Serba Serbi Ban Part 5

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Greenhunter »

ChZ wrote: Mon Nov 18, 2024 3:35 saya udah nge blacklist yg ada eko eko nya... dan merek ban kontes... ngga ada yang bener. itu ban kontes juga liat di jalan ngga ada yang bener kondisinya bagusnya cuma keluar dari showroom buat harian ancur liat karetnya gupil2 semua.
Ekopeyang, ekopitak, enasep saya tahu.
Ban merk kontes ini apaan ya ? Percepatan atau pemaksaan (force**) ?
hendersz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sat Jun 01, 2024 17:02

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by hendersz »

kenop wrote: Mon Nov 18, 2024 5:55 Sm t005, enak t005 kemana2 drpd er33 pdhl :big_think:
Berdasarkan review di TyreReviews.com, ban ini menang di awet doang.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11601
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

hendersz wrote: Mon Nov 18, 2024 13:23
kenop wrote: Mon Nov 18, 2024 5:55 Sm t005, enak t005 kemana2 drpd er33 pdhl :big_think:
Berdasarkan review di TyreReviews.com, ban ini menang di awet doang.
Keawetan itu negasi dari kenyamanan

Vice versa :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hendersz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sat Jun 01, 2024 17:02

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by hendersz »

Suryaputra wrote: Mon Nov 18, 2024 13:55
hendersz wrote: Mon Nov 18, 2024 13:23
kenop wrote: Mon Nov 18, 2024 5:55 Sm t005, enak t005 kemana2 drpd er33 pdhl :big_think:
Berdasarkan review di TyreReviews.com, ban ini menang di awet doang.
Keawetan itu negasi dari kenyamanan

Vice versa :big_peace:
Kelihatan dari grafiknya. :D
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16424
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

Greenhunter wrote: Mon Nov 18, 2024 12:37 Ekopeyang, ekopitak, enasep saya tahu.
Ban merk kontes ini apaan ya ? Percepatan atau pemaksaan (force**) ?
sama aja, kan satu pabrik juga om :mky_06:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by lexnic »

ChZ wrote: Mon Nov 18, 2024 8:04
Ibet wrote: Mon Nov 18, 2024 7:35 tapi pabrikan mobil biasanya minta spek khusus ke maker ban
misal er33 nya keluar dari pabrik mobil, beda lagi sama er33 keluar dari toko ban wkwk
cap luarnya sama, tapi speknya beda

cuman masalahnya ban itu harus SNI kalo dimarih, ga ada cerita tuh mobil baru keluar pabrik bannya gak SNI
cuman yg ane kadang bingung, yg CBU India / Cungkwo kok bisa aja ya masukin mobil CBU

kadang merk Apollo kalo mobilnya CBU India, ato kadang merk Ling Long pas tempo hari liat pameran BYD M6
dulu sempet helem2 impor aja dimasalahin SNI nya, atau SNI buat ban impor ngga terlalu seksi jadi ya dibiarin. pdhl helem yang sertifikasinya udah kelas motoGP sekalipun tetep masalah.

kalo dipikir alasan logisnya ya helem kan mass market lbh banyak orang pake motor gimana2, pasti lahan basah itu. pada mau dapet jatah oknumnya.

ban impor? halah 80% di jalan pakenya kalo gak bristun dunlop GT ya santai2 bae ketiganya buatan lokal, ban kontes merek A ya buatan sini juga dan orang modip hampir semua pake ban ini wong segala ukuran ada carinya gampang :big_peace: kurang lahan basah itu ban impor keknya paling yg diurusin macem michelin aja :mky_03:
klo helm, saya lbh percaya yg ada cap DOT. SNI? hmm mngkin aman, tapi saya ragu apa bisa seaman DOT. tau sndiri lah kelakuan regulator dsini. :mky_01:

yg gk kalah penting itu naikin kualitas produk lokal. jgn asal nyuruh pake produk lokal tapi ternyata kualitasnya ampas. sebagai konsumen, salah satu pertimbangan beli produk impor jga karena kualitasnya (lain cerita klo belinya sekedar gengsi ato ikut2an doang).
carlzeiss wrote: Mon Nov 18, 2024 8:18 menurut saya ban ban eko eko an disini ya memenuhi kebutuhan aja sih buat ngangkut chassis body dan mesin dari A ke B , kalau ngomong handling sih slama masih sayang nyawa dan pake adab bawanya sih aman, soal empuk saya rasa ga gitu signifikan, yg bikin signifikan menurut pantat dan logika warung saya rasio ban nya makin tebal ya makin empuk , makin kecil velg ya lebih empuk dibanding yg velg besar . Tinggal daya tahan nya aja, lebih banyak ngeliat di bakul seken enasep masih berbentuk dibanding gajah duduk , heran emg si gajah duduk ini kok hobi bener getas, cuil sana sini padahal produk mari yang harusnya lebih tahan dengan kontur dan cuaca. Kalau sekelas micin, otoy ya ini wajar lah, saya pake 2x merk ini emg getas jg keknya terlalu lembek dan ga gt tahan cuaca dimari sama kontur jalan yang kaya tempat mandi kebo
klo udh pake ban eco, paling bener nyetirnya main aman aja om hahaha. awet sih, tapi serem sama handling nya.. :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16424
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

lexnic wrote: Tue Nov 19, 2024 3:45
klo helm, saya lbh percaya yg ada cap DOT. SNI? hmm mngkin aman, tapi saya ragu apa bisa seaman DOT. tau sndiri lah kelakuan regulator dsini. :mky_01:

yg gk kalah penting itu naikin kualitas produk lokal. jgn asal nyuruh pake produk lokal tapi ternyata kualitasnya ampas. sebagai konsumen, salah satu pertimbangan beli produk impor jga karena kualitasnya (lain cerita klo belinya sekedar gengsi ato ikut2an doang).
sertifikasi SNI itu lahan basah emang mbah.

cintai produk lokal? lah emang pejabat kalo foya foya duitnya lari kemana. ud duit dipertanyakan kehalal-an nya, larinya gak ke negeri sendiri pula. klo kegep KPK tuh liat aja tas nya brand mana :big_weee:

giliran ekonomi sulit katanya masyarakat ogah pake produk lokal, produk lokal sulit bersaing, lah gimaneee ente2 aja gak kasih contoh, promosi UMKM tapi kepala ampe kaki isinya branded luar negri semua :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11601
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

lexnic wrote: Tue Nov 19, 2024 3:45
ChZ wrote: Mon Nov 18, 2024 8:04
Ibet wrote: Mon Nov 18, 2024 7:35 tapi pabrikan mobil biasanya minta spek khusus ke maker ban
misal er33 nya keluar dari pabrik mobil, beda lagi sama er33 keluar dari toko ban wkwk
cap luarnya sama, tapi speknya beda

cuman masalahnya ban itu harus SNI kalo dimarih, ga ada cerita tuh mobil baru keluar pabrik bannya gak SNI
cuman yg ane kadang bingung, yg CBU India / Cungkwo kok bisa aja ya masukin mobil CBU

kadang merk Apollo kalo mobilnya CBU India, ato kadang merk Ling Long pas tempo hari liat pameran BYD M6
dulu sempet helem2 impor aja dimasalahin SNI nya, atau SNI buat ban impor ngga terlalu seksi jadi ya dibiarin. pdhl helem yang sertifikasinya udah kelas motoGP sekalipun tetep masalah.

kalo dipikir alasan logisnya ya helem kan mass market lbh banyak orang pake motor gimana2, pasti lahan basah itu. pada mau dapet jatah oknumnya.

ban impor? halah 80% di jalan pakenya kalo gak bristun dunlop GT ya santai2 bae ketiganya buatan lokal, ban kontes merek A ya buatan sini juga dan orang modip hampir semua pake ban ini wong segala ukuran ada carinya gampang :big_peace: kurang lahan basah itu ban impor keknya paling yg diurusin macem michelin aja :mky_03:
klo helm, saya lbh percaya yg ada cap DOT. SNI? hmm mngkin aman, tapi saya ragu apa bisa seaman DOT. tau sndiri lah kelakuan regulator dsini. :mky_01:

yg gk kalah penting itu naikin kualitas produk lokal. jgn asal nyuruh pake produk lokal tapi ternyata kualitasnya ampas. sebagai konsumen, salah satu pertimbangan beli produk impor jga karena kualitasnya (lain cerita klo belinya sekedar gengsi ato ikut2an doang).
carlzeiss wrote: Mon Nov 18, 2024 8:18 menurut saya ban ban eko eko an disini ya memenuhi kebutuhan aja sih buat ngangkut chassis body dan mesin dari A ke B , kalau ngomong handling sih slama masih sayang nyawa dan pake adab bawanya sih aman, soal empuk saya rasa ga gitu signifikan, yg bikin signifikan menurut pantat dan logika warung saya rasio ban nya makin tebal ya makin empuk , makin kecil velg ya lebih empuk dibanding yg velg besar . Tinggal daya tahan nya aja, lebih banyak ngeliat di bakul seken enasep masih berbentuk dibanding gajah duduk , heran emg si gajah duduk ini kok hobi bener getas, cuil sana sini padahal produk mari yang harusnya lebih tahan dengan kontur dan cuaca. Kalau sekelas micin, otoy ya ini wajar lah, saya pake 2x merk ini emg getas jg keknya terlalu lembek dan ga gt tahan cuaca dimari sama kontur jalan yang kaya tempat mandi kebo
klo udh pake ban eco, paling bener nyetirnya main aman aja om hahaha. awet sih, tapi serem sama handling nya.. :mky_01:
Bener
Sy pakai ban oem "eh terima nasip" 4thn or 50rb km
Alhamdulillah gak knp2

- Krn gak prnh lebih dr 120 kmh ketika jalan kering
- Dan max cuma 70-80 kmh ketika jalan basah

Intinya watch your speed limit.
Jalan bersama ya tetap jalan bersama.

Klo celaka, merugikan sekitar dan org terdekat.

Mati sih takdir Tuhan, tp klo cacat itu antara takdir (krn keteledoran org lain) atau pilihan sendiri :big_smile]
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cybrid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by cybrid »

ChZ wrote: Fri Nov 15, 2024 7:51
cybrid wrote: Fri Nov 15, 2024 4:32

Sekitar 40-50 ribu km dari 2021. Depan sisa sekitar 2mm dari TWI; belakang sisa 3mm (rotasi tiap 10,000km)
Brisik yg pasti seh terutama di kecepatan tinggi. Kalau pakai dalam kota biasa aja.
Saya pakai ga ugal2an tapinya ya. Soalnya saya ga tll pede pake suv buat zig zag.
kalau budget bisa ke 2 juta per ban,

hajar aja BFG advantage touring. langsung berasa peningkatannya pasti. kalo ngga suka ugal ga bakal ngerasain bedanya grip soalnya pasti gimanapun kalah sama sp sport maxx yang UHP. tapi ini dapet nyamannya.

bridgestone biasa menang di umur lebih lama, dunlop performa ok untuk harganya yg biasa paling murah, tapi pengalaman umurnya kurang panjang.
Saya masi lom bisa mutusin seh. Masi sisa 2-3mm sebelom TWI per skrg. Masi lom abis2 ternyata.
BFG di bquik lg ada promo di 1.5 skrg; cuma ya agak ngeri ya klo grip berkurang signifikan
Pilihan saya ada dueler, tapi saya baca2 di sini berisik juga ya?
Trus Alenza ada yg bilang ga bagus juga? Ada yang bisa nambahin soal ini?
Pilihan terakhir primacy di 2.4an lah. Ini kalau ud ga ada pilihan yang better di harga 2 juta ke bawah
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11601
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

cybrid wrote: Tue Nov 19, 2024 5:48
ChZ wrote: Fri Nov 15, 2024 7:51
cybrid wrote: Fri Nov 15, 2024 4:32

Sekitar 40-50 ribu km dari 2021. Depan sisa sekitar 2mm dari TWI; belakang sisa 3mm (rotasi tiap 10,000km)
Brisik yg pasti seh terutama di kecepatan tinggi. Kalau pakai dalam kota biasa aja.
Saya pakai ga ugal2an tapinya ya. Soalnya saya ga tll pede pake suv buat zig zag.
kalau budget bisa ke 2 juta per ban,

hajar aja BFG advantage touring. langsung berasa peningkatannya pasti. kalo ngga suka ugal ga bakal ngerasain bedanya grip soalnya pasti gimanapun kalah sama sp sport maxx yang UHP. tapi ini dapet nyamannya.

bridgestone biasa menang di umur lebih lama, dunlop performa ok untuk harganya yg biasa paling murah, tapi pengalaman umurnya kurang panjang.
Saya masi lom bisa mutusin seh. Masi sisa 2-3mm sebelom TWI per skrg. Masi lom abis2 ternyata.
BFG di bquik lg ada promo di 1.5 skrg; cuma ya agak ngeri ya klo grip berkurang signifikan
Pilihan saya ada dueler, tapi saya baca2 di sini berisik juga ya?
Trus Alenza ada yg bilang ga bagus juga? Ada yang bisa nambahin soal ini?
Pilihan terakhir primacy di 2.4an lah. Ini kalau ud ga ada pilihan yang better di harga 2 juta ke bawah
Coba intip ini mbah
Liat Di tokoijo ada yg jual size 235 60 r18

https://www.goodyear-indonesia.com/tyre ... mance-suv/

Garansi 20rb km / 1 thn
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by lexnic »

ChZ wrote: Tue Nov 19, 2024 3:50 sertifikasi SNI itu lahan basah emang mbah.

cintai produk lokal? lah emang pejabat kalo foya foya duitnya lari kemana. ud duit dipertanyakan kehalal-an nya, larinya gak ke negeri sendiri pula. klo kegep KPK tuh liat aja tas nya brand mana :big_weee:

giliran ekonomi sulit katanya masyarakat ogah pake produk lokal, produk lokal sulit bersaing, lah gimaneee ente2 aja gak kasih contoh, promosi UMKM tapi kepala ampe kaki isinya branded luar negri semua :ungg:
nah, yg di bold ini yg bikin saya gk percaya sama embel2 SNI. mngkin parameter yg dipake utk penilaian kurleb sama, tapi gara2 faktor lahan basah, saya jdi ragu sama hasil akhirnya. :big_biglaugh:

saya sndiri gk anti produk lokal, toh ada jga kok produk lokal yg bagus (dan kadang harganya bisa lbh murah dri produk impor). beberapa thn lalu, saya coba beli tas laptop merk lokal asal surabaya. so far kualitasnya cukup bagus (blm ada sobek ato resleting rusak), desainnya jga keren (at least mnurut saya), & harga wktu beli relatif lbh murah dibanding merk dri luar.
Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 4:27 Bener
Sy pakai ban oem "eh terima nasip" 4thn or 50rb km
Alhamdulillah gak knp2

- Krn gak prnh lebih dr 120 kmh ketika jalan kering
- Dan max cuma 70-80 kmh ketika jalan basah

Intinya watch your speed limit.
Jalan bersama ya tetap jalan bersama.

Klo celaka, merugikan sekitar dan org terdekat.

Mati sih takdir Tuhan, tp klo cacat itu antara takdir (krn keteledoran org lain) atau pilihan sendiri :big_smile]
ini mirip kyk saya, pas beli livina dikasihnya enasave. awal2 sih normal, tapi mulai thn kedua mulai berasa gk enak (keras & berisik). klo kondisi kering, buat manuver di jalan (selap selip, tikungan) msh ok. tapi pas hujan, bannya serasa kurang napak di jalan. :big_biglaugh:

puncaknya, awal2 2024 ada sobekan kecil di dinding ban depan kiri (3 yg lain msh normal). bannya sndiri blm botak (msh agk jauh dri TWI), tapi dripada risiko lngsung gk pake lama diganti pake primacy 4 :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11601
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

lexnic wrote: Tue Nov 19, 2024 6:09
ChZ wrote: Tue Nov 19, 2024 3:50 sertifikasi SNI itu lahan basah emang mbah.

cintai produk lokal? lah emang pejabat kalo foya foya duitnya lari kemana. ud duit dipertanyakan kehalal-an nya, larinya gak ke negeri sendiri pula. klo kegep KPK tuh liat aja tas nya brand mana :big_weee:

giliran ekonomi sulit katanya masyarakat ogah pake produk lokal, produk lokal sulit bersaing, lah gimaneee ente2 aja gak kasih contoh, promosi UMKM tapi kepala ampe kaki isinya branded luar negri semua :ungg:
nah, yg di bold ini yg bikin saya gk percaya sama embel2 SNI. mngkin parameter yg dipake utk penilaian kurleb sama, tapi gara2 faktor lahan basah, saya jdi ragu sama hasil akhirnya. :big_biglaugh:

saya sndiri gk anti produk lokal, toh ada jga kok produk lokal yg bagus (dan kadang harganya bisa lbh murah dri produk impor). beberapa thn lalu, saya coba beli tas laptop merk lokal asal surabaya. so far kualitasnya cukup bagus (blm ada sobek ato resleting rusak), desainnya jga keren (at least mnurut saya), & harga wktu beli relatif lbh murah dibanding merk dri luar.
Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 4:27 Bener
Sy pakai ban oem "eh terima nasip" 4thn or 50rb km
Alhamdulillah gak knp2

- Krn gak prnh lebih dr 120 kmh ketika jalan kering
- Dan max cuma 70-80 kmh ketika jalan basah

Intinya watch your speed limit.
Jalan bersama ya tetap jalan bersama.

Klo celaka, merugikan sekitar dan org terdekat.

Mati sih takdir Tuhan, tp klo cacat itu antara takdir (krn keteledoran org lain) atau pilihan sendiri :big_smile]
ini mirip kyk saya, pas beli livina dikasihnya enasave. awal2 sih normal, tapi mulai thn kedua mulai berasa gk enak (keras & berisik). klo kondisi kering, buat manuver di jalan (selap selip, tikungan) msh ok. tapi pas hujan, bannya serasa kurang napak di jalan. :big_biglaugh:

puncaknya, awal2 2024 ada sobekan kecil di dinding ban depan kiri (3 yg lain msh normal). bannya sndiri blm botak (msh agk jauh dri TWI), tapi dripada risiko lngsung gk pake lama diganti pake primacy 4 :mky_01:
nah klo sobek itu no kompromi
lgs ganti minimal yg satu tipe dan merk

klo dompet tebal susah lipat, ganti semua sm non eco :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cybrid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by cybrid »

Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 5:54
cybrid wrote: Tue Nov 19, 2024 5:48
ChZ wrote: Fri Nov 15, 2024 7:51

kalau budget bisa ke 2 juta per ban,

hajar aja BFG advantage touring. langsung berasa peningkatannya pasti. kalo ngga suka ugal ga bakal ngerasain bedanya grip soalnya pasti gimanapun kalah sama sp sport maxx yang UHP. tapi ini dapet nyamannya.

bridgestone biasa menang di umur lebih lama, dunlop performa ok untuk harganya yg biasa paling murah, tapi pengalaman umurnya kurang panjang.
Saya masi lom bisa mutusin seh. Masi sisa 2-3mm sebelom TWI per skrg. Masi lom abis2 ternyata.
BFG di bquik lg ada promo di 1.5 skrg; cuma ya agak ngeri ya klo grip berkurang signifikan
Pilihan saya ada dueler, tapi saya baca2 di sini berisik juga ya?
Trus Alenza ada yg bilang ga bagus juga? Ada yang bisa nambahin soal ini?
Pilihan terakhir primacy di 2.4an lah. Ini kalau ud ga ada pilihan yang better di harga 2 juta ke bawah
Coba intip ini mbah
Liat Di tokoijo ada yg jual size 235 60 r18

https://www.goodyear-indonesia.com/tyre ... mance-suv/

Garansi 20rb km / 1 thn
Di toko ijo saya cek banyakan yg terjual assurance max guard daripada efficient grip ini.
BTW awetkah GY yang sekarang2? Ga cepet dry rot ya ?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11601
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

cybrid wrote: Tue Nov 19, 2024 6:40
Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 5:54
cybrid wrote: Tue Nov 19, 2024 5:48

Saya masi lom bisa mutusin seh. Masi sisa 2-3mm sebelom TWI per skrg. Masi lom abis2 ternyata.
BFG di bquik lg ada promo di 1.5 skrg; cuma ya agak ngeri ya klo grip berkurang signifikan
Pilihan saya ada dueler, tapi saya baca2 di sini berisik juga ya?
Trus Alenza ada yg bilang ga bagus juga? Ada yang bisa nambahin soal ini?
Pilihan terakhir primacy di 2.4an lah. Ini kalau ud ga ada pilihan yang better di harga 2 juta ke bawah
Coba intip ini mbah
Liat Di tokoijo ada yg jual size 235 60 r18

https://www.goodyear-indonesia.com/tyre ... mance-suv/

Garansi 20rb km / 1 thn
Di toko ijo saya cek banyakan yg terjual assurance max guard daripada efficient grip ini.
BTW awetkah GY yang sekarang2? Ga cepet dry rot ya ?
Secara positioning dan kelas,
Efficient Grip Performance SUV, di atas Maxguard SUV

Harga juga lbh mahal

Cek reviewnya juga mostly bilang nyaman
https://www.tyrereview.com.au/goodyear- ... uv-reviews
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sendguruh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: Mon May 12, 2008 2:07

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by sendguruh »

klo bridgestone techno sport bagus gk ya?
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 235
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by lexnic »

Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 6:32 nah klo sobek itu no kompromi
lgs ganti minimal yg satu tipe dan merk

klo dompet tebal susah lipat, ganti semua sm non eco :big_biglaugh:
urusan safety emg gk bisa kompromi om, kita gk pernah tau kondisi di jalan kyk gmana.

saya blm smpe level mbah vanosz, dompet msh gmpng kelipet nih hahaha :big_peace: .

minggu lalu aja pas nyari ban buat 2kd, saya bela2in beli turanza t005a lewat toped (biasanya slama ini klo beli ban slalu lngsung ke toko). untung nemu toko yg lmyn deket sama rmh & pas check out bisa pilih pasang bannya di bengkel.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16424
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ChZ »

lexnic wrote: Tue Nov 19, 2024 6:09
nah, yg di bold ini yg bikin saya gk percaya sama embel2 SNI. mngkin parameter yg dipake utk penilaian kurleb sama, tapi gara2 faktor lahan basah, saya jdi ragu sama hasil akhirnya. :big_biglaugh:

saya sndiri gk anti produk lokal, toh ada jga kok produk lokal yg bagus (dan kadang harganya bisa lbh murah dri produk impor). beberapa thn lalu, saya coba beli tas laptop merk lokal asal surabaya. so far kualitasnya cukup bagus (blm ada sobek ato resleting rusak), desainnya jga keren (at least mnurut saya), & harga wktu beli relatif lbh murah dibanding merk dri luar.


ini mirip kyk saya, pas beli livina dikasihnya enasave. awal2 sih normal, tapi mulai thn kedua mulai berasa gk enak (keras & berisik). klo kondisi kering, buat manuver di jalan (selap selip, tikungan) msh ok. tapi pas hujan, bannya serasa kurang napak di jalan. :big_biglaugh:

puncaknya, awal2 2024 ada sobekan kecil di dinding ban depan kiri (3 yg lain msh normal). bannya sndiri blm botak (msh agk jauh dri TWI), tapi dripada risiko lngsung gk pake lama diganti pake primacy 4 :mky_01:
multifaktor mbah. banyak kok lokalan bagus sbenernya. ampe pd gak pake nama lokal krn kalo ketauan nama lokal malah jadi dianggep jelek. sayang sih.

ban eko ekoan itu memenuhi 2 keinginan utama orang wakanda : hemat bbm (low rolling resistance) dan treadwear awet. krn 2 faktor ini yang jadi korban selalu kualitas ridenya sendiri :ungg:

hard compound = grip jelek krn ngga gigit, ban juga gubrak2.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11601
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

lexnic wrote: Tue Nov 19, 2024 8:04
Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 6:32 nah klo sobek itu no kompromi
lgs ganti minimal yg satu tipe dan merk

klo dompet tebal susah lipat, ganti semua sm non eco :big_biglaugh:
urusan safety emg gk bisa kompromi om, kita gk pernah tau kondisi di jalan kyk gmana.

saya blm smpe level mbah vanosz, dompet msh gmpng kelipet nih hahaha :big_peace: .

minggu lalu aja pas nyari ban buat 2kd, saya bela2in beli turanza t005a lewat toped (biasanya slama ini klo beli ban slalu lngsung ke toko). untung nemu toko yg lmyn deket sama rmh & pas check out bisa pilih pasang bannya di bengkel.
bener mbah vanos beda lagi

rusak, gak diperbudak mobil, tinggal kontak diler tuker tambah :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
feri307
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by feri307 »

cybrid wrote: Fri Nov 15, 2024 4:32 Sekitar 40-50 ribu km dari 2021. Depan sisa sekitar 2mm dari TWI; belakang sisa 3mm (rotasi tiap 10,000km)
Brisik yg pasti seh terutama di kecepatan tinggi. Kalau pakai dalam kota biasa aja.
Saya pakai ga ugal2an tapinya ya. Soalnya saya ga tll pede pake suv buat zig zag.
Makasih infonya, Om.. Lumayan awet jg ternyata ya, mengingat sepertinya ban ini lbh ke performance oriented.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2851
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by KielConstantine »

sendguruh wrote: Tue Nov 19, 2024 7:36 klo bridgestone techno sport bagus gk ya?
Ane sih tanya temen yg punya usaha toko ban brijstun. Katanya kualitet techno diatas eco ecoan sedikit. Menang keren doang tapak bannya ada pola petir petir jurus wiro sableng :big_biglaugh:

Itu pun dy kg nyetok banyak jg. Kluar masuk barangnya kg secepet jualan ecopeyang sama turanza

Kalo mo brijstun better pake turanza t005 seh. Nyaris jadi ban sapu jagat ini. Harga ok + kualitas + grip + daya tahan bersinergi smua
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by severmaya »

Om ada yang pernah pakai direzza? Atau dynapro HPX? Mungkin ada review soal kedua ban tsb..
Mau cari ban 235/60/18..
Atau ada saran ban lain yang harganya ga terpaut jauh?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4223
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by kunaskun »

sendguruh wrote: Tue Nov 19, 2024 7:36 klo bridgestone techno sport bagus gk ya?
performance tyre BS harga entry level, temen pernah pake, grip dry n wet ok, masih termasuk empuk, tapi berisiknya lumayan, ya ketebak si dari pola tapak gitu :mky_02: tapi daripada ecopeang mendingan ini. kalau mau yang versi senyap: Bridgestone Techno (TECAZ), ban yg jarang di promo jadi jarang yang nyari akibatnya toko jarang stok tapi harganya dibawah ecopeang ukuran sama.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1733
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by MSU »

KielConstantine wrote: Tue Nov 19, 2024 10:20
sendguruh wrote: Tue Nov 19, 2024 7:36 klo bridgestone techno sport bagus gk ya?
Ane sih tanya temen yg punya usaha toko ban brijstun. Katanya kualitet techno diatas eco ecoan sedikit. Menang keren doang tapak bannya ada pola petir petir jurus wiro sableng :big_biglaugh:

Itu pun dy kg nyetok banyak jg. Kluar masuk barangnya kg secepet jualan ecopeyang sama turanza

Kalo mo brijstun better pake turanza t005 seh. Nyaris jadi ban sapu jagat ini. Harga ok + kualitas + grip + daya tahan bersinergi smua
Lho serius om techno di atas ecopeang?
Dulu sy cari yg lebih murah dr ecopeang ama toko malah dikasi techno
So far dipake sih menurut saya enak ecopeang
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1238
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by vanosz »

lexnic wrote: Tue Nov 19, 2024 8:04
Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 6:32 nah klo sobek itu no kompromi
lgs ganti minimal yg satu tipe dan merk

klo dompet tebal susah lipat, ganti semua sm non eco :big_biglaugh:
urusan safety emg gk bisa kompromi om, kita gk pernah tau kondisi di jalan kyk gmana.

saya blm smpe level mbah vanosz, dompet msh gmpng kelipet nih hahaha :big_peace: .

minggu lalu aja pas nyari ban buat 2kd, saya bela2in beli turanza t005a lewat toped (biasanya slama ini klo beli ban slalu lngsung ke toko). untung nemu toko yg lmyn deket sama rmh & pas check out bisa pilih pasang bannya di bengkel.

nah ini pancen oye,


yang paling vital keselamatan itu kan ban,suspensi ,rem

mknya di depan rumah ane pas sberangan,

fortuner GR modifan mesin sampe bagasi item semua,ceper,knalpot udah ky fuso,headlam devil,

ehhh pas ane bawa dogi bannya merk gaajah terbang,velg denso xi jin ping,


kaco kaco kaco,

drpd modif mesin habis ratusan tiaw,

mending benerin ban,suspensi,rem,velg,

ane pernah angkat velg ring 22 volk rays sama ban LC 300 punya brake sop,
lebih enteng dari velg fortuner ring 18,

ajib dah ah,

ane gak demen main velg,krn pusing simpan digarasi,brantakan


ky mobil ane ditawarin 400 hp biaya 300 tiaw,


mending ane pasang rem brembo GTS depan blakang,kliatan orang sudah kelas,
bus ane aja mau pasang brembo GT,

klo tau tempat pasang rem bbk yang terjamin beuhhhh dr zaman bocah,

mesin secukupnya aja,yang penting gak CE,

main mesin joran yang ada jadi babu mobil,tsiksa lahir batin

mindahin harta sekolahin tuner,

pdhl tuner juga modif mobilnya pait,itungan juga,berasa keluarin duit,

komporin kustomer duit ratusan tiaw ky receh aja buat jajan cilok,
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1238
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by vanosz »

Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 8:27
lexnic wrote: Tue Nov 19, 2024 8:04
Suryaputra wrote: Tue Nov 19, 2024 6:32 nah klo sobek itu no kompromi
lgs ganti minimal yg satu tipe dan merk

klo dompet tebal susah lipat, ganti semua sm non eco :big_biglaugh:
urusan safety emg gk bisa kompromi om, kita gk pernah tau kondisi di jalan kyk gmana.

saya blm smpe level mbah vanosz, dompet msh gmpng kelipet nih hahaha :big_peace: .

minggu lalu aja pas nyari ban buat 2kd, saya bela2in beli turanza t005a lewat toped (biasanya slama ini klo beli ban slalu lngsung ke toko). untung nemu toko yg lmyn deket sama rmh & pas check out bisa pilih pasang bannya di bengkel.
bener mbah vanos beda lagi

rusak, gak diperbudak mobil, tinggal kontak diler tuker tambah :mky_03:
nah ini jos gandos,

pokoe klo mobil susahin jual aja,

jangan dibikin jd penyakit di dalam kepala dan dada,

btw

klo ada duitnya beli ban merk bridgestone aja,

potenza,turanza,dueler,

gak akan kecewe,

klo mau naik lagi

micelin,


pilot sport,4,5,4s,primaci suv +,tropi cup,

harian ane pake dueler,

sehari hari tangerang jkt tebitin jarum angka pojok kanan bawah,kanan kiri,dr jalur paling kiri lgsg pindah paling kanan sambil counter setir,dr tol bandara sampe bsd,

dueler gak pernah bikin kecewe,



mau ganti micelin primacy suv+tapi ban baru ganti,


krn mobil ane 1 lagi ada pake micelin primaci suv +,

Screenshot_20241120_042401_Video Player.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.