Review: All New Civic RS 2023

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2296
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by sahabatq8 »

Sayang civic gen ini harus type r ya kalo mau hatchback, padahal modelnya hatchbacknya cakep bgt
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by timbermaniac123 »

Pboyz97 wrote: Mon Dec 02, 2024 15:14
kalo diantara 2 itu saya vote civic. lebih fun to drive & handlingnya lebih enak daripada cocross. cocross entah knp buat harga segitu berasa plain & boring mobilnya menurut saya
kalau nik 23 di harga 460 masih worth ga om ? beda tipis si dibanding ambil yarcross 24.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

Jenson wrote: Fri Nov 29, 2024 6:31
timbermaniac123 wrote: Fri Nov 29, 2024 4:55 Kebetulan lagi naksir berat mau nimang ini buat gantiin family car yang sebenerya udah cukup pendek GC nya di 165mm. Masih maju mundur antara ini atau corcross. Corcross di Malay baru mau masuk yang facelift, di indo masih model lama. Civic consider GC nya tambah pendek di bawah mobil yang sekarang... Tapi baca2 di forum lowyat, civic termasuk masalah di racksteer juga ya. Ada recall EPS juga belum lama.
Dulu saya juga sama pertimbangannya om, maju mundur antara ini sama Corcross. Tapi akhirnya mantepin ambil ini gara2 hal simple, mgkin bsa dihujat ama tim anti ADAS d sini, krna adaptive cruise controlnya FE yg ada traffic jam assist :big_biglaugh: Tapi jujur, ini fitur ngebantu bgt buat saya yg suka lewatin macet stop and go maupun macet merayap, lumayan biar ga begitu pegel.

Tapi di sisi lain, kalo dari segi driving experience jauhhh FE lebih top.

Cuman dari segi akomodasi, kepraktisan (karena GC tinggi) dan bagasi lebih gede, Cor Cross menang. Oh iya, FC juga pasti menang Cor Cross karena hybrid.

Dicoba aja 2 duanya om, biar nemu yg cocok gimana.

Utk racksteer sampai skrg sih masih aman, semoga ga kenapa2. Cmn saya nemu fenomena aneh sih, kalo abis remote engine start kadang stir suka belok ke kanan or ke kiri sndiri, @om wewe/user lain pernah ada issue juga kah?
kalo saya sih pake remote engine start cuma buat ademin kabin aja om. tapi kalo yg stir suka belok ke kanan kiri sndiri, gak tau ya om bener apa kgk ya, ini kaya dia buka kunci stang gitu (kalo kita matiin mobil posisi setirnya kita lock gitu susah jelasinnya nih saya)

kalo di saya, kondisi mesin lagi mati, trus setirnya lagi ke kunci (kaya kunci stang gitu), saya pencet start stop engine, nah itu setir nya dia kiri kanan sendiri kaya unlock kunci stangnya, udh deh mesin nyala, normal lagi.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

timbermaniac123 wrote: Mon Dec 02, 2024 23:34
Pboyz97 wrote: Mon Dec 02, 2024 15:14
kalo diantara 2 itu saya vote civic. lebih fun to drive & handlingnya lebih enak daripada cocross. cocross entah knp buat harga segitu berasa plain & boring mobilnya menurut saya
kalau nik 23 di harga 460 masih worth ga om ? beda tipis si dibanding ambil yarcross 24.
kalo yc sama corcross bingung juga ya rasanya. semua fitur di cc ada di yc, bahkan yc udh panoramic ya sunroof gede.

paling kalo ngomong sasis aja yg beda ya, tapi masih sama2 torsion beam.

trus juga ya mesin 1.5 hybrid sama 1.8 hybrid.

tapi kalo saya sih diantara om, cc dan yc saya beli nya cc sih. gimana2 sasis dan mesin gak bakal boong, dbanding fitur yg mgkn pake sbtr juga udh ya rasanya gitu2 aja
laksanice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Mon May 20, 2024 2:43

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by laksanice »

1 lagi mengenai Civic kalau beli kaca film.Mobil ini termasuk Ukurang Large category.Padahal Kacanya kecil bgt dibanding dengan medium size suv.sepertinya harga Kaca film itu harganya bukan berdasarkan ukuran kaca tapi berdasarkan harga mobil.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: Mon Dec 02, 2024 14:07 Om mau nanya dong. Lebih worth mana, corcross nik 23 low odo di 460. Atau civic baru nik 24 di 550 ? Kalau corcross baru nik 24 si sekitar 540. Tapi ya gitu belum ada sensing, walaupun udah ada 360 sama bsm.

Saya baru nyadar itu row belakang corcross rupanya sempit ya, hampir mirip kaya mazda. Trus minus nya juga bagasi ga rata lantai ya.

Sales honda pada bilang kalau GC civic tinggi 170mm ternyata. Kalau gitu aman si buat rute harian. Pernah mentok ga om pake seputaran kota besar atau bandung ?
170mm tapi mesti perhatikan approach angle / departure angle nya. bibir depan FE ini mayan pendek soalnya.

hands down civic sih kecuali ngejar irit bbmnya ya om,

gimana2 corolla cross itu produk yang dibikin buat supaya ada alternatif hybrid lower grade di asean. diposisikan buat gantiin C-HR Hybrid yang kemahalan.

motor power dan engine power corolla cross kecil banget. klo pas batre habis berasa boyo nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Tue Dec 03, 2024 3:21

170mm tapi mesti perhatikan approach angle / departure angle nya. bibir depan FE ini mayan pendek soalnya.

hands down civic sih kecuali ngejar irit bbmnya ya om,

gimana2 corolla cross itu produk yang dibikin buat supaya ada alternatif hybrid lower grade di asean. diposisikan buat gantiin C-HR Hybrid yang kemahalan.

motor power dan engine power corolla cross kecil banget. klo pas batre habis berasa boyo nya.
justru kalo FE ini yakin banget gak bakal gasruk dah.. rasanya gk rendah2 amat sih. yg ngeri malah rasanya di wheelbase nya karena panjang jadi rasanya gimana gitu suka gak pede.

satu lagi om, knalpot FE ini tested and proven udh pake slama ini ke mol mana juga kagak pernah mentok stopper parkiran mol wkwkwkwk

btw kalo hybrid toyota gitu ya, emang bisa ya batre nya abis? bukannya kalo jalan ya dia pasti regenerative braking dan mesin juga ngisi terus? mgkn kalo udh lemah kali ya batrenya baru bisa habis
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 493
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

timbermaniac123 wrote: Mon Dec 02, 2024 23:34
Pboyz97 wrote: Mon Dec 02, 2024 15:14
kalo diantara 2 itu saya vote civic. lebih fun to drive & handlingnya lebih enak daripada cocross. cocross entah knp buat harga segitu berasa plain & boring mobilnya menurut saya
kalau nik 23 di harga 460 masih worth ga om ? beda tipis si dibanding ambil yarcross 24.
Serius ad yg jual NIK 23 di 460 om? Merem sih bungkus Civic kalo begitu. Dlu saya bungkus aja masi lebih mahal 110 jt. Kalo dpt d angka segitu diskonnya dari OTR skrg d 156 juta, beli baru harga second. Om jual lg ke pedagang aj saya rasa masih d kepala 5 kecil bekasnya
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 493
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

iamwewe wrote: Tue Dec 03, 2024 1:07
Jenson wrote: Fri Nov 29, 2024 6:31
timbermaniac123 wrote: Fri Nov 29, 2024 4:55 Kebetulan lagi naksir berat mau nimang ini buat gantiin family car yang sebenerya udah cukup pendek GC nya di 165mm. Masih maju mundur antara ini atau corcross. Corcross di Malay baru mau masuk yang facelift, di indo masih model lama. Civic consider GC nya tambah pendek di bawah mobil yang sekarang... Tapi baca2 di forum lowyat, civic termasuk masalah di racksteer juga ya. Ada recall EPS juga belum lama.
Dulu saya juga sama pertimbangannya om, maju mundur antara ini sama Corcross. Tapi akhirnya mantepin ambil ini gara2 hal simple, mgkin bsa dihujat ama tim anti ADAS d sini, krna adaptive cruise controlnya FE yg ada traffic jam assist :big_biglaugh: Tapi jujur, ini fitur ngebantu bgt buat saya yg suka lewatin macet stop and go maupun macet merayap, lumayan biar ga begitu pegel.

Tapi di sisi lain, kalo dari segi driving experience jauhhh FE lebih top.

Cuman dari segi akomodasi, kepraktisan (karena GC tinggi) dan bagasi lebih gede, Cor Cross menang. Oh iya, FC juga pasti menang Cor Cross karena hybrid.

Dicoba aja 2 duanya om, biar nemu yg cocok gimana.

Utk racksteer sampai skrg sih masih aman, semoga ga kenapa2. Cmn saya nemu fenomena aneh sih, kalo abis remote engine start kadang stir suka belok ke kanan or ke kiri sndiri, @om wewe/user lain pernah ada issue juga kah?
kalo saya sih pake remote engine start cuma buat ademin kabin aja om. tapi kalo yg stir suka belok ke kanan kiri sndiri, gak tau ya om bener apa kgk ya, ini kaya dia buka kunci stang gitu (kalo kita matiin mobil posisi setirnya kita lock gitu susah jelasinnya nih saya)

kalo di saya, kondisi mesin lagi mati, trus setirnya lagi ke kunci (kaya kunci stang gitu), saya pencet start stop engine, nah itu setir nya dia kiri kanan sendiri kaya unlock kunci stangnya, udh deh mesin nyala, normal lagi.
I see, kebayang sih. Memang bener rasanya kaya lock unlock stirnya. Dipake sih fine2 aja. Cuman perkara bunyi2 ghaib nih, kemarin dr bangku, skrg bangku hilang kayanya ntah dr door trim ato dri pilar A ada bunyi2, pas servis 10k mau cba minta d cek sekalian
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11836
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

Jenson wrote: Tue Dec 03, 2024 5:57
timbermaniac123 wrote: Mon Dec 02, 2024 23:34
Pboyz97 wrote: Mon Dec 02, 2024 15:14
kalo diantara 2 itu saya vote civic. lebih fun to drive & handlingnya lebih enak daripada cocross. cocross entah knp buat harga segitu berasa plain & boring mobilnya menurut saya
kalau nik 23 di harga 460 masih worth ga om ? beda tipis si dibanding ambil yarcross 24.
Serius ad yg jual NIK 23 di 460 om? Merem sih bungkus Civic kalo begitu. Dlu saya bungkus aja masi lebih mahal 110 jt. Kalo dpt d angka segitu diskonnya dari OTR skrg d 156 juta, beli baru harga second. Om jual lg ke pedagang aj saya rasa masih d kepala 5 kecil bekasnya
itu kayanya harga corcross ?

:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 493
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

iamwewe wrote: Tue Dec 03, 2024 1:10
timbermaniac123 wrote: Mon Dec 02, 2024 23:34
Pboyz97 wrote: Mon Dec 02, 2024 15:14
kalo diantara 2 itu saya vote civic. lebih fun to drive & handlingnya lebih enak daripada cocross. cocross entah knp buat harga segitu berasa plain & boring mobilnya menurut saya
kalau nik 23 di harga 460 masih worth ga om ? beda tipis si dibanding ambil yarcross 24.
kalo yc sama corcross bingung juga ya rasanya. semua fitur di cc ada di yc, bahkan yc udh panoramic ya sunroof gede.

paling kalo ngomong sasis aja yg beda ya, tapi masih sama2 torsion beam.

trus juga ya mesin 1.5 hybrid sama 1.8 hybrid.

tapi kalo saya sih diantara om, cc dan yc saya beli nya cc sih. gimana2 sasis dan mesin gak bakal boong, dbanding fitur yg mgkn pake sbtr juga udh ya rasanya gitu2 aja
Dari pengalman saya yg pernah bawa 2 duanya, walopun fitur mirip2, rasa berkendaranya kek bumi ama langit sih. Cor cross rasanya mirip Rav 4, Yar cross rasanya mirip agya ayla ditinggiin (easily Rocky pro max, tp ntah kenapa even Rocky lebih enak dibawa mnrt saya).
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 493
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

Suryaputra wrote: Tue Dec 03, 2024 5:59
Jenson wrote: Tue Dec 03, 2024 5:57
timbermaniac123 wrote: Mon Dec 02, 2024 23:34

kalau nik 23 di harga 460 masih worth ga om ? beda tipis si dibanding ambil yarcross 24.
Serius ad yg jual NIK 23 di 460 om? Merem sih bungkus Civic kalo begitu. Dlu saya bungkus aja masi lebih mahal 110 jt. Kalo dpt d angka segitu diskonnya dari OTR skrg d 156 juta, beli baru harga second. Om jual lg ke pedagang aj saya rasa masih d kepala 5 kecil bekasnya
itu kayanya harga corcross ?

:big_biglaugh:
oooh wkwkwk kirainn. Kalo segini harga corcross menarik sih, menurut saya ini mobil underrated. If only dia ada adaptive cruise control, bsa jadi dlu gajadi ambil Civic :big_peace:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by timbermaniac123 »

Jenson wrote: Tue Dec 03, 2024 6:03
oooh wkwkwk kirainn. Kalo segini harga corcross menarik sih, menurut saya ini mobil underrated. If only dia ada adaptive cruise control, bsa jadi dlu gajadi ambil Civic :big_peace:
Iya. Mayan juga ya harganya. Cuma dilema ya seperti yang dibilang, saya tau si ni mobil bakal boring, tapi termasuk average di segala aspek. Udah ada 360 dan bsm, walaupun ga ada sensing. Rem kaki ga masalah karena sekarang pake voxy juga sama rem kaki. Yang bikin dilema sekarang itu row 2 nya sempit kaya cx5, apalagi bini sering duduk di belakang temenin anak. Trus speedometernya itu ga banget ada ring silver tebel pula merusak pemandangan.

Cuma kalau mau hitugn2an fair, corcross nik 24 disc cuma 30 jadi 541 dan civic 24 setelah disc jadi 550an. Harga nik 24 corcross sama civic jadi mirip2. Dua duanya si udah mau facelift, cuma corcross itu model dari 2016 sedangkan civic 2022. Di harga yang mirip2, civic udah ada sensing yang mungkin kalau dinilai harganya sekitar 30 juta. Harga jual corcross mungkin lebih drop dibanding civic, karena bisa jadi ditawar kurangin harga batre oleh pedagang jadi menganulir penghematan hybrid. In the end mungkin mirip2 jatuh total cost ownership nya. Cuma nik 23 ini harganya cukup menarik.
Last edited by timbermaniac123 on Tue Dec 03, 2024 7:53, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Tue Dec 03, 2024 4:22
justru kalo FE ini yakin banget gak bakal gasruk dah.. rasanya gk rendah2 amat sih. yg ngeri malah rasanya di wheelbase nya karena panjang jadi rasanya gimana gitu suka gak pede.

satu lagi om, knalpot FE ini tested and proven udh pake slama ini ke mol mana juga kagak pernah mentok stopper parkiran mol wkwkwkwk

btw kalo hybrid toyota gitu ya, emang bisa ya batre nya abis? bukannya kalo jalan ya dia pasti regenerative braking dan mesin juga ngisi terus? mgkn kalo udh lemah kali ya batrenya baru bisa habis
aman ya oom, soalnya saya liatnya bibirnya rada panjang. FK/FC itu sebenernya kalo stock lebih aman dari civic FB juga sih.

abis sih engga om, cuma kalau misal low battery kan dia sementara pake tenaga dari mesin dulu. nah tenaga mesinnya cuma 98 hp euy. sama yaris aja gedean yaris :ungg: ketolongnya itu corolla cross batrenya mayan gede 4. sekian kWh, lebih gede dari zenix kalo gak salah body juga enteng jadi nolong lah setidaknya iritnya emang luar biasa sih.

lebih ngenes kicks udah cuma genset 1. sekian kWh :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 493
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

timbermaniac123 wrote: Tue Dec 03, 2024 7:40
Jenson wrote: Tue Dec 03, 2024 6:03
oooh wkwkwk kirainn. Kalo segini harga corcross menarik sih, menurut saya ini mobil underrated. If only dia ada adaptive cruise control, bsa jadi dlu gajadi ambil Civic :big_peace:
Iya. Mayan juga ya harganya. Cuma dilema ya seperti yang dibilang, saya tau si ni mobil bakal boring, tapi termasuk average di segala aspek. Udah ada 360 dan bsm, walaupun ga ada sensing. Rem kaki ga masalah karena sekarang pake voxy juga sama rem kaki. Yang bikin dilema sekarang itu row 2 nya sempit kaya cx5, apalagi bini sering duduk di belakang temenin anak. Trus speedometernya itu ga banget ada ring silver tebel pula merusak pemandangan.

Cuma kalau mau hitugn2an fair, corcross nik 24 disc cuma 30 jadi 541 dan civic 24 setelah disc jadi 550an. Harga nik 24 corcross sama civic jadi mirip2. Dua duanya si udah mau facelift, cuma corcross itu model dari 2016 sedangkan civic 2022. Di harga yang mirip2, civic udah ada sensing yang mungkin kalau dinilai harganya sekitar 30 juta. Harga jual corcross mungkin lebih drop dibanding civic, karena bisa jadi ditawar kurangin harga batre oleh pedagang jadi menganulir penghematan hybrid. In the end mungkin mirip2 jatuh total cost ownership nya. Cuma nik 23 ini harganya cukup menarik.
Om suka lewat kompleks yang banyak poldur or naik turun ramp mall yg tinggi ga? Kalo iya dan muatan penuh, menurut saya ambil Corcross aj om. Civic ini enak, tp kalo diisi ramean, saya si suka waswas. Uda beberapa kali kalo nemu tanjakan tinggi gasruk kalo diisi full. Tapi dia ini gasruknya d tengah2, bukan d bibirnya.

Tapi kalo om jarang bawa muatan full, sering nyetir sendiri, gas Civic omm. BTW Voxy nya akan dijual kah? Kalau ga dijual sih, mgkin lebih asyik ambil Civic ya, jd ada 1 "boring" family car, ada 1 yang seru utk dibawa
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 713
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by timbermaniac123 »

Jenson wrote: Tue Dec 03, 2024 16:22
Om suka lewat kompleks yang banyak poldur or naik turun ramp mall yg tinggi ga? Kalo iya dan muatan penuh, menurut saya ambil Corcross aj om. Civic ini enak, tp kalo diisi ramean, saya si suka waswas. Uda beberapa kali kalo nemu tanjakan tinggi gasruk kalo diisi full. Tapi dia ini gasruknya d tengah2, bukan d bibirnya.

Tapi kalo om jarang bawa muatan full, sering nyetir sendiri, gas Civic omm. BTW Voxy nya akan dijual kah? Kalau ga dijual sih, mgkin lebih asyik ambil Civic ya, jd ada 1 "boring" family car, ada 1 yang seru utk dibawa
So far si cuma ber 3 sama anak masih 7 taun om. Bawa voxy gc 165mm ga pernah gasruk si.

Tadinya saya ga mau lepas voxy. Cuma berhubung istri baru belajar mobil jadi ga pede bawa mobil besar. Susah buat gantian gage. Jadi bini sekarang lagi bawa hrv, voxy mau dikasih ortu buat pakai harian pake supir. Saya nyari compact suv / hatchback / sedan yang nyaman juga as family car. Hrv ini entah kenapa posisi nyetir mengganjal di footrest dan bangku belakang ini sangat ga enak buat dipake lama. Sodara saya juga bilang duduk di bangku hrv ga pernah dapet posisi duduk yang pas.

Sebelumnya si bini belajar mobil pake city gm6, itu juga gasruk tengah di parkiran rumah. Entah tapi kalau bener civic gc 170mm harusnya aman kaya voxy yg 165mm.

Voxy juga bawanya boring. Malah saya lebih excited bawa hrv bini. Cuma secara material interior dan BQ, jauh voxy berasa lebih mewah, ini yang mayan bikin betah nyetir voxy walaupun boring.

Tapi civic ini kan panjangnya sama kaya voxy ya 4.7m. Suruh bini test drive dulu pede ga bawa mobil panjang. Kalau cc termasuk pendek. Selain 2 ini ada alternatif kah om untuk budget 400-500an yang fun to drive secara saya tiap hari nyetir pp 3 jam macet2an di jalan ? Kakak saya cuma pesen, jangan sampe nanti beli sedan ngeluh kependekan banjir atau gasruk.

Btw om. Civic ini katanya bangku nya keras ya ? Enak ga dipake buat macet2an di jalan ?
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 493
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

timbermaniac123 wrote: Tue Dec 03, 2024 17:09
Jenson wrote: Tue Dec 03, 2024 16:22
Om suka lewat kompleks yang banyak poldur or naik turun ramp mall yg tinggi ga? Kalo iya dan muatan penuh, menurut saya ambil Corcross aj om. Civic ini enak, tp kalo diisi ramean, saya si suka waswas. Uda beberapa kali kalo nemu tanjakan tinggi gasruk kalo diisi full. Tapi dia ini gasruknya d tengah2, bukan d bibirnya.

Tapi kalo om jarang bawa muatan full, sering nyetir sendiri, gas Civic omm. BTW Voxy nya akan dijual kah? Kalau ga dijual sih, mgkin lebih asyik ambil Civic ya, jd ada 1 "boring" family car, ada 1 yang seru utk dibawa
So far si cuma ber 3 sama anak masih 7 taun om. Bawa voxy gc 165mm ga pernah gasruk si.

Tadinya saya ga mau lepas voxy. Cuma berhubung istri baru belajar mobil jadi ga pede bawa mobil besar. Susah buat gantian gage. Jadi bini sekarang lagi bawa hrv, voxy mau dikasih ortu buat pakai harian pake supir. Saya nyari compact suv / hatchback / sedan yang nyaman juga as family car. Hrv ini entah kenapa posisi nyetir mengganjal di footrest dan bangku belakang ini sangat ga enak buat dipake lama. Sodara saya juga bilang duduk di bangku hrv ga pernah dapet posisi duduk yang pas.

Sebelumnya si bini belajar mobil pake city gm6, itu juga gasruk tengah di parkiran rumah. Entah tapi kalau bener civic gc 170mm harusnya aman kaya voxy yg 165mm.

Voxy juga bawanya boring. Malah saya lebih excited bawa hrv bini. Cuma secara material interior dan BQ, jauh voxy berasa lebih mewah, ini yang mayan bikin betah nyetir voxy walaupun boring.

Tapi civic ini kan panjangnya sama kaya voxy ya 4.7m. Suruh bini test drive dulu pede ga bawa mobil panjang. Kalau cc termasuk pendek. Selain 2 ini ada alternatif kah om untuk budget 400-500an yang fun to drive secara saya tiap hari nyetir pp 3 jam macet2an di jalan ? Kakak saya cuma pesen, jangan sampe nanti beli sedan ngeluh kependekan banjir atau gasruk.

Btw om. Civic ini katanya bangku nya keras ya ? Enak ga dipake buat macet2an di jalan ?
Civic ini boleh dibilang ajaib, size4,7m tp disetir ga berasa gede. Masi dpt lincahnyabdi jalan. Saya ud bandingin ini ama xpander, bawa xpander berasa lebih gambot dan susah parkir dbanding civic, padahal xpanderlebih pendek.

Kalau ud bahas perkara banjir, sedam ud pasti kalah telak. Tinggal d pick ur battle om, mau kepuasan berkendara totalitas tp risiko banjir gasruk. Or aman rrisiko banjirgasruk, tp driving quality so so.

Saya sndiri trmasuk yg seriing nyetir macet2an pake civic ini, bangkunya buat saya aman2 aja, empuk gaada issye. ACC nya sih, mayan bantu kaki kiri biar ga pegel :big_exellent:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

Jenson wrote: Tue Dec 03, 2024 5:58
I see, kebayang sih. Memang bener rasanya kaya lock unlock stirnya. Dipake sih fine2 aja. Cuman perkara bunyi2 ghaib nih, kemarin dr bangku, skrg bangku hilang kayanya ntah dr door trim ato dri pilar A ada bunyi2, pas servis 10k mau cba minta d cek sekalian
si om domisili jkt gak? kalo iya coba aja ke megatama kapuk. gak endorse ya, tapi disana sih service nya bagus banget.

kalo liat review saya di page kblkg2 saya ada ngeluh cover seatbelt saya bunyi2. solusi saya diganjel pake selotip 3m yg tebel itu. aman hilang. nah ini saya complain dong ke megatama kapuk. dibuka lah itu cover seatbelt, ternyata dudukan apa lah gitu ada yg patah 1, nah ini yg mengakibatkan geter2 kalo lagi lewat jalan conblok pik. curiga nya bocah2 nih mungkin iseng gimana. anyway, gak tau diapain sama mekanik megatama kapuk, jos loh hilang total skrg suaranya, dan selotip 3m itu juga udh gak saya pake. coba aja kesana om kalo deket mah.

kalo kursi sih aman nggak ada suara apa2 saya sampe skrg juga
ChZ wrote: Tue Dec 03, 2024 7:49
aman ya oom, soalnya saya liatnya bibirnya rada panjang. FK/FC itu sebenernya kalo stock lebih aman dari civic FB juga sih.

abis sih engga om, cuma kalau misal low battery kan dia sementara pake tenaga dari mesin dulu. nah tenaga mesinnya cuma 98 hp euy. sama yaris aja gedean yaris :ungg: ketolongnya itu corolla cross batrenya mayan gede 4. sekian kWh, lebih gede dari zenix kalo gak salah body juga enteng jadi nolong lah setidaknya iritnya emang luar biasa sih.

lebih ngenes kicks udah cuma genset 1. sekian kWh :big_biglaugh:
sampe skrg sih kalo bagian depan aman banget om.. nah itu om jenson juga ngomong tuh, kayanya bagian tengah body doi yg wheelbase itu udh pernah gasruk. emang ini kan wheelbasenya panjang nih, jadi rasanya suka was2 aja disini nya.

eh iya ya 1.8cc mesin cuma 98hp ya. emang rasanya nih cc dan altis emang setelan utk irit kali yak.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11836
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Suryaputra »

timbermaniac123 wrote: Tue Dec 03, 2024 17:09
Jenson wrote: Tue Dec 03, 2024 16:22
Om suka lewat kompleks yang banyak poldur or naik turun ramp mall yg tinggi ga? Kalo iya dan muatan penuh, menurut saya ambil Corcross aj om. Civic ini enak, tp kalo diisi ramean, saya si suka waswas. Uda beberapa kali kalo nemu tanjakan tinggi gasruk kalo diisi full. Tapi dia ini gasruknya d tengah2, bukan d bibirnya.

Tapi kalo om jarang bawa muatan full, sering nyetir sendiri, gas Civic omm. BTW Voxy nya akan dijual kah? Kalau ga dijual sih, mgkin lebih asyik ambil Civic ya, jd ada 1 "boring" family car, ada 1 yang seru utk dibawa
So far si cuma ber 3 sama anak masih 7 taun om. Bawa voxy gc 165mm ga pernah gasruk si.

Tadinya saya ga mau lepas voxy. Cuma berhubung istri baru belajar mobil jadi ga pede bawa mobil besar. Susah buat gantian gage. Jadi bini sekarang lagi bawa hrv, voxy mau dikasih ortu buat pakai harian pake supir. Saya nyari compact suv / hatchback / sedan yang nyaman juga as family car. Hrv ini entah kenapa posisi nyetir mengganjal di footrest dan bangku belakang ini sangat ga enak buat dipake lama. Sodara saya juga bilang duduk di bangku hrv ga pernah dapet posisi duduk yang pas.

Sebelumnya si bini belajar mobil pake city gm6, itu juga gasruk tengah di parkiran rumah. Entah tapi kalau bener civic gc 170mm harusnya aman kaya voxy yg 165mm.

Voxy juga bawanya boring. Malah saya lebih excited bawa hrv bini. Cuma secara material interior dan BQ, jauh voxy berasa lebih mewah, ini yang mayan bikin betah nyetir voxy walaupun boring.

Tapi civic ini kan panjangnya sama kaya voxy ya 4.7m. Suruh bini test drive dulu pede ga bawa mobil panjang. Kalau cc termasuk pendek. Selain 2 ini ada alternatif kah om untuk budget 400-500an yang fun to drive secara saya tiap hari nyetir pp 3 jam macet2an di jalan ? Kakak saya cuma pesen, jangan sampe nanti beli sedan ngeluh kependekan banjir atau gasruk.

Btw om. Civic ini katanya bangku nya keras ya ? Enak ga dipake buat macet2an di jalan ?
Sikat lah mbah
Nicest to Drive loh*
Ngalahin Trio Barat

Liat komen2nya jg user civic puas





*yg hybrid yaa itu :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
boebeng
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Dec 11, 2015 0:59

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by boebeng »

timbermaniac123 wrote: Mon Dec 02, 2024 14:07 Om mau nanya dong. Lebih worth mana, corcross nik 23 low odo di 460. Atau civic baru nik 24 di 550 ? Kalau corcross baru nik 24 si sekitar 540. Tapi ya gitu belum ada sensing, walaupun udah ada 360 sama bsm.

Saya baru nyadar itu row belakang corcross rupanya sempit ya, hampir mirip kaya mazda. Trus minus nya juga bagasi ga rata lantai ya.

Sales honda pada bilang kalau GC civic tinggi 170mm ternyata. Kalau gitu aman si buat rute harian. Pernah mentok ga om pake seputaran kota besar atau bandung ?
Saya pakai 5 bulanan sampai sekarang juga ngga pernah gasruk. Parkir di mal/gedung yg tanjakan/turunannya curam juga aman. Rata2 diisi 2 orang saja. Untuk polisi tidur versi jahanam selalu pelan2 sih jadi ngga pernah gasruk.

Kalo saya lihat sisi paling rendah FE itu berada di lips plastik vertikal (3cm) yg ada di bagian bawah bumper depan.
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by levofloxacine »

boebeng wrote: Wed Dec 04, 2024 23:55
timbermaniac123 wrote: Mon Dec 02, 2024 14:07 Om mau nanya dong. Lebih worth mana, corcross nik 23 low odo di 460. Atau civic baru nik 24 di 550 ? Kalau corcross baru nik 24 si sekitar 540. Tapi ya gitu belum ada sensing, walaupun udah ada 360 sama bsm.

Saya baru nyadar itu row belakang corcross rupanya sempit ya, hampir mirip kaya mazda. Trus minus nya juga bagasi ga rata lantai ya.

Sales honda pada bilang kalau GC civic tinggi 170mm ternyata. Kalau gitu aman si buat rute harian. Pernah mentok ga om pake seputaran kota besar atau bandung ?
Saya pakai 5 bulanan sampai sekarang juga ngga pernah gasruk. Parkir di mal/gedung yg tanjakan/turunannya curam juga aman. Rata2 diisi 2 orang saja. Untuk polisi tidur versi jahanam selalu pelan2 sih jadi ngga pernah gasruk.

Kalo saya lihat sisi paling rendah FE itu berada di lips plastik vertikal (3cm) yg ada di bagian bawah bumper depan.
lips vertikal itu plastik atau karet om?, kalo di FC lipsnya karet dan memang langganan kegesek soalnya titik paling rendah waktu nanjak atau turunan
memang kalo dilihat kasat mata civic FE dan FC ini GCnya seperti rendah, tapi mmg pas di lapangan tidak terlalu sering gasruk, justru city GN yg kelihatannya lebih cungkring bumper depannya langganan gasruk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by ChZ »

iamwewe wrote: 1733273973 user_id=29014]

eh iya ya 1.8cc mesin cuma 98hp ya. emang rasanya nih cc dan altis emang setelan utk irit kali yak.
untuk yang hybrid dia atkinson cycle om. kalo atkinson cycle outputnya emang nggak terlalu besar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by iamwewe »

levofloxacine wrote: Thu Dec 05, 2024 0:41
lips vertikal itu plastik atau karet om?, kalo di FC lipsnya karet dan memang langganan kegesek soalnya titik paling rendah waktu nanjak atau turunan
memang kalo dilihat kasat mata civic FE dan FC ini GCnya seperti rendah, tapi mmg pas di lapangan tidak terlalu sering gasruk, justru city GN yg kelihatannya lebih cungkring bumper depannya langganan gasruk
sama om, karet juga ini. ini bukannya kaya 'karpet' depan gitu ya yg dimaksud.
ChZ wrote: Thu Dec 05, 2024 2:48
iamwewe wrote: 1733273973 user_id=29014]

eh iya ya 1.8cc mesin cuma 98hp ya. emang rasanya nih cc dan altis emang setelan utk irit kali yak.
untuk yang hybrid dia atkinson cycle om. kalo atkinson cycle outputnya emang nggak terlalu besar.
kalo zenix atkinson cycle juga bukan? soalnya outputnya sih jauh lbh gede ya. padahal selisih cc cuma 1.8 vs 2.0 kan
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 493
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by Jenson »

iamwewe wrote: Wed Dec 04, 2024 0:59
Jenson wrote: Tue Dec 03, 2024 5:58
I see, kebayang sih. Memang bener rasanya kaya lock unlock stirnya. Dipake sih fine2 aja. Cuman perkara bunyi2 ghaib nih, kemarin dr bangku, skrg bangku hilang kayanya ntah dr door trim ato dri pilar A ada bunyi2, pas servis 10k mau cba minta d cek sekalian
si om domisili jkt gak? kalo iya coba aja ke megatama kapuk. gak endorse ya, tapi disana sih service nya bagus banget.

kalo liat review saya di page kblkg2 saya ada ngeluh cover seatbelt saya bunyi2. solusi saya diganjel pake selotip 3m yg tebel itu. aman hilang. nah ini saya complain dong ke megatama kapuk. dibuka lah itu cover seatbelt, ternyata dudukan apa lah gitu ada yg patah 1, nah ini yg mengakibatkan geter2 kalo lagi lewat jalan conblok pik. curiga nya bocah2 nih mungkin iseng gimana. anyway, gak tau diapain sama mekanik megatama kapuk, jos loh hilang total skrg suaranya, dan selotip 3m itu juga udh gak saya pake. coba aja kesana om kalo deket mah.

kalo kursi sih aman nggak ada suara apa2 saya sampe skrg juga
ChZ wrote: Tue Dec 03, 2024 7:49
aman ya oom, soalnya saya liatnya bibirnya rada panjang. FK/FC itu sebenernya kalo stock lebih aman dari civic FB juga sih.

abis sih engga om, cuma kalau misal low battery kan dia sementara pake tenaga dari mesin dulu. nah tenaga mesinnya cuma 98 hp euy. sama yaris aja gedean yaris :ungg: ketolongnya itu corolla cross batrenya mayan gede 4. sekian kWh, lebih gede dari zenix kalo gak salah body juga enteng jadi nolong lah setidaknya iritnya emang luar biasa sih.

lebih ngenes kicks udah cuma genset 1. sekian kWh :big_biglaugh:
sampe skrg sih kalo bagian depan aman banget om.. nah itu om jenson juga ngomong tuh, kayanya bagian tengah body doi yg wheelbase itu udh pernah gasruk. emang ini kan wheelbasenya panjang nih, jadi rasanya suka was2 aja disini nya.

eh iya ya 1.8cc mesin cuma 98hp ya. emang rasanya nih cc dan altis emang setelan utk irit kali yak.
Saya d JKT om. Wah boleh nih dicoba megatama kalo ok. Ada rekomendasi nama SA nya om?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Review: All New Civic RS 2023

Post by darrelund »

iamwewe wrote: Tue Dec 03, 2024 4:22
justru kalo FE ini yakin banget gak bakal gasruk dah.. rasanya gk rendah2 amat sih. yg ngeri malah rasanya di wheelbase nya karena panjang jadi rasanya gimana gitu suka gak pede.

satu lagi om, knalpot FE ini tested and proven udh pake slama ini ke mol mana juga kagak pernah mentok stopper parkiran mol wkwkwkwk

btw kalo hybrid toyota gitu ya, emang bisa ya batre nya abis? bukannya kalo jalan ya dia pasti regenerative braking dan mesin juga ngisi terus? mgkn kalo udh lemah kali ya batrenya baru bisa habis
mbah perna ngukur GC nya cipic kayakna, di poto, entah di trit yang mana

bukan habis sih sebeenrnya, tetep ada isinya tuh batere, cuma klo ud liwat minimum SoC nya pasti assist e motornya ga jalan dulu, sampe cukup charge nya