Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11796
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Sat Feb 08, 2025 15:16

pk ini aja mbah

Image :mky_02:


20250208_222055.jpg


wah, salah tuang dong..... gimana ini hu? mesin jebol? turun mesin? apa bisa diakalin?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12363
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Sat Feb 08, 2025 15:22
Suryaputra wrote: Sat Feb 08, 2025 15:16

pk ini aja mbah

Image :mky_02:



20250208_222055.jpg



wah, salah tuang dong..... gimana ini hu? mesin jebol? turun mesin? apa bisa diakalin?
Gpp mbah
Tinggal bongkar aja oil pan nya
Pk hentul mbah suhu yg super lengkap itu.

Ntar ngencenginnya tinggal pk impact wrench aja di torsi maksimum
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11796
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Sat Feb 08, 2025 15:35
Gpp mbah
Tinggal bongkar aja oil pan nya
Pk hentul mbah suhu yg super lengkap itu.

Ntar ngencenginnya tinggal pk impact wrench aja di torsi maksimum



oke suhu..... laksanakan.

sayang ya musti dibuang oli pastronnya, padahal API serpisnya udah SuryaPutra ge ep 6.



20250208_195409.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
tohpati
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Honda Freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by tohpati »

marmut wrote: Sat Feb 08, 2025 17:37
Suryaputra wrote: Sat Feb 08, 2025 15:35
Gpp mbah
Tinggal bongkar aja oil pan nya
Pk hentul mbah suhu yg super lengkap itu.

Ntar ngencenginnya tinggal pk impact wrench aja di torsi maksimum


oke suhu..... laksanakan.

sayang ya musti dibuang oli pastronnya, padahal API serpisnya udah SuryaPutra ge ep 6.




20250208_195409.jpg
Next oci mau coba 0w20.
Kandidatnya ini atau Eneos X.
Gimana Techno, Mbah, enak aja kah? :big_peace:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11796
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

tohpati wrote: Sat Feb 08, 2025 18:27


Gimana Techno, Mbah, enak aja kah? :big_peace:


krn ga suka dugem jd pusing kalo denger techno :shock: :shock: :shock:

dengerin khruangbin aja ama yg lokalan kaya the jansen, lebih enak.

:big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27529
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Feb 08, 2025 14:25
DOHC wrote: Sat Feb 08, 2025 13:41



20250208_202033.jpg



mobil tua banget jaman purba, taun 2013 mesin V6 korting 50%. rem blakang tromol, ac single blower, non stabilizer, non ABS, non airbag, non rear defogger.
odo setinggi itu bagusnya pake oli mesin apa?
lah kita orang jg pake kembaran nya

enjin resing itu

bagus nya pake mesran super, ud terbukti di mikrolet, kojang jaya puluhan taon buat nyari duit kebut2an d jalan


tp pas tuang nya wajip pas kemis pon, trus di kolong mobil taroh pisang sesisir ama kopi manis kopi pait masing2 segelas, trus semaleman kasi dupa tjap gunung kawi, biar mesin nya selamet
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Woompy »

Baru melakukan UOA oli Amsoil SS 0w20 di mesin 1KRVET untuk pemakaian 10.100 km selama 4.5 bulan. Hasilnya oke, metal wear jauh lebih minim dibandingkan dahulu waktu UOA di mesin K12M.
UOA1.png
UOA2.png
Yah udah mulai masuk range SAE 30 sih olinya, tapi untuk OXI harusnya masih normal karena dari hasil VOA (nyomot dari BITOG) juga udah 47
WhatsApp Image 2025-01-29 at 09.55.30_f42764e6.jpg
Overall puas lah pakai ini oli, walaupun agak mahal tapi feelnya konsisten dari awal ganti oli sampai di tap. Mesin tetap halus selama 10k pemakaian, walau 3 cyl jadi gak geter2 banget rasanya. Paling fc aja sih yg berasa sedikit berkurang dibanding waktu oli masih baru, itupun paling besar 5% lah pengaruhnya :off_good_job:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1739
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by AbdulHakim »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 0:09 Baru melakukan UOA oli Amsoil SS 0w20 di mesin 1KRVET untuk pemakaian 10.100 km selama 4.5 bulan. Hasilnya oke, metal wear jauh lebih minim dibandingkan dahulu waktu UOA di mesin K12M.

