Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

almer18
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Sun Apr 05, 2020 10:14
Location: South Tangerang
Daily Vehicle: Proton Exora

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by almer18 »

Kemarin baru gantol di pit autostore parung, beli PFG drum2an. Dapet harga 70rb perliter. Masih API SN, lumayan buat dipake 5000 KM/6 bulan aja. Pakai PFG ini berasa agak berat impresi pemakaian awal.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Fri Nov 29, 2024 12:27
Suryaputra wrote: Fri Nov 29, 2024 11:18 ......

Klo sy sukanya beli 4 liter + 1 liter mesran.
- 1,5 liter buat dorong oli lama di oil pan :big_grin:
yg 0.5L oli mahalnya sy bayarin seharga 0.5L oli mesran mbah. lumayan buat ngoli2in pneumatic tools, logok, n rel gerbang drpd dibuang2 gitu. :mky_03:
oli curah mbah :mky_03: :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 406
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by doko86 »

Suryaputra wrote: Thu Nov 28, 2024 22:02
meruya wrote: Thu Nov 28, 2024 16:30 Ada rekomendasi oli 0W-20 yg agak kental / tidak terlalu bikin suara mesin jadi kasar, buat reborn bensin 2018
Atau oli 5W-30 yg agak encer, jadi tarikan lebih responsif, dan gak bikin boros bensin
Yg prng sy coba yaa..

0w20 yg bikin mesin halus?..
Q8 D1 FE
Itu Di mesin ipah pakai 15rb km juga ok klo lalin gak sering macet2an.

5w30 yg agak encer dan bs 10rb km + harga relatif terjangkau?..
Motul specific 913d 5w30 & Fastron Gold 5w30

Selain itu bisa coba2 sendiri.

Reborn sekalian hajar long drain setaun pk filter oli ptt fit auto.
Pernah iseng, pakai oli diesel 5w30 bardhal dipakai di 1KR-DE, lumayan enteng.... pemakaian cuma 3000 km habis itu di buang
Ivan123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Ivan123 »

meruya wrote: Thu Nov 28, 2024 16:30 Ada rekomendasi oli 0W-20 yg agak kental / tidak terlalu bikin suara mesin jadi kasar, buat reborn bensin 2018
Atau oli 5W-30 yg agak encer, jadi tarikan lebih responsif, dan gak bikin boros bensin
Coba pake Q8 RN series yg 5W30, mantp ini oli. Sudh 3 kali pake oli dari angkut boil.

Tadi ganti oli motor butut di shell, eh nemu ada oli 5W30 jg yg bs buat 10K, next time coba shell ultra ini deh. Biar pas isi bensin seklian ganti oli, dapat point reward lagi. Sp tau lebih jos dr Q8 RN, harganya jg mirip2 si, made in Inodonesia lg itu oli. Itung2 ada sumbangsih buat perekonomian dalam negeri. Hehehe

Ada yg pengalaman pake ini oli (shell ultra)?
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by trebla88 »

ikanbawel wrote: Fri Nov 29, 2024 5:08
trebla88 wrote: Wed Nov 27, 2024 22:56
Coba ganti thermostat brarti kalau 10 taun blm pernah ganti
Top1 kayanya 50/50 bukan 30/70
Bensin musti oplos ke turbo saran saya
Coba pcv valve jg dicek,suka lupa dibersihin ama sensor o2

Fuel pump harusnya ga ngaruh ke ngelitik sih cmiiw
Ok om
Lusa hr minggu mau ganti thermostat deh
Coolant top1 jadinya ga rekomen om?

Soal bensin nnti sy coba ya..
nah pcv dan sensor ga pernah bersiin, wkt itu minta bersiin malah di info.. kalo discan gpp dan ga ada gejala jgn dibersiin takut malah eror kata mekanik (sensor O2) pdhal sy minta di bersiin

Oh iya fuelpump maksud sy ke performa tarikan mesin


Btw, sy lg terlanjur beli Q8 special RN 5w-30 api SN/acea c3
Kalo baca kebelakang menurut om turbo ga rekomen buat mesin flat tapped kaya nissan march yah? Kalo misalkan udah terlanjur dan ttp tuang apakah aman om? :ungg:
Harusnya sih yg coolant 30/70
Kalau 50/50 bisa aja cuma kurang optimum utk mesin nissin yg panas
Topone setau saya 50/50 cmiiw. Tp ada yg bbrp jenis ga ditulis persisnya brapa

Ya pcv valve dibersihin, ama sensor o2 biasanya bengkel jarang bersihin

Slama masih asli sih klo saya gpp :upss:
images.jpeg
coolant-seiken-30.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by trebla88 on Fri Nov 29, 2024 23:30, edited 1 time in total.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

Ivan123 wrote: Fri Nov 29, 2024 17:54
meruya wrote: Thu Nov 28, 2024 16:30 Ada rekomendasi oli 0W-20 yg agak kental / tidak terlalu bikin suara mesin jadi kasar, buat reborn bensin 2018
Atau oli 5W-30 yg agak encer, jadi tarikan lebih responsif, dan gak bikin boros bensin
Coba pake Q8 RN series yg 5W30, mantp ini oli. Sudh 3 kali pake oli dari angkut boil.

Tadi ganti oli motor butut di shell, eh nemu ada oli 5W30 jg yg bs buat 10K, next time coba shell ultra ini deh. Biar pas isi bensin seklian ganti oli, dapat point reward lagi. Sp tau lebih jos dr Q8 RN, harganya jg mirip2 si, made in Inodonesia lg itu oli. Itung2 ada sumbangsih buat perekonomian dalam negeri. Hehehe

Ada yg pengalaman pake ini oli (shell ultra)?
Prnh lihat hsl lab w20 ultra di mobil stock engine, kondisi msh belasan ribu km. Infonya no remap.

Prefer fastron gold w20 deh :big_biglaugh:

Berat di marketing cost dan nama itu :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2296
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Ivan123 wrote: Fri Nov 29, 2024 17:54
meruya wrote: Thu Nov 28, 2024 16:30 Ada rekomendasi oli 0W-20 yg agak kental / tidak terlalu bikin suara mesin jadi kasar, buat reborn bensin 2018
Atau oli 5W-30 yg agak encer, jadi tarikan lebih responsif, dan gak bikin boros bensin
Coba pake Q8 RN series yg 5W30, mantp ini oli. Sudh 3 kali pake oli dari angkut boil.

Tadi ganti oli motor butut di shell, eh nemu ada oli 5W30 jg yg bs buat 10K, next time coba shell ultra ini deh. Biar pas isi bensin seklian ganti oli, dapat point reward lagi. Sp tau lebih jos dr Q8 RN, harganya jg mirip2 si, made in Inodonesia lg itu oli. Itung2 ada sumbangsih buat perekonomian dalam negeri. Hehehe

Ada yg pengalaman pake ini oli (shell ultra)?
Udah ada tes labnya kalo yang 0w20 , kelas 7500 km :big_peace:
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

kenop wrote: Fri Nov 29, 2024 11:52
kayukayuthe5th wrote: Fri Nov 29, 2024 10:33
kebiasaan apalagi kalo bengkel lagi rame biasanya. mangkanya biasanya kalo 3.1-3.3 ane selalu pas in 3 liter , kalo 3,6-3,7 gwa kasih 3.5. bener mending kurang sedikit daripada lebih sedikit. kalo kurang dikit selagi masih dibatas antara full and low gamsalah(even buku std honda yang terbaru tetep disuruh ngisi diantara f-l indicator, tidak disarankan full karena kata honda itu udah kategori kelebihan) dan kalo pun kurang cman nambah2in dibanding sedot2in
Kelas bengkel resmi aja ngaco kok
Mesin 2nr-ve, di manual book 3.3 L dgn penggantian filter

Pas servis ane ga cek2 lagi, kirain kan uda paham ya nama nya bengkel resmi, td pagi iseng cek dipstick, lewat banyak dr batas atas

Ini mah 4 L dituang semua :big_slap:

Servis berikutnya hrs diwanti2 nih masukin 3 L aja, sisa oli nya taro mobil aja
iya om mangkanya saya bilang bengkel secara umum (baik resmi , spesialis, maupun workshop) kalo lagi rame biasanya cenderung gitu
wah kalo t0y0 gitu om saya frees service kelebihan pasti padahal cman 3.1 dengan filter biasanya diisi 3.4(mungkin ketuker ama 1.2lNA) , 3.5 bahkan pernah 4 liter *mana dikasih 5w30 ijo lagi wkwkwkw turbo dikasi 5w30 API SN :big_slap:

kalo saya biasnya kalo susut banyak baru ane tambahin , tapi susut pun biasanya sangat jarang banget sejauh ini ampe indikator Low pleng mentok yah tengah2 dipstik itupun kalo saya isi awal oli 80-90% kapasitas+filter oli, 1 krvet ane coba berbagai 0w20 isi 3liter dari 3.1 full plus filter oli masih diindaktor atas kok.
sama saya juga gitu hehe. isi 3 liter ntar tambah dewe.
Last edited by kayukayuthe5th on Sat Nov 30, 2024 3:30, edited 1 time in total.
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Fri Nov 29, 2024 11:18
kayukayuthe5th wrote: Fri Nov 29, 2024 10:33
Greenhunter wrote: Fri Nov 29, 2024 6:51

iya, overfill oli bisa memperbesar tekanan ke seal2 oli. kalau saya sendiri olinya bawa sudah saya ukur 3.5 liter jadi di bengkel langsung tuang sampai habis karena pernah nemu tukang yang kerjanya nyebelin, disuruh tuang separo tapi masih aja salah isinya separo lebih. beli selang timbangan sesuaikan dengan kebutuhannya ya om, diukur sendiri 1 meter atau 1.5 meter. pompa sabun mesti yang botol gede, saya pernah pakai pompa sabun botol yang kecil gak kuat buat olinya sampai terangkat, atau waktu itu saya pasang selangnya masih kurang rapat ya bisa, jadi bocor olinya gak terangkat. kalau pakai botol gede sih selalu berhasil. selain buat oli mesin saya pakai alat ini buat fine tuning oli matic juga.
kebiasaan apalagi kalo bengkel lagi rame biasanya. mangkanya biasanya kalo 3.1-3.3 ane selalu pas in 3 liter , kalo 3,6-3,7 gwa kasih 3.5. bener mending kurang sedikit daripada lebih sedikit. kalo kurang dikit selagi masih dibatas antara full and low gamsalah(even buku std honda yang terbaru tetep disuruh ngisi diantara f-l indicator, tidak disarankan full karena kata honda itu udah kategori kelebihan) dan kalo pun kurang cman nambah2in dibanding sedot2in
Iya di manual book bilangnya..
Ngeceknya jg harus nyalain mesin dulu.
Matikan dan tunggu sesaat.
Cabut dipstick dilap, masukin, dan dicek lg level nya.

Klo pk cara spt itu, lbh akurat, krn simulate kondisi operasional mesin jalan.

Klo mobilio 3.6 liter masih pas, ada di bawah garis F setelah mesin dinyalakan.

Klo sy sukanya beli 4 liter + 1 liter mesran.
- 1,5 liter buat dorong oli lama di oil pan :big_grin:
yoi mbah emang better yah sesuai full capacity.

mobilio sama hr-v RU kan sama mesinya l15z, ane kasih 3.5 udah pas juga kok di bawah F

waduh ini "ilmu mahal" suhu/senior SM sih hehe gwa sih mentok pake engine flush estepeh :big_grin:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Omnibus »

mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.

lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.

susahnya nasip montir, depan kena belakang kena. :mky_03:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sat Nov 30, 2024 3:38 mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.

lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.

susahnya nasip montir, depan kena belakang kena. :mky_03:
Kapan diresmiin bengkelnya mbah ? :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sat Nov 30, 2024 3:28
Suryaputra wrote: Fri Nov 29, 2024 11:18
kayukayuthe5th wrote: Fri Nov 29, 2024 10:33

kebiasaan apalagi kalo bengkel lagi rame biasanya. mangkanya biasanya kalo 3.1-3.3 ane selalu pas in 3 liter , kalo 3,6-3,7 gwa kasih 3.5. bener mending kurang sedikit daripada lebih sedikit. kalo kurang dikit selagi masih dibatas antara full and low gamsalah(even buku std honda yang terbaru tetep disuruh ngisi diantara f-l indicator, tidak disarankan full karena kata honda itu udah kategori kelebihan) dan kalo pun kurang cman nambah2in dibanding sedot2in
Iya di manual book bilangnya..
Ngeceknya jg harus nyalain mesin dulu.
Matikan dan tunggu sesaat.
Cabut dipstick dilap, masukin, dan dicek lg level nya.

Klo pk cara spt itu, lbh akurat, krn simulate kondisi operasional mesin jalan.

Klo mobilio 3.6 liter masih pas, ada di bawah garis F setelah mesin dinyalakan.

Klo sy sukanya beli 4 liter + 1 liter mesran.
- 1,5 liter buat dorong oli lama di oil pan :big_grin:
yoi mbah emang better yah sesuai full capacity.

mobilio sama hr-v RU kan sama mesinya l15z, ane kasih 3.5 udah pas juga kok di bawah F

waduh ini "ilmu mahal" suhu/senior SM sih hehe gwa sih mentok pake engine flush estepeh :big_grin:
Engine flush itu mostly bahan dasarnya kerosene.

Cek ingredients coba.
Tp jgn diicip :big_slap:

Itu bikin seal mesin cepet kaput.
Rembes oli dsb dsb.

Mesin honda klo cooling system fresh, jarang banget masalah varnish dan sludge, mesinnya clean.
Gak usah pk begituan.
Buang 💸🤣
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sat Nov 30, 2024 5:28
kayukayuthe5th wrote: Sat Nov 30, 2024 3:28
Suryaputra wrote: Fri Nov 29, 2024 11:18

Iya di manual book bilangnya..
Ngeceknya jg harus nyalain mesin dulu.
Matikan dan tunggu sesaat.
Cabut dipstick dilap, masukin, dan dicek lg level nya.

Klo pk cara spt itu, lbh akurat, krn simulate kondisi operasional mesin jalan.

Klo mobilio 3.6 liter masih pas, ada di bawah garis F setelah mesin dinyalakan.

Klo sy sukanya beli 4 liter + 1 liter mesran.
- 1,5 liter buat dorong oli lama di oil pan :big_grin:
yoi mbah emang better yah sesuai full capacity.

mobilio sama hr-v RU kan sama mesinya l15z, ane kasih 3.5 udah pas juga kok di bawah F

waduh ini "ilmu mahal" suhu/senior SM sih hehe gwa sih mentok pake engine flush estepeh :big_grin:
Engine flush itu mostly bahan dasarnya kerosene.

Cek ingredients coba.
Tp jgn diicip :big_slap:

Itu bikin seal mesin cepet kaput.
Rembes oli dsb dsb.

Mesin honda klo cooling system fresh, jarang banget masalah varnish dan sludge, mesinnya clean.
Gak usah pk begituan.
Buang 💸🤣
dulu pernah 1nr ve, nyokap waktu itu sering telat ganti oli mesin kasar. akhirnya dicoba flush yah "sembuh" cman gatau lagi karena langsung djual yah wkwkwkw :big_slap:
kalo skrg ane yah ganti 5000km/6bulan dah ato kalo emang udah gaenak di4000km mbah :big_okay:
Omnibus wrote: Sat Nov 30, 2024 3:38 mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.

lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.

susahnya nasip montir, depan kena belakang kena. :mky_03:
kalo untuk beres sih sebenrnya biasanya dikasih kok sisanya. cman kadang bikin kaget kok sisanya dikit banget ato bahkan dikasih 4 botol kosong.
overfill gamasalah sih dengan segala "reasoning" mereka mbah apalagi kalo 100-200ml , ini ampe hampir 1 liter wkwkwk pernah dulu boyok banget 100km langsung ambil jatah freeservices. :mky_01:

inilah gunanya KIE (konfirmasi, informasi, edukasi) mbah hehe.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sat Nov 30, 2024 5:51
Suryaputra wrote: Sat Nov 30, 2024 5:28
kayukayuthe5th wrote: Sat Nov 30, 2024 3:28

yoi mbah emang better yah sesuai full capacity.

mobilio sama hr-v RU kan sama mesinya l15z, ane kasih 3.5 udah pas juga kok di bawah F

waduh ini "ilmu mahal" suhu/senior SM sih hehe gwa sih mentok pake engine flush estepeh :big_grin:
Engine flush itu mostly bahan dasarnya kerosene.

Cek ingredients coba.
Tp jgn diicip :big_slap:

Itu bikin seal mesin cepet kaput.
Rembes oli dsb dsb.

Mesin honda klo cooling system fresh, jarang banget masalah varnish dan sludge, mesinnya clean.
Gak usah pk begituan.
Buang 💸🤣
dulu pernah 1nr ve, nyokap waktu itu sering telat ganti oli mesin kasar. akhirnya dicoba flush yah "sembuh" cman gatau lagi karena langsung djual yah wkwkwkw :big_slap:
kalo skrg ane yah ganti 5000km/6bulan dah ato kalo emang udah gaenak di4000km mbah :big_okay:
Omnibus wrote: Sat Nov 30, 2024 3:38 mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.

lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.

susahnya nasip montir, depan kena belakang kena. :mky_03:
kalo untuk beres sih sebenrnya biasanya dikasih kok sisanya. cman kadang bikin kaget kok sisanya dikit banget ato bahkan dikasih 4 botol kosong.
overfill gamasalah sih dengan segala "reasoning" mereka mbah apalagi kalo 100-200ml , ini ampe hampir 1 liter wkwkwk pernah dulu boyok banget 100km langsung ambil jatah freeservices. :mky_01:

inilah gunanya KIE (konfirmasi, informasi, edukasi) mbah hehe.
Ganti oli teratur spt itu
No need flush lendir :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by MSU »

Omnibus wrote: Sat Nov 30, 2024 3:38 mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.

lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.

susahnya nasip montir, depan kena belakang kena. :mky_03:
Kadang mereka itu jg ga mantep product knowledgenya om...
Awal bulan abis manggil home service..dia komen ini sebelumnya koq banyak amat isi oli-nya
Tp pas ngobrol2 soal ganti oli cvt ama sy...giliran dia ga paham avxen cvt ada dipsticknya...dah sy manggut2 aja lah
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Omnibus »

MSU wrote: Sat Nov 30, 2024 7:14
Omnibus wrote: Sat Nov 30, 2024 3:38 mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.

lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.

susahnya nasip montir, depan kena belakang kena. :mky_03:
Kadang mereka itu jg ga mantep product knowledgenya om...
Awal bulan abis manggil home service..dia komen ini sebelumnya koq banyak amat isi oli-nya
Tp pas ngobrol2 soal ganti oli cvt ama sy...giliran dia ga paham avxen cvt ada dipsticknya...dah sy manggut2 aja lah
lah itu .... gimana orgnya ujung2nya. bener mending manggut2 aja om.

ngomongin home service, bbrp hari lalu baru ampir nabrak mobil home service yg lampu remnya mati semua. pdhl itu kan iklan buruk bagi mrk sendiri.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

almer18 wrote: Fri Nov 29, 2024 13:06 Kemarin baru gantol di pit autostore parung, beli PFG drum2an. Dapet harga 70rb perliter. Masih API SN, lumayan buat dipake 5000 KM/6 bulan aja. Pakai PFG ini berasa agak berat impresi pemakaian awal.
Autostore ada juga yah di parung? saya kira di bekasi doang.
Harganya ga berubah dari jaman kopit, 70rb Gold, 55rb Techno, cocok bgt tuh dikala ekonomi sulit tapi mobil harus tetep gelinding, enaknya bisa bayar sesuai kapasitas oli. :big_biglaugh:
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1362
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by krniawnhdr »

Mau tanya untuk mobil istri pakai sienta matic, biasa pakai shell helix city 0W-20 dan selalu ganti di 5000 KM. KM di odo sekarang sudah jalan 118rb KM.
Kalau dibandingkan shell helix city 0W-20 dengan oli TotalEnergies - Quartz 9000 Future GF-6 5W-30, gimana ya om? apa sudah ada yang pernah coba kedua oli ini?
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

krniawnhdr wrote: Sat Nov 30, 2024 9:18 Mau tanya untuk mobil istri pakai sienta matic, biasa pakai shell helix city 0W-20 dan selalu ganti di 5000 KM. KM di odo sekarang sudah jalan 118rb KM.
Kalau dibandingkan shell helix city 0W-20 dengan oli TotalEnergies - Quartz 9000 Future GF-6 5W-30, gimana ya om? apa sudah ada yang pernah coba kedua oli ini?
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
Sienta itu 2NR kan? tetap pakai 0W20 aja om selama ga ada keluhan, yg penting level oli di pantau ga berkurang banyak, pcv rutin bersihkan biar ga mampet.
almer18
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Sun Apr 05, 2020 10:14
Location: South Tangerang
Daily Vehicle: Proton Exora

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by almer18 »

t105erd wrote: Sat Nov 30, 2024 9:01
almer18 wrote: Fri Nov 29, 2024 13:06 Kemarin baru gantol di pit autostore parung, beli PFG drum2an. Dapet harga 70rb perliter. Masih API SN, lumayan buat dipake 5000 KM/6 bulan aja. Pakai PFG ini berasa agak berat impresi pemakaian awal.
Autostore ada juga yah di parung? saya kira di bekasi doang.
Harganya ga berubah dari jaman kopit, 70rb Gold, 55rb Techno, cocok bgt tuh dikala ekonomi sulit tapi mobil harus tetep gelinding, enaknya bisa bayar sesuai kapasitas oli. :big_biglaugh:
Iya, bengkelnya sebelum pasar parung kalo dari arah ciputat. Utk yg cari ekonomis lumayan dpt harga segitu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11587
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

krniawnhdr wrote: Sat Nov 30, 2024 9:18



Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih

ketetapan dari mana kalo sudah 118rb KM musti naikin kekentalan?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Sat Nov 30, 2024 11:22
krniawnhdr wrote: Sat Nov 30, 2024 9:18



Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih

ketetapan dari mana kalo sudah 118rb KM musti naikin kekentalan?
Mechanical Engineer faculty of Uasem Regis
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by trebla88 »

penghabisan nafas aspira 0w20 sblm diganti bsok, sdh jalan 5400km
di hr15de nissan march remap ron 95
masi mayan dpt 16km/ltr keluar kota avg speed 71km/jam. tadi waktu masi santai di 21km/ltt avg seped 62km/jma
tapi entah knp ga bsa mentok 180km/jma tadi,kmungkinan faktor jalanan basah jg
Screenshot_20241130-191806.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by trebla88 »

krniawnhdr wrote: Sat Nov 30, 2024 9:18 Mau tanya untuk mobil istri pakai sienta matic, biasa pakai shell helix city 0W-20 dan selalu ganti di 5000 KM. KM di odo sekarang sudah jalan 118rb KM.
Kalau dibandingkan shell helix city 0W-20 dengan oli TotalEnergies - Quartz 9000 Future GF-6 5W-30, gimana ya om? apa sudah ada yang pernah coba kedua oli ini?
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
sienta dan yaris 2nr sukanya 0w20
isi 3ltr jg cukup, walau manualbook 3.5 :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

trebla88 wrote: Sat Nov 30, 2024 12:23
krniawnhdr wrote: Sat Nov 30, 2024 9:18 Mau tanya untuk mobil istri pakai sienta matic, biasa pakai shell helix city 0W-20 dan selalu ganti di 5000 KM. KM di odo sekarang sudah jalan 118rb KM.
Kalau dibandingkan shell helix city 0W-20 dengan oli TotalEnergies - Quartz 9000 Future GF-6 5W-30, gimana ya om? apa sudah ada yang pernah coba kedua oli ini?
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
sienta dan yaris 2nr sukanya 0w20
isi 3ltr jg cukup, walau manualbook 3.5 :big_biglaugh:
sienta bukane 3.3 *dulu paman ane pernah piara soalnya, kemarin ini saya tuang juga 3 liter aja, sama kapsitas wrv ane hehe
jaga2 beli 1 botol aja buat nuang2 kalo pengen nambahin sndiri
trebla88 wrote: Sat Nov 30, 2024 12:22 penghabisan nafas aspira 0w20 sblm diganti bsok, sdh jalan 5400km
di hr15de nissan march remap ron 95
masi mayan dpt 16km/ltr keluar kota avg speed 71km/jam. tadi waktu masi santai di 21km/ltt avg seped 62km/jma
tapi entah knp ga bsa mentok 180km/jma tadi,kmungkinan faktor jalanan basah jg
Screenshot_20241130-191806.jpg
impressi di 5000km gimana om soal shel......aspira?
krniawnhdr wrote: Sat Nov 30, 2024 9:18 Mau tanya untuk mobil istri pakai sienta matic, biasa pakai shell helix city 0W-20 dan selalu ganti di 5000 KM. KM di odo sekarang sudah jalan 118rb KM.
Kalau dibandingkan shell helix city 0W-20 dengan oli TotalEnergies - Quartz 9000 Future GF-6 5W-30, gimana ya om? apa sudah ada yang pernah coba kedua oli ini?
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
vote for TQ9000 dibanding helix city 0w20 udah pernah coba ke2nya