EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1393
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: EV's Safety?

Post by vanosz »

b0ku wrote: Wed Mar 12, 2025 23:48
ctopher7 wrote: Wed Mar 12, 2025 22:12 https://www.instagram.com/share/_bFL9tViF hilang kendali kah? varian yang digadang gadang super car killer :big_biglaugh:
liat deh berapa seal kecelakaaan yang kolaps kakinya dulu :big_biglaugh:

supercar killler???? :upss:

supercar mahal belom tentu gara2x mesin loh padahal mereka mahal di bangun chasis yang bagus pake material mahal karena ngejar ringan dan kuat....... :big_biglaugh:

itu mobil gemuk kayak babi understerr mulu dan pas waktunya oversterr oleng parah gimana mau jadi supercar killer??? :wkkk:

kalo mau kenceng naek bajaj hayabusha juga bisa kok.............. :ngacir:



Mobil yang sasisnya bagus aja bisa rasa serem loh,

Dipencet lurus mendadak gecol,putaran balik aja bisa gampang melintir,


Klo gak siap mental kagetan tar ky lagu beegis ,,,,,,,tragedi,,,,


Apalg digadang yang sampe dibagasi ada tulisan 3,8

Ane sih gak tau krn gak pernah mau perhatiin sih,

Karena hopeng aja yang tanya itu angka apaan,

:big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5837
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

vanosz wrote: Thu Mar 13, 2025 22:25
Karena power itu menjual,veri fantastis veri bombastis,

Mknya skarang bermunculan tuner muda mudi,

Ane selalu bilang ke teman teman,


ane sih ogah drag,sudah jauh antri main bentar bayar mahal,


Ane ajakin mending kopdar latihan sirkuit yuk,dr pagi sampe sore,

Kagak ada yg mau,

Amcionk dah ah,
sebenernya drag itu susah om saya aja gak pernah bisa reaction timenya itu loh :big_dunno:

kalo sirkuit malah lebih enak kita salah start masih bisa ngejar di tikungan atau nunggu lawan kita bikin salah ngintilin aja dulu di belakang :big_biglaugh:

lagian juga di sirkuit ud dapet funnya nyetir ngerasain chasis mobilnya gak usah juga mobilnya si push 100% 60-80% juga ud asek :big_grin:

yang lebih cepet kasih lewat aja :mky_03:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12367
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

vanosz wrote: Thu Mar 13, 2025 22:25
b0ku wrote: Thu Mar 13, 2025 12:23
ctopher7 wrote: Thu Mar 13, 2025 7:36 di indo kan "balap" lurus 201 402 lebih populer dibanding balapan 50 lap. ga ada setir juga boleh ikut yang penting kenceng di lurusan :big_biglaugh: balapan yang lebih lama ngantri nya dibanding nyetirnya
makannya mostly boring diajak ngomong kaki gak ada yang nyambung :big_dunno:

kalo diajak ngomong power baru nyambung :big_dunno:

atau saya salah circle :big_slap:
Karena power itu menjual,veri fantastis veri bombastis,

Mknya skarang bermunculan tuner muda mudi,

Ane selalu bilang ke teman teman,


ane sih ogah drag,sudah jauh antri main bentar bayar mahal,


Ane ajakin mending kopdar latihan sirkuit yuk,dr pagi sampe sore,

Kagak ada yg mau,

Amcionk dah ah,
Jual power, lupa control (braking system, kaki, sasis)

Modif2 juga gtu, merhatiin mesin, tp lupa sm big brake kit.

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5837
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Mar 13, 2025 23:51
Jual power, lupa control (braking system, kaki, sasis)

Modif2 juga gtu, merhatiin mesin, tp lupa sm big brake kit.

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
MALAH yang paling dilupain ya kaki2x sama brace, apalagi FWD bisa2x torque sterr kalo RWD lebih bahaya lagi dia spin tapi buang arah mateng dah......... :big_dunno:

saya pernah tuh di pajero lsg narik kanan gila untung reflek lepas gas terus pedal rem saya kocok :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16606
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

sealplayerz wrote: Wed Mar 12, 2025 15:47 EV Charging Indonesia Wall Of Shame
https://facebook.com/groups/1172089970708158/

Ternyata udah ada group facebook-nya. :wkkk:
Tinggal nunggu gelutnya aja dipajang. :wkkk:
udah dibilang ngisi bensin enak antri paling berapa menit... stress sendiri kalo charging port dipake orang gak bertanggung jawab... di negara yang IQ nya tinggi aja masih gitu apalagi cuma IQ 78.

nungguin ni skrg EV makin banyak besok musim mudik gimana :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 572
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Tue Mar 11, 2025 1:32
Zaxis wrote: Tue Mar 11, 2025 1:18 Lagi musim banjir ga ada berita ev meleduk?
Kan kerendem air kata nya bisa dar der dor
ya kan masih pada baru lagian kalo di amerika itu kebanyakan kena aer laut jd korosi akhirnya nembus dan meleduk dan yang kena ud pada berumur semua sabar2x aja om :big_bored:

lagian gak tau juga kemaren aja 2 lolos viral porsche sama ioniq :mky_03:

yang porsche aja ud jelas 2jem, 2 mobil pemadam jelas2x itu thermal runway kebakarnya pas lagi parkir pulak :big_biglaugh:
Lapoor oom B0ku, cerita dari banjir sincia kemaren :
IMG-20250314-WA0002.jpg
Sealnya ada recall-an ternyata, ndak sampe sini.
Ini posisinya di pack :
IMG-20250314-WA0003.jpg
Ini menjelasken kenapa pas banjir sincia kemaren saya ketemu 2 omoda mogok, satu depan GI, satu depan pintu masuk tol Sunter. Kayaknya orangnya nerjang banjir, kecepatan cukup tinggi, seal cacat, rembes, konslet dah. Tapi paling enggak selametnya, ini membuktikan kalo batere EV tidak semudah itu mbledug kalo kebanjiran :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ... Btw, kabarnya itu bengkel Ceret kagak betulin batere-nya, tapi ganti 1 pack :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: Dugaan saya, cell aman, yg. harus diganti BMS, HVDC connector sama sekering2 antar cell. Jadi penasaran, SOP recal2an kalo di Cungkuo kayak gimana.....

Btw, I5 saya juga nerjang banjir yg sama, sampe saat ini masih selamat sentosa, kayaknya bengkel Hyundai pas bongkar batere saya SOP-nya bener, pake dites vacuum segala, sama ganti connector, katanya biar kekedapan terjamin :big_peace: :big_peace: :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1393
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: EV's Safety?

Post by vanosz »

b0ku wrote: Thu Mar 13, 2025 22:58
vanosz wrote: Thu Mar 13, 2025 22:25
Karena power itu menjual,veri fantastis veri bombastis,

Mknya skarang bermunculan tuner muda mudi,

Ane selalu bilang ke teman teman,


ane sih ogah drag,sudah jauh antri main bentar bayar mahal,


Ane ajakin mending kopdar latihan sirkuit yuk,dr pagi sampe sore,

Kagak ada yg mau,

Amcionk dah ah,
sebenernya drag itu susah om saya aja gak pernah bisa reaction timenya itu loh :big_dunno:

kalo sirkuit malah lebih enak kita salah start masih bisa ngejar di tikungan atau nunggu lawan kita bikin salah ngintilin aja dulu di belakang :big_biglaugh:

lagian juga di sirkuit ud dapet funnya nyetir ngerasain chasis mobilnya gak usah juga mobilnya si push 100% 60-80% juga ud asek :big_grin:

yang lebih cepet kasih lewat aja :mky_03:
Semua sih susah,

Sirkuit lebih riskan sekali mengsong kena tembok babak belur,

Minimal senggolan,


Cuma ya paling enak puterin sirkuit,puas rasanya habisin waktu,

Latihan aja,jam 12 istirahat makan siang trs lanjut lagi,


Klo teman teman ane kan modifan monster,

Was was minimal cek enjin baru jalan bentar,diterusin meleduk,
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1393
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: EV's Safety?

Post by vanosz »

Suryaputra wrote: Thu Mar 13, 2025 23:51
vanosz wrote: Thu Mar 13, 2025 22:25
b0ku wrote: Thu Mar 13, 2025 12:23

makannya mostly boring diajak ngomong kaki gak ada yang nyambung :big_dunno:

kalo diajak ngomong power baru nyambung :big_dunno:

atau saya salah circle :big_slap:
Karena power itu menjual,veri fantastis veri bombastis,

Mknya skarang bermunculan tuner muda mudi,

Ane selalu bilang ke teman teman,


ane sih ogah drag,sudah jauh antri main bentar bayar mahal,


Ane ajakin mending kopdar latihan sirkuit yuk,dr pagi sampe sore,

Kagak ada yg mau,

Amcionk dah ah,
Jual power, lupa control (braking system, kaki, sasis)

Modif2 juga gtu, merhatiin mesin, tp lupa sm big brake kit.

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Yang lebih parah pake ban murahan,


Ane sering liat yutub modif,

Inova rebon modif sampe hampir 500 tiaw sekali bikin,stage 5 ,

Modif bgtu gak akan pernah selesai langsung selamanya bagus,bisa abis 1 M akhirnya,

Kena kompor di yutub,veri fantastis veri bombastis ky lagu shagy,

Pdhl dibelakang layar banyak penderitaannya,cuma gak di share,

Mending beliin rem bbk,kasi suspensi bagus,ban bagus,kliatan barangnya seumur hidup dipake pindah pindah mobil,

Modif mesin cuma jadi angin,dijual juga susah,penderitaan seumur idup,

Ketawa aja ada yg beli mobil modifan,malah mobilnya ada yg turun mesin setelah dibeli tuh,inova kd viral kelayapan tengah malam dikasi tau teman,

Pdhl orang bengkel yang beli,knp kok beghok bgtu,



Modif secukupnya aja yang penting enak bisa dinikmati harian,

Gak ngelag,suara mesin halus,


Mending jual angkot ganti mobil sport,gak akan pernah boong walo tuh mobil standar,

Orang lama sudah gak ada yg mau modif sampe jor joran,

Mau paling kencang gampang soal siram uang aja,

Hari ini rekor,

Tar muncul anak sultan beneran yang obsesi rekor baru,

Bgtu sterusnya,

Famili men aja sudah aliran standar harian,beli mobil sport

Kapokmu kapan kapokmu kapan,

:big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5837
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Fri Mar 14, 2025 4:34 Lapoor oom B0ku, cerita dari banjir sincia kemaren :
IMG-20250314-WA0002.jpg
Sealnya ada recall-an ternyata, ndak sampe sini.
Ini posisinya di pack :
IMG-20250314-WA0003.jpg
Ini menjelasken kenapa pas banjir sincia kemaren saya ketemu 2 omoda mogok, satu depan GI, satu depan pintu masuk tol Sunter. Kayaknya orangnya nerjang banjir, kecepatan cukup tinggi, seal cacat, rembes, konslet dah. Tapi paling enggak selametnya, ini membuktikan kalo batere EV tidak semudah itu mbledug kalo kebanjiran :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ... Btw, kabarnya itu bengkel Ceret kagak betulin batere-nya, tapi ganti 1 pack :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: Dugaan saya, cell aman, yg. harus diganti BMS, HVDC connector sama sekering2 antar cell. Jadi penasaran, SOP recal2an kalo di Cungkuo kayak gimana.....

Btw, I5 saya juga nerjang banjir yg sama, sampe saat ini masih selamat sentosa, kayaknya bengkel Hyundai pas bongkar batere saya SOP-nya bener, pake dites vacuum segala, sama ganti connector, katanya biar kekedapan terjamin :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kan sama om sama cerita dongeng yang ini
b0ku wrote: Tue Mar 11, 2025 2:29

ini extreme ini mobil sebenernya ud kebaakran 4 bulan lalu karena rumahnya yang kebakar bukan mobilnya terus didiemin nunggu approval asuransi buat di beresin puing2xnya

gak taunya beberapa hari lalu batrenya kebakaran tuh jgn bilang hari ini aman2x aja tuh kena banjir, nabrak kena kebakaran gak pernah tau kalo lagi mau kumat ya kumat aja padahal ud jadi bangke selama 4 bulan waktu rumahnya kebakaran batrenya baek2x aja tuh gak kebakaran.................. :ngacir:
pas abis kebakaran rumah bisa ngomong tuh EVnya gak kenapa2x rumah ud gosong :big_grin:

selang 4 bulan dhuaaaar :big_biglaugh:

ya gacha gacha lah om ini om cara meledaknya keknya musti beneran tembus sampe ke dalem batre cuma karat yang bisa bikin tembus :mky_03:

nah kek yang ini nih lithium lengkap masi bagus ceburin aman kok bener simpen aja lama2x mulai kuning kuning



terus pake terus sampe keropos akhisnya ke expose bagian ini :big_grin:



kalo cuma nerabas terus selamet si ya mungkin masih aman om

cuma kalo nerabas terus mogok mendingan jual atau jauh2x deh

gak tau itu aer yang masuk sejauh mana ntar bikin batre keropos :mky_03:

musuh utama ev kan keropos om :mky_01:

nah cara taunya batre keroposnya separah apa gimana??? kalo cuma iseng cek sabut battery pack apa gak babak belur om :glodak:

kalo omoda yang om cerita itu justru ngeri di aftermathnya kalo di pake lagi gak tau kapan bisa bulanan tahunan ntar itu batre keropos bikin masalah bagus cuma mogok kalo meleduk gimane itu :big_bored:
Last edited by b0ku on Fri Mar 14, 2025 7:11, edited 2 times in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5837
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

vanosz wrote: Fri Mar 14, 2025 6:12 Semua sih susah,

Sirkuit lebih riskan sekali mengsong kena tembok babak belur,

Minimal senggolan,


Cuma ya paling enak puterin sirkuit,puas rasanya habisin waktu,

Latihan aja,jam 12 istirahat makan siang trs lanjut lagi,


Klo teman teman ane kan modifan monster,

Was was minimal cek enjin baru jalan bentar,diterusin meleduk,
drag itu cuma narik 400meter mana puas om baru narik sampe nafas abis eh disuruh berenti kalo track itu kan geberan terus ya makannya jgn di push 100% kan kita nyari nikmat bukan nyari piala ntar kayak fitra eri mobil baru ud masuk gravel :big_biglaugh:

saya dulu bawa c class si om maen ke sentul sekali doank :big_bored:
kayukayuthe5th
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 487
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Thu Mar 13, 2025 12:26
kayukayuthe5th wrote: Thu Mar 13, 2025 3:29
challengenya adalah :
1. silicon harus bentuk SiC dan itu harganya 1.5 dari Lith ion
2. durabilitas karena silicon ga stabil
3. charging times?
kalo kata bule pipedream.......!!

ngelamun sambil nyepong pipa rokok :wkkk:
sebenernya yang paleng deket itu sodium-ion ama lithium-sulfur.

silicon itu mahal beudz, adalagi kemarin china pake nuclear power battery (kalo gasalah dia itu konsep t0shib4 cman karena issue fukushima , akhirnya pemerintah canned semua dev. nuclear related mungkin dijual ke menlen hehe) itu aja ga kebayang kalo bocor radiasanya :big_slap:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 810
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: EV's Safety?

Post by Asfur »

Kalo mnrt saya soal garansi, mrk buat itu mobil listrik live for about 8 taon sesuai target garansi batere or die faster dgn cara ganti kanibalisme part, atau pake stok part yg msh tersisa di gudang. Simple aja sih macam jam tangan aja sy udah pake 2x amazfit dan 2x pula itu batere mulai drop tiap hari cas, telpon ke Cs mau ganti batere, kagak ada kak sparepartnya katanya, lah kalo masih garansi rusak gimana tuh mbak, paling tuker guling dgn uit baru kak. Nah kan jelas disini, jadi sekali pake yah mudah2an ini batere drop bbrp tahun, abis itu yah udah dibuang lah ganti baru. Sekelas amazfit aja kayak gitu, gmn yg abal2, skrg pake huawei gt 5 pro, pengen liat coba kalo batere drop bbrp taon lagi, ada ngk partnya.