UOA1.png
UOA2.png

Yah udah mulai masuk range SAE 30 sih olinya, tapi untuk OXI harusnya masih normal karena dari hasil VOA (nyomot dari BITOG) juga udah 47

WhatsApp Image 2025-01-29 at 09.55.30_f42764e6.jpg

Overall puas lah pakai ini oli, walaupun agak mahal tapi feelnya konsisten dari awal ganti oli sampai di tap. Mesin tetap halus selama 10k pemakaian, walau 3 cyl jadi gak geter2 banget rasanya. Paling fc aja sih yg berasa sedikit berkurang dibanding waktu oli masih baru, itupun paling besar 5% lah pengaruhnya :off_good_job:
gimana gimana? masuk ke range SAE 30? :big_think:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 689
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by saturday »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 0:09 Baru melakukan UOA oli Amsoil SS 0w20 di mesin 1KRVET untuk pemakaian 10.100 km selama 4.5 bulan. Hasilnya oke, metal wear jauh lebih minim dibandingkan dahulu waktu UOA di mesin K12M.

UOA1.png
UOA2.png

Yah udah mulai masuk range SAE 30 sih olinya, tapi untuk OXI harusnya masih normal karena dari hasil VOA (nyomot dari BITOG) juga udah 47

WhatsApp Image 2025-01-29 at 09.55.30_f42764e6.jpg

Overall puas lah pakai ini oli, walaupun agak mahal tapi feelnya konsisten dari awal ganti oli sampai di tap. Mesin tetap halus selama 10k pemakaian, walau 3 cyl jadi gak geter2 banget rasanya. Paling fc aja sih yg berasa sedikit berkurang dibanding waktu oli masih baru, itupun paling besar 5% lah pengaruhnya :off_good_job:
Waduh 0W20 viskositas serasa 30? Oli UMKM kali tuh tiap batch beda-beda....

Begitu kan katanya 🏃🏻💨
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 691
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Chr1stm1 »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 0:09 Baru melakukan UOA oli Amsoil SS 0w20 di mesin 1KRVET untuk pemakaian 10.100 km selama 4.5 bulan. Hasilnya oke, metal wear jauh lebih minim dibandingkan dahulu waktu UOA di mesin K12M.

UOA1.png
UOA2.png

Yah udah mulai masuk range SAE 30 sih olinya, tapi untuk OXI harusnya masih normal karena dari hasil VOA (nyomot dari BITOG) juga udah 47

WhatsApp Image 2025-01-29 at 09.55.30_f42764e6.jpg

Overall puas lah pakai ini oli, walaupun agak mahal tapi feelnya konsisten dari awal ganti oli sampai di tap. Mesin tetap halus selama 10k pemakaian, walau 3 cyl jadi gak geter2 banget rasanya. Paling fc aja sih yg berasa sedikit berkurang dibanding waktu oli masih baru, itupun paling besar 5% lah pengaruhnya :off_good_job:
Termasuk ok lah, apalagi oil pan juga kecil dan kinerja mesin panas itu 1KR VET...
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2448
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 0:09 Baru melakukan UOA oli Amsoil SS 0w20 di mesin 1KRVET untuk pemakaian 10.100 km selama 4.5 bulan. Hasilnya oke, metal wear jauh lebih minim dibandingkan dahulu waktu UOA di mesin K12M.

UOA1.png
UOA2.png

Yah udah mulai masuk range SAE 30 sih olinya, tapi untuk OXI harusnya masih normal karena dari hasil VOA (nyomot dari BITOG) juga udah 47

WhatsApp Image 2025-01-29 at 09.55.30_f42764e6.jpg

Overall puas lah pakai ini oli, walaupun agak mahal tapi feelnya konsisten dari awal ganti oli sampai di tap. Mesin tetap halus selama 10k pemakaian, walau 3 cyl jadi gak geter2 banget rasanya. Paling fc aja sih yg berasa sedikit berkurang dibanding waktu oli masih baru, itupun paling besar 5% lah pengaruhnya :off_good_job:
IMO itu oxynya lumayan naik, oxidation = pengentalan oli. VOA oxy tinggi karena menganduk banyak ester. Iron sih bagus bgt itu wearnya, tapi ada coppernya ya...
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12363
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 0:09 Baru melakukan UOA oli Amsoil SS 0w20 di mesin 1KRVET untuk pemakaian 10.100 km selama 4.5 bulan. Hasilnya oke, metal wear jauh lebih minim dibandingkan dahulu waktu UOA di mesin K12M.

UOA1.png
UOA2.png

Yah udah mulai masuk range SAE 30 sih olinya, tapi untuk OXI harusnya masih normal karena dari hasil VOA (nyomot dari BITOG) juga udah 47

WhatsApp Image 2025-01-29 at 09.55.30_f42764e6.jpg

Overall puas lah pakai ini oli, walaupun agak mahal tapi feelnya konsisten dari awal ganti oli sampai di tap. Mesin tetap halus selama 10k pemakaian, walau 3 cyl jadi gak geter2 banget rasanya. Paling fc aja sih yg berasa sedikit berkurang dibanding waktu oli masih baru, itupun paling besar 5% lah pengaruhnya :off_good_job:
thanks for share mbah

masih mendinggg, daripada masuk ke SAE w16 or w8 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Woompy »

AbdulHakim wrote: Sun Feb 09, 2025 1:24 gimana gimana? masuk ke range SAE 30? :big_think:
Kalau menurut table ini v100 di 9.8 itu udah masuk range oli buntut 30. Tapi liat2 beberapa uoa amsoil ss punya orang lain sih ada beberapa yg v100nya udh di 9.7 juga
IMG_9470.png
saturday wrote: Sun Feb 09, 2025 1:35 Waduh 0W20 viskositas serasa 30? Oli UMKM kali tuh tiap batch beda-beda....

Begitu kan katanya 🏃🏻💨
Yah maklum lah merek yg scale of productionnya kecil, approval aja cuma bisa ngaku2 :big_weee:
Chr1stm1 wrote: Sun Feb 09, 2025 2:27
Termasuk ok lah, apalagi oil pan juga kecil dan kinerja mesin panas itu 1KR VET...
Betul sih oil pannya ini mesin relatif kecil, tapi kalo panas sih engga begitu ya. Kalo lagi cruising itu ect cuma 85-86°C, bejek2 dikit paling naik ke 88-89°C
sahabatq8 wrote: Sun Feb 09, 2025 3:14
IMO itu oxynya lumayan naik, oxidation = pengentalan oli. VOA oxy tinggi karena menganduk banyak ester. Iron sih bagus bgt itu wearnya, tapi ada coppernya ya...
Ane pernah liat batas maksimal naik oxi itu 30, dari 47 ke 70 naik 23 harusnya masih aman lah ya. Liat2 uoa di forum luar jg emg ada beberapa yg oxinya naik sih. Kalo soal copper pernah dulu waktu uoa di mesin K12M malah lebih tinggi wear coppernya dibanding iron…
IMG_9466.png
Suryaputra wrote: Sun Feb 09, 2025 3:44
thanks for share mbah

masih mendinggg, daripada masuk ke SAE w16 or w8 :big_biglaugh:
at least olinya gak nguap sama masih ok rasanya sampai masa oci, perlindungannya jg masih oke 👍🏻
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1739
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by AbdulHakim »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 9:01
AbdulHakim wrote: Sun Feb 09, 2025 1:24 gimana gimana? masuk ke range SAE 30? :big_think:
Kalau menurut table ini v100 di 9.8 itu udah masuk range oli buntut 30. Tapi liat2 beberapa uoa amsoil ss punya orang lain sih ada beberapa yg v100nya udh di 9.7 juga

IMG_9470.png

Ane pernah liat batas maksimal naik oxi itu 30, dari 47 ke 70 naik 23 harusnya masih aman lah ya. Liat2 uoa di forum luar jg emg ada beberapa yg oxinya naik sih. Kalo soal copper pernah dulu waktu uoa di mesin K12M malah lebih tinggi wear coppernya dibanding iron…

IMG_9466.png
hmm.. i see
masih penasaran itu copper kira-kira timbul dari mana ya?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11796
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 9:01

Ane pernah liat batas maksimal naik oxi itu 30, dari 47 ke 70 naik 23 harusnya masih aman lah ya. Liat2 uoa di forum luar jg emg ada beberapa yg oxinya naik sih. Kalo soal copper pernah dulu waktu uoa di mesin K12M malah lebih tinggi wear coppernya dibanding iron…

IMG_9466.png




waktu itu pake oli merk apa?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12363
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 9:01
AbdulHakim wrote: Sun Feb 09, 2025 1:24 gimana gimana? masuk ke range SAE 30? :big_think:
Kalau menurut table ini v100 di 9.8 itu udah masuk range oli buntut 30. Tapi liat2 beberapa uoa amsoil ss punya orang lain sih ada beberapa yg v100nya udh di 9.7 juga

IMG_9470.png
saturday wrote: Sun Feb 09, 2025 1:35 Waduh 0W20 viskositas serasa 30? Oli UMKM kali tuh tiap batch beda-beda....

Begitu kan katanya 🏃🏻💨
Yah maklum lah merek yg scale of productionnya kecil, approval aja cuma bisa ngaku2 :big_weee:
Chr1stm1 wrote: Sun Feb 09, 2025 2:27
Termasuk ok lah, apalagi oil pan juga kecil dan kinerja mesin panas itu 1KR VET...
Betul sih oil pannya ini mesin relatif kecil, tapi kalo panas sih engga begitu ya. Kalo lagi cruising itu ect cuma 85-86°C, bejek2 dikit paling naik ke 88-89°C
sahabatq8 wrote: Sun Feb 09, 2025 3:14
IMO itu oxynya lumayan naik, oxidation = pengentalan oli. VOA oxy tinggi karena menganduk banyak ester. Iron sih bagus bgt itu wearnya, tapi ada coppernya ya...
Ane pernah liat batas maksimal naik oxi itu 30, dari 47 ke 70 naik 23 harusnya masih aman lah ya. Liat2 uoa di forum luar jg emg ada beberapa yg oxinya naik sih. Kalo soal copper pernah dulu waktu uoa di mesin K12M malah lebih tinggi wear coppernya dibanding iron…

IMG_9466.png
Suryaputra wrote: Sun Feb 09, 2025 3:44
thanks for share mbah

masih mendinggg, daripada masuk ke SAE w16 or w8 :big_biglaugh:
at least olinya gak nguap sama masih ok rasanya sampai masa oci, perlindungannya jg masih oke 👍🏻
Gak usah dipikirin mbah
Ntar stress
Yg penting dompet susah lipatt klo kata suhu SM

Dinikmati aja bisa hiling ke tempat masas :upss: :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2448
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 9:01
AbdulHakim wrote: Sun Feb 09, 2025 1:24 gimana gimana? masuk ke range SAE 30? :big_think:
Kalau menurut table ini v100 di 9.8 itu udah masuk range oli buntut 30. Tapi liat2 beberapa uoa amsoil ss punya orang lain sih ada beberapa yg v100nya udh di 9.7 juga

IMG_9470.png
saturday wrote: Sun Feb 09, 2025 1:35 Waduh 0W20 viskositas serasa 30? Oli UMKM kali tuh tiap batch beda-beda....

Begitu kan katanya 🏃🏻💨
Yah maklum lah merek yg scale of productionnya kecil, approval aja cuma bisa ngaku2 :big_weee:
Chr1stm1 wrote: Sun Feb 09, 2025 2:27
Termasuk ok lah, apalagi oil pan juga kecil dan kinerja mesin panas itu 1KR VET...
Betul sih oil pannya ini mesin relatif kecil, tapi kalo panas sih engga begitu ya. Kalo lagi cruising itu ect cuma 85-86°C, bejek2 dikit paling naik ke 88-89°C
sahabatq8 wrote: Sun Feb 09, 2025 3:14
IMO itu oxynya lumayan naik, oxidation = pengentalan oli. VOA oxy tinggi karena menganduk banyak ester. Iron sih bagus bgt itu wearnya, tapi ada coppernya ya...
Ane pernah liat batas maksimal naik oxi itu 30, dari 47 ke 70 naik 23 harusnya masih aman lah ya. Liat2 uoa di forum luar jg emg ada beberapa yg oxinya naik sih. Kalo soal copper pernah dulu waktu uoa di mesin K12M malah lebih tinggi wear coppernya dibanding iron…

IMG_9466.png
Suryaputra wrote: Sun Feb 09, 2025 3:44
thanks for share mbah

masih mendinggg, daripada masuk ke SAE w16 or w8 :big_biglaugh:
at least olinya gak nguap sama masih ok rasanya sampai masa oci, perlindungannya jg masih oke 👍🏻
Kalo copper normalnya itu beberapa ppm aja, kalo tinggi sampe puluhan itu bearingnya kena biasanya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2448
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

AbdulHakim wrote: Sun Feb 09, 2025 9:30
Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 9:01
AbdulHakim wrote: Sun Feb 09, 2025 1:24 gimana gimana? masuk ke range SAE 30? :big_think:
Kalau menurut table ini v100 di 9.8 itu udah masuk range oli buntut 30. Tapi liat2 beberapa uoa amsoil ss punya orang lain sih ada beberapa yg v100nya udh di 9.7 juga

IMG_9470.png

Ane pernah liat batas maksimal naik oxi itu 30, dari 47 ke 70 naik 23 harusnya masih aman lah ya. Liat2 uoa di forum luar jg emg ada beberapa yg oxinya naik sih. Kalo soal copper pernah dulu waktu uoa di mesin K12M malah lebih tinggi wear coppernya dibanding iron…

IMG_9466.png
hmm.. i see
masih penasaran itu copper kira-kira timbul dari mana ya?
Copper biasanya dari bearing
UOA
Bearing failure akibat saluran oli tersumbat
Screenshot_20250209_171735.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Woompy »

AbdulHakim wrote: Sun Feb 09, 2025 9:30 hmm.. i see
masih penasaran itu copper kira-kira timbul dari mana ya?
Bisa jadi dari bearing, tapi bisa jadi juga dari cam. Selengkapnya bisa cek disini https://www.miltoncat.com/improving-pe ... paper.aspx
marmut wrote: Sun Feb 09, 2025 9:30
waktu itu pake oli merk apa?
nih ane bantu zoom-in…
IMG_9466.jpeg
sahabatq8 wrote: Sun Feb 09, 2025 10:16 Kalo copper normalnya itu beberapa ppm aja, kalo tinggi sampe puluhan itu bearingnya kena biasanya
Boleh share reference yang menyatakan demikian? Anyway waktu itu sih mesinnya baik2 saja, still going strong sampai puluhan ribu km berikutnya. Di uoa berikutnya dengan oli yang lain jg sudah berkurang copper wearnya…
IMG_9467.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27529
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

sudah kuduga....

si oli mikrolet

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2448
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 11:07
AbdulHakim wrote: Sun Feb 09, 2025 9:30 hmm.. i see
masih penasaran itu copper kira-kira timbul dari mana ya?
Bisa jadi dari bearing, tapi bisa jadi juga dari cam. Selengkapnya bisa cek disini https://www.miltoncat.com/improving-pe ... paper.aspx
marmut wrote: Sun Feb 09, 2025 9:30
waktu itu pake oli merk apa?
nih ane bantu zoom-in…
IMG_9466.jpeg
sahabatq8 wrote: Sun Feb 09, 2025 10:16 Kalo copper normalnya itu beberapa ppm aja, kalo tinggi sampe puluhan itu bearingnya kena biasanya
Boleh share reference yang menyatakan demikian? Anyway waktu itu sih mesinnya baik2 saja, still going strong sampai puluhan ribu km berikutnya. Di uoa berikutnya dengan oli yang lain jg sudah berkurang copper wearnya…

IMG_9467.png
Bisa juga kalau baru pasang oil cooler/leaching. Kalau leaching biasanya makin lama makin sendikit. Bisa juga dari brass, beberapa mesin mengandung material brass.

