W212 Mercy tua yg msh berkelas

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2878
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by KielConstantine »

bryangeraldd wrote: Mon Oct 28, 2024 7:02 Ada rencana mau ganti HRV S 2017 ke W212 E200 CGI 2013

- Walaupun dapet calon mobilnya dari pedagang terpercaya
Barangnya ini om?



:mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Saran ane siapin budget 300 juta.
Nebus 200. Buat jaga2 restorasi 100 jt

Hati tentram tuh
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

bryangeraldd wrote: Wed Oct 30, 2024 5:51

ohh brati e200 yang aku mau ini udah semi facelift om, tuasnya udah di setir soalnya. terus layar di MID sama tengah udah bewarna. STNKnya sih maret 2013 om.

ic2 brati ground clearance aman ya untuk daily use apalagi kalau std hehe.

weekend ini rencana final nego, semoga kebeli ya suhu2 nanti aku update dimari.

Terima kasih atas seluruh info dan masukannya :big_blushing:
ow klo dah di setir berarti udah 7G, bagus lah. tapi ya itu lampu depannya aja paling, blom bi xenon + ILS. good luck om! make sure pake jasa inspector yaaaa.
Asfur wrote: Thu Oct 31, 2024 2:40 Tambahan info plus min 5G dan 7G, kalo ada kerusakan bakal lbh mahal yg 7G, tp mungkin kalo soal keiritan mgkn juga yg 7G lbh irit, sy ngk tau krn punya saya yg 5G, krn dulu waktu hunting disaranin sama yg punya bengkel cari yg 5G aja, kalo apes kena benerin, ngk semahal benerin 7G.
pasti sih ini, terutama ada komponen elektronik tambahan yang namanya ISM... namanya yang tadinya pindahin nya secara langsung fisik dari tangan ke transmisi, sekarang jadi elektronik. Klo dah berumur pasti ada masanya rusak (kayak punyanya om fitra dan om mobi khan). Tapi so far punya saya masih aman (amit2 jangan sampe deh)

Ngomong2 soal 7G klo di 6 silinder sih gigi 1 nya jarang kepake... klo kondisi normal start di 2. gue notice baru kepake gigi 1 klo dipaksa turun ke 1, atau klo transmisi di mode S (ini jg ga semua kondisi) biasanya pas turunan pelan2 turun sendiri ke 1 (kemarin pas downhill dari dago punclut notice turun ke 1 klo di S, ntah klo di C)

denger2 klo di 4 silinder 7G tronic baru start 1 nya dipake.. apa bener kah?
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: Thu Oct 31, 2024 7:03
bryangeraldd wrote: Wed Oct 30, 2024 5:51

ohh brati e200 yang aku mau ini udah semi facelift om, tuasnya udah di setir soalnya. terus layar di MID sama tengah udah bewarna. STNKnya sih maret 2013 om.

ic2 brati ground clearance aman ya untuk daily use apalagi kalau std hehe.

weekend ini rencana final nego, semoga kebeli ya suhu2 nanti aku update dimari.

Terima kasih atas seluruh info dan masukannya :big_blushing:
ow klo dah di setir berarti udah 7G, bagus lah. tapi ya itu lampu depannya aja paling, blom bi xenon + ILS. good luck om! make sure pake jasa inspector yaaaa.
Asfur wrote: Thu Oct 31, 2024 2:40 Tambahan info plus min 5G dan 7G, kalo ada kerusakan bakal lbh mahal yg 7G, tp mungkin kalo soal keiritan mgkn juga yg 7G lbh irit, sy ngk tau krn punya saya yg 5G, krn dulu waktu hunting disaranin sama yg punya bengkel cari yg 5G aja, kalo apes kena benerin, ngk semahal benerin 7G.
pasti sih ini, terutama ada komponen elektronik tambahan yang namanya ISM... namanya yang tadinya pindahin nya secara langsung fisik dari tangan ke transmisi, sekarang jadi elektronik. Klo dah berumur pasti ada masanya rusak (kayak punyanya om fitra dan om mobi khan). Tapi so far punya saya masih aman (amit2 jangan sampe deh)

Ngomong2 soal 7G klo di 6 silinder sih gigi 1 nya jarang kepake... klo kondisi normal start di 2. gue notice baru kepake gigi 1 klo dipaksa turun ke 1, atau klo transmisi di mode S (ini jg ga semua kondisi) biasanya pas turunan pelan2 turun sendiri ke 1 (kemarin pas downhill dari dago punclut notice turun ke 1 klo di S, ntah klo di C)

denger2 klo di 4 silinder 7G tronic baru start 1 nya dipake.. apa bener kah?
dr mercy make 5 speed matic dia kalo di C mulai start dr gigi 2 semua kalo ga salah um. dr zaman w210 udah begitu. kalo di S (standard sebenernya bukan sport) dia baru awalan dari gigi 1. makanya make mercy tuh bawaannya halus, karena ya start dr gigi 2, krg enak buat sruntulan kecuali masukin S atau manual.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

farizfsa wrote: Thu Oct 31, 2024 7:22
dr mercy make 5 speed matic dia kalo di C mulai start dr gigi 2 semua kalo ga salah um. dr zaman w210 udah begitu. kalo di S (standard sebenernya bukan sport) dia baru awalan dari gigi 1. makanya make mercy tuh bawaannya halus, karena ya start dr gigi 2, krg enak buat sruntulan kecuali masukin S atau manual.
oh gitu ya, walau di 4 silinder juga ya? jadi berasa 4G/6G tronic dong wakkaka. btw tadi juga bawa mobil bokap GLE 400 buat diganti engine mounting (mesin M276 bi turbo) gue iseng aja tanya, ini mobil mesinnya reliable ngga sih? kt org bengkel, wah udah bbrp kena kasus ini, rada rewel. jauh lebih reliable M272. Bahkan M272 lebih reilable dari M271... lah masa iya? M272 bukannya terkenal ecu panggang yha wkwkwkwk.. ini masalahnya beda sih, katanya gerigi di salah satu timing gear nya suka rompal........ bubar deh itu timingnya

balik ke start gigi 2 atau 1, tadi nyetir pake GLE400 di kemacetan ada keanehan sih, kadang start di D1, kadang di D2... suka2 ecu/tcm nya aja dah itu. ga jelas bgt. padahal di mode C doang dan ga ngebut2 (bener2 macet jam pulang kantor)

E300 gue bener2 gigi 2 doang di kondisi jalanan yang sama, gigi 1 itu biasanya dipake mesin masih dingin... di mode S aja jarang pake gigi 1 di kodisi jalanan jakarta, kecuali di kick down bener2, atau ya itu klo turunan panjang pelan2, dia engine brake ke gigi 1
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Omnibus »

tesna wrote: Thu Oct 31, 2024 7:03 ......
denger2 klo di 4 silinder 7G tronic baru start 1 nya dipake.. apa bener kah?
masa nanya di forum, pdhl om yg punya scanner. :big_grin:
saatnya scanner beraksi lagi. coba masuk ke live data nya transmisi, cari parameter ID yg gear position. bener ga kl start dr 0 itu gear position nya "2nd gear"

ntar posting disini yak, penasaran juga. :big_peace:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: Thu Oct 31, 2024 13:58
farizfsa wrote: Thu Oct 31, 2024 7:22
dr mercy make 5 speed matic dia kalo di C mulai start dr gigi 2 semua kalo ga salah um. dr zaman w210 udah begitu. kalo di S (standard sebenernya bukan sport) dia baru awalan dari gigi 1. makanya make mercy tuh bawaannya halus, karena ya start dr gigi 2, krg enak buat sruntulan kecuali masukin S atau manual.
oh gitu ya, walau di 4 silinder juga ya? jadi berasa 4G/6G tronic dong wakkaka. btw tadi juga bawa mobil bokap GLE 400 buat diganti engine mounting (mesin M276 bi turbo) gue iseng aja tanya, ini mobil mesinnya reliable ngga sih? kt org bengkel, wah udah bbrp kena kasus ini, rada rewel. jauh lebih reliable M272. Bahkan M272 lebih reilable dari M271... lah masa iya? M272 bukannya terkenal ecu panggang yha wkwkwkwk.. ini masalahnya beda sih, katanya gerigi di salah satu timing gear nya suka rompal........ bubar deh itu timingnya

balik ke start gigi 2 atau 1, tadi nyetir pake GLE400 di kemacetan ada keanehan sih, kadang start di D1, kadang di D2... suka2 ecu/tcm nya aja dah itu. ga jelas bgt. padahal di mode C doang dan ga ngebut2 (bener2 macet jam pulang kantor)

E300 gue bener2 gigi 2 doang di kondisi jalanan yang sama, gigi 1 itu biasanya dipake mesin masih dingin... di mode S aja jarang pake gigi 1 di kodisi jalanan jakarta, kecuali di kick down bener2, atau ya itu klo turunan panjang pelan2, dia engine brake ke gigi 1
Mesin 400 mercy sih…. Ya gt deh. Kk ane beli selen km 60rb, km 70rb udh banyak masalah mesin dan trans, abis ratusn jt ada sih

Sedangkan mesin n54 bmw x6 mentok2 di masalah cooling system sisanya aman
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

Omnibus wrote: Thu Oct 31, 2024 15:21
masa nanya di forum, pdhl om yg punya scanner. :big_grin:
saatnya scanner beraksi lagi. coba masuk ke live data nya transmisi, cari parameter ID yg gear position. bener ga kl start dr 0 itu gear position nya "2nd gear"

ntar posting disini yak, penasaran juga. :big_peace:
khan nda punya yg 4 silinder om...
di E300 saya, ternyata klo di S, klo bener2 berhenti sering masuk ke gigi 1. Klo di C ga pernah masuk gigi 1 di kondisi traffic yang sama. Pasti dari berhenti langsung di gear 2.
IMG_3063.jpg
nah semalam coba make GLS400 punya bokap, di C aja kadang2 start dari 1 juga
farizfsa wrote: Thu Oct 31, 2024 15:55
Mesin 400 mercy sih…. Ya gt deh. Kk ane beli selen km 60rb, km 70rb udh banyak masalah mesin dan trans, abis ratusn jt ada sih

Sedangkan mesin n54 bmw x6 mentok2 di masalah cooling system sisanya aman

wah ngeri juga ya, pdhl klo di LN M276 ini cukup reliable testimoninya, mungkin tergantung perawatan juga ya. M274 yg dipake di E300 W213 di LN banyak kejadian piston sampe pecah... :O https://mbworld.org/forums/e-class-w213 ... iston.html

mercedes sudah tak sereliable dulu kah?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: Fri Nov 01, 2024 4:33
Omnibus wrote: Thu Oct 31, 2024 15:21
masa nanya di forum, pdhl om yg punya scanner. :big_grin:
saatnya scanner beraksi lagi. coba masuk ke live data nya transmisi, cari parameter ID yg gear position. bener ga kl start dr 0 itu gear position nya "2nd gear"

ntar posting disini yak, penasaran juga. :big_peace:
khan nda punya yg 4 silinder om...
di E300 saya, ternyata klo di S, klo bener2 berhenti sering masuk ke gigi 1. Klo di C ga pernah masuk gigi 1 di kondisi traffic yang sama. Pasti dari berhenti langsung di gear 2.
IMG_3063.jpg

nah semalam coba make GLS400 punya bokap, di C aja kadang2 start dari 1 juga
farizfsa wrote: Thu Oct 31, 2024 15:55
Mesin 400 mercy sih…. Ya gt deh. Kk ane beli selen km 60rb, km 70rb udh banyak masalah mesin dan trans, abis ratusn jt ada sih

Sedangkan mesin n54 bmw x6 mentok2 di masalah cooling system sisanya aman

wah ngeri juga ya, pdhl klo di LN M276 ini cukup reliable testimoninya, mungkin tergantung perawatan juga ya. M274 yg dipake di E300 W213 di LN banyak kejadian piston sampe pecah... :O https://mbworld.org/forums/e-class-w213 ... iston.html

mercedes sudah tak sereliable dulu kah?
pengalaman pake ML400 sih, money pit. udah gt aja haha.

E300 W213 kk sempet pake juga, reliable sih cuma ya itu, telescopic tilt steering error2an masa harus di gebrak dr bawah dulu baru nyala. itupun kalo hoki.

dia minta temenin coba 520i G30, lgs cocok, W213 ga lama di jual. cm interior sih cantikan W213 ya vibes nya grande, bmw F10, G30 vibes nya kaya kantor.

mercy GLC jg itu kaki2 muahal nya. depan belakang ganti banyak bs abis 30-40 jtan barang ori tp sih.

sempet pake A200 W176, gampang kena oil cooler nya wkwk. shock harganya ngalahin BMW F10. mana abis ganti shock malah makin kaku itu, encok, ganti deh lexus es300h. wkwk

cm kl ada keinginan beli mercy lg masih pgn CLS 350 lorinser/AMG W219 atau kl ada rezeki current gen CLS 350, mobil2 cantik bgt
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

farizfsa wrote: Fri Nov 01, 2024 4:58
pengalaman pake ML400 sih, money pit. udah gt aja haha.

E300 W213 kk sempet pake juga, reliable sih cuma ya itu, telescopic tilt steering error2an masa harus di gebrak dr bawah dulu baru nyala. itupun kalo hoki.

dia minta temenin coba 520i G30, lgs cocok, W213 ga lama di jual. cm interior sih cantikan W213 ya vibes nya grande, bmw F10, G30 vibes nya kaya kantor.

mercy GLC jg itu kaki2 muahal nya. depan belakang ganti banyak bs abis 30-40 jtan barang ori tp sih.

sempet pake A200 W176, gampang kena oil cooler nya wkwk. shock harganya ngalahin BMW F10. mana abis ganti shock malah makin kaku itu, encok, ganti deh lexus es300h. wkwk

cm kl ada keinginan beli mercy lg masih pgn CLS 350 lorinser/AMG W219 atau kl ada rezeki current gen CLS 350, mobil2 cantik bgt
money pit, padahal tenaganya edun itu enak bgt 333hp hahaha. kadang2 lihat E400 di jalan ngiler...

W213 emang gitu penyakitnya, itu electronic steering column juga punya bokapjuga kena. Untungnya bisa di service di bengkel spesialis karena udah SANGAT SERING terjadi di W213.

GLC mahal apalagi GLS ya.. terakhir ganti ban aja 4 biji abis 30jtan. lihat pajak tahunannya nya geleng2 deh saya blom level nya.

BMW ga berani miara lagi sih, rewel banget. Terakhir keluarga punya bmw itu E46, beli dari baru, tapi tahun ke 3-4 udah bermasalah sm elektronik nya. Ganti kabel body apa ya. Udah deh that is the last BMW. Mercedes so far cenderung lebih reliable. Pasti lebih driver oriented dan fun to drive dari mercy, tp kata salah satu suhu disini, sheer repairing pleasure juga...
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: Sat Nov 02, 2024 12:00
farizfsa wrote: Fri Nov 01, 2024 4:58
pengalaman pake ML400 sih, money pit. udah gt aja haha.

E300 W213 kk sempet pake juga, reliable sih cuma ya itu, telescopic tilt steering error2an masa harus di gebrak dr bawah dulu baru nyala. itupun kalo hoki.

dia minta temenin coba 520i G30, lgs cocok, W213 ga lama di jual. cm interior sih cantikan W213 ya vibes nya grande, bmw F10, G30 vibes nya kaya kantor.

mercy GLC jg itu kaki2 muahal nya. depan belakang ganti banyak bs abis 30-40 jtan barang ori tp sih.

sempet pake A200 W176, gampang kena oil cooler nya wkwk. shock harganya ngalahin BMW F10. mana abis ganti shock malah makin kaku itu, encok, ganti deh lexus es300h. wkwk

cm kl ada keinginan beli mercy lg masih pgn CLS 350 lorinser/AMG W219 atau kl ada rezeki current gen CLS 350, mobil2 cantik bgt
money pit, padahal tenaganya edun itu enak bgt 333hp hahaha. kadang2 lihat E400 di jalan ngiler...

W213 emang gitu penyakitnya, itu electronic steering column juga punya bokapjuga kena. Untungnya bisa di service di bengkel spesialis karena udah SANGAT SERING terjadi di W213.

GLC mahal apalagi GLS ya.. terakhir ganti ban aja 4 biji abis 30jtan. lihat pajak tahunannya nya geleng2 deh saya blom level nya.

BMW ga berani miara lagi sih, rewel banget. Terakhir keluarga punya bmw itu E46, beli dari baru, tapi tahun ke 3-4 udah bermasalah sm elektronik nya. Ganti kabel body apa ya. Udah deh that is the last BMW. Mercedes so far cenderung lebih reliable. Pasti lebih driver oriented dan fun to drive dari mercy, tp kata salah satu suhu disini, sheer repairing pleasure juga...
kmrn GLC yg R20 sih ganti ban non rft aja 4 biji udah 20an jt ya. pake michelin. oo W213 sering ya, mbl kk sy jd ga terlalu merhatiin.
bmw boleh di coba om kan kaki kayanya suka ga sekolah haha. bmw rewel mah bmw sebelum F series. F series dan setelahnya awet2 semua.

kl mau "seru" ya audi.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

wakakaka ga usah terlalu seru, hidup ini udah "seru" wkwkwk

btw, kalau mau check up general/cuci ac gitu w212 bisa tanpa bongkar2 dashboard ngga ya? ngga ada masalah sih di ac, tapi namanya mobil 14 tahun kayaknya tetep butuh dibersihin ngga sih. Atau sekedar preventative maintenance. Tapi kalau sampe bongkar2 males jg, nanti pasangnya kurang rapih atau ada baut yg ga kepasang malah bunyi2....
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 791
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

tesna wrote: Tue Nov 05, 2024 1:18 wakakaka ga usah terlalu seru, hidup ini udah "seru" wkwkwk

btw, kalau mau check up general/cuci ac gitu w212 bisa tanpa bongkar2 dashboard ngga ya? ngga ada masalah sih di ac, tapi namanya mobil 14 tahun kayaknya tetep butuh dibersihin ngga sih. Atau sekedar preventative maintenance. Tapi kalau sampe bongkar2 males jg, nanti pasangnya kurang rapih atau ada baut yg ga kepasang malah bunyi2....
Kasih saran, kalo deket dgn kbn jeruk, bisa ke victory ac. di meruya itu, bengkel oke dan ngk ngibul2.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

Asfur wrote: Wed Nov 06, 2024 4:30
tesna wrote: Tue Nov 05, 2024 1:18 wakakaka ga usah terlalu seru, hidup ini udah "seru" wkwkwk

btw, kalau mau check up general/cuci ac gitu w212 bisa tanpa bongkar2 dashboard ngga ya? ngga ada masalah sih di ac, tapi namanya mobil 14 tahun kayaknya tetep butuh dibersihin ngga sih. Atau sekedar preventative maintenance. Tapi kalau sampe bongkar2 males jg, nanti pasangnya kurang rapih atau ada baut yg ga kepasang malah bunyi2....
Kasih saran, kalo deket dgn kbn jeruk, bisa ke victory ac. di meruya itu, bengkel oke dan ngk ngibul2.
yes setuju, so far victory ac meruya the best masih buat saya jg. mau mobil aneh macem v-class, audi q7, bmw 218i saya beres semua disana ga pake trial error bolak balik cari problem. kerjaan cepet 1 mbl bisa di keroyok 3-4 orang pula.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

wah ada 2 testi victory ac, ini klo di google maps victory jaya ac kah? oke deh kapan2 meluncurrrr buat checkup2 dulu
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 791
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

farizfsa wrote: Fri Nov 01, 2024 4:58 mercy GLC jg itu kaki2 muahal nya. depan belakang ganti banyak bs abis 30-40 jtan barang ori tp sih.
Mgkn solusi ke 2 bisa dibawa ke uban jaya om, bisa2 dibawah 10 jt kali om? Liat YT nya sih banyak bener mobil2 mewah benerin kaki2 disana.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

Asfur wrote: Thu Nov 07, 2024 1:00
farizfsa wrote: Fri Nov 01, 2024 4:58 mercy GLC jg itu kaki2 muahal nya. depan belakang ganti banyak bs abis 30-40 jtan barang ori tp sih.
Mgkn solusi ke 2 bisa dibawa ke uban jaya om, bisa2 dibawah 10 jt kali om? Liat YT nya sih banyak bener mobil2 mewah benerin kaki2 disana.
bawa ke hj nawi bengkel lili aja di radio dalem udh lejen.

itu kmrn saya baru rekondisi beberapa bushing volvo xc60 saya yg mana ada spare parts nya disini (plus blm tau apa aja yg rusak kl pun harus beli dr luar). tdnya ada gluduk2 sekarang sudah adem garansi lg setahun. steering rack di align lg sm doi jd ga bunyi lg.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2036
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by alvin23 »

tesna wrote: Wed Nov 06, 2024 9:08 wah ada 2 testi victory ac, ini klo di google maps victory jaya ac kah? oke deh kapan2 meluncurrrr buat checkup2 dulu
Betul, saya tiap beli mobil bekas, servis sana, kadang sekalian servis besar, ketauan part mana yg bermasalah, ganti selesai.

Kemampuan diagnosis oke, Harga dan pilihan sparepart oke, jadi gak bolak balik
Rocky R ADS CVT 2021
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

klo sparepart kaki2 susah dicari (atau mahal war biasah) boleh lah direkondisi/service. tapi klo mudah dicari partnya saya sih lebih milih ganti baru. Untungnya w212 ini partnya mudah dicari :mky_02: harga ya relatif ya.. dl rekondisi kaki2 abis 20 jt :big_slap:

btw, thanks saran om2 dimari, tadi ke victory ac, cuman 20 menit aja jalan kesana jadi ya udah deh gas. Disebut bahwa evaporator kl mau dicuci harus bongkar dashboard, trus di cek sana sini, katanya belum perlu bongkar, sayang ini. bongkar kalau ada keluhan aja misal ga dingin baru worth it bongkar2.

akhirnya tadi cuman di bersih2in cabin filter, blower dibersihin, di cek tekanan freon (cuman kurang dikittt) udah deh. Tadi sih ditawarin filter sm dia, tp berhubung filter lama saya masih layak pakai (belum setahun juga) dan filter dia ga ada carbon filternya, ya tetep dipake filter lama. Btw, filter sm disana rada mahal, 500k yg non carbon filter.... yg carbon ga ready musti order. Kontruksinya jg mostly kertas, punya saya sekelilingnya ada platik kerasnya jadi ga gampang meleyot.

sy perasaan beli filter yg ada carbon cmn 250 apa 300rb..... katanya ya yg carbon angin ac nya jadi kecil, tp its fine sih yg penting filtrasi udaranya bersihhhhh (mengingat polusi jakarta yang menggila)
IMG_3142.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

jajan lagi ni mobil, ini purely karena keisengan aja sih. mobil ngga ada masalah, cuman kepikiran aja sama waktu carbon clean + injector cleaning di garden speed, kepala bengkelnya bilang ini businya bukan ori mercy, udah diganti bosch. Dia bilang pengalaman2 sebelumnya klo mercedes itu selalu lebih baik performanya klo pake busi ori MB.

tapi ya akhirnya kepikiran terus dan order busi ori mb, agak mahal sih 2 jtan 6 biji :big_slap: tp ya toh ga tiap tahun ganti kan

loh buatan jepang?
IMG_3368.jpg
ternyata made by NGK
IMG_3371.jpg
PLKR7A
IMG_3372.jpg
kinclong
IMG_3376.jpg
busi lama BOSCH YR7MPP3
IMG_3452.jpg
hitam...
IMG_3456.jpg
https://www.boschsparkplugs.net/bosc...num-spark-plug
https://www.ngk.com/ngk-4288-plkr7a-...num-spark-plug

kalau dilihat dari spec diatas spec nya nyaris sama, kecuali 1, nilai tahanan nya. NGK 1K ohm sedangkan bosch 6K ohm. well mungkin ini yang bikin beda terutama di jangka panjangnya. secara performa sih menurut butt o meter saya mirip2 aja sih :mky_01: tapi ya sudah lah lebih baik mendekati spec pabrik sedekat mungkin
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 791
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by Asfur »

Mantap si om, ibarat orang di suntik botok terus biar awet mudanya, ngak tanggung2 perawatannya.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

Asfur wrote: Fri Dec 13, 2024 2:21 Mantap si om, ibarat orang di suntik botok terus biar awet mudanya, ngak tanggung2 perawatannya.
next plan cuman di radiator aja nih pengen ganti. nggak ada bocor, tapi udah 14 tahun... nunggu bocor aja apa gimana yah :big_think: yang saya kuatirin adalah, itu ATF cooler kan jg di radiator, klo seal nya bocor nyampur itu ATF sm coolant. itu udah banyak kejadian sih klo di forum2 luar negri... tp itu terjadi di odo tinggi.. 150rb miles ++ tapi ya punya saya walau 70rb tp udah 14 tahun :big_bored:

btw baru ganti sepatu....
PXL_20241211_003532820~3.jpg
PXL_20241211_003607791~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 921
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ctopher7 »

tesna wrote: Wed Dec 18, 2024 1:25
Asfur wrote: Fri Dec 13, 2024 2:21 Mantap si om, ibarat orang di suntik botok terus biar awet mudanya, ngak tanggung2 perawatannya.
next plan cuman di radiator aja nih pengen ganti. nggak ada bocor, tapi udah 14 tahun... nunggu bocor aja apa gimana yah :big_think: yang saya kuatirin adalah, itu ATF cooler kan jg di radiator, klo seal nya bocor nyampur itu ATF sm coolant. itu udah banyak kejadian sih klo di forum2 luar negri... tp itu terjadi di odo tinggi.. 150rb miles ++ tapi ya punya saya walau 70rb tp udah 14 tahun :big_bored:

btw baru ganti sepatu....
PXL_20241211_003532820~3.jpg
PXL_20241211_003607791~2.jpg
seru nih saya bacain postingan om asfur, tesna dan faris dari pejwan, dapet banyak ilmu :big_exellent: apik banget rawatannya om sampe smua diberesin. memang punya eropaan seken duit dan waktunya lebih worth it kalo untuk nge restore mobilnya ke kondisi awal, dibandingin kebanyakan modif kyk diesel ganti parts racing, karena standarannya uda enak banget :big_okay:

saya baru ngambil juga w205 c200 2017 2 bulan lalu, beresin batuk batuknya dan ganti smua cairan juga dcnya uda 30an ++ untung stengah masih di cover sama penjual. yang belom saya cek busi dan o2 sensor, tapi lagi males bulak balik bengkel wkwkwk. kurnia jaya di blok m sounds good sih, tapi saya kebalikan dari om, kesananya jauh. lebih deket ke daerah kemayoran atau gunsa
pecinta bio solar
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

ctopher7 wrote: Wed Dec 18, 2024 3:52

seru nih saya bacain postingan om asfur, tesna dan faris dari pejwan, dapet banyak ilmu :big_exellent: apik banget rawatannya om sampe smua diberesin. memang punya eropaan seken duit dan waktunya lebih worth it kalo untuk nge restore mobilnya ke kondisi awal, dibandingin kebanyakan modif kyk diesel ganti parts racing, karena standarannya uda enak banget :big_okay:

saya baru ngambil juga w205 c200 2017 2 bulan lalu, beresin batuk batuknya dan ganti smua cairan juga dcnya uda 30an ++ untung stengah masih di cover sama penjual. yang belom saya cek busi dan o2 sensor, tapi lagi males bulak balik bengkel wkwkwk. kurnia jaya di blok m sounds good sih, tapi saya kebalikan dari om, kesananya jauh. lebih deket ke daerah kemayoran atau gunsa
kemayoran sih udah paling bener ke auto benz he he he, saya klo di tempat lain dah mentok ya kesitu. jago2. cuman ya saya kesitu bener2 klo dah mentok aja, abis jauh dr tempat saya hahahaha.

ucet 30jt, untung sebagian di cover penjual, baik amat wew. soal busi, ini ngaruh bgt, keliatan langsung fuel trim nya improve di scanner. klo ganti busi baiknya ori mercy aja. tapi di market place jg banyak palsunya, jadi cari yg penjual terpercaya aja (terakhir beli di mercindo toped). tp klo odo masih rendah atau blom diatas 10 tahun mah santai aja.

sering2 juga main ke mbworld.org, tar jadi keracunan deh soal maintenance. jago2 juga mrk disana. cari aja common issue pada mobil/mesin tsb, lgs deh bisa langsung preventative maintenance.

kalau part ori terlalu mahal di indonesia, atau agak susah nyarinya, part bisa order di fcpeuro.com
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 921
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ctopher7 »

tesna wrote: Wed Dec 18, 2024 7:35
kemayoran sih udah paling bener ke auto benz he he he, saya klo di tempat lain dah mentok ya kesitu. jago2. cuman ya saya kesitu bener2 klo dah mentok aja, abis jauh dr tempat saya hahahaha.

ucet 30jt, untung sebagian di cover penjual, baik amat wew. soal busi, ini ngaruh bgt, keliatan langsung fuel trim nya improve di scanner. klo ganti busi baiknya ori mercy aja. tapi di market place jg banyak palsunya, jadi cari yg penjual terpercaya aja (terakhir beli di mercindo toped). tp klo odo masih rendah atau blom diatas 10 tahun mah santai aja.

sering2 juga main ke mbworld.org, tar jadi keracunan deh soal maintenance. jago2 juga mrk disana. cari aja common issue pada mobil/mesin tsb, lgs deh bisa langsung preventative maintenance.

kalau part ori terlalu mahal di indonesia, atau agak susah nyarinya, part bisa order di fcpeuro.com
makanya saya rada sangsi kalo beli parts online, kok harganya bisa beda 500 ribu - 1 jtan per part sama yang dijual di spesialis. Saya kmrn ke toko74 di gunsa pelayanannya oke, parts ready dan montirnya jago juga. nextnya kalo penasaran bisa coba tanya ke KJ blok m kalo gitu deh hehe.

iya so far baru ganti injector no 2, waterpump, thrust sama lower arm depan, atf beserta filter dan oil pan, olmes, oli gardan, coolant dan wiper. yang di cover injector sm waterpump

tentang mbworld kadang kondisi mreka beda, karna banyakan mreka 4 musim dan ga ngadepin panas + macet nya indo kan ya. makanya kyk problem ecu panggang di mreka ktemunya di ratusan ribu miles sedangkan di kita belom 100 ribu km aja banyak yang kena. piston crack di m274 saya jg gatau sih kenapa diluar banyak yang ngmngin, tapi kalo nanya spesialis disini jarang ada yang kena gituan. mungkin karena disono rata rata dipake jalan jauh jauh banget ya, meanwhile saya ngambil unit 7 tahun aja belom nyampe 30 rebu km :big_childish:

ngambil c200 buat jaga jaga biar perbaikannya bisa diminimalisir sih kyk sunroof sama suspensi at least ga pusing, dan kalo cek di lastvin jg c200 tertulis reduced engine power, yang menurut pemahaman sotoy saya harusnya jadinya umur daleman mesin bisa lebih awet wkwk. soalnya itu dari c200 sampe 300 kan smua sama mesinnya cmn beda tuningan dan turbo
pecinta bio solar
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: Wed Dec 18, 2024 1:25
Asfur wrote: Fri Dec 13, 2024 2:21 Mantap si om, ibarat orang di suntik botok terus biar awet mudanya, ngak tanggung2 perawatannya.
next plan cuman di radiator aja nih pengen ganti. nggak ada bocor, tapi udah 14 tahun... nunggu bocor aja apa gimana yah :big_think: yang saya kuatirin adalah, itu ATF cooler kan jg di radiator, klo seal nya bocor nyampur itu ATF sm coolant. itu udah banyak kejadian sih klo di forum2 luar negri... tp itu terjadi di odo tinggi.. 150rb miles ++ tapi ya punya saya walau 70rb tp udah 14 tahun :big_bored:

btw baru ganti sepatu....
PXL_20241211_003532820~3.jpg
PXL_20241211_003607791~2.jpg
cakep om tesna, ganti2 velg biar ga bosen. dl W212 E300 hitam saya 7x ganti velg seumur saya pakai :big_biglaugh:
sekarang malah udh malah males modif ganti2 velg, selain ga ada waktu, mbl yg saya mau ganti velg PCD nya susah 5x108

kmrn2 udh sempet pgn gantiin velg E200 W212 abu2 saya, velg trim classic jelek bgt.. cm W212 kalo ganti velg ga urus suspensi dan per mblnya jadi lucu, nungging bgt. jd kayanya harus nyebur sekalian.