah serem.
saya waktu TD di jalur pantura, mentok 80 kpj itu saja sesaat untuk nyalip. tapi memang ada sedikit rasa "oleng" di belakang ketika cruising, tapi saya anggap normal lah apalagi indikator tyre pressure nunjukin ban kanan belakang lebih kempes dari ban lain. dan memang sepertinya ngejar empuk ya.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11139
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Mon Sep 30, 2024 6:10
sahabatq8 wrote: Mon Sep 30, 2024 5:44 Creta ini untuk dalam kota enak bgt, settingan suspensinya pass, mesin juga sangat responsive cvtnya. Tapi kalo suka ngebut /sering jalan luar kota ampun dah, itu bantingan limbung banget 140 udah serem.
saya waktu TD di jalur pantura, mentok 80 kpj itu saja sesaat untuk nyalip. tapi memang ada sedikit rasa "oleng" di belakang ketika cruising, tapi saya anggap normal lah apalagi indikator tyre pressure nunjukin ban kanan belakang lebih kempes dari ban lain. dan memang sepertinya ngejar empuk ya.
nah di bagian belakang ini emg berasa gak confident klo mau nyalip.
kyk ada gejala oleng / ngambang ngiri nganan pas zig zag.

dalam kota padahal.

jauh banget handlingnya sama Honda Family :big_biglaugh:

menangnya creta ini:
- respon cvt nya
- sound bose lumayan nambahin deep bass
- kedap untuk pemakaian awal

untuk long term usage, harus dibuktikan dl.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RCMN
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by RCMN »

Suryaputra wrote: Mon Sep 30, 2024 3:58 Peredaman road noise nya konsisten gak tuh?...

Jgn kayak xpander, setelah lewat 20rb km cukup aduhai.

Sungguh itu xpander lbh berisik dikit kaki dan road noisenya, daripada HRV RU pny temen yg dah jalan 60rb km, pakai dunlop sportmaxx

Klo HRV road noisenya cukup konsisten dr baru, sampai ban menuju twi tipisnya.
BQ juga lbh baik, ya namanya kelas global yaa. :big_biglaugh:
Sejauh ini pake 1,5 tahun sih road noise-nya HRV cukup konsisten, konsisten berisiknya hahaha terutama pas kecepatan tinggi lewat jalan beton.
BQ HRV cukup oke, meskipun dari awal ada rattle kecil di area pilar B yg sampe sekarang belum ketemu2 solusinya ama orang bengkel.
Jenson wrote: Mon Sep 30, 2024 5:00 Ini CVT endut2an maksudnya CVT HRV om?
Iya om, di HRV sy kadang ndut2an kalo lagi low speed DAN kompresor AC pas sedang kerja. Selain momen itu, mulus sih.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2205
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Mon Sep 30, 2024 6:18
kunaskun wrote: Mon Sep 30, 2024 6:10
sahabatq8 wrote: Mon Sep 30, 2024 5:44 Creta ini untuk dalam kota enak bgt, settingan suspensinya pass, mesin juga sangat responsive cvtnya. Tapi kalo suka ngebut /sering jalan luar kota ampun dah, itu bantingan limbung banget 140 udah serem.
saya waktu TD di jalur pantura, mentok 80 kpj itu saja sesaat untuk nyalip. tapi memang ada sedikit rasa "oleng" di belakang ketika cruising, tapi saya anggap normal lah apalagi indikator tyre pressure nunjukin ban kanan belakang lebih kempes dari ban lain. dan memang sepertinya ngejar empuk ya.
nah di bagian belakang ini emg berasa gak confident klo mau nyalip.
kyk ada gejala oleng / ngambang ngiri nganan pas zig zag.

dalam kota padahal.

jauh banget handlingnya sama Honda Family :big_biglaugh:

menangnya creta ini:
- respon cvt nya
- sound bose lumayan nambahin deep bass
- kedap untuk pemakaian awal

untuk long term usage, harus dibuktikan dl.
Mobil calon mertua, saat ini di 32rb km, shocknya masih ok. Mobil relative rattle free, cuma kalo polisi tidur yang tinggi bgt harus agak pelan ato gak shock depan bisa bottom out. Selebihnya Comfort masih bagus. Cvt rasanya sama aja dibanding pas baru. Kedapnya jg sama
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1621
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by pengendiesel »

Suryaputra wrote: Mon Sep 30, 2024 6:18
nah di bagian belakang ini emg berasa gak confident klo mau nyalip.
kyk ada gejala oleng / ngambang ngiri nganan pas zig zag.

dalam kota padahal.

jauh banget handlingnya sama Honda Family :big_biglaugh:

menangnya creta ini:
- respon cvt nya
- sound bose lumayan nambahin deep bass
- kedap untuk pemakaian awal

untuk long term usage, harus dibuktikan dl.
Handlingnya bisa enak apa mungkin ketolong seting cember?
Pas terakhir spuring, tukang spuringnya bilang kalo honda2 cembernya parah. Makan ban sisi dalam
gboooster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Mon May 17, 2021 7:59
Location: Surabaya
Daily Vehicle: GE8 RS AT - All New HRV SE

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by gboooster »

pengendiesel wrote: Mon Sep 30, 2024 7:11
Suryaputra wrote: Mon Sep 30, 2024 6:18
nah di bagian belakang ini emg berasa gak confident klo mau nyalip.
kyk ada gejala oleng / ngambang ngiri nganan pas zig zag.

dalam kota padahal.

jauh banget handlingnya sama Honda Family :big_biglaugh:

menangnya creta ini:
- respon cvt nya
- sound bose lumayan nambahin deep bass
- kedap untuk pemakaian awal

untuk long term usage, harus dibuktikan dl.
Handlingnya bisa enak apa mungkin ketolong seting cember?
Pas terakhir spuring, tukang spuringnya bilang kalo honda2 cembernya parah. Makan ban sisi dalam
Jadi kepikiran, apakah negative camber maupun settingan kaki-kaki lainnya ini yang jadi biang kerok road noise honda?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11139
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by Suryaputra »

pengendiesel wrote: Mon Sep 30, 2024 7:11
Suryaputra wrote: Mon Sep 30, 2024 6:18
nah di bagian belakang ini emg berasa gak confident klo mau nyalip.
kyk ada gejala oleng / ngambang ngiri nganan pas zig zag.

dalam kota padahal.

jauh banget handlingnya sama Honda Family :big_biglaugh:

menangnya creta ini:
- respon cvt nya
- sound bose lumayan nambahin deep bass
- kedap untuk pemakaian awal

untuk long term usage, harus dibuktikan dl.
Handlingnya bisa enak apa mungkin ketolong seting cember?
Pas terakhir spuring, tukang spuringnya bilang kalo honda2 cembernya parah. Makan ban sisi dalam
sasisnya juga rigid,
suspensi juga cenderung firm.
jadi makanya enak nekuk2

tp road noisenya jadinya above average.
tp konsisten koq :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by Kaleng »

RCMN wrote: Mon Sep 30, 2024 6:35 Iya om, di HRV sy kadang ndut2an kalo lagi low speed DAN kompresor AC pas sedang kerja. Selain momen itu, mulus sih.
ini sptnya bukan isu di cvt om, di honda saya yg 1500cc umur 10 tahun, gejala ini akan sembuh setelah tune up, namun pasti akan balik lagi nanti pertanda butuh tuneup lagi.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by darrelund »

nice repiu

klo gress baru emang yoondey ginian ga telalu menarik

cuma klo bekas, nah itu lain cerita :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Test Drive: Hyundari Creta Prime 2023 IVT

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Mon Sep 30, 2024 6:18
jauh banget handlingnya sama Honda Family :big_biglaugh:

menangnya creta ini:
- respon cvt nya
- sound bose lumayan nambahin deep bass
- kedap untuk pemakaian awal

untuk long term usage, harus dibuktikan dl.
hyundai klo selain N line up (bukan N-line) emang gapernah juwalan driving dynamics apalagi juwalan ngebut di trek gravel

sama kyk kia, mrk juwalan nyaman, efisien, praktis & refinement

approach mobil mrk itu sama kyk subaru, ga neko"

ga juwalan naik kuda apalagi dongeng halu sama juara reli