EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat Feb 15, 2025 4:25
sama

lebih sering liat seal dibanding atto3 atau dolphin. kliatan banget ini merek fomo nya. yang main juga anak2 hobi yang ngincer 3.8s nya. bukan emang buat commuter car.

M6 apalagi flop itu kabin banyak yang ngeluh sempit dan kurang nyaman.
kalo di rumah saya kebanyakan di pake buat gantiin bmw yang dipake buat nguli beberapa tetangga mobilnya selalu seal atau ev + fortuner :mky_07:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 6:59
iya emang EV kan jualannya zero to bla bla. ama gimmick pleng
hrv ama brio ketolong karena rivalnya pada gajes aja sih. CRV itu kemahalan untuk skrg, accord bentar lagi camry hyrbid masuk ofc banyak yg lirik camry hybrid, WRV BRV CITY itu menrutuku strategi harganya aneh, mestinya wrv kalo di 250 aja dah bisa goyang duo RR cabe rawit, ini kalo gasalah hyundai masukin venue cman 1.0tGDI DCT (belum tau harga pasti , rumor 350an) yah susah juga. BRV 320 dengan interior jarum2 aduh enggak banget sih di 2020s, CITY apalagi mah malah dijadiin hatchies gabawa Jazz, mestinya ikut SG tetep body jazz tapi mesin WRV L15zf gakusah pake GDI mah pasti laku tuh toh sebenrnya L15zf sejauh ini mirip2 kok ama L15z1 cman "ganti DOHC doang"

bisa jadi ini yang saya bilang di thread nissan-honda kemarin ntar 1 april ada perombakan di sisi manajerial. mungkin ini juga yang mereka liat di ASEAN mereka mulai "kalah"

yah ini juga yang saya sesalkan honda "telat" ngasih global platform masih pake manufactures lama kolot terhadap perubahan terutama opsi powertrain.

bisa jadi BYD sih AION ma Geely agak susah
ya harganya mepet cumi cumi sih... cocok buat kaum ngaspoll tapi males isi bensin.

asean market ini emang otomotif pasti down sih. status quo market goyang tapi not enuff trust ke chinese brand dan EV infrastructure masih medioker.

hasilnya either stick ke mobil lamanya / nunda, yang nyerap market EV cuma OKL yang butuh mainan baru aja alias bener FOMO. liat yang laku macem BYD seal gitu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kayukayuthe5th
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 480
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Sat Feb 15, 2025 7:19
kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 6:59
iya emang EV kan jualannya zero to bla bla. ama gimmick pleng
hrv ama brio ketolong karena rivalnya pada gajes aja sih. CRV itu kemahalan untuk skrg, accord bentar lagi camry hyrbid masuk ofc banyak yg lirik camry hybrid, WRV BRV CITY itu menrutuku strategi harganya aneh, mestinya wrv kalo di 250 aja dah bisa goyang duo RR cabe rawit, ini kalo gasalah hyundai masukin venue cman 1.0tGDI DCT (belum tau harga pasti , rumor 350an) yah susah juga. BRV 320 dengan interior jarum2 aduh enggak banget sih di 2020s, CITY apalagi mah malah dijadiin hatchies gabawa Jazz, mestinya ikut SG tetep body jazz tapi mesin WRV L15zf gakusah pake GDI mah pasti laku tuh toh sebenrnya L15zf sejauh ini mirip2 kok ama L15z1 cman "ganti DOHC doang"

bisa jadi ini yang saya bilang di thread nissan-honda kemarin ntar 1 april ada perombakan di sisi manajerial. mungkin ini juga yang mereka liat di ASEAN mereka mulai "kalah"

yah ini juga yang saya sesalkan honda "telat" ngasih global platform masih pake manufactures lama kolot terhadap perubahan terutama opsi powertrain.

bisa jadi BYD sih AION ma Geely agak susah
ya harganya mepet cumi cumi sih... cocok buat kaum ngaspoll tapi males isi bensin.

asean market ini emang otomotif pasti down sih. status quo market goyang tapi not enuff trust ke chinese brand dan EV infrastructure masih medioker.

hasilnya either stick ke mobil lamanya / nunda, yang nyerap market EV cuma OKL yang butuh mainan baru aja alias bener FOMO. liat yang laku macem BYD seal gitu.
cman still kemahalan,

yah tapi tentu harus kompetitif mau sampe kapan milking l12 ama l15 mulu hehe bisalah jump ke N seriesn

yes dan EVs aja udah mulai turun di malay. yah emang lagi saturated marketnya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 8:24 cman still kemahalan,

yah tapi tentu harus kompetitif mau sampe kapan milking l12 ama l15 mulu hehe bisalah jump ke N seriesn

yes dan EVs aja udah mulai turun di malay. yah emang lagi saturated marketnya.
si ahond agaknya soal enjin niru strategi toyota skrg.... ya udah kebukti sukses. di asean ngga terlalu fancy new tech, nggak peduli emisi karbon,

yang penting durable, ya udah mesin pake L15 L15 terus aja. kan sama kayak toyota belasan taun baru ganti 2KD ke 2GD. ini GD engine aja udah 10 taun.

atau NZ series yang baru dapet penggantian NR series setelah 15 taun.

emang nasibnya negara third world aja ini mah.

lebih bagusnya honda middle up lineups nya memang dikasih tech terbaik dari dulu... dari K series, turbo, hybrid sekarang... toyota middle up dulu camry V70 aja masih pake 2AR engine di awal. corolla cross / altis hybrid juga masih hybrid 4th generation belum 5th kayak zenix.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kayukayuthe5th
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 480
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Sat Feb 15, 2025 8:34
kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 8:24 cman still kemahalan,

yah tapi tentu harus kompetitif mau sampe kapan milking l12 ama l15 mulu hehe bisalah jump ke N seriesn

yes dan EVs aja udah mulai turun di malay. yah emang lagi saturated marketnya.
si ahond agaknya soal enjin niru strategi toyota skrg.... ya udah kebukti sukses. di asean ngga terlalu fancy new tech, nggak peduli emisi karbon,

yang penting durable, ya udah mesin pake L15 L15 terus aja. kan sama kayak toyota belasan taun baru ganti 2KD ke 2GD. ini GD engine aja udah 10 taun.

atau NZ series yang baru dapet penggantian NR series setelah 15 taun.

emang nasibnya negara third world aja ini mah.

lebih bagusnya honda middle up lineups nya memang dikasih tech terbaik dari dulu... dari K series, turbo, hybrid sekarang... toyota middle up dulu camry V70 aja masih pake 2AR engine di awal. corolla cross / altis hybrid juga masih hybrid 4th generation belum 5th kayak zenix.
true kalo di negara +62 asal bandel hehe

iya paham masalahnya toyota di 1.5 juga tetep evolt juga. yah ini juga evolt sih akhirnya DOHC di l15zf hehe
gausah nambah 30-50 lah nambah 2-5 hp more than enough malah yang pling gokil bawa KR-VET nya dimainstream menurutku agak gambling tapi its work, mungkin honda bisa contoh tuh l10b pake MPFI ga GDI mode.

masalahnya toyota di luar negeri mesinnya dah baru semua ini honda masih pake jaman hachigo 2015 itu sih hehe plus next year toyota dah updates tuh next gen hybrid pertama lewat newgen corolla (belum jelas apa jadi pake DM-I ato pake inhouse)

yah emang 3rd world country problem sih.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »





VIDEO drama liburan imlek ud nongol nih :wkkk:
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: EV's Safety?

Post by Jenson »

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 6:59
b0ku wrote: Fri Feb 14, 2025 3:04
Bibieight wrote: Fri Feb 14, 2025 2:47
Naini, pinteran Hyundai Indon, kalo dimari ganti housing+modul penyok jalan lagi, kalo di US dibuang ganti baru :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Mungkin kalo disana labor cost mahal kali yak ?
atau mereka tau yang kita gak tau om sesuatu yang lebih aman kalo di ganti whole, kalo di ganti dikit2x mungkin ada resikonya tapi kecil tau sendiri om SOP sini dan std safety lebih rendah :mky_03:

mungkin ada alesan kenapa BYD las mati semua batrenya padahal blade battery kalo maen ketengan enak itu gantinya :big_biglaugh:
nganu mbah kalo di negeri +62 ga dilas mati. kena kerikil depan kompleks bisa jadi maslaah :big_chicken:
b0ku wrote: Sat Feb 15, 2025 1:00
Jenson wrote: Fri Feb 14, 2025 17:43
Ahond ini makin aneh taktik dgangnya, pricing ketinggian gajelas (cb cek harga d malay, beda jauhh), lineup hybrid ditahan tahan. Stepwgn cmn dipajang mulu ampe lempem. Padahal mobil bagus, tp gaya dagang kaya mau nyusul nissin.
perusahaannya maunya image green tapi konsumen dan fanbasednya petrolhead semua belom ngomongin heritage motorsportnya kuat sampe2x di jepang sana KEI carsnya aja di bikin one make race.........



