Di-scanner pake alat ama mekanik bisa keliatan kan ada DPF atau kaga, om? atau kita kudu ngolong nih?
Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Batu Nissan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Batu Nissan
Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?
UPDATE: akhirnya di awal bulan Juli kmrn ane ditawarin unit E66 735li (mesin N62 V8 3600cc NA) warna hitam metalik tahun 2003 KM 95k milik kenalan saudara ... dan akhirnya stlh test drive (tuas transmisinya satu2nya yg kayak rolls royce di kanan setir cuy) ane beranikan nekat tebus deh dgn hrg yang lumayan miring ... kondisi mesin & transmisi ZF 6-speed masih oke walau ternyata olinya telat ganti ...
Dimulailah episode yang lumayan pening untuk bikin beres ini mobil ...
Ganti busi & koil ane lakukan sendiri DIY (lumayan banyak nih 8 silinder) ... air radiator 14,2 liter juga kuras habis & isi baru DIY pake Mannol AF13++ HOAT ...
Ganti 4 ban Accelerra Iota ST-68 225/60 R17 ...
Ganti oli DIY pake 5w40 Motul 8100 Xclean LL-04 ... 8 liter termasuk filter oli (nih N62 V8 lebih repot karena posisi filter olinya ternyata di kolong ... beda ama yg 6 silinder di dalam kap mesin)
Mayan 0-100 kmpj = 8 detikan & dalkot bisa dapat 1 liter : 5-6 km & luar kota 1 liter : 9,5-11 km
Cari2 printilan2 aksesori2 eksterior yg ada copotan & toped & yang ga ada copotan ya akhirnya datengin sendiri di e-bay dkk (dari negara2 eropa timur sd china) ... dateng dalam kondisi warna mentah & harus cat ke bengkel cat
Motor wiper kagak berfungis samasekali ... Pesen juga motor wiper via ebay dr jerman ...
Ane putuskan ganti selang AC high pressure yg keliatannya udah gembung di BeRes (karena spek nya semua kursi ada pendingin AC & heater ... dan di belakang ada kulkas/coolbox-nya) ... untung kompresor dll masih oke ...
Ganti shockbreaker depan & benerin rembes oli power steering seal2 racksteer di bengkel spesialis ...
PR tinggal satu aja nih yg belum kesampaian: Service LCD yg udah sunburn ke SPD Speedometer ...
Kesimpulan: lumayan pusing & melelahkan utk bikin beres ini mobil selama 2 bulan lebih namun setelah hepi bisa bawa jalan2 keluarga ke sana sini utk ber-weekend ria (kalau naik tol tinggal pake cruise control, kaki ane akhrinya bebas dr pegel) ... ane akhirnya hepi juga jika dibandingkeun dengan budget yg dikeluarin ...
Ane akuin naikan nih serie-7 walau tuwir emang bedaaaa jauuuh ama Batu Nissan tunggangan ane sehari-hari ...
Dimulailah episode yang lumayan pening untuk bikin beres ini mobil ...
Ganti busi & koil ane lakukan sendiri DIY (lumayan banyak nih 8 silinder) ... air radiator 14,2 liter juga kuras habis & isi baru DIY pake Mannol AF13++ HOAT ...
Ganti 4 ban Accelerra Iota ST-68 225/60 R17 ...
Ganti oli DIY pake 5w40 Motul 8100 Xclean LL-04 ... 8 liter termasuk filter oli (nih N62 V8 lebih repot karena posisi filter olinya ternyata di kolong ... beda ama yg 6 silinder di dalam kap mesin)
Mayan 0-100 kmpj = 8 detikan & dalkot bisa dapat 1 liter : 5-6 km & luar kota 1 liter : 9,5-11 km
Cari2 printilan2 aksesori2 eksterior yg ada copotan & toped & yang ga ada copotan ya akhirnya datengin sendiri di e-bay dkk (dari negara2 eropa timur sd china) ... dateng dalam kondisi warna mentah & harus cat ke bengkel cat
Motor wiper kagak berfungis samasekali ... Pesen juga motor wiper via ebay dr jerman ...
Ane putuskan ganti selang AC high pressure yg keliatannya udah gembung di BeRes (karena spek nya semua kursi ada pendingin AC & heater ... dan di belakang ada kulkas/coolbox-nya) ... untung kompresor dll masih oke ...
Ganti shockbreaker depan & benerin rembes oli power steering seal2 racksteer di bengkel spesialis ...
PR tinggal satu aja nih yg belum kesampaian: Service LCD yg udah sunburn ke SPD Speedometer ...
Kesimpulan: lumayan pusing & melelahkan utk bikin beres ini mobil selama 2 bulan lebih namun setelah hepi bisa bawa jalan2 keluarga ke sana sini utk ber-weekend ria (kalau naik tol tinggal pake cruise control, kaki ane akhrinya bebas dr pegel) ... ane akhirnya hepi juga jika dibandingkeun dengan budget yg dikeluarin ...
Ane akuin naikan nih serie-7 walau tuwir emang bedaaaa jauuuh ama Batu Nissan tunggangan ane sehari-hari ...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?
Selamat om atas BMW 735Li-nya. Mudah-mudahan om puas dengan BMW tersebut.z3ll wrote: ↑Tue Oct 01, 2024 7:37 UPDATE: akhirnya di awal bulan Juli kmrn ane ditawarin unit E66 735li (mesin N62 V8 3600cc NA) warna hitam metalik tahun 2003 KM 95k milik kenalan saudara ... dan akhirnya stlh test drive (tuas transmisinya satu2nya yg kayak rolls royce di kanan setir cuy) ane beranikan nekat tebus deh dgn hrg yang lumayan miring ... kondisi mesin & transmisi ZF 6-speed masih oke walau ternyata olinya telat ganti ...
Dimulailah episode yang lumayan pening untuk bikin beres ini mobil ...
Ganti busi & koil ane lakukan sendiri DIY (lumayan banyak nih 8 silinder) ... air radiator 14,2 liter juga kuras habis & isi baru DIY pake Mannol AF13++ HOAT ...
Ganti 4 ban Accelerra Iota ST-68 225/60 R17 ...
Ganti oli DIY pake 5w40 Motul 8100 Xclean LL-04 ... 8 liter termasuk filter oli (nih N62 V8 lebih repot karena posisi filter olinya ternyata di kolong ... beda ama yg 6 silinder di dalam kap mesin)
Mayan 0-100 kmpj = 8 detikan & dalkot bisa dapat 1 liter : 5-6 km & luar kota 1 liter : 9,5-11 km
Cari2 printilan2 aksesori2 eksterior yg ada copotan & toped & yang ga ada copotan ya akhirnya datengin sendiri di e-bay dkk (dari negara2 eropa timur sd china) ... dateng dalam kondisi warna mentah & harus cat ke bengkel cat
Motor wiper kagak berfungis samasekali ... Pesen juga motor wiper via ebay dr jerman ...
Ane putuskan ganti selang AC high pressure yg keliatannya udah gembung di BeRes (karena spek nya semua kursi ada pendingin AC & heater ... dan di belakang ada kulkas/coolbox-nya) ... untung kompresor dll masih oke ...
Ganti shockbreaker depan & benerin rembes oli power steering seal2 racksteer di bengkel spesialis ...
PR tinggal satu aja nih yg belum kesampaian: Service LCD yg udah sunburn ke SPD Speedometer ...
Kesimpulan: lumayan pusing & melelahkan utk bikin beres ini mobil selama 2 bulan lebih namun setelah hepi bisa bawa jalan2 keluarga ke sana sini utk ber-weekend ria (kalau naik tol tinggal pake cruise control, kaki ane akhrinya bebas dr pegel) ... ane akhirnya hepi juga jika dibandingkeun dengan budget yg dikeluarin ...
Ane akuin naikan nih serie-7 walau tuwir emang bedaaaa jauuuh ama Batu Nissan tunggangan ane sehari-hari ...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?
damn, nice cukup berani ambil bmw e66 dibandingkan F01/02 nya haha.z3ll wrote: ↑Tue Oct 01, 2024 7:37 UPDATE: akhirnya di awal bulan Juli kmrn ane ditawarin unit E66 735li (mesin N62 V8 3600cc NA) warna hitam metalik tahun 2003 KM 95k milik kenalan saudara ... dan akhirnya stlh test drive (tuas transmisinya satu2nya yg kayak rolls royce di kanan setir cuy) ane beranikan nekat tebus deh dgn hrg yang lumayan miring ... kondisi mesin & transmisi ZF 6-speed masih oke walau ternyata olinya telat ganti ...
Dimulailah episode yang lumayan pening untuk bikin beres ini mobil ...
Ganti busi & koil ane lakukan sendiri DIY (lumayan banyak nih 8 silinder) ... air radiator 14,2 liter juga kuras habis & isi baru DIY pake Mannol AF13++ HOAT ...
Ganti 4 ban Accelerra Iota ST-68 225/60 R17 ...
Ganti oli DIY pake 5w40 Motul 8100 Xclean LL-04 ... 8 liter termasuk filter oli (nih N62 V8 lebih repot karena posisi filter olinya ternyata di kolong ... beda ama yg 6 silinder di dalam kap mesin)
Mayan 0-100 kmpj = 8 detikan & dalkot bisa dapat 1 liter : 5-6 km & luar kota 1 liter : 9,5-11 km
Cari2 printilan2 aksesori2 eksterior yg ada copotan & toped & yang ga ada copotan ya akhirnya datengin sendiri di e-bay dkk (dari negara2 eropa timur sd china) ... dateng dalam kondisi warna mentah & harus cat ke bengkel cat
Motor wiper kagak berfungis samasekali ... Pesen juga motor wiper via ebay dr jerman ...
Ane putuskan ganti selang AC high pressure yg keliatannya udah gembung di BeRes (karena spek nya semua kursi ada pendingin AC & heater ... dan di belakang ada kulkas/coolbox-nya) ... untung kompresor dll masih oke ...
Ganti shockbreaker depan & benerin rembes oli power steering seal2 racksteer di bengkel spesialis ...
PR tinggal satu aja nih yg belum kesampaian: Service LCD yg udah sunburn ke SPD Speedometer ...
Kesimpulan: lumayan pusing & melelahkan utk bikin beres ini mobil selama 2 bulan lebih namun setelah hepi bisa bawa jalan2 keluarga ke sana sini utk ber-weekend ria (kalau naik tol tinggal pake cruise control, kaki ane akhrinya bebas dr pegel) ... ane akhirnya hepi juga jika dibandingkeun dengan budget yg dikeluarin ...
Ane akuin naikan nih serie-7 walau tuwir emang bedaaaa jauuuh ama Batu Nissan tunggangan ane sehari-hari ...
kalo suka ngulik barang dr ebay fcpeuro, dr china dsb sih oke lah rawat mbl gini.
semoga mbl adem ayem awet dan tidak bikin owner pusing ya om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Batu Nissan
Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?
Makasih om .. ane doain kebahagiaan om & keluarga juga ...kemalmakbar wrote: ↑Tue Oct 01, 2024 7:48 Selamat om atas BMW 735Li-nya. Mudah-mudahan om puas dengan BMW tersebut.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Batu Nissan
Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?
Makasih om, E66 ini kelebihannya mah emang pajak tahunannya lbh murmer drpd F02 hehehehe ... dari nekat ngambil lalu ulik2 online ternyata ane temuin bahwa sparepart2 spesies e65/e66 emang ini paling melimpah ruah dari jerman, russia, & negara2 eropa timur ...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Sun Sep 03, 2017 16:10
- Location: bandung
Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?
wow selamat mobil barunya om. kalo bisa update disini om perawatannya. mudah2an awet ya..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?
wah harus di kasih award nih..
rasanya di forum ini blm ada yg berani angkat e65/e66 second. cmiiw
sehat terus ya om mobil nya
cerita horor yg pernah saya denger soal e65/e66 cuma seputar urusan airsus belakang, dan terlalu banyak-nya aneka modul.
mesin relatif aman
gearbox ZF6 yg biasanya sering kena mecha. konon malah awet klo di e65/e66
rasanya di forum ini blm ada yg berani angkat e65/e66 second. cmiiw
sehat terus ya om mobil nya
cerita horor yg pernah saya denger soal e65/e66 cuma seputar urusan airsus belakang, dan terlalu banyak-nya aneka modul.
mesin relatif aman
gearbox ZF6 yg biasanya sering kena mecha. konon malah awet klo di e65/e66
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4804
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?
congrats om buat mobil barunyaz3ll wrote: ↑Tue Oct 01, 2024 7:37 UPDATE: akhirnya di awal bulan Juli kmrn ane ditawarin unit E66 735li (mesin N62 V8 3600cc NA) warna hitam metalik tahun 2003 KM 95k milik kenalan saudara ... dan akhirnya stlh test drive (tuas transmisinya satu2nya yg kayak rolls royce di kanan setir cuy) ane beranikan nekat tebus deh dgn hrg yang lumayan miring ... kondisi mesin & transmisi ZF 6-speed masih oke walau ternyata olinya telat ganti ...
Dimulailah episode yang lumayan pening untuk bikin beres ini mobil ...
Ganti busi & koil ane lakukan sendiri DIY (lumayan banyak nih 8 silinder) ... air radiator 14,2 liter juga kuras habis & isi baru DIY pake Mannol AF13++ HOAT ...
Ganti 4 ban Accelerra Iota ST-68 225/60 R17 ...
Ganti oli DIY pake 5w40 Motul 8100 Xclean LL-04 ... 8 liter termasuk filter oli (nih N62 V8 lebih repot karena posisi filter olinya ternyata di kolong ... beda ama yg 6 silinder di dalam kap mesin)
Mayan 0-100 kmpj = 8 detikan & dalkot bisa dapat 1 liter : 5-6 km & luar kota 1 liter : 9,5-11 km
Cari2 printilan2 aksesori2 eksterior yg ada copotan & toped & yang ga ada copotan ya akhirnya datengin sendiri di e-bay dkk (dari negara2 eropa timur sd china) ... dateng dalam kondisi warna mentah & harus cat ke bengkel cat
Motor wiper kagak berfungis samasekali ... Pesen juga motor wiper via ebay dr jerman ...
Ane putuskan ganti selang AC high pressure yg keliatannya udah gembung di BeRes (karena spek nya semua kursi ada pendingin AC & heater ... dan di belakang ada kulkas/coolbox-nya) ... untung kompresor dll masih oke ...
Ganti shockbreaker depan & benerin rembes oli power steering seal2 racksteer di bengkel spesialis ...
PR tinggal satu aja nih yg belum kesampaian: Service LCD yg udah sunburn ke SPD Speedometer ...
Kesimpulan: lumayan pusing & melelahkan utk bikin beres ini mobil selama 2 bulan lebih namun setelah hepi bisa bawa jalan2 keluarga ke sana sini utk ber-weekend ria (kalau naik tol tinggal pake cruise control, kaki ane akhrinya bebas dr pegel) ... ane akhirnya hepi juga jika dibandingkeun dengan budget yg dikeluarin ...
Ane akuin naikan nih serie-7 walau tuwir emang bedaaaa jauuuh ama Batu Nissan tunggangan ane sehari-hari ...
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11