Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1454
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
Salam hormat untuk temen2 SM semua.
Saya mau tanya untuk meningkatkan handling mobil standar lebih rekomen mana antara ganti per yg lebih pendek (lowering kit) vs pasang rear sway bar? Dan apa plus minus dari 2 opsi tsb, berhubung harga 2 parts tsb mirip.
Mohon masukannya, terima kasih.
Saya mau tanya untuk meningkatkan handling mobil standar lebih rekomen mana antara ganti per yg lebih pendek (lowering kit) vs pasang rear sway bar? Dan apa plus minus dari 2 opsi tsb, berhubung harga 2 parts tsb mirip.
Mohon masukannya, terima kasih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 921
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
mobilnya apa ya om? kalo vrz bisa ganti bilstein b6, tapi jadi lebih keras pasti bantingannya
per dipendekin tanpa ganti shock kurang oke menurut saya, karena travel shock std jadi lebih pendek kan, dan jadinya lebih mudah mentok stopper atau apapun itu dibawah karena jadinya lebih ngayun
per dipendekin tanpa ganti shock kurang oke menurut saya, karena travel shock std jadi lebih pendek kan, dan jadinya lebih mudah mentok stopper atau apapun itu dibawah karena jadinya lebih ngayun
pecinta bio solar
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1454
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 921
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
yang umum kalo yaris saya liat nambahin asesoris dr ultra racing yah macem beginian
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
pecinta bio solar
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
- Location: Bandung
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
pengalaman pribadi d bapau 2010, per std, shock dpn blkng excel G, strutbar dpn ultraracing + swaybar blkng. jd nurut banget. body roll berkurang lmyn banyak. plus nya ngg terlalu keras.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1454
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
nah itu om, sekarang rutenya saya banyak lewat pegunungan, mesin udah enak nih 1NZ di body Yaris yg kecil, jengat-jengat torsinya, tinggal handling nya aja mau di upgrade. Berarti pasang sway bar belakang aja yah? saya pernah bawa mobil yang udah ada strutbarnya, kaya ga ngepek apa saya yg ga peka yah wkwk... Mau di kasih lowering kit macam yss, jamex takut gasruk, soalnya medannya kadang gravel juga.Jagonyaaki wrote: ↑Wed Dec 18, 2024 5:31 pengalaman pribadi d bapau 2010, per std, shock dpn blkng excel G, strutbar dpn ultraracing + swaybar blkng. jd nurut banget. body roll berkurang lmyn banyak. plus nya ngg terlalu keras.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1454
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
nah ada yg bilang pasang swaybar belakang bikin suspensinya jadi ga "independen" yah? gocangan jalan lebih terasa? tapi saya liat beberapa mobil sedan juga udah ada swaybar bawaan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 921
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
intinya modif kaki kaki ya gitu om. kalo kaku / lebih keras ya pasti lebih nurut pas di jalan mulus, tapi jalanan jelek jadi harsh. begitu kebalikannya. tinggal dicari sweet spotnya aja.
nah kalo ganti shock trus pake per std saya lebih setuju. dulu di vrz soalnya perna lowering kit tapi pake shock std malah gaenak ya, suka kena stopper
pecinta bio solar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 921
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
colek om b0ku aja kan hot hatch dia uda spec nurburgring kykny strut bar sway bar gitu gitu dia ada jual juga
pecinta bio solar
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1454
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
oke makasih masukannya, soalnya shock belum lama ganti yg ori hehe...ctopher7 wrote: ↑Wed Dec 18, 2024 7:38intinya modif kaki kaki ya gitu om. kalo kaku / lebih keras ya pasti lebih nurut pas di jalan mulus, tapi jalanan jelek jadi harsh. begitu kebalikannya. tinggal dicari sweet spotnya aja.
nah kalo ganti shock trus pake per std saya lebih setuju. dulu di vrz soalnya perna lowering kit tapi pake shock std malah gaenak ya, suka kena stopper
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2878
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
Paling pertama dan terutama di mulai dari ban dulu om..
Coba deh ganti micin pilot sport 4 atau BS potenza adrenalin, kalo ketagihan jangan salahin ane ntar
Abis itu pelan2 ganti lowering kit di combo shock enak macem merk tein / bilstein / yss / profender
Udah cukup deh spek racing kelok2 di pegunungan nikmat yaris nya
Coba deh ganti micin pilot sport 4 atau BS potenza adrenalin, kalo ketagihan jangan salahin ane ntar
Abis itu pelan2 ganti lowering kit di combo shock enak macem merk tein / bilstein / yss / profender
Udah cukup deh spek racing kelok2 di pegunungan nikmat yaris nya
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27281
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
nah ini mbah nya ud paling benerKielConstantine wrote: ↑Wed Dec 18, 2024 16:23 Paling pertama dan terutama di mulai dari ban dulu om..
Coba deh ganti micin pilot sport 4 atau BS potenza adrenalin, kalo ketagihan jangan salahin ane ntar
Abis itu pelan2 ganti lowering kit di combo shock enak macem merk tein / bilstein / yss / profender
Udah cukup deh spek racing kelok2 di pegunungan nikmat yaris nya
mulai dri ban dulu
jgn lgs maen sway bar, palagi sway bar blakang
ga bsa dsamain sway bar aftermarket (yg cuman sbatang besi lurus di baut ke kepala sok kiri kanan) ama sway bar bawaan mobil2 sedan premium (yg pake bushing, link, dan ad sudut2 geometri tekukan2 tu batang besi)
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1454
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
Wah ini saya masih pakai ban Hankook Kinergy Eco2 harus sadar diri deh yaa jangan di push to the limit wkwkwk... Lebar ban, tebal ban dan diameter velg ngaruh juga yah?KielConstantine wrote: ↑Wed Dec 18, 2024 16:23 Paling pertama dan terutama di mulai dari ban dulu om..
Coba deh ganti micin pilot sport 4 atau BS potenza adrenalin, kalo ketagihan jangan salahin ane ntar
Abis itu pelan2 ganti lowering kit di combo shock enak macem merk tein / bilstein / yss / profender
Udah cukup deh spek racing kelok2 di pegunungan nikmat yaris nya
makasih saran nya om, saya lagi abis benerin kaki2 ini, ternyata jointnya dah pada rusak (tie rod end, link stabil, ball joint, bushing arm) ganti pake heiker, kita liat nih tahan berapa tahun merk ini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- SM Specialist
- Posts: 16454
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
beda fungsi pak. tergantung yang situ rasain mobilnya kurang apa.
kalo sasis bawaan sudah rigid, rear sway bar itu nggak terlalu perlu malah bikin kaku banget. jadi kurang enak dikendarai kena jalan aspal jahanam wakanda ini yang tiap minggu nambah 1 lobang. cuma pengalaman di yaris dan beberapa toyota low end, sasisnya emang kureng (dirancang jadi econobox, pabrikannya mikir toh bakalnya dipake nenek2 dan mamak2 anter anak, jalan gak sampe 40 kmh jadi lanehogger di kota). bisa jadi butuh.
lowering kit buat nurunin ground clearance. titik pusat gravitasi turun jadi lebih nggak mabok bawanya. minusnya kurang praktis kalo kena ramp jahanam atau poldur kampung2 yang mid crossover gc 170 mm aja bisa kena. but a 200% boost to tampilan terutama kalo udah ganti velg ini wajib sekali diturunin. lowering kit dengan shock standar sebenernya malah lebih enak kalo shock bawaannya enak, cuma dgn kondisi aspal jahanam sini umur shock akan lebih pendek krn travel suspensi kurang. ibarat kata kalo ground clearance turun 2 jari, kerja shocknya jadi lebih berat. dy harus ngeredam lebih banyak krn untuk kena lobang yang sama pernya kurang travel. klo ada budget enak coilover cuma coilover itu harus trial and error juga.
tapi yang paling fundamental emang betul ganti karetnya dulu. itu contact patch pertama mobil dengan aspal. ban bagus terbukti mengurangi semua masalah kenyamanan dan handling. grip jelek itu kills the fun terutama di FWD. kita mau main lempar lempar pantat mobil di tikungan atau push di tikungan eh malah keperosok jurang bannya licin kena pasir dikit selip kan nggak lucu.
kalo mau enak, upgrade velg naik 1inch supaya agak lebar dan masuk kalo dikasih ban lebar.
kalo sasis bawaan sudah rigid, rear sway bar itu nggak terlalu perlu malah bikin kaku banget. jadi kurang enak dikendarai kena jalan aspal jahanam wakanda ini yang tiap minggu nambah 1 lobang. cuma pengalaman di yaris dan beberapa toyota low end, sasisnya emang kureng (dirancang jadi econobox, pabrikannya mikir toh bakalnya dipake nenek2 dan mamak2 anter anak, jalan gak sampe 40 kmh jadi lanehogger di kota). bisa jadi butuh.
lowering kit buat nurunin ground clearance. titik pusat gravitasi turun jadi lebih nggak mabok bawanya. minusnya kurang praktis kalo kena ramp jahanam atau poldur kampung2 yang mid crossover gc 170 mm aja bisa kena. but a 200% boost to tampilan terutama kalo udah ganti velg ini wajib sekali diturunin. lowering kit dengan shock standar sebenernya malah lebih enak kalo shock bawaannya enak, cuma dgn kondisi aspal jahanam sini umur shock akan lebih pendek krn travel suspensi kurang. ibarat kata kalo ground clearance turun 2 jari, kerja shocknya jadi lebih berat. dy harus ngeredam lebih banyak krn untuk kena lobang yang sama pernya kurang travel. klo ada budget enak coilover cuma coilover itu harus trial and error juga.
tapi yang paling fundamental emang betul ganti karetnya dulu. itu contact patch pertama mobil dengan aspal. ban bagus terbukti mengurangi semua masalah kenyamanan dan handling. grip jelek itu kills the fun terutama di FWD. kita mau main lempar lempar pantat mobil di tikungan atau push di tikungan eh malah keperosok jurang bannya licin kena pasir dikit selip kan nggak lucu.
kalo mau enak, upgrade velg naik 1inch supaya agak lebar dan masuk kalo dikasih ban lebar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5223
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
emang dasarnya bapaonya yang kurang enak om chasisnya kalo mau improve coba ganjel dulu aja bautnya
https://www.tokopedia.com/ultraracingid ... c%3Dsearch
mobil saya sebelom pasang ini ganti coilover duluan berasa coilover juga cuma nolong pas high speed gak nolong banyak pas setir di puter pas setir di puter barulah ini yang nolong berasa banget efeknya ditambah saya ud pake coilover makin jadi deh belom ngomongin swaybar depan saya tebelin makin jadi lagi response steriing kadang lagi belok aja gijal saya kayak ditusuk kalo terlalu extreme emang bener jadi sembalap gak segampang bacot orang2x, baru naek mobil emak2x kepasar aja ud kayak gini
tambahan mobil saya ud pake strutbar atas nolong pas nikung
sama armbar bawah yang bentuknya X nah ini enaknya kalo dah kepasang mobil di gas pol lepas setir aja lurus terus torque sterrnya berkurang banyak cuma balik lagi yang nolong banyak keliatannya malah stiff ring atau magic collar itu
karena belakang saya belom diapa2xin chasisnya
https://www.tokopedia.com/ultraracingid ... c%3Dsearch
mobil saya sebelom pasang ini ganti coilover duluan berasa coilover juga cuma nolong pas high speed gak nolong banyak pas setir di puter pas setir di puter barulah ini yang nolong berasa banget efeknya ditambah saya ud pake coilover makin jadi deh belom ngomongin swaybar depan saya tebelin makin jadi lagi response steriing kadang lagi belok aja gijal saya kayak ditusuk kalo terlalu extreme emang bener jadi sembalap gak segampang bacot orang2x, baru naek mobil emak2x kepasar aja ud kayak gini
tambahan mobil saya ud pake strutbar atas nolong pas nikung
sama armbar bawah yang bentuknya X nah ini enaknya kalo dah kepasang mobil di gas pol lepas setir aja lurus terus torque sterrnya berkurang banyak cuma balik lagi yang nolong banyak keliatannya malah stiff ring atau magic collar itu
karena belakang saya belom diapa2xin chasisnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
izin nimbrung, kalau buat cx5 lama pake apa om, sasisnya ud lumayan enak tp mau ngurangin body roll biar makin maknyus. selain lowering kit soalnya kdg buat hajar luar kota jalan makadam biar worry free anti gasrukb0ku wrote: ↑Thu Dec 19, 2024 4:12 emang dasarnya bapaonya yang kurang enak om chasisnya kalo mau improve coba ganjel dulu aja bautnya
https://www.tokopedia.com/ultraracingid ... c%3Dsearch
mobil saya sebelom pasang ini ganti coilover duluan berasa coilover juga cuma nolong pas high speed gak nolong banyak pas setir di puter pas setir di puter barulah ini yang nolong berasa banget efeknya ditambah saya ud pake coilover makin jadi deh belom ngomongin swaybar depan saya tebelin makin jadi lagi response steriing kadang lagi belok aja gijal saya kayak ditusuk kalo terlalu extreme emang bener jadi sembalap gak segampang bacot orang2x, baru naek mobil emak2x kepasar aja ud kayak gini
tambahan mobil saya ud pake strutbar atas nolong pas nikung
sama armbar bawah yang bentuknya X nah ini enaknya kalo dah kepasang mobil di gas pol lepas setir aja lurus terus torque sterrnya berkurang banyak cuma balik lagi yang nolong banyak keliatannya malah stiff ring atau magic collar itu
karena belakang saya belom diapa2xin chasisnya
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5223
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
paling cuma bisa coilover om yang mereknya yellow punya asco, tapi saya bilang stocknya CX 5 juga ud enak om buat pontang panting kalo mau tambah enak paling kayak GE8 saya pake stiff ring sama sway bar depannya aja di ganti yang tebelanwhitehorse4 wrote: ↑Thu Dec 19, 2024 6:12
izin nimbrung, kalau buat cx5 lama pake apa om, sasisnya ud lumayan enak tp mau ngurangin body roll biar makin maknyus. selain lowering kit soalnya kdg buat hajar luar kota jalan makadam biar worry free anti gasruk
nah tapi yellow saya gak tau setelannya bisa 0 gak
kebetulan emang saya ada bantu temen saya bangun CX5 lama customernya sejauh ini hardrace ud 80% produk dipake semua sama dia saya belom kesampean bawa tuh CX5 ngebut2x, terakhir bawa si sih kalem2x takut nyeruduk trotoar, tapi sih mantep banget pelek ori tapi dia pake tein endura sama lowering kits palingan kalo om mau pake tein ganti shocknya aja harusnya ud cukup sih
tapi kemaren saya nyari endura buat old cx5 si susah banget
itu barang2x hardrace buat cx5
stiff ringnya
https://www.tokopedia.com/ultraracingid ... c%3Dsearch
swaybar mah pake ultra racing aja yang murah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1454
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
waduh kalo gitu mrembet harus ganti jok bucket omb0ku wrote: ↑Thu Dec 19, 2024 4:12 emang dasarnya bapaonya yang kurang enak om chasisnya kalo mau improve coba ganjel dulu aja bautnya
https://www.tokopedia.com/ultraracingid ... c%3Dsearch
mobil saya sebelom pasang ini ganti coilover duluan berasa coilover juga cuma nolong pas high speed gak nolong banyak pas setir di puter pas setir di puter barulah ini yang nolong berasa banget efeknya ditambah saya ud pake coilover makin jadi deh belom ngomongin swaybar depan saya tebelin makin jadi lagi response steriing kadang lagi belok aja gijal saya kayak ditusuk kalo terlalu extreme emang bener jadi sembalap gak segampang bacot orang2x, baru naek mobil emak2x kepasar aja ud kayak gini
tambahan mobil saya ud pake strutbar atas nolong pas nikung
sama armbar bawah yang bentuknya X nah ini enaknya kalo dah kepasang mobil di gas pol lepas setir aja lurus terus torque sterrnya berkurang banyak cuma balik lagi yang nolong banyak keliatannya malah stiff ring atau magic collar itu
karena belakang saya belom diapa2xin chasisnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1454
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
Nah iya makanya om, kalo saya sih ban nya aja masih Hankook eco wkwk...ChZ wrote: ↑Thu Dec 19, 2024 3:24 beda fungsi pak. tergantung yang situ rasain mobilnya kurang apa.
kalo sasis bawaan sudah rigid, rear sway bar itu nggak terlalu perlu malah bikin kaku banget. jadi kurang enak dikendarai kena jalan aspal jahanam wakanda ini yang tiap minggu nambah 1 lobang. cuma pengalaman di yaris dan beberapa toyota low end, sasisnya emang kureng (dirancang jadi econobox, pabrikannya mikir toh bakalnya dipake nenek2 dan mamak2 anter anak, jalan gak sampe 40 kmh jadi lanehogger di kota). bisa jadi butuh.
lowering kit buat nurunin ground clearance. titik pusat gravitasi turun jadi lebih nggak mabok bawanya. minusnya kurang praktis kalo kena ramp jahanam atau poldur kampung2 yang mid crossover gc 170 mm aja bisa kena. but a 200% boost to tampilan terutama kalo udah ganti velg ini wajib sekali diturunin. lowering kit dengan shock standar sebenernya malah lebih enak kalo shock bawaannya enak, cuma dgn kondisi aspal jahanam sini umur shock akan lebih pendek krn travel suspensi kurang. ibarat kata kalo ground clearance turun 2 jari, kerja shocknya jadi lebih berat. dy harus ngeredam lebih banyak krn untuk kena lobang yang sama pernya kurang travel. klo ada budget enak coilover cuma coilover itu harus trial and error juga.
tapi yang paling fundamental emang betul ganti karetnya dulu. itu contact patch pertama mobil dengan aspal. ban bagus terbukti mengurangi semua masalah kenyamanan dan handling. grip jelek itu kills the fun terutama di FWD. kita mau main lempar lempar pantat mobil di tikungan atau push di tikungan eh malah keperosok jurang bannya licin kena pasir dikit selip kan nggak lucu.
kalo mau enak, upgrade velg naik 1inch supaya agak lebar dan masuk kalo dikasih ban lebar.
mau pasang lowering kit takut gasruk, kayanya nyoba pasang sway bar, kali aja nemu yg seken2 hehe...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5223
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
emang gara2x joknya ya om ???
males si kalo pake bucket
pantesan bingung baru mobil kek gini aja ud bikin badan ngilu2x gimane yang kayak minimal modelan miata atau bmw M lupa joknya ngepek ya
tapi emang si G itu gak melulu harus mobil sangar bisa jadi karena setelan sterringnya agresive padahal mobilnya cuma tenaga mak mak ke pasar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
FD2 saya sudah pasang itu magic collar, rear sway bar upgrade, strut bar, bushing polyurethane sway bar depan, beberapa chassis bracing, camber arm belakang. Ban hanya pakai BFG T/A kategori touring, shock hanya pakai excel-G depan dan Jamex Monotube Xpander belakang.t105erd wrote: ↑Wed Dec 18, 2024 4:56 Salam hormat untuk temen2 SM semua.
Saya mau tanya untuk meningkatkan handling mobil standar lebih rekomen mana antara ganti per yg lebih pendek (lowering kit) vs pasang rear sway bar? Dan apa plus minus dari 2 opsi tsb, berhubung harga 2 parts tsb mirip.
Mohon masukannya, terima kasih.
Yang menurut saya pengaruh paling besar: rear sway bar, shock absorber, dan ban. Kombo 3 itu buat tikung dan kurangi body roll sudah drastis. Yang lain hanya improvement kecil-kecil aja setiap nambah; tapi sedikit-sedikit lama-lama banyak efeknya.
Untuk ban, dari Turanza T005A yang agak keras, pindah ke BFG T/A yang empuk, terasa turun handlingnya.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016
Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016
Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1454
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
Wah makasih masukannya om, Civic FD itu kan udah dapet rear swaybar dari pabrik yah dan suspensi belakang independen? nah ini kalo kaya mobil saya kan suspensi belakang non independen kalo dikasihkan rear sway bar jadi gedobrakan ga yah kalo dijalan jelek? saya liat di YT ngaruh banget tuh kalo dipasang di mobil2 tinggi kaya alphard, double cabin, SUV gitu, ngurangin body roll banyak.saturday wrote: ↑Fri Dec 20, 2024 2:53FD2 saya sudah pasang itu magic collar, rear sway bar upgrade, strut bar, bushing polyurethane sway bar depan, beberapa chassis bracing, camber arm belakang. Ban hanya pakai BFG T/A kategori touring, shock hanya pakai excel-G depan dan Jamex Monotube Xpander belakang.t105erd wrote: ↑Wed Dec 18, 2024 4:56 Salam hormat untuk temen2 SM semua.
Saya mau tanya untuk meningkatkan handling mobil standar lebih rekomen mana antara ganti per yg lebih pendek (lowering kit) vs pasang rear sway bar? Dan apa plus minus dari 2 opsi tsb, berhubung harga 2 parts tsb mirip.
Mohon masukannya, terima kasih.
Yang menurut saya pengaruh paling besar: rear sway bar, shock absorber, dan ban. Kombo 3 itu buat tikung dan kurangi body roll sudah drastis. Yang lain hanya improvement kecil-kecil aja setiap nambah; tapi sedikit-sedikit lama-lama banyak efeknya.
Untuk ban, dari Turanza T005A yang agak keras, pindah ke BFG T/A yang empuk, terasa turun handlingnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 617
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
Sudah dapat rear dan front sway bar/anti-roll bar dari pabrik. Yang belakang itu batang 14mm hollow. Saya gantikan ke ukuran 19mm dengan batang solid. Depan sengaja tidak saya upgrade karena tujuannya untuk mengurangi understeer setelan bawaan FD.t105erd wrote: ↑Fri Dec 20, 2024 6:32Wah makasih masukannya om, Civic FD itu kan udah dapet rear swaybar dari pabrik yah dan suspensi belakang independen? nah ini kalo kaya mobil saya kan suspensi belakang non independen kalo dikasihkan rear sway bar jadi gedobrakan ga yah kalo dijalan jelek?saturday wrote: ↑Fri Dec 20, 2024 2:53FD2 saya sudah pasang itu magic collar, rear sway bar upgrade, strut bar, bushing polyurethane sway bar depan, beberapa chassis bracing, camber arm belakang. Ban hanya pakai BFG T/A kategori touring, shock hanya pakai excel-G depan dan Jamex Monotube Xpander belakang.t105erd wrote: ↑Wed Dec 18, 2024 4:56 Salam hormat untuk temen2 SM semua.
Saya mau tanya untuk meningkatkan handling mobil standar lebih rekomen mana antara ganti per yg lebih pendek (lowering kit) vs pasang rear sway bar? Dan apa plus minus dari 2 opsi tsb, berhubung harga 2 parts tsb mirip.
Mohon masukannya, terima kasih.
Yang menurut saya pengaruh paling besar: rear sway bar, shock absorber, dan ban. Kombo 3 itu buat tikung dan kurangi body roll sudah drastis. Yang lain hanya improvement kecil-kecil aja setiap nambah; tapi sedikit-sedikit lama-lama banyak efeknya.
Untuk ban, dari Turanza T005A yang agak keras, pindah ke BFG T/A yang empuk, terasa turun handlingnya.
CMIIW, kalau batangnya terpasang di chassis; tidak diikat ke link stabilizer dan link stabilizernya tidak ada di suspension arm atau shock; itu namanya chassis bracing. Efeknya jauh lebih minimal dibandingkan sway bar/anti-roll bar sejati.
Sepengalaman saya install yang model chassis bracing seperti itu full set di Innova & FD, efeknya ada tapi tidak drastis dan tidak membuat bantingan jadi kasar. Aman dan justru menurut saya lebih enak karena chassis jadi kaku, tidak banyak flex, kerja suspensi menjadi lebih optimal.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016
Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016
Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling
Harus di sesuaikan sih om, kalo anti-swaybarnya terlalu stiff jadi kurang independent. Kalo swaybar yang pas itu mengurangi body roll tapi efek negatifnya ke kemampuan meredam minim.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/