Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Halo oom semua, izinkan saya mereview tunggangan saat ini, sebuah Mazda CX-5 2.5 2014. Sebelumnya harap maklum kalau ada yang kurang, kebetulan ini review pertama saya disini
Awalnya cari sedan bekas buat pp antarkota, ternyata setelah ditimbang2 lagi masih butuh gc tinggi buat kondisi jalan yang dilalui (kadang suka main ke pegunungan juga) jadi diputuskan cari suv/crossover dengan karakter pengendalian yg semirip mungkin sama sedan. Opsi yg masuk budget dan kriteria ada di crv, cuman dipikir2 kok bosen ya masa crv lagi, akhirnya ngulik2 dikit tentang cx5 dan di forum luar negeri ternyata banyak yg sudah tembus km tinggi tanpa masalah berarti dengan testimoni yang memuaskan. Karena banyak yang memuji reliability dari mesin ini maka dipinanglah seekor cx5 2.5 touring prefacelift tahun 2014 dengan odometer 85 ribu.
Interior oke, rasanya solid dan belum ada rattle, desainnya simpel dengan build quality yang sangat baik. Baris kedua sempit dan tegak, masih sedikit lebih baik dibanding outlander dan sx4.
Driving position cukup commanding ala SUV pada umumnya. Saat dibawa jalan, handlingnya terasa seperti hatchback yang ditinggikan, enak buat sruntulan kalau pas buru2
Tenaga kerasa di rpm tengah, beda dengan karakter vtec honda yg main di rpm tinggi. Kalau di tol sih mungkin dibanding crv kurang puas. Karakter tenaganya cocok di jalanan lintas provinsi yang lurusannya gak sepanjang tol. Buat nyalip truk2 sih cukup effortless ya. Kadang gak sadar serasa bawa mobil compact padahal ini suv hahaha. Bodyroll masih kerasa tapi gak sampai mengganggu. Asli ini mobil gak kerasa mobil gede, pede aja nempelin civic turbo meliuk2 di muntilan tanpa takut kebalik
Sayangnya buat yang bosenan pilihan upgrade parts modifikasi sektor mesin gak sebanyak honda. Cocok buat aliran mesin standar tanpa dioprek2.
Rem di cx5 ini agak dalem baru gigit, awalnya kagok cuman kalo udah masuk biting pointnya enak, pede buat hard braking tanpa ada nosedive yang berlebih. Beda karakter dengan mazda 2 yang ditoel dikit langsung berhenti.
Bantingan juga firm meskipun masih pakai velg r17 dengan profil ban yg lebih tebal dibanding versi r19 nya, kalau sukanya yg empuk2 saya rasa sih kurang cocok ambil mobil ini
Untuk konsumsi bbm irit sekali, mesin 2.500cc masih bisa dapat 1:8.5 dalam kota, dimana crv gen 1 saya cuman 1:5.
Maintenance yang dilakukan standar mobil umur 10 tahun. Ganti cairan, kaki2, dan sebagainya. Di unit saya ketambahan servis retract mirror kanan dan speaker pintu kiri yang sudah pecah suaranya di lem ulang alhasil normal kembali. Lainnya masih normal. Berikut rincian maintenance awal di CX5 saya:
Oli mesin + filter
Oli matic atf fz (beli 5 liter ternyata kelebihan, sisa 1 botol )
Cabin filter
Air filter
2.378.119
Ball joint
Link stabil
Shock depan
Tie rod
Long tie rod
Bushing lower arm semua
Engine mount kanan dan bawah
Bubut disc brake
Spooring balancing dll
8.291.600
Servis EPS
1.750.000
Service motor spion, speaker pintu kiri, ganti wiper belakang
725.000
Poles headlamp
250.000
Ganti lampu senja dan DRL putih serta klakson flosser
824.000
Poles exterior dan interior
700.000
Grand total:
15.208.119
Overall cukup puas dengan mobil ini, dengan harga yang dibayarkan memenuhi kebutuhan dan karakter mengemudi saya
Awalnya cari sedan bekas buat pp antarkota, ternyata setelah ditimbang2 lagi masih butuh gc tinggi buat kondisi jalan yang dilalui (kadang suka main ke pegunungan juga) jadi diputuskan cari suv/crossover dengan karakter pengendalian yg semirip mungkin sama sedan. Opsi yg masuk budget dan kriteria ada di crv, cuman dipikir2 kok bosen ya masa crv lagi, akhirnya ngulik2 dikit tentang cx5 dan di forum luar negeri ternyata banyak yg sudah tembus km tinggi tanpa masalah berarti dengan testimoni yang memuaskan. Karena banyak yang memuji reliability dari mesin ini maka dipinanglah seekor cx5 2.5 touring prefacelift tahun 2014 dengan odometer 85 ribu.
Interior oke, rasanya solid dan belum ada rattle, desainnya simpel dengan build quality yang sangat baik. Baris kedua sempit dan tegak, masih sedikit lebih baik dibanding outlander dan sx4.
Driving position cukup commanding ala SUV pada umumnya. Saat dibawa jalan, handlingnya terasa seperti hatchback yang ditinggikan, enak buat sruntulan kalau pas buru2
Tenaga kerasa di rpm tengah, beda dengan karakter vtec honda yg main di rpm tinggi. Kalau di tol sih mungkin dibanding crv kurang puas. Karakter tenaganya cocok di jalanan lintas provinsi yang lurusannya gak sepanjang tol. Buat nyalip truk2 sih cukup effortless ya. Kadang gak sadar serasa bawa mobil compact padahal ini suv hahaha. Bodyroll masih kerasa tapi gak sampai mengganggu. Asli ini mobil gak kerasa mobil gede, pede aja nempelin civic turbo meliuk2 di muntilan tanpa takut kebalik
Sayangnya buat yang bosenan pilihan upgrade parts modifikasi sektor mesin gak sebanyak honda. Cocok buat aliran mesin standar tanpa dioprek2.
Rem di cx5 ini agak dalem baru gigit, awalnya kagok cuman kalo udah masuk biting pointnya enak, pede buat hard braking tanpa ada nosedive yang berlebih. Beda karakter dengan mazda 2 yang ditoel dikit langsung berhenti.
Bantingan juga firm meskipun masih pakai velg r17 dengan profil ban yg lebih tebal dibanding versi r19 nya, kalau sukanya yg empuk2 saya rasa sih kurang cocok ambil mobil ini
Untuk konsumsi bbm irit sekali, mesin 2.500cc masih bisa dapat 1:8.5 dalam kota, dimana crv gen 1 saya cuman 1:5.
Maintenance yang dilakukan standar mobil umur 10 tahun. Ganti cairan, kaki2, dan sebagainya. Di unit saya ketambahan servis retract mirror kanan dan speaker pintu kiri yang sudah pecah suaranya di lem ulang alhasil normal kembali. Lainnya masih normal. Berikut rincian maintenance awal di CX5 saya:
Oli mesin + filter
Oli matic atf fz (beli 5 liter ternyata kelebihan, sisa 1 botol )
Cabin filter
Air filter
2.378.119
Ball joint
Link stabil
Shock depan
Tie rod
Long tie rod
Bushing lower arm semua
Engine mount kanan dan bawah
Bubut disc brake
Spooring balancing dll
8.291.600
Servis EPS
1.750.000
Service motor spion, speaker pintu kiri, ganti wiper belakang
725.000
Poles headlamp
250.000
Ganti lampu senja dan DRL putih serta klakson flosser
824.000
Poles exterior dan interior
700.000
Grand total:
15.208.119
Overall cukup puas dengan mobil ini, dengan harga yang dibayarkan memenuhi kebutuhan dan karakter mengemudi saya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Nice review Om...
Ditunggu update owning experience n roadtripnya, mengingat mobilnya udah engga muda lagi, kira2 reabilitynya bakal gimana nanti
Ditunggu update owning experience n roadtripnya, mengingat mobilnya udah engga muda lagi, kira2 reabilitynya bakal gimana nanti
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2988
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Om sudah bubut disc brake, tp brake pad-nya udah diamplas kah? Takutnya udah glazing aja.
Atau kalau udah lama ga ganti, sekalian ganti aja pake brembo/akebono gitu (?)
Atau kalau udah lama ga ganti, sekalian ganti aja pake brembo/akebono gitu (?)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
udah om, kebetulan juga rencana nanti mau ganti brakepad akebono dan lihat kondisi disc utk siap2 ganti brembo di jadwal ganti oli berikutnya biar sekalian. brakepad akebono & brembo bagus mana ya om, kalau di reddit saya lihatnya yg disaranin kombinasi disc brembo tp brakepadnya pakai akebono. harga brakepadnya gak beda jauh soalnya
siap om.. ini baru 2 bulanan pegang nnt akan di update buat kedepannya
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
- Location: Palembang
- Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
itu kaki2 partnya ori dan ganti di bengkel resmi dapet harga segitu om? murah banget...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
gak dong, pakai 555levofloxacine wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 4:10 itu kaki2 partnya ori dan ganti di bengkel resmi dapet harga segitu om? murah banget...
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Mon Sep 01, 2014 22:29
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Servis speakernya dimana om ? Soalnya XV50 ane juga ngalamin hal sama suara pecah mau di lem ulang kayaknya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Om, kalo boleh tau ngambil di harga berapa?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4804
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
nice review om & congrats buat mobil barunya
kebetulan pernah pelihara versi 2.0 nya dari 2013-2019. impresinya cukup memuaskan. termasuk yg paling fun to drive, paling oke handlingnya + punya fitur yg termasuk lengkap dikelasnya. dulu melihara sampe dijual di odo 160rban jg mayoritas servis rutin dan ganti oli aja, gaada masalah yg aneh2. servis besar dulu ganti engine mounting sm ganti shock depan belakang kiri kanan. sisanya aman hehehe walaupun minusnya ada di aftersales yg ga sekuat brand jepang lain kaya t / h tegak sm practicality , kelegaan row 2 & keluasan bagasi yg agak kurang
kebetulan pernah pelihara versi 2.0 nya dari 2013-2019. impresinya cukup memuaskan. termasuk yg paling fun to drive, paling oke handlingnya + punya fitur yg termasuk lengkap dikelasnya. dulu melihara sampe dijual di odo 160rban jg mayoritas servis rutin dan ganti oli aja, gaada masalah yg aneh2. servis besar dulu ganti engine mounting sm ganti shock depan belakang kiri kanan. sisanya aman hehehe walaupun minusnya ada di aftersales yg ga sekuat brand jepang lain kaya t / h tegak sm practicality , kelegaan row 2 & keluasan bagasi yg agak kurang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1748
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
om....service EPS-nya di mana?whitehorse4 wrote: ↑Tue Oct 01, 2024 21:51 Halo oom semua, izinkan saya mereview tunggangan saat ini, sebuah Mazda CX-5 2.5 2014. Sebelumnya harap maklum kalau ada yang kurang, kebetulan ini review pertama saya disini
Awalnya cari sedan bekas buat pp antarkota, ternyata setelah ditimbang2 lagi masih butuh gc tinggi buat kondisi jalan yang dilalui (kadang suka main ke pegunungan juga) jadi diputuskan cari suv/crossover dengan karakter pengendalian yg semirip mungkin sama sedan. Opsi yg masuk budget dan kriteria ada di crv, cuman dipikir2 kok bosen ya masa crv lagi, akhirnya ngulik2 dikit tentang cx5 dan di forum luar negeri ternyata banyak yg sudah tembus km tinggi tanpa masalah berarti dengan testimoni yang memuaskan. Karena banyak yang memuji reliability dari mesin ini maka dipinanglah seekor cx5 2.5 touring prefacelift tahun 2014 dengan odometer 85 ribu.
Interior oke, rasanya solid dan belum ada rattle, desainnya simpel dengan build quality yang sangat baik. Baris kedua sempit dan tegak, masih sedikit lebih baik dibanding outlander dan sx4.
Driving position cukup commanding ala SUV pada umumnya. Saat dibawa jalan, handlingnya terasa seperti hatchback yang ditinggikan, enak buat sruntulan kalau pas buru2
Tenaga kerasa di rpm tengah, beda dengan karakter vtec honda yg main di rpm tinggi. Kalau di tol sih mungkin dibanding crv kurang puas. Karakter tenaganya cocok di jalanan lintas provinsi yang lurusannya gak sepanjang tol. Buat nyalip truk2 sih cukup effortless ya. Kadang gak sadar serasa bawa mobil compact padahal ini suv hahaha. Bodyroll masih kerasa tapi gak sampai mengganggu. Asli ini mobil gak kerasa mobil gede, pede aja nempelin civic turbo meliuk2 di muntilan tanpa takut kebalik
Sayangnya buat yang bosenan pilihan upgrade parts modifikasi sektor mesin gak sebanyak honda. Cocok buat aliran mesin standar tanpa dioprek2.
Rem di cx5 ini agak dalem baru gigit, awalnya kagok cuman kalo udah masuk biting pointnya enak, pede buat hard braking tanpa ada nosedive yang berlebih. Beda karakter dengan mazda 2 yang ditoel dikit langsung berhenti.
Bantingan juga firm meskipun masih pakai velg r17 dengan profil ban yg lebih tebal dibanding versi r19 nya, kalau sukanya yg empuk2 saya rasa sih kurang cocok ambil mobil ini
Untuk konsumsi bbm irit sekali, mesin 2.500cc masih bisa dapat 1:8.5 dalam kota, dimana crv gen 1 saya cuman 1:5.
Maintenance yang dilakukan standar mobil umur 10 tahun. Ganti cairan, kaki2, dan sebagainya. Di unit saya ketambahan servis retract mirror kanan dan speaker pintu kiri yang sudah pecah suaranya di lem ulang alhasil normal kembali. Lainnya masih normal. Berikut rincian maintenance awal di CX5 saya:
Oli mesin + filter
Oli matic atf fz (beli 5 liter ternyata kelebihan, sisa 1 botol )
Cabin filter
Air filter
2.378.119
Ball joint
Link stabil
Shock depan
Tie rod
Long tie rod
Bushing lower arm semua
Engine mount kanan dan bawah
Bubut disc brake
Spooring balancing dll
8.291.600
Servis EPS
1.750.000
Service motor spion, speaker pintu kiri, ganti wiper belakang
725.000
Poles headlamp
250.000
Ganti lampu senja dan DRL putih serta klakson flosser
824.000
Poles exterior dan interior
700.000
Grand total:
15.208.119
Overall cukup puas dengan mobil ini, dengan harga yang dibayarkan memenuhi kebutuhan dan karakter mengemudi saya
IMG_4015.jpeg
IMG_4018.jpegIMG_3968.jpeg
IMG_3939.jpeg
bole tlg share bengkelnya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 148
- Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Tahun lalu mau ambil CX-5 juga, tp kepicut KIA Sportage QL yg sudh ada panoramic dan segala tete bengeknya.
Over all puas pake Sportage, mau buat review tp masih cupu.
Over all puas pake Sportage, mau buat review tp masih cupu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
di bengkel aksesoris deket rumah om di sleman, nama bengkelnya central 99
17x oom, waktu nyari daerah saya rata2 180-195 buat 2.5 prefacelift. entah kenapa di sekitar saya pasarannya lebih mahal dari crv 2.4 yang seumuran
160k item servicenya cuman itu.. badak juga yahPboyz97 wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 13:48 nice review om & congrats buat mobil barunya
kebetulan pernah pelihara versi 2.0 nya dari 2013-2019. impresinya cukup memuaskan. termasuk yg paling fun to drive, paling oke handlingnya + punya fitur yg termasuk lengkap dikelasnya. dulu melihara sampe dijual di odo 160rban jg mayoritas servis rutin dan ganti oli aja, gaada masalah yg aneh2. servis besar dulu ganti engine mounting sm ganti shock depan belakang kiri kanan. sisanya aman hehehe walaupun minusnya ada di aftersales yg ga sekuat brand jepang lain kaya t / h tegak sm practicality , kelegaan row 2 & keluasan bagasi yg agak kurang
iya sih om baris 2 sempit buat size segitu, untungnya penggunaan saya sih paling max juga isi 3 orang jadi no problemo hehe
art understel
bengkel kaki2 macem jantra bisa sih om, tp saya blm pernah repair eps disana. harganya juga segituan
fiturnya banyak yah sportage, cuman buat bentuk saya jatuh cintanya di cx-5
selera lah yaa
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2988
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Brembo ane jujur masih wishlist sih. Brembo oem walau bukan di cx5, warga sini keknya ada yg review oke2 aja kecuali agak decit dikit (p @saturday bilamana lg main ke thread ini bisa komen).whitehorse4 wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 4:06
udah om, kebetulan juga rencana nanti mau ganti brakepad akebono dan lihat kondisi disc utk siap2 ganti brembo di jadwal ganti oli berikutnya biar sekalian. brakepad akebono & brembo bagus mana ya om, kalau di reddit saya lihatnya yg disaranin kombinasi disc brembo tp brakepadnya pakai akebono. harga brakepadnya gak beda jauh soalnya
Kalau akebono, setahu ane bawaan mazda kalau ga akebono, belakangan ada yg trw. Mgkn mirip ama oem aja kalau akebono.
Yg ane pernah coba d mazda (tp mazda 2), bendix general ct, hi-q, ama birkens. Bendix sih recommended, hi-q yaah sbenernya ok tp ane sangsi ama harganya yg murah apakah aman in the long run (wkwk). Kalau birkens, jgn deh, ane cmn pake 100km, terus ane buang.
Sama ane ga lihat om dah ganti busi. Kalau ganti busi plis plis plisssss jgn pake yg kek merk minyak rambut jaman baheula ya.
Ane pernah pake 1x 2017 sih yg ga ada gap alias 360, 20ribuan dah brebet. Terus sekarang di cx3 pake yg iridium biasa (p11), baru pake bentar sekitar 1000an KM (ga sampe sebulan), bisa loose dong ceramic dr base-nya. Kejadiannya minggu lalu kok tiap cold start selalu ada getar hebat pas pagi hari. Ngencengin padahal 17NM pas cold. Ujung2nya balikin ke bawaan fabriek.
Bukan blek kempen, tp mgkn ane lg apes aja dari tu merk. Stick to ori, pake bosch double iridium masih ok, tp paling alus pas dulu pake denso ixeh22tt (cmn barang dah abis belakangan).
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
skip ke menit 10:12josomba wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 12:10Brembo ane jujur masih wishlist sih. Brembo oem walau bukan di cx5, warga sini keknya ada yg review oke2 aja kecuali agak decit dikit (p @saturday bilamana lg main ke thread ini bisa komen).whitehorse4 wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 4:06
udah om, kebetulan juga rencana nanti mau ganti brakepad akebono dan lihat kondisi disc utk siap2 ganti brembo di jadwal ganti oli berikutnya biar sekalian. brakepad akebono & brembo bagus mana ya om, kalau di reddit saya lihatnya yg disaranin kombinasi disc brembo tp brakepadnya pakai akebono. harga brakepadnya gak beda jauh soalnya
Kalau akebono, setahu ane bawaan mazda kalau ga akebono, belakangan ada yg trw. Mgkn mirip ama oem aja kalau akebono.
Yg ane pernah coba d mazda (tp mazda 2), bendix general ct, hi-q, ama birkens. Bendix sih recommended, hi-q yaah sbenernya ok tp ane sangsi ama harganya yg murah apakah aman in the long run (wkwk). Kalau birkens, jgn deh, ane cmn pake 100km, terus ane buang.
Sama ane ga lihat om dah ganti busi. Kalau ganti busi plis plis plisssss jgn pake yg kek merk minyak rambut jaman baheula ya.
Ane pernah pake 1x 2017 sih yg ga ada gap alias 360, 20ribuan dah brebet. Terus sekarang di cx3 pake yg iridium biasa (p11), baru pake bentar sekitar 1000an KM (ga sampe sebulan), bisa loose dong ceramic dr base-nya. Kejadiannya minggu lalu kok tiap cold start selalu ada getar hebat pas pagi hari. Ngencengin padahal 17NM pas cold. Ujung2nya balikin ke bawaan fabriek.
Bukan blek kempen, tp mgkn ane lg apes aja dari tu merk. Stick to ori, pake bosch double iridium masih ok, tp paling alus pas dulu pake denso ixeh22tt (cmn barang dah abis belakangan).
merknya di 10:52
hehe sy msh ada 1 set dr beli belom dipake mbah. jd gimana gitu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4804
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
yes, emg surprisingly mobil ini cukup badak. dan aftersalesnya kalo di kota saya (jakarta) cukup memuaskan, kecuali pengurusan surat2nya aja pas belinya dulu agak lama (berhubung saya pake dari baru) + mobil ini paling jauh udh pernah sampe tegal, cirebon, baturaden & jogja jg hehehe + bisa dilalui tanpa masalah yg aneh2whitehorse4 wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 8:46
160k item servicenya cuman itu.. badak juga yah
iya sih om baris 2 sempit buat size segitu, untungnya penggunaan saya sih paling max juga isi 3 orang jadi no problemo hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
siipp omm, bendix bisa jadi pilihan berarti yah.. soal d forum luar pada rekomen either akebono atau brembojosomba wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 12:10Brembo ane jujur masih wishlist sih. Brembo oem walau bukan di cx5, warga sini keknya ada yg review oke2 aja kecuali agak decit dikit (p @saturday bilamana lg main ke thread ini bisa komen).whitehorse4 wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 4:06
udah om, kebetulan juga rencana nanti mau ganti brakepad akebono dan lihat kondisi disc utk siap2 ganti brembo di jadwal ganti oli berikutnya biar sekalian. brakepad akebono & brembo bagus mana ya om, kalau di reddit saya lihatnya yg disaranin kombinasi disc brembo tp brakepadnya pakai akebono. harga brakepadnya gak beda jauh soalnya
Kalau akebono, setahu ane bawaan mazda kalau ga akebono, belakangan ada yg trw. Mgkn mirip ama oem aja kalau akebono.
Yg ane pernah coba d mazda (tp mazda 2), bendix general ct, hi-q, ama birkens. Bendix sih recommended, hi-q yaah sbenernya ok tp ane sangsi ama harganya yg murah apakah aman in the long run (wkwk). Kalau birkens, jgn deh, ane cmn pake 100km, terus ane buang.
Sama ane ga lihat om dah ganti busi. Kalau ganti busi plis plis plisssss jgn pake yg kek merk minyak rambut jaman baheula ya.
Ane pernah pake 1x 2017 sih yg ga ada gap alias 360, 20ribuan dah brebet. Terus sekarang di cx3 pake yg iridium biasa (p11), baru pake bentar sekitar 1000an KM (ga sampe sebulan), bisa loose dong ceramic dr base-nya. Kejadiannya minggu lalu kok tiap cold start selalu ada getar hebat pas pagi hari. Ngencengin padahal 17NM pas cold. Ujung2nya balikin ke bawaan fabriek.
Bukan blek kempen, tp mgkn ane lg apes aja dari tu merk. Stick to ori, pake bosch double iridium masih ok, tp paling alus pas dulu pake denso ixeh22tt (cmn barang dah abis belakangan).
soal busi.. dari dulu sih kendaraan apapun biasa pake ngk & denso gapernah coba2 yg laen.
kalau di cx5 yg sy baca2 yg kompatibel ada NGK ILKAR7L11 sama DENSO IXEH22TT, antara keduanya bakal terasa jauh gak ya perbedaannya?
Waduh kok gt yah om… apa jangan2 dpt akebono kw itu?
Ngeri2 sedap
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11765
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Beli ak3bono harga brp tuh mbah?Omnibus wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 13:13skip ke menit 10:12josomba wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 12:10Brembo ane jujur masih wishlist sih. Brembo oem walau bukan di cx5, warga sini keknya ada yg review oke2 aja kecuali agak decit dikit (p @saturday bilamana lg main ke thread ini bisa komen).whitehorse4 wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 4:06
udah om, kebetulan juga rencana nanti mau ganti brakepad akebono dan lihat kondisi disc utk siap2 ganti brembo di jadwal ganti oli berikutnya biar sekalian. brakepad akebono & brembo bagus mana ya om, kalau di reddit saya lihatnya yg disaranin kombinasi disc brembo tp brakepadnya pakai akebono. harga brakepadnya gak beda jauh soalnya
Kalau akebono, setahu ane bawaan mazda kalau ga akebono, belakangan ada yg trw. Mgkn mirip ama oem aja kalau akebono.
Yg ane pernah coba d mazda (tp mazda 2), bendix general ct, hi-q, ama birkens. Bendix sih recommended, hi-q yaah sbenernya ok tp ane sangsi ama harganya yg murah apakah aman in the long run (wkwk). Kalau birkens, jgn deh, ane cmn pake 100km, terus ane buang.
Sama ane ga lihat om dah ganti busi. Kalau ganti busi plis plis plisssss jgn pake yg kek merk minyak rambut jaman baheula ya.
Ane pernah pake 1x 2017 sih yg ga ada gap alias 360, 20ribuan dah brebet. Terus sekarang di cx3 pake yg iridium biasa (p11), baru pake bentar sekitar 1000an KM (ga sampe sebulan), bisa loose dong ceramic dr base-nya. Kejadiannya minggu lalu kok tiap cold start selalu ada getar hebat pas pagi hari. Ngencengin padahal 17NM pas cold. Ujung2nya balikin ke bawaan fabriek.
Bukan blek kempen, tp mgkn ane lg apes aja dari tu merk. Stick to ori, pake bosch double iridium masih ok, tp paling alus pas dulu pake denso ixeh22tt (cmn barang dah abis belakangan).
merknya di 10:52
hehe sy msh ada 1 set dr beli belom dipake mbah. jd gimana gitu
Karena yg asli setara oem ori kan setengah juta lebih klo buat honda.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
ga yakin ada kw nya soalnya yg asli aja udah murahwhitehorse4 wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 14:32
Waduh kok gt yah om… apa jangan2 dpt akebono kw itu?
Ngeri2 sedap
lupa berapa. msh yg impor japan tp importir/dist nya sama ada packing labelnya. beli iseng cuma mau tau aja, menurut sy sih kemurahan utk expect kualitas tinggi.Suryaputra wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 15:15
Beli ak3bono harga brp tuh mbah?
Karena yg asli setara oem ori kan setengah juta lebih klo buat honda.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11765
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Dah lah oem ori aja, atau minimal brembo di official store.Omnibus wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 15:27ga yakin ada kw nya soalnya yg asli aja udah murahwhitehorse4 wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 14:32
Waduh kok gt yah om… apa jangan2 dpt akebono kw itu?
Ngeri2 sedap
lupa berapa. msh yg impor japan tp importir/dist nya sama ada packing labelnya. beli iseng cuma mau tau aja, menurut sy sih kemurahan utk expect kualitas tinggi.Suryaputra wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 15:15
Beli ak3bono harga brp tuh mbah?
Karena yg asli setara oem ori kan setengah juta lebih klo buat honda.
Klo buat daily.
Klo mau resing baru deh ke tempatnya mbah vanosz
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Harga segini asli gak ya, mbah?Suryaputra wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 23:32Dah lah oem ori aja, atau minimal brembo di official store.Omnibus wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 15:27ga yakin ada kw nya soalnya yg asli aja udah murahwhitehorse4 wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 14:32
Waduh kok gt yah om… apa jangan2 dpt akebono kw itu?
Ngeri2 sedap
lupa berapa. msh yg impor japan tp importir/dist nya sama ada packing labelnya. beli iseng cuma mau tau aja, menurut sy sih kemurahan utk expect kualitas tinggi.Suryaputra wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 15:15
Beli ak3bono harga brp tuh mbah?
Karena yg asli setara oem ori kan setengah juta lebih klo buat honda.
Klo buat daily.
Klo mau resing baru deh ke tempatnya mbah vanosz
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11765
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Coba cek official storenya.whitehorse4 wrote: ↑Sat Oct 05, 2024 1:53IMG_4797.pngSuryaputra wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 23:32Dah lah oem ori aja, atau minimal brembo di official store.
Klo buat daily.
Klo mau resing baru deh ke tempatnya mbah vanosz
Harga segini asli gak ya, mbah?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2988
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2988
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
Ngk ilkar7l11 tuh sama aja ama oem. Itu ngk laser iridium tp gapnya gampang berubah (merenggang). Kalau kegedean merenggang-nya, mulai terasa lemot -- lama2 brebetanwhitehorse4 wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 14:32
siipp omm, bendix bisa jadi pilihan berarti yah.. soal d forum luar pada rekomen either akebono atau brembo
soal busi.. dari dulu sih kendaraan apapun biasa pake ngk & denso gapernah coba2 yg laen.
kalau di cx5 yg sy baca2 yg kompatibel ada NGK ILKAR7L11 sama DENSO IXEH22TT, antara keduanya bakal terasa jauh gak ya perbedaannya?
Denso ixeh22tt menurut ane lebih enak dan gapnya ga gampang merenggang.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57
Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024
nice review om, ane jg masih pake yg fl 2015 kurang lebih abisnya sama
buat perbaikan.
Rem terakhir ane ganti akebono depan klo belakang krn EPB pake orinya.
karakternya ga berasa beda sama ori, tapi kykny apa mesti rotornya dibubut ya soalnya
klo rem pas stop n go macet, bunyi grok2 nya berasa sih.
sempet coba iklanin nih mobil jg tp batal jual dl, ditawar org cuma 210-220 nyesek jg.
dulu ambil second aja di thn 2022 sama benerin aja udah deket kepala 3 hehe.
buat perbaikan.
Rem terakhir ane ganti akebono depan klo belakang krn EPB pake orinya.
karakternya ga berasa beda sama ori, tapi kykny apa mesti rotornya dibubut ya soalnya
klo rem pas stop n go macet, bunyi grok2 nya berasa sih.
sempet coba iklanin nih mobil jg tp batal jual dl, ditawar org cuma 210-220 nyesek jg.
dulu ambil second aja di thn 2022 sama benerin aja udah deket kepala 3 hehe.
E36 Parts for sale - https://tinyurl.com/5d5r2wyk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2320
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta