Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Tue Jan 21, 2025 2:09 kalo ganti cakram dan rem assy nya satu set ke yang aftermarket kira-kira ngaruh ga om b0ku?
mungkin chery ngambil cuannya di sistem pengereman, kalo ahond khan ngambil cuannya di.. ah sudahlah :big_biglaugh:
ini ngomongan sotoy saya aja sih saya curiga masalahnya di master sama boosternya agak janggal saya bilang masternya kecil tapi bossternya gede banget :big_biglaugh:

pas saya liat janggal sih pas bawa bener aja kagak enak :big_slap:

mungkin kalo mesinnya n/a bakalan enak2x aja ini mesin turbo torsinya keluarnya mendadak gede kalo ud spolling :mky_03:

satu lagi yang saya peratiin partsnya kayak di downgrade satu kelas kayak omoda z di bikin kayak lcgc partsnya padahal maen di b segment, tiggo kayak b segment cars partsnya padahal c segment, ya balik lagi ini kalo dari felling sotoy saya ya :big_think:

gak juga om honda kalo di ge8 disc orinya suka overheat hajar lari 140-160 2-3x lsg remnya gak gigit :big_biglaugh:

kalo ganti cakram kampas yang bagusan ngaruh om cuma paling berasa pas ganti selang saya si gak yakin ada tuh barang cakram sama kampas upgradenya kalo selang rem pasti dapet karena hell bisa jual meteran tinggal cocokin aja panjangnya :mky_03:

menurut saya si cherry ada potensi kalo di upgrade secara keliatannya chasisnya ok cuma barangnya belom tentu ada :big_biglaugh:

kalo buat saya yang dealbreaker si epsnya bikin mobil kagak natural itu susah di ganti deh :big_bored:
masbensin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Sun Sep 04, 2016 2:24

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by masbensin »

Gtx1070 wrote: Tue Jan 21, 2025 2:05
masbensin wrote: Mon Jan 20, 2025 3:42 Waah.. rame ini, ikutan nimbrung yaa. Saya baru pakai Tiggo 8 Premium beli hampir 2 bulan yang lalu rencana sebagai pengganti mobil kantor Suzuki XL7. Ga nyangka juga sih beli ini mobil karena sebelumnya ga percaya sama mobil cungko apalagi tamiya gede... Ehh. Tapi akhirnya coba test drive minta mobilnya ke rumah dan TD bareng istri. Oh ya background saya waktu beli Tiggo ini belum lama jual Grand Santa Fe karena sdh 5 tahun, dan mobil yg dipakai harian BMW 520i 2023 dan Volvo XC90 2022. Pernah pakai Reborn 2021 Diesel dan Zenyx V juga dan 2 2 nya dijual ga sampe.1.tahun pakai karena ga ada yg cocok sama kebutuhan saya, korban baca thread di Soc Med yg banyak meng agung2 kan dua mobil ini, tapi ini subjektif saya yaa.dan pasti akan berbeda dengan mayoritas netijen.

Pas TD lumayan surprise dengan impresi Tiggo 8 dan singkat kata akhirnya beli. Agak menarik waktu delivery, SOP mereka adalah foto dengan cust dengan membawa pita besar ditaro di kap mesin ala ala influencer beli mobil. Selain itu dibawain se bucket bunga mawar asli dan cake dari Holland Bakery, woow.. niat bener yaa cherry ini. Pakai mobil seminggu kurleb KM jadi 500 lebih karena semua mobil diistirahatkan biar ini mobil aja yg jalan dibawa ke bengkel utk service 1000 km pertama karena besoknya mau dibawa jalan JKT - Kudus - Jogja - Jakarta.
Long story short Tiggo 8 ini beyond my expectation buat mobil harga 380 jt dan cungko product. Bantingan suspensi buat saya enak sih ga ngayun ada kemiripan dgn Santa Fe. ADAS nya cukup sensitif dan tidak sesensitif Volvo tapi sayangnya sensor parkir hanya dibelakang walaupun kamera 360 derajat. Kaca Double.glass.dibagian depan bantu banget sih buat peredaman. Untuk pengereman memang ga sebagus santa fe tapi.ga.sampai taraf mengganggu hanya perlu pembiasaan aja. Ban memang dirasa keras karena standar tekanan udaranya di 38 Kpa, kalo dibawah ini maka TPMS nya akan nyala. Tangki bensin nya cuma 55 liter, jadi yg biasanya pakai Volvo atau BMW ke Jogja ga perlu isi BBM ini jadi perlu isi walaupun belum habis utk safety nya. Sama satu lagi yg agak kurang adalah pada saat rolling awal mobil dan transmisi sudah di 'D' mobil kayak ga mau rolling dan harus di injak gas agak dalam, mungkin karena trasmisi DCT kali ya jadi begini. Diluar dari itu mobil aman aman aja sih ga ada fitur yg ganggu juga. Sekarang KM hampir 4 rb dan akhir pekan akan dipakai ke Jogja lagi target setahun pakai sdh bisa 25 rb KM. Memang masih perlu pembuktian yg panjang buat Tiggo 8 ini di Indonesia terutama dari APM nya. Tapi melihat data penjualan perbulannya yg aangat bagus buat ukuran SUV menengah, yakin sih bisa bertahan lama, semoga ya. Naksir sama Tiggo 16 Pro Max tapi ngeri sama mesin 2000 cc turbo nya, 1600 cc lebih dari cukup.


Apresiasi buat si om yang digarasinya sudah terparkir XC90 2022 - 520i 2023 tapi masih objektif menilai alih-alih 'nyacati'.
Saya ngerasa baik baik aja sih sama Tiggo 8 ini, ga ada nyesel pakai ini mobil. Kalau saya bilang rem nya baik baik saja juga bukan berarti lagi menghibur diri :big_peace:masing2 mobil ada aja koq kekurangannya apalagi yg ada di garasi, ampun deh kalo mau cerita kekurangan. Tapi kekurangan l Tiggo 8 ini ga bikin saya bete atau nyesel malah jadi andalan buat luar kota supaya mileage 520 sama XC90 yg udah banyak ga nambah banyak lagi :big_grin: Lebih puas pakai ini mobil daripada pakai 2 mobil saya sebelumnya yg ga sampe setahun pakai udah dijual.
masbensin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Sun Sep 04, 2016 2:24

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by masbensin »

adityawei wrote: Tue Jan 21, 2025 2:08
masbensin wrote: Tue Jan 21, 2025 0:44 Alhamdulillah rem normal normal aja, butuh penyesuaian aja kalo biasa dari mobil korea atau jepang.
Mungkin karena saya cuma bawa bentar kali ya.. jd penyesuaiannya agak kurang.. ditunggu long term reviewnya nanti ya om.. penasaran jg sama mobil ini… :big_exellent: :big_exellent:
Siaaap Oom nanti di share ya.. pengennya kalo sdh 10rb KM lebih. Emang TD tuh kadang suka ga valid, saya pernah kejeblos beli mobil waktu TD enak enak aja begitu udah dibeli.. Ampuuuuuun :big_cry:
masbensin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Sun Sep 04, 2016 2:24

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by masbensin »

AbdulHakim wrote: Tue Jan 21, 2025 1:34
masbensin wrote: Tue Jan 21, 2025 0:44 Alhamdulillah rem normal normal aja, butuh penyesuaian aja kalo biasa dari mobil korea atau jepang.
wah, om nanti dianggap ga normal sama suhu-suhu di sini, karena patokan kebenaran adalah skill dan pengalaman para suhu-suhu tersebut. Deviasi dari standar mereka berarti barang jelek.
Wakakakakak.... Aman ajaaa... ga ada masalah, kan saya yg pakai :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12184
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by Suryaputra »

masbensin wrote: Tue Jan 21, 2025 12:14
Gtx1070 wrote: Tue Jan 21, 2025 2:05
masbensin wrote: Mon Jan 20, 2025 3:42 Waah.. rame ini, ikutan nimbrung yaa. Saya baru pakai Tiggo 8 Premium beli hampir 2 bulan yang lalu rencana sebagai pengganti mobil kantor Suzuki XL7. Ga nyangka juga sih beli ini mobil karena sebelumnya ga percaya sama mobil cungko apalagi tamiya gede... Ehh. Tapi akhirnya coba test drive minta mobilnya ke rumah dan TD bareng istri. Oh ya background saya waktu beli Tiggo ini belum lama jual Grand Santa Fe karena sdh 5 tahun, dan mobil yg dipakai harian BMW 520i 2023 dan Volvo XC90 2022. Pernah pakai Reborn 2021 Diesel dan Zenyx V juga dan 2 2 nya dijual ga sampe.1.tahun pakai karena ga ada yg cocok sama kebutuhan saya, korban baca thread di Soc Med yg banyak meng agung2 kan dua mobil ini, tapi ini subjektif saya yaa.dan pasti akan berbeda dengan mayoritas netijen.

Pas TD lumayan surprise dengan impresi Tiggo 8 dan singkat kata akhirnya beli. Agak menarik waktu delivery, SOP mereka adalah foto dengan cust dengan membawa pita besar ditaro di kap mesin ala ala influencer beli mobil. Selain itu dibawain se bucket bunga mawar asli dan cake dari Holland Bakery, woow.. niat bener yaa cherry ini. Pakai mobil seminggu kurleb KM jadi 500 lebih karena semua mobil diistirahatkan biar ini mobil aja yg jalan dibawa ke bengkel utk service 1000 km pertama karena besoknya mau dibawa jalan JKT - Kudus - Jogja - Jakarta.
Long story short Tiggo 8 ini beyond my expectation buat mobil harga 380 jt dan cungko product. Bantingan suspensi buat saya enak sih ga ngayun ada kemiripan dgn Santa Fe. ADAS nya cukup sensitif dan tidak sesensitif Volvo tapi sayangnya sensor parkir hanya dibelakang walaupun kamera 360 derajat. Kaca Double.glass.dibagian depan bantu banget sih buat peredaman. Untuk pengereman memang ga sebagus santa fe tapi.ga.sampai taraf mengganggu hanya perlu pembiasaan aja. Ban memang dirasa keras karena standar tekanan udaranya di 38 Kpa, kalo dibawah ini maka TPMS nya akan nyala. Tangki bensin nya cuma 55 liter, jadi yg biasanya pakai Volvo atau BMW ke Jogja ga perlu isi BBM ini jadi perlu isi walaupun belum habis utk safety nya. Sama satu lagi yg agak kurang adalah pada saat rolling awal mobil dan transmisi sudah di 'D' mobil kayak ga mau rolling dan harus di injak gas agak dalam, mungkin karena trasmisi DCT kali ya jadi begini. Diluar dari itu mobil aman aman aja sih ga ada fitur yg ganggu juga. Sekarang KM hampir 4 rb dan akhir pekan akan dipakai ke Jogja lagi target setahun pakai sdh bisa 25 rb KM. Memang masih perlu pembuktian yg panjang buat Tiggo 8 ini di Indonesia terutama dari APM nya. Tapi melihat data penjualan perbulannya yg aangat bagus buat ukuran SUV menengah, yakin sih bisa bertahan lama, semoga ya. Naksir sama Tiggo 16 Pro Max tapi ngeri sama mesin 2000 cc turbo nya, 1600 cc lebih dari cukup.


Apresiasi buat si om yang digarasinya sudah terparkir XC90 2022 - 520i 2023 tapi masih objektif menilai alih-alih 'nyacati'.
Saya ngerasa baik baik aja sih sama Tiggo 8 ini, ga ada nyesel pakai ini mobil. Kalau saya bilang rem nya baik baik saja juga bukan berarti lagi menghibur diri :big_peace:masing2 mobil ada aja koq kekurangannya apalagi yg ada di garasi, ampun deh kalo mau cerita kekurangan. Tapi kekurangan l Tiggo 8 ini ga bikin saya bete atau nyesel malah jadi andalan buat luar kota supaya mileage 520 sama XC90 yg udah banyak ga nambah banyak lagi :big_grin: Lebih puas pakai ini mobil daripada pakai 2 mobil saya sebelumnya yg ga sampe setahun pakai udah dijual.
Nice review mbah.
Klo konsisten selama 1 dekade, dan parts jg relatif mudah, bisa salah satu yg merajai otomotif indonesia nih.

Btw itu 38 psi ya?

Dgn body sebesar itu emg lbh pas sih 38 psi :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2403
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by darrelund »

b0ku wrote: Mon Jan 20, 2025 4:33
dari omongan dia sendiri aja ud banyak redflag dari tiggo sama omoda dia cuma bilang loh ini kaki2x proper buat mobil SEGEDE GINI..... tapi gak inget itu mobil tenaganya 250hp :mky_07:

dan typical mobil SEGDE GINI itu tenaga di bawah 200hp, gak heran dia ada komen naek tiggo FWD torque sterrnya parah indikasi sebenernya kakinya gak proper buat tenaganya, jadilah ntar handlingnya kalo ud di betot gila2xan kayak LCGC lagi :mky_07:

dan bener aja saya liat dia review omoda GT kaki belakang OMODA gt jauh lebih gede dari omoda Z yang saya bawa kemaren bukti cherrynya emang cost down disitu :big_slap:
omongan dia mah harus dicerna dulu, mesti dicocokin pas cek kaki" & tes driv nya dia

cuma seru sih nontonin dia, bongkar sana sini soalnya :big_biglaugh:

nahh cobain yg GT mbah, sama gak rasanya :big_biglaugh:

cuma klo lihat tiggo 8 yg di price bracket brv stargeser ama veloz, sih valuenya gacor juga mbah :big_biglaugh:
masbensin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Sun Sep 04, 2016 2:24

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by masbensin »

Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 12:24
masbensin wrote: Tue Jan 21, 2025 12:14
Gtx1070 wrote: Tue Jan 21, 2025 2:05



Apresiasi buat si om yang digarasinya sudah terparkir XC90 2022 - 520i 2023 tapi masih objektif menilai alih-alih 'nyacati'.
Saya ngerasa baik baik aja sih sama Tiggo 8 ini, ga ada nyesel pakai ini mobil. Kalau saya bilang rem nya baik baik saja juga bukan berarti lagi menghibur diri :big_peace:masing2 mobil ada aja koq kekurangannya apalagi yg ada di garasi, ampun deh kalo mau cerita kekurangan. Tapi kekurangan l Tiggo 8 ini ga bikin saya bete atau nyesel malah jadi andalan buat luar kota supaya mileage 520 sama XC90 yg udah banyak ga nambah banyak lagi :big_grin: Lebih puas pakai ini mobil daripada pakai 2 mobil saya sebelumnya yg ga sampe setahun pakai udah dijual.
Nice review mbah.
Klo konsisten selama 1 dekade, dan parts jg relatif mudah, bisa salah satu yg merajai otomotif indonesia nih.

