Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1454
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by t105erd »

Salam hormat untuk temen2 SM semua.

Saya mau tanya untuk meningkatkan handling mobil standar lebih rekomen mana antara ganti per yg lebih pendek (lowering kit) vs pasang rear sway bar? Dan apa plus minus dari 2 opsi tsb, berhubung harga 2 parts tsb mirip.

Mohon masukannya, terima kasih.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 921
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by ctopher7 »

mobilnya apa ya om? kalo vrz bisa ganti bilstein b6, tapi jadi lebih keras pasti bantingannya

per dipendekin tanpa ganti shock kurang oke menurut saya, karena travel shock std jadi lebih pendek kan, dan jadinya lebih mudah mentok stopper atau apapun itu dibawah karena jadinya lebih ngayun
pecinta bio solar
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1454
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by t105erd »

ctopher7 wrote: Wed Dec 18, 2024 5:05 mobilnya apa ya om? kalo vrz bisa ganti bilstein b6, tapi jadi lebih keras pasti bantingannya
Yaris 2008
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 921
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by ctopher7 »

t105erd wrote: Wed Dec 18, 2024 5:07
ctopher7 wrote: Wed Dec 18, 2024 5:05 mobilnya apa ya om? kalo vrz bisa ganti bilstein b6, tapi jadi lebih keras pasti bantingannya
Yaris 2008
yang umum kalo yaris saya liat nambahin asesoris dr ultra racing yah macem beginian
IMG_4543.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
pecinta bio solar
Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
Location: Bandung

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by Jagonyaaki »

pengalaman pribadi d bapau 2010, per std, shock dpn blkng excel G, strutbar dpn ultraracing + swaybar blkng. jd nurut banget. body roll berkurang lmyn banyak. plus nya ngg terlalu keras.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1454
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by t105erd »

Jagonyaaki wrote: Wed Dec 18, 2024 5:31 pengalaman pribadi d bapau 2010, per std, shock dpn blkng excel G, strutbar dpn ultraracing + swaybar blkng. jd nurut banget. body roll berkurang lmyn banyak. plus nya ngg terlalu keras.
nah itu om, sekarang rutenya saya banyak lewat pegunungan, mesin udah enak nih 1NZ di body Yaris yg kecil, jengat-jengat torsinya, tinggal handling nya aja mau di upgrade. Berarti pasang sway bar belakang aja yah? saya pernah bawa mobil yang udah ada strutbarnya, kaya ga ngepek apa saya yg ga peka yah wkwk... Mau di kasih lowering kit macam yss, jamex takut gasruk, soalnya medannya kadang gravel juga.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1454
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by t105erd »

ctopher7 wrote: Wed Dec 18, 2024 5:11
t105erd wrote: Wed Dec 18, 2024 5:07
ctopher7 wrote: Wed Dec 18, 2024 5:05 mobilnya apa ya om? kalo vrz bisa ganti bilstein b6, tapi jadi lebih keras pasti bantingannya
Yaris 2008
yang umum kalo yaris saya liat nambahin asesoris dr ultra racing yah macem beginian
IMG_4543.png
nah ada yg bilang pasang swaybar belakang bikin suspensinya jadi ga "independen" yah? gocangan jalan lebih terasa? tapi saya liat beberapa mobil sedan juga udah ada swaybar bawaan.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 921
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by ctopher7 »

t105erd wrote: Wed Dec 18, 2024 6:39
ctopher7 wrote: Wed Dec 18, 2024 5:11
t105erd wrote: Wed Dec 18, 2024 5:07

Yaris 2008
yang umum kalo yaris saya liat nambahin asesoris dr ultra racing yah macem beginian
IMG_4543.png
nah ada yg bilang pasang swaybar belakang bikin suspensinya jadi ga "independen" yah? gocangan jalan lebih terasa? tapi saya liat beberapa mobil sedan juga udah ada swaybar bawaan.
intinya modif kaki kaki ya gitu om. kalo kaku / lebih keras ya pasti lebih nurut pas di jalan mulus, tapi jalanan jelek jadi harsh. begitu kebalikannya. tinggal dicari sweet spotnya aja.

nah kalo ganti shock trus pake per std saya lebih setuju. dulu di vrz soalnya perna lowering kit tapi pake shock std malah gaenak ya, suka kena stopper
pecinta bio solar
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 921
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by ctopher7 »

colek om b0ku aja kan hot hatch dia uda spec nurburgring :mky_02: kykny strut bar sway bar gitu gitu dia ada jual juga
pecinta bio solar
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1454
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by t105erd »

ctopher7 wrote: Wed Dec 18, 2024 7:38
t105erd wrote: Wed Dec 18, 2024 6:39
ctopher7 wrote: Wed Dec 18, 2024 5:11

yang umum kalo yaris saya liat nambahin asesoris dr ultra racing yah macem beginian
IMG_4543.png
nah ada yg bilang pasang swaybar belakang bikin suspensinya jadi ga "independen" yah? gocangan jalan lebih terasa? tapi saya liat beberapa mobil sedan juga udah ada swaybar bawaan.
intinya modif kaki kaki ya gitu om. kalo kaku / lebih keras ya pasti lebih nurut pas di jalan mulus, tapi jalanan jelek jadi harsh. begitu kebalikannya. tinggal dicari sweet spotnya aja.

nah kalo ganti shock trus pake per std saya lebih setuju. dulu di vrz soalnya perna lowering kit tapi pake shock std malah gaenak ya, suka kena stopper
oke makasih masukannya, soalnya shock belum lama ganti yg ori hehe...
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2878
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by KielConstantine »

Paling pertama dan terutama di mulai dari ban dulu om..

Coba deh ganti micin pilot sport 4 atau BS potenza adrenalin, kalo ketagihan jangan salahin ane ntar :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Abis itu pelan2 ganti lowering kit di combo shock enak macem merk tein / bilstein / yss / profender

Udah cukup deh spek racing kelok2 di pegunungan nikmat yaris nya
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27281
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by DOHC »

KielConstantine wrote: Wed Dec 18, 2024 16:23 Paling pertama dan terutama di mulai dari ban dulu om..

Coba deh ganti micin pilot sport 4 atau BS potenza adrenalin, kalo ketagihan jangan salahin ane ntar :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Abis itu pelan2 ganti lowering kit di combo shock enak macem merk tein / bilstein / yss / profender

Udah cukup deh spek racing kelok2 di pegunungan nikmat yaris nya
nah ini mbah nya ud paling bener

mulai dri ban dulu

jgn lgs maen sway bar, palagi sway bar blakang

ga bsa dsamain sway bar aftermarket (yg cuman sbatang besi lurus di baut ke kepala sok kiri kanan) ama sway bar bawaan mobil2 sedan premium (yg pake bushing, link, dan ad sudut2 geometri tekukan2 tu batang besi)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1454
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by t105erd »

KielConstantine wrote: Wed Dec 18, 2024 16:23 Paling pertama dan terutama di mulai dari ban dulu om..

Coba deh ganti micin pilot sport 4 atau BS potenza adrenalin, kalo ketagihan jangan salahin ane ntar :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Abis itu pelan2 ganti lowering kit di combo shock enak macem merk tein / bilstein / yss / profender

Udah cukup deh spek racing kelok2 di pegunungan nikmat yaris nya
Wah ini saya masih pakai ban Hankook Kinergy Eco2 harus sadar diri deh yaa jangan di push to the limit wkwkwk... Lebar ban, tebal ban dan diameter velg ngaruh juga yah?

makasih saran nya om, saya lagi abis benerin kaki2 ini, ternyata jointnya dah pada rusak (tie rod end, link stabil, ball joint, bushing arm) ganti pake heiker, kita liat nih tahan berapa tahun merk ini :big_biglaugh:
IMG_20241218_123512.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16454
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by ChZ »

beda fungsi pak. tergantung yang situ rasain mobilnya kurang apa.

kalo sasis bawaan sudah rigid, rear sway bar itu nggak terlalu perlu malah bikin kaku banget. jadi kurang enak dikendarai kena jalan aspal jahanam wakanda ini yang tiap minggu nambah 1 lobang. cuma pengalaman di yaris dan beberapa toyota low end, sasisnya emang kureng (dirancang jadi econobox, pabrikannya mikir toh bakalnya dipake nenek2 dan mamak2 anter anak, jalan gak sampe 40 kmh jadi lanehogger di kota). bisa jadi butuh.

lowering kit buat nurunin ground clearance. titik pusat gravitasi turun jadi lebih nggak mabok bawanya. minusnya kurang praktis kalo kena ramp jahanam atau poldur kampung2 yang mid crossover gc 170 mm aja bisa kena. but a 200% boost to tampilan terutama kalo udah ganti velg ini wajib sekali diturunin. lowering kit dengan shock standar sebenernya malah lebih enak kalo shock bawaannya enak, cuma dgn kondisi aspal jahanam sini umur shock akan lebih pendek krn travel suspensi kurang. ibarat kata kalo ground clearance turun 2 jari, kerja shocknya jadi lebih berat. dy harus ngeredam lebih banyak krn untuk kena lobang yang sama pernya kurang travel. klo ada budget enak coilover cuma coilover itu harus trial and error juga.

tapi yang paling fundamental emang betul ganti karetnya dulu. itu contact patch pertama mobil dengan aspal. ban bagus terbukti mengurangi semua masalah kenyamanan dan handling. grip jelek itu kills the fun terutama di FWD. kita mau main lempar lempar pantat mobil di tikungan atau push di tikungan eh malah keperosok jurang bannya licin kena pasir dikit selip kan nggak lucu.

kalo mau enak, upgrade velg naik 1inch supaya agak lebar dan masuk kalo dikasih ban lebar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5223
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by b0ku »

emang dasarnya bapaonya yang kurang enak om chasisnya kalo mau improve coba ganjel dulu aja bautnya :big_grin:

https://www.tokopedia.com/ultraracingid ... c%3Dsearch

mobil saya sebelom pasang ini ganti coilover duluan berasa coilover juga cuma nolong pas high speed gak nolong banyak pas setir di puter pas setir di puter barulah ini yang nolong berasa banget efeknya ditambah saya ud pake coilover makin jadi deh belom ngomongin swaybar depan saya tebelin makin jadi lagi response steriing kadang lagi belok aja gijal saya kayak ditusuk kalo terlalu extreme emang bener jadi sembalap gak segampang bacot orang2x, baru naek mobil emak2x kepasar aja ud kayak gini :mky_07:

tambahan mobil saya ud pake strutbar atas nolong pas nikung
sama armbar bawah yang bentuknya X nah ini enaknya kalo dah kepasang mobil di gas pol lepas setir aja lurus terus torque sterrnya berkurang banyak cuma balik lagi yang nolong banyak keliatannya malah stiff ring atau magic collar itu :mky_03:

karena belakang saya belom diapa2xin chasisnya :ngacir:
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by whitehorse4 »

b0ku wrote: Thu Dec 19, 2024 4:12 emang dasarnya bapaonya yang kurang enak om chasisnya kalo mau improve coba ganjel dulu aja bautnya :big_grin:

https://www.tokopedia.com/ultraracingid ... c%3Dsearch

mobil saya sebelom pasang ini ganti coilover duluan berasa coilover juga cuma nolong pas high speed gak nolong banyak pas setir di puter pas setir di puter barulah ini yang nolong berasa banget efeknya ditambah saya ud pake coilover makin jadi deh belom ngomongin swaybar depan saya tebelin makin jadi lagi response steriing kadang lagi belok aja gijal saya kayak ditusuk kalo terlalu extreme emang bener jadi sembalap gak segampang bacot orang2x, baru naek mobil emak2x kepasar aja ud kayak gini :mky_07:

tambahan mobil saya ud pake strutbar atas nolong pas nikung
sama armbar bawah yang bentuknya X nah ini enaknya kalo dah kepasang mobil di gas pol lepas setir aja lurus terus torque sterrnya berkurang banyak cuma balik lagi yang nolong banyak keliatannya malah stiff ring atau magic collar itu :mky_03:

karena belakang saya belom diapa2xin chasisnya :ngacir:
izin nimbrung, kalau buat cx5 lama pake apa om, sasisnya ud lumayan enak tp mau ngurangin body roll biar makin maknyus. selain lowering kit soalnya kdg buat hajar luar kota jalan makadam biar worry free anti gasruk
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5223
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by b0ku »

whitehorse4 wrote: Thu Dec 19, 2024 6:12
izin nimbrung, kalau buat cx5 lama pake apa om, sasisnya ud lumayan enak tp mau ngurangin body roll biar makin maknyus. selain lowering kit soalnya kdg buat hajar luar kota jalan makadam biar worry free anti gasruk
paling cuma bisa coilover om yang mereknya yellow punya asco, tapi saya bilang stocknya CX 5 juga ud enak om buat pontang panting kalo mau tambah enak paling kayak GE8 saya pake stiff ring sama sway bar depannya aja di ganti yang tebelan

nah tapi yellow saya gak tau setelannya bisa 0 gak

kebetulan emang saya ada bantu temen saya bangun CX5 lama customernya sejauh ini hardrace ud 80% produk dipake semua sama dia saya belom kesampean bawa tuh CX5 ngebut2x, terakhir bawa si sih kalem2x takut nyeruduk trotoar, tapi sih mantep banget pelek ori tapi dia pake tein endura sama lowering kits palingan kalo om mau pake tein ganti shocknya aja harusnya ud cukup sih :mky_03:

tapi kemaren saya nyari endura buat old cx5 si susah banget :big_bored:




itu barang2x hardrace buat cx5

stiff ringnya

https://www.tokopedia.com/ultraracingid ... c%3Dsearch

swaybar mah pake ultra racing aja yang murah :big_grin:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1454
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by t105erd »

b0ku wrote: Thu Dec 19, 2024 4:12 emang dasarnya bapaonya yang kurang enak om chasisnya kalo mau improve coba ganjel dulu aja bautnya :big_grin:

https://www.tokopedia.com/ultraracingid ... c%3Dsearch

mobil saya sebelom pasang ini ganti coilover duluan berasa coilover juga cuma nolong pas high speed gak nolong banyak pas setir di puter pas setir di puter barulah ini yang nolong berasa banget efeknya ditambah saya ud pake coilover makin jadi deh belom ngomongin swaybar depan saya tebelin makin jadi lagi response steriing kadang lagi belok aja gijal saya kayak ditusuk kalo terlalu extreme emang bener jadi sembalap gak segampang bacot orang2x, baru naek mobil emak2x kepasar aja ud kayak gini :mky_07:

tambahan mobil saya ud pake strutbar atas nolong pas nikung
sama armbar bawah yang bentuknya X nah ini enaknya kalo dah kepasang mobil di gas pol lepas setir aja lurus terus torque sterrnya berkurang banyak cuma balik lagi yang nolong banyak keliatannya malah stiff ring atau magic collar itu :mky_03:

karena belakang saya belom diapa2xin chasisnya :ngacir:
waduh kalo gitu mrembet harus ganti jok bucket om :big_biglaugh:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1454
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by t105erd »

ChZ wrote: Thu Dec 19, 2024 3:24 beda fungsi pak. tergantung yang situ rasain mobilnya kurang apa.

kalo sasis bawaan sudah rigid, rear sway bar itu nggak terlalu perlu malah bikin kaku banget. jadi kurang enak dikendarai kena jalan aspal jahanam wakanda ini yang tiap minggu nambah 1 lobang. cuma pengalaman di yaris dan beberapa toyota low end, sasisnya emang kureng (dirancang jadi econobox, pabrikannya mikir toh bakalnya dipake nenek2 dan mamak2 anter anak, jalan gak sampe 40 kmh jadi lanehogger di kota). bisa jadi butuh.

lowering kit buat nurunin ground clearance. titik pusat gravitasi turun jadi lebih nggak mabok bawanya. minusnya kurang praktis kalo kena ramp jahanam atau poldur kampung2 yang mid crossover gc 170 mm aja bisa kena. but a 200% boost to tampilan terutama kalo udah ganti velg ini wajib sekali diturunin. lowering kit dengan shock standar sebenernya malah lebih enak kalo shock bawaannya enak, cuma dgn kondisi aspal jahanam sini umur shock akan lebih pendek krn travel suspensi kurang. ibarat kata kalo ground clearance turun 2 jari, kerja shocknya jadi lebih berat. dy harus ngeredam lebih banyak krn untuk kena lobang yang sama pernya kurang travel. klo ada budget enak coilover cuma coilover itu harus trial and error juga.

tapi yang paling fundamental emang betul ganti karetnya dulu. itu contact patch pertama mobil dengan aspal. ban bagus terbukti mengurangi semua masalah kenyamanan dan handling. grip jelek itu kills the fun terutama di FWD. kita mau main lempar lempar pantat mobil di tikungan atau push di tikungan eh malah keperosok jurang bannya licin kena pasir dikit selip kan nggak lucu.

kalo mau enak, upgrade velg naik 1inch supaya agak lebar dan masuk kalo dikasih ban lebar.
Nah iya makanya om, kalo saya sih ban nya aja masih Hankook eco wkwk...
mau pasang lowering kit takut gasruk, kayanya nyoba pasang sway bar, kali aja nemu yg seken2 hehe...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5223
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by b0ku »

t105erd wrote: Fri Dec 20, 2024 1:56

waduh kalo gitu mrembet harus ganti jok bucket om :big_biglaugh:
emang gara2x joknya ya om ??? :big_think:

males si kalo pake bucket :mky_03:

pantesan bingung baru mobil kek gini aja ud bikin badan ngilu2x gimane yang kayak minimal modelan miata atau bmw M lupa joknya ngepek ya :big_biglaugh:

tapi emang si G itu gak melulu harus mobil sangar bisa jadi karena setelan sterringnya agresive padahal mobilnya cuma tenaga mak mak ke pasar :mky_03:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by saturday »

t105erd wrote: Wed Dec 18, 2024 4:56 Salam hormat untuk temen2 SM semua.

Saya mau tanya untuk meningkatkan handling mobil standar lebih rekomen mana antara ganti per yg lebih pendek (lowering kit) vs pasang rear sway bar? Dan apa plus minus dari 2 opsi tsb, berhubung harga 2 parts tsb mirip.

Mohon masukannya, terima kasih.
FD2 saya sudah pasang itu magic collar, rear sway bar upgrade, strut bar, bushing polyurethane sway bar depan, beberapa chassis bracing, camber arm belakang. Ban hanya pakai BFG T/A kategori touring, shock hanya pakai excel-G depan dan Jamex Monotube Xpander belakang.

Yang menurut saya pengaruh paling besar: rear sway bar, shock absorber, dan ban. Kombo 3 itu buat tikung dan kurangi body roll sudah drastis. Yang lain hanya improvement kecil-kecil aja setiap nambah; tapi sedikit-sedikit lama-lama banyak efeknya.

Untuk ban, dari Turanza T005A yang agak keras, pindah ke BFG T/A yang empuk, terasa turun handlingnya.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1454
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by t105erd »

saturday wrote: Fri Dec 20, 2024 2:53
t105erd wrote: Wed Dec 18, 2024 4:56 Salam hormat untuk temen2 SM semua.

Saya mau tanya untuk meningkatkan handling mobil standar lebih rekomen mana antara ganti per yg lebih pendek (lowering kit) vs pasang rear sway bar? Dan apa plus minus dari 2 opsi tsb, berhubung harga 2 parts tsb mirip.

Mohon masukannya, terima kasih.
FD2 saya sudah pasang itu magic collar, rear sway bar upgrade, strut bar, bushing polyurethane sway bar depan, beberapa chassis bracing, camber arm belakang. Ban hanya pakai BFG T/A kategori touring, shock hanya pakai excel-G depan dan Jamex Monotube Xpander belakang.

Yang menurut saya pengaruh paling besar: rear sway bar, shock absorber, dan ban. Kombo 3 itu buat tikung dan kurangi body roll sudah drastis. Yang lain hanya improvement kecil-kecil aja setiap nambah; tapi sedikit-sedikit lama-lama banyak efeknya.

Untuk ban, dari Turanza T005A yang agak keras, pindah ke BFG T/A yang empuk, terasa turun handlingnya.
Wah makasih masukannya om, Civic FD itu kan udah dapet rear swaybar dari pabrik yah dan suspensi belakang independen? nah ini kalo kaya mobil saya kan suspensi belakang non independen kalo dikasihkan rear sway bar jadi gedobrakan ga yah kalo dijalan jelek? saya liat di YT ngaruh banget tuh kalo dipasang di mobil2 tinggi kaya alphard, double cabin, SUV gitu, ngurangin body roll banyak.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by saturday »

t105erd wrote: Fri Dec 20, 2024 6:32
saturday wrote: Fri Dec 20, 2024 2:53
t105erd wrote: Wed Dec 18, 2024 4:56 Salam hormat untuk temen2 SM semua.

Saya mau tanya untuk meningkatkan handling mobil standar lebih rekomen mana antara ganti per yg lebih pendek (lowering kit) vs pasang rear sway bar? Dan apa plus minus dari 2 opsi tsb, berhubung harga 2 parts tsb mirip.

Mohon masukannya, terima kasih.
FD2 saya sudah pasang itu magic collar, rear sway bar upgrade, strut bar, bushing polyurethane sway bar depan, beberapa chassis bracing, camber arm belakang. Ban hanya pakai BFG T/A kategori touring, shock hanya pakai excel-G depan dan Jamex Monotube Xpander belakang.

Yang menurut saya pengaruh paling besar: rear sway bar, shock absorber, dan ban. Kombo 3 itu buat tikung dan kurangi body roll sudah drastis. Yang lain hanya improvement kecil-kecil aja setiap nambah; tapi sedikit-sedikit lama-lama banyak efeknya.

Untuk ban, dari Turanza T005A yang agak keras, pindah ke BFG T/A yang empuk, terasa turun handlingnya.
Wah makasih masukannya om, Civic FD itu kan udah dapet rear swaybar dari pabrik yah dan suspensi belakang independen? nah ini kalo kaya mobil saya kan suspensi belakang non independen kalo dikasihkan rear sway bar jadi gedobrakan ga yah kalo dijalan jelek?
Sudah dapat rear dan front sway bar/anti-roll bar dari pabrik. Yang belakang itu batang 14mm hollow. Saya gantikan ke ukuran 19mm dengan batang solid. Depan sengaja tidak saya upgrade karena tujuannya untuk mengurangi understeer setelan bawaan FD.

CMIIW, kalau batangnya terpasang di chassis; tidak diikat ke link stabilizer dan link stabilizernya tidak ada di suspension arm atau shock; itu namanya chassis bracing. Efeknya jauh lebih minimal dibandingkan sway bar/anti-roll bar sejati.

Sepengalaman saya install yang model chassis bracing seperti itu full set di Innova & FD, efeknya ada tapi tidak drastis dan tidak membuat bantingan jadi kasar. Aman dan justru menurut saya lebih enak karena chassis jadi kaku, tidak banyak flex, kerja suspensi menjadi lebih optimal.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2287
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Lowering Kit vs Rear Sway Bar Untuk Memingkatkan Handling

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: Wed Dec 18, 2024 6:39
ctopher7 wrote: Wed Dec 18, 2024 5:11
t105erd wrote: Wed Dec 18, 2024 5:07

Yaris 2008
yang umum kalo yaris saya liat nambahin asesoris dr ultra racing yah macem beginian
IMG_4543.png
nah ada yg bilang pasang swaybar belakang bikin suspensinya jadi ga "independen" yah? gocangan jalan lebih terasa? tapi saya liat beberapa mobil sedan juga udah ada swaybar bawaan.
Harus di sesuaikan sih om, kalo anti-swaybarnya terlalu stiff jadi kurang independent. Kalo swaybar yang pas itu mengurangi body roll tapi efek negatifnya ke kemampuan meredam minim.