Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Greenhunter wrote: Fri Nov 22, 2024 12:06
Suryaputra wrote: Fri Nov 22, 2024 8:41
mhbbi wrote: Fri Nov 22, 2024 7:31 Mengingat besoknya mobil dibawa keluar kota jadinya disarankan bengkel ganti pakai idemitsu karena comply cvtf TC (berdasarkan datasheet), akhirnya sy ganti drain and fill 2x
Gpp
Sbg alternatif
Next drain bisa coba ini https://id.pli-petronas.com/id/produk/p ... ti-cvt-700

Comply ke CVTF TC dan FE
Ganti merk CVTF harus drain and fill 2x mbah ? Kalau 1x aja apalah bahaya ?
1x gpp

Klo 2x ya lbh ok, klo dompet tebal susah lipat.

Yg ptg fine tuningnya.
Jd gak underfilled atau overfilled

Cara fine tuningnya, bs konsul ke mbah marmut or ke bengkelnya :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

Suryaputra wrote: Thu Nov 21, 2024 21:44
- Coba cek pengapian, busi, dkk
- Kebersihan TB
- Filter udara
- Tune upp
- Kualitas BBM
- Tekanan ban naikin 2-3 psi di atas tekanan minimal, yg tertera di pinggir pintu.

Klo oli keraton bahkan sekelas kyueit ultra..
itu berasa di kehalusan mesin di rpm tinggi, penguapan lbh minim, dan durability sampai >10rb km.

Klo oli harga sekelas, bedanya gak akan gmn juga
Untuk pengapian
Terakhir service pas ganti merk oli sekalian gurah mesin cek busi coil dll sih mbah..
Filter udara tiap 2x service ganti
Kalo bbm masih setia ama pertapelit :big_childish:
Tekanan ban udah up ke 35psi naik 2-3psi

Iy sih ya mbah.. kalo ngelitik gini meski udah carbon clean dll tapi masih ngelitik, harus service berat kah?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

ikanbawel wrote: Sat Nov 23, 2024 8:34
Suryaputra wrote: Thu Nov 21, 2024 21:44
- Coba cek pengapian, busi, dkk
- Kebersihan TB
- Filter udara
- Tune upp
- Kualitas BBM
- Tekanan ban naikin 2-3 psi di atas tekanan minimal, yg tertera di pinggir pintu.

Klo oli keraton bahkan sekelas kyueit ultra..
itu berasa di kehalusan mesin di rpm tinggi, penguapan lbh minim, dan durability sampai >10rb km.

Klo oli harga sekelas, bedanya gak akan gmn juga
Untuk pengapian
Terakhir service pas ganti merk oli sekalian gurah mesin cek busi coil dll sih mbah..
Filter udara tiap 2x service ganti
Kalo bbm masih setia ama pertapelit :big_childish:
Tekanan ban udah up ke 35psi naik 2-3psi

Iy sih ya mbah.. kalo ngelitik gini meski udah carbon clean dll tapi masih ngelitik, harus service berat kah?
Cb cek di tutup tangki dan manual book.
Nissan march pny ron minimal 91.

Jd sebaiknya pertamax itu minimal yg direkomen.
Ron 95 better.
Last edited by Suryaputra on Sat Nov 23, 2024 9:15, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

Grand livina tuwir saya OGL 2008 ngelitik juga, ada temen cerita setelah bersihkan catalytic converter enak, gak ngelitik, akselerasi enak, bensin lebih irit dikit. iseng iseng saya beli di toped harga 55 000 sdh termasuk alatnya buat aplikasi. Eee.., beneran ngelitik ilang, mesin juga lebih responsif, konsumsi bensin gak ngitung.
Masukin cairannya lewat selang booster rem., banyak yutub yg membahas caranya. Kalau saya kurang lebih seperti orang ini:
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

Suryaputra wrote: Thu Nov 21, 2024 21:44

Cb cek di tutup tangki dan manual book.
Nissan march pny ron minimal 91.

Jd sebaiknya pertamax itu minimal yg direkomen.
Ron 95 better.
Ouhh duhh kalo naik oktan blm tau nih mbah haha
Takut ga stabil lg harganya..

Btw
Kemarin cek dipstick oli.. level udah diatas huruf L sedikit
Agak lumayan juga ya penyusutan ptt evo 5w-30 ini
Padahal skrg rute paling pendek2 karna dipakai istri anter anak sekolah, weekend ke mall.. lurkot sesekali..
dulu pke shell astra 10w-30 rute pp kerja 90km sehari susut ga separah ini.. alhasil kmrn topup 500ml ptt nya

Kayanya makin yakin coba pindah merk nih haha
Mau coba naik ke fully syn
Pilihan skrg
- bardahl xtc s9 5-30
- tq9k future gf 5-30

Mohon petunjuk mbahh
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by MSU »

Greenhunter wrote: Sat Nov 23, 2024 9:05 Grand livina tuwir saya OGL 2008 ngelitik juga, ada temen cerita setelah bersihkan catalytic converter enak, gak ngelitik, akselerasi enak, bensin lebih irit dikit. iseng iseng saya beli di toped harga 55 000 sdh termasuk alatnya buat aplikasi. Eee.., beneran ngelitik ilang, mesin juga lebih responsif, konsumsi bensin gak ngitung.
Masukin cairannya lewat selang booster rem., banyak yutub yg membahas caranya. Kalau saya kurang lebih seperti orang ini:
om....sy pernah liat di youtube....
timing pengapian OGL ini bisa dirubah via obd...simpel banget
ya kali2 aja ga sembuh & mau coba2
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

ikanbawel wrote: Mon Nov 25, 2024 5:51
Suryaputra wrote: Thu Nov 21, 2024 21:44

Cb cek di tutup tangki dan manual book.
Nissan march pny ron minimal 91.

Jd sebaiknya pertamax itu minimal yg direkomen.
Ron 95 better.
Ouhh duhh kalo naik oktan blm tau nih mbah haha
Takut ga stabil lg harganya..

Btw
Kemarin cek dipstick oli.. level udah diatas huruf L sedikit
Agak lumayan juga ya penyusutan ptt evo 5w-30 ini
Padahal skrg rute paling pendek2 karna dipakai istri anter anak sekolah, weekend ke mall.. lurkot sesekali..
dulu pke shell astra 10w-30 rute pp kerja 90km sehari susut ga separah ini.. alhasil kmrn topup 500ml ptt nya

Kayanya makin yakin coba pindah merk nih haha
Mau coba naik ke fully syn
Pilihan skrg
- bardahl xtc s9 5-30
- tq9k future gf 5-30

Mohon petunjuk mbahh
Bardahl s9 boleh juga klo dpt 100k seliter.

Upgrade dikit dapat fastron gold 5w30
Udh comply ke std bbrp mobil eropah yg mesinnya lbh vanas

Tq9k by feeling enakan w20
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

MSU wrote: Mon Nov 25, 2024 5:56
Greenhunter wrote: Sat Nov 23, 2024 9:05 Grand livina tuwir saya OGL 2008 ngelitik juga, ada temen cerita setelah bersihkan catalytic converter enak, gak ngelitik, akselerasi enak, bensin lebih irit dikit. iseng iseng saya beli di toped harga 55 000 sdh termasuk alatnya buat aplikasi. Eee.., beneran ngelitik ilang, mesin juga lebih responsif, konsumsi bensin gak ngitung.
Masukin cairannya lewat selang booster rem., banyak yutub yg membahas caranya. Kalau saya kurang lebih seperti orang ini:
om....sy pernah liat di youtube....
timing pengapian OGL ini bisa dirubah via obd...simpel banget
ya kali2 aja ga sembuh & mau coba2
baik om MSU tapi saya gak punya OBD. :big_cry: :big_cry: :big_cry: :big_cry:
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

Suryaputra wrote: Mon Nov 25, 2024 6:26
Bardahl s9 boleh juga klo dpt 100k seliter.

Upgrade dikit dapat fastron gold 5w30
Udh comply ke std bbrp mobil eropah yg mesinnya lbh vanas

Tq9k by feeling enakan w20
Makasih infonya mbah
Tapi nubi makin galau hahaha

Dpt di e-com Q8 trusted ga ya mbah sellernya?
Cek kebelakang and history SM dunia oli oke cuma skrg namanya yg sy dapet dunia oli murah kalo ammar shopping ga tau nih
Pilihannya
- Q8 special d1 dex 1 gen 2 5w30 (dunia oli murah)
- Q8 special g/d1 longlife 5w30 (ammar shopping)

Kedua oli tsb buat city car sekelas march km gondrong
Apakah bisa dipake longlife 10k atau 1 tahun?
Lg itung2 kalo bisa dan compile dengan filter aspira/sekelas pgn coba duetin biar irit :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

ikanbawel wrote: Tue Nov 26, 2024 17:08
Suryaputra wrote: Mon Nov 25, 2024 6:26
Bardahl s9 boleh juga klo dpt 100k seliter.

Upgrade dikit dapat fastron gold 5w30
Udh comply ke std bbrp mobil eropah yg mesinnya lbh vanas

Tq9k by feeling enakan w20
Makasih infonya mbah
Tapi nubi makin galau hahaha

Dpt di e-com Q8 trusted ga ya mbah sellernya?
Cek kebelakang and history SM dunia oli oke cuma skrg namanya yg sy dapet dunia oli murah kalo ammar shopping ga tau nih
Pilihannya
- Q8 special d1 dex 1 gen 2 5w30 (dunia oli murah)
- Q8 special g/d1 longlife 5w30 (ammar shopping)

Kedua oli tsb buat city car sekelas march km gondrong
Apakah bisa dipake longlife 10k atau 1 tahun?
Lg itung2 kalo bisa dan compile dengan filter aspira/sekelas pgn coba duetin biar irit :big_biglaugh:
Emg dpt harga brp?
Klo soal q8 cek ke sobatq8

Long drain itu perlu cek penguapan, cooling system, dan pk filter aspira seri exposio.
Gak semata mata hny dr oli mesin saja.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

Suryaputra wrote: Tue Nov 26, 2024 22:08
Emg dpt harga brp?
Klo soal q8 cek ke sobatq8

Long drain itu perlu cek penguapan, cooling system, dan pk filter aspira seri exposio.
Gak semata mata hny dr oli mesin saja.
- special d1 harga 151,000 per botol
- special g/d longlife 119,900 per botol tp production date 2021-2022

Oh harus rutin cek dipstick ya.. sy seminggu sekali kalo dulu.. tp sejak dipakai istri skrg cek 1 bulan sekali..
Kalo sistem cooling kayanya aman mbah..
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2296
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

ikanbawel wrote: Tue Nov 26, 2024 23:18
Suryaputra wrote: Tue Nov 26, 2024 22:08
Emg dpt harga brp?
Klo soal q8 cek ke sobatq8

Long drain itu perlu cek penguapan, cooling system, dan pk filter aspira seri exposio.
Gak semata mata hny dr oli mesin saja.
- special d1 harga 151,000 per botol
- special g/d longlife 119,900 per botol tp production date 2021-2022

Oh harus rutin cek dipstick ya.. sy seminggu sekali kalo dulu.. tp sejak dipakai istri skrg cek 1 bulan sekali..
Kalo sistem cooling kayanya aman mbah..
Kalo cooling system sehat dan mobilnya memang masih ok gak perlu sering-sering jg sih, penguapannya pasti segitu segitu aja
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

sahabatq8 wrote: Wed Nov 27, 2024 0:18
Kalo cooling system sehat dan mobilnya memang masih ok gak perlu sering-sering jg sih, penguapannya pasti segitu segitu aja
Oh dateng mbah Q8 nya haha
Ok.. cuma kmrn pake ptt sempet kaget susut agak banyak..

Mbah kalo soal seller Q8 yang sy bahas diatas aman ga?
Selama ini Q8 blm ada acdc nya kan ya?
Pgn coba agak long drain nih, biasa sih 5000km atau maks 4 bulan ganti oli dan filter..

Lah waduh salah kamar ya… maap2 mbah
Pindah dulu ke kamar yang betul :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2296
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

ikanbawel wrote: Wed Nov 27, 2024 3:31
sahabatq8 wrote: Wed Nov 27, 2024 0:18
Kalo cooling system sehat dan mobilnya memang masih ok gak perlu sering-sering jg sih, penguapannya pasti segitu segitu aja
Oh dateng mbah Q8 nya haha
Ok.. cuma kmrn pake ptt sempet kaget susut agak banyak..

Mbah kalo soal seller Q8 yang sy bahas diatas aman ga?
Selama ini Q8 blm ada acdc nya kan ya?
Pgn coba agak long drain nih, biasa sih 5000km atau maks 4 bulan ganti oli dan filter..

Lah waduh salah kamar ya… maap2 mbah
Pindah dulu ke kamar yang betul :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Kalo itu gak brani confirm mbah barangnya darimana, sofar sih Q8 asal segel masih original asli. Tapi kalo harga miring segitu sih dugaan ane barang tikus dari bengkel authorized (dikumpulin dulu biasanya sama mekaniknya).
Buy at your own risk :upss:

Nah kalo susut banyak padahal gak long drain itu bisa antara olinya jelek/speknya gak cocok, atau memang mobilnya ada problem. In general kalo mobil yang normal normal aja. Periode 12rb km itu gak perlu top up (masih diatas batas bawah.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27283
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

soal oli susut, beda enjin beda penyusutan, ga bsa maen pukul rata, palagi nyalahin oli nya

faktor2 nya bsa dari :
- jenis dan type ring bilas piston
- ring expander piston
- kondisi liner
- pemakaian dan durasi gantol sblom nya (taat gantol atau aliran mikrolet)
- disain default dari fabriek

contoh, enjin honda F series, B series, H series, rata2 minum oli lebi banyak dari enjin honda L atau K series, dan emg by default fabriek an emg sengaja dbikin gitu

ada lg enjin 1NZ lebi irit minum oli ktimbang 2AZ

makanya rata2 buku primbon bawaan mobil pasti ad imbauan suru cek oli berkala, bukannya cek per 5 rebu, 10 rebu palagi 12 rebu km skali
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ikanbawel »

sahabatq8 wrote: Wed Nov 27, 2024 6:05 Kalo itu gak brani confirm mbah barangnya darimana, sofar sih Q8 asal segel masih original asli. Tapi kalo harga miring segitu sih dugaan ane barang tikus dari bengkel authorized (dikumpulin dulu biasanya sama mekaniknya).
Buy at your own risk :upss:

Nah kalo susut banyak padahal gak long drain itu bisa antara olinya jelek/speknya gak cocok, atau memang mobilnya ada problem. In general kalo mobil yang normal normal aja. Periode 12rb km itu gak perlu top up (masih diatas batas bawah.
Oo ok mbah noted infonya..
DOHC wrote: Wed Nov 27, 2024 7:36 soal oli susut, beda enjin beda penyusutan, ga bsa maen pukul rata, palagi nyalahin oli nya

faktor2 nya bsa dari :
- jenis dan type ring bilas piston
- ring expander piston
- kondisi liner
- pemakaian dan durasi gantol sblom nya (taat gantol atau aliran mikrolet)
- disain default dari fabriek

contoh, enjin honda F series, B series, H series, rata2 minum oli lebi banyak dari enjin honda L atau K series, dan emg by default fabriek an emg sengaja dbikin gitu k

ada lg enjin 1NZ lebi irit minum oli ktimbang 2AZ

makanya rata2 buku primbon bawaan mobil pasti ad imbauan suru cek oli berkala, bukannya cek per 5 rebu, 10 rebu palagi 12 rebu km skali
Oh siyapp.. makasih mbah ilmu and infonya..
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 299
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by akbarfit »

DOHC wrote: Wed Nov 27, 2024 7:36 soal oli susut, beda enjin beda penyusutan, ga bsa maen pukul rata, palagi nyalahin oli nya

faktor2 nya bsa dari :
- jenis dan type ring bilas piston
- ring expander piston
- kondisi liner
- pemakaian dan durasi gantol sblom nya (taat gantol atau aliran mikrolet)
- disain default dari fabriek

contoh, enjin honda F series, B series, H series, rata2 minum oli lebi banyak dari enjin honda L atau K series, dan emg by default fabriek an emg sengaja dbikin gitu

ada lg enjin 1NZ lebi irit minum oli ktimbang 2AZ

makanya rata2 buku primbon bawaan mobil pasti ad imbauan suru cek oli berkala, bukannya cek per 5 rebu, 10 rebu palagi 12 rebu km skali
Ada cerita bagus...
Kalau mau lihat penyusutan oli.
Masuklah ke dalam komunitas.
Mesin sama, kondisi beda.

Satu mobil bisa cerita sering topup pdhl normal
Satu mobil bisa jadi no excessive oil consumption

Disitu baru kliatan, kadang mobil makin tua ada yg oke... Ada yg boros oli.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27283
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

akbarfit wrote: Thu Nov 28, 2024 0:48
DOHC wrote: Wed Nov 27, 2024 7:36 soal oli susut, beda enjin beda penyusutan, ga bsa maen pukul rata, palagi nyalahin oli nya

faktor2 nya bsa dari :
- jenis dan type ring bilas piston
- ring expander piston
- kondisi liner
- pemakaian dan durasi gantol sblom nya (taat gantol atau aliran mikrolet)
- disain default dari fabriek

contoh, enjin honda F series, B series, H series, rata2 minum oli lebi banyak dari enjin honda L atau K series, dan emg by default fabriek an emg sengaja dbikin gitu

ada lg enjin 1NZ lebi irit minum oli ktimbang 2AZ

makanya rata2 buku primbon bawaan mobil pasti ad imbauan suru cek oli berkala, bukannya cek per 5 rebu, 10 rebu palagi 12 rebu km skali
Ada cerita bagus...
Kalau mau lihat penyusutan oli.
Masuklah ke dalam komunitas.
Mesin sama, kondisi beda.

Satu mobil bisa cerita sering topup pdhl normal
Satu mobil bisa jadi no excessive oil consumption

Disitu baru kliatan, kadang mobil makin tua ada yg oke... Ada yg boros oli.
nahh ini bener mods

jg inget dl waktu jaman pliara batu makam lipindut, itu jg di komunitas nya variatif banget konsumsi oli nya, ad yg anteng2 aj, yg ad yg ganas banget vampir oli nya, malah ampe akir nya sempet turun stengah mesin padahal mobil masi baru (dan untungnya masi waranty)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 299
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by akbarfit »

Inrijden sangat berpengaruh pada longevity silinder mesin.

Kasus yamaha motor vampir oli juga terjadi pada motor yang 1000-5000km pertama beringas ngegasnya...

Dengan kejadian itu. Akhirnya saya punya mesin baru (motor/mobil baru) saya upayakan saat servis pertama lgsg ganti oli sesuai spek. (1000km) Yang biasanya hanya cek2, saya minta tambah ganti oli mesin.


Kalo oli transmisi intervalnya saya percepat. Bila disuruh 60rb km saya percepat per 40rb km.


Setidaknya 200.000km dalam kurun waktu 10 tahun atau lebih gak ada masalah disitu.
Minimal sampe bosen dijual masih oke.
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

akbarfit wrote: Sun Dec 01, 2024 7:04 Inrijden sangat berpengaruh pada longevity silinder mesin.

Kasus yamaha motor vampir oli juga terjadi pada motor yang 1000-5000km pertama beringas ngegasnya...

Dengan kejadian itu. Akhirnya saya punya mesin baru (motor/mobil baru) saya upayakan saat servis pertama lgsg ganti oli sesuai spek. (1000km) Yang biasanya hanya cek2, saya minta tambah ganti oli mesin.


Kalo oli transmisi intervalnya saya percepat. Bila disuruh 60rb km saya percepat per 40rb km.


Setidaknya 200.000km dalam kurun waktu 10 tahun atau lebih gak ada masalah disitu.
Minimal sampe bosen dijual masih oke.
cucok amannya gini :big_deal:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2296
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

akbarfit wrote: Sun Dec 01, 2024 7:04 Inrijden sangat berpengaruh pada longevity silinder mesin.

Kasus yamaha motor vampir oli juga terjadi pada motor yang 1000-5000km pertama beringas ngegasnya...

Dengan kejadian itu. Akhirnya saya punya mesin baru (motor/mobil baru) saya upayakan saat servis pertama lgsg ganti oli sesuai spek. (1000km) Yang biasanya hanya cek2, saya minta tambah ganti oli mesin.


Kalo oli transmisi intervalnya saya percepat. Bila disuruh 60rb km saya percepat per 40rb km.


Setidaknya 200.000km dalam kurun waktu 10 tahun atau lebih gak ada masalah disitu.
Minimal sampe bosen dijual masih oke.
Setuju, penting bgt sesuai spek.

Gak cuma dari segi konsumsi oli, kalo di remap juga jadi beda². Ada yang dinaikin dikit timing udah ngelitik, padahal mesin sama bbm sama, terutama mobil² turbo direct injection tuh kyk civic/crv turbo variatif sekali kondisi mesinnya, aturan harus API SP, minimal API SN Plus tapi masih banyak yang make SN.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Greenhunter »

DOHC wrote: Sun Dec 01, 2024 3:38
akbarfit wrote: Thu Nov 28, 2024 0:48
DOHC wrote: Wed Nov 27, 2024 7:36 soal oli susut, beda enjin beda penyusutan, ga bsa maen pukul rata, palagi nyalahin oli nya

faktor2 nya bsa dari :
- jenis dan type ring bilas piston
- ring expander piston
- kondisi liner
- pemakaian dan durasi gantol sblom nya (taat gantol atau aliran mikrolet)
- disain default dari fabriek

contoh, enjin honda F series, B series, H series, rata2 minum oli lebi banyak dari enjin honda L atau K series, dan emg by default fabriek an emg sengaja dbikin gitu

ada lg enjin 1NZ lebi irit minum oli ktimbang 2AZ

makanya rata2 buku primbon bawaan mobil pasti ad imbauan suru cek oli berkala, bukannya cek per 5 rebu, 10 rebu palagi 12 rebu km skali
Ada cerita bagus...
Kalau mau lihat penyusutan oli.
Masuklah ke dalam komunitas.
Mesin sama, kondisi beda.

Satu mobil bisa cerita sering topup pdhl normal
Satu mobil bisa jadi no excessive oil consumption

Disitu baru kliatan, kadang mobil makin tua ada yg oke... Ada yg boros oli.
nahh ini bener mods

jg inget dl waktu jaman pliara batu makam lipindut, itu jg di komunitas nya variatif banget konsumsi oli nya, ad yg anteng2 aj, yg ad yg ganas banget vampir oli nya, malah ampe akir nya sempet turun stengah mesin padahal mobil masi baru (dan untungnya masi waranty)
Saya punya OGL XV matic termasuk yang anteng² aja. Skrg ini sdh jalan 3.200 km barusan cek deepstik ada dibawahnya H sedikit. Ganti oli tiap 5000 km sblm ganti paling jelek ada ditengah² antara L dan H, selalu begitu jadinya belakangan males cek deepstik, kalo pas ingat saja.
yosemite
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Nov 14, 2024 21:24
Location: Jakarta
Daily Vehicle: All Newa Ertiga

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by yosemite »

mau share pengalaman pribadi

setelah ganti oli matic tap and drain + tambah hss, berikut hasil positif yang di dapat. perpindahan lebih halus, tarikan lebih ringan, bunyi dengung transmisi di kecepatan rendah dari gigi 1 ke 2 hilang, konsumsi bbm semakin irit, perpindahan dari P, R, N, D dan L halus


Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
fandyg
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Dec 06, 2024 8:03

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by fandyg »

suhu-suhu, mau tanya...alphard agh30 transmisi k115 pakai oil transmisi apa ? dibengkel di info katanya ada penentunya dibaut bawahnya yg ada kode WS / FE nya ( saya ga tau nama bautnya apa ) , katanya kalau FE itu pakai ATF dan WS pakai CVT. Apa ini informasinya benar ? soalnya skrg kebetulan transmisi jeduk di gigi rendah 1 , jadi kita lagi cari informasi. Kebetulan kita dikasih oli ATF sama bengkel nya karena bautnya ada tulisan FE. Mohon pencerahan nya suhu suhu sekalian. thxx
Last edited by fandyg on Fri Dec 06, 2024 15:16, edited 1 time in total.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11587
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marmut »

fandyg wrote: Fri Dec 06, 2024 15:14 suhu-suhu, mau tanya...alphard agh30 transmisi k115 pakai oil transmisi apa ? dibengkel di info katanya ada penentunya dibaut bawahnya yg ada kode WS / FE nya ( saya ga tau nama bautnya apa ) , katanya kalau FE itu pakai ATF dan WS pakai CVT. Apa ini informasinya benar ? soalnya skrg kebetulan transmisi jeduk di gigi rendah 1 , jadi kita lagi cari informasi. Kebetulan kita dikasih oli ATF sama bengkel nya karena bautnya ada tulisan FE. Mohon pencerahan nya suhu suhu sekalian. thxx


baut pengisian alias fill plug, aksesnya dari roda kiri depan.
FE dikasih atf dan WS = cvt? coba ngana liat gambar dibawah ini dan simpulkan sendiri.


Screenshot_20241206_231801_Chrome.jpg
Screenshot_20241206_231747_Chrome.jpg


bengkelnya dimana?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.