Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27416
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

azu wrote: Mon Jan 13, 2025 1:29

Untuk yg poin 3 ngga dulu mbah takut malah jadi masuk IGD, jadi keinget MCU 2 tahun lalu kolesterol totalnya udah tembus 250 :big_childish:
yg ini ga usa takut

dulu kita orang waktu kerja di sebrang pulau sana, sering diundang pesta, ama minum2 (ma'lum, emg ud kearifan lokal sana), ud tembus 250 jg koq

makan statin berbulan2 ampe akirnya otot sering keram, brikutnya dicek ud jd 180an
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Mon Jan 13, 2025 7:09
azu wrote: Mon Jan 13, 2025 1:29

Untuk yg poin 3 ngga dulu mbah takut malah jadi masuk IGD, jadi keinget MCU 2 tahun lalu kolesterol totalnya udah tembus 250 :big_childish:
yg ini ga usa takut

dulu kita orang waktu kerja di sebrang pulau sana, sering diundang pesta, ama minum2 (ma'lum, emg ud kearifan lokal sana), ud tembus 250 jg koq

makan statin berbulan2 ampe akirnya otot sering keram, brikutnya dicek ud jd 180an
Kolesterol jgn diminimalin

Krn itu pelumas sendi mbah
Amannya ya di rentang setangah sampai batas full lah :upss:

Tp yg bikin penyumbatan itu bukan kolesterol nya,
Tapi:
- nikotin
- tar
- dan racun udara lain yg terhisap ke paru2

Krn racun + kolesterol = plak pembuluh darah = stroke dan jantung
Demikian info dr dokter S.Pd ane :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27416
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Mon Jan 13, 2025 7:12
DOHC wrote: Mon Jan 13, 2025 7:09
azu wrote: Mon Jan 13, 2025 1:29

Untuk yg poin 3 ngga dulu mbah takut malah jadi masuk IGD, jadi keinget MCU 2 tahun lalu kolesterol totalnya udah tembus 250 :big_childish:
yg ini ga usa takut

dulu kita orang waktu kerja di sebrang pulau sana, sering diundang pesta, ama minum2 (ma'lum, emg ud kearifan lokal sana), ud tembus 250 jg koq

makan statin berbulan2 ampe akirnya otot sering keram, brikutnya dicek ud jd 180an
Kolesterol jgn diminimalin

Krn itu pelumas sendi mbah
Amannya ya di rentang setangah sampai batas full lah :upss:

Tp yg bikin penyumbatan itu bukan kolesterol nya,
Tapi:
- nikotin
- tar
- dan racun udara lain yg terhisap ke paru2

Krn racun + kolesterol = plak pembuluh darah = stroke dan jantung
Demikian info dr dokter S.Pd ane :ngacir:
kita orang seh ga ngeroko, tp kl racun udara yah mau gmana, tau sendiri udara jakarta kaya apa, apalagi sjak pulau2 buatan nganu di bkin, makin ganas itu udara sekotor2 nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Mon Jan 13, 2025 7:19
Suryaputra wrote: Mon Jan 13, 2025 7:12
DOHC wrote: Mon Jan 13, 2025 7:09

yg ini ga usa takut

dulu kita orang waktu kerja di sebrang pulau sana, sering diundang pesta, ama minum2 (ma'lum, emg ud kearifan lokal sana), ud tembus 250 jg koq

makan statin berbulan2 ampe akirnya otot sering keram, brikutnya dicek ud jd 180an
Kolesterol jgn diminimalin

Krn itu pelumas sendi mbah
Amannya ya di rentang setangah sampai batas full lah :upss:

Tp yg bikin penyumbatan itu bukan kolesterol nya,
Tapi:
- nikotin
- tar
- dan racun udara lain yg terhisap ke paru2

Krn racun + kolesterol = plak pembuluh darah = stroke dan jantung
Demikian info dr dokter S.Pd ane :ngacir:
kita orang seh ga ngeroko, tp kl racun udara yah mau gmana, tau sendiri udara jakarta kaya apa, apalagi sjak pulau2 buatan nganu di bkin, makin ganas itu udara sekotor2 nya
Itu PM 2.5
Bisa pakai masker minimal 3 ply or 95 :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11740
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jan 13, 2025 7:06
marmut wrote: Sun Jan 12, 2025 13:13
DOHC wrote: Sun Jan 12, 2025 10:22

lebi enak kl ad impek gun, lgs ceter kebuka



heh, buka busi pake impek gun, mau dikirimin igun selusin?
kan waktu itu ngana yg blg, buka busi musti dihentak yakin

makanya kita orang pikir mending skalian hajar pake impek, dihentak seyakin yakin nya :mky_03: :mky_03:
jd keinget banjo bolt di filter solar bawah vrz yg kerasnya sama kaya buka banjo bolt filter bensin inopa 2.0 ngana. sy pake impact dewalt kaga kebuka. yg ada keluar percikan api di antara mata socket dan ntu banjo bolt. untung solar ga kebayang kl bengsin langsung menyala bosque .... :ungg:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27416
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jan 13, 2025 8:04
DOHC wrote: Mon Jan 13, 2025 7:06
marmut wrote: Sun Jan 12, 2025 13:13




heh, buka busi pake impek gun, mau dikirimin igun selusin?
kan waktu itu ngana yg blg, buka busi musti dihentak yakin

makanya kita orang pikir mending skalian hajar pake impek, dihentak seyakin yakin nya :mky_03: :mky_03:
jd keinget banjo bolt di filter solar bawah vrz yg kerasnya sama kaya buka banjo bolt filter bensin inopa 2.0 ngana. sy pake impact dewalt kaga kebuka. yg ada keluar percikan api di antara mata socket dan ntu banjo bolt. untung solar ga kebayang kl bengsin langsung menyala bosque .... :ungg:
ngomongin filter bensin, kta orang malah waktu itu pengalaman di mitsu lancer CK 1.6 mbah, filter bensin nya pake banjo bolt jg tuh, bahlul nya lg keras nya minta ampun dan posisi d ruang mesin rada kebawah, boro2 mo pake impek.. akirnya pake extensyen dan soket dan pipa besi kesayangan, yg ad patah ama rumah2nya

itu siapa yg ngajarin coba urusan perbensin an pake banjo bolt sgala
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3005
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

20250122_082724.jpg
IMHO n FYI, firing tip busi asli slim while harga ajaib bisa obesitas. Ini di case busi Denso Twin Tip sesama IXEH22TT.

Salah satu mbah ini juga ada merasa yg aneh dengan selongsong keramik, yg harga ghoib kek berasa ada yg aneh. Tp mgkn bisa jd epek potoohh


Gambar kiri asli ane foto di bawah lampu yellowish, gambar kanan hasil comot dr salah satu seller d marketplace. Warna busi maklum beda karena beda pencahayaan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

josomba wrote: Wed Jan 22, 2025 1:55 20250122_082724.jpg

IMHO n FYI, firing tip busi asli slim while harga ajaib bisa obesitas. Ini di case busi Denso Twin Tip sesama IXEH22TT.

Salah satu mbah ini juga ada merasa yg aneh dengan selongsong keramik, yg harga ghoib kek berasa ada yg aneh. Tp mgkn bisa jd epek potoohh


Gambar kiri asli ane foto di bawah lampu yellowish, gambar kanan hasil comot dr salah satu seller d marketplace. Warna busi maklum beda karena beda pencahayaan.
Nih saya pernah beli busi NGK palsu. Sebut saja N6K.
FB_IMG_1737511564827.jpg
FB_IMG_1737511567509.jpg
IMG_20250122_090458.jpg
IMG_20250122_090531.jpg

1. Logo NGK tidak rapi cetakannya.
Busi NGK, logo NGKnya tidak timbul, busi N6K bisa terasa tekstur di kuku dan finishingnya beda-beda. Paling kiri NGK tulen; kedua, tiga, dan empat N6K

2. Font kode busi beda. Seperti pada logo NGK di point nomor 1. Dikuku juga terasa timbul. Cocokkan dengan yang diketahui ori/terpasang pada motor. Kiri NGK tulen, kanan N6K

3. NGK di hex ada kode produksi. N6K tidak ada.

4. Bagian crimping yang membulat ori halus. N6K seperti bubutan/potongan.

5. Insulator NGK rapi, kedap dengan elektroda tengah tanpa celah, terbuat dari keramik. Elektroda samping las lasan rapi.

N6K dari plastik, berantakan, ada celah antara insulator dan elektroda. Material elektroda seperti dari besi galvanis dan elektroda samping kasar produksinya.

6. Penampakan busi NGK bekas vs N6K. Thread beda kehalusan dan secara keseluruhan terbuat dari logam yang lebih buruk.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12185
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Wed Jan 22, 2025 2:13
josomba wrote: Wed Jan 22, 2025 1:55 20250122_082724.jpg

IMHO n FYI, firing tip busi asli slim while harga ajaib bisa obesitas. Ini di case busi Denso Twin Tip sesama IXEH22TT.

Salah satu mbah ini juga ada merasa yg aneh dengan selongsong keramik, yg harga ghoib kek berasa ada yg aneh. Tp mgkn bisa jd epek potoohh


Gambar kiri asli ane foto di bawah lampu yellowish, gambar kanan hasil comot dr salah satu seller d marketplace. Warna busi maklum beda karena beda pencahayaan.
Nih saya pernah beli busi NGK palsu. Sebut saja N6K.

FB_IMG_1737511564827.jpg
FB_IMG_1737511567509.jpg
IMG_20250122_090458.jpg
IMG_20250122_090531.jpg


1. Logo NGK tidak rapi cetakannya.
Busi NGK, logo NGKnya tidak timbul, busi N6K bisa terasa tekstur di kuku dan finishingnya beda-beda. Paling kiri NGK tulen; kedua, tiga, dan empat N6K

2. Font kode busi beda. Seperti pada logo NGK di point nomor 1. Dikuku juga terasa timbul. Cocokkan dengan yang diketahui ori/terpasang pada motor. Kiri NGK tulen, kanan N6K

3. NGK di hex ada kode produksi. N6K tidak ada.

4. Bagian crimping yang membulat ori halus. N6K seperti bubutan/potongan.

5. Insulator NGK rapi, kedap dengan elektroda tengah tanpa celah, terbuat dari keramik. Elektroda samping las lasan rapi.

N6K dari plastik, berantakan, ada celah antara insulator dan elektroda. Material elektroda seperti dari besi galvanis dan elektroda samping kasar produksinya.

6. Penampakan busi NGK bekas vs N6K. Thread beda kehalusan dan secara keseluruhan terbuat dari logam yang lebih buruk.
serem amat
:upss: :upss: :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
draxx13
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Serba Serbi Busi

Post by draxx13 »

Ada yg pernah coba busi masuma atau ac delco ga ya di unit nissan grand livina?
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 735
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Serba Serbi Busi

Post by trebla88 »

draxx13 wrote: Fri Jan 24, 2025 9:19 Ada yg pernah coba busi masuma atau ac delco ga ya di unit nissan grand livina?
yg pasti aja ngk cooper atau denso twintip kalau mau iridium :upss:
atau mau iseng banget champion
draxx13
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Serba Serbi Busi

Post by draxx13 »

trebla88 wrote: Sat Jan 25, 2025 0:14
draxx13 wrote: Fri Jan 24, 2025 9:19 Ada yg pernah coba busi masuma atau ac delco ga ya di unit nissan grand livina?
yg pasti aja ngk cooper atau denso twintip kalau mau iridium :upss:
atau mau iseng banget champion
Udah pake ixeh20ett, tp sekarang idlenya agak kurang langsam
Jd kepikiran ganti merk lain
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 735
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Serba Serbi Busi

Post by trebla88 »

draxx13 wrote: Sat Jan 25, 2025 5:15
trebla88 wrote: Sat Jan 25, 2025 0:14
draxx13 wrote: Fri Jan 24, 2025 9:19 Ada yg pernah coba busi masuma atau ac delco ga ya di unit nissan grand livina?
yg pasti aja ngk cooper atau denso twintip kalau mau iridium :upss:
atau mau iseng banget champion
Udah pake ixeh20ett, tp sekarang idlenya agak kurang langsam
Jd kepikiran ganti merk lain
itu bongkar throtle body uda idle learning pakai cara manual atau lwat obd?
itu ixeh20tt beli di mana? denso official store? ati2 banyak palsu busi.
ini l10 atau l11?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27416
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

draxx13 wrote: Sat Jan 25, 2025 5:15
trebla88 wrote: Sat Jan 25, 2025 0:14
draxx13 wrote: Fri Jan 24, 2025 9:19 Ada yg pernah coba busi masuma atau ac delco ga ya di unit nissan grand livina?
yg pasti aja ngk cooper atau denso twintip kalau mau iridium :upss:
atau mau iseng banget champion
Udah pake ixeh20ett, tp sekarang idlenya agak kurang langsam
Jd kepikiran ganti merk lain
lah idle ga langsam jgn malah lgs vonis busi, palagi turun kelas ke ac delco , champion, sgala macem

coba cek dl itu koil masi sehat ga, atau jangan2 ud pecah selongsong, fuel pump teler ga, TB kotor ga, bocor vakum ga

itu smua d atas penyakit umum lipindut
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11728
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Jan 25, 2025 5:40

lah idle ga langsam jgn malah lgs vonis busi, palagi turun kelas ke ac delco , champion, sgala macem

coba cek dl itu koil masi sehat ga, atau jangan2 ud pecah selongsong, fuel pump teler ga, TB kotor ga, bocor vakum ga

itu smua d atas penyakit umum lipindut


ampun suhu, maap nubi bertanya... bukankah jikalau selongsong coil retak/pecah maka idle-nya jadi pincang dan rendah?
maapken nubi sotoy ini suhu....



*nb : mod, icon sungkem kmn mod? ama sesepuh kalo nggak sungkem kuwalat nanti.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27416
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Jan 25, 2025 5:50
DOHC wrote: Sat Jan 25, 2025 5:40

lah idle ga langsam jgn malah lgs vonis busi, palagi turun kelas ke ac delco , champion, sgala macem

coba cek dl itu koil masi sehat ga, atau jangan2 ud pecah selongsong, fuel pump teler ga, TB kotor ga, bocor vakum ga

itu smua d atas penyakit umum lipindut


ampun suhu, maap nubi bertanya... bukankah jikalau selongsong coil retak/pecah maka idle-nya jadi pincang dan rendah?
maapken nubi sotoy ini suhu....



*nb : mod, icon sungkem kmn mod? ama sesepuh kalo nggak sungkem kuwalat nanti.
ngana minta dikirim igun ipul nasar selusin ya :mky_04: :mky_04:

brani2 ngaku nubi

btw

itu kan dia orang blg katanya idle ga langsam, dalam artian bisa jg idle rendah, naek turun, dsb

dl kjadian di llipindut kita orang, selongsongnya retak kecillll banget di ujung selongsong yg ad karet nya, nahh itu idle kadang langsam kadang kadang kaga, mobil pun masi bsa dipake, cuman berasa berebet aj

emg bahlul itu koil hanshin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
draxx13
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Serba Serbi Busi

Post by draxx13 »

DOHC wrote: Sat Jan 25, 2025 5:40
draxx13 wrote: Sat Jan 25, 2025 5:15
trebla88 wrote: Sat Jan 25, 2025 0:14

yg pasti aja ngk cooper atau denso twintip kalau mau iridium :upss:
atau mau iseng banget champion
Udah pake ixeh20ett, tp sekarang idlenya agak kurang langsam
Jd kepikiran ganti merk lain
lah idle ga langsam jgn malah lgs vonis busi, palagi turun kelas ke ac delco , champion, sgala macem

coba cek dl itu koil masi sehat ga, atau jangan2 ud pecah selongsong, fuel pump teler ga, TB kotor ga, bocor vakum ga

itu smua d atas penyakit umum lipindut
Tb, fulepump, egr bersih mbah
Koil udah upgrade pake punya juke, udah dites pake koil tester aman ga bocor sih
Jd penasaran ini idlenya agak pincang dikit kenapa heheh
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27416
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

draxx13 wrote: Tue Jan 28, 2025 4:54
DOHC wrote: Sat Jan 25, 2025 5:40
draxx13 wrote: Sat Jan 25, 2025 5:15

Udah pake ixeh20ett, tp sekarang idlenya agak kurang langsam
Jd kepikiran ganti merk lain
lah idle ga langsam jgn malah lgs vonis busi, palagi turun kelas ke ac delco , champion, sgala macem

coba cek dl itu koil masi sehat ga, atau jangan2 ud pecah selongsong, fuel pump teler ga, TB kotor ga, bocor vakum ga

itu smua d atas penyakit umum lipindut
Tb, fulepump, egr bersih mbah
Koil udah upgrade pake punya juke, udah dites pake koil tester aman ga bocor sih
Jd penasaran ini idlenya agak pincang dikit kenapa heheh
coba cek selang2 di intake manifold, lipindut punya rentan pecah atau retak itu, terutama yg L10, dari tutup deksel ke selang sebelum TB

kl aman, coba pas lg idle, di blayer gas nya mendadak, rpm nya naek kontan ga, atau ada sendat2 dl baru naek

jd d list down penyakit nya apa aj
- TB
- coil
- busi
- injektor
- bocor vakum
- fuel pump

biasa lipindut ga lari jauh dsitu2 aj seh , simple tu mesin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sunday
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Jan 06, 2025 5:38
Daily Vehicle: KIJANG

Re: Serba Serbi Busi

Post by sunday »

kalo mesin 2KD ganti busi setiap berapa km mbah?
akubocahnakal
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Jun 12, 2018 9:33

Re: Serba Serbi Busi

Post by akubocahnakal »

trebla88 wrote: Sat Jan 11, 2025 10:27
akubocahnakal wrote: Tue Dec 31, 2024 4:14 Assalamualaikum rekan2 SM..boleh nanya kalo busi buat Avanza old 2009 1.3 selain pake yg standar bawaan..ada rekomendasi busi yg lebih bagus buat sedikit pengaruh di performa/konsumsi BBM lebih irit..🙏 waluapun sedikit sekali juga gpapa kok..Avanza cuman dipake harian..mobil keluarga...matur nuwun
1.3 pake copper aja ga usa iridium
bawaannya dah paling bener
paling kasi oli 5w30 aja jgn pake 10w40 apalagi 20w50
sesekali oplos ron98 turbo kalau biasa isi pertalite
kalau matic bisa pake dex6 atf
oli gardan jg coba cek terakhir kpn ganti
siap om mkasih sarannya...oli alhamdulillah sudah pake 5w/30 om..siap.. kalo boleh tahu kenapa sesekali di oplos BBM ron98 ya om? kebetulan mobilnya peminum pertalite ..wkwkwk
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 735
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Serba Serbi Busi

Post by trebla88 »

akubocahnakal wrote: Thu Jan 30, 2025 3:45
trebla88 wrote: Sat Jan 11, 2025 10:27
akubocahnakal wrote: Tue Dec 31, 2024 4:14 Assalamualaikum rekan2 SM..boleh nanya kalo busi buat Avanza old 2009 1.3 selain pake yg standar bawaan..ada rekomendasi busi yg lebih bagus buat sedikit pengaruh di performa/konsumsi BBM lebih irit..🙏 waluapun sedikit sekali juga gpapa kok..Avanza cuman dipake harian..mobil keluarga...matur nuwun
1.3 pake copper aja ga usa iridium
bawaannya dah paling bener
paling kasi oli 5w30 aja jgn pake 10w40 apalagi 20w50
sesekali oplos ron98 turbo kalau biasa isi pertalite
kalau matic bisa pake dex6 atf
oli gardan jg coba cek terakhir kpn ganti
siap om mkasih sarannya...oli alhamdulillah sudah pake 5w/30 om..siap.. kalo boleh tahu kenapa sesekali di oplos BBM ron98 ya om? kebetulan mobilnya peminum pertalite ..wkwkwk
buat namba2h aditif pembersih
ron juga diharapin naik ke 91-92
drpd pertamax atau pertamax green
akubocahnakal
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Tue Jun 12, 2018 9:33

Re: Serba Serbi Busi

Post by akubocahnakal »

trebla88 wrote: Thu Jan 30, 2025 5:08
akubocahnakal wrote: Thu Jan 30, 2025 3:45
trebla88 wrote: Sat Jan 11, 2025 10:27

1.3 pake copper aja ga usa iridium
bawaannya dah paling bener
paling kasi oli 5w30 aja jgn pake 10w40 apalagi 20w50
sesekali oplos ron98 turbo kalau biasa isi pertalite
kalau matic bisa pake dex6 atf
oli gardan jg coba cek terakhir kpn ganti
siap om mkasih sarannya...oli alhamdulillah sudah pake 5w/30 om..siap.. kalo boleh tahu kenapa sesekali di oplos BBM ron98 ya om? kebetulan mobilnya peminum pertalite ..wkwkwk
buat namba2h aditif pembersih
ron juga diharapin naik ke 91-92
drpd pertamax atau pertamax green
siap om..mkasih sarannya...