jd gini perusahaannya maunya keluarin mobil yang ECO2XAN konsumennya kagak mau akhirnya ya kayak gini coba bijak DIKIT kayak CRV/ACCORD pake 2.0 turbo 8speed at, mesin 1.5 pakein 6at, CVT mah kasih aja buat mobil orang kismin.......... :ngacir:
definisi vegan tapi buka steakhouse (lupa gwa quotes sapa ini hehe)
ChZ wrote: Sat Feb 15, 2025 4:25
b0ku wrote: Fri Feb 14, 2025 8:08
lagian liat seal bisa lebih moncer dari atto sama dolphin aja si saya ud ngeri keliatan banget FOMOnya artinya yang beli marketnya cuma yang punya duit gitu abis ud deh drop gila2xan :big_bored:

kalo cuma nilai dari masuk berapa besar di bulan2x fomo mah jgn di itung liat aja tuh HYUNDEI waktu awal2x kenceng bener honda aja kalah sampe diketwain sekarang memble juga tiarap di bawah honda :big_bored:
sama

lebih sering liat seal dibanding atto3 atau dolphin. kliatan banget ini merek fomo nya. yang main juga anak2 hobi yang ngincer 3.8s nya. bukan emang buat commuter car.

M6 apalagi flop itu kabin banyak yang ngeluh sempit dan kurang nyaman.
iya emang EV kan jualannya zero to bla bla. ama gimmick pleng
b0ku wrote: Fri Feb 14, 2025 12:45
ctopher7 wrote: Fri Feb 14, 2025 12:28 https://www.instagram.com/share/_icNFyUSD

moga moga yang kyk gini ga punah karna ev, ngeliatnya zen banget. mobil jdm di pom bensin jepang, kalcer 100%
kapan eneos masuk wakanda oli eneos bensin eneos mantep dah :mky_03:
wah ok juga bensin eneos masuk :big_comfort:
mobilover wrote: Fri Feb 14, 2025 7:24
Jenson wrote: Fri Feb 14, 2025 7:11

Lawak ni ahond, di Thailand kalo gasalah 10 jutaan. Itu aja ud mahal. Udh ngebet keknya dealer2nya mau digulung tikerin diganti BYD / Chery :big_biglaugh:
Isu isu yg saya denger, karyawan HPM banyak yg resign krn bonusnya kecil tapi dituntut kerjaannya banyak. Toh skrg mereka hanya bisa andalin jualan brio dan hrv. Wrv dan brv gak perform. Crv nik tahun lalu aja masih banyak stok. Mereka jg ga punya line up hybrid harga merakyat di range 300 - 500 jutaan.

Curiganya om mgkn ada benernya sih kl gak ada perubahan, dealer honda bakal ganti baju ke dealer BYD / Aion / Geely. Secara 3 merek ini yg lagi massif penetrasinya dan agresif
hrv ama brio ketolong karena rivalnya pada gajes aja sih. CRV itu kemahalan untuk skrg, accord bentar lagi camry hyrbid masuk ofc banyak yg lirik camry hybrid, WRV BRV CITY itu menrutuku strategi harganya aneh, mestinya wrv kalo di 250 aja dah bisa goyang duo RR cabe rawit, ini kalo gasalah hyundai masukin venue cman 1.0tGDI DCT (belum tau harga pasti , rumor 350an) yah susah juga. BRV 320 dengan interior jarum2 aduh enggak banget sih di 2020s, CITY apalagi mah malah dijadiin hatchies gabawa Jazz, mestinya ikut SG tetep body jazz tapi mesin WRV L15zf gakusah pake GDI mah pasti laku tuh toh sebenrnya L15zf sejauh ini mirip2 kok ama L15z1 cman "ganti DOHC doang"

bisa jadi ini yang saya bilang di thread nissan-honda kemarin ntar 1 april ada perombakan di sisi manajerial. mungkin ini juga yang mereka liat di ASEAN mereka mulai "kalah"

yah ini juga yang saya sesalkan honda "telat" ngasih global platform masih pake manufactures lama kolot terhadap perubahan terutama opsi powertrain.

bisa jadi BYD sih AION ma Geely agak susah
Kmrn ini ngobrol sama temen yg kenalan bos ahond plat D, dagang seret bbrp diler lg dikeker buat ditutup. Yg tirple diamond lebih parah ktnya bsa sebulan ad diler cmn kejual bbrp unit
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Jenson wrote: Sun Feb 16, 2025 17:53 Kmrn ini ngobrol sama temen yg kenalan bos ahond plat D, dagang seret bbrp diler lg dikeker buat ditutup. Yg tirple diamond lebih parah ktnya bsa sebulan ad diler cmn kejual bbrp unit


tetep om 5thn lagi jualan kek gini terus bisa2x pada bubar honda mah cuma butuh perampingan dealer aja sama ganti model jgn cvt sama maen hybrid mulu terutama di line up accord sama crv jiaaaah masa mesinnya kek gitu :big_biglaugh:

keliatan kok orang ud begah sama 1.5turbo kalo di cipik masih wajar cuma kalo ud ngomongin crv sama accord yang biasa pake k24 mesin 1.5 itu kekecilan dan gak pantes ditambaj cvt pulak :big_bored:

ditambah di line up B segment butuh ganti gearbox dari cvt..... :ngacir:

liat aja di amrik accord flop itu lagian opsi cuma 1.5T sama hybrid pasahal orang sana gila mesin gede ...... :big_biglaugh:

coba liat aja ni camry selamet gak bisa2x buyernya lari beli mobil jerman gila hybrid semua :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 480
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Sun Feb 16, 2025 22:25
Jenson wrote: Sun Feb 16, 2025 17:53 Kmrn ini ngobrol sama temen yg kenalan bos ahond plat D, dagang seret bbrp diler lg dikeker buat ditutup. Yg tirple diamond lebih parah ktnya bsa sebulan ad diler cmn kejual bbrp unit


tetep om 5thn lagi jualan kek gini terus bisa2x pada bubar honda mah cuma butuh perampingan dealer aja sama ganti model jgn cvt sama maen hybrid mulu terutama di line up accord sama crv jiaaaah masa mesinnya kek gitu :big_biglaugh:

keliatan kok orang ud begah sama 1.5turbo kalo di cipik masih wajar cuma kalo ud ngomongin crv sama accord yang biasa pake k24 mesin 1.5 itu kekecilan dan gak pantes ditambaj cvt pulak :big_bored:

ditambah di line up B segment butuh ganti gearbox dari cvt..... :ngacir:

liat aja di amrik accord flop itu lagian opsi cuma 1.5T sama hybrid pasahal orang sana gila mesin gede ...... :big_biglaugh:

coba liat aja ni camry selamet gak bisa2x buyernya lari beli mobil jerman gila hybrid semua :big_biglaugh:
sepakat terlalu banyak downsized, ama varian powertrain honda ga updates signifikan ada emang istilah "if doesnt broke , dontfixit" tapi mau sampe kapan milking mulu. 1.5t aja dah banyak yang dilution issue, CVT juga kaianya cocoknya cman ama 1.5NA ama 2.0 doang.


camry masih selamet , 2.4l hybrid kok itu mesin cukup ok XV80. pecah rekor juga
Jenson wrote: Sun Feb 16, 2025 17:53
kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 6:59
b0ku wrote: Fri Feb 14, 2025 3:04 atau mereka tau yang kita gak tau om sesuatu yang lebih aman kalo di ganti whole, kalo di ganti dikit2x mungkin ada resikonya tapi kecil tau sendiri om SOP sini dan std safety lebih rendah :mky_03:

mungkin ada alesan kenapa BYD las mati semua batrenya padahal blade battery kalo maen ketengan enak itu gantinya :big_biglaugh:
nganu mbah kalo di negeri +62 ga dilas mati. kena kerikil depan kompleks bisa jadi maslaah :big_chicken:
b0ku wrote: Sat Feb 15, 2025 1:00 perusahaannya maunya image green tapi konsumen dan fanbasednya petrolhead semua belom ngomongin heritage motorsportnya kuat sampe2x di jepang sana KEI carsnya aja di bikin one make race.........



jd gini perusahaannya maunya keluarin mobil yang ECO2XAN konsumennya kagak mau akhirnya ya kayak gini coba bijak DIKIT kayak CRV/ACCORD pake 2.0 turbo 8speed at, mesin 1.5 pakein 6at, CVT mah kasih aja buat mobil orang kismin.......... :ngacir:
definisi vegan tapi buka steakhouse (lupa gwa quotes sapa ini hehe)
ChZ wrote: Sat Feb 15, 2025 4:25 sama

lebih sering liat seal dibanding atto3 atau dolphin. kliatan banget ini merek fomo nya. yang main juga anak2 hobi yang ngincer 3.8s nya. bukan emang buat commuter car.

M6 apalagi flop itu kabin banyak yang ngeluh sempit dan kurang nyaman.
iya emang EV kan jualannya zero to bla bla. ama gimmick pleng
b0ku wrote: Fri Feb 14, 2025 12:45 kapan eneos masuk wakanda oli eneos bensin eneos mantep dah :mky_03:
wah ok juga bensin eneos masuk :big_comfort:
mobilover wrote: Fri Feb 14, 2025 7:24 Isu isu yg saya denger, karyawan HPM banyak yg resign krn bonusnya kecil tapi dituntut kerjaannya banyak. Toh skrg mereka hanya bisa andalin jualan brio dan hrv. Wrv dan brv gak perform. Crv nik tahun lalu aja masih banyak stok. Mereka jg ga punya line up hybrid harga merakyat di range 300 - 500 jutaan.

Curiganya om mgkn ada benernya sih kl gak ada perubahan, dealer honda bakal ganti baju ke dealer BYD / Aion / Geely. Secara 3 merek ini yg lagi massif penetrasinya dan agresif
hrv ama brio ketolong karena rivalnya pada gajes aja sih. CRV itu kemahalan untuk skrg, accord bentar lagi camry hyrbid masuk ofc banyak yg lirik camry hybrid, WRV BRV CITY itu menrutuku strategi harganya aneh, mestinya wrv kalo di 250 aja dah bisa goyang duo RR cabe rawit, ini kalo gasalah hyundai masukin venue cman 1.0tGDI DCT (belum tau harga pasti , rumor 350an) yah susah juga. BRV 320 dengan interior jarum2 aduh enggak banget sih di 2020s, CITY apalagi mah malah dijadiin hatchies gabawa Jazz, mestinya ikut SG tetep body jazz tapi mesin WRV L15zf gakusah pake GDI mah pasti laku tuh toh sebenrnya L15zf sejauh ini mirip2 kok ama L15z1 cman "ganti DOHC doang"

bisa jadi ini yang saya bilang di thread nissan-honda kemarin ntar 1 april ada perombakan di sisi manajerial. mungkin ini juga yang mereka liat di ASEAN mereka mulai "kalah"

yah ini juga yang saya sesalkan honda "telat" ngasih global platform masih pake manufactures lama kolot terhadap perubahan terutama opsi powertrain.

bisa jadi BYD sih AION ma Geely agak susah
Kmrn ini ngobrol sama temen yg kenalan bos ahond plat D, dagang seret bbrp diler lg dikeker buat ditutup. Yg tirple diamond lebih parah ktnya bsa sebulan ad diler cmn kejual bbrp unit
gak kaget, untuk mibe ini emang gajes petingginya, terlalu plinplan ma EVlover semua. triple diamond dah pede gamau issue merger ternyata flop juga. terlalu milking di 1.5NA yang marketnya udah saturated ama pricing aneh kaia xforce banderol 389 awal2 ckck (lagi dev HEV sih ini tapi rumor test di Thai).
Honda juga ngapain dev. cityhatch dah bener2 pake jazz volume maker, brio orang dah pada bosen, BRV nanggung, WRV itu datang terlalu lamban dimana duo RR ma sonet ah jalan 2 tahun hype CUV juga dah mulai turun yang skrg demam EV. ketolong aja itu roda dua yang "pemaaf" even ada isu rangka insaf. :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Mon Feb 17, 2025 1:05

sepakat terlalu banyak downsized, ama varian powertrain honda ga updates signifikan ada emang istilah "if doesnt broke , dontfixit" tapi mau sampe kapan milking mulu. 1.5t aja dah banyak yang dilution issue, CVT juga kaianya cocoknya cman ama 1.5NA ama 2.0 doang.


camry masih selamet , 2.4l hybrid kok itu mesin cukup ok XV80. pecah rekor juga
liat gerakannya si bisa kayak accord om :mky_03:

accord juga gitu pas 2023 naek karena model baru FOMO lama2x drop sejak GEN10 jualan accord ud mulai ngaco si saya bilang gara2x varian bawah mesinnya 1.5 turbo :big_bored:

tapi gara2x camry hybrid semua bisa jadi tahun ini accord malah naek :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 9:34
true kalo di negara +62 asal bandel hehe

iya paham masalahnya toyota di 1.5 juga tetep evolt juga. yah ini juga evolt sih akhirnya DOHC di l15zf hehe
gausah nambah 30-50 lah nambah 2-5 hp more than enough malah yang pling gokil bawa KR-VET nya dimainstream menurutku agak gambling tapi its work, mungkin honda bisa contoh tuh l10b pake MPFI ga GDI mode.

masalahnya toyota di luar negeri mesinnya dah baru semua ini honda masih pake jaman hachigo 2015 itu sih hehe plus next year toyota dah updates tuh next gen hybrid pertama lewat newgen corolla (belum jelas apa jadi pake DM-I ato pake inhouse)

yah emang 3rd world country problem sih.
dlu sempet isunya kan ahond mau kasih 1.0 turbo buat entry level tapi nggak jadi... malah pake L15ZF. KR-VET justru old tech itu dibanding WA-VE yang 1.2 malah canggihan WA-VE high compression engine macem skyactiv :mky_07:

agak berkebalikan ya dgn dulu... dulu honda selalu terdepan kalo technology... atleast sampe gen turbo bhp/liternya lebih gede bahkan dibanding europes pdhl itu masih low boost setup... well thought banget mesin turbonya cuma ada isu dikit di oil dilution krn terlalu dingin.

hybrid sih dari dulu diketekin toyota emang dia. baru e:HEV yang lumayan keeping up performance dan efficiencynya.
Last edited by ChZ on Mon Feb 17, 2025 3:20, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: EV's Safety?

Post by Jenson »

b0ku wrote: Sun Feb 16, 2025 22:25
Jenson wrote: Sun Feb 16, 2025 17:53 Kmrn ini ngobrol sama temen yg kenalan bos ahond plat D, dagang seret bbrp diler lg dikeker buat ditutup. Yg tirple diamond lebih parah ktnya bsa sebulan ad diler cmn kejual bbrp unit


tetep om 5thn lagi jualan kek gini terus bisa2x pada bubar honda mah cuma butuh perampingan dealer aja sama ganti model jgn cvt sama maen hybrid mulu terutama di line up accord sama crv jiaaaah masa mesinnya kek gitu :big_biglaugh:

keliatan kok orang ud begah sama 1.5turbo kalo di cipik masih wajar cuma kalo ud ngomongin crv sama accord yang biasa pake k24 mesin 1.5 itu kekecilan dan gak pantes ditambaj cvt pulak :big_bored:

ditambah di line up B segment butuh ganti gearbox dari cvt..... :ngacir:

liat aja di amrik accord flop itu lagian opsi cuma 1.5T sama hybrid pasahal orang sana gila mesin gede ...... :big_biglaugh:

coba liat aja ni camry selamet gak bisa2x buyernya lari beli mobil jerman gila hybrid semua :big_biglaugh:
Di CRV pas ane coba yang 1.5T berasa sih agak berat di putaran bawah buat gerakin body segede bagong. Di Civic masih lebih smooth krna kecil mobilnya.

Keknya kalo ambil CRV emang msti sikat yg hybrid, tp harganya itu loh buset :mky_03: ngincer market BMW dia keknyyta
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

Jenson wrote: Mon Feb 17, 2025 3:19
Di CRV pas ane coba yang 1.5T berasa sih agak berat di putaran bawah buat gerakin body segede bagong. Di Civic masih lebih smooth krna kecil mobilnya.

Keknya kalo ambil CRV emang msti sikat yg hybrid, tp harganya itu loh buset :mky_03: ngincer market BMW dia keknyyta
kalo hybrid susah ngerjain diesel2 tengil di transjawa om top speed ga dapat napas bergantung sama motor yang cuma 150 hp an... itu electric motor as good as running di 100 kph aja kalo >100 mudah sekali depleted hybrid.

turbo bisa ngerjain diesel tengil tinggal remap 260 hp bawa 5 orang juga sanggup ngerjain 1GD remap.

tapi balik lg dilema kalo beli brand new turbo males, beli RW turbo aja udah murah naikan juga tinggal upgrade michelin PS4SUV :mky_07:
Last edited by ChZ on Mon Feb 17, 2025 3:23, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: EV's Safety?

Post by Jenson »

b0ku wrote: Mon Feb 17, 2025 1:26
kayukayuthe5th wrote: Mon Feb 17, 2025 1:05

sepakat terlalu banyak downsized, ama varian powertrain honda ga updates signifikan ada emang istilah "if doesnt broke , dontfixit" tapi mau sampe kapan milking mulu. 1.5t aja dah banyak yang dilution issue, CVT juga kaianya cocoknya cman ama 1.5NA ama 2.0 doang.


camry masih selamet , 2.4l hybrid kok itu mesin cukup ok XV80. pecah rekor juga
liat gerakannya si bisa kayak accord om :mky_03:

accord juga gitu pas 2023 naek karena model baru FOMO lama2x drop sejak GEN10 jualan accord ud mulai ngaco si saya bilang gara2x varian bawah mesinnya 1.5 turbo :big_bored:

tapi gara2x camry hybrid semua bisa jadi tahun ini accord malah naek :big_biglaugh:
Kemaren ini smpet cek d IIMS, set dah itu Camry baru lawak bgt. Kualitas interiornya nurun, nuansa all bklacknya ntah kenapa bikin terkesan cheapo. Tuas pintunya juga jelek. Kalo disuruh pilih sih merem ambil Accord.

Cmn kalo looks luar ya si Camry slightly keliatan mewah, krna ke Lexus2an
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: EV's Safety?

Post by Jenson »

ChZ wrote: Mon Feb 17, 2025 3:21
Jenson wrote: Mon Feb 17, 2025 3:19
Di CRV pas ane coba yang 1.5T berasa sih agak berat di putaran bawah buat gerakin body segede bagong. Di Civic masih lebih smooth krna kecil mobilnya.

Keknya kalo ambil CRV emang msti sikat yg hybrid, tp harganya itu loh buset :mky_03: ngincer market BMW dia keknyyta
kalo hybrid susah ngerjain diesel2 tengil di transjawa om top speed ga dapat napas bergantung sama motor yang cuma 150 hp an... itu electric motor as good as running di 100 kph aja kalo >100 mudah sekali depleted hybrid.

turbo bisa ngerjain diesel tengil tinggal remap 260 hp bawa 5 orang juga sanggup ngerjain 1GD remap.

tapi balik lg dilema kalo beli brand new turbo males, beli RW turbo aja udah murah naikan juga tinggal upgrade michelin PS4SUV :mky_07:
RW turbo banyak issue CVT jeebol ga ya? Menarik juga ini barang secondnya ud kepala 2 - 3 an
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

Jenson wrote: Mon Feb 17, 2025 3:23
RW turbo banyak issue CVT jeebol ga ya? Menarik juga ini barang secondnya ud kepala 2 - 3 an
sejauh yang saya tau malah pada gondrong2 kilometernya om dan nggak pernah masuk kontennya si dokter dokteran :mky_03:

xtronic yang isunya dulu kenapa2 juga sekarang kayaknya gak denger lagi xtronic jebol.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Jenson wrote: Mon Feb 17, 2025 3:23
RW turbo banyak issue CVT jeebol ga ya? Menarik juga ini barang secondnya ud kepala 2 - 3 an
DI wakanda si engak anehnya di ameriki banyak yang jebol juga karena HIGH MILE CLUB mayoritas :big_biglaugh:
A well-maintained Honda CR-V with a CVT transmission can last 250,000 to 300,000 miles. This is equivalent to 15 to 20 years, depending on driving conditions and maintenance.
kalo cuma segitu disana mah gampang banget dapetinnya :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Feb 17, 2025 3:25
sejauh yang saya tau malah pada gondrong2 kilometernya om dan nggak pernah masuk kontennya si dokter dokteran :mky_03:

xtronic yang isunya dulu kenapa2 juga sekarang kayaknya gak denger lagi xtronic jebol.
kalo xtrail keliatannya susah jebol karena maen low end torque gak butuh di gentak powernya ud keluar sendiri paling ud mid speed baru gaspool lagi tapi dari low rpm ud enak :mky_03:

honda bisa gampang jebol karena maen high rpm juga jd kickdownnya itu buat ngail ke rpm atasnya makanya sebenernya malah gak cocok buat honda :big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety?

Post by ilhami »

zenix hybrid sudah terbukti mengalahkan akselerasi innova diesel. Transmisinya juga tidak pakai belt dan pulley lagi. Ada yang bisa jelaskan?
Jadi saya rasa CRV hybrid kandidat yang bagus.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Jenson wrote: Mon Feb 17, 2025 3:22
Kemaren ini smpet cek d IIMS, set dah itu Camry baru lawak bgt. Kualitas interiornya nurun, nuansa all bklacknya ntah kenapa bikin terkesan cheapo. Tuas pintunya juga jelek. Kalo disuruh pilih sih merem ambil Accord.

Cmn kalo looks luar ya si Camry slightly keliatan mewah, krna ke Lexus2an
kebanyakan gimmick akhirnya bq pun di korbanin :big_biglaugh:

padahal konsumen di kaasih 2.5 + 15at juga kenyang....... :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ilhami wrote: Mon Feb 17, 2025 3:34 zenix hybrid sudah terbukti mengalahkan akselerasi innova diesel. Transmisinya juga tidak pakai belt dan pulley lagi. Ada yang bisa jelaskan?
Jadi saya rasa CRV hybrid kandidat yang bagus.
motor listrik instant torque, tetep aja toyota kan biarpun CVT masih maen gear 1 buat launch ntar ud jalan baru oper ke CVT makanya awet :mky_03:

CX60 2.5 justru kandidat bagus........... :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Mon Feb 17, 2025 3:28
Jenson wrote: Mon Feb 17, 2025 3:23
RW turbo banyak issue CVT jeebol ga ya? Menarik juga ini barang secondnya ud kepala 2 - 3 an
DI wakanda si engak anehnya di ameriki banyak yang jebol juga karena HIGH MILE CLUB mayoritas :big_biglaugh:
A well-maintained Honda CR-V with a CVT transmission can last 250,000 to 300,000 miles. This is equivalent to 15 to 20 years, depending on driving conditions and maintenance.
kalo cuma segitu disana mah gampang banget dapetinnya :big_biglaugh:
ya berarti usage di wakanda relatif nggak akan aneh-aneh dalam waktu +- 20 tahun :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Mon Feb 17, 2025 3:31
kalo xtrail keliatannya susah jebol karena maen low end torque gak butuh di gentak powernya ud keluar sendiri paling ud mid speed baru gaspool lagi tapi dari low rpm ud enak :mky_03:

honda bisa gampang jebol karena maen high rpm juga jd kickdownnya itu buat ngail ke rpm atasnya makanya sebenernya malah gak cocok buat honda :big_biglaugh:
dulu T31 kan masih agak rame, T32 diperbarui jadi lebih bandel.

sebenernya software di CRV itu bagus kok, dia kalo injeknya gak pol ya dia transmisinya langsung lari ke overdrive buat lower temperature.

akselerasi kickdown pun dia cepet lock rasio pulley langsung jadi nggak kelamaan selip. ini ngurangin wear juga.

ya minimal klo dibandingin lineartronic nya subaru yang dipake lineup turbo (beda dgn NA) ini sih masih mirip2 ketahanannya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Feb 17, 2025 4:24
dulu T31 kan masih agak rame, T32 diperbarui jadi lebih bandel.

sebenernya software di CRV itu bagus kok, dia kalo injeknya gak pol ya dia transmisinya langsung lari ke overdrive buat lower temperature.

akselerasi kickdown pun dia cepet lock rasio pulley langsung jadi nggak kelamaan selip. ini ngurangin wear juga.
kalo mesin N/A kan gitu om makannya jebol semua tuh yang 1500 1800, turbo ya gak tau deh setelannya tapi torsinya pastinya gede juga gak butuh bejek dalem ditambah kalo setelan maen low end torque juga yaa tinggal tebak2x aja si harga businya berapa kalo mahal berarti emang buat ngail torsi bawah juga :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Feb 17, 2025 4:22
ya berarti usage di wakanda relatif nggak akan aneh-aneh dalam waktu +- 20 tahun :upss:
wakanda odo 150rb aja ud susah jual :big_biglaugh: