Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

TL;DR: Untuk ringkasnya, silakan baca yang berwarna biru saja 😌

Selamat pagi agan-agan, salam kenal dengan ane member baru SM πŸ™
(di SM kata sapa-nya apa sama kyk Kaskus atau ada istilah tertentu?)
Sudah kurang lebih setahun jadi silent reader sejak dapat wangsit 'jangan terlalu nurut bengkel resmi' dari kolega, akhirnya cari-cari informasi di internet dan sering baca forum ini. Karena sudah kebelet mau bertanya, akhirnya daftar juga.

Awal mula beli mobil, karena terlanjur nabung cukup banyak untuk nikahin pacar 12 tahun (2010-2022), eh ternyata diselingkuhi πŸ₯² (lho malah curhat). Akhirnya gelap mata, tabungan nikah dipakai beli mobil, cash... 😁😁😁 Waktu itu mau ambil Cortez, tapi ortu ane yang kerja di TMMIN gak enak sama rekan sekantor.

Isenglah ane minta mobil jadi-jadian: Avanza 1.3E CVT (dulu E CVT ngga ada di katalog, sekarang sudah ada, mungkin demand-nya tinggi). Eh ternyata ketemu... plus dikasih bonus lampu belakang Veloz + velg Veloz R17 + electric retract. Ane balikin velg Veloz, minta tukar dengan AC auto-nya Veloz aja. Mobil nginap 2 minggu dan kembali dalam keadaan AC masih sama, tapi velg balik ke R15 Avanza E πŸ™ƒ Ternyata gak semudah itu ganti modul AC, mungkin beda dengan pasang modul electric retract spion.

Karena faktor pekerjaan ortu itu jugalah selama ini ane selalu nurut sama bengkel resmi urusan servis, apalagi awalnya dibuat terlena dengan gratis 7x servis berkala (1, 10, 20, ..., 60rb km). Tiba-tiba kolega info kalau TMO 10W-40 gak rekomen untuk interval servis 10rb KM... ane coba nurut + upgrade ke 0W-20, hasilnya memang ternyata bensin hemat, dan oli bekas gak terlalu hitam.

Maintenance mobil ane saat ini:
  • servis berkala tiap 10rb KM di beres sesuai pedoman servis, upgrade TMO 10W-40 ke TMO 0W-20 (bayar 2 liter), ekstra chamber clean
  • tiap 5rb KM (25, 35, dst.) ganti oli mesin, biasanya pakai Shell City Car 0W-20
Upgrade oli dan ganti tiap 5rb cukup berpengaruh ke konsumsi BBM. Data dari MID: non tol 1:11 --> 1:13, tol 1:16 --> 1:22, BBM Pertalite. Kebetulan dapat mertua orang Surabaya, jadi setahun roadtrip Β±3.5rb km (nataru + ultah bumer, biasanya ke Malang, Pacitan, dst., lebaran + kampung halaman bumer-pamer Madiun-Tuban). Uang terpakai untuk nombok oli masih masuk lah dibanding penghematan BBMnya.

Nah, berhubung sekarang posisi odometer sudah menunjukkan 39rb km, ane mau lapor sama istri untuk mulai nabung untuk hal-hal berikut:
  1. Ganti ban, rencana upgrade ke Turanza T005A 205/65 R15. Lebar velg Avanza = 6.5", menurut tabel ini masih rekomen.
    Image
    Berdasarkan percobaan, diameter luar velg + ban maksimal 660mm (225/45 R18), diatas itu akan gasruk jika menikung di turunan (jika menikung di jalan datar, atau turun tanpa menikung, tidak gasruk), sementara diameter luar 205/65 R15 = 647.5mm.

  2. Ganti oli CVT, sudah tanya-tanya bengkel resmi untuk ganti sekalian di servis berkala 40rb km, ditolak mentah-mentah, katanya 'tidak perlu'...
    • Sebenarnya apa memang perlu ganti 40rb km sekali? Harapannya supaya mobil awet.
    • Cukup ganti saja, atau perlu sampai diflushing?
    • Ada rekomendasi bengkel?
    • Ada rekomendasi oli? Sementara ini rencananya pakai Q8 CVT EVO. Harganya memang mencekik, tapi biasanya lepas Plumbon sampai Kalikangkung, atau dari Limo sampai Soetta via JORR 2, ane sering lari 140-160 km/jam. Terkadang tercium bau hangus yang ane duga berasal dari CVT. Ane khawatir umur CVT jadi pendek, dan berharap oli mahal = berkualitas = mencegah kerusakan dini.
  3. Rencananya setelah habis jatah GBSB, mau stop ganti oli tiap 5rb km sekali, tapi olinya diupgrade ke yang tahan 10rb km, misalnya PTT Performa Synthetic 0W-20. BTW, sebenarnya lebih baik mana:
    • pakai oli bagus kyk PTT Performa Synthetic, Motul H-Tech 100+, Total Quartz 9000, diganti setiap 10rb km, atau
    • pakai oli yang biasa-biasa aja kyk TMO, Shell City Car, Fastron EcoGreen, tapi diganti setiap 5rb km?
  4. Cek AC di Herry Auto Cool, sepertinya bengkelnya cukup direkomendasikan member SM
    ryzen1950x wrote: ↑Sat Dec 23, 2023 14:35Boleh diliat, Herry Auto Cool. Temen saya service ac mobilnya di sana hasil nya cukup memuaskan.
    R32GTR wrote: ↑Wed Jan 31, 2024 16:57Emang bagus, liat aja reviewnya di google bintang 5, jarang2 itu.
Selain 4 item diatas, apa ada lagi hal-hal yang perlu diperhatikan/dicek/diservis rutin, asumsi ane tetap servis 10rb km sekali di bengkel resmi sesuai pedoman servis?

Sebelumnya ane ucapkan terima kasih atas perhatian dan kesediaan agan-agan sekalian untuk sharing dengan newbie πŸ™
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 683
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Chr1stm1 »

Utk poin 1, sy malah nyaman upgrade ke 195 60 R15

Utk poin 2, oli CVT Q8 Evo udah bagus koq, one of the best, sudah hampir 6 bulan sy tuang di AN Veloz saya, so far ok
Btw bau hangus di mbl baru biasanya dari catalytic converter, bukan dari cvt

Utk poin 3, stay di 0w20 pakai yg murmer macam TQ9000 atau Fastron 0w20 udah cukup ok
Kalau mau coba yg menggugah jajal aja Amsoil SS 0w20, gak ada lawan, Imo

Utk poin 4, AC selama filter kabin bersih terus, kaca jarang buka..
Harusnya awet2 aja
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

Chr1stm1 wrote: ↑Sun Jan 19, 2025 22:38Utk poin 1, sy malah nyaman upgrade ke 195 60 R15
Sebenarnya 195/60 R15 ini sedikit lebih kecil (615 mm) daripada ban aslinya Avanza E (185/65 R15, 621.5 mm). Saya rencana mau perbesar ukurannya selain untuk penampilan, siapatau juga bisa lebih nyaman saat melewati jalan yang banyak tambalannya (kebetulan jalan saya kerja seperti itu). Konsekuensinya memang lebih boros.
Chr1stm1 wrote: ↑Sun Jan 19, 2025 22:38Utk poin 2, oli CVT Q8 Evo udah bagus koq, one of the best, sudah hampir 6 bulan sy tuang di AN Veloz saya, so far ok
Btw bau hangus di mbl baru biasanya dari catalytic converter, bukan dari cvt
Terima kasih informasinya (terkait bau hangus), saya jadi gak terlalu parno lagi dengan CVT. Kalau boleh tau gantinya pas berapa km dan di bengkel mana? Apa cukup kuras-isi atau diflushing sekalian?
Chr1stm1 wrote: ↑Sun Jan 19, 2025 22:38Utk poin 3, stay di 0w20 pakai yg murmer macam TQ9000 atau Fastron 0w20 udah cukup ok
Kalau mau coba yg menggugah jajal aja Amsoil SS 0w20, gak ada lawan, Imo
Noted. Saya memang gamang, oli murah ganti tiap 5rb km secara total cost hampir sama dengan oli mahal ganti tiap 10rb km. Kira-kira apa ngaruh harga oli ke endapan/kerak-kerak di dalam mesin?
Amsoil Signature 0W-20 ini ada benefit apa? Sejujurnya diatas budget saya sih πŸ˜…
Chr1stm1 wrote: ↑Sun Jan 19, 2025 22:38Utk poin 4, AC selama filter kabin bersih terus, kaca jarang buka..
Harusnya awet2 aja
Gak akan mendadak bocor freon --> harus ganti evaporator/kondensor gitu ya? Saya kira dia harus dicuci berkala kyk AC rumah...
Filter kabin saya pakai Swistech, ganti sekitar 6 bulan sekali kalau AC 1 atau 2 bar terasa lemah anginnya. Bisa sih dinaikin bar kipasnya, tapi anak ada masalah sama debu, jadi mending ganti aja. Saya mudik pun bawa dehumidifier + air purifier buat kamar anak di rumah ortu/mertua/hotel, gak tau deh nanti kalau sudah umurnya masuk sekolah harus gimana.

---

Selain ganti ban, oli CVT, cuci AC, ganti oli 5rb km sekali, apa ada saran servis lainnya di luar servis berkala? Karena saya merasa pedoman servis manufaktur sulit dipercaya, misalnya periksa (ganti jika perlu) oli CVT di 100rb km, oli mesin diganti setiap 10rb km, dst. Saya lihat oli mesin bekas dari mobil saya di 10rb km itu sudah gelap sekali. Kalau oli CVT saya belum pernah lihat wujud bekasnya. Semoga di 40rb km ini masih baik-baik saja.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1814
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

apesnya tu TMO jualan oli 0W20 mnrt sy rada kemahalan ya...kl ga salah 195rb/liter...sy juga termasuk yg upgrade dari bawaan T-Care 10W30...jd tiap servis mesti nambah Rp. 390rb...akhirnya terpaksa dah...

utk bahan bakar skrg sy pake shell super...lumayan scr avg di MID nambah dari 1:14 ke 1:15..pernah sy itung full to full bener sih itungannya

btw utk cvt...untungnya sampe sekarang blm pernah denger kasus putus kayak yg sering dibahas dokter2-an itu...malah pernah liat dia jg info di channelnya.. cvt avxen kt dia termasuk badak
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

MSU wrote: ↑Sun Jan 19, 2025 23:57apesnya tu TMO jualan oli 0W20 mnrt sy rada kemahalan ya...kl ga salah 195rb/liter...sy juga termasuk yg upgrade dari bawaan T-Care 10W30...jd tiap servis mesti nambah Rp. 390rb...akhirnya terpaksa dah...
Kalau GBSB (stiker merah) atau t-care (stiker biru muda) mau gak mau hitungannya begitu. Kalau ane sih maunya:
  • ane bawa oli 0W-20 dari rumah,
  • kasih TMO 5W-30 (GBSB)/10W-40 (t-care) 4 liter buat ane bawa pulang 😝 (baca: jual ke bengkel)
Tapi kebijakannya gak boleh begitu. BTW di A2K Sunter harganya kurang lebih sama, bedanya ane dapat diskon AstraWorld + diskon karyawan. Nanti selepas t-care kita bisa bawa oli sendiri ke bengkel resmi, biaya jasanya sama, gak kyk bengkel lain yang 'gratis ganti oli jika beli di kami'. TMO 0W-20 4 liter cuma 250rb di TokoHijau.
    • Pernah kejadian di Nawilis dalam Shell, beli oli di Select bawa ke Nawilis, katanya: "yah, coba Bapak beli oli di kami, gratis biaya ganti. Karena Bapak beli oli di Select, jadi kena biaya ganti (kalau gak salah 130k)."
    • Lah mana ane tau, kukira mereka berteman πŸ˜”
MSU wrote: ↑Sun Jan 19, 2025 23:57sampe sekarang blm pernah denger kasus putus kayak yg sering dibahas dokter2-an itu...malah pernah liat dia jg info di channelnya.. cvt avxen kt dia termasuk badak
Wah jadi makin tenang ane. Bisa-bisa batal rencana flushing CVT 40rb km sekali 😁
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by b0ku »

ud 2024 jgn mau ketipu oli 10.000km :big_biglaugh:

kalo saya si sekarang 5000 ganti oli mesin sama tap oli matic sama ganti filter, kalo ada filter matic mungkin 50.000-100.000 ganti filternya tergantung tuh seribet apa aksesnya :mky_01:

matic makin sering di tap makin bersih makin maticnya awet karena matic kotor itu bawa serpihan gram2x besi yang ngerusak komponen maticnya :mky_03:

sekali lagi no flushing karena pompanya kadang terlalu kuat jd ngerusak komponen di dalem :big_bored:

lagian kalo ganti filter matic di ganti sama aja kayak di flushing karena banyak olinya lsg kebuang dan keganti yang baru :mky_03:
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

b0ku wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 0:48ud 2024 jgn mau ketipu oli 10.000km :big_biglaugh:

... 5000 ganti oli mesin sama tap oli matic ... kalo ada filter matic mungkin 50.000-100.000 ganti filternya tergantung tuh seribet apa aksesnya :mky_01: ... kalo ... filter matic (ikut) di ganti sama aja kayak di flushing karena banyak olinya lsg kebuang dan keganti yang baru :mky_03:

matic makin sering di tap makin bersih makin maticnya awet karena matic kotor itu bawa serpihan gram2x besi yang ngerusak komponen maticnya :mky_03: sekali lagi no flushing karena pompanya kadang terlalu kuat jd ngerusak komponen di dalem :big_bored:
Takeaway:
  1. Ganti oli mesin + filter 5rb km sekali
  2. Tap (kuras-isi) oli matic semampunya biar gram-gram besi ikut keluar
  3. Di-flushing belum tentu lebih baik, bisa juga merusak
Pertanyaan: kira-kira untuk ganti oli CVT pertama kali, gapapa kah tanpa flushing? (asumsi Toyota pakai TMO CVT FE, terus dikuras-isi pakai Q8 CVT EVO) Soalnya pernah dengar dilarang keras campur-campur merk oli.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2460
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by darrelund »

mau hangus mah wajar aja mbah

itu artinya dikit lagi ud mau jadi GR86
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ctopher7 »

gimana gimana om, saya lebih bingung 2022 putus karna diselingkuhin, beli mobil cash trus tiba tiba udah nikah dan ada anak :big_peace:

back to topic, cuman mau comment tentang tmo beli di tokoijo, jangan tergiur harga murah karna tmo banyak banget palsunya. kalo beli di cakra motor / toda online saya masih percaya tapi itu harganya uda mepet beres juga biasanya
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1814
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

msd wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 0:13
MSU wrote: ↑Sun Jan 19, 2025 23:57apesnya tu TMO jualan oli 0W20 mnrt sy rada kemahalan ya...kl ga salah 195rb/liter...sy juga termasuk yg upgrade dari bawaan T-Care 10W30...jd tiap servis mesti nambah Rp. 390rb...akhirnya terpaksa dah...
Kalau GBSB (stiker merah) atau t-care (stiker biru muda) mau gak mau hitungannya begitu. Kalau ane sih maunya:
  • ane bawa oli 0W-20 dari rumah,
  • kasih TMO 5W-30 (GBSB)/10W-40 (t-care) 4 liter buat ane bawa pulang 😝 (baca: jual ke bengkel)
Tapi kebijakannya gak boleh begitu. BTW di A2K Sunter harganya kurang lebih sama, bedanya ane dapat diskon AstraWorld + diskon karyawan. Nanti selepas t-care kita bisa bawa oli sendiri ke bengkel resmi, biaya jasanya sama, gak kyk bengkel lain yang 'gratis ganti oli jika beli di kami'. TMO 0W-20 4 liter cuma 250rb di TokoHijau.
    • Pernah kejadian di Nawilis dalam Shell, beli oli di Select bawa ke Nawilis, katanya: "yah, coba Bapak beli oli di kami, gratis biaya ganti. Karena Bapak beli oli di Select, jadi kena biaya ganti (kalau gak salah 130k)."
    • Lah mana ane tau, kukira mereka berteman πŸ˜”
MSU wrote: ↑Sun Jan 19, 2025 23:57sampe sekarang blm pernah denger kasus putus kayak yg sering dibahas dokter2-an itu...malah pernah liat dia jg info di channelnya.. cvt avxen kt dia termasuk badak
Wah jadi makin tenang ane. Bisa-bisa batal rencana flushing CVT 40rb km sekali 😁
daripada tmo 0w20 250rb di tokoijo...mending pake brand lain tp ori om....harga segitu mencurigakan
btw kalo saya rencana ttp akan ganti oli cvt per 20rb...toh kalo baca2 juga cuma perlu 2liter
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by b0ku »

msd wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 0:57
b0ku wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 0:48ud 2024 jgn mau ketipu oli 10.000km :big_biglaugh:

... 5000 ganti oli mesin sama tap oli matic ... kalo ada filter matic mungkin 50.000-100.000 ganti filternya tergantung tuh seribet apa aksesnya :mky_01: ... kalo ... filter matic (ikut) di ganti sama aja kayak di flushing karena banyak olinya lsg kebuang dan keganti yang baru :mky_03:

matic makin sering di tap makin bersih makin maticnya awet karena matic kotor itu bawa serpihan gram2x besi yang ngerusak komponen maticnya :mky_03: sekali lagi no flushing karena pompanya kadang terlalu kuat jd ngerusak komponen di dalem :big_bored:
Takeaway:
  1. Ganti oli mesin + filter 5rb km sekali
  2. Tap (kuras-isi) oli matic semampunya biar gram-gram besi ikut keluar
  3. Di-flushing belum tentu lebih baik, bisa juga merusak
Pertanyaan: kira-kira untuk ganti oli CVT pertama kali, gapapa kah tanpa flushing? (asumsi Toyota pakai TMO CVT FE, terus dikuras-isi pakai Q8 CVT EVO) Soalnya pernah dengar dilarang keras campur-campur merk oli.
setau saya sih jutru CVT tap aja om jgn di flushing nanti kalo 50rb atau 80rb tau bisa 100rb filter maticnya ganti om pastiin aja aksesnya gampang kalo aksesnya gampang dan olinya murah mending 50rb buang aja itu filter, jgn kayak GE8 saya suruh bubar matic dulu baru bisa ganti filter itumah namanya sekalian aja overhaul matic :big_slap:

kalo saya sih honda si om pengalaman gara2x sok2xan ganti pake spirax akhirnya baru 70rb jebol padahal 5AT :big_bored:

sejak kejadian itu saya selalu atf honda sampe sekarang pada 100rb -125rb malah aman semua om saran saya si mendingan pake TGMO sejak itu juga emang saya semua mobil atfnya saya cariin yang bawaan pabrikan aja gak ngaruh juga soalnya yang penting interval aja lagian pake mahal2x kalo sering di tap juga jatohnya sama aja malah boncos iya ........... :mky_01:

kalo mau awet justru tambahin sekalian om ATF coller kayak XTRAIL saya ud pake tuh enak mulu jadinya karena olinya dingin :mky_03:

nambah dikit oli mesin saran saya 5w30 tapi gradenya yang mahal aja om kalo saya sekaran pake eneos x prime sekali ganti ge8 bisa 800rb :mky_03:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by azu »

Lokasi di Bandung ya om?

Paling saya komen untuk yg ganti oli CVT aja om, seingat saya tidak bisa diflush karena tidak ada jalur coolant ke eksternal yg cukup untuk flush juga. paling tap and fill aja om, atau kalau mau buka karter sekalian ganti strainernya, itu lumayan banyak oli yg keluar mungkin bisa 70%an dari total CVT Fluid.

Di Bandung sendiri ada beberapa spesialis matic sih om, cuma saya pribadi baru pernah ke satu Bengkel di daerah Baleendah untuk ganti strainer CVT Nav1 saya. Biaya jasanya 300ribuan seingat saya, itupun CVT Fluid saya bawa sendiri.

--

Untuk oli mesin, sesuaikan budget aja sih om. Kalau ada budget lebih bisa pakai merk premium dan long drain, tapi tetep harus rutin dicek juga kondisi olinya.

--

Untuk AC, karena ini mobil dari baru juga, saran saya sih:
1. Jaga kebersihan kabin, terutama bagian kolong2 sisi penumpang. Yg bikin Evap AC Awet ya kabin bersih dan filter kabin yg terawat.
2. Rutin cek Filter Kabin AC, kalau dirasa mulai kotor ganti aja. ini yg bikin pengaruh ke keawetan AC juga. Biasanya sih 1-2 tahun sekali ya ganti filter kabin ini.

Sejujurnya saya sendiri jarang ke bengkel AC kecuali sudah mulai ada masalah aja. Bisa sih flushing refigerant dan oli kompresor, kalau mau rutin juga kayanya setiap 2 tahun cukup ya. Kalau di Bandung sendiri saya pernah ke bengkel AC yg namanya gunung tertinggi di Indo dia agak nembak, tidak dicek dulu betul2. Kalau Herry ini saya lihat ramai terus, kemudian dia ada Tokped dan saya liat harga2 patsnya relatif normal/tidak overpriced. Tapi saya pribadi belum pernah kesana ya :big_peace:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ChZ »

CVTF, ganti per 20 ribu kilometer sekali / 2 tahun apalagi kalau sering macet-macetan jarak pendek. stop and go itu lebih beban ke transmisi daripada kalo kakinya berat.

oli mesin kalo bisa yang longdrain ... supaya ketika ganti nggak berisiko. oli short drain yang generik (opsi 2) itu biasa umur pakenya 3 ribu km saja sudah ga enak. longdrain kalo dipake 6 ribu aja masih enak.

skrg saya justru menganut mobil kalo sebelum/sesudah ganti oli rasa pakenya gak beda jauh, artinya oli yang dipake bagus. kalo abis ganti oli rasanya enak jauh, artinya oli lamanya memang jelek.

note untuk pemakaian jangka panjang : kondisi rubber bushings, rubber belts, gasket karet, di econobox FWD class <300 juta itu agak mengkhawatirkan, saran selepas pake 3 taun, tiap 1 thn sekali ya sekalian general check apa saja yang perlu diganti slow movingnya. ganti slow moving per 5 tahun itu lebih peace of mind daripada harus nunggu mogok dulu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

darrelund wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 1:27mau hangus mah wajar aja mbah itu artinya dikit lagi ud mau jadi GR86
:mky_01: :mky_01:

ctopher7 wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 1:47gimana gimana om, saya lebih bingung 2022 putus karna diselingkuhin, beli mobil cash trus tiba tiba udah nikah dan ada anak :big_peace:
Gak ada fitur spoiler ya, jadi OOT kyk gini gak bisa diumpetin 🀭 Apa karena akun ane masih seumur jagung?
    • September 2010 jadian sama mantan
    • Januari 2022 putus
    • Januari 2022 cari-cari mobil, sampai TD Cortez (note: ane orangnya gak enak masuk toko/showroom kalau gak mau beli, sampai TD artinya tinggal selangkah menuju SPK), dibujuk ayah ambil Avanza aja. Sales Wuling ane beliin pulsa 200rb sebagai uang pisah
    • Februari 2022 SPK Avanza
    • 13 Maret unit diantar ke TMMIN KIIC untuk diupgrade dengan part-part gagal QC
    • 18 Maret unit diantar ke rumah ortu, posisi ane sudah di Jakarta, langsung gas roadtrip (ceritanya healing) ke Banda Aceh via Bandar Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Medan
    • Dalam perjalanan menuju Jambi putar balik, medan berat, ganti haluan ke Denpasar
    • 23 Maret ketemu istri pertama kali di Surabaya (gak sengaja), ada mutual friend ngajak makan rame-rame berdelapan
    • Mei dapet nomor istri, mulai PDKT. Ternyata dia juga baru batal nikah karena tunangannya ketahuan nunggak pinjol. Bedanya istri udah lamaran, ane baru pacaran
    • Juni ane ke rumah camer, 2 hari setelahnya bawa calon istri ke rumah ortu di Jakarta
    • Juni lamaran, Juli nikah, baru 3 kali ketemu istri sebelum akad: (1) 23 Maret saat transit di Surabaya, (2) 5 hari roadtrip bareng di Mei, (3) lamaran
    • Nikah sederhana di rumah mertua dengan budget 27jt (diluar mahar & seserahan) karena uang terpakai beli mobil πŸ™ˆ
    • September 2023 lahir anak pertama
    • Desember 2024 lahir anak kedua

ctopher7 wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 1:47back to topic, cuman mau comment tentang tmo beli di tokoijo, jangan tergiur harga murah karna tmo banyak banget palsunya. kalo beli di cakra motor / toda online saya masih percaya tapi itu harganya uda mepet beres juga biasanya
Waduh ane cek ini harganya 11/12 sama A2K. Ane kirain A2K yang keterlaluan ngambil margin 200%, ternyata ane hampir kepeleset oli palsu.
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

MSU wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 2:02daripada tmo 0w20 250rb di tokoijo...mending pake brand lain tp ori om....harga segitu mencurigakan
btw kalo saya rencana ttp akan ganti oli cvt per 20rb...toh kalo baca2 juga cuma perlu 2liter
Waduh, 2 liter? Saya baru borong Q8 CVT EVO 7 liter, karena katanya butuh 6 liter 😭 [1] [2]
Image
BTW kalau harganya 200rb-an/liter gak palsu kan ya? πŸ˜… Seller Bandung, Panda Auto.

b0ku wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 2:03setau saya sih jutru CVT tap aja om jgn di flushing nanti kalo 50rb atau 80rb tau bisa 100rb filter maticnya ganti om pastiin aja aksesnya gampang kalo aksesnya gampang dan olinya murah mending 50rb buang aja itu filter, jgn kayak GE8 saya suruh bubar matic dulu baru bisa ganti filter itumah namanya sekalian aja overhaul matic :big_slap:

... saran saya si mendingan pake TGMO sejak itu juga emang saya semua mobil atfnya saya cariin yang bawaan pabrikan aja gak ngaruh juga soalnya yang penting interval aja ...
kalo mau awet justru tambahin sekalian om ATF coller kayak XTRAIL saya ud pake tuh enak mulu jadinya karena olinya dingin :mky_03:
azu wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 2:35Paling saya komen untuk yg ganti oli CVT aja om, seingat saya tidak bisa diflush karena tidak ada jalur coolant ke eksternal yg cukup untuk flush juga. paling tap and fill aja om, atau kalau mau buka karter sekalian ganti strainernya, itu lumayan banyak oli yg keluar mungkin bisa 70%an dari total CVT Fluid.
ChZ wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 3:05CVTF, ganti per 20 ribu kilometer sekali / 2 tahun apalagi kalau sering macet-macetan jarak pendek. stop and go itu lebih beban ke transmisi daripada kalo kakinya berat.
Di pikiran saya sementara ini kuras-isi (tap and fill) tiap 40rb km, masalah filter ATF nanti liat penawaran A2K.
  • Kalau harga kuras-isi CVTF vs. kuras-isi CVTF + ganti filter gak beda jauh, mungkin ane ganti tiap 40rb km
  • Kalau harganya beda jauh, mungkin ane baru ganti filter ATF tiap 80rb/120rb km
  • Kalau cuma habis 2 liter, kuras-isi CVTF 20rb km sekali gapapa deh
Pasang ATF cooler masih pikir-pikir dulu, jatohnya udah bukan modif kecil-kecilan menurut ane 😳

azu wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 2:35Lokasi di Bandung ya om?

Di Bandung sendiri ada beberapa spesialis matic sih om, cuma saya pribadi baru pernah ke satu Bengkel di daerah Baleendah untuk ganti strainer CVT Nav1 saya. Biaya jasanya 300ribuan seingat saya, itupun CVT Fluid saya bawa sendiri.
ChZ wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 3:05note untuk pemakaian jangka panjang : kondisi rubber bushings, rubber belts, gasket karet, di econobox FWD class <300 juta itu agak mengkhawatirkan, saran selepas pake 3 taun, tiap 1 thn sekali ya sekalian general check apa saja yang perlu diganti slow movingnya. ganti slow moving per 5 tahun itu lebih peace of mind daripada harus nunggu mogok dulu.
Baiknya ke bengkel resmi atau ke bengkel spesialis ya kalau beginian (kuras-isi CVTF & general check)? A2K kyk ogah-ogahan disuruh kuras-isi CVTF, padahal ane bayar biaya jasa. Manatau nanti diminta general check ogah-ogahan juga/gak teliti.

b0ku wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 2:03nambah dikit oli mesin saran saya 5w30 tapi gradenya yang mahal aja om kalo saya sekaran pake eneos x prime sekali ganti ge8 bisa 800rb :mky_03:
azu wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 2:35Kalau ada budget lebih bisa pakai merk premium dan long drain, tapi tetep harus rutin dicek juga kondisi olinya.
ChZ wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 3:05oli mesin kalo bisa yang longdrain ... supaya ketika ganti nggak berisiko. oli short drain yang generik (opsi 2) itu biasa umur pakenya 3 ribu km saja sudah ga enak. longdrain kalo dipake 6 ribu aja masih enak.
Siap. Sudah 3 orang sepakat mengarahkan ke oli long drain.

azu wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 2:35Untuk AC, karena ini mobil dari baru juga, saran saya sih:
1. Jaga kebersihan kabin, terutama bagian kolong2 sisi penumpang. Yg bikin Evap AC Awet ya kabin bersih dan filter kabin yg terawat.
2. Rutin cek Filter Kabin AC, kalau dirasa mulai kotor ganti aja. ini yg bikin pengaruh ke keawetan AC juga. Biasanya sih 1-2 tahun sekali ya ganti filter kabin ini.

Sejujurnya saya sendiri jarang ke bengkel AC kecuali sudah mulai ada masalah aja. Bisa sih flushing refigerant dan oli kompresor, kalau mau rutin juga kayanya setiap 2 tahun cukup ya. ... Kalau Herry ini saya lihat ramai terus, kemudian dia ada Tokped dan saya liat harga2 patsnya relatif normal/tidak overpriced. Tapi saya pribadi belum pernah kesana ya :big_peace:
Kalau filter AC ane agak sering ganti, setahun rata-rata 2 kali.

Yang perlu di-maintenance justru flushing refrigerant & oli kompresor ya, bukan cuci evaporator & kondensor? Kalau AC rumah kan yang rutin mah cuci evaporator & kondensor, jangan sampai karat terus bocor.
Last edited by msd on Mon Jan 20, 2025 4:04, edited 1 time in total.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2460
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by darrelund »

ChZ wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 3:05 note untuk pemakaian jangka panjang : kondisi rubber bushings, rubber belts, gasket karet, di econobox FWD class <300 juta itu agak mengkhawatirkan,
+jangan lupa minta kencengin baut sasis & kaki" pas servis reguler

free & ga bikin glodakan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ChZ »

darrelund wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 4:02
+jangan lupa minta kencengin baut sasis & kaki" pas servis reguler

free & ga bikin glodakan
nah ini ni biasa nggak dilakukan. palagi biasa ngencengin asal kenceng nggak pake kunci momen.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by kenop »

ChZ wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 4:44
darrelund wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 4:02
+jangan lupa minta kencengin baut sasis & kaki" pas servis reguler

free & ga bikin glodakan
nah ini ni biasa nggak dilakukan. palagi biasa ngencengin asal kenceng nggak pake kunci momen.
Ini hrs ngomong sampe di tulis di spk nya, kalo kaga ya liwat aja, pdhl di buku servis ada poin2 cek dan kencengin baut2

Kl soal torsi pas kencenginnya bener apa ngga ya semoga aja bener, pake kunci torsi sih tp setting nya bener apa ngga kan ga tau :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12358
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

kenop wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 5:37
ChZ wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 4:44
darrelund wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 4:02
+jangan lupa minta kencengin baut sasis & kaki" pas servis reguler

free & ga bikin glodakan
nah ini ni biasa nggak dilakukan. palagi biasa ngencengin asal kenceng nggak pake kunci momen.
Ini hrs ngomong sampe di tulis di spk nya, kalo kaga ya liwat aja, pdhl di buku servis ada poin2 cek dan kencengin baut2

Kl soal torsi pas kencenginnya bener apa ngga ya semoga aja bener, pake kunci torsi sih tp setting nya bener apa ngga kan ga tau :big_biglaugh:
Di beres s*nmotor mitsubisa, gak pk kunci torsi, pk feeling

Jadi silahkan beli dan bw kunci momen sendiri :upss: :big_biglaugh:

Klo honda lengkap.
Malah klo servis di beres honda jatiasih, dapat kyk gini
Selain snack dsb :big_exellent:
IMG_20241222_073146.jpg
IMG_20241222_072940.jpg
Maap oot :upss:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Suryaputra on Mon Jan 20, 2025 5:55, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12358
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

msd wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 0:57
b0ku wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 0:48ud 2024 jgn mau ketipu oli 10.000km :big_biglaugh:

... 5000 ganti oli mesin sama tap oli matic ... kalo ada filter matic mungkin 50.000-100.000 ganti filternya tergantung tuh seribet apa aksesnya :mky_01: ... kalo ... filter matic (ikut) di ganti sama aja kayak di flushing karena banyak olinya lsg kebuang dan keganti yang baru :mky_03:

matic makin sering di tap makin bersih makin maticnya awet karena matic kotor itu bawa serpihan gram2x besi yang ngerusak komponen maticnya :mky_03: sekali lagi no flushing karena pompanya kadang terlalu kuat jd ngerusak komponen di dalem :big_bored:
Takeaway:
  1. Ganti oli mesin + filter 5rb km sekali
  2. Tap (kuras-isi) oli matic semampunya biar gram-gram besi ikut keluar
  3. Di-flushing belum tentu lebih baik, bisa juga merusak
Pertanyaan: kira-kira untuk ganti oli CVT pertama kali, gapapa kah tanpa flushing? (asumsi Toyota pakai TMO CVT FE, terus dikuras-isi pakai Q8 CVT EVO) Soalnya pernah dengar dilarang keras campur-campur merk oli.
Specnya sama
Q8 cvt evo comply ke FE

Klo mau lbh yakin, drain and refill 2x juga bisa

Tp again disclaimer yaa :big_peace:

Cvt toyota avxen awet? Gak perlu ganti cairan
Lah baru jg beredar dr 2022
klo SA nya dpn saya ngomong gtu, udh sy omelin :big_biglaugh:

Klo honda
Apalagi HRV, udh dr 2015 itu HRV
Jazz Gd3 CVT ud dr thn 2003

Lihat di YT, alphard yg mrotol cvt beltnya jg ada
Udh kyk lego pecahhh

Yg namanya CVT itu bukan robust transmission, buat engine brake aja lemah dan klo dipush buat engine brake di turunan, puanasnya naik lgs.. Tp ya gakda pilihan, drpd nyawa :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11796
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by marmut »

msd wrote: ↑Sun Jan 19, 2025 20:13


transmisi cvt kalo mau awet jangan lebih dari 20rb KM pemakaian olinya, tergantung dari gaya nyetir. makin agresif injek pedal gas, makin cepet usia cvtf.

dan terpenting volume cvtf musti pas tidak boleh lebih, tidak boleh kurang.

btw kalo nggak salah inget transmisi afansa ini sama dengan raize/rocky ya? apa beda? dari pabriknya cvtf underfill rataΒ² 1 literan.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by zonepublic »

msd wrote: ↑Sun Jan 19, 2025 20:13 Terkadang tercium bau hangus yang ane duga berasal dari CVT. Ane khawatir umur CVT jadi pendek, dan berharap oli mahal = berkualitas = mencegah kerusakan dini.[/list][*] Rencananya setelah habis jatah GBSB, mau stop ganti oli tiap 5rb km sekali, tapi olinya diupgrade ke yang tahan 10rb km, misalnya PTT Performa Synthetic 0W-20. BTW, sebenarnya lebih baik mana:
  • pakai oli bagus kyk PTT Performa Synthetic, Motul H-Tech 100+, Total Quartz 9000, diganti setiap 10rb km, atau
  • pakai oli yang biasa-biasa aja kyk TMO, Shell City Car, Fastron EcoGreen, tapi diganti setiap 5rb km?
[*] Cek AC di Herry Auto Cool, sepertinya bengkelnya cukup direkomendasikan member SM
ryzen1950x wrote: ↑Sat Dec 23, 2023 14:35Boleh diliat, Herry Auto Cool. Temen saya service ac mobilnya di sana hasil nya cukup memuaskan.
R32GTR wrote: ↑Wed Jan 31, 2024 16:57Emang bagus, liat aja reviewnya di google bintang 5, jarang2 itu.
[/list]Selain 4 item diatas, apa ada lagi hal-hal yang perlu diperhatikan/dicek/diservis rutin, asumsi ane tetap servis 10rb km sekali di bengkel resmi sesuai pedoman servis?

Sebelumnya ane ucapkan terima kasih atas perhatian dan kesediaan agan-agan sekalian untuk sharing dengan newbie πŸ™
Pasang cvt cooler
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 558
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by the-mantal »

klo mo ikut aliran ane ga usah pusing om :
1. ganti oli / oli transmisi / shokbreker di shop n drive atau astra otoservice. harga jauh lebih murah dari bengkel resmi, free jasa lagi. cvt saran ane ttp di 20k (tap n fill cm 2 literan), utk oli mesin terserah deh mau 5k mau 10k... itu mesin udah terbukti awet koq mau ganti tiap 10k jg kayanya ok ok aja.
2. klo perlu ganti yang berat2 kyk bushing2/ fanbelt/ fuel pump/ etc pilihan lsg ke bengkel resmi aja - harga di bengkel resmi itu ngga mahal hitungannya kalau utk urusan begini, dijamin ori lagi spare part nya
3. servis ac - ini ngga tahu deh, karena ane pny mobil ga pernah servis ac hahaha walau kemarin udah 13 tahun pun ac avanza ane adem2 aja. cm rada berisik aja kompresornya.

utk ban di all new avanza, di grup fb udah banyak yg share - ada yg upgrade sampai 205/70/r15 n masih aman sentosa ga gasruk ga mentok pas belok. klo cm 205/65/r15 sih masih masuk banget.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by b0ku »

msd wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 4:01
Di pikiran saya sementara ini kuras-isi (tap and fill) tiap 40rb km, masalah filter ATF nanti liat penawaran A2K.
  • Kalau harga kuras-isi CVTF vs. kuras-isi CVTF + ganti filter gak beda jauh, mungkin ane ganti tiap 40rb km
  • Kalau harganya beda jauh, mungkin ane baru ganti filter ATF tiap 80rb/120rb km
  • Kalau cuma habis 2 liter, kuras-isi CVTF 20rb km sekali gapapa deh
Pasang ATF cooler masih pikir-pikir dulu, jatohnya udah bukan modif kecil-kecilan menurut ane 😳


Siap. Sudah 3 orang sepakat mengarahkan ke oli long drain.
kalo matic tap aja om jgn 40rb mentok 20rb lah kalo mau awet kalo saya emang extreme ganti oli mesin tap oli matic ya cuma nambah 200rb doank juga dan mobil saya emang ganti oli 1thn sekali karena gak dapet 5000km :mky_03:

mau olinya long drain pun mendekati 5000 juga biasa ud gak enak om :mky_03:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ctopher7 »

panda auto recommended kok. kalo yang bukan official store biasa saya beli q8 di aspexsia jg recommended

gapapa beli banyakan buat nyetok bisa dikeep untuk 5 tahun juga, lagian sebulan 3500km cepet itu. untuk intervalnya ikutin suhu suhu sini aja kalo mobilnya mau awet dan di keep lama.

toyota kalo pake common sense dan preventative maintenence untuk ngerawatnya, bakal jadi mobil super boring yang ga bakal jebol jebol. makanya saya sempet vakum 2 tahun buka ni forum gara gara pake fortuner isi bio solar gaperna ada masalah dan kelewat irit pengeluarannya. baru 3 bulan ini mulai aktif lagi karena bandel ngambil sedan ngeropah seken uda 5x bulak balik bengkel, nih minggu depan masih harus balik untuk kuras radiator karna masi nyisa oli di jalur coolingnya

kalo buat saya lebih menarik backstorynya nih, sama saya juga baru nikah 2 tahunan tapi belom pengen punya anak wkwk. asik banget tuh om kalo pihak wanitanya mau diajak nikah sederhana tanpa undang banyak banyak orang, nikahan jaman skarang saya makin geleng geleng karna ngabisin duit bisa m man habis dalam 1-2 hari. seumur hidup sekali sih, tapi gaada faedahnya juga, yang enak tamunya malah wkwkwk