Btw itu 38 psi ya?

Dgn body sebesar itu emg lbh pas sih 38 psi :mky_03:

Bener Oom psi, maaf salah :big_peace: oh ya itu TPMS nya Tiggo 8 keren sih, selain tekanan angin temperatur ban nya juga kebaca.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

darrelund wrote: Wed Jan 22, 2025 3:47 omongan dia mah harus dicerna dulu, mesti dicocokin pas cek kaki" & tes driv nya dia

cuma seru sih nontonin dia, bongkar sana sini soalnya :big_biglaugh:

nahh cobain yg GT mbah, sama gak rasanya :big_biglaugh:

cuma klo lihat tiggo 8 yg di price bracket brv stargeser ama veloz, sih valuenya gacor juga mbah :big_biglaugh:
lumayan om jd tau isinya :mky_03:

ud pasti beda om cuma power mesinnya kan naek jauh bisa2x ngerinya sama aja :big_biglaugh:

harusnya kaki GT tapi mesin RZ mungkin nikmat :mky_03:

lagian itu eps kan bisa ngeras sendiri tergantung speed dan kondisi jd kalo ada gejala setir gak enak bakalan keredam sama motor epsnya juga makanya saya gak suka sama epsnya sebenernya kita jd kurang komunikasi sama kontur jalan :big_bored:

apa semua mobil ber adas gini semua lagi jgn2x
SantoSUV
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Oct 03, 2018 6:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Mobilio

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by SantoSUV »

masbensin wrote: Tue Jan 21, 2025 12:14
Gtx1070 wrote: Tue Jan 21, 2025 2:05
masbensin wrote: Mon Jan 20, 2025 3:42 Waah.. rame ini, ikutan nimbrung yaa. Saya baru pakai Tiggo 8 Premium beli hampir 2 bulan yang lalu rencana sebagai pengganti mobil kantor Suzuki XL7. Ga nyangka juga sih beli ini mobil karena sebelumnya ga percaya sama mobil cungko apalagi tamiya gede... Ehh. Tapi akhirnya coba test drive minta mobilnya ke rumah dan TD bareng istri. Oh ya background saya waktu beli Tiggo ini belum lama jual Grand Santa Fe karena sdh 5 tahun, dan mobil yg dipakai harian BMW 520i 2023 dan Volvo XC90 2022. Pernah pakai Reborn 2021 Diesel dan Zenyx V juga dan 2 2 nya dijual ga sampe.1.tahun pakai karena ga ada yg cocok sama kebutuhan saya, korban baca thread di Soc Med yg banyak meng agung2 kan dua mobil ini, tapi ini subjektif saya yaa.dan pasti akan berbeda dengan mayoritas netijen.

Pas TD lumayan surprise dengan impresi Tiggo 8 dan singkat kata akhirnya beli. Agak menarik waktu delivery, SOP mereka adalah foto dengan cust dengan membawa pita besar ditaro di kap mesin ala ala influencer beli mobil. Selain itu dibawain se bucket bunga mawar asli dan cake dari Holland Bakery, woow.. niat bener yaa cherry ini. Pakai mobil seminggu kurleb KM jadi 500 lebih karena semua mobil diistirahatkan biar ini mobil aja yg jalan dibawa ke bengkel utk service 1000 km pertama karena besoknya mau dibawa jalan JKT - Kudus - Jogja - Jakarta.
Long story short Tiggo 8 ini beyond my expectation buat mobil harga 380 jt dan cungko product. Bantingan suspensi buat saya enak sih ga ngayun ada kemiripan dgn Santa Fe. ADAS nya cukup sensitif dan tidak sesensitif Volvo tapi sayangnya sensor parkir hanya dibelakang walaupun kamera 360 derajat. Kaca Double.glass.dibagian depan bantu banget sih buat peredaman. Untuk pengereman memang ga sebagus santa fe tapi.ga.sampai taraf mengganggu hanya perlu pembiasaan aja. Ban memang dirasa keras karena standar tekanan udaranya di 38 Kpa, kalo dibawah ini maka TPMS nya akan nyala. Tangki bensin nya cuma 55 liter, jadi yg biasanya pakai Volvo atau BMW ke Jogja ga perlu isi BBM ini jadi perlu isi walaupun belum habis utk safety nya. Sama satu lagi yg agak kurang adalah pada saat rolling awal mobil dan transmisi sudah di 'D' mobil kayak ga mau rolling dan harus di injak gas agak dalam, mungkin karena trasmisi DCT kali ya jadi begini. Diluar dari itu mobil aman aman aja sih ga ada fitur yg ganggu juga. Sekarang KM hampir 4 rb dan akhir pekan akan dipakai ke Jogja lagi target setahun pakai sdh bisa 25 rb KM. Memang masih perlu pembuktian yg panjang buat Tiggo 8 ini di Indonesia terutama dari APM nya. Tapi melihat data penjualan perbulannya yg aangat bagus buat ukuran SUV menengah, yakin sih bisa bertahan lama, semoga ya. Naksir sama Tiggo 16 Pro Max tapi ngeri sama mesin 2000 cc turbo nya, 1600 cc lebih dari cukup.


Apresiasi buat si om yang digarasinya sudah terparkir XC90 2022 - 520i 2023 tapi masih objektif menilai alih-alih 'nyacati'.
Saya ngerasa baik baik aja sih sama Tiggo 8 ini, ga ada nyesel pakai ini mobil. Kalau saya bilang rem nya baik baik saja juga bukan berarti lagi menghibur diri :big_peace:masing2 mobil ada aja koq kekurangannya apalagi yg ada di garasi, ampun deh kalo mau cerita kekurangan. Tapi kekurangan l Tiggo 8 ini ga bikin saya bete atau nyesel malah jadi andalan buat luar kota supaya mileage 520 sama XC90 yg udah banyak ga nambah banyak lagi :big_grin: Lebih puas pakai ini mobil daripada pakai 2 mobil saya sebelumnya yg ga sampe setahun pakai udah dijual.
Kebetulan saya juga beli Tiggo 8, dan saya setuju sama om masbensin ini. Rem bagi saya baik-baik aja hanya perlu pembiasaan, sisanya mobilnya enak, tenaganya joss, suspensi enak, BQ bagus, sangat value for money. Yang perlu ditunggu sekarang aftersales services nya bagaimana, ketersediaan sparepart slow movingnya berapa lama.

masbensin wrote: Wed Jan 22, 2025 4:44
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 12:24
masbensin wrote: Tue Jan 21, 2025 12:14

Saya ngerasa baik baik aja sih sama Tiggo 8 ini, ga ada nyesel pakai ini mobil. Kalau saya bilang rem nya baik baik saja juga bukan berarti lagi menghibur diri :big_peace:masing2 mobil ada aja koq kekurangannya apalagi yg ada di garasi, ampun deh kalo mau cerita kekurangan. Tapi kekurangan l Tiggo 8 ini ga bikin saya bete atau nyesel malah jadi andalan buat luar kota supaya mileage 520 sama XC90 yg udah banyak ga nambah banyak lagi :big_grin: Lebih puas pakai ini mobil daripada pakai 2 mobil saya sebelumnya yg ga sampe setahun pakai udah dijual.
Nice review mbah.
Klo konsisten selama 1 dekade, dan parts jg relatif mudah, bisa salah satu yg merajai otomotif indonesia nih.

Btw itu 38 psi ya?

Dgn body sebesar itu emg lbh pas sih 38 psi :mky_03:

Bener Oom psi, maaf salah :big_peace: oh ya itu TPMS nya Tiggo 8 keren sih, selain tekanan angin temperatur ban nya juga kebaca.
Bukannya 33 psi ya om? Di pintu dan buku manual juga ditulis 33 psi atau 230 kpa. Kecuali full load baru beda tekanannya
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3820
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by kendibocor »

masbensin wrote: Mon Jan 20, 2025 3:42 Waah.. rame ini, ikutan nimbrung yaa. Saya baru pakai Tiggo 8 Premium beli hampir 2 bulan yang lalu rencana sebagai pengganti mobil kantor Suzuki XL7. Ga nyangka juga sih beli ini mobil karena sebelumnya ga percaya sama mobil cungko apalagi tamiya gede... Ehh. Tapi akhirnya coba test drive minta mobilnya ke rumah dan TD bareng istri. Oh ya background saya waktu beli Tiggo ini belum lama jual Grand Santa Fe karena sdh 5 tahun, dan mobil yg dipakai harian BMW 520i 2023 dan Volvo XC90 2022. Pernah pakai Reborn 2021 Diesel dan Zenyx V juga dan 2 2 nya dijual ga sampe.1.tahun pakai karena ga ada yg cocok sama kebutuhan saya, korban baca thread di Soc Med yg banyak meng agung2 kan dua mobil ini, tapi ini subjektif saya yaa.dan pasti akan berbeda dengan mayoritas netijen.

Pas TD lumayan surprise dengan impresi Tiggo 8 dan singkat kata akhirnya beli. Agak menarik waktu delivery, SOP mereka adalah foto dengan cust dengan membawa pita besar ditaro di kap mesin ala ala influencer beli mobil. Selain itu dibawain se bucket bunga mawar asli dan cake dari Holland Bakery, woow.. niat bener yaa cherry ini. Pakai mobil seminggu kurleb KM jadi 500 lebih karena semua mobil diistirahatkan biar ini mobil aja yg jalan dibawa ke bengkel utk service 1000 km pertama karena besoknya mau dibawa jalan JKT - Kudus - Jogja - Jakarta.
Long story short Tiggo 8 ini beyond my expectation buat mobil harga 380 jt dan cungko product. Bantingan suspensi buat saya enak sih ga ngayun ada kemiripan dgn Santa Fe. ADAS nya cukup sensitif dan tidak sesensitif Volvo tapi sayangnya sensor parkir hanya dibelakang walaupun kamera 360 derajat. Kaca Double.glass.dibagian depan bantu banget sih buat peredaman. Untuk pengereman memang ga sebagus santa fe tapi.ga.sampai taraf mengganggu hanya perlu pembiasaan aja. Ban memang dirasa keras karena standar tekanan udaranya di 38 Kpa, kalo dibawah ini maka TPMS nya akan nyala. Tangki bensin nya cuma 55 liter, jadi yg biasanya pakai Volvo atau BMW ke Jogja ga perlu isi BBM ini jadi perlu isi walaupun belum habis utk safety nya. Sama satu lagi yg agak kurang adalah pada saat rolling awal mobil dan transmisi sudah di 'D' mobil kayak ga mau rolling dan harus di injak gas agak dalam, mungkin karena trasmisi DCT kali ya jadi begini. Diluar dari itu mobil aman aman aja sih ga ada fitur yg ganggu juga. Sekarang KM hampir 4 rb dan akhir pekan akan dipakai ke Jogja lagi target setahun pakai sdh bisa 25 rb KM. Memang masih perlu pembuktian yg panjang buat Tiggo 8 ini di Indonesia terutama dari APM nya. Tapi melihat data penjualan perbulannya yg aangat bagus buat ukuran SUV menengah, yakin sih bisa bertahan lama, semoga ya. Naksir sama Tiggo 16 Pro Max tapi ngeri sama mesin 2000 cc turbo nya, 1600 cc lebih dari cukup.
Nice om. Si om biasa bawa seri 5 ma XC trus pake ini daily tetep puas sih berarti ni mbl bener enak yah.

Masalah rem apa mungkin mbl om uda break-in ya jd berangsur2 uda mendekati normal dan si om sendiri uda biasa. Case mirip pas saya ambil CX30 remnya berasa busuk bener nyelonong terus tuh mbl, sampe berapa kali hard braking deket2 pantat mbl depan gara2 dari jauh uda gradually ngerem tp kok ga berenti :big_chicken:
Tp makin naek odometer makin mendekati normal ngeremnya kaya mbl lain, atau mungkin jg saya uda kebiasaan jd muscle memorynya dan prediksinya uda kebentuk.

Yg ane bold :big_biglaugh:
Ya memang mbl cocok2an om, harus tes sendiri jgn kemakan influenza atau bahkan review disini yg biasanya kan cuman singkat2 aja kayak test drive. Review disini bwat kenalan aja sama mblnya gmn. Karena feel ke mbl pasti subjektif banget :upss:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Wed Jan 22, 2025 16:48
Nice om. Si om biasa bawa seri 5 ma XC trus pake ini daily tetep puas sih berarti ni mbl bener enak yah.

Masalah rem apa mungkin mbl om uda break-in ya jd berangsur2 uda mendekati normal dan si om sendiri uda biasa. Case mirip pas saya ambil CX30 remnya berasa busuk bener nyelonong terus tuh mbl, sampe berapa kali hard braking deket2 pantat mbl depan gara2 dari jauh uda gradually ngerem tp kok ga berenti :big_chicken:
Tp makin naek odometer makin mendekati normal ngeremnya kaya mbl lain, atau mungkin jg saya uda kebiasaan jd muscle memorynya dan prediksinya uda kebentuk.

Yg ane bold :big_biglaugh:
Ya memang mbl cocok2an om, harus tes sendiri jgn kemakan influenza atau bahkan review disini yg biasanya kan cuman singkat2 aja kayak test drive. Review disini bwat kenalan aja sama mblnya gmn. Karena feel ke mbl pasti subjektif banget :upss:
sodara saya punya CX5 rem ud ngeloyor gak karuan gitu aja, saya kasih tau keknya remnya musti service deh, dia bilang engak pakem2x aja, saya tepok jidat aja asumsi saya karena dia ud biasa, baru deh pas dia ke bengkel baru tau rem dia trouble kalo gak salah calipernya ada yang macet atau kenapa gitu orang bertahun2x remnya kagak di service :big_biglaugh:

mana ada CX5 normal berenti senen kamis gitu....... :big_bored:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3820
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Thu Jan 23, 2025 1:41
kendibocor wrote: Wed Jan 22, 2025 16:48
Nice om. Si om biasa bawa seri 5 ma XC trus pake ini daily tetep puas sih berarti ni mbl bener enak yah.

Masalah rem apa mungkin mbl om uda break-in ya jd berangsur2 uda mendekati normal dan si om sendiri uda biasa. Case mirip pas saya ambil CX30 remnya berasa busuk bener nyelonong terus tuh mbl, sampe berapa kali hard braking deket2 pantat mbl depan gara2 dari jauh uda gradually ngerem tp kok ga berenti :big_chicken:
Tp makin naek odometer makin mendekati normal ngeremnya kaya mbl lain, atau mungkin jg saya uda kebiasaan jd muscle memorynya dan prediksinya uda kebentuk.

Yg ane bold :big_biglaugh:
Ya memang mbl cocok2an om, harus tes sendiri jgn kemakan influenza atau bahkan review disini yg biasanya kan cuman singkat2 aja kayak test drive. Review disini bwat kenalan aja sama mblnya gmn. Karena feel ke mbl pasti subjektif banget :upss:
sodara saya punya CX5 rem ud ngeloyor gak karuan gitu aja, saya kasih tau keknya remnya musti service deh, dia bilang engak pakem2x aja, saya tepok jidat aja asumsi saya karena dia ud biasa, baru deh pas dia ke bengkel baru tau rem dia trouble kalo gak salah calipernya ada yang macet atau kenapa gitu orang bertahun2x remnya kagak di service :big_biglaugh:

mana ada CX5 normal berenti senen kamis gitu....... :big_bored:
Ya kadang uda kebiasa jdnya ga ngeh kalo ada yg problem. Justru orng lain yg ga pernah bawa mbl kita malah yg sadar kalo ada something wrong.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Thu Jan 23, 2025 2:18
Ya kadang uda kebiasa jdnya ga ngeh kalo ada yg problem. Justru orng lain yg ga pernah bawa mbl kita malah yg sadar kalo ada something wrong.
gak lama setelah rem di beresin saya sempet bawa lagi om soalnya it drive like a champ :big_smoking:

saya soalnya gatel saya akhirna saya bawa nikung2x di serpong :mky_03:
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3216
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by Salvanost »

Masalah rem kalau ganti rem aftermarket kena berapa ya?

Kalau ac sih jarang diutak atik jadi ga masalah
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

Salvanost wrote: Thu Jan 23, 2025 7:41 Masalah rem kalau ganti rem aftermarket kena berapa ya?

Kalau ac sih jarang diutak atik jadi ga masalah
ganti selang harusnya si lsg pakem biasa 2,8jt anggep aja 3jt cuma masalahnya nyari barang cherry susah paling bisa dapet ya cuma selang rem hel aja karena ada dijual meteran tinggal cocokin aja panjangnya :mky_03:
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Tue Oct 04, 2022 7:50
Location: jakarta

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by theone77 »

sore, beberapa hari lalu tes. tapi duduk ditengah , yang bawa driver saya
tiggo 8 premium 1.6.. tes jam 2.30-3an sore, hujan gerimis tipis2
tes di dealer, yang saya lihat di speedo 300km, gk tau kilometer, atau trip yah...karena liat sekilas

tujuan= pengganti 2kd saya,---> saya duduk ditengah/samping driver
mobil yang saya pake anh20+2kd, dan ada "mobil eropa tua buat mainan"

1. duduk didepan nyaman, electric.tapi gk terlalu penting, karena gk bisa naik turun paha
cukup empuk, tapi lebih empuk sigra baru kawan saya, yang diganti busa latex dan jok kulit (5jt 3baris)
---> ada getaran, pas mesin nyala posisi p

---ditengah
2. ac gk terlalu dingin, ditengah...gk ada stelannya

3. di video bilang aslinya stir kiri, betul. karena jok tengah, bagian kanan, lebih empuk, daripada kiri
(stau saya klo aslinya stir kanan, row 2-jok kiri akan lebih empuk)

-tidak bisa terlalu reclining, jadi klo mau agak rebahan gk bisa. TURN OFF
saya butuh buat tidur, selama perjalanan kerja
jok gk terlalu empuk, tapi masih diatas zenix tipe g hyrbid--> nilai 7
sigra baru = modif jok, lebih empuk --> nilai 8.5
veloz = lebih empuk--> nilai 7.5

getaran ketengah

-----pas jalan
4. kedap, untuk harga 390 lawan 470 berani
pintu berat

5. bantingan, duduk tengah, tes ber4
driver saya, sales depan...tengah saya dan kawan

impresi kayak sedan dijalan lurus, kena speedtrap = stiff
polisi tidur di gang perumahan
eco = rebound gk good
normal = enak
sport = rebound lumayan
shock kan gk elektronik, emang beda? yuppp-> delivery tekanan tenaga ke shock

saya pake anh20, ya jauh, empuk-ac dll
2kd...saya ganti shock dan per jamex, entah kenapa gk beda jauh
========
balik, mikir ulang
1. ac gk dingin,
2. geter
mungkin geter karena power gede, geternya itu kayak grand santa fe diesel
mungkin juga bukan km 300, tapi bisa jadi itu trip saja...km bisa 30rb keatas?
tapi ya, mobil 30rb km gk segitu geternya

3. bantingan gk empuk gimana2
*jika beli, saya pasti ganti ban...bannya keras, velg gede
harusnya pake 16-17, ban tebel.

4.reclining gk bisa agak rebah. rasanya saya sulit tidur

-----------------------
pas balik, diskusi sama driver
zenix kekerasan, dan kopong, vs tiggo begini (saya nya expetasi besar)
klo low sekalian sigra, or ertiga peace of mind parts. tapi gk brani keluar kota

btw saya ada masalah lower back, suka tidur siang pas perjalanan
row kedua itu penting. gimana row depan?
duduk depan rasanya klo judul direbahin, saya tetep 2kd

atau saya dapat unit test drive kondisi bad.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

theone77 wrote: Thu Jan 23, 2025 11:26 sore, beberapa hari lalu tes. tapi duduk ditengah , yang bawa driver saya
tiggo 8 premium 1.6.. tes jam 2.30-3an sore, hujan gerimis tipis2
tes di dealer, yang saya lihat di speedo 300km, gk tau kilometer, atau trip yah...karena liat sekilas

tujuan= pengganti 2kd saya,---> saya duduk ditengah/samping driver
mobil yang saya pake anh20+2kd, dan ada "mobil eropa tua buat mainan"

1. duduk didepan nyaman, electric.tapi gk terlalu penting, karena gk bisa naik turun paha
cukup empuk, tapi lebih empuk sigra baru kawan saya, yang diganti busa latex dan jok kulit (5jt 3baris)
---> ada getaran, pas mesin nyala posisi p

---ditengah
2. ac gk terlalu dingin, ditengah...gk ada stelannya

3. di video bilang aslinya stir kiri, betul. karena jok tengah, bagian kanan, lebih empuk, daripada kiri
(stau saya klo aslinya stir kanan, row 2-jok kiri akan lebih empuk)

-tidak bisa terlalu reclining, jadi klo mau agak rebahan gk bisa. TURN OFF
saya butuh buat tidur, selama perjalanan kerja
jok gk terlalu empuk, tapi masih diatas zenix tipe g hyrbid--> nilai 7
sigra baru = modif jok, lebih empuk --> nilai 8.5
veloz = lebih empuk--> nilai 7.5

getaran ketengah

-----pas jalan
4. kedap, untuk harga 390 lawan 470 berani
pintu berat

5. bantingan, duduk tengah, tes ber4
driver saya, sales depan...tengah saya dan kawan

impresi kayak sedan dijalan lurus, kena speedtrap = stiff
polisi tidur di gang perumahan
eco = rebound gk good
normal = enak
sport = rebound lumayan
shock kan gk elektronik, emang beda? yuppp-> delivery tekanan tenaga ke shock

saya pake anh20, ya jauh, empuk-ac dll
2kd...saya ganti shock dan per jamex, entah kenapa gk beda jauh
========
balik, mikir ulang
1. ac gk dingin,
2. geter
mungkin geter karena power gede, geternya itu kayak grand santa fe diesel
mungkin juga bukan km 300, tapi bisa jadi itu trip saja...km bisa 30rb keatas?
tapi ya, mobil 30rb km gk segitu geternya

3. bantingan gk empuk gimana2
*jika beli, saya pasti ganti ban...bannya keras, velg gede
harusnya pake 16-17, ban tebel.

4.reclining gk bisa agak rebah. rasanya saya sulit tidur

-----------------------
pas balik, diskusi sama driver
zenix kekerasan, dan kopong, vs tiggo begini (saya nya expetasi besar)
klo low sekalian sigra, or ertiga peace of mind parts. tapi gk brani keluar kota

btw saya ada masalah lower back, suka tidur siang pas perjalanan
row kedua itu penting. gimana row depan?
duduk depan rasanya klo judul direbahin, saya tetep 2kd

atau saya dapat unit test drive kondisi bad.
kata suhu2x diatas musti di biasain om sama lah kayak saya dari naek ferarri pindah ke bajaj juga remnya musti di biasain itu.......... :ngacir:

kalo saya mah mendingan saya upgrade kaki2x sama rem 2kdnya :mky_07:
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Tue Oct 04, 2022 7:50
Location: jakarta

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by theone77 »

b0ku wrote: Thu Jan 23, 2025 22:26
theone77 wrote: Thu Jan 23, 2025 11:26 sore, beberapa hari lalu tes. tapi duduk ditengah , yang bawa driver saya
tiggo 8 premium 1.6.. tes jam 2.30-3an sore, hujan gerimis tipis2
tes di dealer, yang saya lihat di speedo 300km, gk tau kilometer, atau trip yah...karena liat sekilas

tujuan= pengganti 2kd saya,---> saya duduk ditengah/samping driver
mobil yang saya pake anh20+2kd, dan ada "mobil eropa tua buat mainan"

1. duduk didepan nyaman, electric.tapi gk terlalu penting, karena gk bisa naik turun paha
cukup empuk, tapi lebih empuk sigra baru kawan saya, yang diganti busa latex dan jok kulit (5jt 3baris)
---> ada getaran, pas mesin nyala posisi p

---ditengah
2. ac gk terlalu dingin, ditengah...gk ada stelannya

3. di video bilang aslinya stir kiri, betul. karena jok tengah, bagian kanan, lebih empuk, daripada kiri
(stau saya klo aslinya stir kanan, row 2-jok kiri akan lebih empuk)

-tidak bisa terlalu reclining, jadi klo mau agak rebahan gk bisa. TURN OFF
saya butuh buat tidur, selama perjalanan kerja
jok gk terlalu empuk, tapi masih diatas zenix tipe g hyrbid--> nilai 7
sigra baru = modif jok, lebih empuk --> nilai 8.5
veloz = lebih empuk--> nilai 7.5

getaran ketengah

-----pas jalan
4. kedap, untuk harga 390 lawan 470 berani
pintu berat

5. bantingan, duduk tengah, tes ber4
driver saya, sales depan...tengah saya dan kawan

impresi kayak sedan dijalan lurus, kena speedtrap = stiff
polisi tidur di gang perumahan
eco = rebound gk good
normal = enak
sport = rebound lumayan
shock kan gk elektronik, emang beda? yuppp-> delivery tekanan tenaga ke shock

saya pake anh20, ya jauh, empuk-ac dll
2kd...saya ganti shock dan per jamex, entah kenapa gk beda jauh
========
balik, mikir ulang
1. ac gk dingin,
2. geter
mungkin geter karena power gede, geternya itu kayak grand santa fe diesel
mungkin juga bukan km 300, tapi bisa jadi itu trip saja...km bisa 30rb keatas?
tapi ya, mobil 30rb km gk segitu geternya

3. bantingan gk empuk gimana2
*jika beli, saya pasti ganti ban...bannya keras, velg gede
harusnya pake 16-17, ban tebel.

4.reclining gk bisa agak rebah. rasanya saya sulit tidur

-----------------------
pas balik, diskusi sama driver
zenix kekerasan, dan kopong, vs tiggo begini (saya nya expetasi besar)
klo low sekalian sigra, or ertiga peace of mind parts. tapi gk brani keluar kota

btw saya ada masalah lower back, suka tidur siang pas perjalanan
row kedua itu penting. gimana row depan?
duduk depan rasanya klo judul direbahin, saya tetep 2kd

atau saya dapat unit test drive kondisi bad.
kata suhu2x diatas musti di biasain om sama lah kayak saya dari naek ferarri pindah ke bajaj juga remnya musti di biasain itu.......... :ngacir:

kalo saya mah mendingan saya upgrade kaki2x sama rem 2kdnya :mky_07:
kaki2 sudah, lagi mikir jok tengah, mau diganti apa
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

theone77 wrote: Thu Jan 23, 2025 23:23
kaki2 sudah, lagi mikir jok tengah, mau diganti apa
mendingan gitu aja om kalo bisa masuk alphard punya mah ganti alphard aja kali om :mky_03:
masbensin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Sun Sep 04, 2016 2:24

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by masbensin »

b0ku wrote: Thu Jan 23, 2025 22:26
theone77 wrote: Thu Jan 23, 2025 11:26 sore, beberapa hari lalu tes. tapi duduk ditengah , yang bawa driver saya
tiggo 8 premium 1.6.. tes jam 2.30-3an sore, hujan gerimis tipis2
tes di dealer, yang saya lihat di speedo 300km, gk tau kilometer, atau trip yah...karena liat sekilas

tujuan= pengganti 2kd saya,---> saya duduk ditengah/samping driver
mobil yang saya pake anh20+2kd, dan ada "mobil eropa tua buat mainan"

1. duduk didepan nyaman, electric.tapi gk terlalu penting, karena gk bisa naik turun paha
cukup empuk, tapi lebih empuk sigra baru kawan saya, yang diganti busa latex dan jok kulit (5jt 3baris)
---> ada getaran, pas mesin nyala posisi p

---ditengah
2. ac gk terlalu dingin, ditengah...gk ada stelannya

3. di video bilang aslinya stir kiri, betul. karena jok tengah, bagian kanan, lebih empuk, daripada kiri
(stau saya klo aslinya stir kanan, row 2-jok kiri akan lebih empuk)

-tidak bisa terlalu reclining, jadi klo mau agak rebahan gk bisa. TURN OFF
saya butuh buat tidur, selama perjalanan kerja
jok gk terlalu empuk, tapi masih diatas zenix tipe g hyrbid--> nilai 7
sigra baru = modif jok, lebih empuk --> nilai 8.5
veloz = lebih empuk--> nilai 7.5

getaran ketengah

-----pas jalan
4. kedap, untuk harga 390 lawan 470 berani
pintu berat

5. bantingan, duduk tengah, tes ber4
driver saya, sales depan...tengah saya dan kawan

impresi kayak sedan dijalan lurus, kena speedtrap = stiff
polisi tidur di gang perumahan
eco = rebound gk good
normal = enak
sport = rebound lumayan
shock kan gk elektronik, emang beda? yuppp-> delivery tekanan tenaga ke shock

saya pake anh20, ya jauh, empuk-ac dll
2kd...saya ganti shock dan per jamex, entah kenapa gk beda jauh
========
balik, mikir ulang
1. ac gk dingin,
2. geter
mungkin geter karena power gede, geternya itu kayak grand santa fe diesel
mungkin juga bukan km 300, tapi bisa jadi itu trip saja...km bisa 30rb keatas?
tapi ya, mobil 30rb km gk segitu geternya

3. bantingan gk empuk gimana2
*jika beli, saya pasti ganti ban...bannya keras, velg gede
harusnya pake 16-17, ban tebel.

4.reclining gk bisa agak rebah. rasanya saya sulit tidur

-----------------------
pas balik, diskusi sama driver
zenix kekerasan, dan kopong, vs tiggo begini (saya nya expetasi besar)
klo low sekalian sigra, or ertiga peace of mind parts. tapi gk brani keluar kota

btw saya ada masalah lower back, suka tidur siang pas perjalanan
row kedua itu penting. gimana row depan?
duduk depan rasanya klo judul direbahin, saya tetep 2kd

atau saya dapat unit test drive kondisi bad.
kata suhu2x diatas musti di biasain om sama lah kayak saya dari naek ferarri pindah ke bajaj juga remnya musti di biasain itu.......... :ngacir:

kalo saya mah mendingan saya upgrade kaki2x sama rem 2kdnya :mky_07:
Waah Ferrari yah, 430, 458 sama F8 saya pakai Carbon Ceramic Brake ini lebih ngeri lagi kalo dijalanan biasa. Kalo mau maksimal kudu dipanasin dulu, jalan beberapa kilo sambil di hard brake karena kalo ga bakalan nyelonong kayak bajaj jadi ga perlu pembiasaan :big_cry: Trus ini mobil ga bisa diajak rem kayak mobil normal, mesti kudu jaga jarak, temen2 saya kejadian nyundul udah sering.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by iwansiagian »

masbensin wrote: Fri Jan 24, 2025 1:35
b0ku wrote: Thu Jan 23, 2025 22:26
theone77 wrote: Thu Jan 23, 2025 11:26 sore, beberapa hari lalu tes. tapi duduk ditengah , yang bawa driver saya
tiggo 8 premium 1.6.. tes jam 2.30-3an sore, hujan gerimis tipis2
tes di dealer, yang saya lihat di speedo 300km, gk tau kilometer, atau trip yah...karena liat sekilas

tujuan= pengganti 2kd saya,---> saya duduk ditengah/samping driver
mobil yang saya pake anh20+2kd, dan ada "mobil eropa tua buat mainan"

1. duduk didepan nyaman, electric.tapi gk terlalu penting, karena gk bisa naik turun paha
cukup empuk, tapi lebih empuk sigra baru kawan saya, yang diganti busa latex dan jok kulit (5jt 3baris)
---> ada getaran, pas mesin nyala posisi p

---ditengah
2. ac gk terlalu dingin, ditengah...gk ada stelannya

3. di video bilang aslinya stir kiri, betul. karena jok tengah, bagian kanan, lebih empuk, daripada kiri
(stau saya klo aslinya stir kanan, row 2-jok kiri akan lebih empuk)

-tidak bisa terlalu reclining, jadi klo mau agak rebahan gk bisa. TURN OFF
saya butuh buat tidur, selama perjalanan kerja
jok gk terlalu empuk, tapi masih diatas zenix tipe g hyrbid--> nilai 7
sigra baru = modif jok, lebih empuk --> nilai 8.5
veloz = lebih empuk--> nilai 7.5

getaran ketengah

-----pas jalan
4. kedap, untuk harga 390 lawan 470 berani
pintu berat

5. bantingan, duduk tengah, tes ber4
driver saya, sales depan...tengah saya dan kawan

impresi kayak sedan dijalan lurus, kena speedtrap = stiff
polisi tidur di gang perumahan
eco = rebound gk good
normal = enak
sport = rebound lumayan
shock kan gk elektronik, emang beda? yuppp-> delivery tekanan tenaga ke shock

saya pake anh20, ya jauh, empuk-ac dll
2kd...saya ganti shock dan per jamex, entah kenapa gk beda jauh
========
balik, mikir ulang
1. ac gk dingin,
2. geter
mungkin geter karena power gede, geternya itu kayak grand santa fe diesel
mungkin juga bukan km 300, tapi bisa jadi itu trip saja...km bisa 30rb keatas?
tapi ya, mobil 30rb km gk segitu geternya

3. bantingan gk empuk gimana2
*jika beli, saya pasti ganti ban...bannya keras, velg gede
harusnya pake 16-17, ban tebel.

4.reclining gk bisa agak rebah. rasanya saya sulit tidur

-----------------------
pas balik, diskusi sama driver
zenix kekerasan, dan kopong, vs tiggo begini (saya nya expetasi besar)
klo low sekalian sigra, or ertiga peace of mind parts. tapi gk brani keluar kota

btw saya ada masalah lower back, suka tidur siang pas perjalanan
row kedua itu penting. gimana row depan?
duduk depan rasanya klo judul direbahin, saya tetep 2kd

atau saya dapat unit test drive kondisi bad.
kata suhu2x diatas musti di biasain om sama lah kayak saya dari naek ferarri pindah ke bajaj juga remnya musti di biasain itu.......... :ngacir:

kalo saya mah mendingan saya upgrade kaki2x sama rem 2kdnya :mky_07:
Waah Ferrari yah, 430, 458 sama F8 saya pakai Carbon Ceramic Brake ini lebih ngeri lagi kalo dijalanan biasa. Kalo mau maksimal kudu dipanasin dulu, jalan beberapa kilo sambil di hard brake karena kalo ga bakalan nyelonong kayak bajaj jadi ga perlu pembiasaan :big_cry: Trus ini mobil ga bisa diajak rem kayak mobil normal, mesti kudu jaga jarak, temen2 saya kejadian nyundul udah sering.
Haha jadi keluar deh Ferrari nya si om😁
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5504
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by b0ku »

masbensin wrote: Fri Jan 24, 2025 1:35
Waah Ferrari yah, 430, 458 sama F8 saya pakai Carbon Ceramic Brake ini lebih ngeri lagi kalo dijalanan biasa. Kalo mau maksimal kudu dipanasin dulu, jalan beberapa kilo sambil di hard brake karena kalo ga bakalan nyelonong kayak bajaj jadi ga perlu pembiasaan :big_cry: Trus ini mobil ga bisa diajak rem kayak mobil normal, mesti kudu jaga jarak, temen2 saya kejadian nyundul udah sering.
ohhh iya om cherry pake carbon ceramic juga ya??? :big_think:

saya bawa di tol sejauh 70km sih lari 140kmh kurang panas keknya harusnya si 200kmh dulu ya terus hard brake masalahnya 140kmh ud serem sih jd saya keburu ngerem :big_bored:

sampe mau sampe tujuan aja saya masih nyeret tuh rem sih gak pakem2x soalnya mungkin carbonceramicnya sama sama yang di pake pelali jd musti bener2x panas......... :ngacir:

soalnya dulu suka pake F360 sama 3200gt si remnya pakem2x aja low speed belom ceramic si emang :big_think:

lagian caliper piston banyak gitu ditambah master dan drum yang proper pelali gitu loh , kalo belajar fisika si harusnya ngerti kalo gak di geber2x tenaga ferarri alias lari pelan harusnya masih dingin pun si jepitnya lebih pakem dari bajaj..........bahkan mobil LCGC sekalipun :ngacir:
masbensin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Sun Sep 04, 2016 2:24

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by masbensin »

b0ku wrote: Fri Jan 24, 2025 2:53
masbensin wrote: Fri Jan 24, 2025 1:35
Waah Ferrari yah, 430, 458 sama F8 saya pakai Carbon Ceramic Brake ini lebih ngeri lagi kalo dijalanan biasa. Kalo mau maksimal kudu dipanasin dulu, jalan beberapa kilo sambil di hard brake karena kalo ga bakalan nyelonong kayak bajaj jadi ga perlu pembiasaan :big_cry: Trus ini mobil ga bisa diajak rem kayak mobil normal, mesti kudu jaga jarak, temen2 saya kejadian nyundul udah sering.
ohhh iya om cherry pake carbon ceramic juga ya??? :big_think:

saya bawa di tol sejauh 70km sih lari 140kmh kurang panas keknya harusnya si 200kmh dulu ya terus hard brake masalahnya 140kmh ud serem sih jd saya keburu ngerem :big_bored:

sampe mau sampe tujuan aja saya masih nyeret tuh rem sih gak pakem2x soalnya mungkin carbonceramicnya sama sama yang di pake pelali jd musti bener2x panas......... :ngacir:

soalnya dulu suka pake F360 sama 3200gt si remnya pakem2x aja low speed belom ceramic si emang :big_think:

lagian caliper piston banyak gitu ditambah master dan drum yang proper pelali gitu loh , kalo belajar fisika si harusnya ngerti kalo gak di geber2x tenaga ferarri alias lari pelan harusnya masih dingin pun si jepitnya lebih pakem dari bajaj..........bahkan mobil LCGC sekalipun :ngacir:
Ampuuiin Oom Suhu.... Siap salah, saya ga ngerti Fisika cuma iulusan SMA jurusan IPS, Saya akan banyak belajar dari tulisan tulisan suhu. :big_cry:
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by speedfreak »

masbensin wrote: Fri Jan 24, 2025 3:02
b0ku wrote: Fri Jan 24, 2025 2:53
masbensin wrote: Fri Jan 24, 2025 1:35
Waah Ferrari yah, 430, 458 sama F8 saya pakai Carbon Ceramic Brake ini lebih ngeri lagi kalo dijalanan biasa. Kalo mau maksimal kudu dipanasin dulu, jalan beberapa kilo sambil di hard brake karena kalo ga bakalan nyelonong kayak bajaj jadi ga perlu pembiasaan :big_cry: Trus ini mobil ga bisa diajak rem kayak mobil normal, mesti kudu jaga jarak, temen2 saya kejadian nyundul udah sering.
ohhh iya om cherry pake carbon ceramic juga ya??? :big_think:

saya bawa di tol sejauh 70km sih lari 140kmh kurang panas keknya harusnya si 200kmh dulu ya terus hard brake masalahnya 140kmh ud serem sih jd saya keburu ngerem :big_bored:

sampe mau sampe tujuan aja saya masih nyeret tuh rem sih gak pakem2x soalnya mungkin carbonceramicnya sama sama yang di pake pelali jd musti bener2x panas......... :ngacir:

soalnya dulu suka pake F360 sama 3200gt si remnya pakem2x aja low speed belom ceramic si emang :big_think:

lagian caliper piston banyak gitu ditambah master dan drum yang proper pelali gitu loh , kalo belajar fisika si harusnya ngerti kalo gak di geber2x tenaga ferarri alias lari pelan harusnya masih dingin pun si jepitnya lebih pakem dari bajaj..........bahkan mobil LCGC sekalipun :ngacir:
Ampuuiin Oom Suhu.... Siap salah, saya ga ngerti Fisika cuma iulusan SMA jurusan IPS, Saya akan banyak belajar dari tulisan tulisan suhu. :big_cry:
kalo melihat postingan2 lama om masbensin bisa tergambar mobil2 apa saja yang cocok dengan selera nya.
Kalo gak salah pernah ada BMW X7, pernah ada honda civic, dan beberapa mobil lain.

Kebetulan sama juga dengan selera saya yang gak cocok dengan innova reborn dan zenix, dan sekarang kebetulan saya juga lagi mempertimbangkan mau cobain Chery Tiggo 8 ini untuk mengganti salah satu mobil kami.

Yang saya perhatikan dari video youtube si mas Ridwan ada suara gemuruh yang agak keras aja masuk ke dalam kabin, apa mungkin suara ban ya?

kalo Chery Tiggo 8 Pro beberapa suhu di SM sini sudah memakai sejak awal 2024 (om sherry, om rakean (?)), gimana ya setelah longterm pemakaian lebih dari setahun apakah ada kendala dengan unitnya.

dan saya perhatikan untuk jaringan dealer Chery di indonesia sudah semakin banyak, dan lebih cepat penambahannya dibanding merk MG.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12184
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Short Test Drive : Chery Tiggo 8 Premium

Post by Suryaputra »

speedfreak wrote: Fri Jan 24, 2025 3:28
masbensin wrote: Fri Jan 24, 2025 3:02
b0ku wrote: Fri Jan 24, 2025 2:53

ohhh iya om cherry pake carbon ceramic juga ya??? :big_think:

saya bawa di tol sejauh 70km sih lari 140kmh kurang panas keknya harusnya si 200kmh dulu ya terus hard brake masalahnya 140kmh ud serem sih jd saya keburu ngerem :big_bored:

sampe mau sampe tujuan aja saya masih nyeret tuh rem sih gak pakem2x soalnya mungkin carbonceramicnya sama sama yang di pake pelali jd musti bener2x panas......... :ngacir:

soalnya dulu suka pake F360 sama 3200gt si remnya pakem2x aja low speed belom ceramic si emang :big_think:

lagian caliper piston banyak gitu ditambah master dan drum yang proper pelali gitu loh , kalo belajar fisika si harusnya ngerti kalo gak di geber2x tenaga ferarri alias lari pelan harusnya masih dingin pun si jepitnya lebih pakem dari bajaj..........bahkan mobil LCGC sekalipun :ngacir:
Ampuuiin Oom Suhu.... Siap salah, saya ga ngerti Fisika cuma iulusan SMA jurusan IPS, Saya akan banyak belajar dari tulisan tulisan suhu. :big_cry:
kalo melihat postingan2 lama om masbensin bisa tergambar mobil2 apa saja yang cocok dengan selera nya.
Kalo gak salah pernah ada BMW X7, pernah ada honda civic, dan beberapa mobil lain.

Kebetulan sama juga dengan selera saya yang gak cocok dengan innova reborn dan zenix, dan sekarang kebetulan saya juga lagi mempertimbangkan mau cobain Chery Tiggo 8 ini untuk mengganti salah satu mobil kami.

Yang saya perhatikan dari video youtube si mas Ridwan ada suara gemuruh yang agak keras aja masuk ke dalam kabin, apa mungkin suara ban ya?

kalo Chery Tiggo 8 Pro beberapa suhu di SM sini sudah memakai sejak awal 2024 (om sherry, om rakean (?)), gimana ya setelah longterm pemakaian lebih dari setahun apakah ada kendala dengan unitnya.

dan saya perhatikan untuk jaringan dealer Chery di indonesia sudah semakin banyak, dan lebih cepat penambahannya dibanding merk MG.
Suara gemuruh, "sumber"nya datang dari:
1. Bushing kaki dan karet support suspensi (ini supporting utama untuk meredam getaran dr aspal -> ban > sasis > body, menjadi suara gemuruh)
2. Jenis Ban (ban sekelas Turanza, Primacy, dan ban comfort touring) bisa bantu meredam gemuruh ban
3. Bearing Roda (mobil baru, jarang bearing rusak, kecuali defect)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri