Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by whitehorse4 »

Halo oom semua, izinkan saya mereview tunggangan saat ini, sebuah Mazda CX-5 2.5 2014. Sebelumnya harap maklum kalau ada yang kurang, kebetulan ini review pertama saya disini :big_peace:

Awalnya cari sedan bekas buat pp antarkota, ternyata setelah ditimbang2 lagi masih butuh gc tinggi buat kondisi jalan yang dilalui (kadang suka main ke pegunungan juga) jadi diputuskan cari suv/crossover dengan karakter pengendalian yg semirip mungkin sama sedan. Opsi yg masuk budget dan kriteria ada di crv, cuman dipikir2 kok bosen ya masa crv lagi, akhirnya ngulik2 dikit tentang cx5 dan di forum luar negeri ternyata banyak yg sudah tembus km tinggi tanpa masalah berarti dengan testimoni yang memuaskan. Karena banyak yang memuji reliability dari mesin ini maka dipinanglah seekor cx5 2.5 touring prefacelift tahun 2014 dengan odometer 85 ribu.

Interior oke, rasanya solid dan belum ada rattle, desainnya simpel dengan build quality yang sangat baik. Baris kedua sempit dan tegak, masih sedikit lebih baik dibanding outlander dan sx4.

Driving position cukup commanding ala SUV pada umumnya. Saat dibawa jalan, handlingnya terasa seperti hatchback yang ditinggikan, enak buat sruntulan kalau pas buru2 :big_exellent:
Tenaga kerasa di rpm tengah, beda dengan karakter vtec honda yg main di rpm tinggi. Kalau di tol sih mungkin dibanding crv kurang puas. Karakter tenaganya cocok di jalanan lintas provinsi yang lurusannya gak sepanjang tol. Buat nyalip truk2 sih cukup effortless ya. Kadang gak sadar serasa bawa mobil compact padahal ini suv hahaha. Bodyroll masih kerasa tapi gak sampai mengganggu. Asli ini mobil gak kerasa mobil gede, pede aja nempelin civic turbo meliuk2 di muntilan tanpa takut kebalik :big_biglaugh:

Sayangnya buat yang bosenan pilihan upgrade parts modifikasi sektor mesin gak sebanyak honda. Cocok buat aliran mesin standar tanpa dioprek2.

Rem di cx5 ini agak dalem baru gigit, awalnya kagok cuman kalo udah masuk biting pointnya enak, pede buat hard braking tanpa ada nosedive yang berlebih. Beda karakter dengan mazda 2 yang ditoel dikit langsung berhenti.

Bantingan juga firm meskipun masih pakai velg r17 dengan profil ban yg lebih tebal dibanding versi r19 nya, kalau sukanya yg empuk2 saya rasa sih kurang cocok ambil mobil ini

Untuk konsumsi bbm irit sekali, mesin 2.500cc masih bisa dapat 1:8.5 dalam kota, dimana crv gen 1 saya cuman 1:5.

Maintenance yang dilakukan standar mobil umur 10 tahun. Ganti cairan, kaki2, dan sebagainya. Di unit saya ketambahan servis retract mirror kanan dan speaker pintu kiri yang sudah pecah suaranya di lem ulang alhasil normal kembali. Lainnya masih normal. Berikut rincian maintenance awal di CX5 saya:

Oli mesin + filter
Oli matic atf fz (beli 5 liter ternyata kelebihan, sisa 1 botol )
Cabin filter
Air filter
2.378.119

Ball joint
Link stabil
Shock depan
Tie rod
Long tie rod
Bushing lower arm semua
Engine mount kanan dan bawah
Bubut disc brake
Spooring balancing dll
8.291.600

Servis EPS
1.750.000

Service motor spion, speaker pintu kiri, ganti wiper belakang
725.000

Poles headlamp
250.000

Ganti lampu senja dan DRL putih serta klakson flosser
824.000

Poles exterior dan interior
700.000

Grand total:
15.208.119

Overall cukup puas dengan mobil ini, dengan harga yang dibayarkan memenuhi kebutuhan dan karakter mengemudi saya
IMG_4015.jpeg
IMG_4018.jpeg
IMG_3968.jpeg
IMG_3939.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by faizzz »

Nice review Om...
Ditunggu update owning experience n roadtripnya, mengingat mobilnya udah engga muda lagi, kira2 reabilitynya bakal gimana nanti
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2988
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by josomba »

Om sudah bubut disc brake, tp brake pad-nya udah diamplas kah? Takutnya udah glazing aja.

Atau kalau udah lama ga ganti, sekalian ganti aja pake brembo/akebono gitu (?)
Image
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by whitehorse4 »

josomba wrote: Wed Oct 02, 2024 1:48 Om sudah bubut disc brake, tp brake pad-nya udah diamplas kah? Takutnya udah glazing aja.

Atau kalau udah lama ga ganti, sekalian ganti aja pake brembo/akebono gitu (?)
udah om, kebetulan juga rencana nanti mau ganti brakepad akebono dan lihat kondisi disc utk siap2 ganti brembo di jadwal ganti oli berikutnya biar sekalian. brakepad akebono & brembo bagus mana ya om, kalau di reddit saya lihatnya yg disaranin kombinasi disc brembo tp brakepadnya pakai akebono. harga brakepadnya gak beda jauh soalnya
faizzz wrote: Tue Oct 01, 2024 22:43 Nice review Om...
Ditunggu update owning experience n roadtripnya, mengingat mobilnya udah engga muda lagi, kira2 reabilitynya bakal gimana nanti
siap om.. ini baru 2 bulanan pegang nnt akan di update buat kedepannya :big_exellent:
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by levofloxacine »

itu kaki2 partnya ori dan ganti di bengkel resmi dapet harga segitu om? murah banget...
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by whitehorse4 »

levofloxacine wrote: Wed Oct 02, 2024 4:10 itu kaki2 partnya ori dan ganti di bengkel resmi dapet harga segitu om? murah banget...
gak dong, pakai 555 :big_grin:
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
mahesoo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Mon Sep 01, 2014 22:29

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by mahesoo »

Servis speakernya dimana om ? Soalnya XV50 ane juga ngalamin hal sama suara pecah mau di lem ulang kayaknya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2287
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by sahabatq8 »

Om, kalo boleh tau ngambil di harga berapa?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4804
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by Pboyz97 »

nice review om & congrats buat mobil barunya

kebetulan pernah pelihara versi 2.0 nya dari 2013-2019. impresinya cukup memuaskan. termasuk yg paling fun to drive, paling oke handlingnya + punya fitur yg termasuk lengkap dikelasnya. dulu melihara sampe dijual di odo 160rban jg mayoritas servis rutin dan ganti oli aja, gaada masalah yg aneh2. servis besar dulu ganti engine mounting sm ganti shock depan belakang kiri kanan. sisanya aman hehehe walaupun minusnya ada di aftersales yg ga sekuat brand jepang lain kaya t / h tegak sm practicality , kelegaan row 2 & keluasan bagasi yg agak kurang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1748
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by MSU »

whitehorse4 wrote: Tue Oct 01, 2024 21:51 Halo oom semua, izinkan saya mereview tunggangan saat ini, sebuah Mazda CX-5 2.5 2014. Sebelumnya harap maklum kalau ada yang kurang, kebetulan ini review pertama saya disini :big_peace:

Awalnya cari sedan bekas buat pp antarkota, ternyata setelah ditimbang2 lagi masih butuh gc tinggi buat kondisi jalan yang dilalui (kadang suka main ke pegunungan juga) jadi diputuskan cari suv/crossover dengan karakter pengendalian yg semirip mungkin sama sedan. Opsi yg masuk budget dan kriteria ada di crv, cuman dipikir2 kok bosen ya masa crv lagi, akhirnya ngulik2 dikit tentang cx5 dan di forum luar negeri ternyata banyak yg sudah tembus km tinggi tanpa masalah berarti dengan testimoni yang memuaskan. Karena banyak yang memuji reliability dari mesin ini maka dipinanglah seekor cx5 2.5 touring prefacelift tahun 2014 dengan odometer 85 ribu.

Interior oke, rasanya solid dan belum ada rattle, desainnya simpel dengan build quality yang sangat baik. Baris kedua sempit dan tegak, masih sedikit lebih baik dibanding outlander dan sx4.

Driving position cukup commanding ala SUV pada umumnya. Saat dibawa jalan, handlingnya terasa seperti hatchback yang ditinggikan, enak buat sruntulan kalau pas buru2 :big_exellent:
Tenaga kerasa di rpm tengah, beda dengan karakter vtec honda yg main di rpm tinggi. Kalau di tol sih mungkin dibanding crv kurang puas. Karakter tenaganya cocok di jalanan lintas provinsi yang lurusannya gak sepanjang tol. Buat nyalip truk2 sih cukup effortless ya. Kadang gak sadar serasa bawa mobil compact padahal ini suv hahaha. Bodyroll masih kerasa tapi gak sampai mengganggu. Asli ini mobil gak kerasa mobil gede, pede aja nempelin civic turbo meliuk2 di muntilan tanpa takut kebalik :big_biglaugh:

Sayangnya buat yang bosenan pilihan upgrade parts modifikasi sektor mesin gak sebanyak honda. Cocok buat aliran mesin standar tanpa dioprek2.

Rem di cx5 ini agak dalem baru gigit, awalnya kagok cuman kalo udah masuk biting pointnya enak, pede buat hard braking tanpa ada nosedive yang berlebih. Beda karakter dengan mazda 2 yang ditoel dikit langsung berhenti.

Bantingan juga firm meskipun masih pakai velg r17 dengan profil ban yg lebih tebal dibanding versi r19 nya, kalau sukanya yg empuk2 saya rasa sih kurang cocok ambil mobil ini

Untuk konsumsi bbm irit sekali, mesin 2.500cc masih bisa dapat 1:8.5 dalam kota, dimana crv gen 1 saya cuman 1:5.

Maintenance yang dilakukan standar mobil umur 10 tahun. Ganti cairan, kaki2, dan sebagainya. Di unit saya ketambahan servis retract mirror kanan dan speaker pintu kiri yang sudah pecah suaranya di lem ulang alhasil normal kembali. Lainnya masih normal. Berikut rincian maintenance awal di CX5 saya:

Oli mesin + filter
Oli matic atf fz (beli 5 liter ternyata kelebihan, sisa 1 botol )
Cabin filter
Air filter
2.378.119

Ball joint
Link stabil
Shock depan
Tie rod
Long tie rod
Bushing lower arm semua
Engine mount kanan dan bawah
Bubut disc brake
Spooring balancing dll
8.291.600

Servis EPS
1.750.000

Service motor spion, speaker pintu kiri, ganti wiper belakang
725.000

Poles headlamp
250.000

Ganti lampu senja dan DRL putih serta klakson flosser
824.000

Poles exterior dan interior
700.000

Grand total:
15.208.119

Overall cukup puas dengan mobil ini, dengan harga yang dibayarkan memenuhi kebutuhan dan karakter mengemudi saya

IMG_4015.jpeg
IMG_4018.jpegIMG_3968.jpeg
IMG_3939.jpeg
om....service EPS-nya di mana?
bole tlg share bengkelnya
Ivan123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by Ivan123 »

Tahun lalu mau ambil CX-5 juga, tp kepicut KIA Sportage QL yg sudh ada panoramic dan segala tete bengeknya.

Over all puas pake Sportage, mau buat review tp masih cupu. :)
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by whitehorse4 »

mahesoo wrote: Wed Oct 02, 2024 12:33 Servis speakernya dimana om ? Soalnya XV50 ane juga ngalamin hal sama suara pecah mau di lem ulang kayaknya
di bengkel aksesoris deket rumah om di sleman, nama bengkelnya central 99
sahabatq8 wrote: Wed Oct 02, 2024 12:45 Om, kalo boleh tau ngambil di harga berapa?
17x oom, waktu nyari daerah saya rata2 180-195 buat 2.5 prefacelift. entah kenapa di sekitar saya pasarannya lebih mahal dari crv 2.4 yang seumuran
Pboyz97 wrote: Wed Oct 02, 2024 13:48 nice review om & congrats buat mobil barunya

kebetulan pernah pelihara versi 2.0 nya dari 2013-2019. impresinya cukup memuaskan. termasuk yg paling fun to drive, paling oke handlingnya + punya fitur yg termasuk lengkap dikelasnya. dulu melihara sampe dijual di odo 160rban jg mayoritas servis rutin dan ganti oli aja, gaada masalah yg aneh2. servis besar dulu ganti engine mounting sm ganti shock depan belakang kiri kanan. sisanya aman hehehe walaupun minusnya ada di aftersales yg ga sekuat brand jepang lain kaya t / h tegak sm practicality , kelegaan row 2 & keluasan bagasi yg agak kurang
160k item servicenya cuman itu.. badak juga yah :big_exellent:
iya sih om baris 2 sempit buat size segitu, untungnya penggunaan saya sih paling max juga isi 3 orang jadi no problemo hehe
MSU wrote: Thu Oct 03, 2024 3:16 om....service EPS-nya di mana?
bole tlg share bengkelnya
art understel

bengkel kaki2 macem jantra bisa sih om, tp saya blm pernah repair eps disana. harganya juga segituan
Ivan123 wrote: Thu Oct 03, 2024 6:08 Tahun lalu mau ambil CX-5 juga, tp kepicut KIA Sportage QL yg sudh ada panoramic dan segala tete bengeknya.

Over all puas pake Sportage, mau buat review tp masih cupu. :)
fiturnya banyak yah sportage, cuman buat bentuk saya jatuh cintanya di cx-5 :big_biglaugh:
selera lah yaa
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2988
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by josomba »

whitehorse4 wrote: Wed Oct 02, 2024 4:06
udah om, kebetulan juga rencana nanti mau ganti brakepad akebono dan lihat kondisi disc utk siap2 ganti brembo di jadwal ganti oli berikutnya biar sekalian. brakepad akebono & brembo bagus mana ya om, kalau di reddit saya lihatnya yg disaranin kombinasi disc brembo tp brakepadnya pakai akebono. harga brakepadnya gak beda jauh soalnya
Brembo ane jujur masih wishlist sih. Brembo oem walau bukan di cx5, warga sini keknya ada yg review oke2 aja kecuali agak decit dikit (p @saturday bilamana lg main ke thread ini bisa komen).

Kalau akebono, setahu ane bawaan mazda kalau ga akebono, belakangan ada yg trw. Mgkn mirip ama oem aja kalau akebono.

Yg ane pernah coba d mazda (tp mazda 2), bendix general ct, hi-q, ama birkens. Bendix sih recommended, hi-q yaah sbenernya ok tp ane sangsi ama harganya yg murah apakah aman in the long run (wkwk). Kalau birkens, jgn deh, ane cmn pake 100km, terus ane buang.

Sama ane ga lihat om dah ganti busi. Kalau ganti busi plis plis plisssss jgn pake yg kek merk minyak rambut jaman baheula ya.

Ane pernah pake 1x 2017 sih yg ga ada gap alias 360, 20ribuan dah brebet. Terus sekarang di cx3 pake yg iridium biasa (p11), baru pake bentar sekitar 1000an KM (ga sampe sebulan), bisa loose dong ceramic dr base-nya. Kejadiannya minggu lalu kok tiap cold start selalu ada getar hebat pas pagi hari. Ngencengin padahal 17NM pas cold. Ujung2nya balikin ke bawaan fabriek.

Bukan blek kempen, tp mgkn ane lg apes aja dari tu merk. Stick to ori, pake bosch double iridium masih ok, tp paling alus pas dulu pake denso ixeh22tt (cmn barang dah abis belakangan).
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by Omnibus »

josomba wrote: Thu Oct 03, 2024 12:10
whitehorse4 wrote: Wed Oct 02, 2024 4:06
udah om, kebetulan juga rencana nanti mau ganti brakepad akebono dan lihat kondisi disc utk siap2 ganti brembo di jadwal ganti oli berikutnya biar sekalian. brakepad akebono & brembo bagus mana ya om, kalau di reddit saya lihatnya yg disaranin kombinasi disc brembo tp brakepadnya pakai akebono. harga brakepadnya gak beda jauh soalnya
Brembo ane jujur masih wishlist sih. Brembo oem walau bukan di cx5, warga sini keknya ada yg review oke2 aja kecuali agak decit dikit (p @saturday bilamana lg main ke thread ini bisa komen).

Kalau akebono, setahu ane bawaan mazda kalau ga akebono, belakangan ada yg trw. Mgkn mirip ama oem aja kalau akebono.

Yg ane pernah coba d mazda (tp mazda 2), bendix general ct, hi-q, ama birkens. Bendix sih recommended, hi-q yaah sbenernya ok tp ane sangsi ama harganya yg murah apakah aman in the long run (wkwk). Kalau birkens, jgn deh, ane cmn pake 100km, terus ane buang.

Sama ane ga lihat om dah ganti busi. Kalau ganti busi plis plis plisssss jgn pake yg kek merk minyak rambut jaman baheula ya.

Ane pernah pake 1x 2017 sih yg ga ada gap alias 360, 20ribuan dah brebet. Terus sekarang di cx3 pake yg iridium biasa (p11), baru pake bentar sekitar 1000an KM (ga sampe sebulan), bisa loose dong ceramic dr base-nya. Kejadiannya minggu lalu kok tiap cold start selalu ada getar hebat pas pagi hari. Ngencengin padahal 17NM pas cold. Ujung2nya balikin ke bawaan fabriek.

Bukan blek kempen, tp mgkn ane lg apes aja dari tu merk. Stick to ori, pake bosch double iridium masih ok, tp paling alus pas dulu pake denso ixeh22tt (cmn barang dah abis belakangan).
skip ke menit 10:12
merknya di 10:52

hehe sy msh ada 1 set dr beli belom dipake mbah. jd gimana gitu :big_biglaugh:


Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4804
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by Pboyz97 »

whitehorse4 wrote: Thu Oct 03, 2024 8:46

160k item servicenya cuman itu.. badak juga yah :big_exellent:
iya sih om baris 2 sempit buat size segitu, untungnya penggunaan saya sih paling max juga isi 3 orang jadi no problemo hehe

yes, emg surprisingly mobil ini cukup badak. dan aftersalesnya kalo di kota saya (jakarta) cukup memuaskan, kecuali pengurusan surat2nya aja pas belinya dulu agak lama (berhubung saya pake dari baru) + mobil ini paling jauh udh pernah sampe tegal, cirebon, baturaden & jogja jg hehehe + bisa dilalui tanpa masalah yg aneh2 :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by whitehorse4 »

josomba wrote: Thu Oct 03, 2024 12:10
whitehorse4 wrote: Wed Oct 02, 2024 4:06
udah om, kebetulan juga rencana nanti mau ganti brakepad akebono dan lihat kondisi disc utk siap2 ganti brembo di jadwal ganti oli berikutnya biar sekalian. brakepad akebono & brembo bagus mana ya om, kalau di reddit saya lihatnya yg disaranin kombinasi disc brembo tp brakepadnya pakai akebono. harga brakepadnya gak beda jauh soalnya
Brembo ane jujur masih wishlist sih. Brembo oem walau bukan di cx5, warga sini keknya ada yg review oke2 aja kecuali agak decit dikit (p @saturday bilamana lg main ke thread ini bisa komen).

Kalau akebono, setahu ane bawaan mazda kalau ga akebono, belakangan ada yg trw. Mgkn mirip ama oem aja kalau akebono.

Yg ane pernah coba d mazda (tp mazda 2), bendix general ct, hi-q, ama birkens. Bendix sih recommended, hi-q yaah sbenernya ok tp ane sangsi ama harganya yg murah apakah aman in the long run (wkwk). Kalau birkens, jgn deh, ane cmn pake 100km, terus ane buang.

Sama ane ga lihat om dah ganti busi. Kalau ganti busi plis plis plisssss jgn pake yg kek merk minyak rambut jaman baheula ya.

Ane pernah pake 1x 2017 sih yg ga ada gap alias 360, 20ribuan dah brebet. Terus sekarang di cx3 pake yg iridium biasa (p11), baru pake bentar sekitar 1000an KM (ga sampe sebulan), bisa loose dong ceramic dr base-nya. Kejadiannya minggu lalu kok tiap cold start selalu ada getar hebat pas pagi hari. Ngencengin padahal 17NM pas cold. Ujung2nya balikin ke bawaan fabriek.

Bukan blek kempen, tp mgkn ane lg apes aja dari tu merk. Stick to ori, pake bosch double iridium masih ok, tp paling alus pas dulu pake denso ixeh22tt (cmn barang dah abis belakangan).
siipp omm, bendix bisa jadi pilihan berarti yah.. soal d forum luar pada rekomen either akebono atau brembo

soal busi.. dari dulu sih kendaraan apapun biasa pake ngk & denso gapernah coba2 yg laen.

kalau di cx5 yg sy baca2 yg kompatibel ada NGK ILKAR7L11 sama DENSO IXEH22TT, antara keduanya bakal terasa jauh gak ya perbedaannya?
Omnibus wrote: Thu Oct 03, 2024 13:13
skip ke menit 10:12
merknya di 10:52

hehe sy msh ada 1 set dr beli belom dipake mbah. jd gimana gitu :big_biglaugh:


Waduh kok gt yah om… apa jangan2 dpt akebono kw itu?
Ngeri2 sedap :big_childish:
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11765
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Thu Oct 03, 2024 13:13
josomba wrote: Thu Oct 03, 2024 12:10
whitehorse4 wrote: Wed Oct 02, 2024 4:06
udah om, kebetulan juga rencana nanti mau ganti brakepad akebono dan lihat kondisi disc utk siap2 ganti brembo di jadwal ganti oli berikutnya biar sekalian. brakepad akebono & brembo bagus mana ya om, kalau di reddit saya lihatnya yg disaranin kombinasi disc brembo tp brakepadnya pakai akebono. harga brakepadnya gak beda jauh soalnya
Brembo ane jujur masih wishlist sih. Brembo oem walau bukan di cx5, warga sini keknya ada yg review oke2 aja kecuali agak decit dikit (p @saturday bilamana lg main ke thread ini bisa komen).

Kalau akebono, setahu ane bawaan mazda kalau ga akebono, belakangan ada yg trw. Mgkn mirip ama oem aja kalau akebono.

Yg ane pernah coba d mazda (tp mazda 2), bendix general ct, hi-q, ama birkens. Bendix sih recommended, hi-q yaah sbenernya ok tp ane sangsi ama harganya yg murah apakah aman in the long run (wkwk). Kalau birkens, jgn deh, ane cmn pake 100km, terus ane buang.

Sama ane ga lihat om dah ganti busi. Kalau ganti busi plis plis plisssss jgn pake yg kek merk minyak rambut jaman baheula ya.

Ane pernah pake 1x 2017 sih yg ga ada gap alias 360, 20ribuan dah brebet. Terus sekarang di cx3 pake yg iridium biasa (p11), baru pake bentar sekitar 1000an KM (ga sampe sebulan), bisa loose dong ceramic dr base-nya. Kejadiannya minggu lalu kok tiap cold start selalu ada getar hebat pas pagi hari. Ngencengin padahal 17NM pas cold. Ujung2nya balikin ke bawaan fabriek.

Bukan blek kempen, tp mgkn ane lg apes aja dari tu merk. Stick to ori, pake bosch double iridium masih ok, tp paling alus pas dulu pake denso ixeh22tt (cmn barang dah abis belakangan).
skip ke menit 10:12
merknya di 10:52

hehe sy msh ada 1 set dr beli belom dipake mbah. jd gimana gitu :big_biglaugh:


Beli ak3bono harga brp tuh mbah?

Karena yg asli setara oem ori kan setengah juta lebih klo buat honda.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by Omnibus »

whitehorse4 wrote: Fri Oct 04, 2024 14:32
Waduh kok gt yah om… apa jangan2 dpt akebono kw itu?
Ngeri2 sedap :big_childish:
ga yakin ada kw nya soalnya yg asli aja udah murah

Suryaputra wrote: Fri Oct 04, 2024 15:15
Beli ak3bono harga brp tuh mbah?

Karena yg asli setara oem ori kan setengah juta lebih klo buat honda.
lupa berapa. msh yg impor japan tp importir/dist nya sama ada packing labelnya. beli iseng cuma mau tau aja, menurut sy sih kemurahan utk expect kualitas tinggi.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11765
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Fri Oct 04, 2024 15:27
whitehorse4 wrote: Fri Oct 04, 2024 14:32
Waduh kok gt yah om… apa jangan2 dpt akebono kw itu?
Ngeri2 sedap :big_childish:
ga yakin ada kw nya soalnya yg asli aja udah murah

Suryaputra wrote: Fri Oct 04, 2024 15:15
Beli ak3bono harga brp tuh mbah?

Karena yg asli setara oem ori kan setengah juta lebih klo buat honda.
lupa berapa. msh yg impor japan tp importir/dist nya sama ada packing labelnya. beli iseng cuma mau tau aja, menurut sy sih kemurahan utk expect kualitas tinggi.
Dah lah oem ori aja, atau minimal brembo di official store.
Klo buat daily.

Klo mau resing baru deh ke tempatnya mbah vanosz :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by whitehorse4 »

Suryaputra wrote: Fri Oct 04, 2024 23:32
Omnibus wrote: Fri Oct 04, 2024 15:27
whitehorse4 wrote: Fri Oct 04, 2024 14:32
Waduh kok gt yah om… apa jangan2 dpt akebono kw itu?
Ngeri2 sedap :big_childish:
ga yakin ada kw nya soalnya yg asli aja udah murah

Suryaputra wrote: Fri Oct 04, 2024 15:15
Beli ak3bono harga brp tuh mbah?

Karena yg asli setara oem ori kan setengah juta lebih klo buat honda.
lupa berapa. msh yg impor japan tp importir/dist nya sama ada packing labelnya. beli iseng cuma mau tau aja, menurut sy sih kemurahan utk expect kualitas tinggi.
Dah lah oem ori aja, atau minimal brembo di official store.
Klo buat daily.

Klo mau resing baru deh ke tempatnya mbah vanosz :big_biglaugh:
IMG_4797.png
Harga segini asli gak ya, mbah?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11765
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by Suryaputra »

whitehorse4 wrote: Sat Oct 05, 2024 1:53
Suryaputra wrote: Fri Oct 04, 2024 23:32
Omnibus wrote: Fri Oct 04, 2024 15:27

ga yakin ada kw nya soalnya yg asli aja udah murah




lupa berapa. msh yg impor japan tp importir/dist nya sama ada packing labelnya. beli iseng cuma mau tau aja, menurut sy sih kemurahan utk expect kualitas tinggi.
Dah lah oem ori aja, atau minimal brembo di official store.
Klo buat daily.

Klo mau resing baru deh ke tempatnya mbah vanosz :big_biglaugh:
IMG_4797.png

Harga segini asli gak ya, mbah?
Coba cek official storenya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2988
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by josomba »

Omnibus wrote: Thu Oct 03, 2024 13:13
skip ke menit 10:12
merknya di 10:52

hehe sy msh ada 1 set dr beli belom dipake mbah. jd gimana gitu :big_biglaugh:


Oh waw...

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kok bisa yak kek gitu. Dah kek rem murahan najis. Wkwkwk
Image
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2988
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by josomba »

whitehorse4 wrote: Fri Oct 04, 2024 14:32
siipp omm, bendix bisa jadi pilihan berarti yah.. soal d forum luar pada rekomen either akebono atau brembo

soal busi.. dari dulu sih kendaraan apapun biasa pake ngk & denso gapernah coba2 yg laen.

kalau di cx5 yg sy baca2 yg kompatibel ada NGK ILKAR7L11 sama DENSO IXEH22TT, antara keduanya bakal terasa jauh gak ya perbedaannya?
Ngk ilkar7l11 tuh sama aja ama oem. Itu ngk laser iridium tp gapnya gampang berubah (merenggang). Kalau kegedean merenggang-nya, mulai terasa lemot -- lama2 brebetan

Denso ixeh22tt menurut ane lebih enak dan gapnya ga gampang merenggang.
Image
Devourer
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by Devourer »

nice review om, ane jg masih pake yg fl 2015 kurang lebih abisnya sama
buat perbaikan.

Rem terakhir ane ganti akebono depan klo belakang krn EPB pake orinya.
karakternya ga berasa beda sama ori, tapi kykny apa mesti rotornya dibubut ya soalnya
klo rem pas stop n go macet, bunyi grok2 nya berasa sih.

sempet coba iklanin nih mobil jg tp batal jual dl, ditawar org cuma 210-220 nyesek jg.
dulu ambil second aja di thn 2022 sama benerin aja udah deket kepala 3 hehe.
E36 Parts for sale - https://tinyurl.com/5d5r2wyk
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2320
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Review CX-5 2.5 2014 di tahun 2024

Post by darrelund »

Omnibus wrote: Thu Oct 03, 2024 13:13
skip ke menit 10:12
merknya di 10:52

hehe sy msh ada 1 set dr beli belom dipake mbah. jd gimana gitu :big_biglaugh:


klo ori ngenes bgt kualitasnya :big_biglaugh:

pke kuku aja ancur , ga kebayang brake dust nya :big_biglaugh: