Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
EdgarDrake wrote: ↑Tue Jan 21, 2025 7:58
Gw regular user i-stop (malah ngeluh kl i-stop ga berfungsi as usual), dan so far gw jg enjoy sih. Banyak yg bilang starter umur pendek lah, aki kena, etc.. Tp so far alhamdulillah ga kenapa2 sih dg aki bawaan. Malah kl mesinnya nyala cepet drpd yg gw harapkan mati lama, malah gw kesel... seolah i-stop ga properly saving... Tiap org punya preferensi, dan gw malah prefer teknologi ini semakin canggih, semakin mulus ke depannya. Ga perlu lah AC mati ato apapun itu, kl sistem electrical otomotif di masa depan semakin efisien.
Aki utk modern start-stop engine memang mahal sayangnya... memang krn demand electrical sih..
Yes nyala or matiin itu preferensi, tp kalau dianggep ga guna/bikin aki lemah. Ane cukup penasaran aja beneran sehari2 pakai atau tidak mobil dengan fitur ini lalu komparasi agak lama. Karena balik lg, insignificant perpanjang aki cmn 1-2 bulan aja kok dengan full matiin 2 tahun.
Biasa 2 tahun - 2 tahun 3 bulan, pas ane matiin 2 tahun itu pas bisa 2 tahun 5 bulan.
Sorry nimbrung ya om TS n pengguna di mari, ane cuman ex pengguna mazda 2 sky n currently cx3.
EdgarDrake wrote: ↑Tue Jan 21, 2025 7:58
Gw regular user i-stop (malah ngeluh kl i-stop ga berfungsi as usual), dan so far gw jg enjoy sih. Banyak yg bilang starter umur pendek lah, aki kena, etc.. Tp so far alhamdulillah ga kenapa2 sih dg aki bawaan. Malah kl mesinnya nyala cepet drpd yg gw harapkan mati lama, malah gw kesel... seolah i-stop ga properly saving... Tiap org punya preferensi, dan gw malah prefer teknologi ini semakin canggih, semakin mulus ke depannya. Ga perlu lah AC mati ato apapun itu, kl sistem electrical otomotif di masa depan semakin efisien.
Aki utk modern start-stop engine memang mahal sayangnya... memang krn demand electrical sih..
Yes nyala or matiin itu preferensi, tp kalau dianggep ga guna/bikin aki lemah. Ane cukup penasaran aja beneran sehari2 pakai atau tidak mobil dengan fitur ini lalu komparasi agak lama. Karena balik lg, insignificant perpanjang aki cmn 1-2 bulan aja kok dengan full matiin 2 tahun.
Biasa 2 tahun - 2 tahun 3 bulan, pas ane matiin 2 tahun itu pas bisa 2 tahun 5 bulan.
Sorry nimbrung ya om TS n pengguna di mari, ane cuman ex pengguna mazda 2 sky n currently cx3.
Om josomba sepertinya pengguna lama mazda ya.
Biasa service and maintenance dimana om? Masih rawatan beres atau udah di spesialis?
Sama kalo beli sparepart mazda ada toko/bengkel langganan om?
Lagi nyari bengkel luaran juga yang biasa megang mazda nih.
untuk blower di unit saya aman si om, 2 udah kenceng. coba cek filter udara mungkin clogged atau bagaimana
kalau untuk ngelitik, saya pernah ngalamin. suspek awal karena oli. waktu itu pake helix city 0w20 saya ganti ke ptt super 0w20. ngelitiknya berkurang, tapi masih ada. terus saya full tune up, carb clean, ganti busi, catalytic ilang om
kalo saya bengkel waktu carbon clean di dinamika apa gitu namanya lupa di daerah tambun, tapi sekarang saya di bengkel.ku di daerah bintaro
Apa ada hubungannya LSPI ya ngelitiknya mengingat mesin yang GDI.
Ok om saya coba full tune up dulu deh ini.
Makasih sarannya
Coba cek di trit mazda cx3
Masalah kelistrikan (aki lemah dan gak stabil) bs bikin ngelitik jg.
Pas rajin ngecharge aki, pk charger, hilang ngelitik nya, ujungnya ganti aki
Fitur auto start stop engine, juga matiin aja
Gak guna, bikin aki lemah, irit gak seberapa, ganti aki lbh mahal
Aki terakhir cek masih aman dan memang untuk istop ga pernah pake juga selalu dimatiin.
Jadi sepertinya bukan dari kelistrikan dan kebiasaan diempanin beres, suspectnya tune up di beres ga beneran ditune up
Apa ada hubungannya LSPI ya ngelitiknya mengingat mesin yang GDI.
Ok om saya coba full tune up dulu deh ini.
Makasih sarannya
Coba cek di trit mazda cx3
Masalah kelistrikan (aki lemah dan gak stabil) bs bikin ngelitik jg.
--
Aki terakhir cek masih aman dan memang untuk istop ga pernah pake juga selalu dimatiin.
Jadi sepertinya bukan dari kelistrikan dan kebiasaan diempanin beres, suspectnya tune up di beres ga beneran ditune up
Btw tuneupnya di beres mazda itu, bisa setel klep juga mbah?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kingpower wrote: ↑Wed Jan 22, 2025 10:30
Om josomba sepertinya pengguna lama mazda ya.
Biasa service and maintenance dimana om? Masih rawatan beres atau udah di spesialis?
Sama kalo beli sparepart mazda ada toko/bengkel langganan om?
Lagi nyari bengkel luaran juga yang biasa megang mazda nih.
Baru 8 tahun, belum lama2 banget om.
Biasa di mbah marmut d area Tangsel. Sparepart beli online -- kalau ga ada baru ke BeRes, tp pasang d mbah marmut.
Cmn mobil sekarang masih garansi, jd lg balik ke BeRes dulu, paling ke si mbah marmut kalau ganti ATF atau iseng ganti klakson sih terakhir.
Suryaputra wrote: ↑Mon Jan 20, 2025 6:21
Coba cek di trit mazda cx3
Masalah kelistrikan (aki lemah dan gak stabil) bs bikin ngelitik jg.
--
Aki terakhir cek masih aman dan memang untuk istop ga pernah pake juga selalu dimatiin.
Jadi sepertinya bukan dari kelistrikan dan kebiasaan diempanin beres, suspectnya tune up di beres ga beneran ditune up
Btw tuneupnya di beres mazda itu, bisa setel klep juga mbah?
Kurang paham karena ini juga mobil second ambil dari sodara. Biasa dia dirawat ala beres.
kingpower wrote: ↑Wed Jan 22, 2025 10:30
Om josomba sepertinya pengguna lama mazda ya.
Biasa service and maintenance dimana om? Masih rawatan beres atau udah di spesialis?
Sama kalo beli sparepart mazda ada toko/bengkel langganan om?
Lagi nyari bengkel luaran juga yang biasa megang mazda nih.
Baru 8 tahun, belum lama2 banget om.
Biasa di mbah marmut d area Tangsel. Sparepart beli online -- kalau ga ada baru ke BeRes, tp pasang d mbah marmut.
Cmn mobil sekarang masih garansi, jd lg balik ke BeRes dulu, paling ke si mbah marmut kalau ganti ATF atau iseng ganti klakson sih terakhir.
Boleh dishare bengkel mbah marmut dimana om? Kayaknya banyak warga SM rawat di mbah marmut ya.
Sparepart ambil online di tokped om? Ke seller mana biasanya?
Boleh dishare bengkel mbah marmut dimana om? Kayaknya banyak warga SM rawat di mbah marmut ya.
Sparepart ambil online di tokped om? Ke seller mana biasanya?
Bengkel n kontak dah ane DM ya td om.
Sparepart:
Kalau cari aftermarket khususnya kaki2 bisa futz atau stamx
Cari ori bisa ke toko BeRes sendiri d tokped gitu atau biasa ane ke Indonesia Jaya/GT Motor.
kingpower wrote: ↑Sun Jan 19, 2025 10:08
Ijin om mumpung lg bahas maintenance,
Kalo blower ac cx5 apakah memang kecil ya? Kalo saya set di 1 ataupun 2 kayaknya anginnya ga sekenceng di mobil saya yang lain. Jadi harus di set minimal 3 baru berasa.
panjiamal22 wrote: ↑Sun Feb 02, 2025 10:01
Halo Om..
Ada yang punya problem sama upgrade head unit android di mazda cx5 2016 (mzd connect) ada suara desis saat idle
Yakin suaranya dari Mazda Connect? Apa mungkin suara desisnya dr firewall di belakang dashboard? Suaranya kira2 electric whine (kadang bs dengerin kyk aki pas mesin baru nyala lgsg dimatiin ada suara electrical whine) ato suara desis mekanikal?
Ada yang punya problem sama upgrade head unit android di mazda cx5 2016 (mzd connect) ada suara desis saat idle
Yakin suaranya dari Mazda Connect? Apa mungkin suara desisnya dr firewall di belakang dashboard? Suaranya kira2 electric whine (kadang bs dengerin kyk aki pas mesin baru nyala lgsg dimatiin ada suara electrical whine) ato suara desis mekanikal?
[/quote]
Iya om ini abis ganti HU android.. hissing alias desis..
panjiamal22 wrote: ↑Mon Feb 03, 2025 4:42
Iya om ini abis ganti HU android.. hissing alias desis..
Oh I see.. ganti existing MZD connect ke 3rd party head unit ya. Kyknya ada bbrp diagnosis:
kl stay dg head unit ini, tp kabel audio dilepas, kedengeran whine ga?
kl balik ke original MZD connect, sembuh ga?
kl bengkel ada contoh head unit lain, sembuh ga?
Kl lepas kabel audio output ternyata sembuh, jgn2 audio out nya yg bermasalah.
Kl revert ke MZD connect sembuh, dan hanya sakit di head unit 3rd party ini, takutnya power draw-nya head unit Android-nya ga cocok, ato emang ada sejenis electrical whine dr unit tsb (sejenis dg coil whine yg suka dibahas forum2 reddit build a PC). Krn coil whine ini electric, kadang merek lain yg lebih bagus malah lebih aman dr desis tsb. Just in case, apakah unit dr merk ternama misalnya Sony gitu malah sehat ato ga..
Ini sotoy ya, apakah fusebox (sekring/relay) ada yg perlu diganti spy ga whining gitu, apakah bs, gw gtw sih.
josomba wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 2:57
kalau mau bandingin amaron vs amaron. Kalau aki ori si GS/Panasonic emang bisa 3-3.5 tahun. Ane dulu bandingin-nya sama2 Amaron Hi Life.
Tp ane malah penasaran, cuman setahun doang amaron-nya?
iya cuma setaon lebih dikiitttt, awalnya siy gpp, cuma stelah mulai pake i stop lagi nah udah deh. padahal di box nya tulisan ISS compatible, lupa hi-life / EFB
akirnya balik ke Q85 lagi deh
mungkin faktor oe ud modip audio kali yah
tapi klo 2 tahun dgn i stop sih make sense aja mbah
jadi inget ada toyota apa tuh yg aki ISS nya 5-10jt ++ gitu
Suhu suhu mau tanya dong.. Saya rencana mau ambil mobkas Mazda CX5 untuk gantiin Mobilio 2014 saya yang udah 1 dekade lebih.. Tapi masih bingung antara:
1. CX5 2.5 GT 2014 (pas dengan budget)
2. CX5 2.0 Sport 2015
3. CX5 2.5 GT 2015 (over budget hahaha)
Kira-kira yang worth utk pemakaian sehari2 ga ngebut2 karena bawa balita dan kurang lebih mobilisasi 10-20km per hari. Lalu, klo ambil mobkas CX5 itu kira2 ada recommended orang bengkel yg bisa nemenin buat inspeksi ga?
Boleh dishare bengkel mbah marmut dimana om? Kayaknya banyak warga SM rawat di mbah marmut ya.
Sparepart ambil online di tokped om? Ke seller mana biasanya?
Bengkel n kontak dah ane DM ya td om.
Sparepart:
Kalau cari aftermarket khususnya kaki2 bisa futz atau stamx
Cari ori bisa ke toko BeRes sendiri d tokped gitu atau biasa ane ke Indonesia Jaya/GT Motor.
Boleh juga dong om dishare bangkel dan kontak mbah marmut, secara saya newbie megang cx5 2019 dan mau buat persiapan mudik...
trims ya om sebelumnya
Doninho21 wrote: ↑Sat Mar 08, 2025 6:27
Boleh juga dong om dishare bangkel dan kontak mbah marmut, secara saya newbie megang cx5 2019 dan mau buat persiapan mudik...
trims ya om sebelumnya
Saya belum bisa PM si om, keknya postingannya belum sentuh 10 biji. Coba posting2 dulu om.
josomba wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 2:57
kalau mau bandingin amaron vs amaron. Kalau aki ori si GS/Panasonic emang bisa 3-3.5 tahun. Ane dulu bandingin-nya sama2 Amaron Hi Life.
Tp ane malah penasaran, cuman setahun doang amaron-nya?
iya cuma setaon lebih dikiitttt, awalnya siy gpp, cuma stelah mulai pake i stop lagi nah udah deh. padahal di box nya tulisan ISS compatible, lupa hi-life / EFB
akirnya balik ke Q85 lagi deh
mungkin faktor oe ud modip audio kali yah
tapi klo 2 tahun dgn i stop sih make sense aja mbah
jadi inget ada toyota apa tuh yg aki ISS nya 5-10jt ++ gitu
Doninho21 wrote: ↑Sat Mar 08, 2025 6:27
Boleh juga dong om dishare bangkel dan kontak mbah marmut, secara saya newbie megang cx5 2019 dan mau buat persiapan mudik...
trims ya om sebelumnya
Saya belum bisa PM si om, keknya postingannya belum sentuh 10 biji. Coba posting2 dulu om.
Oh gitu ya om rulesnya di SM… maklum saya br join sehari, biasanya cuma buka dan ikut nyimak baca2 postingan org2 aja hehe
Misi om-om semua saya mau nanya
saya baca2 di grup facebook dan forum luar CX-5 ada flaws di oil coolernya bocor tiba2 yang bisa buat oli matic nyampur ke air radiator. Dan saya baca dan disaranin di bengkel langganan saya sebaiknya diganti di 120k km. Gerobak saya saat ini sudah di 131k. Saya cek2 di tokopedia untuk harga sparepartnya agak lumayan, 3 juta diluar jasa.
1. Apakah om-om ada yang pernah pake oem, jika iya apakah disarankan?
2. Kalau saya mau ganti ke merk aftermarket atau mobil lain apakah disarankan dan memungkinkan?
3. Jika iya, apakah ada merek yang direkomen?