Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pulsy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Tue Jun 10, 2008 7:14

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by pulsy »

marmut wrote: Wed Apr 17, 2024 3:33
pulsy wrote: Wed Apr 17, 2024 3:08

Jadi ceritanya kemarin abis spooring om di B-quick hasil spooring chamber kiri Minus satu, menurut mekanik dia ga bisa setel kalo chamber yang bisa disetel cuma caster sama toe. Kemungkinan bisa minus satu ini ada bongkar shockbreaker atau karet shock pas masang ga pas. Disaranin kalo mau dibongkar ulang tutup karet shock yang kiri samain sama yang kanan karena yang kanan masih masuk toleransi. Kalo ga mau bongkar pake baut chamber yang bisa disetel2.

FYI hasil foto spooring pas lagi dikerjain, yang print2 hasil selesai spooring lupa difoto.
Kalo ga salah inget yang center sama toe da ijo semua. cuma chamber kiri yang masih minus
WhatsApp Image 2024-04-17 at 09.17.04.jpeg



baut top mounting yg 3 pcs itu bisa digeser sedikit walopun mungkin nggak sempurna hasilnya. kendorin aja trus geser paksa buat cari sudut paling maksimal.



images.jpeg



kalo lower strut bolt diganti, sudut CAMBER hub (roda) memang bisa berubah sesuai keinginan, tapi sudut CAMBER strut assy (shock depan) pun ikut berubah sudutnya jadi makin tegak.



images (1).jpeg
images (2).jpeg



efeknya, saat high speed ayunan suspensi depan jadi nggak sama antara kiri dan kanan. bahasa mudahnya "terasa limbung".

nb :
CAMBER, nggak pake "h". bukan chamber.
2 kata beda arti beda penggunaan.

tapi balik lg keputusan ada di pemilik mobil.

:beer:
Siap Mbah, maap Newbie mbah ga tau beda antara chamber sama camber. Hahaha...
Berarti nanti bisa ya mbah mintol di Beres atau bisa nih sowan ke tempat Mbah Marmut yang baru :frm_tumbright:

Berarti tetep masih bagusan pake yang ori ya mbah daripada beli yang 3rd party?
Sebenernya sih ga gt berasa ke kiri cuma kalo di tol pas kenceng kalo ga dipegang baru keliatan/berasa lari dikit ke kiri.

Kalo Limbung sih saat ini ga berasa, lari 120 kemarin masih stabil.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11587
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

pulsy wrote: Wed Apr 17, 2024 3:42

...
Berarti nanti bisa ya mbah mintol di Beres atau bisa nih sowan ke tempat Mbah Marmut yang baru :frm_tumbright:

Berarti tetep masih bagusan pake yang ori ya mbah daripada beli yang 3rd party?
Sebenernya sih ga gt berasa ke kiri cuma kalo di tol pas kenceng kalo ga dipegang baru keliatan/berasa lari dikit ke kiri.

Kalo Limbung sih saat ini ga berasa, lari 120 kemarin masih stabil.


lower strut bolt alias baut shock bawah (yg ada 2) jangan pernah dikutak katik apalagi diganti camber bolt.

buat setel baut pegangan shock yg atas, harus pas lg spooring jadi langsung ketauan ada perubahan apa enggak.
kalo bengkel spooring alesan aiueo ina inu ga bisa nyetel, suruh tutup aja jangan buka spooringan lagi.
mending dagang bala² di trotoar.......
pulsy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Tue Jun 10, 2008 7:14

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by pulsy »

marmut wrote: Wed Apr 17, 2024 6:59
pulsy wrote: Wed Apr 17, 2024 3:42

...
Berarti nanti bisa ya mbah mintol di Beres atau bisa nih sowan ke tempat Mbah Marmut yang baru :frm_tumbright:

Berarti tetep masih bagusan pake yang ori ya mbah daripada beli yang 3rd party?
Sebenernya sih ga gt berasa ke kiri cuma kalo di tol pas kenceng kalo ga dipegang baru keliatan/berasa lari dikit ke kiri.

Kalo Limbung sih saat ini ga berasa, lari 120 kemarin masih stabil.


lower strut bolt alias baut shock bawah (yg ada 2) jangan pernah dikutak katik apalagi diganti camber bolt.

buat setel baut pegangan shock yg atas, harus pas lg spooring jadi langsung ketauan ada perubahan apa enggak.
kalo bengkel spooring alesan aiueo ina inu ga bisa nyetel, suruh tutup aja jangan buka spooringan lagi.
mending dagang bala² di trotoar.......
Siap.... Mbah, berarti nanti pas Service di Beres aja spooring ulang ya minta dibongkar + langsung spooring karena kalo pake ilmu keker mbah dukun masih bisa meleset.
mending dagang bala² di trotoar.......
Wkwkwkwkw........... untung ada Mbah Marmut dapet wejangan ga langsung maen ganti lower strut bolt.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

Lipindut l11 2018
Km 143rb
Pernah ganti kampas depan terakhir km 80rban di 2022

Hasil ga kepantau dan pake aja oleh ade
Kampas ketemu rotor bunyi grok²
Da buang deh, ganti rotor ama kampas skalian
Kampas belakang sisa dikit juga

Overall ok harga 450rb per disc kata champion sih ori
Kampas keyvalue nissan 400rbansepasang
Kampas belakang 200rban sepasang
Screenshot_20240510-210832_Gallery.jpg
Screenshot_20240510-210853_Gallery.jpg
Screenshot_20240510-210838_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
gifgof
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Mar 21, 2024 1:35
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Nissan Livina X-Gear

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by gifgof »

arizaputra wrote: Tue Aug 22, 2023 7:45 Om, ada yg pernah pake Dunlop LM705 ga?
Beneran jauh lebih senyap dari ban bawaan SP 300 kah?

Atau kalo ada rekomendasi yg lebih ok tapi seharga, boleh om
Ban udah pada retak2 banget yg depan, ngeri ga aman
udah pake sejak taun 2021 Om, kena racun fitra eri, jauh banget sama SP300, dibawa lari di tol jalan cor2an nggak berisik, begitu ketemu aspal hotmix senyap, dan jauh lebih empuk, SP300 itu keras & berisik, dulu harganya nggak terlalu mahal sih, sekarang udah setara sama Turanza
User avatar
herdy papua
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Dec 03, 2010 3:07

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by herdy papua »

gifgof wrote: Wed May 22, 2024 7:08
arizaputra wrote: Tue Aug 22, 2023 7:45 Om, ada yg pernah pake Dunlop LM705 ga?
Beneran jauh lebih senyap dari ban bawaan SP 300 kah?

Atau kalo ada rekomendasi yg lebih ok tapi seharga, boleh om
Ban udah pada retak2 banget yg depan, ngeri ga aman
udah pake sejak taun 2021 Om, kena racun fitra eri, jauh banget sama SP300, dibawa lari di tol jalan cor2an nggak berisik, begitu ketemu aspal hotmix senyap, dan jauh lebih empuk, SP300 itu keras & berisik, dulu harganya nggak terlalu mahal sih, sekarang udah setara sama Turanza
Setuju om... kayaknya kita kena racun dr orang yg sama deh :big_grin: ... aq make dr akhir 2022 ampe sekarang masih enak dan kembangan jg masih bagus. Durability, kesenyapan n keempukan oke sih. Dah dipake ngetrip bdg-dps PP 2x juga masih oke. Klo soal harga sekarang sih kurang tau... Klo yg dibawahnya sih palingan si Hankook, menurut beberapa info sih empuk dapet, senyap cukup cuman durability yg agak kurang, katanya mudah benjol sampingnya....entah bener apa gak soale belom pernah make.

Sekarang lg ngelirik ama soal per'knalpot'an unt HWS 2016 matic... dah sempet keracun remap meski baru stage 1CP, rutin servis + "jamu" STP fuel system cleaner+hi-mileage injector cleaner tapi kadang di tanjakan msh agak lola juga... Mau rehab knalpot biar cukup nendang di putaran bawah-tengah'nya (dg fuel consumption relatif sama), penggunaan daily sih. Pengennya cuman sebatas header aja (nyesuaiin budget), lainnya keujung biar tetep standar gt. Pertanyaannya, apakah bener dg modifan itu aja udah mampu nambah torsi bawah-tengahnya? Mungkin suhu-suhu disini ada petunjuk ato pengalaman :big_childish:
- - :big_grin: - -
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Greenhunter »

marmut wrote: Wed Apr 17, 2024 6:59
mbah marmut, tolong tanya ttg busi. kalau mesin dipasang 1 busi iridium + 3 busi platinum kira kira efeknya apa ?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11587
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by marmut »

Greenhunter wrote: Sat Oct 12, 2024 3:15
marmut wrote: Wed Apr 17, 2024 6:59
mbah marmut, tolong tanya ttg busi. kalau mesin dipasang 1 busi iridium + 3 busi platinum kira kira efeknya apa ?




lha yg ngerasain efeknya kan si mesin, bukan saya..... :big_chicken:

emang knp pasang busi belang² gitu?
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Greenhunter »

marmut wrote: Sat Oct 12, 2024 3:39
Greenhunter wrote: Sat Oct 12, 2024 3:15
marmut wrote: Wed Apr 17, 2024 6:59
mbah marmut, tolong tanya ttg busi. kalau mesin dipasang 1 busi iridium + 3 busi platinum kira kira efeknya apa ?
lha yg ngerasain efeknya kan si mesin, bukan saya..... :big_chicken:

emang knp pasang busi belang² gitu?
bongkar bongkar gudang nemu 1 iridium denso dan 3 platinum bosch. paling baik memang beli 3 iridium lagi.
cukup deh mbah Marmut, jgn diterusin masalah busi belang.
yang masih galau sebenernya beli 3 biji iridium atau beli 1 busi platinum ? tolong pendapatnya antara busi iridium dan platinum apakah memang bedanya banyak ?
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

Greenhunter wrote: Sat Oct 12, 2024 3:42
marmut wrote: Sat Oct 12, 2024 3:39
Greenhunter wrote: Sat Oct 12, 2024 3:15

mbah marmut, tolong tanya ttg busi. kalau mesin dipasang 1 busi iridium + 3 busi platinum kira kira efeknya apa ?
lha yg ngerasain efeknya kan si mesin, bukan saya..... :big_chicken:

emang knp pasang busi belang² gitu?
bongkar bongkar gudang nemu 1 iridium denso dan 3 platinum bosch. paling baik memang beli 3 iridium lagi.
cukup deh mbah Marmut, jgn diterusin masalah busi belang.
yang masih galau sebenernya beli 3 biji iridium atau beli 1 busi platinum ? tolong pendapatnya antara busi iridium dan platinum apakah memang bedanya banyak ?
Asal heat range sama sih harusnya ga maslaah di awal2
Ntar kliatan waktu si platinum mulai abis bisa pincang :upss:
Cmiiw
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Greenhunter »

trebla88 wrote: Sat Oct 12, 2024 5:39
Greenhunter wrote: Sat Oct 12, 2024 3:42
marmut wrote: Sat Oct 12, 2024 3:39

lha yg ngerasain efeknya kan si mesin, bukan saya..... :big_chicken:

emang knp pasang busi belang² gitu?
bongkar bongkar gudang nemu 1 iridium denso dan 3 platinum bosch. paling baik memang beli 3 iridium lagi.
cukup deh mbah Marmut, jgn diterusin masalah busi belang.
yang masih galau sebenernya beli 3 biji iridium atau beli 1 busi platinum ? tolong pendapatnya antara busi iridium dan platinum apakah memang bedanya banyak ?
Asal heat range sama sih harusnya ga maslaah di awal2
Ntar kliatan waktu si platinum mulai abis bisa pincang :upss:
Cmiiw
sdh beli 3 busi idirium, disamain ke iridum semua bang
masdickynih
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sat Dec 07, 2024 6:05
Location: Serang
Daily Vehicle: Ayla

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by masdickynih »

Halo agan2 mau tanya, apakah worth it jika ganti ayla 1.0 X A/T 2016 Km 88rb dengan ganti ganti GL L10 1.5 Ultimate 2012 matic yang km nya sudah 127rb?
Karena sdgn cari 7 seater yg terjangkau, maklum biar bisa bawa orang tua juga 😅
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

masdickynih wrote: Sat Dec 07, 2024 7:05 Halo agan2 mau tanya, apakah worth it jika ganti ayla 1.0 X A/T 2016 Km 88rb dengan ganti ganti GL L10 1.5 Ultimate 2012 matic yang km nya sudah 127rb?
Karena sdgn cari 7 seater yg terjangkau, maklum biar bisa bawa orang tua juga 😅
7seater banci grandlivina
belakangnya buat anak2 aja row 3
klo mau grand livina cari aja yg 1.800cc skalian kalau mau 4at

kalau mau cvt cari L11 sudah improvement dimana2
ga rekomen L10 1.5 karena bnyakan ampas pemakaian sebelumnya :big_biglaugh:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Greenhunter »

herdy papua wrote: Tue Aug 20, 2024 6:32 Sekarang lg ngelirik ama soal per'knalpot'an unt HWS 2016 matic... dah sempet keracun remap meski baru stage 1CP, rutin servis + "jamu" STP fuel system cleaner+hi-mileage injector cleaner tapi kadang di tanjakan msh agak lola juga... Mau rehab knalpot biar cukup nendang di putaran bawah-tengah'nya (dg fuel consumption relatif sama), penggunaan daily sih. Pengennya cuman sebatas header aja (nyesuaiin budget), lainnya keujung biar tetep standar gt. Pertanyaannya, apakah bener dg modifan itu aja udah mampu nambah torsi bawah-tengahnya? Mungkin suhu-suhu disini ada petunjuk ato pengalaman :big_childish:
Ada yg tahu jawabannya ini ? Saya belum pernah ganti kmalpot
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

Greenhunter wrote: Sat Dec 07, 2024 12:12
herdy papua wrote: Tue Aug 20, 2024 6:32 Sekarang lg ngelirik ama soal per'knalpot'an unt HWS 2016 matic... dah sempet keracun remap meski baru stage 1CP, rutin servis + "jamu" STP fuel system cleaner+hi-mileage injector cleaner tapi kadang di tanjakan msh agak lola juga... Mau rehab knalpot biar cukup nendang di putaran bawah-tengah'nya (dg fuel consumption relatif sama), penggunaan daily sih. Pengennya cuman sebatas header aja (nyesuaiin budget), lainnya keujung biar tetep standar gt. Pertanyaannya, apakah bener dg modifan itu aja udah mampu nambah torsi bawah-tengahnya? Mungkin suhu-suhu disini ada petunjuk ato pengalaman :big_childish:
Ada yg tahu jawabannya ini ? Saya belum pernah ganti kmalpot
klo ganti full dr drpan belakang baru kerasa
tp nyari yg itungannya bener yg susah :big_biglaugh:
kalau lokal dulu ada ord ga tau bener itu, atau kansai

dulu di hyundai getz asal bikin di tukang knalpot malh jd aga lemot bawahnya :upss:

matic itungannya harus bener bikinnya, tapi tetep 4-2-1 sih klo matic harusnya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27283
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

trebla88 wrote: Sun Dec 08, 2024 2:37
Greenhunter wrote: Sat Dec 07, 2024 12:12
herdy papua wrote: Tue Aug 20, 2024 6:32 Sekarang lg ngelirik ama soal per'knalpot'an unt HWS 2016 matic... dah sempet keracun remap meski baru stage 1CP, rutin servis + "jamu" STP fuel system cleaner+hi-mileage injector cleaner tapi kadang di tanjakan msh agak lola juga... Mau rehab knalpot biar cukup nendang di putaran bawah-tengah'nya (dg fuel consumption relatif sama), penggunaan daily sih. Pengennya cuman sebatas header aja (nyesuaiin budget), lainnya keujung biar tetep standar gt. Pertanyaannya, apakah bener dg modifan itu aja udah mampu nambah torsi bawah-tengahnya? Mungkin suhu-suhu disini ada petunjuk ato pengalaman :big_childish:
Ada yg tahu jawabannya ini ? Saya belum pernah ganti kmalpot
klo ganti full dr drpan belakang baru kerasa
tp nyari yg itungannya bener yg susah :big_biglaugh:
kalau lokal dulu ada ord ga tau bener itu, atau kansai

dulu di hyundai getz asal bikin di tukang knalpot malh jd aga lemot bawahnya :upss:

matic itungannya harus bener bikinnya, tapi tetep 4-2-1 sih klo matic harusnya
kita orang blom perna liat header l11, tp kl L10, agak yakin sehh ganti header bsa lmayan ngaruh

kerana di L10 itu masi nganut faham header tradisionil, bukan integrated kaya mobil2 jaman skrg, enak tu buat experimen header krn efek nya lebi berasa

apalagi di HR15DE itu header nya posisi lebi landai dan less nekuk2, mungkin coba konfig 4-2-1 bsa bantu ngangkat torsi bawah sikit

cuman overall HR15 itu enjin utk mentokin spido seh (dr sisi exhaust nya aj bener2 dibkin plong dari depan ampe blakang, beda ama L15 honda yg tekuk2 patah, atau di 1NZ yg di resonator blakang di bikin muter2) , bukan utk torsi awal kaya L15 honda, mo gmanapun jg pasti lemot tarikan awal nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by sm4 »

Sekedar share saja.
finished.jpeg
Grand Livina L10 SV A/T thn 2013 tangan pertama dari baru, selalu service di bengkel resmi Nissan, semua part OEM kecuali oli mesin, oli transmisi, ban, kaca film, dan H/U. Peredam dash insulator (knalpot dekat wall) sudah diganti baru (OEM), peredam hood insulator/kap mesin juga sudah diganti baru (OEM), karena yg lama sudah termakan umur dan pemakaian.

Oli mesin pakai Q8 yg 5W-30 (lupa yg seri apa). Oli bawaan be-res bikin cepat ngelitik sebelum jadwal ganti oli/service rutin berikutnya.

Oli transmisi terakhir ganti di SnD dekat rumah (pakai punya Shell) karena kalau ngikuti jadwal be-res takut beneran jadi lifetime, alias harus ganti sama transmisinya.

Ban pakai Continental CC6, ukuran bawaan 185/65 R15, trahir ganti 5 sekaligus sekalian sama ban serep.

Kaca film ganti vkool pas dapat diskon besar. depan vk40 skkb x05, diskon besar lewat sales langganan yg ada relation sm petinggi distributor vkool dekat rumah.

H/U ganti Android u/ support CarPlay/Android (request anak2)

Km mobil sudah tinggi, ada baret2 wajar, tapi perawatan selalu ikuti factory std, di be-res Nissan dekat rumah (yg separoh sudah jadi be-res Citroen), kecuali yg disebutkan di atas.

Sy masi ingat kata2 om NR kalau mau rawat mobil: tutup mata, tutup kuping, bawa ke be-res, terima invoice, bayar terus pulang.

Mobil juga di-cover all-risk insurance, masi aktif, dijamin dengan nilai tunai IDR 95 juta.

Belum ada rencana dijual atau ganti karena masih ada mobil lain, tapi kalau ada offer di atas jaminan nilai tunai asuransi mungkin sy fikir lagi.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Greenhunter »

sm4 wrote: Sun Dec 22, 2024 14:45 Sekedar share saja.

finished.jpeg

Grand Livina L10 SV A/T thn 2013 tangan pertama dari baru, selalu service di bengkel resmi Nissan, semua part OEM kecuali oli mesin, oli transmisi, ban, kaca film, dan H/U. Peredam dash insulator (knalpot dekat wall) sudah diganti baru (OEM), peredam hood insulator/kap mesin juga sudah diganti baru (OEM), karena yg lama sudah termakan umur dan pemakaian.
engine bay rapi :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
kcraksa
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Dec 05, 2024 2:28
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by kcraksa »

Permisi om2 sekalian,

saya user baru livina nih, minggu kemarin baru aja minang livina xr tahun 2009. setelah dipakai wara wiri beberapa hari belakangan, mulai terasa apa-apa aja yang jadi pr.

1. oli mesin kemarin baru diganti pake shell hx6 10w-40 (ada rekomendasi oli yang cocok buat livina ini kah?)
2. stir terasa agak kaku (biasa bawa terios/calya) , dan kalo dibawa di jalan tol, agak effort buat jaga tetep stabil, cenderung lari ke kanan.
3. stir kalo diputer bunyi srok srok
4. pas lewat jalan ga rata, kalo agak kenceng sekitar 40km/jam bunyi gluduk2
5. kata inspektor pas cek mobil pertama kali, ada rembesan dari oli transmisi matic

dari problem-problem itu, kira2 dari pengalaman om2, masalahnya di part apa aja ya? terus kisaran biaya buat beresin itu pr berapa ya?

thank you
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by trebla88 »

kcraksa wrote: Mon Dec 23, 2024 14:34 Permisi om2 sekalian,

saya user baru livina nih, minggu kemarin baru aja minang livina xr tahun 2009. setelah dipakai wara wiri beberapa hari belakangan, mulai terasa apa-apa aja yang jadi pr.

1. oli mesin kemarin baru diganti pake shell hx6 10w-40 (ada rekomendasi oli yang cocok buat livina ini kah?)
2. stir terasa agak kaku (biasa bawa terios/calya) , dan kalo dibawa di jalan tol, agak effort buat jaga tetep stabil, cenderung lari ke kanan.
3. stir kalo diputer bunyi srok srok
4. pas lewat jalan ga rata, kalo agak kenceng sekitar 40km/jam bunyi gluduk2
5. kata inspektor pas cek mobil pertama kali, ada rembesan dari oli transmisi matic

dari problem-problem itu, kira2 dari pengalaman om2, masalahnya di part apa aja ya? terus kisaran biaya buat beresin itu pr berapa ya?

thank you
wah jackpot deh
coba ke bengkel resmi aja deh
jgn kaget aja ntar kluar biling bisa di 20jtan :upss:
oli pake 5w30 aja deh itu
napa ga ditest drive dulu jaa sblm beli tuh.inspektor nya jg masa cuma nemu rembes oli matic aja :big_biglaugh:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Greenhunter »

kcraksa wrote: Mon Dec 23, 2024 14:34 Permisi om2 sekalian,

saya user baru livina nih, minggu kemarin baru aja minang livina xr tahun 2009.

1. oli mesin kemarin baru diganti pake shell hx6 10w-40 (ada rekomendasi oli yang cocok buat livina ini kah?)
2. stir terasa agak kaku (biasa bawa terios/calya) , dan kalo dibawa di jalan tol, agak effort buat jaga tetep stabil, cenderung lari ke kanan.
3. stir kalo diputer bunyi srok srok
4. pas lewat jalan ga rata, kalo agak kenceng sekitar 40km/jam bunyi gluduk2
5. kata inspektor pas cek mobil pertama kali, ada rembesan dari oli transmisi matic
1. Saya biasanya pakai repsol gxr platinum 5w30 biat 5000 km saja. Biasa beli di toko sutra centang biru bekasi tokopedia, harganya paling bersahabat.
.2. Coba spooring dahulu, tempat spooring yg pinter biasanya akan menemukan sparepart kaki kaki apa saja yg perlu diganti (bapljoint, tierod, dll) yang bisa jadi berhubungan dgn kasus noner 4.
3. Kurang tahu, bisa jadi kabel sensor abs pada kabel spiral klakson penataannya kurang pas
4. Banyak sumber bunyi²an, bisa jadi :
4a komponen kaki² balljoint, toerod, seperti pengecekan spooring ban kasus nomer 1 itu aja sembuh.
4b. bushing crossmember sudah rusak
4c. Support shockbreaker depan kanan kiri rusak atau shockbreakernya mati.
4d. Kalau 4a, 4b, dan 4c masih bagus semua bisa jadi racksteer. Saya tdk menyarankan ganti bushing, service racksteer, rekondisi, dll percuma tdk menyelesaikan masalah dan kalaupun bunyi²an hilang paling 1-2 bulan aja bakal kambuh lagi. Ongkos bongkar pasangnya mahal.
Kalau sdh dipastikan racksteer paling bener beli baru merk heiker, harga kisaran 2jt sekali pasang beres. Saya ganti racksteer merk ini sdh jalan kisaran 1 th masih bagus.
5. Cek dulu ke bengkel resmi atau bengkel umum yg bapak percaya, atau spesialis matic, itu sumber bocornya apaan. Jangan kena jebakan betmen : bongkar matic, pastikan dahulu yg rusak apaan., cek ke 2 atau 3 bengkel buat konfirmasi kepastian rusaknya.

Semoga bisa dapat jalan yg benar, BTW lokasi di kota mana ?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27283
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

trebla88 wrote: Mon Dec 23, 2024 17:54
kcraksa wrote: Mon Dec 23, 2024 14:34 Permisi om2 sekalian,

saya user baru livina nih, minggu kemarin baru aja minang livina xr tahun 2009. setelah dipakai wara wiri beberapa hari belakangan, mulai terasa apa-apa aja yang jadi pr.

1. oli mesin kemarin baru diganti pake shell hx6 10w-40 (ada rekomendasi oli yang cocok buat livina ini kah?)
2. stir terasa agak kaku (biasa bawa terios/calya) , dan kalo dibawa di jalan tol, agak effort buat jaga tetep stabil, cenderung lari ke kanan.
3. stir kalo diputer bunyi srok srok
4. pas lewat jalan ga rata, kalo agak kenceng sekitar 40km/jam bunyi gluduk2
5. kata inspektor pas cek mobil pertama kali, ada rembesan dari oli transmisi matic

dari problem-problem itu, kira2 dari pengalaman om2, masalahnya di part apa aja ya? terus kisaran biaya buat beresin itu pr berapa ya?

thank you
wah jackpot deh
coba ke bengkel resmi aja deh
jgn kaget aja ntar kluar biling bisa di 20jtan :upss:
oli pake 5w30 aja deh itu
napa ga ditest drive dulu jaa sblm beli tuh.inspektor nya jg masa cuma nemu rembes oli matic aja :big_biglaugh:
jackpot mmg, dapet paket lengkap lipindut tuh kl dr critanya

cuman skrg ud ga ampe jackpot 20an juta kaya jaman belasan taon yg lalu

wong parts nya ud murah2 dan bejibun, minimal belasan jg ud ckup seh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kcraksa
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Dec 05, 2024 2:28
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by kcraksa »

trebla88 wrote: Mon Dec 23, 2024 17:54
kcraksa wrote: Mon Dec 23, 2024 14:34 Permisi om2 sekalian,

saya user baru livina nih, minggu kemarin baru aja minang livina xr tahun 2009. setelah dipakai wara wiri beberapa hari belakangan, mulai terasa apa-apa aja yang jadi pr.

1. oli mesin kemarin baru diganti pake shell hx6 10w-40 (ada rekomendasi oli yang cocok buat livina ini kah?)
2. stir terasa agak kaku (biasa bawa terios/calya) , dan kalo dibawa di jalan tol, agak effort buat jaga tetep stabil, cenderung lari ke kanan.
3. stir kalo diputer bunyi srok srok
4. pas lewat jalan ga rata, kalo agak kenceng sekitar 40km/jam bunyi gluduk2
5. kata inspektor pas cek mobil pertama kali, ada rembesan dari oli transmisi matic

dari problem-problem itu, kira2 dari pengalaman om2, masalahnya di part apa aja ya? terus kisaran biaya buat beresin itu pr berapa ya?

thank you
wah jackpot deh
coba ke bengkel resmi aja deh
jgn kaget aja ntar kluar biling bisa di 20jtan :upss:
oli pake 5w30 aja deh itu
napa ga ditest drive dulu jaa sblm beli tuh.inspektor nya jg masa cuma nemu rembes oli matic aja :big_biglaugh:
Pas test drive ngerasa nih mobil enak2 aja, mungkin karna test drivenya keliling komplek aja. Mulai berasa pas besokannya dibawa test ke jalan tol om.

Kalo oli matic, diskusi sama inspektornya katanya cukup flushing oli matic aja om.

Maklum om mobil pertama 😅
kcraksa
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Dec 05, 2024 2:28
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by kcraksa »

Greenhunter wrote: Mon Dec 23, 2024 18:57
kcraksa wrote: Mon Dec 23, 2024 14:34 Permisi om2 sekalian,

saya user baru livina nih, minggu kemarin baru aja minang livina xr tahun 2009.

1. oli mesin kemarin baru diganti pake shell hx6 10w-40 (ada rekomendasi oli yang cocok buat livina ini kah?)
2. stir terasa agak kaku (biasa bawa terios/calya) , dan kalo dibawa di jalan tol, agak effort buat jaga tetep stabil, cenderung lari ke kanan.
3. stir kalo diputer bunyi srok srok
4. pas lewat jalan ga rata, kalo agak kenceng sekitar 40km/jam bunyi gluduk2
5. kata inspektor pas cek mobil pertama kali, ada rembesan dari oli transmisi matic
1. Saya biasanya pakai repsol gxr platinum 5w30 biat 5000 km saja. Biasa beli di toko sutra centang biru bekasi tokopedia, harganya paling bersahabat.
.2. Coba spooring dahulu, tempat spooring yg pinter biasanya akan menemukan sparepart kaki kaki apa saja yg perlu diganti (bapljoint, tierod, dll) yang bisa jadi berhubungan dgn kasus noner 4.
3. Kurang tahu, bisa jadi kabel sensor abs pada kabel spiral klakson penataannya kurang pas
4. Banyak sumber bunyi²an, bisa jadi :
4a komponen kaki² balljoint, toerod, seperti pengecekan spooring ban kasus nomer 1 itu aja sembuh.
4b. bushing crossmember sudah rusak
4c. Support shockbreaker depan kanan kiri rusak atau shockbreakernya mati.
4d. Kalau 4a, 4b, dan 4c masih bagus semua bisa jadi racksteer. Saya tdk menyarankan ganti bushing, service racksteer, rekondisi, dll percuma tdk menyelesaikan masalah dan kalaupun bunyi²an hilang paling 1-2 bulan aja bakal kambuh lagi. Ongkos bongkar pasangnya mahal.
Kalau sdh dipastikan racksteer paling bener beli baru merk heiker, harga kisaran 2jt sekali pasang beres. Saya ganti racksteer merk ini sdh jalan kisaran 1 th masih bagus.
5. Cek dulu ke bengkel resmi atau bengkel umum yg bapak percaya, atau spesialis matic, itu sumber bocornya apaan. Jangan kena jebakan betmen : bongkar matic, pastikan dahulu yg rusak apaan., cek ke 2 atau 3 bengkel buat konfirmasi kepastian rusaknya.

Semoga bisa dapat jalan yg benar, BTW lokasi di kota mana ?
Noted om, nextnya coba pake oli 5w-30 dah.
Iya om planningnya mingdep emg pengen spooring balancing sekalian cuci ac.
Makasih om sarannya.
Saya di bekasi om
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Greenhunter »

kcraksa wrote: Tue Dec 24, 2024 0:16
Greenhunter wrote: Mon Dec 23, 2024 18:57
kcraksa wrote: Mon Dec 23, 2024 14:34 Permisi om2 sekalian,

saya user baru livina nih, minggu kemarin baru aja minang livina xr tahun 2009.

1. oli mesin kemarin baru diganti pake shell hx6 10w-40 (ada rekomendasi oli yang cocok buat livina ini kah?)
2. stir terasa agak kaku (biasa bawa terios/calya) , dan kalo dibawa di jalan tol, agak effort buat jaga tetep stabil, cenderung lari ke kanan.
3. stir kalo diputer bunyi srok srok
4. pas lewat jalan ga rata, kalo agak kenceng sekitar 40km/jam bunyi gluduk2
5. kata inspektor pas cek mobil pertama kali, ada rembesan dari oli transmisi matic
1. Saya biasanya pakai repsol gxr platinum 5w30 biat 5000 km saja. Biasa beli di toko sutra centang biru bekasi tokopedia, harganya paling bersahabat.
.2. Coba spooring dahulu, tempat spooring yg pinter biasanya akan menemukan sparepart kaki kaki apa saja yg perlu diganti (bapljoint, tierod, dll) yang bisa jadi berhubungan dgn kasus noner 4.
3. Kurang tahu, bisa jadi kabel sensor abs pada kabel spiral klakson penataannya kurang pas
4. Banyak sumber bunyi²an, bisa jadi :
4a komponen kaki² balljoint, toerod, seperti pengecekan spooring ban kasus nomer 1 itu aja sembuh.
4b. bushing crossmember sudah rusak
4c. Support shockbreaker depan kanan kiri rusak atau shockbreakernya mati.
4d. Kalau 4a, 4b, dan 4c masih bagus semua bisa jadi racksteer. Saya tdk menyarankan ganti bushing, service racksteer, rekondisi, dll percuma tdk menyelesaikan masalah dan kalaupun bunyi²an hilang paling 1-2 bulan aja bakal kambuh lagi. Ongkos bongkar pasangnya mahal.
Kalau sdh dipastikan racksteer paling bener beli baru merk heiker, harga kisaran 2jt sekali pasang beres. Saya ganti racksteer merk ini sdh jalan kisaran 1 th masih bagus.
5. Cek dulu ke bengkel resmi atau bengkel umum yg bapak percaya, atau spesialis matic, itu sumber bocornya apaan. Jangan kena jebakan betmen : bongkar matic, pastikan dahulu yg rusak apaan., cek ke 2 atau 3 bengkel buat konfirmasi kepastian rusaknya.

Semoga bisa dapat jalan yg benar, BTW lokasi di kota mana ?
Noted om, nextnya coba pake oli 5w-30 dah.
Iya om planningnya mingdep emg pengen spooring balancing sekalian cuci ac.
Makasih om sarannya.
Saya di bekasi om
lha itu toko langganan saya beli oli di bekasi juga, jasutra. bandingin aja offline sama toped dia murah mana. kalau saya cari di google spesialis nissan di bekasi ada bengkel FAS (family auto service).
saya hanya menulis yg saya tahu, tidak terafiliasi dengan toko / bengkel manapun, jadi semua resiko ditanggung pembaca.