Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
the-mantal wrote: ↑Tue Sep 03, 2024 13:34
DCVT yak...
Saran ane sbg pengguna xenia cvt :
- Sering2 lah masuk S kl di kec rendah
- pulse and glide klo di D (pulse nya jgn pelan2, at least rpm di 1500 keatas)
- mode manual utk turunan / naikan di parkiran
Moga2 ada yg bs remap beneran deh
om...iseng cobain dah...
saya install kabel ground tambahan kayaknya sih ada efek2nya
yg paling ngefek kayaknya yg kabel dari baut dudukan throttle body ke minus aki...perasaan mobil skrg injekan throttle-nya lbh ga delay ama matic-nya lbh respons aja
ada kabel lain yg sy pasang ke salah satu baut nganggur di dudukan shock depan kiri & ecu..tp kayaknya yg paling ngefek yg ke TB itu
kabelnya sy pake NYFIN, kalo googling sih infonya ini tahan panas
Suryaputra wrote: ↑Tue Oct 01, 2024 4:34 No debat, by data OBD, much better di N
why?...
Ketika di posisi N
- Fuel Cons -/+0.7 liter per jam
- ATF Temp cenderung turun
Ketika di posisi D
- Fuel Cons -/+1.1 liter per jam
- ATF Temp cenderung nahan dan lama turun
Selisih 0.4 liter per jam.
bayangin klo macetnya total sebulan (minimal) 30 jam.
Penghematan 30 hari x 0.4 liter per jam = 12 liter = >150rb seliter
blm lagi risiko makin panas krn gesekan, aus, rantai cvt putus
ini casenya di mesin 1500cc yahh
Klo hybrid beda lg, lom prnh nyoba.
Krn ada bbrp metode hrs D untuk charge batre.
Nah ini mantap
Gak pake tebak2an a,b,c,d,dst.
Untung selama ini saya tim di n waktu lamer
Aneh saja mobil harusnya jalan merayap, tapi harus ditahan pake rem supaya stop.
Nah kalo fitur brakehold itu gmn ceritanya yah, dia kan nonstop ngerem di d selama lamer
Suryaputra wrote: ↑Tue Oct 01, 2024 4:34 No debat, by data OBD, much better di N
why?...
Ketika di posisi N
- Fuel Cons -/+0.7 liter per jam
- ATF Temp cenderung turun
Ketika di posisi D
- Fuel Cons -/+1.1 liter per jam
- ATF Temp cenderung nahan dan lama turun
Selisih 0.4 liter per jam.
bayangin klo macetnya total sebulan (minimal) 30 jam.
Penghematan 30 hari x 0.4 liter per jam = 12 liter = >150rb seliter
blm lagi risiko makin panas krn gesekan, aus, rantai cvt putus
ini casenya di mesin 1500cc yahh
Klo hybrid beda lg, lom prnh nyoba.
Krn ada bbrp metode hrs D untuk charge batre.
Nah ini mantap
Gak pake tebak2an a,b,c,d,dst.
Untung selama ini saya tim di n waktu lamer
Aneh saja mobil harusnya jalan merayap, tapi harus ditahan pake rem supaya stop.
Nah kalo fitur brakehold itu gmn ceritanya yah, dia kan nonstop ngerem di d selama lamer
Tetep pindahin ke N aja om waktu brake hold nya nyala
Tetep aktif kok hold nya biar ditaro ke N
Haha sih, masalah oli transmisi ini jadi lama rame-nya. Ga cukup doang ganti oli biasa, tapi harus pakai mesin khusus gitu? Terus kebanyakan dari kita mesti trials and errors terus, eh tapi ada gitu yg langsung ignore, padahal sebenernya ini masalahnya biasa aja ya? Kebanyakan orang juga ngalamin hal yang sama, terus kayaknya developers juga ga peduli.
