Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
MSU wrote: ↑Thu Nov 28, 2024 7:20
kalo sy simpulkan...dari bbrp artikel yg saya baca...menurut kuda laut spek pertamaxnya aman...sesuai standard
menurut ahli : kayaknya ada lapisan dalam tangki yang larut
menurut praktisi : bau pertamax skrg rada beda
menurut baca2 di FB : ada bbrp kasus fuel dilution ntah berhubungan / ga
dipikir2 kalo spek aman...koq banyak yg rame2 kena
tapi yah ada benernya uga mbah
emg feel pertamax pre-post covid emang beda
post covid lemottttttt, mana knalpot bau bengsin
pom kerang katanya mau hengkang cuma PR nya bilang rumor
klu bneran hengkang siy sad amat, krn juwal oli/lendir lainnya yg ori
emg siy bukan yg pling bagus lendirnya si kerang ini, tapi yah
faizzz wrote: ↑Thu Nov 28, 2024 7:56
Daily driver sekarang pake honda beat, pake pertamax sering brebet dan kalo cold start suaranya ga halus/RPM berasa naik turun, setelah pake Shell ga ada kendala, cold start alus, dipake pun ga ada brebet2. Udah beberapa bulan saya ga isi pake BBM Pertamina.
Entah kenapa di mobil saya ga kerasa perbedaannya, apa karena mobil murahan kali ya
yang lucu d Zenix mertua, diisi pertamax ngelitik, diisi shell lebih2 parah lagi ngelitiknya. Masa mobil perang diisi Vpower sih
coba diganti olinya om...
kadang oli pengaruh juga itu. dan bengkel resmi kadang main tuang aja gak sesuai spesifikasi.
Ini bagusnya diganti oli ap ya? Jujur gapernau pengalaman pegang toyobot, jd ngasih saran pun bingung k mertua
Syauqi wrote: ↑Thu Nov 28, 2024 8:47
Masa sih zenix diisi pertamax ngelitik?
Bbrp minggu lalu saya isi bensin mobil pake pertalite (mobilny Agya 1000cc) di SPBU Pertamina yg di Abdul Muis. Di pompa belakang saya ada Zenix Q (saya ga salah liat, emang beneran zenix Q dari segala sisi) ngisinya pertalite juga wkwkwk
Saya yakin ga salah liat soalnya ujung warna selangnya warna putih, hebat bener emang
Nah yg tipe Q hybrid only kan? Pas ane naik grab premium dr bandara ga interogasi abangmya, zenix hybrid diisi pertalite smuanya jos gandos no issue. Kalo ngomong spek jepang, Alphard brand new kan juga masih kinyis2 kata abang silver bird jga dicekokin pertalite aman sentosa. Aneh bin ajaib tuh mesin jinik. Rada serem sih, kalo d nissin lipina ane dlu ngelitik tp aman2 aja gaada efek?. Nah di jinik kerasa makin lemot. Tapi ini bsa jga keliru perasaan doang krna sebelum bawa jinik saya abis bawa FE
Yuswidjajanto menambahkan, mobil yang terdampak adalah kendaraan yang dibuat di satu pabrik, tapi dipasarkan dengan merek dan tipe yang berbeda, itu yang kena, yang lainnya tidak. "Kita kan juga heran juga, kok bisa begitu? Apa mereka masih menggunakan pelapis anti-karat itu di dalam tangki bensinnya? Nah, itu yang sedang kami selidiki juga, karena kebetulan ada mobil yang terdampak juga, yang tangki bensinnya boleh diambil, kemudian mau kami bawa ke Bandung untuk dicek. Apakah tangki bensinnya ini dilapis dengan timbal dan timah itu. Nah, itu belum dapat itu," katanya.
"Jadi, kalau memang dari coating tangki, berarti mobil-mobil yang baru, yang tankinya terbuat dari resin, aman, enggak akan terdampak. Soalnya, bagian terakhir ini kita masih sedang dalam penelitian," ujar Yuswidjajanto.
