Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Sat Dec 28, 2024 1:05
Maren ngecek dr siang sampe sore ga nemu dia blg sih uda di cek semua2nya ga ketauan dr mana. Sampe batu2 di ban dia buang2in gara2 mereka ga nemu masalahnya :big_biglaugh:
Dia suruh bawa balik oe blm balik sih soalnya mikir2 malah curiga apa jgn2 gara2 ada bracket pegangan bumper depan yg blm kepasang gara2 kemaren nabrak. Lg nunggu partnya nih katanya si uda dtg tp gara2 akhir taon gini jd ke delay. Ane pasang dlu deh ni bracket baru kalo masi bunyi ane balik lg.
ud coba di goyang2x belom om ntar kalo gak ketemu goyang2x aja dulu coba :mky_03:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Sat Dec 28, 2024 1:53
kendibocor wrote: Sat Dec 28, 2024 1:05
Maren ngecek dr siang sampe sore ga nemu dia blg sih uda di cek semua2nya ga ketauan dr mana. Sampe batu2 di ban dia buang2in gara2 mereka ga nemu masalahnya :big_biglaugh:
Dia suruh bawa balik oe blm balik sih soalnya mikir2 malah curiga apa jgn2 gara2 ada bracket pegangan bumper depan yg blm kepasang gara2 kemaren nabrak. Lg nunggu partnya nih katanya si uda dtg tp gara2 akhir taon gini jd ke delay. Ane pasang dlu deh ni bracket baru kalo masi bunyi ane balik lg.
ud coba di goyang2x belom om ntar kalo gak ketemu goyang2x aja dulu coba :mky_03:
iya pk alat goyangin kaki mobil yg viral di socmed itu :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ajaibman
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Jan 29, 2025 23:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xpander

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by ajaibman »

sherryandkez wrote: Mon Jun 24, 2024 7:22 Car : MG4 EV 2024 (CBU Spec)
Mileage : <1000 km
Price : 423jt

Why MG4?
1357570_0.jpg
Oke, jadi ceritanya saya adalah first time buyer EV. Pake sih udah sering, tapi buat punya, baru pertama kali dan harus pikir panjang. Soal warranty, mobilnya enak apa engga, aftersales, dan spec batere motor etc yang harus dipelajarin dari awal.

So, pilihan pertama saya adalah BYD. Either Dolphin atau Seal, Atto 3 ga suka modelnya. Seal udah coba, mobilnya comfort, enak, dan modelnya cakep. Udah fix mau Seal entry level ternyata ga dijual. Cobain Seal yang RWD, mobilnya serem tendensi oversteernya tinggi. Cobain yang AWD ternyata lebih parah mobilnya ga bisa handle power segitu (cek review om ChZ). Akhirnya pilih Dolphin tapi ga jadi SPK karena ga dateng2.

Lanjut ke Lexus, mau UX tapi colokan ChaDeMo. RZ menarik sekali dengan diskon khusus owner Lexus tapi tetep banyak bener nomboknya, harus lepas si ES.

MG4 ini mobil yang awalnya I laughed so hard at it. Bayangin 699 juta waktu dulu CBU, dengan merek yang orang aja ga pernah denger. Tapi pas keluar harga 433 buat CKD, baru sadar ini mobil valuenya gila. Bayangin cuma beda 20jt sama Binguo waktu itu dan dapet mobil european yang jauh lebih proper.

So saya nekat aja, dengan modal review TG UK 9/10, review temen pake yang super positive, dan warranty lifetime buat battery haha.

Paid 423jt dan surprise surprise, dapetnya versi CBU :mky_02: :mky_02: . How come? Ada deh, sales sama drivernya aja kaget kok ada CBU sebiji dateng ke stockyard.

What do I like?

Seriously, saya suka hampir semua aspek mobil ini. Review TG UK 9/10 ga bohong, bener2 sebagus itu.
1357565_0.jpg
Oke, kita mulai dari desain eksterior. Nothing to dislike here, tampang depan yang bisa dimirip2in sama Corvette C8, lampu yang keren banget dan keliatan futuristik, serta kap depan dan front lips yang super sporty. Lanjut ke samping, spion di pintu, garis body yang tinggi dan shoulder yang sangat cantik.. dan belakangnya pun sama, lampunya super WOW kalo malem, even bagian atasnya ada garis2 yang nyala, attention to detailnya sangat tinggi. Spoiler split dan diffusernya juga keren.
1357566_0.jpg
Oya, bagian lampu belakang yang kayak spoiler itu cukup membantu buat nutup bagasi.. berat soalnya.
1357568_0.jpg
Masuk ke interior, oh my, desainnya cukup oke buat harga segitu. Not that pretty, but good. Beberapa kontrol masih ada tombol fisik dan layarnya gak begitu annoying. Simpel, tapi cukup mudah dipelajari. FYI pertama kali terima iX saya spend 30 menit buat belajar aja cara pake mobilnya, di parkiran dealer haha.

Soal bahan dan built quality patut diacungi jempol. Softpad di mana2, semua bahan plastik intact dan ga rattle, dan bahan lain seperti kulit sintetis dan fabricnya berasa “mahal”.

Ergonominya juga harus diacungi jempol. Meski keliatannya dari luar kacanya kecil dan banyak blind spot, ternyata gak. Posisi nyetirnya pas, mau relaxing bisa, mau bener2 rebah kayak bawa sportscar bisa, buat parkir juga oke. So far jalan ke mana2 ga pernah capek bawa mobil ini, joknya juga super enak.
1357569_0.jpg
Soal jok, tentu karena ini unit CBU maka warna joknya yang cerah, headlinernya juga warnanya terang. Cukup membuat feel roomy di mobil kecil begini, dan saya suka kombinasi warnanya, lucu sekali.

Terakhir soal interior, bagasinya cukup lega dan dilengkapi penutup di atasnya. Entah dibanding EV lain, tapi bagasinya sangat proper. Saya pernah bawa 2 set ban R18 (ya, mobil ini dipake kerja rodi dari baru) dan muat2 aja. Kurang lega? Tinggal lipat jok kanan atau kiri dan pindahin lantai bagasinya. Nah, lantai bagasinya bisa dikebawahin lagi, tapi jangan lupa lipat bagian sampingnya dan ga perlu ribet dengan Velcro atau ditahan2, karena ada magnetnya. Attention to detail yang sangat bagus.

Terakhir, dan yang paling penting, ride and handlingnya.

Sebelum masuk ke bagian ini, saya harus memberikan TLDR : mobil ini sangat enak. It is that good. :big_exellent:

Begitu jalan pelan, yang pertama terasa adalah mobil ini bisa meredam guncangan dengan enak. Thanks to multi link independent suspension (in a 423jt car!), bantingannya bener2 terasa European dan empuk, tanpa harus jadi ngayun atau sering mentok. More like a Tiguan or some Audis. Dijual 699jt kayak dulu juga okelah, it feels that premium.

Dan comfortable suspension kayak gini bener2 ngebantu untuk nyetir dalam waktu lama. Badan ga gampang pegel, jok juga enak dan ga ada noise mengganggu dari suspensi.

Duduk di belakang pun no worry, tetep sama empuknya dan ga berasa kekocok2 atau mental mentul.

Oke, kalo MG4 senyaman itu, ga enak dong handlingnya?

Wrong. Lebih enak lagi. Kalo baca spec, mobil ini RWD, 50:50 weight distribution, ditambah lagi independent suspension dan quick response steering rack, harusnya sih enak ya.. dan kok settingannya kayak BMW?

It feels like one.

Seriously, mobil ini punya handling yang super enak, bukan cuma buat mobil EV, mobil 400jt-an, tapi buat sebuah mobil. Even some sportscar are worse than this.

Steering response yang-okelah agak artificial karena EPS, tapi punya respons yang cepat dan feedback yang oke, bobotnya pun ga berat yang diberat2in pas ngebut tapi rasanya natural. Dan kalo pelan, ya setirnya enteng.

Suspensi yang empuk tadi, ternyata ga keempukan sampe bikin body roll parah. Not even a slight body roll kerasa pas nikung kenceng. Mobil ini terasa sangat stabil dan controlled bahkan di kecepatan 170 ke atas. Dan gak ada rasa mobil ini “terlalu kenceng“ pas ngebut. Mau foto top speed pun fotonya masih jernih, kayak lari kenceng naik Lexus saya.

Okelah stabil, tapi apa fun?

Oh yes. Akselerasi 0-100 7 detikan rasanya cukup buat mobil sekecil ini, dan cukup membuat saya senyum2 setiap gaspol. It feels nimble and zippy too, mau nikung nyalip segala macem rasanya sangat fun. Rasanya kayak F30 versi lite. Lebih fun lagi pas ninggalin jauh2 cumi darat :big_grin:

Dan kalo traction+stability control dimatiin, have fun!

p.s. : mau dibawa drifting kecil2an juga mobil ini masih sangat controllable, sasisnya seenak itu :D

What are the annoying things?

Oke, meski sebagus itu, banyak hal2 (minor sih) yang mengganggu selama saya pake si Merry. Pertama dan paling utama, handlingnya emang enak, tapi buat dapet the most of it, ganti bannya cepet2.
1357567_0.jpg
Ban OEMnya Continental Premium Contact C, asli ga enak, licin, dan berisik. Entah padahal saya pake Conti selalu puas, mungkin ini karena OEM. Saya ganti Toyo Tranpath R30 yang ban comfort, tapi handlingnya juga ikut improve jauh. Sebelumnya lari 170 di tol yang belok dikit agak nggeser pantatnya, sekarang aman.

Kedua, pintu. Pintu mobil ini kalo diperhatiin gak ngebuka sampe bawah, jadi kalo abis kotor2an ya kena celana kotorannya pas turun. Hal ini diperparah dengan mobil yang udah ganti velg R18 (naik 2cm tingginya) dan sayanya yang pendek. Trus kalo liat di dalem, door trimnya lumayan lebar dan kacanya tinggi. Ini agak nyusahin buat ambil tiket atau tap etoll, tapi ya mungkin ini sayanya juga yang pendek.

Ketiga, UI systemnya very Chinese. Banyak hal yang harus lewat layar, meski basic controls kayak audio dan AC bisa via tombol fisik. Masa iya ganti driving mode harus sekali swipe dan 3x touch. Tombol AC banyak yang protes tapi ternyata tombol fisiknya bisa diakses lewat setir, jadi malah lebih praktis dari mobil kebanyakan.

ADAS nya juga agak bego, tapi ya okelah.

Keempat, duduk belakangnya berasa anak tiri. Ga ada armrest, AC, bahkan soft touch aja kena sunat. Untung masih lega.

Sisanya sih minor ya kayak kebanyakan emblem, karpet bawaan yang sampah bgt kualitasnya, dan interior yang gampang kotor karena terang.
But then, kalo minor begini berarti yang penting2 bagus kan?

How is it compared to other EVs?
1357572.jpg
Mobil ini harusnya sekelas Cloud, Dolphin dan lain-lain. Tapi dibanding 2 mobil ini, jauh banget rasanya. Oke mereka menang interior space lebih gede, tapi lainnya disikat sama MG4.

Nah kalo dibandingin most NPC EV, si Ioniq 5?

Surprisingly, temen yang punya Ioniq nyobain ini beberapa bilang enakan MG4. Mereka bahkan ga nyangka harga semurah itu dapet mobil kayak gini. But then, harga ga boong, Ioniq punya fitur jauh lebih banyak dan space jauh lebih gede. Mobilnya juga lebih all in one, mau dibawa jalan2 lebih bisa, ada trouble pun bengkel Hyundai banyak.

Dibandingin Seal?

Intinya kalo Seal berasa mobilnya ga bisa imbangin powernya, MG4 kebalikan. Sasisnya bisa kenceng mobilnya mah ga kenceng2 amat.

Should you buy one? Absolutely.
1357564_0.jpg
Thank you!

Beli dari dealer yang mana om? Andalan atau sun motor atau lainnya? Makasih
ajaibman
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Jan 29, 2025 23:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xpander

Re: Ownership Review : Merry the MG4 EV 2024 “Why spend more?”

Post by ajaibman »

forzanetti wrote: Wed Jul 17, 2024 3:55
Suryaputra wrote: Tue Jul 16, 2024 6:30
yah apalagi market sini hobinya mudik dan hiling ke sana kemari luar kota pk mobil pribadi.
- Brp orang yg sanggup beli dan miara 2 mobil (1 ICE dan 1 EV)?
- Nekat banget klo beli EV sbg mobil daily satu2nya
- SES C (middle) dan ke bawah, menjadi mayoritas di sini.
- Kaum middle, ngelihat harga sebagian cell-battery aja dah takut :big_biglaugh: :big_peace:
kalo melihat sekitar saya (bukan di Jakarta), ini bener banget. EV sampe sekarang mayoritas jadi "mainan" orang kaya. ada yang iseng beli pengen nyobain (jadi mobil ke 3 dst), ada yang jadiin mobil utama (tapi masih punya mobil ICE di garasi). ada juga temen saya yang mobilnya diganti EV semua karena lagi demen EV (tapi anytime harus jual dengan harga turun banyak dia siap, tinggal beli lagi ICE).

untuk kaum middle yg mobilnya cuma 1, masih pada belom berani ke EV. ngeliatnya EV itu masih sesuatu yang baru dan blom proven untuk long term, jadi ga mau resiko karena ga siap efek finansial ke depannya.

tapi saya juga penasaran juga untuk Jakarta, apa banyak keluarga yang cuma bisa punya 1 mobil dan ganti ke EV? kan di Jakarta EV ada keunggulan bebas gage.

Kalau di Jakarta sepertinya bisa cukup dengan 1 EV. Ini sedang berhitung dari dua ICE ke 1 EV. Di atas kertas kayanya bisa. Kalau mudik lebaran tapi kayanya harus berangkat minimal seminggu sebelumnya.