Koleksi hand tools [Part 13]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11795
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

kunaskun wrote: Tue Feb 04, 2025 12:25

mengikuti perkembangan zaman mbah... kaya charger HP aja jadi ga dikasiin on the box gara2 Uni Eropa mau go green. ya udah suruh beli sendiri, nah jangan2 EU juga komplain kok mobil jepang yang masuk ga ada yang pake torx, harus pake torx dong kaya merek eropa, jadilah merek jepang pasangin seadanya stok aja daripada ganti semua ribet tuh pabrik :big_biglaugh:



ya, intinya saat ini sudah banyak perubahan.

pemikiran banyak org tentang miara mobil merk jepang lebih mudah, belum tentu benar.
piara mobil merk eropa pasti sulit, ya belum tentu juga.

btw kalo scanner masuk kategori hand tool juga kah? seinget saya yg bahas disini cuman ada 1 orang..... padahal mobil² jaman skr apa² musti colok scanner.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

singachu wrote: Tue Feb 04, 2025 9:09
marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 4:35
kalo itu mobil saya, ya pasti ganti. barang harganya nggak seberapa, kalo bikin permukaan ujung kruk as lecet apa nggak nyengir?

tapi ya lain mobil lain pemilik, lain kebijakan.....

:big_grin:

kendor sendiri? kalo pernah dibongkar ya mungkin saja kendor sendiri krn masangnya nggak sesuai FSM.



Screenshot_20250204_111640_Chrome.jpg



musti pake threadlock apa enggak, blm baca lg lebih jauh.
kalopun ga pake threadlock, 190 nm bisa kendor sendiri kok rada nggak masuk akal ya? lug nut suzuki yg 85 nm aja blm pernah denger ada kejadian kendor/lepas.

ini yg buat crv turbo mesin L15,



Screenshot_20250204_112922_Chrome.jpg
torsi baut itu soal friction drat nya, adakalanya kalau sudah ga baru bikin friction berlebih makanya untuk "clamping force" seperti baut head itu ada tambahan torque angle untuk memastikan clamping forcenya.
cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 4:46 Oh, crv sekarang udah pake torque angle meter ya? Ga cuma pakai torque wrench....
BTW itu torque angle meter branded/ngga ada efeknya ga mbah?
baut head sijuki aerio juga pakai torque angle
Headbolt.JPG
marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 5:28 imo, kalo sudutnya gampang, misal 90° atau 180° mending tandain pake tip ex atau spidol. pun kelipatan 45° jg nggak susah kan?
iya bisa pakai busur derajat tandai lokasi stang awal dan akhir.
kalau di bule2 ada yang pakai apk di handphone, tempelin hp ke stang sok nya

regards,
singachu
Ow suzuki juga ud pake angle meter ya. Pake baut TTY gt buat cylinder head?

Saya kayanya bakal pakai spidol/tipex klo sudutnya gampang seh. Utamanya 45 atau 90 :big_biglaugh:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 12:43
kunaskun wrote: Tue Feb 04, 2025 12:25

mengikuti perkembangan zaman mbah... kaya charger HP aja jadi ga dikasiin on the box gara2 Uni Eropa mau go green. ya udah suruh beli sendiri, nah jangan2 EU juga komplain kok mobil jepang yang masuk ga ada yang pake torx, harus pake torx dong kaya merek eropa, jadilah merek jepang pasangin seadanya stok aja daripada ganti semua ribet tuh pabrik :big_biglaugh:



ya, intinya saat ini sudah banyak perubahan.

pemikiran banyak org tentang miara mobil merk jepang lebih mudah, belum tentu benar.
piara mobil merk eropa pasti sulit, ya belum tentu juga.

btw kalo scanner masuk kategori hand tool juga kah? seinget saya yg bahas disini cuman ada 1 orang..... padahal mobil² jaman skr apa² musti colok scanner.
Eh iya, itu scanner ud bisa dianggep hand tool belom?
Mobil tua saya aja harus pake scanner buat cari penyakitnya.
Terus buku service manual juga butuh.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4319
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by kunaskun »

marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 12:43
ya, intinya saat ini sudah banyak perubahan.

pemikiran banyak org tentang miara mobil merk jepang lebih mudah, belum tentu benar.
piara mobil merk eropa pasti sulit, ya belum tentu juga.
setuju tergantung orangnya gimana. udah ga zaman omongan gitu, kalau ada mekanik atau bengkel yg ngomong gitu maka perlu dipertanyakan skill-nya, jangan2 masih naro ban baru di sumbu depan bukan belakang :big_biglaugh:
btw kalo scanner masuk kategori hand tool juga kah? seinget saya yg bahas disini cuman ada 1 orang..... padahal mobil² jaman skr apa² musti colok scanner.
kalau di indo kayanya belom mbah. lah Hybrid Synergy Drive gen 5 aja bisa pasang telolet pake testpen 12v... :big_biglaugh:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by singachu »

cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 13:57
singachu wrote: Tue Feb 04, 2025 9:09
marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 4:35
kalo itu mobil saya, ya pasti ganti. barang harganya nggak seberapa, kalo bikin permukaan ujung kruk as lecet apa nggak nyengir?

tapi ya lain mobil lain pemilik, lain kebijakan.....

:big_grin:

kendor sendiri? kalo pernah dibongkar ya mungkin saja kendor sendiri krn masangnya nggak sesuai FSM.



Screenshot_20250204_111640_Chrome.jpg



musti pake threadlock apa enggak, blm baca lg lebih jauh.
kalopun ga pake threadlock, 190 nm bisa kendor sendiri kok rada nggak masuk akal ya? lug nut suzuki yg 85 nm aja blm pernah denger ada kejadian kendor/lepas.

ini yg buat crv turbo mesin L15,



Screenshot_20250204_112922_Chrome.jpg
torsi baut itu soal friction drat nya, adakalanya kalau sudah ga baru bikin friction berlebih makanya untuk "clamping force" seperti baut head itu ada tambahan torque angle untuk memastikan clamping forcenya.
cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 4:46 Oh, crv sekarang udah pake torque angle meter ya? Ga cuma pakai torque wrench....
BTW itu torque angle meter branded/ngga ada efeknya ga mbah?
baut head sijuki aerio juga pakai torque angle
Headbolt.JPG
marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 5:28 imo, kalo sudutnya gampang, misal 90° atau 180° mending tandain pake tip ex atau spidol. pun kelipatan 45° jg nggak susah kan?
iya bisa pakai busur derajat tandai lokasi stang awal dan akhir.
kalau di bule2 ada yang pakai apk di handphone, tempelin hp ke stang sok nya

regards,
singachu
Ow suzuki juga ud pake angle meter ya. Pake baut TTY gt buat cylinder head?

Saya kayanya bakal pakai spidol/tipex klo sudutnya gampang seh. Utamanya 45 atau 90 :big_biglaugh:
headbolt2.JPG
seperti itu, itu baut TTY bukan ?
:big_think:

regards,
singachu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

singachu wrote: Thu Feb 06, 2025 0:45
headbolt2.JPG

seperti itu, itu baut TTY bukan ?
:big_think:

regards,
singachu
Sepertinya seh bukan mbah.
Dari yang dokumen yg saya baca seh TTY pasti ada stretch zone. Biasanya di bagian yg ga ada threadnya
CMIIW
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

kunaskun wrote: Wed Feb 05, 2025 11:00

kalau di indo kayanya belom mbah. lah Hybrid Synergy Drive gen 5 aja bisa pasang telolet pake testpen 12v... :big_biglaugh:
Hybrid zenix ya ini maksudnya?
Mungkin karena toyota makanya masi bisa pake testpen ya :big_think:
Saya dari dulu pake multimeter seh, berasa ga pede pake testpen tuh.....
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by singachu »

cybrid wrote: Thu Feb 06, 2025 2:22
kunaskun wrote: Wed Feb 05, 2025 11:00

kalau di indo kayanya belom mbah. lah Hybrid Synergy Drive gen 5 aja bisa pasang telolet pake testpen 12v... :big_biglaugh:
Hybrid zenix ya ini maksudnya?
Mungkin karena toyota makanya masi bisa pake testpen ya :big_think:
Saya dari dulu pake multimeter seh, berasa ga pede pake testpen tuh.....
apesnya kalau itu sinyal dari ecu, bisa kebakar ga sih kalau kelebihan beban ?

regards,
singachu
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

singachu wrote: Thu Feb 06, 2025 3:45
cybrid wrote: Thu Feb 06, 2025 2:22
kunaskun wrote: Wed Feb 05, 2025 11:00

kalau di indo kayanya belom mbah. lah Hybrid Synergy Drive gen 5 aja bisa pasang telolet pake testpen 12v... :big_biglaugh:
Hybrid zenix ya ini maksudnya?
Mungkin karena toyota makanya masi bisa pake testpen ya :big_think:
Saya dari dulu pake multimeter seh, berasa ga pede pake testpen tuh.....
apesnya kalau itu sinyal dari ecu, bisa kebakar ga sih kalau kelebihan beban ?

regards,
singachu
Yg serem tu klo yg 12v ga sengaja ke short kewiring yg voltasenya di bawah itu (setau saya sensor2 ada yg 3 dan 5 v). biasanya lgs dead :big_biglaugh:
Terus mobil sekarang tu relay aja ada komputernya, jadi ya klo bikin miss siap2 merogoh kocek lumayan dalam :big_biglaugh:
Mana relay2nya SMD pula...... Semisal ga short aja itu relay mati krn umur ya biasanya ganti assy karena gada yg jualan ....
Lom klo sampe kena ic ini tuh.....

Makanya saya seh ud aja pake mobil bone stock. Males urusan sama electrical mobil. Aplg klo ud sampe area CAN
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11760
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

pemakaian test light (testpen) itu aman kok selama yg tipe incandescent light (bukan led light). cukup idiotproof juga krn bulb nya yg jd resistor. beda dgn nyambung langsung dgn kabel doang.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by azu »

TTY itu yg seperti ini kali ya?
Screenshot_2025-02-06-11-51-32-375_com.android.chrome.png
cybrid wrote: Thu Feb 06, 2025 4:23
singachu wrote: Thu Feb 06, 2025 3:45
cybrid wrote: Thu Feb 06, 2025 2:22

Hybrid zenix ya ini maksudnya?
Mungkin karena toyota makanya masi bisa pake testpen ya :big_think:
Saya dari dulu pake multimeter seh, berasa ga pede pake testpen tuh.....
apesnya kalau itu sinyal dari ecu, bisa kebakar ga sih kalau kelebihan beban ?

regards,
singachu
Yg serem tu klo yg 12v ga sengaja ke short kewiring yg voltasenya di bawah itu (setau saya sensor2 ada yg 3 dan 5 v). biasanya lgs dead :big_biglaugh:
Terus mobil sekarang tu relay aja ada komputernya, jadi ya klo bikin miss siap2 merogoh kocek lumayan dalam :big_biglaugh:
Mana relay2nya SMD pula...... Semisal ga short aja itu relay mati krn umur ya biasanya ganti assy karena gada yg jualan ....
Lom klo sampe kena ic ini tuh.....

Makanya saya seh ud aja pake mobil bone stock. Males urusan sama electrical mobil. Aplg klo ud sampe area CAN
Makanya mobil sekarang mah harus bener2 ada wiring diagramnya. Seperti Toyota sejak 2000 pertengahan sudah banyak yg integrated antara Body Control Module + Integrated Relay + Fusebox, terus makin kesini makin banyak control module tambahan jadi komunikasinya cukup via LIN Bus. Switch power window driver aja sudah jadi control module sendiri :big_biglaugh:

Kalau ada wiring diagram (dan bisa bacanya) harusnya sih ga akan salah ya antara power 12V dengan communication bus low voltage :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

Omnibus wrote: Thu Feb 06, 2025 5:28 pemakaian test light (testpen) itu aman kok selama yg tipe incandescent light (bukan led light). cukup idiotproof juga krn bulb nya yg jd resistor. beda dgn nyambung langsung dgn kabel doang.
Oh aman ya mbah?
Tapi wajib yg bohlam ini tuh?
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

azu wrote: Thu Feb 06, 2025 6:39 TTY itu yg seperti ini kali ya?

Screenshot_2025-02-06-11-51-32-375_com.android.chrome.png

cybrid wrote: Thu Feb 06, 2025 4:23
singachu wrote: Thu Feb 06, 2025 3:45

apesnya kalau itu sinyal dari ecu, bisa kebakar ga sih kalau kelebihan beban ?

regards,
singachu
Yg serem tu klo yg 12v ga sengaja ke short kewiring yg voltasenya di bawah itu (setau saya sensor2 ada yg 3 dan 5 v). biasanya lgs dead :big_biglaugh:
Terus mobil sekarang tu relay aja ada komputernya, jadi ya klo bikin miss siap2 merogoh kocek lumayan dalam :big_biglaugh:
Mana relay2nya SMD pula...... Semisal ga short aja itu relay mati krn umur ya biasanya ganti assy karena gada yg jualan ....
Lom klo sampe kena ic ini tuh.....

Makanya saya seh ud aja pake mobil bone stock. Males urusan sama electrical mobil. Aplg klo ud sampe area CAN
Makanya mobil sekarang mah harus bener2 ada wiring diagramnya. Seperti Toyota sejak 2000 pertengahan sudah banyak yg integrated antara Body Control Module + Integrated Relay + Fusebox, terus makin kesini makin banyak control module tambahan jadi komunikasinya cukup via LIN Bus. Switch power window driver aja sudah jadi control module sendiri :big_biglaugh:

Kalau ada wiring diagram (dan bisa bacanya) harusnya sih ga akan salah ya antara power 12V dengan communication bus low voltage :big_biglaugh:
Saya baca seh yg pake angle meter lom tentu TTY bolt seh.
Paling dibandingin baut lama vs baut baru. Asumsi ga pernah overtorque klo bukan TTY harusnya ga berubah panjangnya.

Honda kynya early 2000s deh. Seinget saya odyssey rb1 udah pake sejenis BCM, digabung sama fusebox dalem.
Cuma ga programmable, jadi semisal rusak dan beli copotan ya gambling cocok/ngganya :big_biglaugh:
Biasanya ttp jalan cma bbrp modul ga bisa dipake.

Master switch power window juga sama, dia cuma buat kendali data, switch fisiknya (relay) ada di bcm (yg gabung sama fusebox dan relay control module)

Saya pas bongkar ini RB1 ya kepaksa beli wiring diagram yg bahasa jepun. Dan ttp aja painful buat cari penyakitnya......... :big_dunno:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1077
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by azu »

Dulu di Vios Gen2 sih saya lihat meskipun sudah ada multiplex CAN dan LIN bus, masih tergolong simple lah sewajarnya mobil Jepang dulu pada umumnya. BCM integrated dgn Fusebox, dan masih banyak relay dan switxh konvensional.


Pas punya Nav1, kebetulan saat itu ada akses untuk lihat service manualnya. Waktu lihat bagian sistem power window, ternyata master switch power window fungsinya seperti controller.

switch itu jg tidak seperti switch biasa yg hanya menyambungkan dan memutus arus ke motor power window, tapi hanya berfungsi untuk mengirimkan data saja,karena di motor regulator tiap kaca ada controllernya.

Kira2 skemanya:
Control switch Power window -> kirim data utk trigger window up/down -> ECU di motor regulator menerima trigger -> ECU di motor regulator mengaktifkan motor utl buka/tutup jendela.

Udah gitu di setiap motor regulator ada sensor Hall Effect juga utk mendeteksi posisi bukaan kaca, makanya meskipun habis cabut aki tidak perlu setting manual untuk auto power windownya.

Pas saya baca ini, wah ga bisa sembarangan ke tukang power window nih kalau bermasalah. Kirain semua mobil Jepang itu simpel, padahal Nav1 ini secara teknologi ya 2007 saat pertama keluar di Jepang :big_biglaugh:

Pantesan juga Innova reborn Facelift dihilangkan fitur all auto power windownya karena cukup ribet sistemnya :big_biglaugh:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11760
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

cybrid wrote: Thu Feb 06, 2025 7:11
Omnibus wrote: Thu Feb 06, 2025 5:28 pemakaian test light (testpen) itu aman kok selama yg tipe incandescent light (bukan led light). cukup idiotproof juga krn bulb nya yg jd resistor. beda dgn nyambung langsung dgn kabel doang.
Oh aman ya mbah?
Tapi wajib yg bohlam ini tuh?
iya. wajib yg bohlam.

pernah sy ukur arus yg lewat cuma 0.1A n itu ga akan nge fry ecu transistor or anything.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4319
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by kunaskun »

cybrid wrote: Thu Feb 06, 2025 2:22 Hybrid zenix ya ini maksudnya?
Mungkin karena toyota makanya masi bisa pake testpen ya :big_think:
Saya dari dulu pake multimeter seh, berasa ga pede pake testpen tuh.....
iya mbah, sama itu mobil dengan nopol awalan RI. pasang dimana tu :big_biglaugh:
Omnibus wrote: Thu Feb 06, 2025 5:28 pemakaian test light (testpen) itu aman kok selama yg tipe incandescent light (bukan led light). cukup idiotproof juga krn bulb nya yg jd resistor. beda dgn nyambung langsung dgn kabel doang.
ohh baru tau kalau lebih aman yang model kuno ya.
azu wrote: Thu Feb 06, 2025 8:46 Dulu di Vios Gen2 sih saya lihat meskipun sudah ada multiplex CAN dan LIN bus, masih tergolong simple lah sewajarnya mobil Jepang dulu pada umumnya. BCM integrated dgn Fusebox, dan masih banyak relay dan switxh konvensional.


Pas punya Nav1, kebetulan saat itu ada akses untuk lihat service manualnya. Waktu lihat bagian sistem power window, ternyata master switch power window fungsinya seperti controller.

switch itu jg tidak seperti switch biasa yg hanya menyambungkan dan memutus arus ke motor power window, tapi hanya berfungsi untuk mengirimkan data saja,karena di motor regulator tiap kaca ada controllernya.

Kira2 skemanya:
Control switch Power window -> kirim data utk trigger window up/down -> ECU di motor regulator menerima trigger -> ECU di motor regulator mengaktifkan motor utl buka/tutup jendela.

Udah gitu di setiap motor regulator ada sensor Hall Effect juga utk mendeteksi posisi bukaan kaca, makanya meskipun habis cabut aki tidak perlu setting manual untuk auto power windownya.

Pas saya baca ini, wah ga bisa sembarangan ke tukang power window nih kalau bermasalah. Kirain semua mobil Jepang itu simpel, padahal Nav1 ini secara teknologi ya 2007 saat pertama keluar di Jepang :big_biglaugh:
di era yang sama Nissan juga sudah duluan, makanya tambah lagi kena stigma electrical jelek, padahal karena yang kadal2in ga ngerti, modal jumpe sana sini terus ditutup pake selotip kabel doang. zaman now mestinya udah tahu kali ya mekanik elektrikal ginian.
Pantesan juga Innova reborn Facelift dihilangkan fitur all auto power windownya karena cukup ribet sistemnya :big_biglaugh:
kalau ini kayanya toyota pelit mbah. senasib dengan zenix G saja masih ga dapet auto folding outer rear view mirror. :big_biglaugh:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by singachu »

Omnibus wrote: Thu Feb 06, 2025 12:10
cybrid wrote: Thu Feb 06, 2025 7:11
Omnibus wrote: Thu Feb 06, 2025 5:28 pemakaian test light (testpen) itu aman kok selama yg tipe incandescent light (bukan led light). cukup idiotproof juga krn bulb nya yg jd resistor. beda dgn nyambung langsung dgn kabel doang.
Oh aman ya mbah?
Tapi wajib yg bohlam ini tuh?
iya. wajib yg bohlam.

pernah sy ukur arus yg lewat cuma 0.1A n itu ga akan nge fry ecu transistor or anything.
ow nice info, dulu aku baca artikelnya om saft7 maka ikutan percaya bakalan nge fry

regards,
singachu
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11795
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

20250216_115702.jpg



sabun cuci tangan andalan sedari awal 90an, dan nggak pernah ngecewain.
bisa dengan/tanpa air.

#ajakanmembeliygmahal²
#jangankayaorangsusah

:big_smoking:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11760
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

singachu wrote: Fri Feb 07, 2025 2:42
ow nice info, dulu aku baca artikelnya om saft7 maka ikutan percaya bakalan nge fry

regards,
singachu
emang hrs dipikir dulu sih sebelum touching2

idiotproof tp hrs dipikir. gimana ga membagongkan tuh mbah. :ungg: :big_bored:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1577
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by singachu »

Omnibus wrote: Sun Feb 16, 2025 9:59 idiotproof tp hrs dipikir. gimana ga membagongkan tuh mbah. :ungg: :big_bored:
itu quotenya siapa ya mbah ?

regards,
singachu
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11760
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by Omnibus »

singachu wrote: Tue Feb 18, 2025 0:45
Omnibus wrote: Sun Feb 16, 2025 9:59 idiotproof tp hrs dipikir. gimana ga membagongkan tuh mbah. :ungg: :big_bored:
itu quotenya siapa ya mbah ?

regards,
singachu
quote ai sendiri .... :mky_04:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Sun Feb 16, 2025 7:59 20250216_115702.jpg




sabun cuci tangan andalan sedari awal 90an, dan nggak pernah ngecewain.
bisa dengan/tanpa air.

#ajakanmembeliygmahal²
#jangankayaorangsusah

:big_smoking:
Sabun sakti ini. Biar kuku gag item2 XD
Sabun colek lewat :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11795
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

20250218_123614.jpg



andai saja semua mobil musti ngelepas wheel hub assy untuk ganti strut-nya, di ahir taun saya bisa pergi haji.....

:mky_03:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27529
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Feb 16, 2025 7:59 20250216_115702.jpg




sabun cuci tangan andalan sedari awal 90an, dan nggak pernah ngecewain.
bisa dengan/tanpa air.

#ajakanmembeliygmahal²
#jangankayaorangsusah

:big_smoking:
itu honda apaan ??

bentuknya aneh :big_think: :big_think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27529
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

marmut wrote: Tue Feb 18, 2025 8:23 20250218_123614.jpg




andai saja semua mobil musti ngelepas wheel hub assy untuk ganti strut-nya, di ahir taun saya bisa pergi haji.....

:mky_03:
mending blajar gmana maling turbo dari kolong, toh jaman skrg maling delko ama dinamo ud ga laku

ntar kl ud gape, ajarin kita orang

kita paranin rame2 tu parkiran depan musatek ama asemreges, ga ampe setaon bsa brangkat haji :big_deal: :big_deal:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: