Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ChZ wrote: ↑Fri Aug 25, 2023 7:23Maintenance report.
Jadiii sudah hampir 5 tahun pake mobil ini gak berasa. Itungan mobil jarang pake dan sekali pake langsung hajar transjawabahn isi 5 orang + barang. Sekalian aja di servis besar.
Odo read : 35ribu sekian.
Items :
Ganti oli Q8 0W-20 D1g2 - karena ada sisaan dari lalu2 lumayan ngirit cuma beli 2 botol aja.
Ganti oli CVTF FK For Honda - ada sisaan juga belinya cuma 2 liter.
Engine tune up + stel klep.
Kuras minyak rem + bersihkan rem.
Temuan lain dari general check :
Disc brake geter - tambahan item bubut disc brake.
PCV valve udah kempot. (sama kayak civic)
IMG-20230824-WA0011.jpg
Kaki-kaki so far masih aman, shock belum meler. untuk pemakaian di abuse surprisingly kuat ini kaki-kakinya. Klep kata mekaniknya udah longgar semua. wkwkwkkwkw. setelah di stel klep enaknya tenaga makin smooth nyalurnya gak lompat-lompat. jd yang punya CRV / Civic turbo wajib banget stel klep berkala.
IMG20230823134345.jpg
Total DC :
Oli beli sendiri - 800 ribuan di Kudamas Anjasmoro
Engine tune up, servis rem, bubut discbrake - 1.9juta di Garage Plus Sri Rejeki Raya.
total +- 2.7 juta.
Imo, kalo disc brake geter sebelum bubut discnya harusnya coba ganti kampasnya aja Mbah, karena saya pernah ngalamin di CX 3, km 45rban pas di rem geter, cek kampas masih tebal tapi udah mengeras, begitu ganti smooth lagi.
Cmiiw
Chr1stm1 wrote: ↑Fri Aug 25, 2023 10:45
Imo, kalo disc brake geter sebelum bubut discnya harusnya coba ganti kampasnya aja Mbah, karena saya pernah ngalamin di CX 3, km 45rban pas di rem geter, cek kampas masih tebal tapi udah mengeras, begitu ganti smooth lagi.
Cmiiw
Ini udah saya bawa pulang, emang dari disc om skrg udah halus lagi. Kemarin mekaniknya juga yakin dari disc. Emang saya bawanya pedal to the kampret mulu kepanasan kali tuh disc dipaksa ngerem dari 150 mulu wkwkwkwkwk.
roadmap wrote: ↑Fri Aug 25, 2023 9:36
Thanks om ChZ atas sharing nya.
Saya punya sudah jalan 5 tahun 3 bln, 80k km. Going strong di engine. Perawatan standar, oli pakai standar pabrikan epro turbo, cvt oil pun pabrikan. Ke beres pun hanya selama masa garansi aja, sesudahnya di bengkel biasa aja/specialist.
Kaki2 ya begitulah..
Rem depan kiri kadang bunyi tikus, bolak balik beres penyebab blm ketemu, ban kiri belakang selalu habis gak rata bagian dlm bolak balik spooring bakancibg di beres maupun di spesialis sama aja, kalau belok patah (ketika parkir) stir terasa seret di putaran terakhir (kayaknya rack steer), kalau belok patah dr berenti mau jalan bunyi “teng” kayak ada besi ketarik bunyi nya pelan banget, kayaknya bearing shock perlu ganti, kalau menurut beres harus ganti keseluruhan. Sementara blm dibenerin, krn gak terlalu mengganggu, gak ada waktu, dan pengen ganti gen 6.
Tapi setelah lihat harganya 800jt, jd galau, apakah worth sebuah CRV harganya 800jt. Huhuhuu…
Lagi cari opsi2 lain.. dan sementara blm ada yg sreg
Ane itungannya agak ocd buat mobil jarang pake
Itu beresinnya sekalian aja om capek nanti bolak balik bengkelnya kalau rawatan standar bengkel resmi, hampir gak pernah ngecekin gini2. Diliat gak rusak didiemin user gak ada keluhan gak dicek
Sehabis service besar 60k kemarin CRV turbo saya jadi boros BBM (cuma dapat avg 8km/lt pdhl sebelum ini rata-rata 10km/lt, rute dan kebiasaan dsb tidak ada perubahan)
Ada yang pengalaman dengan hal serupa? Apa yang harus dicek/dilakukan ya?
Volare wrote: ↑Thu Sep 07, 2023 0:24
Sehabis service besar 60k kemarin CRV turbo saya jadi boros BBM (cuma dapat avg 8km/lt pdhl sebelum ini rata-rata 10km/lt, rute dan kebiasaan dsb tidak ada perubahan)
Ada yang pengalaman dengan hal serupa? Apa yang harus dicek/dilakukan ya?
Volare wrote: ↑Thu Sep 07, 2023 0:24
Sehabis service besar 60k kemarin CRV turbo saya jadi boros BBM (cuma dapat avg 8km/lt pdhl sebelum ini rata-rata 10km/lt, rute dan kebiasaan dsb tidak ada perubahan)
Ada yang pengalaman dengan hal serupa? Apa yang harus dicek/dilakukan ya?
minta reset pake HDS nya dealer dulu om, sambil scan misal ada trouble ..
wr-v saya waktu awal ambil juga agak lemot, abis servis pertama dan reset pake HDS, langsung lebih enak ..
Volare wrote: ↑Thu Sep 07, 2023 0:24
Sehabis service besar 60k kemarin CRV turbo saya jadi boros BBM (cuma dapat avg 8km/lt pdhl sebelum ini rata-rata 10km/lt, rute dan kebiasaan dsb tidak ada perubahan)
Ada yang pengalaman dengan hal serupa? Apa yang harus dicek/dilakukan ya?
Volare wrote: ↑Thu Sep 07, 2023 0:24
Sehabis service besar 60k kemarin CRV turbo saya jadi boros BBM (cuma dapat avg 8km/lt pdhl sebelum ini rata-rata 10km/lt, rute dan kebiasaan dsb tidak ada perubahan)
Ada yang pengalaman dengan hal serupa? Apa yang harus dicek/dilakukan ya?
minta reset pake HDS nya dealer dulu om, sambil scan misal ada trouble ..
wr-v saya waktu awal ambil juga agak lemot, abis servis pertama dan reset pake HDS, langsung lebih enak ..
mau tanya gan
crv turbo 2017 ( tangan pertama , km 30rb )
ada oli bocor di kiri bawah deket ban ... bisa dibantu gan ... apa ya itu gan , rack stering kah ?
utk biaya pergantian / perbaikan brp gan ?
ada bengkel rekomendasi di sby kah ?
Terima kasih gan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Sandaljepit wrote: ↑Sun Sep 29, 2024 7:31
mau tanya gan
crv turbo 2017 ( tangan pertama , km 30rb )
ada oli bocor di kiri bawah deket ban ... bisa dibantu gan ... apa ya itu gan , rack stering kah ?
utk biaya pergantian / perbaikan brp gan ?
ada bengkel rekomendasi di sby kah ?
Terima kasih gan
Setau saya crv turbo pakai EPS kan? Ud bukan hidrolik lagi?
BTW ini sisi supir ya? belakang arm kanan bukan?
Kynya yang ada cairan deket2 sini cuma EBB(electronic brake booster) deh setau saya
Sandaljepit wrote: ↑Sun Sep 29, 2024 7:31
mau tanya gan
crv turbo 2017 ( tangan pertama , km 30rb )
ada oli bocor di kiri bawah deket ban ... bisa dibantu gan ... apa ya itu gan , rack stering kah ?
utk biaya pergantian / perbaikan brp gan ?
ada bengkel rekomendasi di sby kah ?
Terima kasih gan
The CR-V's suspension uses front and rear fluid-filled compliance bushings to provide superior ride isolation as well as chassis vibration control. These bushings are specifically tuned to provide minimum vibration transfer to the occupants, reducing the overall noise, vibration and harshness (NVH).
In front, the lower control arms pivot in the fluid-filled bushing, while in back, the leading edge of the suspension's trailing arms pivot in the bushing. In both cases, the design helps absorb road harshness and vibration while still retaining the exacting precision required for sharp, nimble handling.
Tapi dilihat kondisi bushing nya kering, mungkin dari lainnya.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Selamat malam, maaf saya silent reader yg baru jadi member masih belum tau cara buat postingan numpang bertanya disini
Saya ada budget 350-370 mau beli mobil second buat kendaraan utama domisili jember jatim, rute keseharian jember-lumajang atau sebaliknya kondisi jalan lukot dengan lubang" wajar. pilihan ada di cx-5 elite dan crv rm.
Jujur lebih suka ke cx-5 dengan model, teknologi dan matic yg masih pakai konvensional 6 speed (lebih tahan dengan karakter yg sering ngegas) tetapi dengan minus beres mazda terdekat di surabaya atau lebih realistis crv rw dengan pertimbangan beres dekat.
Permisi bos2 sekalian, mau tanya perihal filter CVT ini CRV.
Biasanya diganti di brp km ya ini (yg dibalik oil cooler atas, sama yg di bawah)
Terus biasa pakai ori terus atau aftermarket. (terutama yg bawah, orinya 1.9 jutaan saya tanya beres tuh)
Indra003 wrote: ↑Sun Oct 06, 2024 16:21
Selamat malam, maaf saya silent reader yg baru jadi member masih belum tau cara buat postingan numpang bertanya disini
Saya ada budget 350-370 mau beli mobil second buat kendaraan utama domisili jember jatim, rute keseharian jember-lumajang atau sebaliknya kondisi jalan lukot dengan lubang" wajar. pilihan ada di cx-5 elite dan crv rm.
Jujur lebih suka ke cx-5 dengan model, teknologi dan matic yg masih pakai konvensional 6 speed (lebih tahan dengan karakter yg sering ngegas) tetapi dengan minus beres mazda terdekat di surabaya atau lebih realistis crv rw dengan pertimbangan beres dekat.
Kalau om pilih mana dengan pertimbangan ini?
kalau prioritasnya ke driving comfort, overall CRV lebih dapet. tp kalo lebih suka karakter yang agile meliuk2 lebih enak CX-5. CX-5 buat saya relatif keras bantingannya bahkan yang model baru.
CRV kalau ngegasnya santai dan ngurut, aman-aman saja. banyak kok yang tembus 150 ribu kilometer juga.
cybrid wrote: ↑Wed Oct 09, 2024 2:58
Permisi bos2 sekalian, mau tanya perihal filter CVT ini CRV.
Biasanya diganti di brp km ya ini (yg dibalik oil cooler atas, sama yg di bawah)
Terus biasa pakai ori terus atau aftermarket. (terutama yg bawah, orinya 1.9 jutaan saya tanya beres tuh)
filter CVT? saya biasa ganti tiap ganti CVTF sih. setau saya harganya gak segitu lupa deh mungkin yang bawah... barangnya kecil
cybrid wrote: ↑Wed Oct 09, 2024 2:58
Permisi bos2 sekalian, mau tanya perihal filter CVT ini CRV.
Biasanya diganti di brp km ya ini (yg dibalik oil cooler atas, sama yg di bawah)
Terus biasa pakai ori terus atau aftermarket. (terutama yg bawah, orinya 1.9 jutaan saya tanya beres tuh)
filter CVT? saya biasa ganti tiap ganti CVTF sih. setau saya harganya gak segitu lupa deh mungkin yang bawah... barangnya kecil
Yang bentuknya silinder warna pink ya ini, yg panjang paling 5cm? Itu yang di atas. Yang 300an. Biasa ganti cvtfnya tiap brp km ya bos?
Bawahnya udah pernah ganti lom bos? Yang pake casing plastik kurleb sejengkal panjangnya. Harus buka oil pan seh buat ganti.
cybrid wrote: ↑Wed Oct 09, 2024 2:58
Permisi bos2 sekalian, mau tanya perihal filter CVT ini CRV.
Biasanya diganti di brp km ya ini (yg dibalik oil cooler atas, sama yg di bawah)
Terus biasa pakai ori terus atau aftermarket. (terutama yg bawah, orinya 1.9 jutaan saya tanya beres tuh)
filter CVT? saya biasa ganti tiap ganti CVTF sih. setau saya harganya gak segitu lupa deh mungkin yang bawah... barangnya kecil
Yang bentuknya silinder warna pink ya ini, yg panjang paling 5cm? Itu yang di atas. Yang 300an. Biasa ganti cvtfnya tiap brp km ya bos?
Bawahnya udah pernah ganti lom bos? Yang pake casing plastik kurleb sejengkal panjangnya. Harus buka oil pan seh buat ganti.
yg saya foto itu KW, sedangkan yang difoto mbah marmut itu aseli. cara bedainnya di ori ada emboss Honda dan manufacturing datenya.
ga 1,9jt juga kali (banyak kali ngambil cuannya), itu ada toko online yg jual ori 1,1jt di toko ijo.
yg saya foto itu KW, sedangkan yang difoto mbah marmut itu aseli. cara bedainnya di ori ada emboss Honda dan manufacturing datenya.
ga 1,9jt juga kali (banyak kali ngambil cuannya), itu ada toko online yg jual ori 1,1jt di toko ijo.
Itu harga di beres bos yg 1.9. Saya iseng tanya pas terakhir ganti hcf.
Untuk toko online ada rekomendasi yg pasti asli?
BTW yg KW ud coba dites? Hasilnya gimana?
Terus masih pakai hcf bawaan honda atau ikut para master pakai yg q8 itu?
cybrid wrote: ↑Wed Oct 09, 2024 5:26
Yang bentuknya silinder warna pink ya ini, yg panjang paling 5cm? Itu yang di atas. Yang 300an. Biasa ganti cvtfnya tiap brp km ya bos?
Bawahnya udah pernah ganti lom bos? Yang pake casing plastik kurleb sejengkal panjangnya. Harus buka oil pan seh buat ganti.
biasa saya ganti per 20 ribu... atau 2 taun sekali. yang gede belum pernah ganti
Thank you infonya bos, kalau boleh tau; per skrg ud jalan berapa jauh mobilnya? cvtnya masi okay?
Last edited by cybrid on Wed Oct 09, 2024 7:41, edited 2 times in total.
cybrid wrote: ↑Wed Oct 09, 2024 5:26
Yang bentuknya silinder warna pink ya ini, yg panjang paling 5cm? Itu yang di atas. Yang 300an. Biasa ganti cvtfnya tiap brp km ya bos?
Bawahnya udah pernah ganti lom bos? Yang pake casing plastik kurleb sejengkal panjangnya. Harus buka oil pan seh buat ganti.
biasa saya ganti per 20 ribu... atau 2 taun sekali. yang gede belum pernah ganti
Sandaljepit wrote: ↑Sun Sep 29, 2024 7:31
mau tanya gan
crv turbo 2017 ( tangan pertama , km 30rb )
ada oli bocor di kiri bawah deket ban ... bisa dibantu gan ... apa ya itu gan , rack stering kah ?
utk biaya pergantian / perbaikan brp gan ?
ada bengkel rekomendasi di sby kah ?
Terima kasih gan
Setau saya crv turbo pakai EPS kan? Ud bukan hidrolik lagi?
BTW ini sisi supir ya? belakang arm kanan bukan?
Kynya yang ada cairan deket2 sini cuma EBB(electronic brake booster) deh setau saya
teknisi honda uda dateng dan dicek
ternyata air tertahan di frame dalem ...
saya juga bingung ... tetesannya besok kering ...
terima kasih gan
Permisi, saya mau tanya perihal CVT. Saya baru ambil crv turbo. km ud agak gondrong di 95 ribuan.
Pertanyaan saya:
CVTnya berasa ga tll enak apabila saya rem ngedadak/disentak. Jd berasa kaya mobil at biasa downshift.
Tapi kalau makin halus saya ngerem rasa sentakannya berkurang (sampai ga berasa kalau saya ngeremnya bener2 pake hati)
Ini ud tanda2 minta jajan / memang seperti itu ya? (Menurut catatan beres mobilnya pernah ganti hcf di 40 dan 79 ribu, lalu saya ganti lagi pas 94 ribu)
Terus pertanyaan berikutnya, selama ini udah pernah ada yg CVTnya tewas atau belum?
Gejalanya seperti apa, lalu biaya perbaikannya berapa ya?
cybrid wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 4:42
Permisi, saya mau tanya perihal CVT. Saya baru ambil crv turbo. km ud agak gondrong di 95 ribuan.
Pertanyaan saya:
CVTnya berasa ga tll enak apabila saya rem ngedadak/disentak. Jd berasa kaya mobil at biasa downshift.
Tapi kalau makin halus saya ngerem rasa sentakannya berkurang (sampai ga berasa kalau saya ngeremnya bener2 pake hati)
Ini ud tanda2 minta jajan / memang seperti itu ya? (Menurut catatan beres mobilnya pernah ganti hcf di 40 dan 79 ribu, lalu saya ganti lagi pas 94 ribu)
Terus pertanyaan berikutnya, selama ini udah pernah ada yg CVTnya tewas atau belum?
Gejalanya seperti apa, lalu biaya perbaikannya berapa ya?
Sekian dulu pertanyaannya. Terima kasih
gakda masalah.
mekanisme CVT nya spt itu, karena rasio pulinya berubah scr instant (dr top ke low gear) untuk ngimbangin engine brake terhadap panic braking.
udah ok ganti CVTF per 20rb km.
tapi better ke depan ganti pakai Fluida yg lbh baik, sekelas Q8 CVT Evo.
sekalian buka oil pan ganti filter strainer dan, filter CVT warmer yg ada di bagian samping / depan girboks.
krn bodynya berat dan turbo pula (torsi dan power besar).
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cybrid wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 4:42
Permisi, saya mau tanya perihal CVT. Saya baru ambil crv turbo. km ud agak gondrong di 95 ribuan.
Pertanyaan saya:
CVTnya berasa ga tll enak apabila saya rem ngedadak/disentak. Jd berasa kaya mobil at biasa downshift.
Tapi kalau makin halus saya ngerem rasa sentakannya berkurang (sampai ga berasa kalau saya ngeremnya bener2 pake hati)
Ini ud tanda2 minta jajan / memang seperti itu ya? (Menurut catatan beres mobilnya pernah ganti hcf di 40 dan 79 ribu, lalu saya ganti lagi pas 94 ribu)
Terus pertanyaan berikutnya, selama ini udah pernah ada yg CVTnya tewas atau belum?
Gejalanya seperti apa, lalu biaya perbaikannya berapa ya?
Sekian dulu pertanyaannya. Terima kasih
gakda masalah.
mekanisme CVT nya spt itu, karena rasio pulinya berubah scr instant (dr top ke low gear) untuk ngimbangin engine brake terhadap panic braking.
udah ok ganti CVTF per 20rb km.
tapi better ke depan ganti pakai Fluida yg lbh baik, sekelas Q8 CVT Evo.
sekalian buka oil pan ganti filter strainer dan, filter CVT warmer yg ada di bagian samping / depan girboks.
krn bodynya berat dan turbo pula (torsi dan power besar).
Oh memang gt ya, agak nyentak, kadang jerky klo gas spontan (terutama kecepatan rendah)
Semisal ganti Q8 evo, ini harus flush atau bisa drain n fill aja (asumsi pasti ada sekitar 1 literan hcf lama yg kecampur sama si q8 ini)
Terus ini tetep ganti tiap 20 ribu? Mayan mahal soalnya q8 ini drpd aslinya
Terus untuk strainer bawah ini pakingnya kertas atau metal ya? Saya lom nemu yg jual di marketplace soalnya. Takutnya klo kertas seudah bongkar 1x lgs sobek soalnya.