wih mantap om penjelasannya sangat jelas & detailazu wrote: ↑Sat Oct 26, 2024 7:16
Saya bahas sedikit mengenai instalasi dashcam ini ya om.
1. Socket lighter/accessories
Tingkat kesulitan: Mudah. Jalur kelistrikan juga tidak ribet.
Pros: Soket lighter/accessories di mobil pasti si tempat yg terlihat dan terjangkau, tinggal colok aja.
Cons: Tidak bisa parking surveillance. Untuk mobil yg soket accessoriesnya always on atau tidak langsung mati (biasanya mobil Eropa/Amerika), harus pastikan dashcamnya ada fitur mati otomatis beberapa saat setelah mesin mati.
2. OBD
Tingkat kesulitan: menengah. Beberapa mobil soket OBD nya cukup tersembunyi, seperti avanza.
Pros: Tinggal colok aja, mudah untuk pasang dan lepasnya. Bisa untuk parking surveillance mode.
Cons: jalur kelistrikan OBD biasanya gabung dengan ECU. Tidak bisa dipakai bersamaan dengan alat lain yg dipasang OBD juga.
3. Hardwire Kit
Tingkat kesulitan: tinggi. Harus paham kelistrikan.
Pros: bisa untuk parking surveillance. Instalasi bisa dibuat rapi kabel2 tersembunyi.
Cons: Posisi fusebox tipa mobil berbeda, ada juga yg posisinya tersembunyi di balik Dashboard seperti New Yaris. Tidak semua Hardwire Kit sudah dilengkapi fuse tap, jadi ada yg harus dicrimping dulu ke fuse tap. Salah2 kelistrikan mobil bermasalah.
Semua juga aman untuk kelistrikan asal sesuai instalasinya
seberapa boros aki bila pakai mode surveillance 24 jam dibanding yg non survei?
Kalau mau kejar surveillance 24 jam pasti boros aki om, karena setting cutoff voltage protectionnya harus rendah (kurang dari 12V) dan ini yg bikim aki tidak awet. Saya pribadi pakai cutoff di 12.4V bisa surveillance sampai dengan 6 jam.
Dulu saya sempat setting di 11.8V bisa sehari lebih itu mode surveillance, tapi dalam beberapa bulan itu aki jadi kurang bagus dan cuma tahan bbrp jam saja meskipun cutoff nya di 11.8V dan sempat kejadian tekor ga bisa starter gara2 mobil ga nyala 3 hari. Sekarang saya setting di 12.4V, kondisi aki bisa cukup membaik lagi padahal sempat kejadian tekor it
Kalau tidak pakai mide surveillance sih tidak akan boros aki karena dashcamnya nyala hanya saat mesin menyala
kl misal pakai jalur OBD atau hardware kit bisa non survei ga om? mksdnya kl mesin mati, dashcam jg mati. krn ya mobil jarang di pakai sih sebenernya, malah takut aki tekor kl full survei
kl mode non survei, apa tiap mati-nyala mesin semua setting-an di descham ter-reset atau tersimpan/ga perlu setting ulang?
iya om, rencana mau pasang pk jasa bengkel aja biar aman, belum berani utak atik elektrikal sendiri
makasih banyak infonya om