Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
RezPrat wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 3:14
Btw kenapa oli kapasitas ya cuma 3, ini engine yg sama dgn fiat multijet 1.3 kan ya, harusnya kapasitas oli nya 4quart(3.7 liter om)
Di buku manual tertulis 3.2 liter. Tapi diisi 3 liter + ganti filter biasanya udah pas batas atas dipstick. Dulu awal2 punya, diisi 3.5 liter, dicek kelewat jauh dari batas atas, apalagi 3.7 om. Sama2 Multijet mungkin beda mobil beda di ukuran oil pan (yg ini saya ga tau sih).
mocileee wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 4:06
Betul kata om Reza, oli API SN kompatibel API CF. Bitog
"CF is the starting point for all of the "backwards compatible" diesel engine oils.
Majority of modern "S" oils will meet the requirements of CF standing in their head, and thus carry a CF rating.
Many diesel manufacturers throw a "CF" minimum spec on their diesels, then throw in an ACEA spec, and many don't want CI-4 or etc equivalent oils."
ACEA A5/B5
Di bukman mintanya A5/B5 kan ya? Masuk sih spek yang diminta ACEA sama oli itu, cuma TBN aja yang engga.
Kalo di web API sih yang CF itu "CAUTION: Not suitable for use in most diesel-powered automotive engines built after 2009."
Ada juga nih kalo pake oli spek CF atau ga ada "rated for diesel" gapapa. Bitog
Tapi ya balik lagi ke om mau langsung ganti atau pake dulu.
Ok, thanks om, mantap sourcenya. Bikin lega.
Iya, A5/B5. Berhubung TBN rendah kayanya sy pake aja sampe 1000an km lalu ganti ke A5/B5nya PTT.
RezPrat wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 3:14
Btw kenapa oli kapasitas ya cuma 3, ini engine yg sama dgn fiat multijet 1.3 kan ya, harusnya kapasitas oli nya 4quart(3.7 liter om)
Di buku manual tertulis 3.2 liter. Tapi diisi 3 liter + ganti filter biasanya udah pas batas atas dipstick. Dulu awal2 punya, diisi 3.5 liter, dicek kelewat jauh dari batas atas, apalagi 3.7 om. Sama2 Multijet mungkin beda mobil beda di ukuran oil pan (yg ini saya ga tau sih).
mocileee wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 4:06
Betul kata om Reza, oli API SN kompatibel API CF. Bitog
"CF is the starting point for all of the "backwards compatible" diesel engine oils.
Majority of modern "S" oils will meet the requirements of CF standing in their head, and thus carry a CF rating.
Many diesel manufacturers throw a "CF" minimum spec on their diesels, then throw in an ACEA spec, and many don't want CI-4 or etc equivalent oils."
ACEA A5/B5
Di bukman mintanya A5/B5 kan ya? Masuk sih spek yang diminta ACEA sama oli itu, cuma TBN aja yang engga.
Kalo di web API sih yang CF itu "CAUTION: Not suitable for use in most diesel-powered automotive engines built after 2009."
Ada juga nih kalo pake oli spek CF atau ga ada "rated for diesel" gapapa. Bitog
Tapi ya balik lagi ke om mau langsung ganti atau pake dulu.
Ok, thanks om, mantap sourcenya. Bikin lega.
Iya, A5/B5. Berhubung TBN rendah kayanya sy pake aja sampe 1000an km lalu ganti ke A5/B5nya PTT.
Iya mesin boleh ada kemiripan dalam nya, tapi design keseluruhan, tuning ECU, dan kebutuhan nya kan beda tiap pabrikan.
apalagi juga klo oil pan nya beda.
jd patokannya ttp dr dipstick ajah.
ngeceknya:
1. setelah kondisi mesin nyala,
2. dan matikan mesin & diamkan selama 1 menit,
3. baru dicek
bbrp manual book yg sy baca gtu,
coba cek klo suzuki gmn.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mohon masukannya suhu masih newbie masalah perlendiran. Kalau diantara oli berikut :
1. Fastron gold 0w-20
2. TQ9000 0W-20
3. Eneos X titanium 0w-20
Yang paling rekomen dari ketiga oli tersebut yang mana ya yang tahan 6 bulan atau 7000-8000 km? Untuk di mobil baleno yang udh mesin K15B (dari buku manual sih minta olinya 0w-20) atau mungkin ada rekomendasi lain yang harganya mirip-mirip?
Last edited by vin on Fri Oct 04, 2024 19:11, edited 1 time in total.
mocileee wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 4:06
Betul kata om Reza, oli API SN kompatibel API CF. Bitog
"CF is the starting point for all of the "backwards compatible" diesel engine oils.
Majority of modern "S" oils will meet the requirements of CF standing in their head, and thus carry a CF rating.
Many diesel manufacturers throw a "CF" minimum spec on their diesels, then throw in an ACEA spec, and many don't want CI-4 or etc equivalent oils."
ACEA A5/B5
Di bukman mintanya A5/B5 kan ya? Masuk sih spek yang diminta ACEA sama oli itu, cuma TBN aja yang engga.
Kalo di web API sih yang CF itu "CAUTION: Not suitable for use in most diesel-powered automotive engines built after 2009."
Ada juga nih kalo pake oli spek CF atau ga ada "rated for diesel" gapapa. Bitog
Tapi ya balik lagi ke om mau langsung ganti atau pake dulu.
Ok, thanks om, mantap sourcenya. Bikin lega.
Iya, A5/B5. Berhubung TBN rendah kayanya sy pake aja sampe 1000an km lalu ganti ke A5/B5nya PTT.
Iya Om, ane udah sering pake ptt common rail A5/b5 d mesin Innova reborn 2GD, ini oli smooth bener, bisa d push sampe 10k km, berdasarkan lab test wear & acidity protectionnya juga ok. Dan paling penting harga RAMAH di kantong
Btw buat ertiganya mengingat pan cuma 3 liter, coba pake sampe max 8000km aja dulu, kalo 8k km masi enak lanjut, kalo dah ngedrop rasanya nya (mesin jadi kasar, tarikan berat) d ganti aja d 8k km.
vin wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 19:09
Mohon masukannya suhu masih newbie masalah perlendiran. Kalau diantara oli berikut :
1. Fastron gold 0w-20
2. TQ9000 0W-20
3. Eneos X titanium 0w-20
Yang paling rekomen dari ketiga oli tersebut yang mana ya yang tahan 6 bulan atau 7000-8000 km? Untuk di mobil baleno yang udh mesin K15B (dari buku manual sih minta olinya 0w-20) atau mungkin ada rekomendasi lain yang harganya mirip-mirip?
Semua ok koq
Make sure asli dan krn merk tsb terkenal, beli di trusted store yaa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mocileee wrote: ↑Wed Oct 02, 2024 4:06
Betul kata om Reza, oli API SN kompatibel API CF. Bitog
"CF is the starting point for all of the "backwards compatible" diesel engine oils.
Majority of modern "S" oils will meet the requirements of CF standing in their head, and thus carry a CF rating.
Many diesel manufacturers throw a "CF" minimum spec on their diesels, then throw in an ACEA spec, and many don't want CI-4 or etc equivalent oils."
ACEA A5/B5
Di bukman mintanya A5/B5 kan ya? Masuk sih spek yang diminta ACEA sama oli itu, cuma TBN aja yang engga.
Kalo di web API sih yang CF itu "CAUTION: Not suitable for use in most diesel-powered automotive engines built after 2009."
Ada juga nih kalo pake oli spek CF atau ga ada "rated for diesel" gapapa. Bitog
Tapi ya balik lagi ke om mau langsung ganti atau pake dulu.
Ok, thanks om, mantap sourcenya. Bikin lega.
Iya, A5/B5. Berhubung TBN rendah kayanya sy pake aja sampe 1000an km lalu ganti ke A5/B5nya PTT.
Iya Om, ane udah sering pake ptt common rail A5/b5 d mesin Innova reborn 2GD, ini oli smooth bener, bisa d push sampe 10k km, berdasarkan lab test wear & acidity protectionnya juga ok. Dan paling penting harga RAMAH di kantong
Btw buat ertiganya mengingat pan cuma 3 liter, coba pake sampe max 8000km aja dulu, kalo 8k km masi enak lanjut, kalo dah ngedrop rasanya nya (mesin jadi kasar, tarikan berat) d ganti aja d 8k km.
Spec oli sesuai
Hati tenang
Yg penting asli
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vin wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 19:09
Mohon masukannya suhu masih newbie masalah perlendiran. Kalau diantara oli berikut :
1. Fastron gold 0w-20
2. TQ9000 0W-20
3. Eneos X titanium 0w-20
Yang paling rekomen dari ketiga oli tersebut yang mana ya yang tahan 6 bulan atau 7000-8000 km? Untuk di mobil baleno yang udh mesin K15B (dari buku manual sih minta olinya 0w-20) atau mungkin ada rekomendasi lain yang harganya mirip-mirip?
Semua ok koq
Make sure asli dan krn merk tsb terkenal, beli di trusted store yaa
Kalau trusted store harusnya udh ketemu sih om,
1. Fastron gold 0w-20 (Sadikun retail tokped)
2. TQ9000 0w-20 (speed service tokped/shopee)
3. Eneos X titanium 0w-20 (eneos official store shopee)
vin wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 19:09
Mohon masukannya suhu masih newbie masalah perlendiran. Kalau diantara oli berikut :
1. Fastron gold 0w-20
2. TQ9000 0W-20
3. Eneos X titanium 0w-20
Yang paling rekomen dari ketiga oli tersebut yang mana ya yang tahan 6 bulan atau 7000-8000 km? Untuk di mobil baleno yang udh mesin K15B (dari buku manual sih minta olinya 0w-20) atau mungkin ada rekomendasi lain yang harganya mirip-mirip?
udah pernah nyoba semua kalo diranking TQ9000->PFG->EXti
Eneos ini cukup ok improvement dari SN ke SP selevel ama Shell city kalo dari gwa, tapi level dibawah PFG ama TQ9000 yah hehe/ oh iya saya nyoba fastron gold masih API SN belum tau kalo gold SP rencana ntar akhir taun (atau bahkan taun depan sih) itu kemaren senior/suhu ada yang post Fastron Gold API SP ada improvements *sedikit so kaianya ga beda jauh dari yang SN
rentang harga 100-120 0w20 hmmmmm adnoc eco bisa dicoba tuh ada yang pernah post VOA cukup baik
kembali pertanyaannya 7000km-8000jkm ambil yang diatas itu om motul hplus, castrol magna , ato sekalian Q8; kalo 6 bulan tap-oli yah gamasalah pake ke 3 diatas
tapi diantara 3 itu saya ambil TQ9000 udah saya coba push di 6000km-an di mesin 1KRVET (1.0t raize) idle pagi masih halus plus tarikan mid-high masih enak *dengan sarat mesin sehat, coolant apik, BBM sesuai spek yah
vin wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 19:09
Mohon masukannya suhu masih newbie masalah perlendiran. Kalau diantara oli berikut :
1. Fastron gold 0w-20
2. TQ9000 0W-20
3. Eneos X titanium 0w-20
Yang paling rekomen dari ketiga oli tersebut yang mana ya yang tahan 6 bulan atau 7000-8000 km? Untuk di mobil baleno yang udh mesin K15B (dari buku manual sih minta olinya 0w-20) atau mungkin ada rekomendasi lain yang harganya mirip-mirip?
udah pernah nyoba semua kalo diranking TQ9000->PFG->EXti
Eneos ini cukup ok improvement dari SN ke SP selevel ama Shell city kalo dari gwa, tapi level dibawah PFG ama TQ9000 yah hehe/ oh iya saya nyoba fastron gold masih API SN belum tau kalo gold SP rencana ntar akhir taun (atau bahkan taun depan sih) itu kemaren senior/suhu ada yang post Fastron Gold API SP ada improvements *sedikit so kaianya ga beda jauh dari yang SN
rentang harga 100-120 0w20 hmmmmm adnoc eco bisa dicoba tuh ada yang pernah post VOA cukup baik
kembali pertanyaannya 7000km-8000jkm ambil yang diatas itu om motul hplus, castrol magna , ato sekalian Q8; kalo 6 bulan tap-oli yah gamasalah pake ke 3 diatas
tapi diantara 3 itu saya ambil TQ9000 udah saya coba push di 6000km-an di mesin 1KRVET (1.0t raize) idle pagi masih halus plus tarikan mid-high masih enak *dengan sarat mesin sehat, coolant apik, BBM sesuai spek yah
Klo scr feeling
Memang tq9000 0w20 better yah dibanding PFG 0w20
Sy prnh pakai jg.
Tp lom prnh test lab.
Tq9000 sih merem lah sampai 5-6rb km di mesin non turbo dan cooling fresh dan sehat.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vin wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 19:09
Mohon masukannya suhu masih newbie masalah perlendiran. Kalau diantara oli berikut :
1. Fastron gold 0w-20
2. TQ9000 0W-20
3. Eneos X titanium 0w-20
Yang paling rekomen dari ketiga oli tersebut yang mana ya yang tahan 6 bulan atau 7000-8000 km? Untuk di mobil baleno yang udh mesin K15B (dari buku manual sih minta olinya 0w-20) atau mungkin ada rekomendasi lain yang harganya mirip-mirip?
udah pernah nyoba semua kalo diranking TQ9000->PFG->EXti
Eneos ini cukup ok improvement dari SN ke SP selevel ama Shell city kalo dari gwa, tapi level dibawah PFG ama TQ9000 yah hehe/ oh iya saya nyoba fastron gold masih API SN belum tau kalo gold SP rencana ntar akhir taun (atau bahkan taun depan sih) itu kemaren senior/suhu ada yang post Fastron Gold API SP ada improvements *sedikit so kaianya ga beda jauh dari yang SN
rentang harga 100-120 0w20 hmmmmm adnoc eco bisa dicoba tuh ada yang pernah post VOA cukup baik
kembali pertanyaannya 7000km-8000jkm ambil yang diatas itu om motul hplus, castrol magna , ato sekalian Q8; kalo 6 bulan tap-oli yah gamasalah pake ke 3 diatas
tapi diantara 3 itu saya ambil TQ9000 udah saya coba push di 6000km-an di mesin 1KRVET (1.0t raize) idle pagi masih halus plus tarikan mid-high masih enak *dengan sarat mesin sehat, coolant apik, BBM sesuai spek yah
Klo scr feeling
Memang tq9000 0w20 better yah dibanding PFG 0w20
Sy prnh pakai jg.
Tp lom prnh test lab.
Tq9000 sih merem lah sampai 5-6rb km di mesin non turbo dan cooling fresh dan sehat.
TQ9000 di turbo juga ok kok 6000km
cman kalo 7000-8000km yah kaianya lebih baik (ato mustinya) ambil level atasnya sih.
icanjr wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 6:15
Misi para suhu sekalian
Mau nanya rekomendasi oli untuk mesin 4B11 Outlander dengan odo 80ribuan KM
Untuk budget kalo bisa dibawah 150k perliternya
Selama ini selalu dipakein oli Mtsu 5W-30. Mau coba ganti yang lebih bagus
Sekarang sih udah mulai lirik Fastron Gold atau Shell Helix HX Ultra. Tapi kalo ada rekomendasi yang mungkin lebih baik boleh om sekalian
Saya jg user OSPX om, sekarang saya lagi pakai PFG 5w30, selalu ganti setiap 6 bulan (meskipun baru nyentuh 5000an km). Yg penting oli nya ori, kemudian interval penggantian selalu tepat waktu n selalu dibawah rekomendasi yg 10rb km pasti mesin enak om. Saya udah pernah coba Q8, mobil 1, motul, tapi endingnya pakai PFG karena support produk lokal dan produknya gak kalah sama yg import
vin wrote: ↑Fri Oct 04, 2024 19:09
Mohon masukannya suhu masih newbie masalah perlendiran. Kalau diantara oli berikut :
1. Fastron gold 0w-20
2. TQ9000 0W-20
3. Eneos X titanium 0w-20
Yang paling rekomen dari ketiga oli tersebut yang mana ya yang tahan 6 bulan atau 7000-8000 km? Untuk di mobil baleno yang udh mesin K15B (dari buku manual sih minta olinya 0w-20) atau mungkin ada rekomendasi lain yang harganya mirip-mirip?
udah pernah nyoba semua kalo diranking TQ9000->PFG->EXti
Eneos ini cukup ok improvement dari SN ke SP selevel ama Shell city kalo dari gwa, tapi level dibawah PFG ama TQ9000 yah hehe/ oh iya saya nyoba fastron gold masih API SN belum tau kalo gold SP rencana ntar akhir taun (atau bahkan taun depan sih) itu kemaren senior/suhu ada yang post Fastron Gold API SP ada improvements *sedikit so kaianya ga beda jauh dari yang SN
rentang harga 100-120 0w20 hmmmmm adnoc eco bisa dicoba tuh ada yang pernah post VOA cukup baik
kembali pertanyaannya 7000km-8000jkm ambil yang diatas itu om motul hplus, castrol magna , ato sekalian Q8; kalo 6 bulan tap-oli yah gamasalah pake ke 3 diatas
tapi diantara 3 itu saya ambil TQ9000 udah saya coba push di 6000km-an di mesin 1KRVET (1.0t raize) idle pagi masih halus plus tarikan mid-high masih enak *dengan sarat mesin sehat, coolant apik, BBM sesuai spek yah
Makasih reviewnya om, untuk intervalnya udh pasti 6 bulan sekali drain sih om. Dalam 6 bulan itu juga kira” jarak tempuhnya 7000-8000 km, untuk coolant sih masih pakai bawaan suzuki tapi rencananya mau saya kuras ganti mannol g13+, bbm pakai bp 92 diatas rekomendasi manual book (manual book ron 91 ke atas). Kyknya saya mau coba TQ9000 dulu kesimpulannya, thankyou om
udah pernah nyoba semua kalo diranking TQ9000->PFG->EXti
Eneos ini cukup ok improvement dari SN ke SP selevel ama Shell city kalo dari gwa, tapi level dibawah PFG ama TQ9000 yah hehe/ oh iya saya nyoba fastron gold masih API SN belum tau kalo gold SP rencana ntar akhir taun (atau bahkan taun depan sih) itu kemaren senior/suhu ada yang post Fastron Gold API SP ada improvements *sedikit so kaianya ga beda jauh dari yang SN
rentang harga 100-120 0w20 hmmmmm adnoc eco bisa dicoba tuh ada yang pernah post VOA cukup baik
kembali pertanyaannya 7000km-8000jkm ambil yang diatas itu om motul hplus, castrol magna , ato sekalian Q8; kalo 6 bulan tap-oli yah gamasalah pake ke 3 diatas
tapi diantara 3 itu saya ambil TQ9000 udah saya coba push di 6000km-an di mesin 1KRVET (1.0t raize) idle pagi masih halus plus tarikan mid-high masih enak *dengan sarat mesin sehat, coolant apik, BBM sesuai spek yah
Klo scr feeling
Memang tq9000 0w20 better yah dibanding PFG 0w20
Sy prnh pakai jg.
Tp lom prnh test lab.
Tq9000 sih merem lah sampai 5-6rb km di mesin non turbo dan cooling fresh dan sehat.
TQ9000 di turbo juga ok kok 6000km
cman kalo 7000-8000km yah kaianya lebih baik (ato mustinya) ambil level atasnya sih.
Kalau untuk seller yang jual Q8 ada rekomendasi tokonya kah om? Shopee atau tokped?
Ini aspira 0w20 ga play²
Mayan kualitasnya
Dah di 3600km di mesin resing hr15de remap ron 95 masih enak aja
Dipstik jg ga ada penguapan spertinya, padahal lagi suka ugal² di bejek pol klo kluar kota sampe 170km/jam
Tapi berhubung hargajya 250rb/4ltr tetep ganti nanti di 5000km
trebla88 wrote: ↑Sun Oct 06, 2024 2:08
Ini aspira 0w20 ga play²
Mayan kualitasnya
Dah di 3600km di mesin resing hr15de remap ron 95 masih enak aja
Dipstik jg ga ada penguapan spertinya, padahal lagi suka ugal² di bejek pol klo kluar kota sampe 170km/jam
Tapi berhubung hargajya 250rb/4ltr tetep ganti nanti di 5000km
Bagus ya om? Padahal salah 1 inceran ane jg.
Tapi kemaren akhirnya beli Fuchs harga ga sampe 300 untuk next OCI.
trebla88 wrote: ↑Sun Oct 06, 2024 2:08
Ini aspira 0w20 ga play²
Mayan kualitasnya
Dah di 3600km di mesin resing hr15de remap ron 95 masih enak aja
Dipstik jg ga ada penguapan spertinya, padahal lagi suka ugal² di bejek pol klo kluar kota sampe 170km/jam
Tapi berhubung hargajya 250rb/4ltr tetep ganti nanti di 5000km
Bagus ya om? Padahal salah 1 inceran ane jg.
Tapi kemaren akhirnya beli Fuchs harga ga sampe 300 untuk next OCI.
trebla88 wrote: ↑Sun Oct 06, 2024 2:08
Ini aspira 0w20 ga play²
Mayan kualitasnya
Dah di 3600km di mesin resing hr15de remap ron 95 masih enak aja
Dipstik jg ga ada penguapan spertinya, padahal lagi suka ugal² di bejek pol klo kluar kota sampe 170km/jam
Tapi berhubung hargajya 250rb/4ltr tetep ganti nanti di 5000km
trebla88 wrote: ↑Sun Oct 06, 2024 2:08
Ini aspira 0w20 ga play²
Mayan kualitasnya
Dah di 3600km di mesin resing hr15de remap ron 95 masih enak aja
Dipstik jg ga ada penguapan spertinya, padahal lagi suka ugal² di bejek pol klo kluar kota sampe 170km/jam
Tapi berhubung hargajya 250rb/4ltr tetep ganti nanti di 5000km
Bagus ya om? Padahal salah 1 inceran ane jg.
Tapi kemaren akhirnya beli Fuchs harga ga sampe 300 untuk next OCI.