Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 728
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by adityawei »

Halo om2 semua..
Sudah lama sekali saya nggak nulis disini..

Kebetulan bbrp hari yang lalu, ada pameran Chery Tiggo 8, dan yes ini mobil bikin penasaran..
Dengan price point under 400jt ( jabodetabek, tapi di daerah saya 400 bulet diskon 5jt ) , bisa kasih mobil sekelas ini, dengan kelengkapan maksimal sampe bikin saya mikir ini Chery jualan cari cuan apa jadi badan amal ?

Kebetulan saya pemakai H tegak cenggo turbo yg kelas bodynya bisa dibilang dibawahnya tapi harga baru jauhhhh diatas mobil ini dengan fitur yang jauh dibawah Tiggo 8.. Mungkin review ini bakal jadi lebih banyak benchmark ke H tegak ini..

1. Looks

Looks menurut saya sih so so..

Tampak Depan
Image

Tampak samping
Image

Tampak Belakang
Image

Depan gagah, samping yaaa begitulah, belakangnya jujur agak aneh liat lampunya..
Kalo liat dari foto mobil ini keliatan gede, tapi abis diliat langsung ternyata nggak segede itu, bahkan tidak sampe segede duo ladder rasanya..

Ban yang dipakai profil 235 / 55 / R18, lebih tipis dikit daripada yang dipakai di CRV saya ( 235/ 60/R18 ).. Merk Giticomfort, ya okelah, tp bukan ban yang empuk ( waktu dipake jalan berasa keras )
Image

Overall, tampang luarnya cukup menarik, cuma bukan yang menggoda banget.. 7/10 lah..

2. Interior

Masuk pertama disambut jok elektrik yang langsung mundur sendiri kaya menyambut kita biar masuknya gampang..
Image
Jok mobil ini ada memory seat ( yes di harga 400jt udah ada memory seat, kurang canggih apa coba )

Habis duduk langsung berasa MEWAH + BUILD QUALITY TOPPP
Yes sangat bagus, bahkan dibanding dengan mobil jepang "Rusa Fashion Hybrid" yang 650an jt, dan CRV Hybrid yang 800an..

Tampilan dari balik setir mewahh banget ( buat harga 400jt )
Image

Tapiiii.. Yes you still got that feeling of "mobcin"
Material tebel, keliatan mewah, tapi agak ada kasarnya..
Interface speedo yang semua serba digital tapi stylingnya yang begitulah, head unit gede dengan UI yang ya begitulah lagi..
Pengaturan AC full pakai layar touchscreen yang agak laggy, dan ini sangat amat nggak enak buat dipakai

Image

Liat aja itu panel black piano segede itu tanpa ada tombol satupun.. Kebayang kalau kena sidik jari kaya gimana kotornya / bakal sebaret2 apa..
Posisi EPB + Autohold agak terlalu jauh dari tangan posisi nyender..

Image
Dibawah panel hitam tadi, ada laci tersembunyi dibawahnya yg agak susah diakses

Shifter pakai model joystick yang oke banget buat dipegang..
Dan untungnya, masih ada beberapa tombol fisik buat ngatur Head Unit ga ikut2 EV nya yang semua pengaturan dari Head unit..

Image
Glovebox kecillll, tapi dikasih 2 slot USB didalemnya..

Audio mobil ini pakai SONY, dan ya suaranya bagus, tapi ga sebagus bose di cx5.. sekedar ditahap bagus aja.. tapi buat kelas harga segini, mungkin ini audio mobil terbaik di harga segini..
Image

Jok dari depan sampe row 3 semua full kulit.. Panoramic gede full dari depan sampai belakang
Image

Duduk di row 2 masih lumayan lega, sekitar sisa 10an jari
Image

Image
Bagasinya gede banget, dan bisa flat floor
untuk yang tipe bawahnya kata salesnya sih ga dapet AC di row 3 nya

3. Driving impression

Buat kelas harganya, ini mobil ENAK BANGET, KECUALI REM NYA..
Mesin 1600 turbo yang dipake di mobil ini adalah mesin "sunatan" dari tipe atasnya yang pakai 2000 turbo
Tapi. dengan mesin 1600 turbo sunatan mobil ini larinya masih serem banget.
Turbo lag waktu di kickdown hampir kaya CRV turbo lagnya waktu kickdown, tapi abis ngisi langsung larinya serem banget + rem nya sangat amat serem, ditoel dikit ngga makan, diinjek separo ngga ngefek, diinjek full baru mau berhenti dan langsung nosedive.. Entah ini gara2 unit masih baru belum disetel apa gimana, tapi yes ini rem nya sama sekali ngga enak...

Suspensi agak keras dibanding CRV ( ya ini CRV yang memang terlalu empuk ). Ditekuk2 mobil ini berasa mantep, dan nyetirnya ga berasa pake mobil gede..
Bisa dibilang ini suspensi yang paling berasa mahal di harga ini.. Kekedapan sangat bagus, kaca depan pakai double glass, peredam kolong bagus, malah yang berisik suara mesinnya, ngga tau kenapa tapi getaran + suaranya mesin masuk banget kedalam kabin..

Untuk joknya berasa agak sempit dibanding CRV, tapi abis jalan ga terlalu berasa lagi..

Untuk cruising, di MID saya dapet 1:8 an buat muter2 dalem kota selama 20menitan, mirip2 sama CRV turbo saya..

Dan setelah muter2, walaupun dengan segala kemewahannya, masih berasa "oh ini mobil china" feeling.. Semua enak, tapi kaya ada bbrp titik yang ga bisa dijelaskan ada yang kurang.. atau semacem "imperfection" sama yang bisa dirasain dari mobil2 china lain..

KESIMPULAN
Buat harga 400 juta, mau cari mobil up class, nyaman, lega, lari kenceng, ini mobil ga ada lawan..
Ditambah warranty 1 juta kilometer ( ga tau bakal kecapai duluan / bosen duluan yang punya ) harusnya aman2 aja sparepartnya kecuali ATPM nya minggat..
beberapa concern mungkin lebih ke tingkat kepercayaan kita ke merk baru..
Saya sendiri sudah berpikir bahwa mobil jepang sekarang harganya sangat amat ngawur mahalnya, ga menutup kemungkinan my next car would be a chinese / korean car..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5367
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

waktu liat2x unitnya ada buka kap dan peratiin master remnya gak om??? :big_think:

saya punya keluhan sama di omoda Z tapi sebelom bawa saya ud was was duluan karena saya inspeksi itu mobil bener aja remnya sama persis kek yang om ceritain :big_dunno:

dan di tol itu omoda Z si ngeri banget :big_bored:

mobil melayang dan setir kayak kena lock sama power sterringnya yang ngadi2x dan berasa kagak natural :big_bored:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 728
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by adityawei »

b0ku wrote: Wed Jan 15, 2025 14:42 waktu liat2x unitnya ada buka kap dan peratiin master remnya gak om??? :big_think:

saya punya keluhan sama di omoda Z tapi sebelom bawa saya ud was was duluan karena saya inspeksi itu mobil bener aja remnya sama persis kek yang om ceritain :big_dunno:

dan di tol itu omoda Z si ngeri banget :big_bored:

mobil melayang dan setir kayak kena lock sama power sterringnya yang ngadi2x dan berasa kagak natural :big_bored:
Saya ngga buka kap mesin sih, buru2 pengen masuk ke dalem ruangan AC an lagi.. posisi mobil di outdoor panas bangett..

Feeling setirnya kalau disini rasanya biasa aja ( karena dalkot kali ya ) khas EPS, no feeling sama sekali cenderung terlalu enteng..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5367
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

adityawei wrote: Wed Jan 15, 2025 14:47
Saya ngga buka kap mesin sih, buru2 pengen masuk ke dalem ruangan AC an lagi.. posisi mobil di outdoor panas bangett..

Feeling setirnya kalau disini rasanya biasa aja ( karena dalkot kali ya ) khas EPS, no feeling sama sekali cenderung terlalu enteng..
iya karena epsnya punya power buat muterin setir sendiri jadi bisa maen berat setirnya omoda juga gitu kalo low speed mah ud kayak setir sepeda entengnya setir teringan yang pernah saya pake

cuma di tol lsg ngelock berasa berat banget biarpun saya pindah jalur gak ada masalah si cuma tetep aja jd berasa aneh dan gak natural

saya sempet bawa sampe 140kmh ngeri om ud gak berani lagi mobil orang juga soalnya

setirnya biarpun bisa berat juga gak bikin kita pede :big_bored: