Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Permisi semuanya, mau tanya soal oli mobil Nissan Terrano 1997. Selama ini pake STP 10w40, tapi mau coba ganti merk. Bisa minta saran ke Om - Om yang udah lebih ngerti, soalnya soal per olian saya masih awam
Aryamikhail wrote: βSun Oct 13, 2024 2:48
Permisi semuanya, mau tanya soal oli mobil Nissan Terrano 1997. Selama ini pake STP 10w40, tapi mau coba ganti merk. Bisa minta saran ke Om - Om yang udah lebih ngerti, soalnya soal per olian saya masih awam
Terima kasih sebelumnya
Budget berapa, interval pemakaian berapa lama?
Kalo mau coba yang bagusan bisa coba Q8 Excel 5w40 atau Q8 Excel long life 5w40
Aryamikhail wrote: βSun Oct 13, 2024 2:48
Permisi semuanya, mau tanya soal oli mobil Nissan Terrano 1997. Selama ini pake STP 10w40, tapi mau coba ganti merk. Bisa minta saran ke Om - Om yang udah lebih ngerti, soalnya soal per olian saya masih awam
Terima kasih sebelumnya
Wah legend
Mobil anti sabotase elit global
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Aryamikhail wrote: βSun Oct 13, 2024 2:48
Permisi semuanya, mau tanya soal oli mobil Nissan Terrano 1997. Selama ini pake STP 10w40, tapi mau coba ganti merk. Bisa minta saran ke Om - Om yang udah lebih ngerti, soalnya soal per olian saya masih awam
Terima kasih sebelumnya
Budget berapa, interval pemakaian berapa lama?
Kalo mau coba yang bagusan bisa coba Q8 Excel 5w40 atau Q8 Excel long life 5w40
Budget sekitar 400 rb an (4 liter) Om, biasa ganti oli 12 bulan sekali soalnya pakenya seminggu cuman 2 - 3x
Oo siapp, sering denger Q8 bagus, kalo mobil tua gitu pake 5w aman Om?
Terimakasih sebelumnya Om sarannya
Last edited by Aryamikhail on Sun Oct 13, 2024 5:58, edited 3 times in total.
Aryamikhail wrote: βSun Oct 13, 2024 2:48
Permisi semuanya, mau tanya soal oli mobil Nissan Terrano 1997. Selama ini pake STP 10w40, tapi mau coba ganti merk. Bisa minta saran ke Om - Om yang udah lebih ngerti, soalnya soal per olian saya masih awam
Fufufafa wrote: βFri Oct 11, 2024 5:19
Mau nanya suhu suhu, rencana mau ganti oli dari bawaan bengkel dikasih kixx g1 5w 30, mau coba oli lain pilihanya ada shell hx7, total quartz 9000, mobil 1 super friction fighter mending mana ya? Atau ada opsi lain maaf newbie
lah mas gibran ini gmana toh
itu klas campur gado2
hx7 sekelas ama mobil super (bukan mobil 1)
Tq 9000 ama kixx G1
btw
sepengalaman kita orang, dari smua itu plg enak kixx
berarti PFG, TQ9000 n kixx G1 rekomen dari warga SM hehe
Sekarang lagi pakai tq9000 5w30 di k14b bbm pertamax
Umur oli dah nempuh 2700km
Tah napa saya rasa oli ini ga enak setelah sentuh 2500km ke atas malah jadi pengen ngetap ganti ke kixx
Paling klop dulu sama kendall gt max fullsyn selama 4 thn selalu halus sampai 8000km
Sekarang cuma ada oli drum repacknya itu pun yg synblend doank
Ubek di toped malah banyakan stok jadul botol silver
sepengalaman kita orang, dari smua itu plg enak kixx
berarti PFG, TQ9000 n kixx G1 rekomen dari warga SM hehe
Sekarang lagi pakai tq9000 5w30 di k14b bbm pertamax
Umur oli dah nempuh 2700km
Tah napa saya rasa oli ini ga enak setelah sentuh 2500km ke atas malah jadi pengen ngetap ganti ke kixx
Paling klop dulu sama kendall gt max fullsyn selama 4 thn selalu halus sampai 8000km
Sekarang cuma ada oli drum repacknya itu pun yg synblend doank
Ubek di toped malah banyakan stok jadul botol silver
Kixx API SP kelas 5-6rb km, Bnyk hasil lab nya di forum lendir russia.
yah std ajah.
Klo mau upgrade sekalian ke Motul Specific 913D 5w30, harga mirip.
sampai 8000 km / 1 tahun masih ok
nih hasil lab nya
di Mesin Honda 1500cc
UOA-Motul-913-D-5w30.png
Estimasi max sampai 9rb Km jg masih sip untuk rute kombinasi
Visco @100 C nya stabil, ditambah zinc tinggi.
nikmat banget buat mesin flat tappet cam
sepengalaman kita orang, dari smua itu plg enak kixx
berarti PFG, TQ9000 n kixx G1 rekomen dari warga SM hehe
Sekarang lagi pakai tq9000 5w30 di k14b bbm pertamax
Umur oli dah nempuh 2700km
Tah napa saya rasa oli ini ga enak setelah sentuh 2500km ke atas malah jadi pengen ngetap ganti ke kixx
Paling klop dulu sama kendall gt max fullsyn selama 4 thn selalu halus sampai 8000km
Sekarang cuma ada oli drum repacknya itu pun yg synblend doank
Ubek di toped malah banyakan stok jadul botol silver
oh iya? mungkin yang gacor 0w20, 5w30 b aja.
5w30 dulu pleng puas pake castrol enak itu. kebetulan sama tuh miara k14b dulu
Aryamikhail wrote: βSun Oct 13, 2024 2:48
Permisi semuanya, mau tanya soal oli mobil Nissan Terrano 1997. Selama ini pake STP 10w40, tapi mau coba ganti merk. Bisa minta saran ke Om - Om yang udah lebih ngerti, soalnya soal per olian saya masih awam
Terima kasih sebelumnya
Budget berapa, interval pemakaian berapa lama?
Kalo mau coba yang bagusan bisa coba Q8 Excel 5w40 atau Q8 Excel long life 5w40
Halo Om, mau tanya lagi. Saya sempet survey2 soal oli Q8, ada beberapa yang rekomen untuk mobil tua pakai Q8 ADVANCED PLUS 10W 40. Boleh minta sarannya, mending pakai yang Excel 5w 40 atau Advanced Plus 10w 40? Terima kasih banyak Om
Wajar aja apalagi produksi 2022
Skrg udh deket 2025.
Emg harga cuci gudang.
Sy prnh beli g/d1 awal 2023 udh kena 120-130rb an seliter
Dan ori hasil voa nya ada saya.
TBN nya (metode astm d4739) dan aditif nya better dibanding mobil 1 botol emas.
Robust banget ini kyukyu g/d1
Emang by data proven sesuai klaim principal nya
Padahal g/d1 ini produk tiri. Awalnya di produksi solely buat tender GM yang kebutuhannya lower price point. Jadinya additifnya gak pake lubrizol, lebih second grade.
Dibanding D1 , jauh bagusan D1
kalau D1, bisa tahan brp lama ya sebelum direkomendasi utk diganti oli nya?
Om2 suhu, saya kemaren ada lihat konten yutub, yg menginfokan sebenernya lbh baik mengganti oli mesin bukan berdasarkan patokan jarak tempuh (kilometer atau mil) maupun masa penggantian (sekian bulan), tp berdasarkan engine running time. Ini sepertinya masuk akal, karena oli tetap ada sirkulasi meskipun kita tidak berjalan, baik karena macet2an atau lbh sering idle (mobil yg jd garage queen).
Pertanyaannya, kenapa ya, parameter ini sangat jarang digunakan? Apa karena keterbatasan cara mengukur engine running time itu? Atau ada faktor lainnya?
Wajar aja apalagi produksi 2022
Skrg udh deket 2025.
Emg harga cuci gudang.
Sy prnh beli g/d1 awal 2023 udh kena 120-130rb an seliter
Dan ori hasil voa nya ada saya.
TBN nya (metode astm d4739) dan aditif nya better dibanding mobil 1 botol emas.
Robust banget ini kyukyu g/d1
Emang by data proven sesuai klaim principal nya
Padahal g/d1 ini produk tiri. Awalnya di produksi solely buat tender GM yang kebutuhannya lower price point. Jadinya additifnya gak pake lubrizol, lebih second grade.
Dibanding D1 , jauh bagusan D1
kalau D1, bisa tahan brp lama ya sebelum direkomendasi utk diganti oli nya?
Dengan asumsi mobil sehat, bbm pertamax, proven 12rb km bisa.
Kalo pake BBM gas kyk om Wicaksono, udah proven hampir 20rb km tuh
feri307 wrote: βMon Oct 14, 2024 3:55
Om2 suhu, saya kemaren ada lihat konten yutub, yg menginfokan sebenernya lbh baik mengganti oli mesin bukan berdasarkan patokan jarak tempuh (kilometer atau mil) maupun masa penggantian (sekian bulan), tp berdasarkan engine running time. Ini sepertinya masuk akal, karena oli tetap ada sirkulasi meskipun kita tidak berjalan, baik karena macet2an atau lbh sering idle (mobil yg jd garage queen).
Pertanyaannya, kenapa ya, parameter ini sangat jarang digunakan? Apa karena keterbatasan cara mengukur engine running time itu? Atau ada faktor lainnya?
Bisa dipraktekkan namun sangat tidak praktikal. Kalau mau diterapkan secara ideal pun bisa bikin orang-orang gulung koming duluan.
engine-hour ini banyak dipraktekkan ke mesin-mesin alat berat atau genset karena emang dipakenya di RPM konstan dan emang didesain running 24/7.
Kondisinya lebih masuk ke situ daripada pakai patokan kilometer tempuh.
Sebenarnya patokan ganti tiap 5000KM yang sebenarnya udah lama, sampe sekarang ya udah jadi rule-of-thumb untuk mengcover sikon terjelek dari sebuah kendaraan dengan oli kualitas pas-pasan.
Di luar negeri aja mekaniknya pada pake patokan 5000miles/OCI demi keamanan dari enjin kok.
feri307 wrote: βMon Oct 14, 2024 3:55
Om2 suhu, saya kemaren ada lihat konten yutub, yg menginfokan sebenernya lbh baik mengganti oli mesin bukan berdasarkan patokan jarak tempuh (kilometer atau mil) maupun masa penggantian (sekian bulan), tp berdasarkan engine running time. Ini sepertinya masuk akal, karena oli tetap ada sirkulasi meskipun kita tidak berjalan, baik karena macet2an atau lbh sering idle (mobil yg jd garage queen).
Pertanyaannya, kenapa ya, parameter ini sangat jarang digunakan? Apa karena keterbatasan cara mengukur engine running time itu? Atau ada faktor lainnya?
yg umum pakai engine hour meter itu setau saya truk, bus, dan genset karena mesinΒ² tsb lebih sering idle-nya.
kalo mau pasang di passenger car ya silakan, cari aja di toko online keyword-nya engine hour meter.
yg analog ada, yg digital ada, harga bervariasi.
feri307 wrote: βMon Oct 14, 2024 3:55
Om2 suhu, saya kemaren ada lihat konten yutub, yg menginfokan sebenernya lbh baik mengganti oli mesin bukan berdasarkan patokan jarak tempuh (kilometer atau mil) maupun masa penggantian (sekian bulan), tp berdasarkan engine running time. Ini sepertinya masuk akal, karena oli tetap ada sirkulasi meskipun kita tidak berjalan, baik karena macet2an atau lbh sering idle (mobil yg jd garage queen).
Pertanyaannya, kenapa ya, parameter ini sangat jarang digunakan? Apa karena keterbatasan cara mengukur engine running time itu? Atau ada faktor lainnya?
Bisa dipraktekkan namun sangat tidak praktikal. Kalau mau diterapkan secara ideal pun bisa bikin orang-orang gulung koming duluan.
engine-hour ini banyak dipraktekkan ke mesin-mesin alat berat atau genset karena emang dipakenya di RPM konstan dan emang didesain running 24/7.
Kondisinya lebih masuk ke situ daripada pakai patokan kilometer tempuh.
Sebenarnya patokan ganti tiap 5000KM yang sebenarnya udah lama, sampe sekarang ya udah jadi rule-of-thumb untuk mengcover sikon terjelek dari sebuah kendaraan dengan oli kualitas pas-pasan.
Di luar negeri aja mekaniknya pada pake patokan 5000miles/OCI demi keamanan dari enjin kok.
tambahan : si care nuts (spesialis toyota US) suruh ganti 3000miles alias +- 5000km (plus filter oli) untuk turbocharged jadi dah pleng bener 5000km
feri307 wrote: βMon Oct 14, 2024 3:55
Om2 suhu, saya kemaren ada lihat konten yutub, yg menginfokan sebenernya lbh baik mengganti oli mesin bukan berdasarkan patokan jarak tempuh (kilometer atau mil) maupun masa penggantian (sekian bulan), tp berdasarkan engine running time. Ini sepertinya masuk akal, karena oli tetap ada sirkulasi meskipun kita tidak berjalan, baik karena macet2an atau lbh sering idle (mobil yg jd garage queen).
Pertanyaannya, kenapa ya, parameter ini sangat jarang digunakan? Apa karena keterbatasan cara mengukur engine running time itu? Atau ada faktor lainnya?
Bisa dipraktekkan namun sangat tidak praktikal. Kalau mau diterapkan secara ideal pun bisa bikin orang-orang gulung koming duluan.
engine-hour ini banyak dipraktekkan ke mesin-mesin alat berat atau genset karena emang dipakenya di RPM konstan dan emang didesain running 24/7.
Kondisinya lebih masuk ke situ daripada pakai patokan kilometer tempuh.
Sebenarnya patokan ganti tiap 5000KM yang sebenarnya udah lama, sampe sekarang ya udah jadi rule-of-thumb untuk mengcover sikon terjelek dari sebuah kendaraan dengan oli kualitas pas-pasan.
Di luar negeri aja mekaniknya pada pake patokan 5000miles/OCI demi keamanan dari enjin kok.
tambahan : si care nuts (spesialis toyota US) suruh ganti 3000miles alias +- 5000km (plus filter oli) untuk turbocharged jadi dah pleng bener 5000km
Iya krn panas.
Biasa dinginin liner mesin dan camshaft aja klo di mesin N/A, itu jg dibantu coolant.
Tp krn ada turbo, olinya buat dinginin bearing turbo juga + boost turbo bikin internal combustion nambah panas..
Jd dobel kill
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Fernando1982 wrote: βMon Oct 14, 2024 12:14
Fyi tadi nemu bardhal xtc9 5w30 bukan produksi luar lagi tapi blendingan pt nusaraya sekarang
Bardahl XTC S9 tersebut oli bagus kok gan
Kalo gak salah kadar detergent nya cukup tinggi, bagus buat merontokkan varnish atau yg udah mulai muncul gejala sludge CMIIW
Fernando1982 wrote: βMon Oct 14, 2024 12:14
Fyi tadi nemu bardhal xtc9 5w30 bukan produksi luar lagi tapi blendingan pt nusaraya sekarang
Bardahl XTC S9 tersebut oli bagus kok gan
Kalo gak salah kadar detergent nya cukup tinggi, bagus buat merontokkan varnish atau yg udah mulai muncul gejala sludge CMIIW
Iya bagus tapi banyak oli wkt awal masuk pakai blend luar hasilnya ok gitu udah blend lokal disini tah napa banyak yg ngaco
Dulu saya favorit oli kerang gitu kena blend disini berasa amburadul
Fernando1982 wrote: βMon Oct 14, 2024 12:14
Fyi tadi nemu bardhal xtc9 5w30 bukan produksi luar lagi tapi blendingan pt nusaraya sekarang
Bardahl XTC S9 tersebut oli bagus kok gan
Kalo gak salah kadar detergent nya cukup tinggi, bagus buat merontokkan varnish atau yg udah mulai muncul gejala sludge CMIIW
Iya bagus tapi banyak oli wkt awal masuk pakai blend luar hasilnya ok gitu udah blend lokal disini tah napa banyak yg ngaco
Dulu saya favorit oli kerang gitu kena blend disini berasa amburadul
haha.. gara-gara si kerang ultra, semua brand keciptran "image" nya
saya no comment om, perlu hasil UOA lab untuk menjadi landasan kesimpulan pasca blend oleh PT Nus4r4y4, oli brand tsb mengalami penurunan kualitas dibanding versi luar.