baguslah, mending kaya gini, daripada 2 periode sebelum ini, isinya rusuh sana sini, ga ada hasilnya juga karena ujung2nya yg diatas deal2an doang kayanya emang Indo lebih cocok kaya giniSuryaputra wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 8:58 yg jelas skrg sudah gakda oposisi
semua adalah Koalisi Wakanda Maju plus plus
[NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4251
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
"yang dibold kalo di sini serba dianggepnya human error. di negara wakanda regulasi otomotif ngga pernah tegas dan jelas, makanya seberapapun bahaya kendaraannya tetap dipasarkan dan nggak pernah ada skandal besar. "
Boleh saja tuduh human error, tapi jika unit gress yg jadi objek bahkan 2 unit, ya hapus opini human errornya.
Konsumen cerdas bahkan level suhu dalam otomotif, manakala alami masalah teknis pada produk tetapi tidak paham Legislasi dan Regulasi Perlindungan Konsumen maka pasti jadi human error.
UU Perlindungan Konsumen berazaskan Lex Specialis Derogate Generalii yg penerapannya dilarang gunakan azas bus kota spt Sesama Bus Kota Dilarang Mendahului....tetapi praktiknya wajib semua bus kota mendahulukan ambulance, damkar dan kepala negara...legislasi lain berikan jalan dulu
Ada kegegeran akibat persitiwa Lembaga Yudikatif di PN Surabaya produksi Amar dlm kasus Pidana sehingga diduduki oleh massa bahkan dikutuki DPR-RI tapi sifatnya MENYUSUL perkara Perdata atas Toyota Innova karena majelis jelas abaikan alat bukti otentik dan dalam investigasi Provoost MA (Bawas).
Legislasi Regulasi Otomotif minggir dulu, mbah Lex Speecialis bukan gugatan Perdata Umum, dan silahkan ASN Lembaga Yudikatif menerima sanksi Disiplin Berat....pilihan mereka pertaruhkan karir
"keseriusan penyelidikannya beda dengan aviation yang udah jadi industri skala internasional. itupun maaf dari pihak maskapai kadang ngga ada perbaikan signifikan dari sistem kerjanya."
Bedakan industri aviasi dan industri maskapai, melebur keduanya akan jadi human error
"wong kita ngomong handling aja sering dikata emang mau kebut kebutan dimana, nah loh padahal handling itu fitur keamanan utama dan terutama "
Handling adalah Dinamika Kendaraan, standar konsensus inernasional ISO 8855:2011 dengan standar pengujian ISO 15037-1-2019, mbah Lex Specialis membebankan Pembuktian Terbalik kepada Pelaku Usaha, bukan Konsumen termasuk Penyelesaian Sengketa di Lembaga Eksekutif
Konsumen boleh gak spooring tiap hari selama membayar jasanya? Kok ada ya bengkel Agen Pemegang Merk menjamin semua Alat Spooring sedang rusak tanpa ada batasan waktu? Padahal Konsumen sudah sampaikan di media massa siap membantu tanggung biaya perbaiki dan silahkan hubungi Aprilindo utk dapatkan Jasa dan John Bean Genuine Parts
Ahli nujum, ahli tafsir dan ahli otomotif minggir dulu, biarkan Pencipta Produk membuktikan berdasarkan Kekayaan Intelektual atau setidaknya ISO....kecuali mau pertaruhkan keahlian dgn kekonyolan
"sampe kasus safety DNGA chassis di luar dipandang serius, di sini kan katanya handling, chassis rigidity, welding, katanya gak penting mobilnya cuma kena macet gak mau kebut-kebutan."
Sudut SAI yang tidak memenuhi Spesifikasi Standar dari lahir timbul krn "posisi Ball Joint" pada Lower Arm atau Upper Arm....KPI beda anatomi dgn SLA, tidak ada Upper Arm nya
Apapun produknya UU Perlindungan Konsumen akan akomodir Pembuktian Terbalik berdasarkan UU Merk, UU Paten dan UU Hak Cipta......ngeriiiiiiii
[/quote]
Boleh saja tuduh human error, tapi jika unit gress yg jadi objek bahkan 2 unit, ya hapus opini human errornya.
Konsumen cerdas bahkan level suhu dalam otomotif, manakala alami masalah teknis pada produk tetapi tidak paham Legislasi dan Regulasi Perlindungan Konsumen maka pasti jadi human error.
UU Perlindungan Konsumen berazaskan Lex Specialis Derogate Generalii yg penerapannya dilarang gunakan azas bus kota spt Sesama Bus Kota Dilarang Mendahului....tetapi praktiknya wajib semua bus kota mendahulukan ambulance, damkar dan kepala negara...legislasi lain berikan jalan dulu
Ada kegegeran akibat persitiwa Lembaga Yudikatif di PN Surabaya produksi Amar dlm kasus Pidana sehingga diduduki oleh massa bahkan dikutuki DPR-RI tapi sifatnya MENYUSUL perkara Perdata atas Toyota Innova karena majelis jelas abaikan alat bukti otentik dan dalam investigasi Provoost MA (Bawas).
Legislasi Regulasi Otomotif minggir dulu, mbah Lex Speecialis bukan gugatan Perdata Umum, dan silahkan ASN Lembaga Yudikatif menerima sanksi Disiplin Berat....pilihan mereka pertaruhkan karir
"keseriusan penyelidikannya beda dengan aviation yang udah jadi industri skala internasional. itupun maaf dari pihak maskapai kadang ngga ada perbaikan signifikan dari sistem kerjanya."
Bedakan industri aviasi dan industri maskapai, melebur keduanya akan jadi human error
"wong kita ngomong handling aja sering dikata emang mau kebut kebutan dimana, nah loh padahal handling itu fitur keamanan utama dan terutama "
Handling adalah Dinamika Kendaraan, standar konsensus inernasional ISO 8855:2011 dengan standar pengujian ISO 15037-1-2019, mbah Lex Specialis membebankan Pembuktian Terbalik kepada Pelaku Usaha, bukan Konsumen termasuk Penyelesaian Sengketa di Lembaga Eksekutif
Konsumen boleh gak spooring tiap hari selama membayar jasanya? Kok ada ya bengkel Agen Pemegang Merk menjamin semua Alat Spooring sedang rusak tanpa ada batasan waktu? Padahal Konsumen sudah sampaikan di media massa siap membantu tanggung biaya perbaiki dan silahkan hubungi Aprilindo utk dapatkan Jasa dan John Bean Genuine Parts
Ahli nujum, ahli tafsir dan ahli otomotif minggir dulu, biarkan Pencipta Produk membuktikan berdasarkan Kekayaan Intelektual atau setidaknya ISO....kecuali mau pertaruhkan keahlian dgn kekonyolan
"sampe kasus safety DNGA chassis di luar dipandang serius, di sini kan katanya handling, chassis rigidity, welding, katanya gak penting mobilnya cuma kena macet gak mau kebut-kebutan."
Sudut SAI yang tidak memenuhi Spesifikasi Standar dari lahir timbul krn "posisi Ball Joint" pada Lower Arm atau Upper Arm....KPI beda anatomi dgn SLA, tidak ada Upper Arm nya
Apapun produknya UU Perlindungan Konsumen akan akomodir Pembuktian Terbalik berdasarkan UU Merk, UU Paten dan UU Hak Cipta......ngeriiiiiiii
[/quote]
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
ChZ wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 8:19ud rahasia umum ngahaem itu anak emasnya ahond nippon bisa jualan scooter di negara berpenduduk 270 juta third world lagi, gimana nggak anak emas.kunaskun wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 8:09faktor business? Astra way too big to fail, govt juga "butuh" astra. market cap ahond 2 roda itu 80%, bayangin kalau drop 20% dari sekarang bisa imbas ke berapa puluh ribu orang. tinggal konsumen saja gimana, tapi ya mengingat ini negara unik karena modal serangan fajar saja bisa nyaleg jadi ya begitulah
nutup mata aja sama kejadian si ehsap. pura-pura gak tau atau ngeles itu silikat
Maka saya menertawakan: jika material chassis ada standar ISO lalu digunakan dalam Gugatan Konsumen di Lembaga Yudikatif atau setidaknya dalam Penyelesaian Sengketa Konsumen di Lembaga Konsumen maka opininya bukan fitnah
Sebaliknya ya hanya tendensius menyerang produsen saja
Pemerintah, Pelaku Usaha dan Konsumen itu bersifat Mutual Simbiosis....semua harus untung
Gak ada anak emas, Akio Toyoda saat muncul pertama kali menyusul temuan skandal sudah jelas menyatakan potensi "collapsed"....jelas Kemhan Jepang konsisten menelusuri produk lain dan Akio Toyoda kedua kalinya mohon maaf di Juni 2024 krn kantor Toyota digerebek, temuan 1.7jt unit produk bermasalah, lalu tutup pabrik.
Daihatsu recall jutaan unit karena temuan produk yg tidak sesuai Baku Mutu Produk
Bedakan:
1. Baku Mutu Internal Pencipta Produk (Quality Standard).
2. Baku Mutu Eksternal Homologator (Sertifikasi Homologasi) spt sistem keselamatan Pasif dan Aktif serta Emisi Euro 4,5,6,dst).
Produk otomotif yg tidak diproduksi dan dipasarkan di Jepang maka Konsumennya sulit teriak minta tolong kepada Kemhan Jepang....toloooooong....tolooooong
Kemhan Jepang bukan hobi gerebek, tapi ketegasan dalam memberikan Perlindungan Konsumen patut diteladani
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2403
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2931
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Om. Taon 2045++ kemungkinan kita2 disini rambut udah pada beruban smua. Blom lg yg mokad ngadep duluan ke yang maha kuasaSuryaputra wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 8:27 Harapan nya.
Itu generasi terima bansos akan tergantikan dgn generasi anaknya yg (hopefully) smarter.
Jd pelan2 berubahnya.
Mungkin setelah 2045
2045 Cucu nya si mul, [Code Name: Jan Emul] jadi presiden kali
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12185
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Oh no.KielConstantine wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 7:37Om. Taon 2045++ kemungkinan kita2 disini rambut udah pada beruban smua. Blom lg yg mokad ngadep duluan ke yang maha kuasaSuryaputra wrote: ↑Thu Oct 03, 2024 8:27 Harapan nya.
Itu generasi terima bansos akan tergantikan dgn generasi anaknya yg (hopefully) smarter.
Jd pelan2 berubahnya.
Mungkin setelah 2045
2045 Cucu nya si mul, [Code Name: Jan Emul] jadi presiden kali
*istighfar
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2931
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Itu namanya derita rakyat yg tinggal di negara third world kismin sdm rendah iq78. Kemakan sama CKD products with TKDN parts kualitas arsehole
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2403
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
is it time buat mocin?KielConstantine wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 13:09 Itu namanya derita rakyat yg tinggal di negara third world kismin sdm rendah iq78. Kemakan sama CKD products with TKDN parts kualitas arsehole
ato eropaan 2nd hand
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Recall kan manfaat konsumen, tapi tergantung kepada prinsipal merknya terutama mutu moralnya....kalau legal kan bergantung kepada putusan atau tindakan spt Kemhan Jepang gerebek Daihatsu lalu Toyota....apalagi inofa produk yg tidak diproduksi dan dipasarkan disana
Recall juga sifatnya berdasarkan penggunaan suku cadang yaitu rentang masa produksi, bukan mengeneralisir berdasarkan tipe
Saya pribadi sih apresiasi merk yg perduli dengan keselamatan penggunaan produk, karena memang tiada produk yg sempurna
Konsumen juga harus jeli, kalau ada yg permasalahkan cat atau sarung jok ya kelewatan sih....tapi soal Geometri Roda, wah....apalagi signifikannya kecelakaan tunggal...jelas tolak lah....masih ada opsi produk lain lah
Sebaiknya amati dinamika di bursa saham, disana ada indikator moral pihak prinsipal juga soal kepedulian thd keselamatan konsumen yg gunakan produknya...kan investor cari cuan di bursa dari inovasi dan integrity
Utk produk yg udah dibuktikan oleh agen pemegang merk tapi menutupi lalu menyangkal bahkan proses hukum jadi panjang....lalu ada berita penggerebekan prinsipal dari produk lain, tutup pabrik, investor lepas saham.....sebaiknya berhati2 ambil keputusan membeli utk sementara waktu, value for money produknya dimana?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2931
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Mocin jg musti liat seksama tuh om. Kualitas2 rakitan sini jgn langsung telen mentah2 cuman kemakan harga murah. Siapa tau ada udang dibalik bakwan macem TMIIN satu ini.darrelund wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 14:16is it time buat mocin?KielConstantine wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 13:09 Itu namanya derita rakyat yg tinggal di negara third world kismin sdm rendah iq78. Kemakan sama CKD products with TKDN parts kualitas arsehole
ato eropaan 2nd hand
Apalagi keknya principal tiongkok mainland lebih tutup mata misal ada issues di perakitan luar negara mereka (asal jual putus dpt cuan yaudah). Ini jg 11 12 sama kek kelakuan pebisnis negara kita (kebanyakan golongan chindo tuh di TMIIN)
Principal jepang nihonjin asli masih lebih ada moral & adab lah, masih lebih tau malu mereka wkwkwk.
Trus liat kek kasus MG CKD kmaren yg tau2 eh potong harga OTR; di potong lagi trus aja. Early adopternya palingan gigit jari
Eropaan 2nd bisa dibilang wise choice asal mau spend waktu bolak balik bengkelnya buat restore om
Sebisa mungkin hindarin CKD products kalo kata ane seh
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- SM Specialist
- Posts: 16507
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
ud nasib jadi tempat dumping mbah.KielConstantine wrote: ↑Mon Oct 14, 2024 4:51
Mocin jg musti liat seksama tuh om. Kualitas2 rakitan sini jgn langsung telen mentah2 cuman kemakan harga murah. Siapa tau ada udang dibalik bakwan macem TMIIN satu ini.
Apalagi keknya principal tiongkok mainland lebih tutup mata misal ada issues di perakitan luar negara mereka (asal jual putus dpt cuan yaudah). Ini jg 11 12 sama kek kelakuan pebisnis negara kita (kebanyakan golongan chindo tuh di TMIIN)
Principal jepang nihonjin asli masih lebih ada moral & adab lah, masih lebih tau malu mereka wkwkwk.
Trus liat kek kasus MG CKD kmaren yg tau2 eh potong harga OTR; di potong lagi trus aja. Early adopternya palingan gigit jari
Eropaan 2nd bisa dibilang wise choice asal mau spend waktu bolak balik bengkelnya buat restore om
Sebisa mungkin hindarin CKD products kalo kata ane seh
produk CKD yang ekspor malah kualitas grade lebih tinggi. spek ekspor yang reject dibalikin ke kita dijual ke end user.
produk CBU yang kualitas reject bagian dibuang ke kita dan kitanya seneng2 aja.
liat tuh grenmek ekspor reject an aja kualitasnya lebih bagus dari kita, pada heboh kang review
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Konsumen perlu cerdas lah, industri otomotif dunia sdh adopsi dan terapkan IATF 16949:2016, tata kelola dan tata laksana produk otomotif bebas cacat tersembunyi....lah kok UMKM didorong masuk, kan kendala dgn ISO/SNI 9001?KielConstantine wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 13:09Itu namanya derita rakyat yg tinggal di negara third world kismin sdm rendah iq78. Kemakan sama CKD products with TKDN parts kualitas arsehole
Jika jeli UMKM memang punya potensi tetapi bukan di lini produksi melainkan di lini purna jual
Sementara lini purna jual produk otomotif saat ini masih termonopoli khusus untuk pemegang merk saja
Regulator lini produksi adalah Kemenperin sementara regulator lini purna jual adalah Kemendag, jika berkomitmen sisipkan UMKM maka dorongannya bisa disesuaikan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Wah wah....mocin produsen otomotif no1 dunia gan, geser jepang ke 2 dan USA ke 3.... sudah bbrp tahun iniKielConstantine wrote: ↑Mon Oct 14, 2024 4:51Mocin jg musti liat seksama tuh om. Kualitas2 rakitan sini jgn langsung telen mentah2 cuman kemakan harga murah. Siapa tau ada udang dibalik bakwan macem TMIIN satu ini.darrelund wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 14:16is it time buat mocin?KielConstantine wrote: ↑Fri Oct 11, 2024 13:09 Itu namanya derita rakyat yg tinggal di negara third world kismin sdm rendah iq78. Kemakan sama CKD products with TKDN parts kualitas arsehole
ato eropaan 2nd hand
Apalagi keknya principal tiongkok mainland lebih tutup mata misal ada issues di perakitan luar negara mereka (asal jual putus dpt cuan yaudah). Ini jg 11 12 sama kek kelakuan pebisnis negara kita (kebanyakan golongan chindo tuh di TMIIN)
Principal jepang nihonjin asli masih lebih ada moral & adab lah, masih lebih tau malu mereka wkwkwk.
Trus liat kek kasus MG CKD kmaren yg tau2 eh potong harga OTR; di potong lagi trus aja. Early adopternya palingan gigit jari
Eropaan 2nd bisa dibilang wise choice asal mau spend waktu bolak balik bengkelnya buat restore om
Sebisa mungkin hindarin CKD products kalo kata ane seh
Yg stabil posisi korea manteng sbg produsen oto ke 5 terbesar dunia tapi jumlah produksinya naek terus
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2403
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
ngeri tuh MG kmrn, masa dari 659 jadi 400an, early adopter bisa manyun trs tuhKielConstantine wrote: ↑Mon Oct 14, 2024 4:51
Mocin jg musti liat seksama tuh om. Kualitas2 rakitan sini jgn langsung telen mentah2 cuman kemakan harga murah. Siapa tau ada udang dibalik bakwan macem TMIIN satu ini.
Apalagi keknya principal tiongkok mainland lebih tutup mata misal ada issues di perakitan luar negara mereka (asal jual putus dpt cuan yaudah). Ini jg 11 12 sama kek kelakuan pebisnis negara kita (kebanyakan golongan chindo tuh di TMIIN)
Principal jepang nihonjin asli masih lebih ada moral & adab lah, masih lebih tau malu mereka wkwkwk.
Trus liat kek kasus MG CKD kmaren yg tau2 eh potong harga OTR; di potong lagi trus aja. Early adopternya palingan gigit jari
Eropaan 2nd bisa dibilang wise choice asal mau spend waktu bolak balik bengkelnya buat restore om
Sebisa mungkin hindarin CKD products kalo kata ane seh
tiongkok jg kykna tergantung corp nya mbah, yg mesti waspada itu modelan star ap star ap. klo yang ud lama kyk GAC, chery, FAW aplg ud JV ama asing harusnya bisa dipegang lah jaminan mutunya
nihonjin jg klo issue nya di negara berkembang yg govt nya gampang dilobi kykna ttp tutup mata jg mbah, kecuali yg EU/US yg galak baru dah gercep
eropaan 2nd siy menarik, apalagi 212 E63
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2403
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
ni principal nihon ada suaranya ndak mbah, apa kalah ama ATPM lokal? soalna gapernah denger beritanya soal geometri rodambahmu wrote: ↑Mon Oct 14, 2024 3:50
Recall kan manfaat konsumen, tapi tergantung kepada prinsipal merknya terutama mutu moralnya....kalau legal kan bergantung kepada putusan atau tindakan spt Kemhan Jepang gerebek Daihatsu lalu Toyota....apalagi inofa produk yg tidak diproduksi dan dipasarkan disana
Recall juga sifatnya berdasarkan penggunaan suku cadang yaitu rentang masa produksi, bukan mengeneralisir berdasarkan tipe
Saya pribadi sih apresiasi merk yg perduli dengan keselamatan penggunaan produk, karena memang tiada produk yg sempurna
Konsumen juga harus jeli, kalau ada yg permasalahkan cat atau sarung jok ya kelewatan sih....tapi soal Geometri Roda, wah....apalagi signifikannya kecelakaan tunggal...jelas tolak lah....masih ada opsi produk lain lah
Sebaiknya amati dinamika di bursa saham, disana ada indikator moral pihak prinsipal juga soal kepedulian thd keselamatan konsumen yg gunakan produknya...kan investor cari cuan di bursa dari inovasi dan integrity
Utk produk yg udah dibuktikan oleh agen pemegang merk tapi menutupi lalu menyangkal bahkan proses hukum jadi panjang....lalu ada berita penggerebekan prinsipal dari produk lain, tutup pabrik, investor lepas saham.....sebaiknya berhati2 ambil keputusan membeli utk sementara waktu, value for money produknya dimana?
bebicara geometri roda
kmrn iseng alignment raize pro max (veloz), bengkelnya pke spooring merk "bluepoint"
cuma modal toe nya dari 0.7 jadi 0.6 beda hi speed stability nya, lebi anteng (walo masi sensitip ama crosswind)
masa pabrikan ga bisa align yg bener
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
[/quote]
ni principal nihon ada suaranya ndak mbah, apa kalah ama ATPM lokal? soalna gapernah denger beritanya soal geometri roda
bebicara geometri roda
kmrn iseng alignment raize pro max (veloz), bengkelnya pke spooring merk "bluepoint"
cuma modal toe nya dari 0.7 jadi 0.6 beda hi speed stability nya, lebi anteng (walo masi sensitip ama crosswind)
masa pabrikan ga bisa align yg bener
[/quote]
Kok gak ada spesifikasi standar atau baku mutu nya? Input dulu datanya dari Repair Manual produk
Rule of thumb nya geometri roda:
FWD umumnya kincup luar, kedua roda hadap luar atau minus atau Toe In.....merk Honda unik, Zero Toe atau kincup tengah
FWD, AWD, RWD pengaruhi inklinasi SAI, FWD yg paling tinggi sudutnya...ada yg diatas 13°
Kincup atau Toe adalah kemiringan roda yg dilihat dari atas, Raize RWD atau FWD? Kok kincup dalam begitu? Sampeyan kena genangan air saat kecepatan tinggi aman gak kondisi gini? Saat akselerasi penuh lurus gak stirnya?
Toe itu dinamis krn kinematis, ngerem mendadak jadi minus, akselerasi jadi plus
Format report ini merk John Beam, kalau Hunter sesuai format Repair Manual
ni principal nihon ada suaranya ndak mbah, apa kalah ama ATPM lokal? soalna gapernah denger beritanya soal geometri roda
bebicara geometri roda
kmrn iseng alignment raize pro max (veloz), bengkelnya pke spooring merk "bluepoint"
cuma modal toe nya dari 0.7 jadi 0.6 beda hi speed stability nya, lebi anteng (walo masi sensitip ama crosswind)
masa pabrikan ga bisa align yg bener
[/quote]
Kok gak ada spesifikasi standar atau baku mutu nya? Input dulu datanya dari Repair Manual produk
Rule of thumb nya geometri roda:
FWD umumnya kincup luar, kedua roda hadap luar atau minus atau Toe In.....merk Honda unik, Zero Toe atau kincup tengah
FWD, AWD, RWD pengaruhi inklinasi SAI, FWD yg paling tinggi sudutnya...ada yg diatas 13°
Kincup atau Toe adalah kemiringan roda yg dilihat dari atas, Raize RWD atau FWD? Kok kincup dalam begitu? Sampeyan kena genangan air saat kecepatan tinggi aman gak kondisi gini? Saat akselerasi penuh lurus gak stirnya?
Toe itu dinamis krn kinematis, ngerem mendadak jadi minus, akselerasi jadi plus
Format report ini merk John Beam, kalau Hunter sesuai format Repair Manual
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2403
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
repair manual itu nyarinya kemana mbah? mayan jadi bahan refereni. nah itu owe gatau dah knp value referensinya ndak dimasukinmbahmu wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 2:34
Kok gak ada spesifikasi standar atau baku mutu nya? Input dulu datanya dari Repair Manual produk
Rule of thumb nya geometri roda:
FWD umumnya kincup luar, kedua roda hadap luar atau minus atau Toe In.....merk Honda unik, Zero Toe atau kincup tengah
FWD, AWD, RWD pengaruhi inklinasi SAI, FWD yg paling tinggi sudutnya...ada yg diatas 13°
Kincup atau Toe adalah kemiringan roda yg dilihat dari atas, Raize RWD atau FWD? Kok kincup dalam begitu? Sampeyan kena genangan air saat kecepatan tinggi aman gak kondisi gini? Saat akselerasi penuh lurus gak stirnya?
Toe itu dinamis krn kinematis, ngerem mendadak jadi minus, akselerasi jadi plus
Format report ini merk John Beam, kalau Hunter sesuai format Repair Manual
itu initial toe kanan 1.9 abaikan um, krn itu seblum spuring di sruduk nmax. jadi harusnya ka-ki itu 0.7
nah itu mbah,emg complain number 1 oe di mobil ini ya itu stabilnya. ni kyknya grgr terlalu kincup makanya gak ada stabilnya sama sekali, makanya toe nya dibikin kluar 0.1 hasilnya improve banget rasa stabilnya. klo kebut sikit ud lebi anteng
kena genangan hi speed? kebetulan kmrn hujan badai di jagorawi, dan nariknya lumayan. ni mobil emg ultra reaktif, gaboleh kena genangan, gaboleh kebut", gaboleh ada crosswind
hispeed si stirnya lurus, cuma agak floaty & mobilnya gabisa diem mbah, kanan kiri trus. jadi klo setir malam, sering dikasih hibeam grgr dikira org ngantuk
ni jgn" toe nya dibikin kincup krn saking ngejer agility
mobilna veloz fwd mbah, odo baru 4000
hoooo pantes kmrn di computer spuringnya, wallpapernya john bean
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Spooring ulang ke bengkel agen pemegang merk, minta diperlihatkan dulu Baku Mutu Geometri Rodanya dan paatikan diinput ke mesin sebelum pengerjaan spooring
Kalau SAI 13° biasanya minus toe nya...kincup luar
Setelah penyetelan, mobil dmundurkan, dimajukan, cek SAI....kalau belum di nilai tengah Toe nya ulangi lagi penyetelannya...kalau prosedur saya setelah maju, mundur, cek SAI, dan semua parameter geometri roda sudah di tengah dalam kondisi statis...baru spooring selesai
Kalau mau enak, pasang baut camber roda depan spy sudut camber bisa ditengah/ideal
Camber roda belakang bisa pakai adjustable upper arm atau roda di press di bengkel yg ahli spy posisi roda mendekati nilai tengah spesifikasi saat mobil dalam kondisi statis
Kalau SAI 13° biasanya minus toe nya...kincup luar
Setelah penyetelan, mobil dmundurkan, dimajukan, cek SAI....kalau belum di nilai tengah Toe nya ulangi lagi penyetelannya...kalau prosedur saya setelah maju, mundur, cek SAI, dan semua parameter geometri roda sudah di tengah dalam kondisi statis...baru spooring selesai
Kalau mau enak, pasang baut camber roda depan spy sudut camber bisa ditengah/ideal
Camber roda belakang bisa pakai adjustable upper arm atau roda di press di bengkel yg ahli spy posisi roda mendekati nilai tengah spesifikasi saat mobil dalam kondisi statis
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1787
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
Nahhh senasib...bener kan karakternya begitu wkwk...mobil sy baru 10rb km...darrelund wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 4:26repair manual itu nyarinya kemana mbah? mayan jadi bahan refereni. nah itu owe gatau dah knp value referensinya ndak dimasukinmbahmu wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 2:34
Kok gak ada spesifikasi standar atau baku mutu nya? Input dulu datanya dari Repair Manual produk
Rule of thumb nya geometri roda:
FWD umumnya kincup luar, kedua roda hadap luar atau minus atau Toe In.....merk Honda unik, Zero Toe atau kincup tengah
FWD, AWD, RWD pengaruhi inklinasi SAI, FWD yg paling tinggi sudutnya...ada yg diatas 13°
Kincup atau Toe adalah kemiringan roda yg dilihat dari atas, Raize RWD atau FWD? Kok kincup dalam begitu? Sampeyan kena genangan air saat kecepatan tinggi aman gak kondisi gini? Saat akselerasi penuh lurus gak stirnya?
Toe itu dinamis krn kinematis, ngerem mendadak jadi minus, akselerasi jadi plus
Format report ini merk John Beam, kalau Hunter sesuai format Repair Manual
itu initial toe kanan 1.9 abaikan um, krn itu seblum spuring di sruduk nmax. jadi harusnya ka-ki itu 0.7
nah itu mbah,emg complain number 1 oe di mobil ini ya itu stabilnya. ni kyknya grgr terlalu kincup makanya gak ada stabilnya sama sekali, makanya toe nya dibikin kluar 0.1 hasilnya improve banget rasa stabilnya. klo kebut sikit ud lebi anteng
kena genangan hi speed? kebetulan kmrn hujan badai di jagorawi, dan nariknya lumayan. ni mobil emg ultra reaktif, gaboleh kena genangan, gaboleh kebut", gaboleh ada crosswind
hispeed si stirnya lurus, cuma agak floaty & mobilnya gabisa diem mbah, kanan kiri trus. jadi klo setir malam, sering dikasih hibeam grgr dikira org ngantuk
ni jgn" toe nya dibikin kincup krn saking ngejer agility
mobilna veloz fwd mbah, odo baru 4000
hoooo pantes kmrn di computer spuringnya, wallpapernya john bean
Blm sempat spooring sih...& kemaren Mbah Marmut juga saranin cek toe
Btw bbrp kali naik taxol xenia...pake ban enasep...feeling berasa beda...kayak lebih firm suspensi & ban-nya...mgkn hanya feeling
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2403
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
beda tuningan kali tuh mbahMSU wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 9:06
Nahhh senasib...bener kan karakternya begitu wkwk...mobil sy baru 10rb km...
Blm sempat spooring sih...& kemaren Mbah Marmut juga saranin cek toe
Btw bbrp kali naik taxol xenia...pake ban enasep...feeling berasa beda...kayak lebih firm suspensi & ban-nya...mgkn hanya feeling
nah bisa dicoba mbah dari spuring, tanya aja bisa ngak alignmentnya bikin buat stabil
beda 0.1 aja mayan improve hi speednya koq
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2403
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
beneran jadi penasaran euymbahmu wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 4:47 Spooring ulang ke bengkel agen pemegang merk, minta diperlihatkan dulu Baku Mutu Geometri Rodanya dan paatikan diinput ke mesin sebelum pengerjaan spooring
Kalau SAI 13° biasanya minus toe nya...kincup luar
Setelah penyetelan, mobil dmundurkan, dimajukan, cek SAI....kalau belum di nilai tengah Toe nya ulangi lagi penyetelannya...kalau prosedur saya setelah maju, mundur, cek SAI, dan semua parameter geometri roda sudah di tengah dalam kondisi statis...baru spooring selesai
Kalau mau enak, pasang baut camber roda depan spy sudut camber bisa ditengah/ideal
Camber roda belakang bisa pakai adjustable upper arm atau roda di press di bengkel yg ahli spy posisi roda mendekati nilai tengah spesifikasi saat mobil dalam kondisi statis
tar kapan" lagi spuring ah, sama skalian ngulik" soal strutbar & bracing lainnya
cuma yg lebi penasaran, apa semua veloz begitu rasanya? atau variasi di alignment & komponen pabrik aja
pan lalu juga nyoba raije turbo, surprisingly rasa mobilnya lebi rigid & lebi kokoh & tuningan EPS nya jauh lebi enak
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sat Jun 08, 2024 20:12
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda CR-V RM1 2016
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
[/quote]
beneran jadi penasaran euy
tar kapan" lagi spuring ah
cuma yg lebi penasaran, apa semua veloz begitu rasanya? atau variasi di alignment & komponen pabrik aja
[/quote]
Jangan spekulasi kalau kondisi "default state" belum terpenuhi
toe & camber depan berada di nilai tengah spesifikasi dalam kondisi statis setelah maju, mundur dan cek SAI, kualitas Dinamika Kendaraannya terasa sekali bedanya sejak kecepatan rendah, sedang s/d tinggi
Dari kelurusan stir, stir balik sendiri ke posisi pusat, saat nikung, lewati genangan, dll beda banget
Konsumsi BBM nya apalagi, minimal 5% lebih hemat
beneran jadi penasaran euy
tar kapan" lagi spuring ah
cuma yg lebi penasaran, apa semua veloz begitu rasanya? atau variasi di alignment & komponen pabrik aja
[/quote]
Jangan spekulasi kalau kondisi "default state" belum terpenuhi
toe & camber depan berada di nilai tengah spesifikasi dalam kondisi statis setelah maju, mundur dan cek SAI, kualitas Dinamika Kendaraannya terasa sekali bedanya sejak kecepatan rendah, sedang s/d tinggi
Dari kelurusan stir, stir balik sendiri ke posisi pusat, saat nikung, lewati genangan, dll beda banget
Konsumsi BBM nya apalagi, minimal 5% lebih hemat
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1787
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
nahhh....ini jg pernah dibahas di YT driving indonesia om...darrelund wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 16:20beneran jadi penasaran euymbahmu wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 4:47 Spooring ulang ke bengkel agen pemegang merk, minta diperlihatkan dulu Baku Mutu Geometri Rodanya dan paatikan diinput ke mesin sebelum pengerjaan spooring
Kalau SAI 13° biasanya minus toe nya...kincup luar
Setelah penyetelan, mobil dmundurkan, dimajukan, cek SAI....kalau belum di nilai tengah Toe nya ulangi lagi penyetelannya...kalau prosedur saya setelah maju, mundur, cek SAI, dan semua parameter geometri roda sudah di tengah dalam kondisi statis...baru spooring selesai
Kalau mau enak, pasang baut camber roda depan spy sudut camber bisa ditengah/ideal
Camber roda belakang bisa pakai adjustable upper arm atau roda di press di bengkel yg ahli spy posisi roda mendekati nilai tengah spesifikasi saat mobil dalam kondisi statis
tar kapan" lagi spuring ah, sama skalian ngulik" soal strutbar & bracing lainnya
cuma yg lebi penasaran, apa semua veloz begitu rasanya? atau variasi di alignment & komponen pabrik aja
pan lalu juga nyoba raije turbo, surprisingly rasa mobilnya lebi rigid & lebi kokoh & tuningan EPS nya jauh lebi enak
tp beliau test rocky turbo....seingat sy beliau jg info ni mobil beda tuningan suspensi ama non turbo...
yg versi turbo ditekuk2 enak...
yg non....wkwk...diisi 4 orang aja goyang2 mulu...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12185
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
sy prnh jajal versi turbo raize GR Sport pny kawan.MSU wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 23:45nahhh....ini jg pernah dibahas di YT driving indonesia om...darrelund wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 16:20beneran jadi penasaran euymbahmu wrote: ↑Tue Oct 15, 2024 4:47 Spooring ulang ke bengkel agen pemegang merk, minta diperlihatkan dulu Baku Mutu Geometri Rodanya dan paatikan diinput ke mesin sebelum pengerjaan spooring
Kalau SAI 13° biasanya minus toe nya...kincup luar
Setelah penyetelan, mobil dmundurkan, dimajukan, cek SAI....kalau belum di nilai tengah Toe nya ulangi lagi penyetelannya...kalau prosedur saya setelah maju, mundur, cek SAI, dan semua parameter geometri roda sudah di tengah dalam kondisi statis...baru spooring selesai
Kalau mau enak, pasang baut camber roda depan spy sudut camber bisa ditengah/ideal
Camber roda belakang bisa pakai adjustable upper arm atau roda di press di bengkel yg ahli spy posisi roda mendekati nilai tengah spesifikasi saat mobil dalam kondisi statis
tar kapan" lagi spuring ah, sama skalian ngulik" soal strutbar & bracing lainnya
cuma yg lebi penasaran, apa semua veloz begitu rasanya? atau variasi di alignment & komponen pabrik aja
pan lalu juga nyoba raije turbo, surprisingly rasa mobilnya lebi rigid & lebi kokoh & tuningan EPS nya jauh lebi enak
tp beliau test rocky turbo....seingat sy beliau jg info ni mobil beda tuningan suspensi ama non turbo...
yg versi turbo ditekuk2 enak...
yg non....wkwk...diisi 4 orang aja goyang2 mulu...
rute buah batu - dago atas - buah batu.
mesin sih ok, bertenaga buat low-mid rpm di perkotaan jalan datar,
tapi buat nanjak gasnya harus agak dalem, dan agak geter 3 silindernya pas crawling di tanjakan.
dan suspensinya ngayun2 gak pede samsek bawanya.
beda banget sm WRV yg suspensinya lbh antep.
peredaman sih mirip2.
coba klo 4 silinder, 1200 turbo, dan suspensi dibuat lbh stiff,
no contest deh di kelas nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4251
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [NEWS] PT Toyota Astra Motor Recall Mobil Toyota Avanza, Veloz, Sienta, Yaris Cross, dan Vios di Indonesia
mestinya ngga, karena pernah cek part number sokbreker dan per, sama persis. tapi ya ini kan jagonya toyota, banyak yg ga kelihatan dan ga disebutin di spek
itu rear suspension entah mesti diapain lagi.Suryaputra wrote: ↑Wed Oct 16, 2024 2:31 sy prnh jajal versi turbo raize GR Sport pny kawan.
rute buah batu - dago atas - buah batu.
mesin sih ok, bertenaga buat low-mid rpm di perkotaan jalan datar,
tapi buat nanjak gasnya harus agak dalem, dan agak geter 3 silindernya pas crawling di tanjakan.
dan suspensinya ngayun2 gak pede samsek bawanya.
honda urusan ginian jauh lah, karena emang jualannya ini doangbeda banget sm WRV yg suspensinya lbh antep.
peredaman sih mirip2.
coba klo 4 silinder, 1200 turbo, dan suspensi dibuat lbh stiff,
no contest deh di kelas nya