Om2 suhu dan sesepuh, minta masukannya terkait penggantian oli transmisi DCT Santa Fe diesel. Oli DCT apa yg direkomendasikan, mengingat pabrikan di sini gak menyediakan oli yg sesuai permintaan dlm buku manualnya?
feri307 wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 6:58
Om2 suhu dan sesepuh, minta masukannya terkait penggantian oli transmisi DCT Santa Fe diesel. Oli DCT apa yg direkomendasikan, mengingat pabrikan di sini gak menyediakan oli yg sesuai permintaan dlm buku manualnya?
di beres gak jual?
Specnya yg setara GS Caltex WDCTF HD G 70W
ini masuk kategori low visco,
- Visco 100 derajat C nya di 5 koma.
- Visco 40 C nya di 20 an.
jarang yg jual di sini
Makin ke sini, oli makin encer buat ngejer sensasi resing
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RetroNinja wrote: ↑Tue Oct 01, 2024 16:53
Haha sih, masalah oli transmisi ini jadi lama rame-nya. Ga cukup doang ganti oli biasa, tapi harus pakai mesin khusus gitu? Terus kebanyakan dari kita mesti trials and errors terus, eh tapi ada gitu yg langsung ignore, padahal sebenernya ini masalahnya biasa aja ya? Kebanyakan orang juga ngalamin hal yang sama, terus kayaknya developers juga ga peduli.
Oli transmisi punya sifat mengembang saat panas, dan menyusut saat dingin. Contohnya bisa lihat di ilustrasi:
Ilustrasi Oli Transmisi.jpg
Jika kita cek dan isi saat suhu kendaraan dingin (sebelum nyala di pagi hari) maka jumlah oli transmisi bakal memuai dan menjadi kebanyakan (overfill).
Jika kita cek dan isi saat suhu kendaraan panas (sesudah nyala 30 menit) maka jumlah oli transmisi bakal menyusut dan menjadi lebih sedikit (underfill).
Kebanyakan petunjuk mobil menyarankan cek dan isi oli transmisi di temp 40c (sekitar 3-5 menit mobil nyala di pagi hari). Itulah cara yang benar.
Tapi kalo mobilnya dibawa ke bengkel yang jaraknya 30 menit untuk cek dan isi oli transmisi, makanya kemungkinan besar mobil terlanjur panas dan bakal underfill ke depannya.
Oh ya nurunin suhu oli transmisi itu LUAAAMA BANGET. Jadi kalo mau nurunkan dari 80c ke 40c ya siap2 nunggu 3-4 jam.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Andhyka on Thu Oct 03, 2024 7:51, edited 2 times in total.
RetroNinja wrote: ↑Tue Oct 01, 2024 16:53
Haha sih, masalah oli transmisi ini jadi lama rame-nya. Ga cukup doang ganti oli biasa, tapi harus pakai mesin khusus gitu? Terus kebanyakan dari kita mesti trials and errors terus, eh tapi ada gitu yg langsung ignore, padahal sebenernya ini masalahnya biasa aja ya? Kebanyakan orang juga ngalamin hal yang sama, terus kayaknya developers juga ga peduli.
Oli transmisi punya sifat mengembang saat panas, dan menyusut saat dingin. Contohnya bisa lihat di ilustrasi:
Ilustrasi Oli Transmisi.jpg
Jika kita cek dan isi saat suhu kendaraan dingin (sebelum nyala di pagi hari) maka jumlah oli transmisi bakal memuai dan menjadi kebanyakan (overfill).
Jika kita cek dan isi saat suhu kendaraan panas (sesudah nyala 30 menit) maka jumlah oli transmisi bakal menyusut dan menjadi lebih sedikit (underfill).
Kebanyakan petunjuk mobil menyarankan cek dan isi oli transmisi di temp 40c (sekitar 3-5 menit mobil nyala di pagi hari). Itulah cara yang benar.
Tapi kalo mobilnya dibawa ke bengkel yang jaraknya 30 menit untuk cek dan isi oli transmisi, makanya kemungkinan besar mobil terlanjur panas dan bakal underfill ke depannya.
Oh ya nurunin suhu oli transmisi itu LUAAAMA BANGET. Jadi kalo mau nurunkan dari 80c ke 40c ya siap2 nunggu 3-4 jam.
klo lihat ilustrasi, panas malah mengembang kan ?
jd bisa overfill klo dicek terlalu panas.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 7:49
klo lihat ilustrasi, panas malah mengembang kan ?
jd bisa overfill klo dicek terlalu panas.
jadi keinget pernah baca dimana ada soal overfill, ada yg blg gini: seapesnya sejeleknya overfill paling bikin mobil jalannya berat, tinggal dikurangi atau kadang ada yg bisa keluar sendiri lewat jalur breather, nah kalau underfill ini yang bikin repot karena ga ketahuan apalagi transmisi tanpa dipstick dan setelah pengisian ga ngikutin prosedur pabrikan cuma modal kebiasaan saja misal scan ulang, cek bagian transmisi, run check, ada juga yg wajib test jalan terus balik lagi, dsb.
feri307 wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 6:58
Om2 suhu dan sesepuh, minta masukannya terkait penggantian oli transmisi DCT Santa Fe diesel. Oli DCT apa yg direkomendasikan, mengingat pabrikan di sini gak menyediakan oli yg sesuai permintaan dlm buku manualnya?
Kita supply ke beberapa Hyundai dealer resmi. Pake Q8 DCT EVO bisa. Oli transmisinya ini agak tricky, soalnya sae 70gl4 padahal dia wet clutch. Tapi so far pake Q8 aman sih
feri307 wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 7:36
Gak jual, om. La wong BeRes sendiri bilang "gak perlu ganti, Pak. Nanti aja di 150rb sesuai buku servis" wkwkwkwk
Ini saya rencana gantinya setelah selesai masa inreyen transmisi DCT (kalo di bukman, setelah 1500km).
kalau gitu nanyanya dibalik saja om, saya mau beli part number itu oli, nah siapa tahu ada.
namanya beres ya pasti ngikut buku manual karena cape juga jelasin ke customer aliran non SM
DCT 150 ribu km sama menakutkan kaya CVT 100 ribu km
feri307 wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 6:58
Om2 suhu dan sesepuh, minta masukannya terkait penggantian oli transmisi DCT Santa Fe diesel. Oli DCT apa yg direkomendasikan, mengingat pabrikan di sini gak menyediakan oli yg sesuai permintaan dlm buku manualnya?
Kita supply ke beberapa Hyundai dealer resmi. Pake Q8 DCT EVO bisa. Oli transmisinya ini agak tricky, soalnya sae 70gl4 padahal dia wet clutch. Tapi so far pake Q8 aman sih
Iya bagusan diganti
Drpd lifetime
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 7:49
lifetime + ganti girboks itu sekalian
Nah..
sahabatq8 wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 7:55
Kita supply ke beberapa Hyundai dealer resmi. Pake Q8 DCT EVO bisa. Oli transmisinya ini agak tricky, soalnya sae 70gl4 padahal dia wet clutch. Tapi so far pake Q8 aman sih
Tolong pencerahannya, om, SAE 70GL4 dan kaitannya dgn DCT wet clutch? Kalo Q8 DCT Evo, visko brp ya, om? Apa kira2 efek jeleknya pakai viskositas yg lbh tinggi di DCT wet clutch? Sepertinya Q8 DCT Evo visko-nya di atas spek permintaan DCT Hyundai.
kunaskun wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 7:57
kalau gitu nanyanya dibalik saja om, saya mau beli part number itu oli, nah siapa tahu ada.
namanya beres ya pasti ngikut buku manual karena cape juga jelasin ke customer aliran non SM
DCT 150 ribu km sama menakutkan kaya CVT 100 ribu km
Nah, minta pencerahannya, om, kalo mau tau part number begitu, carinya di mana ya?
Suryaputra wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 7:49
lifetime + ganti girboks itu sekalian
Nah..
sahabatq8 wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 7:55
Kita supply ke beberapa Hyundai dealer resmi. Pake Q8 DCT EVO bisa. Oli transmisinya ini agak tricky, soalnya sae 70gl4 padahal dia wet clutch. Tapi so far pake Q8 aman sih
Tolong pencerahannya, om, SAE 70GL4 dan kaitannya dgn DCT wet clutch? Kalo Q8 DCT Evo, visko brp ya, om? Apa kira2 efek jeleknya pakai viskositas yg lbh tinggi di DCT wet clutch? Sepertinya Q8 DCT Evo visko-nya di atas spek permintaan DCT Hyundai.
Jadi biasanya ada 2 jenis DCT
DCT dry dan dct wet clutch
DCT dry clutch pakenya oli GL4 tapi encer 75w80 biasanya
DCT wet clutch pakenya oli DCT (oli dct sekitar sae 75w)
Nah Hyundai ini gak terbuka speknya, dia kerja sama dengan pabrikan tertentu. Ngomongnya sih Gl4 tapi saya gak yakin itu gl4 biasa, karena biasanya wet clutch butuh additive untuk clutchnya yang adanya di oli DCT.
Terkait viskositas diatas oli bawaan, seharusnya aman cuma beda dikit, mungkin fuel efficiency berkurang 0.X% . Beres Hyundai juga udah ngambil sama kita sekitar setahunan belum ada masalah sih.
sahabatq8 wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 9:44
Jadi biasanya ada 2 jenis DCT
DCT dry dan dct wet clutch
DCT dry clutch pakenya oli GL4 tapi encer 75w80 biasanya
DCT wet clutch pakenya oli DCT (oli dct sekitar sae 75w)
Nah Hyundai ini gak terbuka speknya, dia kerja sama dengan pabrikan tertentu. Ngomongnya sih Gl4 tapi saya gak yakin itu gl4 biasa, karena biasanya wet clutch butuh additive untuk clutchnya yang adanya di oli DCT.
Terkait viskositas diatas oli bawaan, seharusnya aman cuma beda dikit, mungkin fuel efficiency berkurang 0.X% . Beres Hyundai juga udah ngambil sama kita sekitar setahunan belum ada masalah sih.
yang bikin: Hyundai Transys. In-house. dulu ada 2 merek Hyundai Dymos & Hyundai Powertech (KIA). baru ngeh, DCT aja bikin sendiri, ngagetin juga ni Hyundai bener2 hulu ke hilir.
dan baru ngeh, cara kerja DCT Hyundai kenapa bisa pake GL4 = oli gardan karena disitu ada diagram: basically DCT itu emang kaya gardan, cuma butuh pelumasan seperlunya sisanya cooling, dan fluid disirkulasi dengan pompa tersendiri. CMIIW.
yang bikin: Hyundai Transys. In-house. dulu ada 2 merek Hyundai Dymos & Hyundai Powertech (KIA). baru ngeh, DCT aja bikin sendiri, ngagetin juga ni Hyundai bener2 hulu ke hilir.
dan baru ngeh, cara kerja DCT Hyundai kenapa bisa pake GL4 = oli gardan karena disitu ada diagram: basically DCT itu emang kaya gardan, cuma butuh pelumasan seperlunya sisanya cooling, dan fluid disirkulasi dengan pompa tersendiri. CMIIW.
Makasih informasinya, om..
Wuih, keren nih Hyundai, bikin transmisi in-house. Nah, kalo lihat di bukman, olinya terbagi dua, satu oli pendingin, satunya oli kontrol. Masing2 volumenya beda. Pertanyaannya, jika begini, apakah berarti olinya ada 2 karternya ya? Jadi, masing2 karter ada saluran pengisian olinya sendiri2? Maaf nih om, banyak2 nanya, soalnya diskusi dgn orang BeRes masih kurang puas terkait per-transmisi-an ini.