Ngomongin cerita sales, ada juga lha oknum2 urop yg korslet. Saya inget pengalaman sebagai petrol head waktu masih bocah, tiap ke pameran mobil pasti liat-liat sana sini dan tanya-tanya harganya ke sales. Inget ad ktmu sales segitiga best or nothing -> ditanya harga brpa jawabnya "itu sih uda 1m". Sales model gini, kelaut aja, bikin rusak brand image. Sementara itu, pas ke lexus, walaupun bentukan masih kecil, diajak masuk ke dalam LS 460 waktu itu saya masi ingat, dikasi showcase fitur2 wahid Lexus. Ga lupa, sebelum pulang dkasi oleh2 goody bag plus merch Emang jempolan, bikin lasting memory.KielConstantine wrote: ↑Sat Jul 06, 2024 3:38Ngomongin salesChZ wrote: ↑Thu Jul 04, 2024 7:16 nah biasanya experience gini2 lbh sering jadi deal breaker buat saya.
mana banyak sales tuh maaf masih fresh graduate dan kriterianya mudah sekali untuk jadi sales, wong 3 bulan gak lolos target ya out.
sales2 muda gini biasa kemampuan komunikasinya agak kureng palagi yang sampe marah2 pake swear words itu kalo ane jd bossnya udah SP1, mobil TD mogok aja udah SP sendiri orang wang bensin tinggal claim kantor artinya ya abai dengan SOP. dipikir jualan mobil itu urusan cuma jelasin produk konsumen langsung oke, kan enggak.
dan sayangnya memang secara percentage, sales2 brand yang rada gurem itu saking berusaha nunjukin keunggulannya dibanding merek mainstream sering rada belagu suka on point banding bandingin sama merek sebelah, pernah skali nemu modelan gini aseli saya langsung ga mood liat mobilnya. toh gurem juga nasib mereknya.
Gw maret kmaren ngobrol2 sama sales Audi di pameran bca expo. Udah senior seh katanya udh 20 taon kerja di MT haryono wkwk.
Asik bener orangnya, kg nge push spk segala macem. Malah banyak dy cerita gmn tipikal2 customer audi kek gimana. Rata2 emang pada h4rdc0re & kg peduli sama mobil laen klo ud pengen alias 3S.
Katanya pernah ada (customer) yg maksa pengen indent brand new RS7 via Audi resmi, tp kg bisa disanggupin soalnya kendala kualitas bbm sgala macem lah, diarahin via IU aj kalo berani pak
Gw jg bilang ke doi, palingan nyari yg sekenan aja. Blom sanggup angkut brand new. Dy malah nawarin nanti kalo ada customer saya mau lepas saya kontak2 bapak deh wkwk
Ud dua tuh gw dpt pengalaman asik sama sales. Satu lagi sama sales lekses yg pernah cerita tempo hari
Tp keknya brand2 premium emang beda ya trainingnya. Sama manner ke customernya jg beda
———————————
Bonus foto sebagai pemanis
Lain bener sama pengalaman recently ke showroom Benz UK, iseng liat2 doang mlah dtawarin test drive EQS. Kaga norak kaya d sini, ribet sok jual mahal