Review Honda Civic FB2 AT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1138
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Fri Dec 27, 2024 4:52
Gak sesuai setelan pabrik, krn over the time, bisa loose dan gak sesuai rentang spec kerapatan klep.

Detil akibatnya di sini
https://www.astra-honda.com/community/n ... k-maksimal

Atau tny ke mbah marmut, ahli dalam memijit.. Eh..nyetel klep

Prinsip kerjanya sama koq :mky_03:


:ngacir:
cocok om........ tq2 artikelnya nih
saturday wrote: Fri Dec 27, 2024 4:55

Klep tidak akan "ikut" setelan pabrik terus-menerus. Dia cenderung merenggang. Kalau merenggang jauh diatas clearance yang diperbolehkan nanti jarak antara rocker arm dan klepnya jadi jauh, karena ketukannya jadi jauh, suaranya jadi berisik dan bagian atas klep bisa cekung karena dihajar rocker dari jauh.

Kalau efek setelan klep renggang atau rapat selama masih dalam spesifikasi clearance, itu hal yang berbeda.
wah ini lbh dalam lagi pembahasannya nih.... tq suhu ilmunya
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Fri Dec 27, 2024 5:07
Suryaputra wrote: Fri Dec 27, 2024 4:52
Gak sesuai setelan pabrik, krn over the time, bisa loose dan gak sesuai rentang spec kerapatan klep.

Detil akibatnya di sini
https://www.astra-honda.com/community/n ... k-maksimal

Atau tny ke mbah marmut, ahli dalam memijit.. Eh..nyetel klep

Prinsip kerjanya sama koq :mky_03:


:ngacir:
cocok om........ tq2 artikelnya nih
saturday wrote: Fri Dec 27, 2024 4:55

Klep tidak akan "ikut" setelan pabrik terus-menerus. Dia cenderung merenggang. Kalau merenggang jauh diatas clearance yang diperbolehkan nanti jarak antara rocker arm dan klepnya jadi jauh, karena ketukannya jadi jauh, suaranya jadi berisik dan bagian atas klep bisa cekung karena dihajar rocker dari jauh.

Kalau efek setelan klep renggang atau rapat selama masih dalam spesifikasi clearance, itu hal yang berbeda.
wah ini lbh dalam lagi pembahasannya nih.... tq suhu ilmunya
iya intinya ada rentang / toleransi kerapatan klepnya.
sekian s/d sekian.

jika di luar rentang, harus disetel ulang.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by saturday »

iamwewe wrote: Fri Dec 27, 2024 5:07
wah ini lbh dalam lagi pembahasannya nih.... tq suhu ilmunya
Bicara dalam rentang toleransi; kalau mau coba eksperimen

Setelan klep renggang: klep lebih cepat menutup. Tarikan bawah ke tengah membaik karena tidak banyak bocor kompresi (klep cepat tutup). BBM sedikit lebih irit, suara klep lebih berisik.

Setelan klep rapat: klep lebih lama membuka. Tarikan bawah berkurang karena kompresi bocor ketika klep terbuka, tapi potensi tarikan RPM tengah ke atas membaik karena klep yang membuka bisa masuk udara dan BBM lebih lama. Suara mesin lebih halus, BBM sedikit lebih boros.

Kalau galau? Taruh ditengah.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Fri Dec 27, 2024 5:59
iamwewe wrote: Fri Dec 27, 2024 5:07
wah ini lbh dalam lagi pembahasannya nih.... tq suhu ilmunya
Bicara dalam rentang toleransi; kalau mau coba eksperimen

Setelan klep renggang: klep lebih cepat menutup. Tarikan bawah ke tengah membaik karena tidak banyak bocor kompresi (klep cepat tutup). BBM sedikit lebih irit, suara klep lebih berisik.

Setelan klep rapat: klep lebih lama membuka. Tarikan bawah berkurang karena kompresi bocor ketika klep terbuka, tapi potensi tarikan RPM tengah ke atas membaik karena klep yang membuka bisa masuk udara dan BBM lebih lama. Suara mesin lebih halus, BBM sedikit lebih boros.

Kalau galau? Taruh ditengah.
iya dulu prnh setel L15 dan L12 di beres, ditaruh tengah, so far quite good sih emang.
minim gejala ngelitik, dgn ron 92 ke atas.. paling sip pakai ron 95 untuk L15.
buat L12, ron 98 lbh asik.. wkwkwkw

blm lagi ditambah variabel kualitas visco oli, ketika dah operating temp >90C :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Kent »

ExorT wrote: Thu Dec 26, 2024 5:43
ChZ wrote: Thu Dec 26, 2024 2:52
Kent wrote: Wed Dec 25, 2024 8:22

iyah, kyknya hanya honda yg tiap 40k ada setel klep.
mobil yg Toyota sy gk inget ada service stel kelp.

macem isuzu panther, 40rb sekali stel kelp.. hehehe.
sampe angkatan yg turbo juga stel klep. kaget saya waktu dikasih tau.
apa stel klep ini juga prosedur yg umum di beres honda ya?
umum kok, saya termasuk yg kepo suka main ke dalam service bay.
pake besi aluminium tipis2 sesuai ukuran nya, di kencengin sampe sesuai standard.
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by ExorT »

Kent wrote: Sun Dec 29, 2024 7:25
ExorT wrote: Thu Dec 26, 2024 5:43
ChZ wrote: Thu Dec 26, 2024 2:52

sampe angkatan yg turbo juga stel klep. kaget saya waktu dikasih tau.
apa stel klep ini juga prosedur yg umum di beres honda ya?
umum kok, saya termasuk yg kepo suka main ke dalam service bay.
pake besi aluminium tipis2 sesuai ukuran nya, di kencengin sampe sesuai standard.
Woh oke Om, thank you infonya, next service mau cobain.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by saturday »

Kent wrote: Sun Dec 29, 2024 7:25 pake besi aluminium tipis2 sesuai ukuran nya
Namanya "feeler gauge".
Kent
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: Tue May 26, 2009 13:52

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Kent »

ExorT wrote: Sun Dec 29, 2024 7:47 Woh oke Om, thank you infonya, next service mau cobain.
coba Telp saja om ke beres nya, terus tanya mereka lakukan tidak.
karena aku sampe di bengkel ttp mastini itu di kerjakan.
soalnya klo kita di beres gk bawel, biasa gk di kerjain.

enaknya klo di beres kan itu paket tuh jasa nya 10rb 20rb 30rb 40rb.
nah saya suka tuh per 20rb kuras oli matic, sama ganti air radiator, jd udah gk ada charge jasa tambahan.

klo toyota cilukba jasa nya terpisah... hehehe
malah toyota sekarang beda2 antara tunas, auto200, dll.
kebalikan, honda semua yg paket dah sama harga di seluruh dealer (kecuali pekerjaan dikuar paket, harga beda2)
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11728
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Fri Dec 27, 2024 4:52

Atau tny ke mbah marmut, ahli dalam memijit.. Eh..nyetel klep




nyetel klep itu apa? :big_think:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Review Honda Civic FB2 AT

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Sun Dec 29, 2024 17:31
Suryaputra wrote: Fri Dec 27, 2024 4:52

Atau tny ke mbah marmut, ahli dalam memijit.. Eh..nyetel klep




nyetel klep itu apa? :big_think:
Klep jantung mobil mbah
Biar lancar jalan2 hiling dan masas :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri