Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Sat Apr 24, 2021 19:57
Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Halo oom2 sekalian. Setelah sekitar 4 tahun lalu tanya mengenai CX5 sebagai first car (di thread ini: viewtopic.php?t=30595&start=25), sekarang setelah pakai +-20rb km dan cukup puas dengan pemakaiannya, lagi pelan2 pertimbangkan untuk cari penggantinya.
**
Sebagai background, overall untuk CX5 2013 sendiri sy cukup puas karena 99,99% masih nyetir sendiri. Short review setelah sekitar 3,5-4 tahun pemakaian:
+ very fun to drive, bahkan dibanding F10 (mobil 1 lagi), untuk dalam kota lebih suka pakai ini karena tarikan bawahnya lumayan meskipun untuk luar kota via tol masih lebih suka pakai F10
+ cukup hemat, dalam kota macet2an tiap hari masih dapat 1:8 (dibanding F10 cuma dapat 1:6 dengan rute yang sama), luar kota bisa 1:15 dengan kaki sekolah
+ bagasi cukup
- road noise agak lumayan (apalagi dibanding F10 yang senyap parah). Udah pasang peredam noisekill yang warna merah +-6 juta, suara road noisenya berubah dari gemuruh low freq jadi mid-high noise (mungkin dulu ketutupan sama gemuruh low freq). Pasang peredam ini ada minusnya karena suara mid-bass speaker yang di-pintu jadi berkurang resonansinya, mungkin karena pasang tipe yang gak terlalu bagus
- 2nd row sempit dan tegak
- mulai ada rattling di dashboard dan di beberapa part body (beberapa sudah resolved waktu dibongkar pasang peredam, diselip2in bahan peredam di bagian yang getar)
- baris kedua gak ada saluran ac
**
kebetulan sekarang kebutuhan agak berubah karena akan pakai driver kedepannya, mengingat waktu yg habis di jalan buat pp ke kantor setiap hari bisa cukup panjang (+-2 jam PP setiap hari, sebulan ditotal2 bisa 40 jam habis waktu di jalan). Jadi sekarang lagi consider untuk pelan2 cari pengganti CX5.
Kondisi sekarang ada mobil 1 lagi F10 tahun lebih muda yang dipakai selang-seling ganjil genap dengan CX5 ini.
ini dengan kriteria berikut:
- karena dari senin-jumat akan disupirin, prioritasnya baris kedua yang lebih manusiawi, preferably yang bisa dibikin rebah supaya bisa istirahat dengan lebih nyaman
- untuk weekend masih akan nyetir sendiri, jadi juga gak mau yang terlalu jomplang driving experiencenya dengan CX5. gak perlu yang ngebut2 juga karena lebih suka nyetir santai
- handal dipakai ke luar kota, setahun mungkin 2-3 kali nyetir ke luar kota +-400-500km pp
- kabin senyap is a must, pembandingnya sangat puas dengan f10
- 5 seater is preferable meskipun 7 seater juga gak masalah asal bisa dilipat buat bagasi yang lebih luas
- bagasi muat setidaknya 4-5 koper sedang untuk perjalanan jauh, tapi gak must have karena masih bisa pakai f10 yang bagasinya cukup dalam
- karena mobil 1 lagi sedan, preferencenya SUV, tapi gak menutup kemungkinan pakai sedan juga (beberapa tahun pakai CX5, cuma sesekali ke luar gunung2 yang butuh gc lebih tinggi)
- gak terlalu pentingin tahun muda, asalkan gak tua2 banget. kayaknya tahun >2012 masih oke karena mobil sekarang lebih awet dibanding dulu (dan mobil2 keluaran terbaru BQ-nya banyak yang disunat)
- gak lebih rewel dan susah ngerawatnya dibanding mazda (yang mana ini relatif rendah standarnya mengingat mazda juga gak terlalu gampang nyari bengkel yang biasa handle dibandingkan mobil2 eropa sekalipun)
- gak terlalu boros bbm (equivalent cx5 atau lesser dikit masih oke lah)
- jepang/korea/eropa oke, mobcin non-EV masih mikir2 durabilitynya
- buat dipakai jangka menengah-panjang
setelah tukar guling mobil ini, rencana total budget around 200-350jt. Willing to stretch lebih kalau ada yang worth the value.
**
so far lagi consider beberapa pilihan berikut:
- W212 (lagi mikir practicallitynya karena sedan, tapi baca2 review sepertinya cukup reliable plus nyaman)
- W204 (kalau lihat online, sepertinya baris keduanya cuma beda sedikit dengan W212, tapi lebih enak untuk nyetir sendiri? apakah benar?)
- CX5 FL (katanya ini lebih rebah di 2nd row, tapi apa lebih lega?)
- CRV (tapi baca2 review, BQ dan road noise parah, apakah ketolong kalau pasang peredam?)
- HRV (katanya fun to drive dan baris kedua lebih lega, tapi BQ dan road noise parah juga?)
- camry xv50 (pernah nyetir ini, driving exp kayak bawa kapal wkwk, dibanding cx5 jauh banget tapi duduk di belakangnya memang enak sih)
- accord (kurang suka di road noise+BQ, tapi belakangnya lega banget sih, belum pernah nyetir sendiri ni mobil)
- rx270 (mungkin around tahun 2012-2013, looknya udah kelihatan agak berumur meskipun classy, tapi kalau lihat2 youtube sepertinya ini opsi yang overall nyaman di baris kedua dan nyaman disetir sendiri)
belum sempat lihat2 di bursa, mungkin beberapa waktu ke depan mulai lihat2 kalau ada kesempatan
**
karena penggantian ini juga gak urgent2 banget, lagi consider juga untuk upgrade cx5 biar lebih nyaman, dengan pertimbangan menunda ganti mobil 1-2 tahun lagi supaya pilihannya lebih banyak, atau ganti ke EV sekalian
beberapa hal yang lagi dipertimbangkan:
- pasang perebah baris kedua. Kalau lihat IG modifikasi cx5, sepertinya ada yang jual kaitan besi untuk bikin kursi baris belakang jadi lebih rebah 2-3cm (kurang yakin sesignifikan apa pengaruhnya)
- tambah peredam di spakbor ban (apakah ini akan cukup ngaruh?)
- ganti ban jadi yang comfort + silent (apakah ini akan cukup ngaruh?) karena anyway udah mau 4 tahun pakai ban budget accelera yang dipaketin sama dealer waktu pertama kali ambil si cx5
apa ada hal lain lagi yang bisa dipertimbangkan supaya jadi lebih nyaman di baris keduanya? sempat kepikiran nyari2 custom jok juga, tapi kurang paham apa bisa bikin custom jok yang lebih rebah dari yang sekarang
**
mohon rekomendasi dari oom2 sekalian
**
Sebagai background, overall untuk CX5 2013 sendiri sy cukup puas karena 99,99% masih nyetir sendiri. Short review setelah sekitar 3,5-4 tahun pemakaian:
+ very fun to drive, bahkan dibanding F10 (mobil 1 lagi), untuk dalam kota lebih suka pakai ini karena tarikan bawahnya lumayan meskipun untuk luar kota via tol masih lebih suka pakai F10
+ cukup hemat, dalam kota macet2an tiap hari masih dapat 1:8 (dibanding F10 cuma dapat 1:6 dengan rute yang sama), luar kota bisa 1:15 dengan kaki sekolah
+ bagasi cukup
- road noise agak lumayan (apalagi dibanding F10 yang senyap parah). Udah pasang peredam noisekill yang warna merah +-6 juta, suara road noisenya berubah dari gemuruh low freq jadi mid-high noise (mungkin dulu ketutupan sama gemuruh low freq). Pasang peredam ini ada minusnya karena suara mid-bass speaker yang di-pintu jadi berkurang resonansinya, mungkin karena pasang tipe yang gak terlalu bagus
- 2nd row sempit dan tegak
- mulai ada rattling di dashboard dan di beberapa part body (beberapa sudah resolved waktu dibongkar pasang peredam, diselip2in bahan peredam di bagian yang getar)
- baris kedua gak ada saluran ac
**
kebetulan sekarang kebutuhan agak berubah karena akan pakai driver kedepannya, mengingat waktu yg habis di jalan buat pp ke kantor setiap hari bisa cukup panjang (+-2 jam PP setiap hari, sebulan ditotal2 bisa 40 jam habis waktu di jalan). Jadi sekarang lagi consider untuk pelan2 cari pengganti CX5.
Kondisi sekarang ada mobil 1 lagi F10 tahun lebih muda yang dipakai selang-seling ganjil genap dengan CX5 ini.
ini dengan kriteria berikut:
- karena dari senin-jumat akan disupirin, prioritasnya baris kedua yang lebih manusiawi, preferably yang bisa dibikin rebah supaya bisa istirahat dengan lebih nyaman
- untuk weekend masih akan nyetir sendiri, jadi juga gak mau yang terlalu jomplang driving experiencenya dengan CX5. gak perlu yang ngebut2 juga karena lebih suka nyetir santai
- handal dipakai ke luar kota, setahun mungkin 2-3 kali nyetir ke luar kota +-400-500km pp
- kabin senyap is a must, pembandingnya sangat puas dengan f10
- 5 seater is preferable meskipun 7 seater juga gak masalah asal bisa dilipat buat bagasi yang lebih luas
- bagasi muat setidaknya 4-5 koper sedang untuk perjalanan jauh, tapi gak must have karena masih bisa pakai f10 yang bagasinya cukup dalam
- karena mobil 1 lagi sedan, preferencenya SUV, tapi gak menutup kemungkinan pakai sedan juga (beberapa tahun pakai CX5, cuma sesekali ke luar gunung2 yang butuh gc lebih tinggi)
- gak terlalu pentingin tahun muda, asalkan gak tua2 banget. kayaknya tahun >2012 masih oke karena mobil sekarang lebih awet dibanding dulu (dan mobil2 keluaran terbaru BQ-nya banyak yang disunat)
- gak lebih rewel dan susah ngerawatnya dibanding mazda (yang mana ini relatif rendah standarnya mengingat mazda juga gak terlalu gampang nyari bengkel yang biasa handle dibandingkan mobil2 eropa sekalipun)
- gak terlalu boros bbm (equivalent cx5 atau lesser dikit masih oke lah)
- jepang/korea/eropa oke, mobcin non-EV masih mikir2 durabilitynya
- buat dipakai jangka menengah-panjang
setelah tukar guling mobil ini, rencana total budget around 200-350jt. Willing to stretch lebih kalau ada yang worth the value.
**
so far lagi consider beberapa pilihan berikut:
- W212 (lagi mikir practicallitynya karena sedan, tapi baca2 review sepertinya cukup reliable plus nyaman)
- W204 (kalau lihat online, sepertinya baris keduanya cuma beda sedikit dengan W212, tapi lebih enak untuk nyetir sendiri? apakah benar?)
- CX5 FL (katanya ini lebih rebah di 2nd row, tapi apa lebih lega?)
- CRV (tapi baca2 review, BQ dan road noise parah, apakah ketolong kalau pasang peredam?)
- HRV (katanya fun to drive dan baris kedua lebih lega, tapi BQ dan road noise parah juga?)
- camry xv50 (pernah nyetir ini, driving exp kayak bawa kapal wkwk, dibanding cx5 jauh banget tapi duduk di belakangnya memang enak sih)
- accord (kurang suka di road noise+BQ, tapi belakangnya lega banget sih, belum pernah nyetir sendiri ni mobil)
- rx270 (mungkin around tahun 2012-2013, looknya udah kelihatan agak berumur meskipun classy, tapi kalau lihat2 youtube sepertinya ini opsi yang overall nyaman di baris kedua dan nyaman disetir sendiri)
belum sempat lihat2 di bursa, mungkin beberapa waktu ke depan mulai lihat2 kalau ada kesempatan
**
karena penggantian ini juga gak urgent2 banget, lagi consider juga untuk upgrade cx5 biar lebih nyaman, dengan pertimbangan menunda ganti mobil 1-2 tahun lagi supaya pilihannya lebih banyak, atau ganti ke EV sekalian
beberapa hal yang lagi dipertimbangkan:
- pasang perebah baris kedua. Kalau lihat IG modifikasi cx5, sepertinya ada yang jual kaitan besi untuk bikin kursi baris belakang jadi lebih rebah 2-3cm (kurang yakin sesignifikan apa pengaruhnya)
- tambah peredam di spakbor ban (apakah ini akan cukup ngaruh?)
- ganti ban jadi yang comfort + silent (apakah ini akan cukup ngaruh?) karena anyway udah mau 4 tahun pakai ban budget accelera yang dipaketin sama dealer waktu pertama kali ambil si cx5
apa ada hal lain lagi yang bisa dipertimbangkan supaya jadi lebih nyaman di baris keduanya? sempat kepikiran nyari2 custom jok juga, tapi kurang paham apa bisa bikin custom jok yang lebih rebah dari yang sekarang
**
mohon rekomendasi dari oom2 sekalian
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 377
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Mazda CX-8 yang varian captain seat
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Tue Nov 19, 2024 7:43
- Location: Jakarta
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Lexus es300h 2013-2015, kyknya disini ada yg pernah review deh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1092
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
mercy harus siap siapin duit lebih buat benerin pr nya pasti mayan banyak. lagian di jakarta, SUV masih pilihan oke karna banyak poldur dan ramp kampret yang angle nya ga ngotak, pasti ada ada aja gesrot bawah. dan kadang kalo lagi musin ujan gini tiba tiba suka ada banjir tidak terduga
w205 saya skrg gabisa kalo mau makan di daerah pesanggrahan jakbar. terakir mau makan layar seafood gajadi karena mobilnya gabisa naik tanjakan trotoar. cobain trotoarnya yang darrah kwetiau akang dan bebek kaleyo deket situ juga ga bisa naik
vote rx270/cx5 fl aja kalo gamau pusing, lagipula uda ada f10 juga kan hahaha
w205 saya skrg gabisa kalo mau makan di daerah pesanggrahan jakbar. terakir mau makan layar seafood gajadi karena mobilnya gabisa naik tanjakan trotoar. cobain trotoarnya yang darrah kwetiau akang dan bebek kaleyo deket situ juga ga bisa naik
vote rx270/cx5 fl aja kalo gamau pusing, lagipula uda ada f10 juga kan hahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1403
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
coret honda om..
om aja annoyed sama noise mazda, gimana pas pake honda. hikss
om aja annoyed sama noise mazda, gimana pas pake honda. hikss
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Wed Nov 09, 2022 2:44
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1724
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Lexus RX270 tuh om, pas banget ada yang review di sebelah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2943
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
haha kaya sy nanti si ts, ada bmw f10 ada lexus es300h. 2 mobil sedan tp beda dunia, yg satu halus yg satu maunya di bawa kebut
kl saya mungkin cek mazda cx5 gen 2 atau rx270/350 sih dr option itu.
kl masih single/kawin blm punya anak punya sedan 2 biji sih enak. tp kl sudah berkeluarga kayanya lebih baik 1 sedan 1 suv/minivan
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 220
- Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Saya baca road noise dibahas berulang2, bahkan sampe pasang peredam segala...
Kalau gitu jangan ambil HRV, road noise-nya parah.
Rx270 kayaknya cocok, duduk di kursi belakang nyaman, dibawa nyetir sendiri juga (gak terlalu) kayak bawa kapal.
Kalau gitu jangan ambil HRV, road noise-nya parah.
Rx270 kayaknya cocok, duduk di kursi belakang nyaman, dibawa nyetir sendiri juga (gak terlalu) kayak bawa kapal.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sat Feb 23, 2019 13:38
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner VRZ
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Kalau 4 tahun cuma jalan 20rb km, kayaknya mobil listrik coret aja deh om. Depresiasinya gak sesuai sama pemakaiannya.
Saya juga vote RX270 aja. Mesin yg sama dipake di LC prado, masih AT convensional jg. Lebih badak dan lebih nyaman dari CRV
Saya juga vote RX270 aja. Mesin yg sama dipake di LC prado, masih AT convensional jg. Lebih badak dan lebih nyaman dari CRV
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3201
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
klo oe coba camry yang udah chasis tnga om.,
dapet lah 350-400
taun muda juga
dapet lah 350-400
taun muda juga
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Klo h tegak tp ga mau road noise mesti belinya minim accord keatas; crv dan kebawah ya berisik dibanding kompetitor se-range harganya
Klo baris ke dua mau bner" enak, dr pengalaman pribadi (dlu mobil 3 baris smua trus ada gnti jd 2 baris) bnernya mending cari mobil 3 baris; krn seat baris keduanya pasti bisa direbahin smpe jd kyk kasur
Klo baris ke dua mau bner" enak, dr pengalaman pribadi (dlu mobil 3 baris smua trus ada gnti jd 2 baris) bnernya mending cari mobil 3 baris; krn seat baris keduanya pasti bisa direbahin smpe jd kyk kasur
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2943
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Beda um, prado mesin 2tr kaya di fortie, lexus rx270 itu 1AR mirip camry xv50, pake cvt jg kalo yg 270.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1498
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Subaru Forester/Outback
kemarin pernah nyoba outback joknya enak bgt lega.
kemarin pernah nyoba outback joknya enak bgt lega.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Kebetulan baru minang RX270 dan pernah bbrp kali bawa mazda cx5 facelift 2015.
Vote Lexus RX270, Cari yg sdh facelift aj.
1. Aura mewah lexus bener2 kerasa, jujur material lexus memang diatas merk toyota mewah, kabin bahan jok, doortrim, panel2 setingkat lebih mewah dibanding Alphard/Vellfire model transformer.
Kaca depan sdh double glass. Kedap banget. Sekali lagi lebih kedap dibanding Alphard/Vellfire
2. Modelnya yg facelift cakep, gak terlalu ketinggalan jaman, terutama warna putih, putihnya kilat2 mutiaranya
3. Joknya, dijamin empuk dan nyaman bgt. Lebih empuk dibanding Alphard/Vellfire, mirip empuk jok LC, tp di rx terasa lebih menopang. Kl habis pake rx lama trus pindah ke mobil lain apalagi maaf innova/fortuner bisa sakit pinggang loh.
4. Driving Dinamicnya terasa ringan, enteng, handling oke gak begitu limbung. Tarikan mesin 1 AR FE buat daily ringan, injak gas dikit mobil laju. Pindah dari 2UZFe 4.7L ke 1 AR msh mirip2 aj gak jomplang.
5. Sound system nya jernih pisah
6. konsumsi bbm msh acceptable, buat luar kota kombinasi gak bgt boros bs msh 1:10 keatas
7. Service / spare part bs ditoyota, part melimpah banyak persamaan camry/alphard.
Minus
1. Pajak Mahal, ane dpt tahun 2014 pajak jakarta msh 10jtaan
2. Suspensi menurut ane agak stif ya, agak kurang empuk. Pengennya bs seempuk LC, ketemu poldur blep blep ayunan aduhai. Tp kl compare mazda CX5 lebih nyaman rx270 ya.
3. Bau gas buangnya agak kurang enak, dah di test emisi, normal semua, perasaan baunya agak nyengat gitu.
Vote Lexus RX270, Cari yg sdh facelift aj.
1. Aura mewah lexus bener2 kerasa, jujur material lexus memang diatas merk toyota mewah, kabin bahan jok, doortrim, panel2 setingkat lebih mewah dibanding Alphard/Vellfire model transformer.
Kaca depan sdh double glass. Kedap banget. Sekali lagi lebih kedap dibanding Alphard/Vellfire
2. Modelnya yg facelift cakep, gak terlalu ketinggalan jaman, terutama warna putih, putihnya kilat2 mutiaranya
3. Joknya, dijamin empuk dan nyaman bgt. Lebih empuk dibanding Alphard/Vellfire, mirip empuk jok LC, tp di rx terasa lebih menopang. Kl habis pake rx lama trus pindah ke mobil lain apalagi maaf innova/fortuner bisa sakit pinggang loh.
4. Driving Dinamicnya terasa ringan, enteng, handling oke gak begitu limbung. Tarikan mesin 1 AR FE buat daily ringan, injak gas dikit mobil laju. Pindah dari 2UZFe 4.7L ke 1 AR msh mirip2 aj gak jomplang.
5. Sound system nya jernih pisah
6. konsumsi bbm msh acceptable, buat luar kota kombinasi gak bgt boros bs msh 1:10 keatas
7. Service / spare part bs ditoyota, part melimpah banyak persamaan camry/alphard.
Minus
1. Pajak Mahal, ane dpt tahun 2014 pajak jakarta msh 10jtaan
2. Suspensi menurut ane agak stif ya, agak kurang empuk. Pengennya bs seempuk LC, ketemu poldur blep blep ayunan aduhai. Tp kl compare mazda CX5 lebih nyaman rx270 ya.
3. Bau gas buangnya agak kurang enak, dah di test emisi, normal semua, perasaan baunya agak nyengat gitu.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2931
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Lexus bikin mobil emang kg maen2 build quality nya
Sampe skarang jg kg pernah mau bangun pabrik perakitan di negara lain selain di jepang. Takut turun quality klo yg rakit bukan nihonjin, ntar muka takumi nya taro dimana
Gas Lexus aja udah om. Sesuain selera
Budget 350 juta-an bisa dpt SUV RX series; ES 300h; GS250 V6 .
Atau sekalian LS460L V8 tahun 2010-an
Sampe skarang jg kg pernah mau bangun pabrik perakitan di negara lain selain di jepang. Takut turun quality klo yg rakit bukan nihonjin, ntar muka takumi nya taro dimana
Gas Lexus aja udah om. Sesuain selera
Budget 350 juta-an bisa dpt SUV RX series; ES 300h; GS250 V6 .
Atau sekalian LS460L V8 tahun 2010-an
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- SM Moderator
- Posts: 303
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
mintanya nyaman, ya ke Lexus saja. lainnya antara keras, spirited driving, sempit, atau tidak berbeda jauh dari CX-5.
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.
-
- SM Moderator
- Posts: 303
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
mintanya nyaman, ya ke Lexus saja. lainnya antara keras, spirited driving, sempit, atau tidak berbeda jauh dari CX-5.
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4835
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
kebetulan saya ex user HRV old, CRV gen 2 , gen 3, gen 5 turbo , cx5 2013 kaya punya ts nya & cx5 elite 2018 + lexus rx 300 2018 serta saat ini user BMW X1 2024 dan HRV new 2023pianoblack wrote: ↑Sun Jan 05, 2025 12:37 Halo oom2 sekalian. Setelah sekitar 4 tahun lalu tanya mengenai CX5 sebagai first car (di thread ini: viewtopic.php?t=30595&start=25), sekarang setelah pakai +-20rb km dan cukup puas dengan pemakaiannya, lagi pelan2 pertimbangkan untuk cari penggantinya.
**
Sebagai background, overall untuk CX5 2013 sendiri sy cukup puas karena 99,99% masih nyetir sendiri. Short review setelah sekitar 3,5-4 tahun pemakaian:
+ very fun to drive, bahkan dibanding F10 (mobil 1 lagi), untuk dalam kota lebih suka pakai ini karena tarikan bawahnya lumayan meskipun untuk luar kota via tol masih lebih suka pakai F10
+ cukup hemat, dalam kota macet2an tiap hari masih dapat 1:8 (dibanding F10 cuma dapat 1:6 dengan rute yang sama), luar kota bisa 1:15 dengan kaki sekolah
+ bagasi cukup
- road noise agak lumayan (apalagi dibanding F10 yang senyap parah). Udah pasang peredam noisekill yang warna merah +-6 juta, suara road noisenya berubah dari gemuruh low freq jadi mid-high noise (mungkin dulu ketutupan sama gemuruh low freq). Pasang peredam ini ada minusnya karena suara mid-bass speaker yang di-pintu jadi berkurang resonansinya, mungkin karena pasang tipe yang gak terlalu bagus
- 2nd row sempit dan tegak
- mulai ada rattling di dashboard dan di beberapa part body (beberapa sudah resolved waktu dibongkar pasang peredam, diselip2in bahan peredam di bagian yang getar)
- baris kedua gak ada saluran ac
**
kebetulan sekarang kebutuhan agak berubah karena akan pakai driver kedepannya, mengingat waktu yg habis di jalan buat pp ke kantor setiap hari bisa cukup panjang (+-2 jam PP setiap hari, sebulan ditotal2 bisa 40 jam habis waktu di jalan). Jadi sekarang lagi consider untuk pelan2 cari pengganti CX5.
Kondisi sekarang ada mobil 1 lagi F10 tahun lebih muda yang dipakai selang-seling ganjil genap dengan CX5 ini.
ini dengan kriteria berikut:
- karena dari senin-jumat akan disupirin, prioritasnya baris kedua yang lebih manusiawi, preferably yang bisa dibikin rebah supaya bisa istirahat dengan lebih nyaman
- untuk weekend masih akan nyetir sendiri, jadi juga gak mau yang terlalu jomplang driving experiencenya dengan CX5. gak perlu yang ngebut2 juga karena lebih suka nyetir santai
- handal dipakai ke luar kota, setahun mungkin 2-3 kali nyetir ke luar kota +-400-500km pp
- kabin senyap is a must, pembandingnya sangat puas dengan f10
- 5 seater is preferable meskipun 7 seater juga gak masalah asal bisa dilipat buat bagasi yang lebih luas
- bagasi muat setidaknya 4-5 koper sedang untuk perjalanan jauh, tapi gak must have karena masih bisa pakai f10 yang bagasinya cukup dalam
- karena mobil 1 lagi sedan, preferencenya SUV, tapi gak menutup kemungkinan pakai sedan juga (beberapa tahun pakai CX5, cuma sesekali ke luar gunung2 yang butuh gc lebih tinggi)
- gak terlalu pentingin tahun muda, asalkan gak tua2 banget. kayaknya tahun >2012 masih oke karena mobil sekarang lebih awet dibanding dulu (dan mobil2 keluaran terbaru BQ-nya banyak yang disunat)
- gak lebih rewel dan susah ngerawatnya dibanding mazda (yang mana ini relatif rendah standarnya mengingat mazda juga gak terlalu gampang nyari bengkel yang biasa handle dibandingkan mobil2 eropa sekalipun)
- gak terlalu boros bbm (equivalent cx5 atau lesser dikit masih oke lah)
- jepang/korea/eropa oke, mobcin non-EV masih mikir2 durabilitynya
- buat dipakai jangka menengah-panjang
setelah tukar guling mobil ini, rencana total budget around 200-350jt. Willing to stretch lebih kalau ada yang worth the value.
**
so far lagi consider beberapa pilihan berikut:
- W212 (lagi mikir practicallitynya karena sedan, tapi baca2 review sepertinya cukup reliable plus nyaman)
- W204 (kalau lihat online, sepertinya baris keduanya cuma beda sedikit dengan W212, tapi lebih enak untuk nyetir sendiri? apakah benar?)
- CX5 FL (katanya ini lebih rebah di 2nd row, tapi apa lebih lega?)
- CRV (tapi baca2 review, BQ dan road noise parah, apakah ketolong kalau pasang peredam?)
- HRV (katanya fun to drive dan baris kedua lebih lega, tapi BQ dan road noise parah juga?)
- camry xv50 (pernah nyetir ini, driving exp kayak bawa kapal wkwk, dibanding cx5 jauh banget tapi duduk di belakangnya memang enak sih)
- accord (kurang suka di road noise+BQ, tapi belakangnya lega banget sih, belum pernah nyetir sendiri ni mobil)
- rx270 (mungkin around tahun 2012-2013, looknya udah kelihatan agak berumur meskipun classy, tapi kalau lihat2 youtube sepertinya ini opsi yang overall nyaman di baris kedua dan nyaman disetir sendiri)
belum sempat lihat2 di bursa, mungkin beberapa waktu ke depan mulai lihat2 kalau ada kesempatan
**
karena penggantian ini juga gak urgent2 banget, lagi consider juga untuk upgrade cx5 biar lebih nyaman, dengan pertimbangan menunda ganti mobil 1-2 tahun lagi supaya pilihannya lebih banyak, atau ganti ke EV sekalian
beberapa hal yang lagi dipertimbangkan:
- pasang perebah baris kedua. Kalau lihat IG modifikasi cx5, sepertinya ada yang jual kaitan besi untuk bikin kursi baris belakang jadi lebih rebah 2-3cm (kurang yakin sesignifikan apa pengaruhnya)
- tambah peredam di spakbor ban (apakah ini akan cukup ngaruh?)
- ganti ban jadi yang comfort + silent (apakah ini akan cukup ngaruh?) karena anyway udah mau 4 tahun pakai ban budget accelera yang dipaketin sama dealer waktu pertama kali ambil si cx5
apa ada hal lain lagi yang bisa dipertimbangkan supaya jadi lebih nyaman di baris keduanya? sempat kepikiran nyari2 custom jok juga, tapi kurang paham apa bisa bikin custom jok yang lebih rebah dari yang sekarang
**
mohon rekomendasi dari oom2 sekalian
dari semua yg om jelasin selama make, saya hampir semua setuju. kebetulan saya pernah pake mobil ini dari 2013 - 2019 dengan odo pas dijual sudah tembus 167rb km gaada masalah yg aneh2, servis gede cm restorasi total kaki2 sm mounting doang . sisanya aman2 aja, punya saya dulu jg surprisingly sampe dijual gaada rattle sama sekali, masih senyapp. kalo minusnya memang, saya setuju, row 2nya agak tegak & bantingannya berasa keras .
ini saya coba jawab ya
Kondisi sekarang ada mobil 1 lagi F10 tahun lebih muda yang dipakai selang-seling ganjil genap dengan CX5 ini.
ini dengan kriteria berikut:
- karena dari senin-jumat akan disupirin, prioritasnya baris kedua yang lebih manusiawi, preferably yang bisa dibikin rebah supaya bisa istirahat dengan lebih nyaman
kandidat yg pas : xtrail , CRV, w204, camry, accord , rx270, alphvell, serena c26, voxy r80 , cx5 fl or all new 2017 up
- untuk weekend masih akan nyetir sendiri, jadi juga gak mau yang terlalu jomplang driving experiencenya dengan CX5. gak perlu yang ngebut2 juga karena lebih suka nyetir santai
kandidat yg pas : CRV, HRV , w204, rx270
- handal dipakai ke luar kota, setahun mungkin 2-3 kali nyetir ke luar kota +-400-500km pp
kandidat yg pas : CRV, HRV , w204, rx270 , or trio ladder innova diesel, pajero ,fortuner
- kabin senyap is a must, pembandingnya sangat puas dengan f10
kandidat yg pas : dari semua opsi semua masuk, kecuali honda crv & accord , entah knp pengalaman saya pake honda dari 1997 - sekarang, kekedapan kabinnya kl kondisi std agak kurang dibanding rival sekelasnya terutama mazda
- 5 seater is preferable meskipun 7 seater juga gak masalah asal bisa dilipat buat bagasi yang lebih luas
- bagasi muat setidaknya 4-5 koper sedang untuk perjalanan jauh, tapi gak must have karena masih bisa pakai f10 yang bagasinya cukup dalam
- karena mobil 1 lagi sedan, preferencenya SUV, tapi gak menutup kemungkinan pakai sedan juga (beberapa tahun pakai CX5, cuma sesekali ke luar gunung2 yang butuh gc lebih tinggi)
- gak terlalu pentingin tahun muda, asalkan gak tua2 banget. kayaknya tahun >2012 masih oke karena mobil sekarang lebih awet dibanding dulu (dan mobil2 keluaran terbaru BQ-nya banyak yang disunat)
- gak lebih rewel dan susah ngerawatnya dibanding mazda (yang mana ini relatif rendah standarnya mengingat mazda juga gak terlalu gampang nyari bengkel yang biasa handle dibandingkan mobil2 eropa sekalipun)
- gak terlalu boros bbm (equivalent cx5 atau lesser dikit masih oke lah)
- jepang/korea/eropa oke, mobcin non-EV masih mikir2 durabilitynya
- buat dipakai jangka menengah-panjang
setelah tukar guling mobil ini, rencana total budget around 200-350jt. Willing to stretch lebih kalau ada yang worth the value.
**
so far lagi consider beberapa pilihan berikut:
- W212 (lagi mikir practicallitynya karena sedan, tapi baca2 review sepertinya cukup reliable plus nyaman)
ini mending jadiin last option aja, kecuali F10 nya jg mau dilego
- W204 (kalau lihat online, sepertinya baris keduanya cuma beda sedikit dengan W212, tapi lebih enak untuk nyetir sendiri? apakah benar?)
nyetir sendiri sepertinya cukup enak. tp kalo mau yg setara CX5 , pick F30, sukur2 dpt yg LCI, sepertinya masuk budget
- CX5 FL (katanya ini lebih rebah di 2nd row, tapi apa lebih lega?)
saya berani bilang TIDAK, SAMA SAJA seperti CX5 PFL om saat ini. yg improve cm mesinnya yg jd 2500 cc, fitur sm desain exterior yg lebih fresh. kalo mau yg lebih rebah dan lega, cari yg model all new 2017 up, sepertinya budget 350an udh dpt yg tipe GT or elite 2017-2018
- CRV (tapi baca2 review, BQ dan road noise parah, apakah ketolong kalau pasang peredam?)
kebetulan saya pernah pakai cukup lama dan barengan sm mazda ini. betul sekali bq dan road noise parahh. JAUH SEKALI BEDANYA kalo dibandingin sm mazda, saya ngmg gini bkn krn katanya katanya, tp murni dari experience saya miara keduanya barengan. kalo pasang peredam mungkin bakal ketolong. tp jangan harap bisa sekedap cx5. to be honest saya cukup menyesal harus merelakan CX5 all new saya buat digantiin sm CRV turbo pres, kl bukan krn ngalah sm keluarga yg perlu akomodasi dan kepraktisan lebih + 7 seater, saya gaakan mau lego cx5 saya. karena sekedar sharing aja, alur saya miara honda dan mazda adalah dari CRV 2.0 AT 2005 gen 2, abis itu upgrade ke CRV 2.4 AT 2010 gen 3. terus ke CX5 2.0 touring 2013 PFL kaya punya TS, terus ke AN CX5 Elite 2018 all new dan terakhir CRV Turbo pres 2019 gen 5 . saran saya jangan ambil ini kalo gak betul2 butuh akomodasi dan kepraktisan lebih . memang driving feelnya di satu sisi masih cukup oke dan handlingnya jg walaupun ga seenak mazda, tp kalo om cari BQ dan road noise dijamin bakal kecewa berat, apalagi om bilang benchmarknya adalah cx5. secara bqnya agak kurang + road noisenya ampas kaya mobil ga pake peredam sama sekali , sangat berisik kaya seng waktu hujan deras + suara ban dan mesin masuk semua apalagi dibawa di jalan tol dengan kecepatan diatas 100 kpj (saya alamin sendiri) + kualitas audio bawaannya jg buruk, treble sm basnya mendem semua, walaupun udh pasang sub, tweeter sm ganti speaker full depan belakang jg
- HRV (katanya fun to drive dan baris kedua lebih lega, tapi BQ dan road noise parah juga?)
kebetulan saya ex user HRV 2018 old dan saat ini user HRV SE 2023 all new dengan odo 30rb km. memang, cukup fun to drive , baris kedua lebih lega, storage lebih banyak & bagasi jg lebih luas. tp BQ dan road noisenya cukup parah. kebetulan di HRV all new yg masih saya gunakan hingga hari ini, BQ dan road noisenya sudah membaik dibanding HRV lama maupun CRV lama saya, tp dibandingkan CX5 saya dulu baik yg 2013 seperti punya TS maupun yg 2018 all new, BQ dan road noisenya masih lebih baik mazda menurut saya . kalo ga mentingin akomodasi, saya consider CX3 , sepertinya masuk kriteria dan budget
- camry xv50 (pernah nyetir ini, driving exp kayak bawa kapal wkwk, dibanding cx5 jauh banget tapi duduk di belakangnya memang enak sih)
memang cukup nyaman, tp ya memang driving feelnya kek bawa kapal hehe
- accord (kurang suka di road noise+BQ, tapi belakangnya lega banget sih, belum pernah nyetir sendiri ni mobil)
daripada ini mending mazda 6 kalo saya pribadi
- rx270 (mungkin around tahun 2012-2013, looknya udah kelihatan agak berumur meskipun classy, tapi kalau lihat2 youtube sepertinya ini opsi yang overall nyaman di baris kedua dan nyaman disetir sendiri)
disetir sendiri to be honest masih enakkan CX5 ya, kebetulan saya pernah pake RX300 , CX5 2013 & CX5 2018. driving feelnya masih lebih enak CX5 & handingnya jg enak CX5. lexus rx entah knp rasanya kek bawa kapal, tp disisi lain cocok buat yg duduk di row 2 dan cari kenyamanan, dulu pernah PP jkt jogja sm jkt semarang berasa ga capek & cukup nyaman dan empuk hehe
belum sempat lihat2 di bursa, mungkin beberapa waktu ke depan mulai lihat2 kalau ada kesempatan
**
karena penggantian ini juga gak urgent2 banget, lagi consider juga untuk upgrade cx5 biar lebih nyaman, dengan pertimbangan menunda ganti mobil 1-2 tahun lagi supaya pilihannya lebih banyak, atau ganti ke EV sekalian
beberapa hal yang lagi dipertimbangkan:
- pasang perebah baris kedua. Kalau lihat IG modifikasi cx5, sepertinya ada yang jual kaitan besi untuk bikin kursi baris belakang jadi lebih rebah 2-3cm (kurang yakin sesignifikan apa pengaruhnya)
- tambah peredam di spakbor ban (apakah ini akan cukup ngaruh?)
- ganti ban jadi yang comfort + silent (apakah ini akan cukup ngaruh?) karena anyway udah mau 4 tahun pakai ban budget accelera yang dipaketin sama dealer waktu pertama kali ambil si cx5
apa ada hal lain lagi yang bisa dipertimbangkan supaya jadi lebih nyaman di baris keduanya? sempat kepikiran nyari2 custom jok juga, tapi kurang paham apa bisa bikin custom jok yang lebih rebah dari yang sekarang
**
mohon rekomendasi dari oom2 sekalian
kalo alternatif bisa consider F30, cx5 all new 2017 up, voxy, serena, alphvell gen 2 , CX3 , mazda 6, teana or xtrail t32. sepertinya masuk kriteria dan budget
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 722
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Senin - Jumat disupirin vote voxy. Bisa direbahin sandarannya, sliding mentok belakang + pasang legrest.
Saya pake hrv baru, bangku belakang agak tegak, kurang enak buat jarak jauh. Tapi dibawa sendiri enak buat gas tipis2. Noise ban udah mendingan kok, cuma karena hrv se pake r18, jadi kurang empuk kalau lewat jalanan rusak. Kayanya hrv se 2024 bekas masih dapet 350 juta.
Saya pake hrv baru, bangku belakang agak tegak, kurang enak buat jarak jauh. Tapi dibawa sendiri enak buat gas tipis2. Noise ban udah mendingan kok, cuma karena hrv se pake r18, jadi kurang empuk kalau lewat jalanan rusak. Kayanya hrv se 2024 bekas masih dapet 350 juta.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1403
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
bau gas buang = cleaning sensor MAF dan sensor oksigen. sensor oksigen = carbon cleaner, sensor MAF = MAF cleaner. dijamin berasa perubahannya dehremedusakti wrote: ↑Mon Jan 06, 2025 14:22 Kebetulan baru minang RX270 dan pernah bbrp kali bawa mazda cx5 facelift 2015.
Vote Lexus RX270, Cari yg sdh facelift aj.
1. Aura mewah lexus bener2 kerasa, jujur material lexus memang diatas merk toyota mewah, kabin bahan jok, doortrim, panel2 setingkat lebih mewah dibanding Alphard/Vellfire model transformer.
Kaca depan sdh double glass. Kedap banget. Sekali lagi lebih kedap dibanding Alphard/Vellfire
2. Modelnya yg facelift cakep, gak terlalu ketinggalan jaman, terutama warna putih, putihnya kilat2 mutiaranya
3. Joknya, dijamin empuk dan nyaman bgt. Lebih empuk dibanding Alphard/Vellfire, mirip empuk jok LC, tp di rx terasa lebih menopang. Kl habis pake rx lama trus pindah ke mobil lain apalagi maaf innova/fortuner bisa sakit pinggang loh.
4. Driving Dinamicnya terasa ringan, enteng, handling oke gak begitu limbung. Tarikan mesin 1 AR FE buat daily ringan, injak gas dikit mobil laju. Pindah dari 2UZFe 4.7L ke 1 AR msh mirip2 aj gak jomplang.
5. Sound system nya jernih pisah
6. konsumsi bbm msh acceptable, buat luar kota kombinasi gak bgt boros bs msh 1:10 keatas
7. Service / spare part bs ditoyota, part melimpah banyak persamaan camry/alphard.
Minus
1. Pajak Mahal, ane dpt tahun 2014 pajak jakarta msh 10jtaan
2. Suspensi menurut ane agak stif ya, agak kurang empuk. Pengennya bs seempuk LC, ketemu poldur blep blep ayunan aduhai. Tp kl compare mazda CX5 lebih nyaman rx270 ya.
3. Bau gas buangnya agak kurang enak, dah di test emisi, normal semua, perasaan baunya agak nyengat gitu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2943
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
coba cek sensor MAF dan sensor oxygen. kl ada yg error dan dibenerin mbl bisa lebih enak dan irit lgremedusakti wrote: ↑Mon Jan 06, 2025 14:22 Kebetulan baru minang RX270 dan pernah bbrp kali bawa mazda cx5 facelift 2015.
Vote Lexus RX270, Cari yg sdh facelift aj.
1. Aura mewah lexus bener2 kerasa, jujur material lexus memang diatas merk toyota mewah, kabin bahan jok, doortrim, panel2 setingkat lebih mewah dibanding Alphard/Vellfire model transformer.
Kaca depan sdh double glass. Kedap banget. Sekali lagi lebih kedap dibanding Alphard/Vellfire
2. Modelnya yg facelift cakep, gak terlalu ketinggalan jaman, terutama warna putih, putihnya kilat2 mutiaranya
3. Joknya, dijamin empuk dan nyaman bgt. Lebih empuk dibanding Alphard/Vellfire, mirip empuk jok LC, tp di rx terasa lebih menopang. Kl habis pake rx lama trus pindah ke mobil lain apalagi maaf innova/fortuner bisa sakit pinggang loh.
4. Driving Dinamicnya terasa ringan, enteng, handling oke gak begitu limbung. Tarikan mesin 1 AR FE buat daily ringan, injak gas dikit mobil laju. Pindah dari 2UZFe 4.7L ke 1 AR msh mirip2 aj gak jomplang.
5. Sound system nya jernih pisah
6. konsumsi bbm msh acceptable, buat luar kota kombinasi gak bgt boros bs msh 1:10 keatas
7. Service / spare part bs ditoyota, part melimpah banyak persamaan camry/alphard.
Minus
1. Pajak Mahal, ane dpt tahun 2014 pajak jakarta msh 10jtaan
2. Suspensi menurut ane agak stif ya, agak kurang empuk. Pengennya bs seempuk LC, ketemu poldur blep blep ayunan aduhai. Tp kl compare mazda CX5 lebih nyaman rx270 ya.
3. Bau gas buangnya agak kurang enak, dah di test emisi, normal semua, perasaan baunya agak nyengat gitu.
kalo empuk, harusnya masih empuk ya gen lexus ini, cb check shocknya jgn2 aftermarket jelek atau dikasi bilstein . lexus es300h saya sih masih shock ori, overall lembut bgt bantigan sampe adik cewe saya blm balik2in itu mbl udah 1 tahun main tuker sama 218i dia.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Saran mobil nyaman pengganti CX5 pre-fl
Ya Om Nanti cb sy cek dl MAF dan Oksi sensornya.. sejauh ini aman sih tdk ada indikator nyala di dashboard dan mesin juga ringan tarikannya. Konsumsi bbm msh hitungannya irit, lebh irit dibanding harrier 2.4, dan cm5.
Sebenrnya gak keras bgt sih om, msh terhitung nyaman..
Kl sy lihat ukuran per nya besarnya mirip dengan vellfire punya ( secara konstruksi kaki2 juga mirip bgt), cm vellfire karna body berat jd mungkn lbh empuk.
Kebetulan sy senengnya mobil yg empuk rada2 ngapal gitu.
Nah ini ada user es300h, minta reviewnya om ? Kebetulan ortu lg lirik2 es300h buat gantiin camry hybrid 2015. Beberapa kali pake pinjam camry hybrid enak bgt mblnya, ini yg bikin sy batal mau ambil w212 e250. Pas test drive w212 dijalan gravel poldur tdk seempuk camry dan tarikan bawahnya jauh spontan camry hybrid.
Sebenrnya gak keras bgt sih om, msh terhitung nyaman..
Kl sy lihat ukuran per nya besarnya mirip dengan vellfire punya ( secara konstruksi kaki2 juga mirip bgt), cm vellfire karna body berat jd mungkn lbh empuk.
Kebetulan sy senengnya mobil yg empuk rada2 ngapal gitu.
Nah ini ada user es300h, minta reviewnya om ? Kebetulan ortu lg lirik2 es300h buat gantiin camry hybrid 2015. Beberapa kali pake pinjam camry hybrid enak bgt mblnya, ini yg bikin sy batal mau ambil w212 e250. Pas test drive w212 dijalan gravel poldur tdk seempuk camry dan tarikan bawahnya jauh spontan camry hybrid.