China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2335
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by darrelund »

Salvanost wrote: Sat Oct 19, 2024 20:33
Ga cuma Thailand om...
US juga mulai maksa brand2 disana buat produksi EV

Lagi mau bikin puluhan pabrik EV/batre listrik

Gua sendiri baru 2 minggu make BYD M6 tapi puas banget
Kemana mana jarak jauh ga takut lagi, dipinjem juga gapapa
Lah 6km = 2500rupiah
Itu BYD E6 bluebird yg tahun 2019-2020 harga 800jutaan sekarang dijual odometer 400.000 dengan harga 250juta

Tetapi kalau lihat gerakan Shell buat lirik bisnis SPKLU
Malah bingung sendiri...
M6 ud banyak bgt niy dijalan

sebenernya klo bebicara harga, M6 itu sweetspot utk mayoritas masyarakat. ngisi gap 300-500jt an

ga heran sih klo laku

apalagi utk yg commutenya full macet, pake EV top abis :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11838
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »

Saya kenal ni sales, org yg plg loyal di diler.
Dr jaman sales staff sampai jd spv.
Akhirnya move on juga :big_biglaugh:

Klo ini berlangsung masif dan terstruktur, ya mumet jg honda.
Pasar terbesarnya kaum sub-urban :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 493
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Jenson »

Suryaputra wrote: Thu Dec 05, 2024 3:57 Saya kenal ni sales, org yg plg loyal di diler.
Dr jaman sales staff sampai jd spv.
Akhirnya move on juga :big_biglaugh:

Klo ini berlangsung masif dan terstruktur, ya mumet jg honda.
Pasar terbesarnya kaum sub-urban :big_peace:
Ngeliat BYD marketingnya moncer plus ekspansi sana sini, apa jangan2 ad jonpis d belakangnya xixixi. Sekalian angkut eks org2 ahond :big_grin:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Thu Dec 05, 2024 3:57 Saya kenal ni sales, org yg plg loyal di diler.
Dr jaman sales staff sampai jd spv.
Akhirnya move on juga :big_biglaugh:

Klo ini berlangsung masif dan terstruktur, ya mumet jg honda.
Pasar terbesarnya kaum sub-urban :big_peace:
talent drain tapi sebenernya dibajak head hunter :mky_02:
saya kenal salah satu SA dari beres astral grup kerja sudah belasan tahun, pengen balik ke kota besar karena urusan keluarga, pindah cabang saja, eh ga ada cabang yg terima, berat hati mau cabut d, sekali info beredar di head hunter, 2 merek Tiongkok dari 2 master dealer langsung kasih posisi kacab, ada lagi merek Jepang B yang kasih posisi lebih tinggi, akhirnya pindah ke merek Jepang Z :big_biglaugh:

inilah masalahnya, mau bikin 3S emang human resources-nya ada.
makanya salut sih dengan para pembeli yg bisa jadi akan jadi mungkin bakal calon korban merek2 baru :ungg:
sebagai old gen, urusan sama astral grup yg segitu besar saja butuh 1 bulan buat klaim spion dalem itu saja beres mesti kulik2 dikit dulu supaya tembus, order part 1 minggu baru sampai alasan logistik dll padahal ini di kota pantura pake JNE yg selemot itu saja 2 hari paling apes sampe. :ungg:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by kendibocor »

Suryaputra wrote: Thu Dec 05, 2024 3:57 Saya kenal ni sales, org yg plg loyal di diler.
Dr jaman sales staff sampai jd spv.
Akhirnya move on juga :big_biglaugh:

Klo ini berlangsung masif dan terstruktur, ya mumet jg honda.
Pasar terbesarnya kaum sub-urban :big_peace:
Kalo ngeliat pameran2 mbl belakangan, pengamatan sotoy ane yg paling berasa masyarakat “kehilangan” minat malah ngodah sih. Booth gede kerasa lowong. Taon2 depan kayanya bakalan downsize booth dia. Yoyota tetep rame2 aja ada line hybrid afforable di yasir n zenix. Daihatsu ya tetep lumayan rame jg peminatnya sama orng2 yg ga mampu beli yoyota. Sijuki kemaren2 lumayan masi rame pd liatin jimny. Si ngondah harus bikin gebrakan itu lineup bawahnya kasih hybrid kek apa turbo di trim bawah. Sekarang mau turbo or hybrid uda levelnya 500 jeti keatas, sedangkan masyarakat mampu affordnya tetep aja di kisaran 300-400 jt. Di level situ aja yg full spec banyak yg penjualannya berdarah2.

Tp ni pengamatan sekilas pas ane dtg doang yah, gatau si waktu2 pameran yg laen gmn.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11838
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Thu Dec 05, 2024 13:20
Suryaputra wrote: Thu Dec 05, 2024 3:57 Saya kenal ni sales, org yg plg loyal di diler.
Dr jaman sales staff sampai jd spv.
Akhirnya move on juga :big_biglaugh:

Klo ini berlangsung masif dan terstruktur, ya mumet jg honda.
Pasar terbesarnya kaum sub-urban :big_peace:
talent drain tapi sebenernya dibajak head hunter :mky_02:
saya kenal salah satu SA dari beres astral grup kerja sudah belasan tahun, pengen balik ke kota besar karena urusan keluarga, pindah cabang saja, eh ga ada cabang yg terima, berat hati mau cabut d, sekali info beredar di head hunter, 2 merek Tiongkok dari 2 master dealer langsung kasih posisi kacab, ada lagi merek Jepang B yang kasih posisi lebih tinggi, akhirnya pindah ke merek Jepang Z :big_biglaugh:

inilah masalahnya, mau bikin 3S emang human resources-nya ada.
makanya salut sih dengan para pembeli yg bisa jadi akan jadi mungkin bakal calon korban merek2 baru :ungg:
sebagai old gen, urusan sama astral grup yg segitu besar saja butuh 1 bulan buat klaim spion dalem itu saja beres mesti kulik2 dikit dulu supaya tembus, order part 1 minggu baru sampai alasan logistik dll padahal ini di kota pantura pake JNE yg selemot itu saja 2 hari paling apes sampe. :ungg:
Iya dulu head hunter nyariin buat startup silikon valay

Skrg buat startup dr tiongkok
Dpt Offer gaji minimal +50% ya galau lah :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5242
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Thu Dec 05, 2024 14:05
Kalo ngeliat pameran2 mbl belakangan, pengamatan sotoy ane yg paling berasa masyarakat “kehilangan” minat malah ngodah sih. Booth gede kerasa lowong. Taon2 depan kayanya bakalan downsize booth dia. Yoyota tetep rame2 aja ada line hybrid afforable di yasir n zenix. Daihatsu ya tetep lumayan rame jg peminatnya sama orng2 yg ga mampu beli yoyota. Sijuki kemaren2 lumayan masi rame pd liatin jimny. Si ngondah harus bikin gebrakan itu lineup bawahnya kasih hybrid kek apa turbo di trim bawah. Sekarang mau turbo or hybrid uda levelnya 500 jeti keatas, sedangkan masyarakat mampu affordnya tetep aja di kisaran 300-400 jt. Di level situ aja yg full spec banyak yg penjualannya berdarah2.

Tp ni pengamatan sekilas pas ane dtg doang yah, gatau si waktu2 pameran yg laen gmn.
SELAMA sigra avanza calya laku brio bakalan laku terus :mky_07:

berarti selera pasar itu reliable car gak peduli basi kek apa :mky_07:

tapi emang honda itu lagi ambil rute bunuh diri globally masa depan mereka suram paling cuma di usa aja mereka lagi jaya2xnya :big_smoking:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 535
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Bibieight »

MSU wrote: Sat Oct 19, 2024 13:56 Tentang brand china...apesnya smp skrg tu walau principal turun tangan langsung...sektor aftersales & kualitas barang masih kurang diperhatikan
Kalo sy perhatikan jepang terutama under astra menang terutama di aftersales...walau dibilang kaleng krupuk...specdown dll...
Sbtlnya sekarang saatnya principal cina maen ke 2 topik itu mumpung astra ga minat pegang brand cina
Nah menangnya Astra ya disini, mereka kunci mati di after sales, kalo kualitas barang mah urusan prinsipal. Dealership di Astra tu dituntut komitmen mati, terus mereka juga pasang badan jadi anchor dealer. Contoh : Toyota anchornya A2K, non-astra komit full astra, astrido, tunas dll. itu gak ada yg jualan merek selain Astra (contoh : Tunas cuma ada Toyota, BMW, Daihatsu, kagak ada itu Tunas Hyundai).
Bandingin ama Hyundai : banyak dealernya yg palugada kayak Arista (Arista Hyundai,Wuling, BYD), si HMI yg. mantan ATPM kagak dijadiin anchor tp. disamain kyk yg. lain, padahal sampe sekarang beres Hyundai yg. enak ya beres2nya HMI.
"Untungnya" buat Astra, pabrikan Cungkuo pake model Hyundai, jd. sampe kapanpun servis tetep susah saingan ama Astra, wong dealernya ndak ada "special relationship" sama pabrikan....
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5242
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Fri Dec 06, 2024 4:55
Nah menangnya Astra ya disini, mereka kunci mati di after sales, kalo kualitas barang mah urusan prinsipal. Dealership di Astra tu dituntut komitmen mati, terus mereka juga pasang badan jadi anchor dealer. Contoh : Toyota anchornya A2K, non-astra komit full astra, astrido, tunas dll. itu gak ada yg jualan merek selain Astra (contoh : Tunas cuma ada Toyota, BMW, Daihatsu, kagak ada itu Tunas Hyundai).
Bandingin ama Hyundai : banyak dealernya yg palugada kayak Arista (Arista Hyundai,Wuling, BYD), si HMI yg. mantan ATPM kagak dijadiin anchor tp. disamain kyk yg. lain, padahal sampe sekarang beres Hyundai yg. enak ya beres2nya HMI.
"Untungnya" buat Astra, pabrikan Cungkuo pake model Hyundai, jd. sampe kapanpun servis tetep susah saingan ama Astra, wong dealernya ndak ada "special relationship" sama pabrikan....
selama fokusnya jualan ev mereka mana peratiin orang kayak mereka pinter2x mereka bakalan tau lifespam produk mereka bakalan pendek jd gak bakalan kepikiran siapin parts lama2x palingan mentok 20thn gak kayak mobil jerman bisa ratusan tahun pun masih ada komponenya kalo jepang liat demand aja kayak toyota paling gampang ya partsnya land cruiser bahkan deler resmi pun mau di suruh restorasi itu mobil :big_bored:

coba kijang kapsul 1997 yang populasinya dikit nyari apa juga susah laen cerita kijang kapsul facelift masih agak partsnya :big_bored:
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Thu Dec 05, 2024 3:57 Saya kenal ni sales, org yg plg loyal di diler.
Dr jaman sales staff sampai jd spv.
Akhirnya move on juga :big_biglaugh:

Klo ini berlangsung masif dan terstruktur, ya mumet jg honda.
Pasar terbesarnya kaum sub-urban :big_peace:
yang jadi masalah honda itu dari pusatnya mereka kebanyak RnD tapi gak keluar2 tuh produknya. plus skrg untuk dev asia pacific bingung karena di thai yang jadi pusat RnD dah tutup (apakah pindah ke indo?). mau jualan hybrid juga sebenrnya ga bisa dipungkiri teknologi taun 2015 mau sampe kapan dimilking, interior mah salam satu dashboard susah diandelin buat nilai plus, fitur boro2 sering banget headunit gak nyambung. belum ditambah CEOnya plin plan (berhentiin dev hybrid n ICE fokus ke EV doang di 2040.......recananya) cman gatau lagi yah taun depan ganti CEO sih kalo sesuai "5-year cycle"

suburban pun sih klo masih ngadelin bEV susah juga kecuali masukin hybrit nah baru mungkin bisa "goyang" pasar
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by carl »

Bibieight wrote: Fri Dec 06, 2024 4:55
MSU wrote: Sat Oct 19, 2024 13:56 Tentang brand china...apesnya smp skrg tu walau principal turun tangan langsung...sektor aftersales & kualitas barang masih kurang diperhatikan
Kalo sy perhatikan jepang terutama under astra menang terutama di aftersales...walau dibilang kaleng krupuk...specdown dll...
Sbtlnya sekarang saatnya principal cina maen ke 2 topik itu mumpung astra ga minat pegang brand cina
Nah menangnya Astra ya disini, mereka kunci mati di after sales, kalo kualitas barang mah urusan prinsipal. Dealership di Astra tu dituntut komitmen mati, terus mereka juga pasang badan jadi anchor dealer. Contoh : Toyota anchornya A2K, non-astra komit full astra, astrido, tunas dll. itu gak ada yg jualan merek selain Astra (contoh : Tunas cuma ada Toyota, BMW, Daihatsu, kagak ada itu Tunas Hyundai).
Bandingin ama Hyundai : banyak dealernya yg palugada kayak Arista (Arista Hyundai,Wuling, BYD), si HMI yg. mantan ATPM kagak dijadiin anchor tp. disamain kyk yg. lain, padahal sampe sekarang beres Hyundai yg. enak ya beres2nya HMI.
"Untungnya" buat Astra, pabrikan Cungkuo pake model Hyundai, jd. sampe kapanpun servis tetep susah saingan ama Astra, wong dealernya ndak ada "special relationship" sama pabrikan....
Tapi ngomong2 tentang Tunas, saya baru ngeh belakangan kalo induknya Tunas Ridean itu Jardine, artinya Tunas & Astra ya induknya sama aja yakni sama-sama Jardine Cycle & Carriage... Mungkin itu juga alasan kalau Tunas ya jualannya sama kaya Astra..
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11838
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Fri Dec 06, 2024 6:12
Suryaputra wrote: Thu Dec 05, 2024 3:57 Saya kenal ni sales, org yg plg loyal di diler.
Dr jaman sales staff sampai jd spv.
Akhirnya move on juga :big_biglaugh:

Klo ini berlangsung masif dan terstruktur, ya mumet jg honda.
Pasar terbesarnya kaum sub-urban :big_peace:
yang jadi masalah honda itu dari pusatnya mereka kebanyak RnD tapi gak keluar2 tuh produknya. plus skrg untuk dev asia pacific bingung karena di thai yang jadi pusat RnD dah tutup (apakah pindah ke indo?). mau jualan hybrid juga sebenrnya ga bisa dipungkiri teknologi taun 2015 mau sampe kapan dimilking, interior mah salam satu dashboard susah diandelin buat nilai plus, fitur boro2 sering banget headunit gak nyambung. belum ditambah CEOnya plin plan (berhentiin dev hybrid n ICE fokus ke EV doang di 2040.......recananya) cman gatau lagi yah taun depan ganti CEO sih kalo sesuai "5-year cycle"

suburban pun sih klo masih ngadelin bEV susah juga kecuali masukin hybrit nah baru mungkin bisa "goyang" pasar
ya itu yg jadi masalah
Product Dev tapi gak launch.

serba salah.
klo volume gak fulfill MoQ, jadi waste juga takutnya.
Mereka juga bingung wait and see

jadi sama spt marketnya, generasi Z, galauers :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Miracle9000
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 151
Joined: Tue May 17, 2016 4:16

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Miracle9000 »

Suryaputra wrote: Thu Dec 05, 2024 3:57 Saya kenal ni sales, org yg plg loyal di diler.
Dr jaman sales staff sampai jd spv.
Akhirnya move on juga :big_biglaugh:

Klo ini berlangsung masif dan terstruktur, ya mumet jg honda.
Pasar terbesarnya kaum sub-urban :big_peace:
Emang BYD banyak rekrut sales2 senior. Dealer BYD di kota ane (H*KA Group), yg ane pernah ketemu ada yg ex H miring, Auto 2k, wuling, bahkan ex chevrolet juga ada.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 535
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Bibieight »

carl wrote: Fri Dec 06, 2024 6:51
Tapi ngomong2 tentang Tunas, saya baru ngeh belakangan kalo induknya Tunas Ridean itu Jardine, artinya Tunas & Astra ya induknya sama aja yakni sama-sama Jardine Cycle & Carriage... Mungkin itu juga alasan kalau Tunas ya jualannya sama kaya Astra..
Jauh sebelum dibeli Jardine udah jd ATPM grup Astra : https://www.tunasgroup.com/history . Kayak Nasmoco juga itu, kagak kebayang kan kalo sampe Nasmoco jualan BYD gitu. Contoh di R2 tu kelas dealer biasa aja bisa dipaksa eksklusif jualan produk Astra : https://www.nusantara-sakti.com/about . Bandingin ama Arista : https://arista-group.co.id/ , atau Andalan : https://www.andalangroup.com/ , segala merek ada, gimana mau mati2an bela, satu ciong jualan yg. lain kan. Ditegur ATPM kerna aftersales buzuk ya ngurusin merek lain...
Perkara di level owner main dua kaki (atau lebih) si bisa aja, tapi paling enggak di level korporat lebih fokus...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Thu Dec 05, 2024 3:57 Saya kenal ni sales, org yg plg loyal di diler.
Dr jaman sales staff sampai jd spv.
Akhirnya move on juga :big_biglaugh:

Klo ini berlangsung masif dan terstruktur, ya mumet jg honda.
Pasar terbesarnya kaum sub-urban :big_peace:
kemarin cobain emji. surprise waktu diajak kenalan sama spvnya, malah dia dulu 7 taun di H.

tes spv ngga lolos di emji ditawarin jadi spv.

kebetulan grup yang pegang diler MG si s*n m*tor ada saham owner grup main dealer di sini. jadi dy ditawarin pindah ke emji.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11838
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Dec 06, 2024 7:54
Suryaputra wrote: Thu Dec 05, 2024 3:57 Saya kenal ni sales, org yg plg loyal di diler.
Dr jaman sales staff sampai jd spv.
Akhirnya move on juga :big_biglaugh:

Klo ini berlangsung masif dan terstruktur, ya mumet jg honda.
Pasar terbesarnya kaum sub-urban :big_peace:
kemarin cobain emji. surprise waktu diajak kenalan sama spvnya, malah dia dulu 7 taun di H.

tes spv ngga lolos di emji ditawarin jadi spv.

kebetulan grup yang pegang diler MG si s*n m*tor ada saham owner grup main dealer di sini. jadi dy ditawarin pindah ke emji.
salah satu strategi growth hack terbaik (ketika punya resources yang wow),
yah ngebajak orang yg sudah experience dan pengalaman sblm nya, untuk market indonesia

let see... apakah ini akan jadi bubble burst spt startup technology, atau malah sustain ke depan.
menunggu waktu dan kita jadi penonton :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Thu Dec 05, 2024 14:56 Iya dulu head hunter nyariin buat startup silikon valay

Skrg buat startup dr tiongkok
Dpt Offer gaji minimal +50% ya galau lah :mky_03:
tech company lagi sunset, gantian ni auto industry sunrise
kayanya minimal +100% :ungg:
Bibieight wrote: Fri Dec 06, 2024 7:43 Jauh sebelum dibeli Jardine udah jd ATPM grup Astra : https://www.tunasgroup.com/history . Kayak Nasmoco juga itu, kagak kebayang kan kalo sampe Nasmoco jualan BYD gitu. Contoh di R2 tu kelas dealer biasa aja bisa dipaksa eksklusif jualan produk Astra : https://www.nusantara-sakti.com/about . Bandingin ama Arista : https://arista-group.co.id/ , atau Andalan : https://www.andalangroup.com/ , segala merek ada, gimana mau mati2an bela, satu ciong jualan yg. lain kan. Ditegur ATPM kerna aftersales buzuk ya ngurusin merek lain...
Perkara di level owner main dua kaki (atau lebih) si bisa aja, tapi paling enggak di level korporat lebih fokus...
Tunas sempet independen ya? baru tau, kirain dari awal emang Astra punya tapi beda aja.

bagusnya one brand dealership bener soal "seriousness" tapi jeleknya jadi monopoli. contoh: a2k, nasmoco, kalla group, astra daihatsu sampe dibagi per area divisi regional saja, pindah regional kena penalti dll.
kalau multi brand dealership kan bisa perang harga = konsumen senang :big_biglaugh:
tapi ya urusan service jadi ribet, sejeleknya one brand dealership bisalah email sana sini buat tegur tu dealership :mky_03:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4245
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Fri Dec 06, 2024 7:58 salah satu strategi growth hack terbaik (ketika punya resources yang wow),
yah ngebajak orang yg sudah experience dan pengalaman sblm nya, untuk market indonesia

let see... apakah ini akan jadi bubble burst spt startup technology, atau malah sustain ke depan.
menunggu waktu dan kita jadi penonton :big_grin:
sama kaya merek BBK Group di hape masuk indo, bajak sana sini juga, dan bakar duit terus buat promo, kasih insentif ke toko dll, sekarang nomor satu indo, nah duit hape kan "kecil" dibandingkan mobil, kita lihat saja merek mana dulu yang kehabisan duit buat di bakar :mky_02: :mky_02: :mky_02:
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by kayukayuthe5th »

kunaskun wrote: Fri Dec 06, 2024 10:35
Suryaputra wrote: Fri Dec 06, 2024 7:58 salah satu strategi growth hack terbaik (ketika punya resources yang wow),
yah ngebajak orang yg sudah experience dan pengalaman sblm nya, untuk market indonesia

let see... apakah ini akan jadi bubble burst spt startup technology, atau malah sustain ke depan.
menunggu waktu dan kita jadi penonton :big_grin:
sama kaya merek BBK Group di hape masuk indo, bajak sana sini juga, dan bakar duit terus buat promo, kasih insentif ke toko dll, sekarang nomor satu indo, nah duit hape kan "kecil" dibandingkan mobil, kita lihat saja merek mana dulu yang kehabisan duit buat di bakar :mky_02: :mky_02: :mky_02:
yang aku tau SAIC-wuling mulai habis bensin sih. https://www.carexpert.com.au/car-news/g ... bles-mount
Salvanost wrote: Sat Oct 19, 2024 20:33
Michaelktp wrote: Sat Oct 19, 2024 8:57 Struggle banget kali ini brand Jepangan pasca 2020. Memang ironis mengingat mereka sendiri yang memutuskan memindahkan basis manufacturing ASEAN DM di Thailand dan coret Indo DM pasca krisis 98. Sekarang di Thai malah mulai diusir secara halus dengan insentif EV besar-besarannya negeri gajah putih. Tak heran Plant CKD mobil brand Jepangan di sana mulai berguguran kehilangan skala produksi dan volume pasar secara masif. Indo DM juga segera menyusul. Tak heran awal tahun ini diberitakan beberapa petinggi APM terbesar Indo DM resign mendadak. Hmmm secara better antisipasi lompat dulu ke sekoci daripada kena torpedo sinking ke dasar laut. Ngenes
Ga cuma Thailand om...
US juga mulai maksa brand2 disana buat produksi EV

Lagi mau bikin puluhan pabrik EV/batre listrik

Gua sendiri baru 2 minggu make BYD M6 tapi puas banget
Kemana mana jarak jauh ga takut lagi, dipinjem juga gapapa
Lah 6km = 2500rupiah
Itu BYD E6 bluebird yg tahun 2019-2020 harga 800jutaan sekarang dijual odometer 400.000 dengan harga 250juta

Tetapi kalau lihat gerakan Shell buat lirik bisnis SPKLU
Malah bingung sendiri...
tapi ingat US kali ini trump menag, dan doi udah nyentil2 EPA *ini orang redneck banget sih nyenggol langsung EPA wkwkwkwk belum tentu kedepan bakal kaia jaman biden cs. yang push EV
https://www.theguardian.com/environment ... ater-rules
https://nebraska.tv/news/local/ricketts ... opposition
kalo untuk urban yang dekat dengan SPKLU yah go for it untuk EVs, gwa yang disuburban kadang dirural jelas mikir2 hehe
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11838
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »

Salvanost wrote: Sat Oct 19, 2024 20:33
Michaelktp wrote: Sat Oct 19, 2024 8:57 Struggle banget kali ini brand Jepangan pasca 2020. Memang ironis mengingat mereka sendiri yang memutuskan memindahkan basis manufacturing ASEAN DM di Thailand dan coret Indo DM pasca krisis 98. Sekarang di Thai malah mulai diusir secara halus dengan insentif EV besar-besarannya negeri gajah putih. Tak heran Plant CKD mobil brand Jepangan di sana mulai berguguran kehilangan skala produksi dan volume pasar secara masif. Indo DM juga segera menyusul. Tak heran awal tahun ini diberitakan beberapa petinggi APM terbesar Indo DM resign mendadak. Hmmm secara better antisipasi lompat dulu ke sekoci daripada kena torpedo sinking ke dasar laut. Ngenes
Ga cuma Thailand om...
US juga mulai maksa brand2 disana buat produksi EV

Lagi mau bikin puluhan pabrik EV/batre listrik

Gua sendiri baru 2 minggu make BYD M6 tapi puas banget
Kemana mana jarak jauh ga takut lagi, dipinjem juga gapapa
Lah 6km = 2500rupiah
Itu BYD E6 bluebird yg tahun 2019-2020 harga 800jutaan sekarang dijual odometer 400.000 dengan harga 250juta

Tetapi kalau lihat gerakan Shell buat lirik bisnis SPKLU
Malah bingung sendiri...
berarti Rp 10rb = up to 24 km dong yah

beda tipis sama Hybrid
Rp 12rban = 20 km

asumsi gaya nyetirnya sama2 nyiksa diri

Begitu toyota Honda keluarin lineup hybrid lbh banyak,
dan mereka kesambet disubsidi atau mensubsidi, bisa nangis produsen EV udah

:mky_03: :mky_03:
Last edited by Suryaputra on Sat Dec 07, 2024 3:25, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Fri Dec 06, 2024 7:22
kayukayuthe5th wrote: Fri Dec 06, 2024 6:12
Suryaputra wrote: Thu Dec 05, 2024 3:57 Saya kenal ni sales, org yg plg loyal di diler.
Dr jaman sales staff sampai jd spv.
Akhirnya move on juga :big_biglaugh:

Klo ini berlangsung masif dan terstruktur, ya mumet jg honda.
Pasar terbesarnya kaum sub-urban :big_peace:
yang jadi masalah honda itu dari pusatnya mereka kebanyak RnD tapi gak keluar2 tuh produknya. plus skrg untuk dev asia pacific bingung karena di thai yang jadi pusat RnD dah tutup (apakah pindah ke indo?). mau jualan hybrid juga sebenrnya ga bisa dipungkiri teknologi taun 2015 mau sampe kapan dimilking, interior mah salam satu dashboard susah diandelin buat nilai plus, fitur boro2 sering banget headunit gak nyambung. belum ditambah CEOnya plin plan (berhentiin dev hybrid n ICE fokus ke EV doang di 2040.......recananya) cman gatau lagi yah taun depan ganti CEO sih kalo sesuai "5-year cycle"

suburban pun sih klo masih ngadelin bEV susah juga kecuali masukin hybrit nah baru mungkin bisa "goyang" pasar
ya itu yg jadi masalah
Product Dev tapi gak launch.

serba salah.
klo volume gak fulfill MoQ, jadi waste juga takutnya.
Mereka juga bingung wait and see

jadi sama spt marketnya, generasi Z, galauers :mky_03:
thats the problem with honda kebanyaakan riset tapi ga keluar2 nelurin produk

wait n see pun juga telat sih. EV dari cina udah mulai "mainstream" mau kejar hybrit toyota udah 2 step (bikin pabrik toyota battery ama tetep fokus development engine) ujungnya kan sampe 2026 join venture ama LG buat LFP sebelum doi inhouse pake SSB, anehnya lagi bwat EV mereka masih pake mega-casting ga giga-casting *even toyota aja untuk EV bilang giga-casting (terinspirasi dari tesla ma byd kaianya ) most efficient to produces pake metode itu. well goodluck aja sih, moga2 di next CEO doi lebih berani bikin powertrain unit diversification ga mulu EV atleast hybrid

haha iya juga sih semboyannya kan skrg doi "for hustle generation" :big_slap:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11838
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sat Dec 07, 2024 3:24
Suryaputra wrote: Fri Dec 06, 2024 7:22
kayukayuthe5th wrote: Fri Dec 06, 2024 6:12
yang jadi masalah honda itu dari pusatnya mereka kebanyak RnD tapi gak keluar2 tuh produknya. plus skrg untuk dev asia pacific bingung karena di thai yang jadi pusat RnD dah tutup (apakah pindah ke indo?). mau jualan hybrid juga sebenrnya ga bisa dipungkiri teknologi taun 2015 mau sampe kapan dimilking, interior mah salam satu dashboard susah diandelin buat nilai plus, fitur boro2 sering banget headunit gak nyambung. belum ditambah CEOnya plin plan (berhentiin dev hybrid n ICE fokus ke EV doang di 2040.......recananya) cman gatau lagi yah taun depan ganti CEO sih kalo sesuai "5-year cycle"

suburban pun sih klo masih ngadelin bEV susah juga kecuali masukin hybrit nah baru mungkin bisa "goyang" pasar
ya itu yg jadi masalah
Product Dev tapi gak launch.

serba salah.
klo volume gak fulfill MoQ, jadi waste juga takutnya.
Mereka juga bingung wait and see

jadi sama spt marketnya, generasi Z, galauers :mky_03:
thats the problem with honda kebanyaakan riset tapi ga keluar2 nelurin produk

wait n see pun juga telat sih. EV dari cina udah mulai "mainstream" mau kejar hybrit toyota udah 2 step (bikin pabrik toyota battery ama tetep fokus development engine) ujungnya kan sampe 2026 join venture ama LG buat LFP sebelum doi inhouse pake SSB, anehnya lagi bwat EV mereka masih pake mega-casting ga giga-casting *even toyota aja untuk EV bilang giga-casting (terinspirasi dari tesla ma byd kaianya ) most efficient to produces pake metode itu. well goodluck aja sih, moga2 di next CEO doi lebih berani bikin powertrain unit diversification ga mulu EV atleast hybrid

haha iya juga sih semboyannya kan skrg doi "for hustle generation" :big_slap:
nah justru yg berpotensi jadi "next nokia" di global market, ini malah honda

justru toyota paling adaptif dan nguasain semua lineup otomotif


harus gercep nih Honda
wkwkwkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5242
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Sat Dec 07, 2024 3:39 harus gercep nih Honda
wkwkwkw
nokia itu telat beradaptasi honda gara2x terlalu beradaptasilah dia malah hancur :mky_07:

gak tau apa marketnya petrolhead grocery getter semua........ :ngacir:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11838
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Sat Dec 07, 2024 5:53
Suryaputra wrote: Sat Dec 07, 2024 3:39 harus gercep nih Honda
wkwkwkw
nokia itu telat beradaptasi honda gara2x terlalu beradaptasilah dia malah hancur :mky_07:

gak tau apa marketnya petrolhead grocery getter semua........ :ngacir:
capital kurang, tapi maunya bnyk.
terlalu banyak masukan dr consultant A B C D dst :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Sat Dec 07, 2024 5:53
Suryaputra wrote: Sat Dec 07, 2024 3:39 harus gercep nih Honda
wkwkwkw
nokia itu telat beradaptasi honda gara2x terlalu beradaptasilah dia malah hancur :mky_07:

gak tau apa marketnya petrolhead grocery getter semua........ :ngacir:
kalo mau nokia ya nissan sih. punya DGI-T konsep engine yang cman sekoper *cman buat balap sih ama STAARC yang bisa thermal efisensi 50% eh malah ngemilking series hbrid yang pasarnya gak terlalu gede. mau bikin all EV kalah suplai ama cina, mau pentrasi pasar musti lewatin birokrasi renault yang ala2 eropa......susah sih, makanya ini terkahir honda katanya suruh beli doi kan. renault udah kasih lampu hijau sih siap jual 40% kepemilikan saham doi sampe. mitsubishi udah kasih kucuran dana juga cman ga isa gede karena juga lagi RnD khususnya di asia pacific :big_bored:
Suryaputra wrote: Sat Dec 07, 2024 3:39
kayukayuthe5th wrote: Sat Dec 07, 2024 3:24
Suryaputra wrote: Fri Dec 06, 2024 7:22 ya itu yg jadi masalah
Product Dev tapi gak launch.

serba salah.
klo volume gak fulfill MoQ, jadi waste juga takutnya.
Mereka juga bingung wait and see

jadi sama spt marketnya, generasi Z, galauers :mky_03:
thats the problem with honda kebanyaakan riset tapi ga keluar2 nelurin produk

wait n see pun juga telat sih. EV dari cina udah mulai "mainstream" mau kejar hybrit toyota udah 2 step (bikin pabrik toyota battery ama tetep fokus development engine) ujungnya kan sampe 2026 join venture ama LG buat LFP sebelum doi inhouse pake SSB, anehnya lagi bwat EV mereka masih pake mega-casting ga giga-casting *even toyota aja untuk EV bilang giga-casting (terinspirasi dari tesla ma byd kaianya ) most efficient to produces pake metode itu. well goodluck aja sih, moga2 di next CEO doi lebih berani bikin powertrain unit diversification ga mulu EV atleast hybrid

haha iya juga sih semboyannya kan skrg doi "for hustle generation" :big_slap:
nah justru yg berpotensi jadi "next nokia" di global market, ini malah honda

justru toyota paling adaptif dan nguasain semua lineup otomotif


harus gercep nih Honda
wkwkwkw
betul makanya seengaknya musti ganti CEO sih kalo masih si mibe-san honda ga kemana2. asli

kalo next nokia kaianya gasampe sih, masih ketutupan roda 2 ama jet (yah jet honda di ini laku banget; 250 unit sampe FY2024 kemarin gede banget itu)
toyota itu adaptif thanks to mbah toyoda, ketika si CEO macem2 mbah toyoda ke kantor semua langsung nunduk kepala.
Suryaputra wrote: Sat Dec 07, 2024 7:24
b0ku wrote: Sat Dec 07, 2024 5:53
Suryaputra wrote: Sat Dec 07, 2024 3:39 harus gercep nih Honda
wkwkwkw
nokia itu telat beradaptasi honda gara2x terlalu beradaptasilah dia malah hancur :mky_07:

gak tau apa marketnya petrolhead grocery getter semua........ :ngacir:
capital kurang, tapi maunya bnyk.
terlalu banyak masukan dr consultant A B C D dst :big_biglaugh:
ini juga masalah ama honda. capital ga sebanyak toyota n baru mau kolaborasi ma kelompok pesakitan (nissan-renault lagi abis duitnya ampe gamau bikin mesin F1 berefek kapital ke nissan berkuran disambung ama cerita yang atas hehe, mitsubishi baru dapet momentum jadi gak bisa split profit gede)
sebennernya ga banyak mau sih, cman CEO kali ini masih terlalu profit-oriented ama terlalu "play-it-safe" jadinya gak kepikiran hal2 unik kaia mbah toyoda tiba2 bikin mesin hidrogen dibuat balap, masukin hybrid hydrogen di WEC, masuk F1 lewat haas , dsb.
bisa jadi analoginya honda kaia "confused bunch of intellegent peoples"