Untuk referensi mengenai Copper di UOA bisa lihat disini
https://www.fluidlife.com/blog-determin ... ere%20wear.

Kalo di Blackstone labs dia biasanya keluarin kyk universal average, rekomendasinya di belasan
images (6).png
Kalo di UOA yang saya positing itu udah bongkar mesin, hasilnya bener bearingnya kaput akibat saluran oli macet, makanya copper sampe 90an . Mobil N55 335i
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2kdpelan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by 2kdpelan »

DOHC wrote: Sun Feb 09, 2025 11:28 sudah kuduga....

si oli mikrolet

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
Mengutip omongan teman, kalo UOa metal wear tinggi;


Kalau oli orang lain = oli nya tidak melumasi dgn baik.

Kalau oli jualannya dia = mesin lo busuk
Last edited by 2kdpelan on Sun Feb 09, 2025 12:14, edited 1 time in total.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11796
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Feb 08, 2025 23:54
lah kita orang jg pake kembaran nya

enjin resing itu

bagus nya pake mesran super, ud terbukti di mikrolet, kojang jaya puluhan taon buat nyari duit kebut2an d jalan


tp pas tuang nya wajip pas kemis pon, trus di kolong mobil taroh pisang sesisir ama kopi manis kopi pait masing2 segelas, trus semaleman kasi dupa tjap gunung kawi, biar mesin nya selamet



1. pisang raja? pisang uli? pisang cavendish? pisang tanduk? pisang ambon? pisang mas? pisang lampung? pisang barangan? pisang sale? pisang epe? pisang goreng kipas? pisang meses keju susu? pisang rebus?

2. kopi robusta apa arabika? light roast? medium roast? dark roast? medium to dark?
origin? aceh? sidikalang? gunung halu? bali? papua? brazil? kenya? vietnam? atau mana?
pake dripper atau v60 atau tubruk atau moka pot atau cold brew?
manis pake skm apa gula? gula merah apa gula putih?

jangan sampe salah menu entar tau² drain plug nyoplok dijalan.....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27529
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

2kdpelan wrote: Sun Feb 09, 2025 12:13
DOHC wrote: Sun Feb 09, 2025 11:28 sudah kuduga....

si oli mikrolet

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
Mengutip omongan teman, kalo UOa metal wear tinggi;


Kalau oli orang lain = oli nya tidak melumasi dgn baik.

Kalau oli jualannya dia = mesin lo busuk
namanya jg oli mikrolet, promosi aj ga modal nyepam sana sini, ud percis kaya mikrolet yg doyan nyodok sana sini :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Last edited by DOHC on Sun Feb 09, 2025 12:24, edited 1 time in total.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27529
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Feb 09, 2025 12:13
DOHC wrote: Sat Feb 08, 2025 23:54
lah kita orang jg pake kembaran nya

enjin resing itu

bagus nya pake mesran super, ud terbukti di mikrolet, kojang jaya puluhan taon buat nyari duit kebut2an d jalan


tp pas tuang nya wajip pas kemis pon, trus di kolong mobil taroh pisang sesisir ama kopi manis kopi pait masing2 segelas, trus semaleman kasi dupa tjap gunung kawi, biar mesin nya selamet



1. pisang raja? pisang uli? pisang cavendish? pisang tanduk? pisang ambon? pisang mas? pisang lampung? pisang barangan? pisang sale? pisang epe? pisang goreng kipas? pisang meses keju susu? pisang rebus?

2. kopi robusta apa arabika? light roast? medium roast? dark roast? medium to dark?
origin? aceh? sidikalang? gunung halu? bali? papua? brazil? kenya? vietnam? atau mana?
pake dripper atau v60 atau tubruk atau moka pot atau cold brew?
manis pake skm apa gula? gula merah apa gula putih?

jangan sampe salah menu entar tau² drain plug nyoplok dijalan.....
pisang wajip pisang mas yg uda mateng , jgn salah

kopi tubruk pake kapalapi aj ckup biar merakyat, yg manis pake gula pasir putih 2 sendok makan, yg pait jgn pake gula samsek
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: