spesifikasi xpander yg diminta kl ga salah MA-1 om, itu sama dengan SP-III atau SP-IV kah? masih newbie bngt nih...ilhami wrote: ↑Fri Jan 10, 2025 16:03 Performa dan Kompatibilitas
Dexron VI:
Viskositas lebih rendah dibandingkan Dexron III atau varian sebelumnya, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Tidak kompatibel dengan spesifikasi SP-III atau SP-IV karena formula berbeda.
Jika digunakan di transmisi Mitsubishi yang membutuhkan SP-III/SP-IV, dapat menyebabkan:
Perpindahan gigi tidak mulus.
Percepatan aus pada komponen internal transmisi.
Potensi kegagalan transmisi jangka panjang.
Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Apr 10, 2019 10:46
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: Innova
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2366
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Beda, SP-IV itu spek maticnya Hyundai/Kia. Tapi beberapa oli yang comply sama MA1 bisa untuk SP-IV juga.graphics wrote: ↑Mon Jan 13, 2025 4:03spesifikasi xpander yg diminta kl ga salah MA-1 om, itu sama dengan SP-III atau SP-IV kah? masih newbie bngt nih...ilhami wrote: ↑Fri Jan 10, 2025 16:03 Performa dan Kompatibilitas
Dexron VI:
Viskositas lebih rendah dibandingkan Dexron III atau varian sebelumnya, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Tidak kompatibel dengan spesifikasi SP-III atau SP-IV karena formula berbeda.
Jika digunakan di transmisi Mitsubishi yang membutuhkan SP-III/SP-IV, dapat menyebabkan:
Perpindahan gigi tidak mulus.
Percepatan aus pada komponen internal transmisi.
Potensi kegagalan transmisi jangka panjang.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Wed Apr 10, 2019 10:46
- Location: indonesia
- Daily Vehicle: Innova
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
siiip om, thx utk pencerahannyasahabatq8 wrote: ↑Mon Jan 13, 2025 9:47Beda, SP-IV itu spek maticnya Hyundai/Kia. Tapi beberapa oli yang comply sama MA1 bisa untuk SP-IV juga.graphics wrote: ↑Mon Jan 13, 2025 4:03spesifikasi xpander yg diminta kl ga salah MA-1 om, itu sama dengan SP-III atau SP-IV kah? masih newbie bngt nih...ilhami wrote: ↑Fri Jan 10, 2025 16:03 Performa dan Kompatibilitas
Dexron VI:
Viskositas lebih rendah dibandingkan Dexron III atau varian sebelumnya, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Tidak kompatibel dengan spesifikasi SP-III atau SP-IV karena formula berbeda.
Jika digunakan di transmisi Mitsubishi yang membutuhkan SP-III/SP-IV, dapat menyebabkan:
Perpindahan gigi tidak mulus.
Percepatan aus pada komponen internal transmisi.
Potensi kegagalan transmisi jangka panjang.
IMG-20250113-WA0009.jpg
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 232
- Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.
Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..
Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.
Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..
Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2366
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Kilap kilap horrorSupersedan wrote: ↑Wed Jan 15, 2025 9:46 Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.
Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..
Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8
Kalo oli gear sebaiknya jangan pake sembarang oli mesin. Pake antara oli mesin yang memang di design untuk gearbox (kyk Q8 City 10w30) atau pake oli gardan aja. Oli mesin biasa kurang additif untuk melindungi jenis gesekan yang terjadi didalam gearbox.
Pake 75w90 bisa
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Mon Oct 15, 2018 4:13
- Daily Vehicle: E34 M50
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Atf Full synthetic q8 yg compatible dengan dexron III apa saja suhu?sahabatq8 wrote: ↑Wed Jan 15, 2025 10:51Kilap kilap horrorSupersedan wrote: ↑Wed Jan 15, 2025 9:46 Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.
Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..
Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8
Kalo oli gear sebaiknya jangan pake sembarang oli mesin. Pake antara oli mesin yang memang di design untuk gearbox (kyk Q8 City 10w30) atau pake oli gardan aja. Oli mesin biasa kurang additif untuk melindungi jenis gesekan yang terjadi didalam gearbox.
Pake 75w90 bisa
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 232
- Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Bener om, horor liat gliternyasahabatq8 wrote: ↑Wed Jan 15, 2025 10:51Kilap kilap horrorSupersedan wrote: ↑Wed Jan 15, 2025 9:46 Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.
Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..
Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8
Kalo oli gear sebaiknya jangan pake sembarang oli mesin. Pake antara oli mesin yang memang di design untuk gearbox (kyk Q8 City 10w30) atau pake oli gardan aja. Oli mesin biasa kurang additif untuk melindungi jenis gesekan yang terjadi didalam gearbox.
Pake 75w90 bisa
Di senterin bling2 bener kilaunya.
Siap, mau cobain q8 yg 75w-90 ah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2366
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Yang paling bagus namanya Q8 Auto D VI. Tapi yang Q8 Auto JK pun udah spek Dexron 3HRenjiro wrote: ↑Thu Jan 16, 2025 3:42Atf Full synthetic q8 yg compatible dengan dexron III apa saja suhu?sahabatq8 wrote: ↑Wed Jan 15, 2025 10:51Kilap kilap horrorSupersedan wrote: ↑Wed Jan 15, 2025 9:46 Maaf oot dikit, mau nanya oli gear motor matic..
Saya abis restorasi motor mio, kemarin gear ratio set saya ganti baru semua, oli gearnya dimasukin sama bengkelnya oli mesin 5w-30/40 saya lupa.
Kira2 pemakaian 500km, saya ganti oli mesin (karena sekalian inrayen mesin) sekalian lah ganti oli gear, nah oli gearnya butek dan banyak gliter *poto terlampir*
Di motor yg lain saya biasa ganti oli gear 6 bulan jg masih bening pol olinya..
Kemarin sy ganti oli gearny pake 80w-90 gl5, kerasa jauh lebih adem suara gearnya, ini rencana interval penggantian mau di percepat sekalian mau ngecek lg.
Nah kalo oli gearnya saya mau coba yg 75w-90 bisa kan ya, mau coba yg repack amsoil atau q8
Kalo oli gear sebaiknya jangan pake sembarang oli mesin. Pake antara oli mesin yang memang di design untuk gearbox (kyk Q8 City 10w30) atau pake oli gardan aja. Oli mesin biasa kurang additif untuk melindungi jenis gesekan yang terjadi didalam gearbox.
Pake 75w90 bisa
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Dec 27, 2024 15:52
- Daily Vehicle: Yaris 2NR-FE 2017
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Malam mbah...
Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter
Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?
Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?
Matur sembah nuwun
Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter
Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?
Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?
Matur sembah nuwun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1053
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Saya belum pernah sih mbah pakai K312Lele2017 wrote: ↑Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...
Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter
Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?
Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?
Matur sembah nuwun
Tapi kalau sudah 65k bisa tuh kuras buka karter sekalian ganti strainer/filter om. Estimasi saya sih kalau buka karter+ganti strainer habis 6 literan om
Contoh strainernya:
Yg aftermarket https://tokopedia.link/bd48IDKUvQb
Yg Genuine Part https://tokopedia.link/N1i49dPUvQb
Jgn lupa sekalian ganti gasket karternya
Kemudian di K312 ini adanya CVT Warmer sih bukan CVT Cooler, tapi bisa dipasang CVT Cooler External ada adapternya utk gantiin CVT Warmer jd CVT Cooler
Contoh Adapter+CVT Cooler External
https://tokopedia.link/AtxVi6zTvQb
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12185
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
gede banget yaa kapasitas oil pan nya hampir 8 literLele2017 wrote: ↑Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...
Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter
Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?
Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?
Matur sembah nuwun
bisa lbh panjang umur CVT fluid nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Dec 27, 2024 15:52
- Daily Vehicle: Yaris 2NR-FE 2017
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Wah matur nuwun sekali mbah referensinya..azu wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 2:06Saya belum pernah sih mbah pakai K312Lele2017 wrote: ↑Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...
Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter
Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?
Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?
Matur sembah nuwun
Tapi kalau sudah 65k bisa tuh kuras buka karter sekalian ganti strainer/filter om. Estimasi saya sih kalau buka karter+ganti strainer habis 6 literan om
Contoh strainernya:
Yg aftermarket https://tokopedia.link/bd48IDKUvQb
Yg Genuine Part https://tokopedia.link/N1i49dPUvQb
Jgn lupa sekalian ganti gasket karternya
Kemudian di K312 ini adanya CVT Warmer sih bukan CVT Cooler, tapi bisa dipasang CVT Cooler External ada adapternya utk gantiin CVT Warmer jd CVT Cooler
Contoh Adapter+CVT Cooler External
https://tokopedia.link/AtxVi6zTvQb
Btw pros n cons nya make cooler external gini apa ya mbah?
I see, udah bisa mulai ganti filter/strainer ya. Catet dulu dah, kebetulan masih ngisi celengan sih, sementara drain n fill oli baru masih oke kah?
Nah itu dia mbah saya juga pas baca primbon kaget, kalo baca² di page belakang rata² yg cvt antara 4-5 liter kapasitasnya.Suryaputra wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 2:14gede banget yaa kapasitas oil pan nya hampir 8 literLele2017 wrote: ↑Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...
Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter
Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?
Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?
Matur sembah nuwun
bisa lbh panjang umur CVT fluid nya
Ini kapasitas saat posisi kosong melompong, atau referensi untuk refill olinya ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1053
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Consnya mungkin butuh waktu sedikit lebih lama untuk warming up. Tapi prosnya sih suhu CVT Fluid akan lebih dingin dibandingkan suhu coolant, harusnya lebih awet juga ke transmisiLele2017 wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 11:09Wah matur nuwun sekali mbah referensinya..azu wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 2:06Saya belum pernah sih mbah pakai K312Lele2017 wrote: ↑Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...
Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter
Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?
Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?
Matur sembah nuwun
Tapi kalau sudah 65k bisa tuh kuras buka karter sekalian ganti strainer/filter om. Estimasi saya sih kalau buka karter+ganti strainer habis 6 literan om
Contoh strainernya:
Yg aftermarket https://tokopedia.link/bd48IDKUvQb
Yg Genuine Part https://tokopedia.link/N1i49dPUvQb
Jgn lupa sekalian ganti gasket karternya
Kemudian di K312 ini adanya CVT Warmer sih bukan CVT Cooler, tapi bisa dipasang CVT Cooler External ada adapternya utk gantiin CVT Warmer jd CVT Cooler
Contoh Adapter+CVT Cooler External
https://tokopedia.link/AtxVi6zTvQb
Btw pros n cons nya make cooler external gini apa ya mbah?
I see, udah bisa mulai ganti filter/strainer ya. Catet dulu dah, kebetulan masih ngisi celengan sih, sementara drain n fill oli baru masih oke kah?
Nah itu dia mbah saya juga pas baca primbon kaget, kalo baca² di page belakang rata² yg cvt antara 4-5 liter kapasitasnya.Suryaputra wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 2:14gede banget yaa kapasitas oil pan nya hampir 8 literLele2017 wrote: ↑Mon Jan 27, 2025 15:29 Malam mbah...
Butuh pencerahan karena masih awam baru kali ini miara matic cvt.
Kebetulan abis ngangkat yasir 2nr cvt km 65k++
Dari user pertama belum ada history ganti oli matic dan dari buku primbon keterangannya kapasitas oli matic 7,5 liter
Mohon masukannya kira² perlu kuras atau cukup drain n refill aja? Kalo drain n refill butuh berapa liter kurang lebihnya?
Kemudian, adakah yg berpengalaman sama matic aisin k312 ini karakternya gimana? Dan apakah sdh dilengkapi cooler matic?
Matur sembah nuwun
bisa lbh panjang umur CVT fluid nya
Ini kapasitas saat posisi kosong melompong, atau referensi untuk refill olinya ya?
Ini saya ambil dari Factory Service Manual untuk Yaris 2NR om untuk pengisian CVT Fluid
Tapi untuk lebih pasnya tetap harus melakukan prosedur Adjustment Fluid Level
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Dec 27, 2024 15:52
- Daily Vehicle: Yaris 2NR-FE 2017
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Siap noted mbah, bisa diconsider nih cooler matic ext biar bisa longterm use..azu wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 11:54Consnya mungkin butuh waktu sedikit lebih lama untuk warming up. Tapi prosnya sih suhu CVT Fluid akan lebih dingin dibandingkan suhu coolant, harusnya lebih awet juga ke transmisiLele2017 wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 11:09Wah matur nuwun sekali mbah referensinya..azu wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 2:06
Saya belum pernah sih mbah pakai K312
Tapi kalau sudah 65k bisa tuh kuras buka karter sekalian ganti strainer/filter om. Estimasi saya sih kalau buka karter+ganti strainer habis 6 literan om
Contoh strainernya:
Yg aftermarket https://tokopedia.link/bd48IDKUvQb
Yg Genuine Part https://tokopedia.link/N1i49dPUvQb
Jgn lupa sekalian ganti gasket karternya
Kemudian di K312 ini adanya CVT Warmer sih bukan CVT Cooler, tapi bisa dipasang CVT Cooler External ada adapternya utk gantiin CVT Warmer jd CVT Cooler
Contoh Adapter+CVT Cooler External
https://tokopedia.link/AtxVi6zTvQb
Btw pros n cons nya make cooler external gini apa ya mbah?
I see, udah bisa mulai ganti filter/strainer ya. Catet dulu dah, kebetulan masih ngisi celengan sih, sementara drain n fill oli baru masih oke kah?
Nah itu dia mbah saya juga pas baca primbon kaget, kalo baca² di page belakang rata² yg cvt antara 4-5 liter kapasitasnya.Suryaputra wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 2:14
gede banget yaa kapasitas oil pan nya hampir 8 liter
bisa lbh panjang umur CVT fluid nya
Ini kapasitas saat posisi kosong melompong, atau referensi untuk refill olinya ya?
Ini saya ambil dari Factory Service Manual untuk Yaris 2NR om untuk pengisian CVT Fluid
Screenshot_2025-01-28-18-44-41-664_com.android.chrome.png
Tapi untuk lebih pasnya tetap harus melakukan prosedur Adjustment Fluid Level
Dari ss nya yg saya tangkep unt drain refill bisa -+3,3 liter ya?
Gampangannya, prosedur AFL itu begimana mbah?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12185
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Owh pantesazu wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 11:54Consnya mungkin butuh waktu sedikit lebih lama untuk warming up. Tapi prosnya sih suhu CVT Fluid akan lebih dingin dibandingkan suhu coolant, harusnya lebih awet juga ke transmisiLele2017 wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 11:09Wah matur nuwun sekali mbah referensinya..azu wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 2:06
Saya belum pernah sih mbah pakai K312
Tapi kalau sudah 65k bisa tuh kuras buka karter sekalian ganti strainer/filter om. Estimasi saya sih kalau buka karter+ganti strainer habis 6 literan om
Contoh strainernya:
Yg aftermarket https://tokopedia.link/bd48IDKUvQb
Yg Genuine Part https://tokopedia.link/N1i49dPUvQb
Jgn lupa sekalian ganti gasket karternya
Kemudian di K312 ini adanya CVT Warmer sih bukan CVT Cooler, tapi bisa dipasang CVT Cooler External ada adapternya utk gantiin CVT Warmer jd CVT Cooler
Contoh Adapter+CVT Cooler External
https://tokopedia.link/AtxVi6zTvQb
Btw pros n cons nya make cooler external gini apa ya mbah?
I see, udah bisa mulai ganti filter/strainer ya. Catet dulu dah, kebetulan masih ngisi celengan sih, sementara drain n fill oli baru masih oke kah?
Nah itu dia mbah saya juga pas baca primbon kaget, kalo baca² di page belakang rata² yg cvt antara 4-5 liter kapasitasnya.Suryaputra wrote: ↑Tue Jan 28, 2025 2:14
gede banget yaa kapasitas oil pan nya hampir 8 liter
bisa lbh panjang umur CVT fluid nya
Ini kapasitas saat posisi kosong melompong, atau referensi untuk refill olinya ya?
Ini saya ambil dari Factory Service Manual untuk Yaris 2NR om untuk pengisian CVT Fluid
Screenshot_2025-01-28-18-44-41-664_com.android.chrome.png
Tapi untuk lebih pasnya tetap harus melakukan prosedur Adjustment Fluid Level
Klo kosong melompong kering
Ya butuh banyak emang.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1053
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Iya betul itu untuk dry fill kalau berdasarkan spec berikut
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.