"Nah, setelah itu kita harus mencari nih, kenapa kok itu bisa rontok? Jadi, pertama diperiksa dulu tangki yang terdampak ini benar di-coating atau tidak. Kalau tidak, ya enggak tahu nih, harus masih lari ke mana lagi carinya gitu. Tapi, kalau misalnya iya, masih ada PR lagi, apa yang membuat dia kandungannya bisa rontok gitu ya," kata Yuswidjajanto. Yuswidjajanto menambahkan, dalam investigasi ini ada pembagian tugas. Pertamina juga melakukan pengecekan secara internal. Tapi, karena tidak memiliki laboratorium, maka sampelnya dikirim ke Lemigas untuk diperiksa sifat fisika dan kimianya. Tujuan pengecekan tersebut untuk mengetahui apakah bahan bakar tersebut on-spec atau off-spec, alias sesuai dengan spesifikasi atau tidak. Ternyata, hasilnya adalah on-spec, masih sesuai dengan spesifikasi dari Lemigas.
Kemudian, dicari apakah ada logam seperti hasil penelitian ITB atau tidak, ternyata juga tidak ada. Kemudian, dicari juga ada kemungkinan senyawa lain yang bisa membuat coating dalam tangki rontok atau tidak, tapi itu juga tidak ada di spesifikasinya. Lalu, sekarang sedang diupayakan untuk dites dengan metode lain. "Kalau ITB, konsentrasinya ke sebenarnya kotoran ini apa, kita dapat dari hasil analisa EDS (Energy-Dispersive X-ray Spectroscopy), ternyata timbal dan timah. Kita cari di literatur, ternyata kombinasi itu adalah sering dipakai untuk coating di tangki BBM," ujar Yuswidjajanto.
Yuswidjajanto menambahkan, kejadian ini bukan karena kesalahan dari produsen mobil atau Pertamina. Tapi, ada sesuatu di dalam Pertamax itu yang tidak cocok dengan material yang ada di tangki BBM.
"Jadi, kita cari akar masalahnya apa. Sehingga, nanti bisa dimitigasi supaya tidak terjadi lagi di kemudian hari. Karena belum selesai, maka Pertamina bikin rilis yang kecil. Kami juga belum bisa juga mengeluarkan laporan yang komplet, karena masih baru menduga, ini kenapa begini, ini kenapa begitu," ujarnya. Yuswidjajanto mengatakan, penelitian masih terus dilakukan untuk memastikan dari mana asal usul unsur-unsur pembentuk endapan tersebut.
Jenson wrote: ↑Thu Nov 28, 2024 18:02
Nah yg tipe Q hybrid only kan? Pas ane naik grab premium dr bandara ga interogasi abangmya, zenix hybrid diisi pertalite smuanya jos gandos no issue. Kalo ngomong spek jepang, Alphard brand new kan juga masih kinyis2 kata abang silver bird jga dicekokin pertalite aman sentosa. Aneh bin ajaib tuh mesin jinik. Rada serem sih, kalo d nissin lipina ane dlu ngelitik tp aman2 aja gaada efek?. Nah di jinik kerasa makin lemot. Tapi ini bsa jga keliru perasaan doang krna sebelum bawa jinik saya abis bawa FE
mesin dynamic force memang didesain utk low octane jg koq mbah, ron 91
faizzz wrote: ↑Thu Nov 28, 2024 7:56
Daily driver sekarang pake honda beat, pake pertamax sering brebet dan kalo cold start suaranya ga halus/RPM berasa naik turun, setelah pake Shell ga ada kendala, cold start alus, dipake pun ga ada brebet2. Udah beberapa bulan saya ga isi pake BBM Pertamina.
Entah kenapa di mobil saya ga kerasa perbedaannya, apa karena mobil murahan kali ya
yang lucu d Zenix mertua, diisi pertamax ngelitik, diisi shell lebih2 parah lagi ngelitiknya. Masa mobil perang diisi Vpower sih
saatnya pertalit om, bensinnya muter cepet, keisi yg fresh terus .. kali malah ga ngelitik
faizzz wrote: ↑Thu Nov 28, 2024 7:56
Daily driver sekarang pake honda beat, pake pertamax sering brebet dan kalo cold start suaranya ga halus/RPM berasa naik turun, setelah pake Shell ga ada kendala, cold start alus, dipake pun ga ada brebet2. Udah beberapa bulan saya ga isi pake BBM Pertamina.
Entah kenapa di mobil saya ga kerasa perbedaannya, apa karena mobil murahan kali ya
yang lucu d Zenix mertua, diisi pertamax ngelitik, diisi shell lebih2 parah lagi ngelitiknya. Masa mobil perang diisi Vpower sih
saatnya pertalit om, bensinnya muter cepet, keisi yg fresh terus .. kali malah ga ngelitik
saingan udah banyak om, biarlah yang biasa pake bensin non subsidi tetap di jalurnya, janganlah ikut ditarik ke dispenser putih
sekarang aja ngantri udah minimal 5 mobil di depan, jangan ditambah panjang lagi antrian, nanti ngantri ngular kayak solar nyeseeelll
yang lucu d Zenix mertua, diisi pertamax ngelitik, diisi shell lebih2 parah lagi ngelitiknya. Masa mobil perang diisi Vpower sih
saatnya pertalit om, bensinnya muter cepet, keisi yg fresh terus .. kali malah ga ngelitik
saingan udah banyak om, biarlah yang biasa pake bensin non subsidi tetap di jalurnya, janganlah ikut ditarik ke dispenser putih
sekarang aja ngantri udah minimal 5 mobil di depan, jangan ditambah panjang lagi antrian, nanti ngantri ngular kayak solar nyeseeelll
Saya pernah ngantri 30 menit buat isi pertalite doank om... naik mobil temen
Padahal pertamax antrian kosong
Terus isi pertalitenya cuma 100.000
Datang ke acara jadi telat
Habis itu lain kali saya gercep bilang traktir oso pertamax 100.000 ga nyampe 5 menit selesai
saatnya pertalit om, bensinnya muter cepet, keisi yg fresh terus .. kali malah ga ngelitik
saingan udah banyak om, biarlah yang biasa pake bensin non subsidi tetap di jalurnya, janganlah ikut ditarik ke dispenser putih
sekarang aja ngantri udah minimal 5 mobil di depan, jangan ditambah panjang lagi antrian, nanti ngantri ngular kayak solar nyeseeelll
Saya pernah ngantri 30 menit buat isi pertalite doank om... naik mobil temen
Padahal pertamax antrian kosong
Terus isi pertalitenya cuma 100.000
Datang ke acara jadi telat
Habis itu lain kali saya gercep bilang traktir oso pertamax 100.000 ga nyampe 5 menit selesai
Salvanost wrote: ↑Fri Nov 29, 2024 0:45
Yuswidjajanto menambahkan, mobil yang terdampak adalah kendaraan yang dibuat di satu pabrik, tapi dipasarkan dengan merek dan tipe yang berbeda, itu yang kena, yang lainnya tidak. "Kita kan juga heran juga, kok bisa begitu? Apa mereka masih menggunakan pelapis anti-karat itu di dalam tangki bensinnya? Nah, itu yang sedang kami selidiki juga, karena kebetulan ada mobil yang terdampak juga, yang tangki bensinnya boleh diambil, kemudian mau kami bawa ke Bandung untuk dicek. Apakah tangki bensinnya ini dilapis dengan timbal dan timah itu. Nah, itu belum dapat itu," katanya.
"Jadi, kalau memang dari coating tangki, berarti mobil-mobil yang baru, yang tankinya terbuat dari resin, aman, enggak akan terdampak. Soalnya, bagian terakhir ini kita masih sedang dalam penelitian," ujar Yuswidjajanto.
"Nah, setelah itu kita harus mencari nih, kenapa kok itu bisa rontok? Jadi, pertama diperiksa dulu tangki yang terdampak ini benar di-coating atau tidak. Kalau tidak, ya enggak tahu nih, harus masih lari ke mana lagi carinya gitu. Tapi, kalau misalnya iya, masih ada PR lagi, apa yang membuat dia kandungannya bisa rontok gitu ya," kata Yuswidjajanto. Yuswidjajanto menambahkan, dalam investigasi ini ada pembagian tugas. Pertamina juga melakukan pengecekan secara internal. Tapi, karena tidak memiliki laboratorium, maka sampelnya dikirim ke Lemigas untuk diperiksa sifat fisika dan kimianya. Tujuan pengecekan tersebut untuk mengetahui apakah bahan bakar tersebut on-spec atau off-spec, alias sesuai dengan spesifikasi atau tidak. Ternyata, hasilnya adalah on-spec, masih sesuai dengan spesifikasi dari Lemigas.
Kemudian, dicari apakah ada logam seperti hasil penelitian ITB atau tidak, ternyata juga tidak ada. Kemudian, dicari juga ada kemungkinan senyawa lain yang bisa membuat coating dalam tangki rontok atau tidak, tapi itu juga tidak ada di spesifikasinya. Lalu, sekarang sedang diupayakan untuk dites dengan metode lain. "Kalau ITB, konsentrasinya ke sebenarnya kotoran ini apa, kita dapat dari hasil analisa EDS (Energy-Dispersive X-ray Spectroscopy), ternyata timbal dan timah. Kita cari di literatur, ternyata kombinasi itu adalah sering dipakai untuk coating di tangki BBM," ujar Yuswidjajanto.
Yuswidjajanto menambahkan, kejadian ini bukan karena kesalahan dari produsen mobil atau Pertamina. Tapi, ada sesuatu di dalam Pertamax itu yang tidak cocok dengan material yang ada di tangki BBM.
"Jadi, kita cari akar masalahnya apa. Sehingga, nanti bisa dimitigasi supaya tidak terjadi lagi di kemudian hari. Karena belum selesai, maka Pertamina bikin rilis yang kecil. Kami juga belum bisa juga mengeluarkan laporan yang komplet, karena masih baru menduga, ini kenapa begini, ini kenapa begitu," ujarnya. Yuswidjajanto mengatakan, penelitian masih terus dilakukan untuk memastikan dari mana asal usul unsur-unsur pembentuk endapan tersebut.
tuh kan... orang yg ngisi pertamak segitu banyak kok kebetulan bisa kena nya 1 merek...
kalau beneran ya kocak bener berarti si as*ra coating tangki aja dikurangin.
darrelund wrote: ↑Thu Nov 28, 2024 17:23
tapi yah ada benernya uga mbah
emg feel pertamax pre-post covid emang beda
post covid lemottttttt, mana knalpot bau bengsin
pom kerang katanya mau hengkang cuma PR nya bilang rumor
klu bneran hengkang siy sad amat, krn juwal oli/lendir lainnya yg ori
emg siy bukan yg pling bagus lendirnya si kerang ini, tapi yah
ori....
Pom Kerang minggat, pom kuda laut pertamax bikin mamfet, pertabo-nya tinggal tunggu waktu, apa iya sekarang saatnya jual G20 jadi iX1 , semua akan stroom pada waktunya .
Kalo penganut aliran teori konstipasi : akal2an pemerintah buat naikin penjualan EV
Ibet wrote: ↑Fri Nov 29, 2024 3:14
ketika oem lain pindah ke tangki bensin resin / plastik, lha ini kok masih steel?
ini yg saya bingung
Kalo pelat : mesin press+mesin welding+cat, investasinya dah dari jaman Daihatsu Zebra, mould jangan2 juga , kalo pake resin : blow moulding, berarti beli mesin baru, sapa mau bayarin inpestasinya, kompensasi pake naikin harga ?, bisa2 Toyodai semakin diketawain ama EV Cungkuo
darrelund wrote: ↑Thu Nov 28, 2024 17:23
tapi yah ada benernya uga mbah
emg feel pertamax pre-post covid emang beda
post covid lemottttttt, mana knalpot bau bengsin
pom kerang katanya mau hengkang cuma PR nya bilang rumor
klu bneran hengkang siy sad amat, krn juwal oli/lendir lainnya yg ori
emg siy bukan yg pling bagus lendirnya si kerang ini, tapi yah
ori....
Pom Kerang minggat, pom kuda laut pertamax bikin mamfet, pertabo-nya tinggal tunggu waktu, apa iya sekarang saatnya jual G20 jadi iX1 , semua akan stroom pada waktunya .
Kalo penganut aliran teori konstipasi : akal2an pemerintah buat naikin penjualan EV
Ibet wrote: ↑Fri Nov 29, 2024 3:14
ketika oem lain pindah ke tangki bensin resin / plastik, lha ini kok masih steel?
ini yg saya bingung
Kalo pelat : mesin press+mesin welding+cat, investasinya dah dari jaman Daihatsu Zebra, mould jangan2 juga , kalo pake resin : blow moulding, berarti beli mesin baru, sapa mau bayarin inpestasinya, kompensasi pake naikin harga ?, bisa2 Toyodai semakin diketawain ama EV Cungkuo
kalo kerang beneran minggat masih ada bp dan vivo om. btw gimana ioniq vs g20, lebih enak dan sering dipake yang mana? saya baru minang w205 30 rebu km kemaren jg kena waterpump nya, untung masih ditanggung seller untuk benerin. pas di lepas billet waterpumpnya uda karatan dan muternya uda berat banget
Syauqi wrote: ↑Thu Nov 28, 2024 8:47
Masa sih zenix diisi pertamax ngelitik?
Bbrp minggu lalu saya isi bensin mobil pake pertalite (mobilny Agya 1000cc) di SPBU Pertamina yg di Abdul Muis. Di pompa belakang saya ada Zenix Q (saya ga salah liat, emang beneran zenix Q dari segala sisi) ngisinya pertalite juga wkwkwk
Saya yakin ga salah liat soalnya ujung warna selangnya warna putih, hebat bener emang
Di kantor saya zenix operasional diisi pertalit Oom.
Reborn operasional juga solsub.
Zenix rentalan luar jawa g ada yg ngisi pertamax Om
Terakhir make di kalbar Zenix G jg sdh include dgn barcode pertalite
klo kejadiannya cuma ngefek ke 1 merk, brarti yg patut dicurigai ya produsen mobil merk tsb. dan pertamina jga msti cek lg mengenai SOP penyimpanan BBM di semua pom bensinnya.
utk gasoline, saya msh bela2in pake pertamax gara2 pom bensin merk lain lokasinya agk jauh dri rmh. tapi bntr lg deket rmh bakal ada pom BP, klo dia udh buka, saya mau coba pake. klo kualitas lbh bagus dripada pertamax, saya bakal beli utk seterusnya.
utk diesel, saya beli dex soalnya mobil jarang dipake & gk mau daftar QR pertamina gara2 takut data pribadi bocor (tau sndiri lah BUMN kita gmana). mnurut saya, data pribadi jauh lbh berharga dibanding harga murah yg didapet pas beli biosolar. selain itu, karena mobilnya lbh sering dipake long trip, mau gk mau stick ke pertamina supaya gk gonta ganti merk BBM & performa yg lbh baik.
slama ini beli BBM pertamina jga slalu pake mypertamina (demi hrga promo & kumpulin poin buat dituker voucher). anggap aja voucher & poin yg didapet sebagai bentuk "apresiasi" dri pertamina ke saya karena udh bela2in beli produk nonsubsidinya .
ctopher7 wrote: ↑Fri Nov 29, 2024 5:35
kalo kerang beneran minggat masih ada bp dan vivo om. btw gimana ioniq vs g20, lebih enak dan sering dipake yang mana? saya baru minang w205 30 rebu km kemaren jg kena waterpump nya, untung masih ditanggung seller untuk benerin. pas di lepas billet waterpumpnya uda karatan dan muternya uda berat banget
Nah bener juga ya, belum pernah nyoba BP atau Vivo si, tapi seinget saya BP ama Vivo kan ndak ada RON98-nya ?, soalnya saya selama ini pake V-Power Nitro, kalo kerang kaputt kan 98 tinggal pertabo , ngeri2 sedap kalo denger gini, soalnya G20 saya keluar paling seminggu sekali buat nyari RPM 6000 terus balik lagi, kalo bensin-nya ngadi2 kan cilaka. Semoga si itu kasus gara2 bensin ndak akur sama coating fuel tank ya, runyam kalo ada additive ganti tapi ndak cocok sama base petrol-nya jadi gum gitu....
Mlipir dikit, kalo harian si Ioniq yang jalan, lukot aja dah 2 tahun terakhir ini Ioniq terus yg. jalan, EV itu enak bener dijadiin daily driver, macet tenang (kagak takut panas, kagak takut abis bensin), ndak ada getaran, terus khusus Ioniq tu ada one-pedal drive. Cuma bener kata member2 disini, EV tu soul-less, jadi kalo nyari fun to drive ya menang G20 kemana2....
Bibieight wrote: ↑Fri Nov 29, 2024 9:11
Mlipir dikit, kalo harian si Ioniq yang jalan, lukot aja dah 2 tahun terakhir ini Ioniq terus yg. jalan, EV itu enak bener dijadiin daily driver, macet tenang (kagak takut panas, kagak takut abis bensin), ndak ada getaran, terus khusus Ioniq tu ada one-pedal drive. Cuma bener kata member2 disini, EV tu soul-less, jadi kalo nyari fun to drive ya menang G20 kemana2....
ioniq 5 disini udah dapet updet belon mbah?
kan di amrik sempet recall, grgr pas one pedal drive/ max regen, tapi lampu rem belakangnya telat nyala/gak nyala samsek. bahaya itu
Jenson wrote: ↑Thu Nov 28, 2024 8:07
yang lucu d Zenix mertua, diisi pertamax ngelitik, diisi shell lebih2 parah lagi ngelitiknya. Masa mobil perang diisi Vpower sih
Zenix saya diisi pertamax sama shell 92 nggak pernah ngelitik.
Memang odometer baru 7000 km, tapi saya nggak pernah denger ngelitik sama sekali.
Setiap kali isi selalu selang seling pertamax atau shell 92, tergantung mana yang dilewatin.
Di km 1000 dulu saya ganti oli mesin pake Kixx 5w30 API SN Plus.
kan di amrik sempet recall, grgr pas one pedal drive/ max regen, tapi lampu rem belakangnya telat nyala/gak nyala samsek. bahaya itu
Udah oom, kemaren servis 30k update total, ICCU, BMS, lampu rem, parking brake, ada kalo 2 jam... Perkara rem, yang awal nyala bentar banget terus mati kayak ngedip gitu, yang ini nyalanya agak lamaan mati, tapi ya gitu ndak selama kalo nginjek pedal rem beneran. (dah dites, bini saya suruh bawa saya ngikutin di belakang). Kayaknya filosofi rem itu benernya nyala-bentar-terus-mati berarti depan ngerem, kalo kita kan nunggu nyala lama baru dianggep depan ngerem. One pedal ini benernya killing feature-nya Ioniq 5 sih, belajar ndak lama, sekali biasa ndak bisa lagi balik normal
Tapi paling enggak ndak perlu kuwatir bensin buzuk-nya si kuda laut lah, bedanya kalo yang ini harus kenal jenis2 charger, sama2 fast DC 60an kW :kalo Delta ama Cungkuo-an macam Phihong & Proteksindo alus masuknya naik pelan2, kalo punya Astra di Transjawabahn gaspol didepan bikin batere anget
Balik bensin, sedih juga yak kalo kerang bener2 tutup, RON98 tinggal sisa pertabo, disini ada yg pernah pengalaman enggak enak ama pertabo gak sih ?, kalo di saya si cuma beda bau knalpotnya aja, beberapa kali full tank, asepnya si pertabo baunya lebih kenceng, kayak kebanyakan obat tapi ndak kebakar gitu, cuma kagak tau ngefek gak ke mesin....
Pake BP atau Shell yang Ron95 ngelitik, tapi setelah pake pertamax green yang sama Ron95 malah ga ngelitik. Karena harga beda dikit akhirnya pake pertamax turbo.
Bibieight wrote: ↑Fri Nov 29, 2024 10:26
Balik bensin, sedih juga yak kalo kerang bener2 tutup, RON98 tinggal sisa pertabo, disini ada yg pernah pengalaman enggak enak ama pertabo gak sih ?, kalo di saya si cuma beda bau knalpotnya aja, beberapa kali full tank, asepnya si pertabo baunya lebih kenceng, kayak kebanyakan obat tapi ndak kebakar gitu, cuma kagak tau ngefek gak ke mesin....